Bagaimana Cara Beriklan di TikTok

Bagaimana cara beriklan di TikTok

Bagaimana Cara Beriklan di TikTok - Pada postingan artikel kali ini saya akan memberitahu tentang bagaimana beriklan di Tiktok. Mungkin saat ini kamu lebih familiar atau terbiasa beriklan dengan menggunakan platform Facebook dan Instagram untuk Membangun Strategi Media Sosial Yang Tepat, namun tidak ada salahnya kamu untuk mencoba mendapatkan sesuatu yang baru dari aplikasi sosial media TikTok yang semakin populer.

Mengapa Memilih TikTok 

Ketika TikTok, yang saat itu disebut Douyin, seperti yang masih disebut di China saat ini, diluncurkan pada September 2016, tidak ada yang menyangka bahwa itu akan menjadi begitu populer. Hanya dalam beberapa tahun terakhir, TikTok telah mengalami pertumbuhan besar-besaran dan meningkat popularitasnya pada pengguna aplikasi media sosial. Pada April 2020 saja, ia berhasil mencapai 2 miliar unduhan di seluruh dunia. 

Selain sebagai media sosial untuk hiburan aplikasi ini juga bisa dijadikan sebagai strategi pemasaran bisnis secara gratis. Namun jika kamu ingin mendapatkan hasil yang lebih powerfull, kamu juga bisa memilih strategi iklan berbayar di TikTok agar bisa meningkatkan dampak brand bisnis terhadap audiens kamu.

Dengan popularitas TikTok yang luar biasa, tentunya ini bisa dijadikan strategi yang bagus untuk mengkampanyekan brand bisnis kamu. Tetapi beriklan di TikTok tidak sama dengan beriklan di saluran sosial media lainnya. Pada postingan ini saya akan mencoba memberikan gambaran terperinci tentang cara menjalankan iklan di platform dan jenis iklan apa yang bisa kamu gunakan.

Jenis Iklan TikTok

TikTok memberi kamu banyak pilihan untuk bisa beriklan di platform ini. Jadi, kamu bisa memilih apa yang paling efektif dalam menjangkau target audiens kamu dan menyampaikan pesan kamu. Berikut adalah jenis jenis iklan TikTok yang bisa kamu jalankan:

  • Brand Takeover (pengambilalihan merek) – Jenis iklan ini memungkinkan iklan kamu untuk mendominasi percakapan dan pada saat pesan kamu mengambil alih seluruh layar selama beberapa detik. Kemudian berubah menjadi iklan video in-feed.
  • Branded AR Content (konten AR bermerek) – Iklan kamu juga bisa muncul sebagai stiker bermerek (branded sticker), lensa, dan jenis konten AR lainnya sehingga pengguna TikTok bisa menggunakannya dalam video mereka.
  • In-Feed-Video (umpan video) – Ini adalah iklan yang muncul di antara umpan berita asli pengguna TikTok di halaman “Untuk Anda”.
  • Hastag Challenge Tantangan tagar – Jenis iklan ini muncul di bagian “Penemuan” aplikasi dan bisa mendorong partisipasi pengguna.
  • Sponsored influencer content (konten influencer bersponsor) – Untuk jenis iklan TikTok ini, konten kamu akan disampaikan melalui konten bersponsor dari pengguna TikTok yang berpengaruh.

Cara Mengatur Iklan di TikTok

Periklanan TikTok berkembang pesat seiring meningkatnya pertumbuhan platform ini. Sebelum peluncuran TikTok for Business yang baru pada Juni 2020, pengiklan merek perlu menghubungi TikTok secara langsung untuk mengetahui apakah iklan mereka memenuhi syarat untuk ditayangkan atau tidak. Sementara fitur baru dan pengembangan lebih lanjut dimunculkan dalam solusi platform iklan berbayar. 

Yang pertama harus kamu lakukan tentunya adalah dengan membuat terlebih dahulu akun di TikTok Ads Manager. Langkahnya cukup sederhana kamu mendaftar akun Pengelola Iklan TikTok (TikTok Ads Manager). Tampilan halaman pertama yang akan muncul, kamu akan ditawarkan dua cara pendaftaran, apakah mau melalui email atau melalui No. Handphone kamu. 

