Trend Sosial Media Marketing Tahun 2022

Trend Sosial Media Marketing

Trend Sosial Media Marketing Tahun 2022 - Pada postingan ini, saya ingin memberikan ulasan dan penjelasan terkait prediksi penggunaan platform sosial media di tahun 2022 sebagai sarana pemasaran bisnis kamu. Diharapkan dengan mengetahui trend dan perkembangan sosial media marketing di tahun 2022 dan di tahun-tahun yang akan mendatang, maka kamu bisa membuat perencanaan dan strategi yang matang dalam pengembangan bisnis kamu.

Jika sebelumnya saya menulis artikel tentang Tren Konten Marketing di tahun 2022 maka pada postingan kali ini saya menulis postingan tentang trend sosial media marketing apa saja yang diprediksi akan trending dan banyak digunakan oleh para pelaku pemasaran di tahun 2022, berikut ini penjelasan dan prediksinya terhadap penggunaan sosial media tahun 2022 yang saya rangkum dari para pakar digital marketing. 

#1: Penggunaan Fitur Reels pada Instagram

Menurut prediksi seorang executive di instagram yaitu Adam Mosseri, mengatakan bahwa paltform media sosial sedang mengalami perubahan dimana para pengguna lebih memilih konten yang menghibur, hal ini perlu dijadikan sesuatu yang penting yang harus bisa ditangkap oleh para pelaku bisnis dan marketer, mau tidak mau suka dan tidak suka, bisnis kamu pun harus menerima perubahan tersebut, jika memang bisnis kamu ingin tetap eksis terlebih ditengah situasi pandemi saat ini.

Konten sosial media dalam bentuk Video merupakan salah satu indikator perubahan pelaku pengguna sosial media, maka itu video harus bisa menjadi komponen inti dari strategi pemasaran kamu, namun demikian membuat dan merekam lalu mengupload konten video kamu saja masih belum cukup. Konten video yang kamu buat haruslah memiliki syarat kreatif, inovatif, dan menghibur dengan menekankan aspek pemasaran digital yang saat ini kamu lakukan.

Ketika kamu memasukan banyak konten video pada instagram, yang perlu kamu ketahui adalah bahwa jangkauan audiens kamu semakin pendek. Dan kebutuhan akan konten yang terupdate dan cepat menjadi semakin umum. Oleh karena itu kamu harus melakukan strategi pemasaran Instagram dengan menyesuaikan dan memanfaatkan fitur Reels yang ada pada Instagram untuk mengupload dan menampilkan video pendek yang menghibur.

  

Strategi pemasaran lain yang cukup efektif dengan hasil yang maksimal untuk dimanfaatkan saat memasuki tahun 2022 adalah dengan memanfaatkan Reels atau video organik tertentu yang berkinerja baik dan menghasilkan banyak keterlibatan (engagement), kamu dapat mengubahnya menjadi materi iklan hanya dengan mengunduh gulungan (scroll) dari akun Instagram kamu dan kemudian mengunggahnya. Maka video ini bisa kamu gunakan untuk dijalankan sebagai iklan. 

#2: Penggunaan Iklan Facebook

Penggunaan Iklan Facebooka nampaknya masih akan tetap menjad trend di tahun 2022, Facebook memiliki banyak fitur iklan yang bisa digunakan dan memberi pengalaman yang baru dalam beriklan seperti halnya iklan Leads Generation Ads, Messanger Ads dan lain-lain. Penggunaan iklan pada platform ini sangat efektif untuk dilakukan. Melalui Piksel Facebook, platform ini terus meningkatkan layanan bagi pengguananya dan juga terus memberikan kemudahan dalam penggunaan fitur-fitur yang ditawarkan.

Pada artikel sebelumnya saya pernah memposting tentang 9 Cara meningkatkan Hasil Iklan Facebook. Silahkan kamu baca untuk mengetahui bagaimana cara beriklan di Facebook yang benar. Prediksi terkait perilaku pengguna sosial media untuk tahun 2022 mendatang, adalah kecendungan untuk mengkonsumsi konten video pendek, dan Facebook juga sudah menyediakan dan memfasilitasi jika penggunanya ingin menjalankan iklan melalui format Video.

Jika kamu ingin berhasil beriklan pada platform ini, kamu harus bisa memikirkan bagaimana cara membuat sebuah format video semenarik mungkin yang mudah dikonsumsi mempunyai konten yang informatif dan edukatif. Mungkin ada beberapa orang yang menganggap konten video pendek seperti fitur  Reel dan platform TikTok kurang efektif untuk dijadikan iklan, tapi jangan salah, pada kenyataanya video berdurasi pendek, edukatif, dan menghibur justru akan tetap ada.

#3: Konten Sosial Media Dengan Format Panjang

TiktTok, Youtube Short dan Instagram Reel, semakin booming di tahun 2021, platform dan fitur tersebut mampu membuat kita untuk fokus menerima pesan selama 15 detik dari konten video yang dibagikan. Seiring dengan kepopuleran format video maka semua platform sosial mediapun melakukan perubahan fitur. TikTok yang sebelumnya memiliki durasi tayang video 3 menit sekarang menjadi 5 menit. Demikian pula dengan Instagram Reel yang semula durasi tayang hanya 30 detik sekarang sudah menjadi 60 detik atau 1 menit.

Trend sosial media marketing reel instagram

Clubhouse menciptakan platform berbasis audio berdurasi panjang. Twitter memperkenalkan fitur Spaces-nya. Facebook mengeluarkan fitur siaran langsung di luar ruangan dan mendukung penuh podcasting. YouTube juga merangkul podcasting yang memungkinkan untuk siaran video secara langsung. Bisnis berbasis sosial media akan menjadi tren besar dan tentunya kamu akan membutuhkan konten media yang bisa menampilkan pesan dalam jangka panjang untuk menampilkan produk kamu.

