Sukses Bisnis Online Shop di Instagram

online shop instagram

Sukses Bisnis Online Shop di Instagram - Sebagai platfom sosial media online kedua terbesar di dunia Instagram memang sangat potensial untuk bisa dijadikan media pemasaran, karena platform sosial media ini menjadi tempat kumpulnya orang-orang yang kepo dan haus akan informasi terupdate, meskipun awal mula Instagram hanyalah sosial media untuk berbagi foto dan video pendek, namun seiring dengan perkembangannya Instagram juga bisa dijadikan sebagai media pemasaran yang cukup efektif. 

Banyak pelaku bisnis dari skala UKM sampai Corporate menggunakan media pemasaran Instagram untuk memasarkan atau mengkampanyekan produk dan layanan mereka dan hal ini terus berkembang sampai saat ini. Semakin banyaknya pelaku usaha yang menggunakan Instagram marketing sebagai alat pemasaran menjadikan kompetisi semakin besar, dan bagi kita pelaku bisnis yang mengandalkan Instagram sebagai media pemasaran, tentu harus benar-benar bisa menerapkan strategi yang tepat agar kita bisa menang dalam kompetisi bisnis di media sosial Instagram ini. 

Dalam mengelola bisnis atau suatu usaha tentunya tidak akan terlepas dari yang namanya persaingan bisnis hal ini pastinya harus disadari oleh anda sebagai pelaku usaha. Persaingan bukan hanya saja pada satu media yang kita gunakan namun disamping itu ada juga faktor persaingan lain yang mempengaruhi bisnis kita yang berdampak pada berpindahnya customer-customer kita sebagai akibat dari semakin banyaknya pilihan untuk berbelanja. 

Hal inipun tidak bisa dipungkiri bahwa penjualan melalui Instagram saat ini tidak lagi semudah seperti beberapa tahun kebelakang hal ini dikarenakan adanya marketplace-marketplace yang memang khusus untuk memasarkan berbagai jenis produk, ini tentunya menjadi pesaing utama mereka yang mengandalkan pemasaran melalui Instagram, berbeda hal dengan Instagram yang fungsi utamanya memang sebagai platform Media sosial.

Ancaman Online Shop

Munculnya banyak marketplace yang notabene merupakan startup-startup besar dengan dukungan modal atau pendanaan yang kuat dari para investor yang membackup pendanaan, tentu hal ini akan menjadi ancaman besar bagi pebisnis yang hanya mengandalkan sosial media seperti halnya Instagram dan kawan-kawannya. 

Semakin banyaknya pilihan produk yang ditawarkan oleh masing-masing marketplace tentunya akan semakin menambah opsi berbelanja bagi para customer untuk berburu barang-barang atau produk yang mereka cari, mereka bisa lebih leluasa memilih jenis, model, dan harga yang mereka inginkan termasuk sistem pembayaran yang ditawarkan oleh masing-masing marketplace, ditambah lagi mereka juga bisa memilih untuk berbelanja dari marketplace favorit mereka yang memberikan pelayanan gratis ongkir untuk item barang tertentu yang mereka beli. 

Ancaman lainnya yang bisa menghancurkan reputasi jualan online melalui Instagram adalah banyaknya akun-akun bodong atau akun instragram yang digunakkan untuk melakukan penipuan, tentunya hal ini akan berimbas atau mengurangi kepercayaan customer ketika mereka akan melakukan transaksi pembelian. Mereka akan khawatir apakah produk yang ditawarkan oleh akun Instagram kita benar-benar terpercaya atau tidak. Jumlah follower dari sebuah akun Instagram tidak bisa memberikan jaminan kalau akun tersebut bisa memberikan kepercayaan dan keamanan untuk berbelanja di Instagram karena akun-akun penipuan juga bisa memiliki follower mencapai puluhan ribu ditambah dengan narasi konten yang mereka setting sedemikian rupa untuk bisa meyakinkan pengunjung atau customer.

