Trend Konten Marketing Di Tahun 2022

Trend Konten Marketing tahun 2022

Trend Konten Marketing Di Tahun 2022 - Perilaku konsumen terhadap kebutuhan informasi saat ini sudah berubah begitu drastis, perubahan perilaku tersebut sebagai akibat dari dampak pandemi global yang pada akhirnya mendorong pula tren dan peluang pemasaran konten. Dan ketika konsumen secara masal, beralih ke online maka seperti yang kita ketahui sekarang dunia mengalami gangguan "distrupsi".

Kondisi tersebut diatas memunculkan banyak sekali pertanyaan oleh para pemasar, dan mereka akan melihat merek (brand) dimana tempat mereka berbisnis diharapkan bisa memberikan jawabanya. Pada tahun 2021, pemasar mengalami peningkatan anggaran pemasaran konten, sebesar 43% dan 66% berharap pada tahun 2022 mengalami kenaikan kembali. 

Berbagai konten seperti video, acara digital real-world, kepemilikan aset media, dan media berbayar merupakan di antara bidang investasi pemasaran konten teratas untuk beberapa tahun kedepan. Pada postingan kali ini saya akan mengulas tentang 10 tren konten marketing yang mendorong peningkatan investasi dan aktivitas bisnis kamu kedepannya.

Untuk masing-masing trend, saya akan memberikan tip dan kesimpulan serta infografis agar kamu bisa memanfaatkannya untuk keberhasilan kegiatan pemasaran kamu pada tahun 2022 nantinya.

#1. Konten Instant

Google terus melakukan update algoritmanya, terakhir dibulan November 2021 melakukan Pembaruan Algoritma Inti google untuk meningkatkan standar konten marketing agar konten mereka bisa langsung ditemukan secara cepat (instantenous) pada mesin pencarian google. Pada update ini google melakukan perubahan yang bersifat mendasar dan menyeluruh, dalam arti tidak menargetkan sesuatu yang spesifik. Sebaliknya, mereka dirancang untuk meningkatkan sistem Google secara keseluruhan.

Pencarian konten yang berkualitas dan relevan dan terpecaya masuk kedalam konsep E.A.T meskipun ini tidak memiliki metrik yang terukur secara kuanitatif. Namun dalam SEO sendiri E.A.T akan selalu digunakan untuk menilai sebuah website layak tidaknya masuk ke peringkat pencarian. Di satu sisi konsumen (audiens) akan terus menuntut agar apa yang mereka cari bisa langsung menampilkan hasil yang cepat (instant) untuk memenuhi harapan mereka yang terus berubah.

Berikut Tips Membuat Konten Instant

  • Cobalah untuk menciptakan pengalaman konten yang luar biasa dengan menyatukan unsur audio, video, teks, AR/VR, gamification, dan elemen interaktif lainnya.
  • Buat konten dengan mempertimbangkan kebutuhan klien atau pelanggan "impian" kamu. Apa yang diperlukan untuk bisa membantu meningkatkan bisnis mereka?.
  • Fokus untuk menampilkan empati dan membangun kepercayaan di setiap konten yang kamu buat.

#2. Konten yang Fokus

Kita harus mengetahui apa yang diinginkan konsumen saat mereka mengisikan kata kunci pada kolom pencarian google. Pemasar dan professional SEO yang hanya fokus pada kata kunci saja akan kehilangan kesempatan untuk bisa terhubung dengan audiens mereka. 

Memahami kebutuhan konsumen bukan hanya fokus pada apa yang dicari oleh audiens kamu. Tetapi yang lebih penting dari itu semua adalah, merencanakan dan menyusun konten apa yang bisa berbicara langsung untuk menjelaskan kebutuhan mereka. 

Berikut Tips membuat Konten yang fokus terhadap kebutuhan konsumen

  • Manfaatkan wawasan pencarian secara real-time untuk memahami lebih dalam lagi terkait apa yang membuat prospek kamu termotivasi saat ini.
  • Buatlah customer journey atau proses pelanggan kamu agar menemukan titik perhentian, kesenjangan konten, dan peluang lain untuk menciptakan pengalaman yang lebih mulus.
  • Gunakan topik, kata kunci, dan riset kompetitif untuk menampilkan konten yang lebih mudah dipahami oleh pencari.