Jika kamu memiliki bakat untuk membuat percakapan atau presentasi, kamu jangan menyia-nyiakan bakat kamu tersebut. Karena kesempatan dan peluang bagi kamu sangat terbuka. Karena di platform sosial media kamu bisa membuat event atau acara sendiri yang bisa kamu create untuk acara-acara berbagi atau memberi inspirasi ke audiens kamu. Kamu bisa membuat percakapan kamu dalam format video maupun audio berdurasi lebih panjang lagi untuk menyampaikan pesan bisnis kamu.

#4: Facebook Menjadi Saluran Pemasaran Terkemuka

Saat ini Facebook masih mendominasi sebagai platform sosial media yang menempati urutan pertama didunia dilihat dari segi penggunanya yang mencapai 2,9 miliar pengguna aktif bulanan. Semakin banyaknya pengguna aktif di platform ini, tentunya akan semakin banyak orang yang menginginkan pengalaman sesuai komunitas dan subkultur yang lebih kecil dan khusus. 

Nah keunggulan Facebook di bandingkan dengan platform sosial media lainnya adalah dapat diikatakan Facebook unggul dalam menawarkan jenis pengalaman bagi penggunanya untuk berinteraksi lebih intim dan lebih dalam lagi. Untuk membantu memperdalam interaksi dan meningkatkan kepercayaan audiens terhadap mereak brand bisnis kamu sebaiknya kamu menggunakan 3 fitur utama pada facebook yaitu: 

  • Grup Facebook – Teruslah berinvestasi dalam membangun grup kamu, yang nantinya akan ditautkan ke fanpage bisnis kamu. Facebook memperkenalkan banyak fitur untuk membuat grup kamu lebih kuat dan menarik bagi admin dan para anggotanya, ditambah facebook juga memberikan kemampuan untuk membuat subgrup baik yang berbayar maupun yang gratis. Fitur lainnya kamu bisa membangun toko online untuk menjual barang dagangan, penggalangan dana komunitas, dan sejumlah fitur lainnya.
  • Live Audio Rooms – Fitur ini terus diluncurkan ke pengguna di Facebook. Kamu bisa memanfaatkan format ini di dalam grup Facebook kamu agar bisa menjangkau lebih dekat lagi dengan anggota group. Fitur ini sangat mudah digunakan dan kamu tidak perlu menyiapkan kamera!
  • Facebook Live – Jangan sampai ketinggakan untuk menggunakan fitur yang satu ini, fitur ini memungkinkan untuk melakukan streaming langsung selain audio. Facebook Live ini masih menjadi alternatif yang terbaik untuk melakukan siaran secara langsung. Melalui video langsung ini bisa memberikan kesempatan untuk terhubung secara real time dengan pengikut kamu.

Facebook Live

Kamu juga bisa mengunakan Facebook Reels, untuk menjangkau keterlibatan secara organik dengan maksimal. Facebook akan terus meluncurkan dan meningkatkan format video pendek dan video full screen yang berat. Saat ini TikTok mungkin akan menjadi pesaing kuat Facebook untuk penggunaaan fitur video pendek. Namun demikian facebook mengantisipasinya dengan memberikan perhatian yang besar pada fitur serupa, dengan membuat Reels di Instagram dan Facebook. Jadi, kamu juga bisa memanfaatkan ini untuk meningkatkan visibilitas secara gratis.

#5: Pondasi Pemasaran Akan Terabaikan

Sebagian besar pelaku bisnis dan pemasar tidak lagi memperhatikan pondasi bisnis yang mereka bangun dimana saat ini peran digital begitu pentingnya. Hingga sampai tahun 2022 pun diprediksi sebagian besar perusahaan masih belum bisa menerima sosial media sebagai suatu perubahan dimana salah satunya terdapat konten video marketingnya. Walaupun sebenarnya mereka, khususnya perusahaan B2B menyadari bahwa perubahan tersebut harus dilakukan, namun karena pertimbangan mereka yang tidak ingin mengalokasikan anggaran untuk peningkatan digital marketing, maka mereka tidak mau mengambil keputusan tersebut.   

Sebagian besar pula, divisi penjualan dan pemasaran masih belum berjalan selaras, hal tersebut tidak seharusnya terjadi. Mungkin saat ini sebagian besar website sudah tidak lagi menawarkan layanan swalayan (self-service-tool). Karena sebagian besar saat ini perusahaan terlalu banyak menghabiskan waktu untuk membahas seperti apa itu metaverse dalam 10 tahun kedepan. Jadi pada intinya, Pondasi Marketing akan selalu menjadi yang hal terpenting, dengan memahami pondasi pemasaran karena bisa memberikan kesempatan bagi pemasar untuk dengan mudah meningkatkan hasil mereka.

#6: Membangun Kepercayaan Melalui Video Instagram Organik

Agar bisnis kamu bisa menghasilkan lebih banyak lagi penjualan, maka kamu harus bisa membangun kepercayaan audien kamu dengan baik, dan itu bisa kamu lakukan dengan cara membuat konten video di Instagram. Saat pertama kali instagram ini diluncurkan, aplikasi ini hanya sebuah media sosial yang bertujuan untuk berbagi foto saja. Namun sekarang instagram juga sudah mempunyai fitur untuk membuat video yang bisa kamu share baik secara live maupun streaming. 