Tips Sukses Bisnis Online Dengan Instagram

Bagi anda yang baru pertama kali atau ingin terjun berbisnis online dengan menggunakan Instagram sebagai media pemasarannya berikit saya berikan tips sukses berbisnis online menggunakan Instagram sebagai berikut:

#1. Gunakan Akun Bisnis Instagram 

Jika sebelumnya anda mungkin sudah memiliki akun Instagram pribadi untuk bersosial media dan juga pernah menjadikan akun pribadi anda sebagai sarana promosi produk bisnis anda, mulai saat ini buatlah akun Instagram bisnis untuk memfokuskan bisnis anda, alasan utama kenapa akun Instagram pribadi harus dipisahkan dengan akun bisnis anda adalah untuk menciptakan professionalisme dalam berbisnis.
 
Akan terlihat sangat tidak professional jika akun pribadi dicampur aduk dengan kegiatan bisnis ini tentunya akan memberikan kesan bisnis yang anda jalankan hanyalah sekedar sampingan bukan suatu kegiatan bisnis yang sungguh-sungguh dikelola secara professional. Jika kegiatan anda merupakan kegiatan pribadi seperti misalnya, jalan-jalan kemall atau makan-makan sebaiknya anda postingan kegiatan anda di akun pribadi jangan di akun bisnis, demikian sebaliknya kegiatan promosi bisnis anda akan lebih tepat diposting ke akun bisnis anda.

#2. Koneksikan Akun Pribadi dengan Akun Bisnis

Jika anda baru pertama kali membuat akun bisnis untuk mempromosikan produk anda, tentunya follower anda masih sedikit, sementara calon pembeli umumnya akan lebih percaya terhadap akun bisnis yang sudah memiliki banyak follower ini tentunya akan jadi kendala bagi anda yang akun bisnisnya baru sedikikit followernya.
 
Untuk mengatasi hal tersebut diatas yang harus anda lakukan adalah mengkoneksikan atau menge-link-an akun pribadi anda dengan akun bisnis anda, akun pribadi anda tentunya sudah memiliki lebih banyak follower daripada akun bisnis yang baru anda buat. Jika ada calon pembeli yang tertarik dengan produk bisnis yang anda tawarkan tentunya pembeli tidak akan serta merta mempercayai akun bisnis anda yang followernya sedikit, dan biasanya customer akan mengecek profile owner untuk itulah cantumkan akun profile anda pada profile akun bisnis anda, agar customer mempercayai produk anda.
 
Bagaimana cara mengkoneksikan akun personal dengan akun bisnis?, caranya sangatlah mudah anda tinggal memasukan akun pribadi anda pada profile bisnis anda contohnya IG Owner @tokobungaraka,  nah dari situ nanti customer akan melihat-lihat profile anda sebagai owner dari produk yang anda tawarkan. Agar konsumen lebih percaya lagi dengan akun instagram anda masukan juga alamat website bisnis anda misalnya https://www.rakaflorist.id sebagai website resmi jualan produk florist

#3. Follow Pengguna Akun Yang Sesuai Produk Yang Kita Jual

Sebagai pemilik akun Instagram bisnis yang baru mulai, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menambah follower untuk membangun trust terhadap akun bisnis kita, disamping pembuatan konten yang menarik tentunya. Salah satu cara organik menambah akun Instagram bisnis kita adalah dengan cara memfollow akun Instagram lain.

Bagaimana anda menentukan untuk memfollow akun pengguna Instagram lain? Tentunya anda harus menyesuaikan dengan produk atau layanan yang anda jual, caranya, yaitu dengan anda memfollow follower akun bisnis dari produk yang sejenis dengan bisnis anda, misalkan anda menjual produk Florist, maka anda bisa membuka akun bisnis dari penjual florist lain yang sudah memiliki banyak follower, dari situ anda bisa melihat followernya dan carilah follower dari akun tersebut.

Kenapa anda harus memilih follower dari akun toko florist lain, hal ini beralasan karena mereka yang mengikuti atau menjadi follower dari akun florist lain sudah pasti atau kebanyakan memiliki kesukaan dan kesamaan terhadap produk yang kita jual sehingga potensi untuk mefollback jauh lebih besar daripada anda harus mengikuti akun yang tidak ada hubunganya dengan produk yang kita jual.