#3. Konten Berbasis Data

Seorang digital marketer yang cerdas harus bisa mencapai kinerja yang lebih baik dari tahun sebelumnya, dan menjadikan kinerja tahun sebelumnya tersebut sebagai peta jalan (roadmap) untuk tahun depan. Strategi konten marketing yang kamu kerjakan tahun 2022 jangan hanya fokus perbaikan saat memasuki awal tahun 2022 saja. Kamu harus mempunyai strategi secara keseluruhan untuk bulan-bulan berikutnya selama tahun 2022. 

Kamu bisa membuat strategi konten marketing yang berbeda dari sebelumnya, saatnya kamu sudah mempekerjaakan orang lain, membuat sistem proses, dan penggunaan tool atau alat untuk menganalisis pekerjaan berdasarkan data yang bisa menginformasikan konten sepanjang tahun.

Tips membuat konten berbasis data

  • Evaluasi kembali tumpukan MarTech kamu dengan seksama, cari tahu hal-hal yang menyebabkan inefisiensi, dan kenapa tool marketing kamu tidak bekerja dengan baik.
  • Jika kamu masih belum memiliki materi iklan yang sesuai data internal, kamu bisa outsourcing untuk menambah tim kamu agar bisa menciptakan materi iklan yang sesuai.
  • Dokumentasikan alur kerja dan proses yang sudah berhasil kamu selesaikan, sehingga kedepanya kamu bisa mengulangi pekerjaan tersebut.

#4. Konten Yang Sesuai Pedoman SERP Google

Untuk membuat konten yang relevan dengan hasil pencarian pada google bukanlah hal yang mudah untuk dikerjakan. Kamu harus memastikan bahwa konten yang kamu buat benar-benar sudah mengikuti pedoman google, bukan hanya itu saja, kamu juga harus bisa memanfaatkan peluang yang kamu miliki agar bisa muncul pada halaman pertama mesin pencarian secara organik.   

Cuplikan utama atau featured snippet merupakan kutipan singkat dari halaman website yang muncul di hasil penelusuran Google untuk menjawab pertanyaan pengguna dengan cepat. Konten utama ini secara otomatis ditarik dari halaman yang telah diindeks oleh Google. 

Jenis pencarian lainnya yang ada pada google untuk penempatan konten kamu adalah berita, peta, gambar, belanja, buku, video dan banyak lagi lainnya, semuanya bisa kamu manfaatkan agar konten kamu bisa berpotensi dilihat banyak orang.

jenis pencarian pada google

    Tips membuat konten yang sesuai pedoman Google

    • Lakukan analisa SERP terhadap konten kamu akan ditempatkan atau dimunculkan dan dioptimalkan pada jenis pencarian sepertia apa?.  
    • Review dan refressh konten lama kamu, optimalkan untuk mendapat peluang dan jenis peringkat yang baru.
    • Gunakan markup skema yang sesuai untuk membantu Google memahami dengan tepat apa yang ditawarkan konten kamu.

    #5. Konten Proliferasi

    Jika kamu hanya fokus pada volume atau banyaknya konten marketing yang kamu buat maka hal tersebut akan menjadi sebuah kesalahan strategi konten marketing, namun demikian, kamu juga tidak bisa memberikan peringkat jika kamu tidak membuat konten tersebut. Nah.. di tahun 2022, kamu dan tim kamu harus bisa memikirkan strategi dalam membuat konten marketing yang benar-benar bisa menyajikan dalam bentuk cerita dan informasi kepada audiens kamu.

    Bisakah konten dalam bentuk artikel dijadikan kedalam sebuah video agar lebih menarik?, inilah yang disebut dengan konten proliferasi atau pengembangan konten. Apakah dengan merilis versi audio bisa membantu memperluas audiens kamu? Konsumen lebih menyukai konten yang interaktif, singkat dan menghibur. Baik yang bisa diakses pada perangkat seluler maupun platform sosial media. Apakah kamu bisa menyediakan konten tersebut kepada mereka?.

    Tips membuat proliferensi konten 

    • Untuk setiap konten baru yang kamu rencanakan, kamu harus mempertimbangkan aset konten tambahan yang bisa kamu gunakan agar bisa melibatkan audiens dan memperluas jangkauan kamu.
    • Investasikan pada alat dan bakat kemampuan yang kamu butuhkan untuk mengembangkan jenis konten baru.
    • Jika kamu tidak merasa yakin akan format konten atau platform mana yang beresonansi dengan audiens kamu, tanyakan kepada mereka! Jika kamu hanya melihat data analitik kamu saja, maka kamu hanya akan tahu yang sudah berhasil saja, tapi kamu tidak akan pernah tahu peluang apa saja yang bisa kamu ambil jika kamu mengetahui lebih banyak lagi dari data analitik yang lain.