Format video pada Instagram ini akan ditampilka pada seluruh fitur platform termasuk:

Instagram Organik

  • Instagram Reels: Penggunaan format video dengan durasi pendek ini, dapat dijangkau secara organik pada semua jenis postingan yang kamu buat tanpa perlu menggunakan efek transisi untuk mendapatkan eksposure.
  • Instagram Direct Message: Pesan langsung Instagram baik berupa pesan video (video message) ataupun video langsung (video live) merupakan cara jitu untuk membuat percakapan. Pada saat kamu sedang melakukan siaran langsung ini, usahakan agar kamu menyebutkan nama seseorang yang kamu ajak bicara. Karena dengan begitu akan menjalin hubungan dengan real - nyata dengan audiens kamu.
  • Instagram Live: Melalui penggunaan fitur ini, kamu memungkinkan untuk melakukan siaran dengan menghadirkan tiga tamu sebagai narasumber pada acara atau even yang akan kamu sampaikan kepada audiens kamu. Sehingga dengan demikian pula acara atau event yang kamu selenggarakan juga akan diikuti oleh audiens dari ketiga narasumber tersebut. Ini tentunya menambah audiens baru untuk kamu   

#7: Fitur Instagram Melibatkan Kekuatan Strategis

Instagram masih tetap menjadi kekuatan yang powerfull untuk pemasaran bisnis, sudah banyak kisah sukses bisnis online dengan Instagram. Tahun 2021 Instagram nampaknya berambisi besar untuk memberikan layanan bagi penggunanya, hal ini terlihat dari banyaknya fitur-fitur baru instagram yang bayak dirilis.  Hal ini mengindikasikan bahwa Instagram sepertinya sedang melakukan investasi pada eCommerce dengan menciptakan tool atau alat yang belum pernah ada sebelumnya.

Kemungkinan besar di tahun 2022 ini, Instagram akan jauh lebih besar meningkatkan anggaranya untuk bisa mengimbangi kekuatan platform sosial media lainnya yang sudah mulai dilirik banyak pengguna. TikTok misalnya, platform ini sangat pesat pertumbuhanya, dengan mendukung video berdurasi pendek, ini bisa menjadi alternatif bagi para influencer dalam berkonten untuk mendapatkan endorse. Pemliki toko online dan pebisnis kecilpun ternyata merasakan betapa efektifnya penggunaan platform media seperi TikTok ini.

Dengan kepopuleran TikTok Instagram merasa bahwa kondisi bisnisnya saat ini seolah hanyalah pekerjaan yang dilakukan setengah-setengah. Instagram menyadari jika layanan yang ada pada instagram tidak diperbaharui atau diberikan penambahan fitur, maka dikhawatirkan pengguna loyal Instagram saat ini akan melirik platform kompetitor, dan berakibat pada keluarnya para pengguna Instagram untuk masuk menggunakan platform sosial media seperti TikTok misalkan. Jika demikian terjadi maka Instagram tentunya akan kewalahan menghadapi kompetitornya.

Fitur Instagram

Dari sisi penguna Instagram sendiri, jika intensitas kamu dalam menggunakan platform ini masih jarang dan juga posting tanpa tujuan yang jelas, seperti misalnya membuat postingan inspirasional. Di tahun 2022 jika kamu masih menggunakan pola seperti itu maka bisnis kamu akan susah untuk berkembang, jadi yang harus kamu lakukan sebagai pemilik bisnis adalah manfaatkanlah Instagram secara efisien. Gunakanlah platform ini sebagai alat untuk membantu penjualan kamu.

Pilihlah fitur-fitur yang disediakan oleh Instagram dan sesuaikan dengan kebutuhan yang benar-benar dibutuhkan oleh bisnis kamu saat ini untuk meningkatkan visibilitas, keterlibatan (engagement), prospek atau penjualan. Dengan hanya memilih dan menyesuaikan fitur sesuai kebutuhan bisnis kamu, maka akan lebih memberikan kemudahan dalam menjalankan bisnis kamu dan tidak akan merasa tertekan dengan beban pembuatan konten instagram.

#8: YouTube Shorts Akan Mencuri Perhatian Audien

Kamu ingin channel kamu bisa memenangkan kompetisi pencarian secara organik pada YouTube?. Kewajiban mendasar yang harus kamu pahami adalah, bagaimana cara kerja algoritma YouTube dalam menampilkan channel-channel pilihannya. Jika kamu sudah memahami algoritmanya YouTube maka kamu bisa menentukan konten mana yang sekiranya tepat untuk audiens kamu. Inilah langkah yang tepat yan bisa kamu lakukan jika kamu memilih opsi ini sebagai kunci keberhasilan bisnis kamu di tahun 2022.

Trend YouTube Tahun 2022.

Sebagai seorang konten kreator yang menggunakan platform youtube sebagai media untuk memprouksi konten. Pada tahun 2022 ada trend dari youtube yang perlu kamu perhatikan, hal-hal tersebut adalah: 

1. Cara video kamu ditemukan dalam penelusuran sedang berubah. 

Dalam beberapa tahun terkakhir ini ada yang berubah dari Algoritma google, jika sebelumnya kamu cukup memasang kata kunci yang tepat, lalu memasukannya kedalam judul konten, kemudian kamu membuat strategi penandaan yang kuat, maka dengan begitu konten youtube kamu bisa mudah naik ke peringkat pertama pada kata kunci yang kamu pasang. Tetapi sekarang, memasuki tahun 2022, penggunaan hastag sebagai penanda, sudah tidak terlalu penting untuk bisa menemukan kata kunci yang di cari oleh audiens. Kunci untuk mendominasi pencarian sekarang lebih terletak pada kata kunci yang tepat, judul konten kamu, dan deskripsi kamu. 

2. Jangan terlalu fokus terhadap YouTube Shorts. 

Kalau yang ini mungkin hanya pendapat saya pribadi, memang benar ada beberapa konten kreator yang sudah sukses dengan memainkan dan fokus pada YouTube Shorts, tapi saya tidak terlalu fokus terhadap YouTube Shorts, saya pribadi lebih mengutamakan dan memfokuskan diri untuk membuat konten yang bisa ditemukan dalam pencarian YouTube secara organik. Saya masih meyakini bahwa pengguna platform YouTube ini masih menginginkan konten yang utuh memiliki durasi tayang yang  panjang yang bisa memberikan penjelasan secara detail dan rinci sehingga akan meningkatkan konversi menjadi penjualan, membangun komunitas, dan meningkatnya pertumbuhan bisnis  berkelanjutan.