Dalam mengejar pertambahan follower untuk akun bisnis kita, tentunya anda juga harus bijak memfollow akun-akun IG lain, jangan sampai anda mengalami masalah yang nantinya akun bisnis anda justru diblok oleh Instagram itu sendiri, hal ini bisa saja terjadi jika anda terlalu berlebihan dalam melakukan tindakan memfollow akun penggun lain. Tindakan yang berlebihan seperi apa yang dimaksud?, Instagram tidak memperbolehka dalam sehari anda melakukan kegiatan follower secara brutal, misal anda melakukan follow  akun dalam sehari sampai 100 follower hal itu tidak diperbolehkan oleh Instagram.

#4. Upload Foto Produk Secara Rutin

Konten utama Akun bisnis pastinya adalah mengupload foto produk dari apa yang akan kita jual, usahakan secara rutin anda untuk memposting foto produk yang akan anda tawarkan kepada follower atau customer anda dengan demikian akun Instagram bisnis anda akan terindikasikan aktif oleh Instagram, untuk mengupload foto produk tidak harus secara langsung banyak foto sekali posting, anda boleh mengirim sedikit foto tetapi memiliki intensitas yang rutin dari pada sekali kirim foto namun setelah itu dua bulan atau tiga bulan berikutnya baru mengirim hal ini tidak direkomendasikan.

Rutinitas pengiriman foto produk akan sangat mempengaruhi engagement dari follower anda, hal ini tentu dapat menentukan hasil penjualan yang ingin anda capai, melalui upload foto produk secara rutin dan terjadwal hal ini juga akan menambah kepercayaan pada follower-follwer anda, namun ada hal yang perlu diperhatikan dalam memposting produk adalah jangan sampai anda terindikasi melakukan spaming. Indikasi spam yang dimaksud adalah Ketika anda mengirim foto dalam jumlah banyak hanya sekali posting, misal anda dalam sehari langsung mengirim 100 foto produk itu dapat terindikasi melakuan spam dan sangat tidak dianjurkan.

#5. Gunakan Hastag yang Relevan

Jika anda seorang netizen atau sudah terbiasa bersosial media menggunakan Twitter tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah tagar atau hastag melaui symbol (#). Tanda pagar atau hastag semula memang hanya digunakan oleh twitter untuk meviralkan suatu kejadian diinternet, namun saat ini Hastag atau tanda pagar sudah digunakan oleh seluruh platform sosial media, tidak tekecuali Instagram.

Penggunaan Hastag yang tepat pada postingan konten di akun Instagram akan mempermudah jualan anda terindex oleh mesin pencarian Instagram, jadi gunakanlah hastag yang tepat yang disesuaikan dengan produk jualan anda, misal produk atau jualan anda adalah produk florist maka anda bisa menggunakan #tokobunga, #floristmurah, #tokobungabandung, #tokobungategal. Jangan lupa juga sebelum penggunaan hastag atau tanda pagar terlebih dahulu anda harus membuat caption yang menarik agar pembaca mau mengklik atau mengunjungi akun anda.

#6. Upload Produk Yang Beridentitas

Dengan mengupload konten produk yang beridentitas selain menciptakan kesan professional tentunya juga akan memberikan dampak trust terhadap bisnis yang anda kelola, memposting produk yang beridentitas anda bisa dengan cara memberikan watermark pada tiap gambar atau foto yang akan anda upload, atau bisa juga dengan memberikan logo atau template khusus yang baku dari tiap postingan anda.

Melalui produk yang sudah diberikan identias khusus juga dapat mencegah pengambilan gambar atau foto-foto produk anda dari pihak-pihak lain yang akan mengambil konten anda tanpa seijin anda, sehingga mereka tidak bisa mengklain bahwa foto tersebut adalah miliknya dan jikapun mereka tetap menggunakan gambar atau konten dari Instagram anda, anda bisa menandai dan melaporkanya kepada pihak Instagram bahwa akun tersebut telah melakukan pelanggaran konten.