    #6. Konten yang bersifat Real-Time

    Konten real-time merupakan evolusi berikutnya dalam pemasaran konten, memungkinkan merek untuk terhubung dengan audiens mereka dengan cara yang terkini dan menarik perhatian. Jika Kamu tidak memberikan informasi berharga di setiap titik dalam perjalanan pelanggan (customer journey) dengan merek kamu atau mengikuti tren, kemungkinan besar kamu akan kehilangan keterlibatan dari pelanggan kamu.

    Untuk kegiatan kampanye tahun depan sebaiknya kamu menggunakan konten yang bersifat real-time. Namun tentunya kamu harus mempersiapkan modal untuk mengoptimalkan konten tersebut.

    Tips membuat konten real-time

    • Gunakan platform yang bisa melakukan pelacakan secara langsung (real-time) yang bisa menggabungkan antara wawasan dunia nyata dengan dua online seperti, cuaca, pemilu, tren pengeluaran, dll.
    • Siapkan lansiran khusus untuk menemukan masalah dan peluang saat terjadi.
    • Pantau juga wawasan pesaing, sehingga kamu dapat melihat kapan mereka menambahkan fitur atau produk/layanan baru ke halaman mereka.

    #7. Konten Otomatis dan Dinamis

    Untuk mendapatkan gambaran secara langsung atau wawasan yang real-time dalam pembuatan konten kita harus mengambil tindakan yang cepat, dan untuk melakukan hal ini, sudah tidak lagi harus dilakukan oleh manusia untuk mengoptimalkanya. Untuk membuat konten secara otomatis dilakukan dengan bantuan teknologi AI atau machine learning.

    Dengan bantuan teknologi AI yang berbasis pada mesin pembelajaran, hal ini memungkinkan kamu dalam menetapkan, membuat aturan dan ketentuan di mana alat ini nantinya akan secara otomatis melakukan optimalisasi dan merespon semua peluang yang dibacanya secara langsung (real-time).

    Tips membuat konten Otomatis dan Dinamis

    • Carilah peluang di mana konten kamu dapat dipersonalisasi berdasarkan kebutuhan yang diungkapkan, kondisi lokal, jalur konten, atau faktor lain yang dapat diidentifikasi melalui kueri, sinyal pengguna, atau perilaku mereka.
    • Jelajahi platform yang dapat memantau peluang ini dan aktifkan data tersebut dengan pengoptimalan dan personalisasi konten secara real-time.

    #8. Penggabungan Format Konten

    Penggabungan format konten bisa membantu kamu untuk memperdalam sebuah cerita. Kamu bisa membuat konten cerita tersebut kedalam sebuah format audio agar audiens kamu bisa mendengar langsung. Namun terkadang audien ingin menikmati sebuah konten yang bisa memberikan pengalaman baru. Mereka tidak hanya ingin sekedar membaca maupun mendengar saja, bahkan lebih dari itu mereka juga ingin melihat konten yag berformat video. 

    Dalam menentukan tujuan  dari sebuah kampanye yang akan kita capai, tentunya materi konten sangat berperan terhadap keberhasilan program kita, akan tetapi strategi dan format konten marketing tetap harus kita perhatikan. Kita ambil satu contoh kasus prmosi, dapat kita bayangkan ketika kita disodorkan sebuah flyer yang hanya berisi tulisan ringkas suatu produk dengan sedikit gambar produk tersebut, itupun kita hanya mendapatkanya dari penyebaran flyer di mall-mall

    Disatu sisi kita melihat promosi untuk poduk yang sama, tetapi dengan strategi dan format konten yang sudah menggabungkan berbagai format, text, gambar, audio dan visual. Untuk strategi pemasaran sendiri mereka juga menggunakan strategi omi chanel dengan tidak hanya berfokus pada satu chanel pemaaran saja. 

    Dari kasus perbandingan tersebut diatas, pastinya kamu sudah bisa menyimpulkan bentuk atau format konten seperti apa yang bisa menarik banyak mint audiens?. Terlebih seperti saat sekarang dimana teknologi berkembang denan pesat.