Penonton atau audien kamu bukan hanya sekedar ingin megetahui isi konten yang kamu buat, tapi lebih sekedar dari itu mereka juga ingin mengenal siapa diri kamu dan brand yang kamu usung. Dan YouTube merupakan mesin pencarian nomor dua setelah Google, sehingga wajar ketika audien mempunyai pertanyaan mereka akan mencari jawabanya pada Google atau YouTube. Di sini kamu sebagai konten kreator dituntut untuk bisa fokus dalam membuat konten yanng benar-benar dibutuhkan oleh mereka yang membutuhkan jawaban dari permasalahan yang mereka hadapi.

Namun satu hal yang perlu juga kamu ketahui bahwa, tipe audien ada juga yang mempertimbangkan dari sisi siapa si pembuat konten, sehingga mereka tidak cukup hanya mendapatkan jawaban dari konten yang mereka buat, tapi ingin mengetahui lebih dalam tentang diri kamu sebagai seorang konten kreator. Jadi di tahun 2022, saatnya kamu harus merencanakan konten apa yang sesuai dengan expertise kamu dan juga audiens kamu, cobalah untuk membuat strategi yang berfokus pada pencarian dan membangun komunitas yang menyukai konten video.

3. Jadilah yang berbeda dan miliki Keunikan. 

Melalui platform YouTube ini, kita diberikan kesempatan untuk berkembang tentunya melalui konten-konten yang kita buat, namun demikian tentunya keberhasilan mereka ditentukan seberapa berani mereka untuk tampil beda dengan menonjolkan keunikan yang ada pada diri mereka. 

Salah satu contoh YouTuber favorit saya adalah Mas Alip Ba Ta, melalui kepiawaianya beliau memainkan alat musik gitar sebagai seorang Fingerstyle. Keunikan beliau adalah tampil dengan sangat sederhana di rumah kontrakan petak, dengan gaya main gitarnya yang khas cukup dengan lesehan dilantai. Dan yang paling tampil beda adalah beliau paling anti minta penontonya untuk mensubscribe, like maupun share Channelnya. Tapi dengan gayanya tersebut justru menimbulkan banyak rasa penasaran orang untuk mengetahui siapa beliau sebenernya, sampai pada akhirnya subscribernya meningkat drastis. 

Trens Sosial media marketing 2022

#9: Video Lead, Pemasaran Organik LinkedIn 

Apa itu LinkedIn dan Mengapa Kita Perlu Mempunyai Akun LinkedIn. Pada tahun 2021, LinkedIn meluncurkan sebuah fitur Creator Mode, fitur atau alat ini berfungsi untuk mendorong dan mendukung para profesional dan pelaku bisnis dalam memposting lebih banyak lagi konten-konten asli yang bisa memperkuat pesan merek mereka. Berikut adalah fungsi dan manfaat yang bisa kamu dapatkan saat mengaktifkan fitur Mode Kreator (Creator Mode):

  • Profile kamu bisa di konversi atau diubah menjadi sebuah akun Follow sehingga kamu bisa memenuhi syarat untuk ditampilkan sebagai Kreator yang direkomendasikan oleh LinkedIn untuk di ikuti (follow).  
  • Kamu bisa mendapatkan akses ke semua fitur LinkedIn pada saat diluncurkanya alat pembuat content yang baru, dan kamu bisa mengakses ke berbagai fitur dengan Creator Hub.
  • Kamu bisa memilih opsi untuk menerbitkan buletin LinkedIn agar konten kamu bisa mendapatkan visibilitas lebih banyak.  
  • Kamu bisa mendapatkan akses ke LinkedIn tanpa melalui proses aplikasi.
  • Bagian topik yang kamu posting pada profile kamu berupa lima tagar, postingan tersebut akan di highlight atau disorot oleh LinkedIn untuk menunjukan ke-sukaan dan komentar.
Diperkirakan pada tahun 2022 LinkedIn akan menjadi platform yang cukup diperhitungkan untuk dijadikan sebagai konten video pemasaran dengan ROI yang bagus.

 

LinkedIn berencana meluncurkan fitur video pendek sebagai bagian dari Mode Kreator, mirip dengan Reel Instagram dan TikTok. Rencana ini diumumkan pada tahun 2021 ketika LinkedIn menghentikan fitur Stories dan mengakuisisi aplikasi video tutorial bernama Jumprope. LinkedIn berharap pelaku Bisnis akan menggunakan fitur video baru ini untuk memasarkan produk dan layanan mereka dengan video panduan singkat dan LinkedIn juga akan terus mengembangkan sesi pengguna untuk meningkatkan efektivitas pemasaran video LinkedIn mereka.

#10: E-Commerce Semakin Berkembang Dengan TikTok

TikTok telah memiliki tempat tersendiri sebagai platform sosial media dan hiburan, dan di tahun 2022 akan terus mendominiasi sosial media hiburan melalui video pendeknya. Jika saat ini (postingan ini dibuat) TikTok sudah digunakan lebih dari 1 miliar pengguna di dunia, maka tahun 2022 TikTok diperkirakan akan mencapai 1,5 miliar pengguna.   

Yang perlu menjadi perhatian besar bagi para pemasar dalam menggunakan video marketing dalam mengembangkan bisnisnya adalah bahwa ada empat area utama yang harus diperhatikan pada tahun 2022 yang jika ini dlakukan maka akan memberikan lebih banyak peluang untuk menghasilkan uang. Silahkan kamu bisa membaca postingan saya sebelumnya yang berjudul Bagaimana Cara Beriklan di TikTok artikel tersebut menjelaskan dasar bagaimaa cara beriklan di platform TikTok.

Pertumbuhan live streaming yang pesat. 

TikTok sangat populer di kalangan pengguna biasa, TikTok akan terus meningkatkan fitur lve streamingnya untuk mempengaruhi dan mendorong lebih banyak pengguna untuk mengadopsinya sebagai strategi pengembangan dan pemeliharaan bisnis. Perkembangan TikTok yang paling menonjol adalah pergerakan menuju perdagangan live streaming. Fitur ini sudah tersedia di Inggris Raya, kekuatan tautan link yang dapat diklik dan kemampuan untuk langsung menjual produk dari live streaming tidak diragukan lagi terbukti ampuh bagi bisnis dan merek untuk meningkatkan pendapatan.