Cara beriklan di TikTok

TikTok akan meminta kamu untuk memasukkan beberapa informasi alamat email dan kata sandi kamu. Kamu juga harus memasukkan kode verifikasi yang dikirim ke email kamu. Jika kamu memilih untuk mendaftar dengan nomor handphone kamu, maka kamu memerlukan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor HP kamu. Konfirmasikan bahwa kamu menyetujui syarat dan ketentuan, kemudian klik "Daftar."

pendaftaran tiktok

Setelah akun kamu disetujui, silahkan kamu masuk ke dasbord untuk pengaturan iklan TikTok dan selesaikan pengaturan akun awal sesuai dengan instruksi. Selanjutnya kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memulai membuat iklan TikTok kamu.

Langkah 1: Buat kampanye baru

Mulailah dengan membuat kampanye iklan dengan memilih menu “Kampanye” kemudian pilih tombol “Buat” yang ada dibawah tab kampanye.

Buat kampanye

Kamu akan diberikan pilihan untuk menentukan target sasaran dari iklan yang akan kamu buat, secara default mode yang terpilih adalah "Mode Sederhana" dimana terdapat empat sasaran iklan yang nantinya bisa kamu pilih, diantaranya; Interaksi Pelanggan, Kunjungan Website, Membuat Prospek, dan Konversi, ke empat tujuan tersebut bisa kamu sesuaikan sendiri dengan tujuan dari kamu membuat iklan itu sepertia apa. 

Tujuan Iklan

Selanjutnya silahkan kamu memilih "Mode Kustom" untuk membuat kampanye iklan kamu, Ini akan memberi kamu opsi untuk memilih tujuan kampanye – apakah kamu ingin menciptakan trafik, konversi, atau pemasangan aplikasi.

Membuat iklan tiktok

Selanjutnya kamu juga bisa menetapkan anggaran tanpa batas untuk menjangkau sebanyak mungkin target audiens kamu dengan cara checklist di Tanpa Batas pada pilihan anggaran. Tetapi jika kamu ingin menentukan anggaran harian kamu bisa unchecklist-nya, dan silahkan masukan berapa jumlah anggaran yang akan kamu masukan, anggaran minimal sebesar Rp. 50.000,-. Dengan menentukan anggaran kamu bisa secara bertahap dan stabil dalam menjangkau target audiens kamu.

Anggaran iklan tiktok

Langkah 2: Pilih penempatan dan target iklan

Kampanye kamu. Di sinilah kamu memutuskan penempatan dan penargetan untuk grup iklan kamu. Pilihan penempatan iklan kamu di mana nantinya iklan kamu akan tayang atau dimunculkan di TikTok dan platform mitranya.

Kamu bisa memilih penempatan otomatis atau memilih penempatan sesuai target secara manual. Jika kamu memilih Penempatan otomatis maka iklan kamu akan muncul di semua aplikasi mitra TikTok. Jadi ini perlu dipertimbangkan kembali bagi kamu untuk menentukanya. Dengan opsi “Pilih Penempatan”, maka kamu bisa memilih secara manual aplikasi mitra mana yang kamu inginkan untuk menampilkan iklan kamu.

Penempatan Iklan TikTok

Disini kamu bisa mengkonfigurasi target iklan kamu, di mana kamu bisa memiliki opsi untuk menargetkan pengguna berdasarkan demografi. Ini termasuk lokasi, jenis kelamin, kelompok usia, bahasa dan kategori minat. Ada dua mode penargetan yang bisa kamu pilih, yaitu penargetan khusus dan penargetan otomatis, silahkan kamu pilih. 

Penargetan Khusus

Jika kamu ingin menargetkan grup audiens yang lebih spesifik, sebaiknya kamu pilih opsi untuk membuat audiens khusus seperti gambar diatas. TikTok sendiri memungkinkan kamu mengunggah ID pengguna yang ingin kamu targetkan dalam file CSV, ZIP, atau TXT yang sebelumnya sudah kamu miliki. Kamu juga bisa membuat pemirsa khusus berdasarkan metrik tertentu seperti keterlibatan, aktivitas aplikasi, dan lalu lintas situs web.