    Tips membuat konten Gabungan

    • Lihatlah setiap cerita dan pesan yang kamu bagikan dan tanyakan pada diri kamu sendiri, bagaimana kamu dapat menambahkan hal ini dengan media dalam format lain?
    • Pastikan konten kita mudah diakses – apakah ada calon pelanggan di luar sana yang mungkin tidak bisa menerima pesan informaasi ini karena cara kamu menyampaikannya?
    • Pastika konten yang kamu buat adalah yang terbaru, kamu juga harus sudah bisa memperdalam teknologi AR/VR yang saat masih terus dalammm pengembangan, dan jika kamu belum melakukannya, mulailah memikirkan bagaimana kamu akan membuat pengalaman konten kamu lebih imersif dalam waktu dekat.

    #9. Konten Storytelling

    Seorang digital marketer yang cerdas haruslah bisa memanfaatkan dan menggunakan kecerdasan dari mesin pembelajaran (machine learning) atau AI (artificial intelegence) untuk mengefisiensikan dan mendapatkan koten yang terbaik. Kamu tidak perlu membuat perbandingan mana yang lebih baik antara kinerja Machine Leaaring /AI dengan peran kreatifitas manusia, karena keduanya akan saling melengkapi.

    Machine Leraning dibutuhkan untuk membantu menganalisa sejumlah besar data yang dibutuhkan oleh audiens kamu. Namun demikian machine learning sendiri tetap akan membutuhkan orang-orang kreatif dan berbabakat yang bisa menjelaskan atau menceritakan sebuah pesan agar pesan tersebut bisa diterima dengan baik.  

    Tips Menyeimbangkan Antara Seni & Storytelling

    • Pastikan tim kreatif kamu mampu mengikuti perkembangan teknologi konten marketing. Kamu harus mencari keterbukaan pola pikir tim kreatif kamu dalam menyikapi antara teknologi sebagai alat bantu  atau sebaliknya teknologi justru menjadi ancaman untuknya.
    • Demikian pula, penting bahwa karyawan teknis kamu juga harus memiliki bakat kreatif. Angka dan datalah yang  akan membawa perusahaan kamu maju.
    • Dalam tim kecil, kamu mungkin tertantang untuk menemukan karakteristik ini dalam satu posisi, sementara di organisasi yang lebih besar kamu harus menyusun tim untuk memastikan para profesional ini berkolaborasi dengan baik dan saling melengkapi keahlian satu sama lain.

    #10. Konten Pemasaran Berbasis Akun (ABM)

    Pemasaran berbasis akun (Account Based Marketing) merupakan perpaduan yang erat antara penjualan dan pemasaan, hal ini menjadi kolaborasi yang semakin penting dalam B2B. Konsumen akan mencari transaksi yang lancar dan tidak akan merubah dari apa yang sebelumnya telah mereka pelajari atau yang telah dilakukan melalui konten pemasaran dan pengalaman yang mereka miliki dengan penjualan.

    Untuk mengantisipasi kemungkinan dampak tersebut, yang harus kamu lakukan adalah dengan memperbaikinya dari sisi pendapatan perusahaan kamu melalui peningkatan penjualan dan retensi, pada bagian inilah yang akan menjadi fokus kamu untuk embuat konten pemasaran berbasis akun (Account Based Marketing).

    Tips Menyeimbangkan Antara Seni & Storytelling

    • Untuk setiap kampanye yang kamu buat, temui pihak penjual untuk menyelaraskan tujuan, taktik, dan metrik keberhasilan yang akan diukur.
    • Tetapkan praktik terbaik kamu sendiri dan buat buku pedoman yang akan kamu gunakan serta sesuaikan ketika kampanye ABM telah sukses kamu lakukan.

    Kesimpulan

    Perubahan pola pencarian dan distrupsi berkelanjutan yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 merupakan faktor yang mendorong tren baru dari konten marketing yang menciptakan perubahan preferensi konsumen seputar konten. Dan dengan perubahan perilaku ini, muncul peluang besar untuk melampaui apa yang menjadi harapan bagi audiens ketika melakukan pencarian. 

    Manfaatkan tren konten marketing ini untuk strategi pemasaran yang lebih inovatif, dan semoga kesuksesan bisa kita raih bukan hanya di tahun 2022 saja, tpi juga untuk tahun-tahun mendatang

        Tidak ada komentar untuk "Trend Konten Marketing Di Tahun 2022"