Media Perdagangan di Sosial Media

TikTok terbukti menjadi pesaing yang layak diperhitungkan pada ruang perdagangan sosial media. Banyak pihak yang berharap TikTok menambah banyak fitur belanja dalam aplikasinya, dengan mempertimbangkan kemitraan, baru-baru ini dengan Shopify dan kemampuan akun bisnis untuk menandai produk, TikTok Shop adalah fitur yang sangat dinanti yang akan tiba pada tahun 2022. Fitur ini sudah diluncurkan di Douyin, aplikasi versi Cina, toko TikTok memungkinkan merek dan pemilik bisnis untuk membuat sebuah toko online, memberikan lebih banyak peluang untuk meningkatkan penjualan.

Aplikasi TikTok

Orisinilitas dan Koneksitas Faktor Kunci Keberhasilan 

Selanjutnya, keaslian, kepribadian, dan keterhubungan akan terus menjadi faktor kunci keberhasilan dalam performa video dan untuk membangun komunitas untuk bisnis kecil. Dengan menghidupkan brand kamu maka akan membantu keberhasilan bisnis kamu. Gen Z terus mendikte tren organik berdasarkan budaya pop dan acara yang layak untuk diberitakan, dan berharap untuk melihat lebih banyak tren ini tersebar di berbagai platform media sosial. 

Jika sebelumnya konten video berdurasi panjang dianggap bisa menarik audiens, namun sekarang tren video justru menjadi kebalikan yaitu akan memendek. Pengguna mengonsumsi tren dengan cepat dan kemungkinan akan lebih banyak tool yang bisa memprediksi tren lebih awal. Tantangan bagi merek untuk beradaptasi dengan budaya TikTok yang sedang tren dan serba cepat akan terus berlanjut. Alat pendidikan baru-baru ini dikembangkan, melalui peluncuran Pusat Kreatif untuk membantu merek membuat kampanye yang intuitif bagi platform. Diharapkan ini bisa untuk mengetahui lebih banyak lagi sumber daya dan ketersediaan alat untuk menarik merek ke platform.

Permintaan Konten Buatan Pengguna (User Generated Content)

Terakhir, akan ada lebih banyak permintaan untuk konten buatan pengguna karena lebih banyak merek tertarik pada aplikasi. TikTok akan terus mendukung merek dengan alat dan program yang dirancang untuk membantu mereka bermitra dengan pembuat konten yang dapat menyediakan konten buatan pengguna yang terasa dinamis dan asli untuk platform. TikTok Creator Marketplace dan Spark Ads sudah ada, dan dengan peluncuran Creative Exchange Platform baru-baru ini, diharapkan jenis kolaborasi merek dan pembuat konten ini akan berkembang untuk membantu merek menemukan pembuat konten yang relevan yang paham tentang aplikasi TikTok.

#11: Pentingnya Koneksi Pelanggan

Pada tahun 2022 dan seterusnya, Sesuatu yang tidak diinginkan dan tidak diharapkan pada era konsekuensi, akan menjadi tantangan besar bagi para marketer/pemasar. Apa yang dimaksud era konsekuensi yang tidak diharapkan?. Pandemi global menyebabkan kita semua salah menebak tentang segala hal. Kita semua tidak menyangka Covid-19 bisa menyebabkan kelangkaan akan tabung oksigen, masker medis dan ketersediaan kamar rawat di Rumah Sakit.  

Pandemi Covid-19 juga merubah prilaku konsumen secara drastis, inilah yang menjadi tantangan besar bagi para pemasar untuk menebak dengan benar apa yang diharapkan oleh konsumen. Keluar dari situasi pandemi karena tercampurnya berbagai permasalahan yang pada akhirnya menimbulkan kompleksitas dari perilaku konsumen baru, hal ini akan berpengaruh terhadap cara kita menggunakan website dan media sosial.

Ada beberapa contoh, pada banyak keluarga, remaja yang paham tentang website mampu mengambil alih fungsi pembelian untuk sebuah keluarga. Hampir 60% dari pembelian melalui website yang terjadi sekarang merupakan pembelian impulsif. Perdagangan langsung (live commerce), yang menggabungkan influencer, video live streaming, dan eCommerce meledak di China dan bergerak cepat di Amerika Serikat.

Contoh tersebut merupakan perubahan di antara jutaan pergeseran konsumen besar dan kecil yang menghasilkan tren baru yang tidak dapat kita pahami. Mungkin butuh satu dekade untuk melihat dampak secara penuh akibat pandemi terhadap pemasaran. Karena alasan inilah saatnya kita untuk berhubungan kembali dengan pelanggan, tanyakan tentang semua asumsi yang kita miliki, tentang apa yang sudah berhasil, dan tetap rendah hati dalam menghadapi perubahan yang baru kita pahami.

#12: Penggunaan Ruang Sosial Media Melalalui Twitter

Ketika berbicara tentang Twitter, Menggunakan platform ini tentu harus menjadi bagian dari rencana pemasaran kamu di tahun 2022. Konten yang berupa format audio juga terus tumbuh dan semakin populer, tentunya bisa menjadi media yang tepat untuk berpromosi. Hal ini menjadi cara yang ampuh bagi pemasar untuk membangun koneksi secara online dan melayani komunitas mereka melalui konten dan percakapan yang berharga yang bisa kamu sematkan di akun Twitter. Dengan begitu praktis, kamu tidak memerlukan apa pun lagi untuk memulai pemasaran kecuali hanya Hanphone kamu. Kamu juga tidak perlu khawatir tentang kesiapan kamera!.

Twitter ini bekerja dibelakang layar dengan meluncurkan fitur yang memiliki kemampuan untuk merekam dan fungsi baru untuk menemukan ruang untuk bergabung dan berpartisipasi. Bagi mereka yang sudah memiliki follower atau audien di platform ini, cukup masuk akal untuk bisa tampil dan berbicara secara terstruktur di room atau ruang milik orang dan bahkan bisa mempertimbangkan untuk menjadi tuan rumah bagi kamu sendiri. 