#7. Tawarkan Paket Diskon dan Promo Dalam Waktu Singkat

Tips dan model promosi semacam ini sudah biasa digunakan oleh para pemasar untuk mempercepat proses transaksi, andapun bisa melakukanya untuk memasarkan produk melalui Instagram agar follower atau calon customer segera mengambil tindakan untuk membeli. Anda tidak perlu segan atau ragu-ragu untuk menawarkan kepada mereka diskon pembelian.

Diskon merupakan trik untuk menarik minat pembeli dan hampir setiap seller menerapkan strategi diskon untuk penjualan produk mereka. Anda sebagai penjual atau seller harus menyadari bahwa konsumen atau pembeli pasti akan sangat menyukai barang-barang yang dijual dengan diskon tertentu, nah.., disini anda harus mencoba untuk menerapkan strategi tersebut agar penjualan anda menarik. Tawarkanlah produk anda diskon dalam waktu singkat, sehingga akan banyak calon pembeli yang bergegas untuk membeli produk anda.

#8. Buat Give Away / Hadiah

Anda bisa membuat program giveaway untuk meramaikan akun Instagram anda, terlebih jika akun Instagram bisnis anda masih baru dan sepi follower maka ini cara ini bisa anda pakai untuk meramaikan Instagram anda sehingga bisa menambah follower anda. Give Away yang akan anda berikan tidak perlu mahal yang penting bisa memberikan manfaat, misalkan saja anda bisa memberikan pulsa atau paket data untuk 10 orang pertama yang mengupload foto dengan menunjukan foto produk yang mereka beli, kemudian berikan ketentuan mereka harus meng-tag 10 followernya agar.
Dengan cara demikian tentunya secara tidak langsung akun andapun akan viral akibat follower anda mempromosikan atau mengenalkan kepada follower-follower mereka, hal ini tentunya akan sangat memungkinkan penambahan follower Instagram anda. 

#9. Promosikan Ke Media Sosial Lain

Tips selanjutnya agar bisnis online anda bisa sukses dengan Instagram adalah anda melakukan promosi melalui kanal media sosial lain yang anda miliki, misal anda memiliki akun facebook, twitter atau Whatsapp silahkan anda update status di sosial media tersebut. Caranya anda bisa dengan mengscreenshoot atau capture postingan Instagram anda kemudian upload ke facebook atau update status dengan caption yang bernarasi mengajak agar mereka mengunjungi akun Instagram bisnis anda
.
Tujuan penggunaan promosi ke akun sosial media adalah untuk mengajak teman-teman yang ada dalam jaringan sosial media anda atau kontak yag ada pada media sosial anda untuk menarik mereka ke Instagram bisnis anda agar mereka mau komen, share dan like postingan Instagram anda sehingga akan menciptakan engagement yang bagus pada konten yang anda posting, sehingga customer atau calon customer akan percaya bahwa akun Instagram anda adalah benar-benar akun yang professional. 

#10. Promosikan Melalui FBAds

Bagi anda yang baru membuat akun Instagram bisnis dan butuh untuk menambah follower sekaligus berpromosi produk yang anda jual dan jika anda juga memiliki budget yang lebih tidak ada salahnya anda melakukan promosi melalui Facebook Ads, hal ini tenntunya akan lebih efektif karena promosi ini sudah dipastikan tepat sasaran sesuai target pasar yang anda bidik juga akan menjadi cara cepat dan instan untuk dapat follower yang lebih banyak lagi karena Akun Instagram bisnis anda akan otomatis berada didepan beranda dari akun facebook orang-orang yang anda target. 

Bagaimana melakukan promosi Instagram bisnis melalui FacebookAds?, ini sangatlah mudah sekali karena Instagram bisnis sudah terintegrasi dengan facebook, maka anda hanya mengkoneksikan nakun instragram bisnis anda dengan halaman fecebook manager anda, dan anda sudah bisa mempromosikan konten-konten yang ada pada akun Instagram anda.

