15 Strategi SEO Untuk Meningkatkan Bisnis Anda

strategi seo

Penggunaan dan pemanfaatan teknologi Internet merupakan suatu hal yang sudah lazim dan biasa digunakan untuk mendukung kegiatan bisnis. Internet dapat di integrasikan kedalam sistem bisnis, dan hal ini sudah banyak dilakukan oleh para pelaku bisnis. Dengan kondisi semacam ini maka akan menciptakan banyaknya interkoneksi kedalam sistem bisnis, sehingga para pebisnis harus mampu menerapkan strategi agar bisa menjadi pemenang dalam lingkungan bisnis yang kompetitif. 

Lalu strategi apa yang dapat diterapkan oleh para pebisnis di era digital seperti saat ini?. SEO atau Search Engine Optimization adalah salah satu strategi yang bisa anda jalankan. Banyak strategi SEO yang dapat dijalankan oleh anda selaku pemilik bisnis agar website dapat mencapai tujuan sesuai apa yang anda harapkan. Untuk melakukanya anda dapat menggunakan semua strategi yang ada, atau beberapa strategi yang dirasa sesuai dengan harapan dan tujuan yang anda inginkan, misalkan untuk mendapatkan traffic, viral pada kata kunci atau keyword pilihan anda, atau mungkin anda ingin mendapatkan tingkat konversi yang cepat, silahkan anda bisa mencampur strategi tersebut.

Pada tulisan kali ini saya akan mencoba membahas tentang 15 strategi SEO yang perlu anda ketahui dan bisa anda gunakan agar bisnis anda bisa mencapai tujuan sesuai dengan apa yang anda harapkan. Berikut 15 Strategi SEO: 

#1. Technical SEO

Technical SEO merupakan suatu proses pengoptimalan atau optimalisasi website pada tahapan atau fase perambahan (crawling) dan indexing, yang dapat membantu mesin pencarian (Search Engine) untuk crawl, meng-index dan menterjemahkan (interpret) sebuah website dengan tanpa masalah. Sehingga dapat mengoptimalkan hasil SEO. Inilah yang disebut “Technical” dan hal ini tidak ada kaitanya sama sekali dengan konten dan promosi website anda.

Tujuan dari Technical SEO ini adalah optimalisasi inftrastuktur suatu website, yang mana infrastruktur website sendiri seperti yang kita ketahui terdapat tiga pilar utama yaitu: On-Page SEO, Off-Page SEO dan Technical SEO. Nah.!, untuk Technical SEO yang kita bahas disini adalah kita harus membuat beberapa checklist agar bisa dilakukan tindakan apa yang tepat untuk mengoptimalkan teknik SEO kita. berikut beberapa cheklist yang kita buat untuk dapat menganalisa Technial SEO yaitu: 

  1. Menginfokan search bots bagaimana mereka meng-crawl website Anda. 
  2. Error codes akan menjelaskan apa yang salah di website Anda.
  3. Halaman dengan url, code, dan konten yang sama dan dapat membingungkan crawler
  4. Gunakan Secure Socket Layer (SSL) untuk mengenkripsi informasi antar server dan browser.
  5. Membantu user dan bot untuk menjelajah website anda.
  6. Gunakan subfolder untuk membangun SEO value’s domain Anda.
  7. Pastikan website Anda beradaptasi terhadap berbagai macam mobile devices.
Itulah beberapa checklist yang harus anda lakukan, silahkan inventarisir permasalahan tersebut diatas, agar bisa dilakukan analisa yang tepat sehingga penerapan strategi Technical SEO ini bisa dijalankan dengan Tepat juga.

#2. Site Migration

Site Migration merupakan strategi peningkatan SEO dengan cara melakukan pemindahan atau perubahan domain, server, ataupun platform dari sebuah website. Site Migration menjadi sebuah istilah yang digunakan secara luas oleh professional SEO untuk menggambarkan itilah tersebut diatas ketika website secara substansial mengalami perubahan pada area yang dapat mempengaruhi visibilitas mesin pencarian secara signifikan.

Beberapa tipe atau jenis Site Migration yang biasanya di lakukan untuk menigkatkan visibilitas pada mesin pencarian adalah sebagai berikut: 
  • Site Location Changes
  • Platform Changes
  • Content Changes
  • Structural Changes
  • Design UI and UX Changes
Kenapa perlu dilakukan Site Migration?, Site migration dilakukan karena beberapa alasan diantaranya adalah:
  1. Mengganti struktur website, navigasi dan desain. Mengganti website jangan dilakukan secara begitu saja, pastikan ada hal-hal yang menjanggal atau yang sangat perlu diganti.
  2. Pindah ke Framework baru atau CMS. Jangan sampai website anda outdated. Website yang outdated akan sangat membatasi anda dan akan sangat mengganggu bagi audiens anda.
  3. Menambahkan versi mobile, hal ini dikarenakan saat ini mobilitas pengguna atau user sudah lazim menggunakan perangkat mobile atau smartphone, sehingga website harus bisa mendukung versi mobile.
  4. Melakukan pergantian nama domain, jika anda akan melakukan rebranding sebagai sebuah keputsan yang besar, maka hal ini akan anda lakukan.