#13: Atribusi Iklan Facebook Semakin Berkembang

Meskipun kamu belum memiliki ekspektasi pemasaran yang besar di tahun 2022, tetapi setidaknya kamu sudah bisa memprediksi dan meyakinkan dengan aman tentang tujuan bisnis kamu. Di tahun 2022 sistem penargetan dan pelacakan berpengaruh terhadap peningkatan privasi, dan ini akan terus dikembangkan jauh melampaui iOS. Hal ini bukan sesuatu yang buruk karena kita juga harus memahami dunia baru ini, dan berhentilah mengharapkan hal-hal seperti dulu. karena itu tidak akan bisa dikembalikan.

Para pengembang dan inovator atau developer akan terus menciptakan solusi, tidak terkecuali Facebook juga akan menciptakan solusi. Memang ada sedikit masalah pada sistem atribusi Facebook yang baru untuk saat ini, Namun kita berharap Facebook dapat mengantisipasinya melaui alat tambahan, yang akan dirilis oleh Facebook untuk membantu mengatasi permasalahan ini. Selain itu, sudah seharusnya Facebook bisa, melakukan hal itu sehingga pada akhirnya akan tersedia lebih banyak opsi penargetan yang memanfaatkan aktivitas di Facebook, untuk mengurangi dampak pada penargetan lintas-aplikasi.

#14: Kecenderungan LinkedIn Pada Video

Di tahun 2021 LinkedIn menginjakan usianya yang ke 18 tahun, ini artinya LinkedIn menjadi semakin dewasa, Platform ini dikenal sebagai sosial media yang yang mengakomodir jaringan professional, tahun 2021 merupakan awal platform ini difokuskan bagi para mebuat konten (content creator). LinkedIn memperkenalkan Creator Mode untuk profil pribadi, Orang-orang yang memulai percakapan dan diskusi membawa ruang ekstra ke platform hal ini dilihat sebagai tempat bagi para pencari kerja untuk masuk ke platform ini.

Melalui creator mode, bisa memberikan lebih banyak lagi anggota mengakses ke LinkedIn Live dan kemampuan untuk menerbitkan buletin mereka sendiri (menggunakan fitur artikel). Tentunya hal ini bisa membangun pelanggan dan basis pengikut untuk monetisasi platform ini.  Menjelang akhir tahun 2021, LinkedIn meluncurkan program awal yang didanai oleh Creator Accelerator (dengan  anggaran $15.000 per orang) yang bertujuan memberi 100 orang (hanya di AS untuk saat ini) alat dan pelatihan untuk membangun komunitas dan membuat konten yang memulai percakapan di LinkedIn. 

Pada tahun 2022 ini, kamu akan melihat lebih banyak lagi fitur dan visibilitas Mode Kreator - creator mode baru ini. Dua fitur yang diprediksi akan muncul pada tahun 2022 adalah video pendek (video short) dan audio. LinkedIn telah mengakuisisi perusahaan pembuat tutorial pendek bernama Jumprope. Pembuat konten dapat mulai membuat dan membagikan video tutorial singkat dengan gaya yang mirip dengan YouTube Shorts. Disamping itu juga ada kabar bahwa LinkedIn akan menambah fitur baru yaitu audio dengan gaya Clubhouse.

Trens Sosial Media Marketing

Kedua tool atau alat ini akan sangat cocok digunakan oleh para pembuat konten (content creator). Pemasar harus mengawasi pembuat konten yang sedang membangun follower untuk segmen atau ceruk pasar yang sesuai dengan Brand mereka. Influencer marketing akan hadir di LinkedIn.

LinkedIn tetap menjadi tempat bagi pencari kerja dan pemberi kerja untuk menemukan karyawan terbaik berikutnya. Dengan 'perombakan besar atau pengunduran diri' terjadi, platform telah berkembang menjadi 800 juta anggota (naik dari sekitar 690 juta pada tahun 2020). Microsoft, yang memiliki LinkedIn, dapat memanfaatkan produknya sendiri untuk meningkatkan LinkedIn. Misalnya, anggota yang ada sekarang bisa membuat pesan satu-ke-satu video langsung di platform. Seseorang yang terhubung dengan kamupun bisa mengatur rapat video instan di dalam pesan langsung. Kamu juga bisa membuat jadwal pertemuan yang direncanakan. 

Untuk halaman perusahaan, nantinya akan lebih banyak visibilitas dan fitur yang ditambahkan pada tahun 2022. LinkedIn telah memberikan fitur bagi perusahaan untuk mengakses dan mempublikasikan artikel di halaman mereka secara langsung pada tahun 2021. Dengan disiediakanya fasilitas untuk menerbitkan artikel berarti akan menggunakan strategi SEO untuk bisnis. Kemampuan untuk mengeksplore lebih dalam tentang bagaimana mereka dapat melayani pelanggan mereka. 

Pemasar bisa membuat artikel yang menyoroti tim mereka, memberikan kesempatan kepada anggota tim untuk menulis tentang masalah atau bidang yang mereka minati dan membawanya ke dalam bisnis. Tool yang ada pada halaman perusahaan lain yang dapat dilihat adalah Acara LinkedIn (LinkedIn Event), yang memungkinkan kamu untuk mengirimkan webinar atau obrolan api unggun dengan karyawan kamu.

#15: TikTok Mendorong Konten Marketing Untuk Masa Depan

Banyak bisnis melihat TikTok dengan fitur yang berupa video pendek hanya sebagai tempat hiburan bagi anak-anak dan berjoget-joget yang terlihat tidak jelas. Memang itu akan telihat unfaedah banget. Namun baru-baru ini, semua platform media sosial telah menambahkan video pendek: Reel Facebook, Reel Instagram, YouTube Short, Pin Ide Pinterest, dan LinkedIn juga akan menambahkan video pendek ke platformnya. Ini menunjukan bahwa video pendek sangat diminati oleh banyak orang.