#11. Manfaatkan Endorse

Endorsement memang bisa menjadi salah satu cara efektif untuk memasarkan produk anda, jika anda memiliki budget yang cukup anda dapat menggunakan jasa selebgram untuk memasarkan produk yang anda jual, karena selebgram sudah memiliki banyak follower tentunya follower mereka akan melihat postingannya dan jika selebgram tersebut mempromosikan produk anda sudah pasti akun Instagram anda juga akan banyak dilihat oleh follower dari selebgram tersebut.

Lalu bagaimana jika anda tidak memiliki cukup dana untuk mengendorse selebgram? Anda bisa meminta teman-teman anda yang sudah memiliki cukup banyak follower untuk membantu mempromsikan akun Instagram bisnis anda, agar mereka mau komen, like dan share dari konten-konten yang anda posting, dengan demikian anda sudah cukup untuk mendapatkan banyak kunjungan ke akun Instagram anda. 

#12. Upload Testimoni di Highlight

Perlu diketahui bahwa pejuala online adalah menjual produk dalam bentuk digital, seperti halnya foto ataupun video yang hanya dapat dinarasikan melalui text, suara ataupun gambar, ini tentunya sangat berbeda sekali dengan bentuk penjualan produk secara offline dimana sipembeli bisa melihat secara langsung detail dan fisik dari produk yang dijual baik warna, ukuran, model dan bahan, semua bisa terlihat jelas sehingga kepercayaan pembeli bisa langsung terbangun saat melihat produk fisik.

Namun jika anda menawarkan produk online pastinya produk tersebut harus berupa digital, tentunya hal ini akan menjadi banyak pertimbangan bagi pembeli untuk membeli produk yang anda tawarkan, konsumen atau calon pembeli ingin mengetahui realpictnya seperti apa, bahan-bahanya seperti apa dan banyak informasi lain yang ingin mereka ketahui sebelum memutuskan membeli produk anda.

Bagaimana untuk mengatasi masalah tersebut? Adalah dengan meminta konsumen yang sebelumnya memakai atau membeli produk anda agar mau memberikan testimoninya dan kesaksiannya setelah menggunakan atau memakai produk yang dia beli, mintalah ulasan dan rating agar mendapatkan bintang 5, upload testimoni tersebut dan masukan kedalam Highlight. Ini akan menjadi hal yang sangat penting bagi akun bisnis Instagram anda, karena dengan demikian akan menambah dan memberikan kepercayaan dari konsumen terhadap bisnis atau porduk yang anda jual.  

#13. Manfaatkan Marketplace

Jika mungkin sebelumnya anda menganggap marketplace adalah kompetitor atau pesaing yang dapat memberikan ancaman terhadap keberlangsungan bisnis anda, maka untuk tips ini justru anda harus bisa memanfaatkan kekuatan marketplace sebagai media atau alat mendukung bisnis anda, kita tidak bisa menghindari dan memungkiri bahwa marketplace merupakan platform online shop yang benar-benar powerfull untuk memasarkan produk yang anda jual.

Dengan banyaknya pilihan marketplace yang ada, andapun bisa memanfaatkan atau menggunakan semua marketplace untuk memperluas market anda, anda bisa membuat akun online shop pada masing-masing platform marketplace sepertia Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, blibli dan yang lainnya, dengan demikian bisnis online shop andapun akan semakin dikenal oleh banyak orang, karena konsumen akan dapat menemukan produk yang anda jual pada semua kanal onlineshop. 

Itulah 13 tips yang dapat anda lakukan agar bisnis online shop anda di Instagram dapat berhasil. Anda juga bisa membaca artikel saya sebelumnya yang terkait tips instagram marketing untuk mengoptimalkan Social Engagement

Mungkin anda ada pengalaman atau strategi lain yang sudah anda buktikan dan berhasil, silahkan berbagi disini dengan cara memberikan komen pada kolom komentar dibawah ini.

Tidak ada komentar untuk "Sukses Bisnis Online Shop di Instagram"

Berlangganan via Email