#3. Link Audit

Link Audit merupakan proses atau kegiatan menganalisa tautan atau link yang terdapat pada website dan melakukan penilaian seberapa besar dampak yang diakibatkan dan layak atau tidaknya link tersebut untuk tertanam pada website kita. Untuk diketahui bahwa link audit yang baik juga dapat menampilkan berbagai jenis link yang ternyata dapat membahayakan visibilitas website kita di mesin pencarian khususnya google, namun demikian juga Link Audit akan dapat membantu anda dalam persaingan pada mesin pencarian dengan para kompetitor dan juga dapat meningkatkan SEO anda.

Komponen apa saja yang ada pada saat melakukan link audit?. Berikut beberapa contoh komponen yang ada:
  • Backlink analysis - Adalah jenis link audit untuk menganalisa tautan balik yang terdapat pada halaman website kita. 
  • Backlink competitor analysis - Hal ini dilakukan untuk menganalisa dan mengetahui backlink mana saja yang ada pada website kompetitor kita, termasuk mengetahui berapa banyak jumlah backlink yang ada.
  • Anchor text distribution/analysis - Anchor text merupakan keyword atau kata kunci yang ditautkan pada konten atau artikel sebuah website 
  • Broken link building strategy - Merupakan strategy memperbaiki atau membangun halaman atau link yang mengarah kepada konten atau laman website yang rusak
  • Guest posting - Merupakan strategi membangun tautan dengan cara menjadi penulis tamu pada website atau blog lain
  • Link relevancy - Strategi menanalisa kesesuain antara link website dengan niche atau topik dari konten atau website secara keseluruhan. 
  • Dll. 

#4. Mobile First Strategy

Perkembangan dan kemajuan teknologi telah menciptakan berbagai macam perangkat mobile seperti smartphone dan tablet dengan kecanggihan dan fitur-fitur yang dapat mempermudah aktifitas manusia dalam bekerja. Hal ini telah menciptakan tren baru dalam berkomunikasi dan berinteraksi sosial dan hal ini tentunya dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan strategy yang memprioritaskan desain untuk smartphone, tablet, dan perangkat mobile dari desain desktop disebut sebagai Mobile First Strategy.

Mobile First Strategy ini memanfaatkan fitur – fitur tertentu yang terdapat pada perangkat mobile seperti GPS, kamera, dan lain – lain. Hubungan erat antara manusia dan smartphones-nya dapat dimanfaatkan sebagai sebuah perantara untuk meningkatkan hubungan dengan konsumen melalui data – data yang terkumpul. Strategi yang digunakan dalam hal ni tentunya juga harus dapat mengakomodir kebutuhan user serta dapat diinisialisasi oleh mesin pencari. 

Kaitan dan hubungan antara Website sebagai media komunikasi dan perantara antara user sebagai pencari informasi dan website sebagai penyedia layanan informasi tentunya harus bisa mengakomodir kedua belah pihak agar dapat memberikan kenyamanan dalam berkomunikasi. Bagi anda pelaku bisnis agar bisa mendapatkan banyak trafik dari website yang anda ciptakan tentunya website tersebut harus sudah bisa mendukung kebutuhan user, baik sistem aplikasi yang disediakan maupun desain tampilan website tersebut.

#5. Content Auditing

Content Auditing bertujuan untuk mengetahui seberapa baik dan seberapa banyak konten website tersebut memberikan dampak baik terhadap bisnis anda, apakah dengan konten tersebut konversi penjualan meningkat?, stagnan atau bahkan justru memberikan dampak buruk buat website anda?, melalui audit konten inilah anda akan bisa menilai sebuah konten. Content audit sendiri merupakan sebuah proses untuk menganalisa dengan mengulas konten keseluruhan webiste secara sistematis.

Dengan menerapkan strategi SEO ini, anda akan dimudahkan dalam menyediakan konten yang efisien dan juga efektif untuk target pasar dan audiens anda melalui informasi yang didapatkan dan untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan seperti apakah konten anda sudah sesuai dengan kebutuhan konsumen?, apakah pembaca sudah tepat disajikan dengan konten semacam itu?, atau apakah hanya faktor judul saja yang menarik dari konten anda?. Tentunya dari pertanyaan – pertanyaan semacam ini akan dapat terjawab dengan baik melalui Content Auditing yang tepat.

#6. Local SEO

Local SEO merupakan strategi dalam memasarkan produk bisnis offline anda untuk konsumen melalui media internet. Yang termasuk dalam strategi local SEO ini adalah mengklaim daftar bisnis anda (business listing) yang akan memastikan keberadaan lokasi bisnis anda secara fisik dapat ditampilkan di web, termasuk juga memastikan bahwa bisnis anda akan muncul di google, semakin mudah bisnis anda ditemukan melalui media internet maka usaha anda akan semakin berhasil dalam melakukan strategi Local SEO.