Coba kamu tanyakan pada diri sendiri, dari mana pemicu untuk semua inovasi video pedek ini berasal? Maka jawabanya Itu dipelopori oleh platform TikTok.


Jika kamu menggunakan video dalam pemasaran media sosial kamu, pelajari cara menggunakan TikTok untuk memasarkan bisnis kamu sekarang juga. Kamu akan memiliki keunggulan dalam kompetisi, dan kamu dapat menggunakan ide konten kreatif di sana di saluran sosial media kamu yang lain.

#16: YouTube Menawarkan Lebih Banyak Penempatan Iklan

Memang benar, kita tidak bisa mengatakan bahwa, "Video akan menjadi sangat penting di tahun 2022." Tentunya kamu sudah tahu itu. Namun, kita sepakat untuk mengatakan bahwa jumlah opsi dalam penggunaan saluran pemasaran yang akan kita dapatkan semakin meningkat. Jika kamu sudah berinvestasi kedalam platform video, Kamu bisa mulai bersiap untuk menggunakannya dengan cara baru.

Trend Sosial Media Marketing 2022

Perubahan Kampanye Aksi Video di YouTube: Telah di umumkan oleh Google Pada Oktober 2021,  dengan menggunakan kampanye aksi video maka akan secara otomatis menyertakan penempatan TV yang terhubung ke YouTube. Ini akan menjadi cara lain bagi merek untuk memperluas jangkauan mereka. 

Saya pribadi menyukai model kampanye seperti ini karena YouTube bisa mengarahkan pengguna ke website kamu dan bisa mengumpulkan formulir prospek di perangkat seluler Android. Nilai YouTube akan selalu ditampilkan di hadapan pemirsa yang relevan. Memperluas ke lebih banyak penempatan di YouTube menurut saya akan lebih banyak mendapatkan prospek yang lebih baik.

#17: Sosial Berbayar Sangat Diperlukan

Sosial Media Marketing telah menjadi strategi pemasaran yang berkembang sangat pesat selama beberapa tahun terakhir. Strategi yang dulunya digunakan untuk membangun engagement atau keterlibatan serta menciptakan kehadiran online yang personal. Sekarang, sosial media dapat digunakan untuk membuat perjalanan konsumen (customer journey) secara penuh, termasuk mengakuisisi pelanggan, pemasaran ulang (re-marketing), retensi, dan layanan. 

Penggunaan sosial media berbayar mengacu pada prihal apapun di sosial media yang dipengaruhi oleh iklan. Sosial media berbayar adalah iklan atau posting bersponsor yang dibayar oleh merek ke jejaring sosial untuk ditampilkan kepada audiens di luar pengikut mereka. Biaya per klik (BPK) adalah salah satu metode penagihan yang paling umum untuk jenis promosi ini. Strategi sosial berbayar akan tetap menjadi trend Sosial media marketing di tahun 2022 karena memiliki kinerja paling baik untuk secara bersamaan melibatkan dan memelihara pengikut kamu sambil memperluas jangkauan merek kamu ke audiens yang lebih luas.

Trens Sosial Media 2022 Sosial Paid

Keuntungan Sosial Berbayar

  • Karena jangkauan organik yang terus menurun, penggunaan sosial media berbayar memungkinkan merek atau brand untuk bisa menembus algoritma dan terhubung dengan audiens yang sebelumnya tidak terjangkau.
  • Jika kamu telah mengembangkan penawaran konten yang mengkonversi seperti orang gila, gunakan sosial media berbayar untuk menyebarkan penawaran tersebut ke audiens ideal kamu dan lihat hasilnya kamu akan mengalami peningkatan konversi secara instan.
  • Berdasarkan data survey 64% orang mengatakan bahwa mereka menggunakan sosial media untuk menemukan inspirasi ketika berbelanja, artinya mayoritas audiens kamu dapat menerima pesan promosi kamu.
  • Gunakan kampanye berbayar untuk memperkuat nilai dan pesan yang kamu rilis melalui sosial media organik.
  • Manfaatkan penargetan audiens untuk memanfaatkan pembeli yang tepat yang ingin kamu jangkau. Misalnya, Publix (toko minuman keras) menggunakan penargetan geografis untuk menjangkau lebih dari 21 konsumen yang berada di dekat lokasi toko mereka di Asia Tenggara.

#18: Penggunaan Video Stori Instagram

Kepopuleran konten video dengan durasi tayang lebih pendek (short video), memberi peluang besar bagi para pemasar untuk mendapat banyak keterlibatan dari konten marketing yang mereka bangun. 

Instagram Stories kini mendapat peningkatan setelah platform ini mengumumkan penambahan durasi tayang untuk video yang diunggah. Sebelumnya, pengguna IG hanya bisa memposting klip yang bisa diputar selama 15 detik di platform. Jika kamu mengupload klip yang melebihi durasi ini, klip tersebut akan dibagi sebagai bagian terpisah di Stories.

Kecenderungan orang ingin diajak bicara, oleh karena itua kamu bisa menggunakan stori di Instagram kamu dengan Menggabungkan video Stories yang diotomatisasi API Instagram yang sudah disetujui klien, seperti contoh ManyChat, ini merupakan cara untuk melibatkan rasa ingin tahu dan menjawab pertanyaan umum. Misalnya, “Jika kamu ingin tahu lebih banyak, kirimkan saya #PODCAST, dan saya akan mengirimkan lebih banyak informasi terbaru dari saya.”

Jika ini dilakukan maka akan memberikan manfaat dua kali lipat bagi pemasar. Pertama, memungkinkan usaha kecil dan merek besar sama-sama membuka dialog yang membangun kepercayaan dan hubungan dengan prospek. Kedua, ketika seseorang terlibat dengan akun kamu dengan cara ini, itu bisa mengirimkan sinyal ke Facebook bahwa ada hubungan yang tulus antara kamu berdua.