Langkah 3: Buat iklan baru

Setelah selesai menyiapkan grup iklan, kini kamu bisa mengkonfigurasi iklan pertama kamu. TikTok memberi kamu opsi untuk mengunggah video atau file gambar sebagai materi iklan kamu. Untuk hasil yang lebih baik, pastikan kamu mengikuti spesifikasi iklan yang disarankan. Ini akan memastikan bahwa iklan kamu terlihat bagus di TikTok dan di semua platform mitra.

format iklan tiktok

Setelah membuat iklan yang sesuai keinginan kamu, kamu memiliki opsi pratinjau untuk mendapatkan gambaran tentang tampilan iklan yang nantinya akan dilihat oleh pengguna TikTok. Di pos ini, kamu juga bisa mengetahui apakah iklan kamu memerlukan beberapa penyesuaian sebelum kamu mengirimkannya untuk ditinjau oleh TikTok.

Kamu bisa menyesuaikan iklan lebih lanjut dengan memberikan nama iklan tersebut sehingga lebih mudah untuk membedakan antara iklan yang satu dengan yang lainya dalam grup iklan yang sama. Kemudian masukkan wording teks iklan kamu menggunakan 12-100 karakter untuk menyampaikan pesan kamu dengan lebih efektif. Wording teks ini nantinya akan muncul di atas iklan kamu.

Selanjutnya, kamu akan diberi opsi untuk memilih antara ajakan bertindak (call to action) yang berbeda tergantung tindakan apa yang kamu inginkan dari audiens kamu. Jadi, kamu bisa  membuat audiens kamu untuk klik "Daftar", "Unduh Sekarang", "Hubungi Kami", "Pesan Sekarang", "Belanja Sekarang", "Daftar Sekarang", atau "Pelajari Lebih Lanjut". Kemudian klik “Kirim” untuk menyelesaikan pembuatan iklan kamu.

Langkah 4: Mengukur kinerja iklan

Dari serangkaian langkah yang sudah kamu lakukan apakah sudah selesai?, ternyata pekerjaan belum selesai sampai disini, setelah meluncurkan iklan, langkah selanjutnya kamu juga harus mengukur kinerja iklan kamu untuk melihat bagaimana kampanye yang kamu buat membuahkan hasil.

TikTok menyediakan dasbord analitik yang bisa menunjukkan kepada kamu bagaimana kinerja iklan kamu dalam hal penayangan, klik, konversi, dan lainnya. Kamu bahkan bisa menguji dan membandingkan kinerja berbagai materi iklan dan penempatan untuk melihat mana yang terbaik untuk kamu jalankan.

Iklan TikTok Yang Berhasil

Bagi kamu yang pertama kali beriklan di platfom TikTok mungkin ini akan terasa sangat berbeda dari platform sosial media lainnya yang biasa kamu beriklan. Tapi begitu kamu memahami dasar-dasarnya, ini bisa membawa hasil yang mengesankan untuk bisnis kamu. Tempatkan secara apa adanya dan sederhana di depan dan di tengah sehingga kamu bisa dengan mudah menyampaikan pesan kamu untuk aplikasi audiens yang lebih luas dan cepat.

Itulah cara bagaimana kamu beriklan di TikTok, semoga uraian dan penjelasan yang saya berikan bisa sedikit memberikan manfaat buat kalian yang sedang berusaha membangun bisnis dan ingin menggunakan media sosial sebagai strategi beriklan, khususnya di platform TikTok ini. 

Setidaknya uraian dan penjelasan tersebut diatas adalah pemahaman saya pribadi, tentunya masih banyak juga pengetahuan lainya yang belum saya pahami. Untuk itu jika ada dari kamu yang lebih paham dan sudah expert dibidang digital marketing dan menguasai teknik beriklan disosial media, mohon koreksi atau  tambahannya dengan menulis pada kolom komentar dibawah ini. 

Tidak ada komentar untuk "Bagaimana Cara Beriklan di TikTok"