#19: Keterhubungan TikTok

Dalam banyak hal, TikTok memang masih tampak seperti wild west. Kira-kira kenapa dan apa yang membuat TikTok menjadi meledak?. Apakah karena potensi bagi pemilik bisnis sangat besar?. Untuk mengetahui dan memahaminya maka kita harus bermuara pada dua hal utama yaitu; Suara (Sound) TikTok dan keterhubungan (relatabilitas) merek kamu. Suara merupakan inti dari perubahan atau tren platform ini yaitu sekitar 99% dari waktu tayang.

Untuk menangkap tren ini saat mencapai puncaknya, kamu harus memperhatikan suara yang berulang tiga kali atau lebih selama scrolling. Pastikan kamu berada di tab For You Page, yang merupakan tab utama TikTok untuk konsumen. Jika suaranya berulang, lanjutkan dan ketuk ikon disk di kanan bawah layar. Boom...!!, maka kamu sekarang sudah berada di beranda suara tempat video teratas dari pembuat konten.

Verifikasi sekali lagi dengan cara memeriksa tanggal video teratas tersebut. Jika beberapa telah diposting dalam seminggu terakhir, maka kamu akan mendapatkan pemenang!. Sekarang, saatnya untuk bertindak cepat, yang membawa kita ke bagian kedua dari persamaan TikTok ini yaitu keterhubungan (merek) kamu. 

Sebenarnya, suara saja masih belum cukup. dan kemungkinan kamu bisa saja membuat konten video secara asal-asalan hanya untuk melengkapi kekurangan video. tapi itu bukan cara yang tepat. Yang perlu diingat adalah kamu di sini sedang membangun komunitas, bisnis, atau warisan. Sehingga sangat penting bagi kamu untuk memanfaatkan kreativitas kamu dan menemukan cara untuk membuat video yang berhubungan dengan cerita merek kamu atau niche yang menyeluruh.

Katakanlah trennya adalah menampilkan beberapa gambar dari perjalanan hidup kamu. Maka kamu jangan hanya berbicara tentang kisah pribadi kamu saja. Buatlah video sedikit lebih spesifik. Jika kamu seorang ibu dan toko pop, misalnya, Kamu mungkin bisa memamerkan perjalanan kamu selama bertahun-tahun, mungkin kamu bisa menceritakan tentang Nenek yang menginspirasinya? Atau, jika kamu seorang pengusaha online, maka pastikan pemirsa atau follower kamu untuk like dan share dari perjalanan pribadi kamu.

Strategi pemasaran berbasis tradisional tidak akan berhasil dengan baik di aplikasi ini. Sebaliknya, kreator yang rentan dan aspiratif justru akan bisa melangkah ke pusat perhatian. Ini merupakan penghargaan. Yang berarti bertemu dengan diri kamu sendiri di mana kamu berada. Dan memiliki perjalanan kamu apa adanya. Sederhana itu lebih baik. Ini bukan YouTube! Tetap tidak rumit.

#20: Iklan Facebook dan Diversifikasi Pelacakan Meningkatkan Kinerja Kampanye

Jika kamu belum pernah mencoba beriklan di Google, YouTube, atau Instagram, maka inilah saatnya untuk memulai kamu mencobanya. Instagram memang dimiliki oleh Facebook yang sekarang bernama Meta, namun demikian jika kamu menggunakan instagram sebagai pilihan beriklan ini akan memberikan hasil yang berbeda. Saya juga melihat kinerja dari iklan ini menghasilkan cukup baik sebagai alat iklan tertentu seperti Layanan Lokal Google dan bahkan situs khusus seperti Nextdoor. 

Selain itu, biaya iklan Facebook telah meningkat, karena hilangnya pelacakan dan persaingan. Saya pikir ini mungkin mendorong beberapa produk dengan margin lebih rendah atau bisnis kecil yang memiliki anggaran pemasaran keseluruhan yang lebih sedikit untuk dikerjakan. Namun, ada beberapa hal yang dapat dilakukan bisnis untuk menggunakan Facebook secara paling efisien:

  • Uji dengan cara yang lebih fokus daripada sebelumnya. Gunakan kampanye Anggaran Set Iklan untuk mengontrol pengujian kamu dan tahu persis di mana kamu harus mendapatkan keuntungan. Uji penempatan, gambar, dan salin dengan lebih ketat.
  • Ingatlah gambaran yang lebih besar. Apa pandangan jangka panjang untuk akuisisi klien atau pelanggan? Apakah seseorang membeli dari Anda berkali-kali? Jika tidak, bagaimana Anda bisa memastikan nilai umur pelanggan atau nilai pesanan rata-rata naik?
  • Pisahkan pelacakan back end Anda sehingga Anda benar-benar dapat melihat dari mana prospek dan penjualan berasal. Terapkan sistem penandaan sehingga Anda tahu dari mana klien berasal jika mereka tidak langsung membeli.
  • Coba pendekatan yang berbeda untuk penargetan Anda; Biasanya audiens yang lebih luas bekerja lebih baik dalam beberapa kasus dan di lain audiens yang sangat spesifik bekerja dengan baik.

Pemasaran Facebook akan tetap ada di masa mendatang, tetapi bisnis yang menguji dan melakukan diversifikasi sekarang akan menjadi pemenang di masa mendatang.

#21: Story Telling Asli Mendorong Kesuksesan Pemasaran YouTube

Saat ini, pemasar fokus pada penyediaan informasi berkualitas saat melakukan presentasi secara profesional. Namun, semua orang juga akan melakukan itu. Pemasar perlu fokus untuk membangun hubungan emosional dengan audien mereka. Mereka dapat melakukan ini dengan bercerita dan menunjukkan kerentanan. Ini akan memungkinkan mereka untuk membangun kepercayaan dan kredibilitas, dan hubungan secara natural tersebut akan membawa orang kembali ke konten mereka secara konsisten.

Tidak ada komentar untuk "Trend Sosial Media Marketing Tahun 2022"