Secara spesifik strategi ini digunakan untuk mengoptimasi mesin pencari, terutama untuk bisnis-bisnis lokal. Dengan menggunakan local SEO, bisnis Anda akan muncul di halaman pertama hasil pencarian Google, terutama di ‘Map Pack’ dan ‘Organic Listings’.Bisnis offline atau bisnis yang mengandalkan tatap muka sebagai cara utama untuk berbisnis seperti coffee shop, restaurant, atau bengkel saat ini sudah banyak menggunakan internet, dengan bentuk Local SEO sebagai media untuk mengiklankan bisnis mereka.

#7. International SEO

International SEO merupakan strategi penggabungan dari 3 macam proses, yaitu SEO, Geo-Targeting, dan pemasaran yang dilokalisasi, dari ketiga proses tersebut digabungkan untuk membangun sebuah website dan mempromosikanya secara global atau Internasional agar mendapatkan perhatian dari mesin pencarian yang berbeda versi dan sesuai negara lain dari search engine yang sama.

Geo Targeting merupakan proses dimana sebuah website dibangun agar dapat dipahami dan diketahui oleh mesin pencarian bagaimana website tersebut menarget pengguna sesuai dengan negara, bahasa atau lokasi tempat tertentu, hal ini bertujuan untuk meningkatkan relevansi website secara lokal.

Sedangkan SEO yang dilakukan di lingkungan Internasional tidak jauh berbeda dengan SEO yang dilakukan di lingkungan domestik atau skala lokal, hanya saja strategi yang harus dilakukan adalah dengan mengadaptasi konten-konten ke bahasa dan ruang lingkup yang sesuai dengan negara yang ingin dituju. Dan pemasaran yang dilokalisasi bisa berbentuk konten website, sosial media, dan pemasaran yang dilakukan secara lokal, oleh kita sendiri atau bisa dengan merekrut pihak lokal.

#8. Website Architecture And Audit

Website architecture merupakan salah satu cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan traffic website anda. Website architecture adalah bagaimana sebuah website dibuat untuk memudahkan user dalam pencarian informasi secara cepat, meningkatkan website user experience, dan membantu search engine melakukan crawl serta mengumpulkan data lebih efisien, sehingga dapat membantu meningkatkan peringkat website anda pada mesin pencarian.

Website architecture yang baik akan dapat memudahkan para user dan search engine dalam pencarian di website anda, hal ini bisa dinilai dari sedikitnya jumlah "klik" untuk menuju menu pada halaman yang diinginkan, URL yang unik, sehingga mesin pencarian dapat dengan muda mengenali website anda, dari menu navigasi yang selalu konsisten dan link yang relevan akan sangat membantu user dalam mengakses website anda.

#9. Competitor Analysis

Mengambil strategi untuk mengenali dan mempelajari kompetitor anda merupakan langkah yang tepat untuk anda lakukan. Dengan memulai sebuah bisnis, tentu saja akan selalu ada yang namanya kompetitor, yang akan selalu bersaing dengan anda, dan akan selalu muncul pertanyaan-pertanyaan seperti “kenapa kompetitor lebih banyak menjual barang dari kita? kenapa kompetitor tetap mendapat untung walaupun menjual dengan harga yang murah?”. Pertanyaan-pertanyaan seperti ini dapat dijawab dengan mudah bila anda mengenal siapa kompetitor anda.

Dengan memahami kompetitor kita maka kita dapat menyusun strategi yang efektif untuk bersaing dengan mereka. Untuk itulah anda harus paham mengenai kekuatan dan kelemahan dari kompetitor anda. Caranya dengan menggunakan Competitor Analysis. 

#10. Market and Keyword Analysis

Strategi SEO selanjutnya adalah Keyword analysis, ini merupakan proses menganalisa sebuah kata kunci (keyword) dimana kata kunci inilah yang akan membawa pengunjung menuju kehalaman website anda sesuai dengan kata kunci yang mereka cari, baik itu secara organik ataupun berbayar, Analisa kata kunci (Keyword analysis) akan menjadi point terpenting untuk membangun teknik SEO pada kampanye marketing anda.

Pengunjung akan lebih mudah untuk menemukan halaman website anda jika anda dapat mengintegrasikan kata kunci (keyword) yang tepat dan sesuai dengan topik atau tema website anda jika anda berhasl mengintegrasikan semuanya maka akan menaikan traffic serta conversion rate. Keuntungan lain dari penerapan strategi Keyword analysis adalah penggunaan budget yang maksimal karena anda tidak akan menggunakannya untuk hal yang tidak produktif, menemukan pasar yang baru dengan riset yang anda lakukan.

#11. Market Intelligence

Sebagai seorang pebisnis tentunya kita harus mengetahui kondisi dari industri ini merupakan hal yang penting sebagai dasar pengambilan keputusan strategis dalam menjalankan bisnis. Untuk itulah diperlukan sebuah strategi agar dapat membuat gambaran menyeluruh dan luas mengenai market, customer, kompetisi, masalah, dan potensi dari sebuah produk berikut pelayanannya, hal ini dalam dunia marketing biasa disebut dengan Market Intelligence.

Jika kita sudah mendengar istilah Business Intelligence yang mengacu pada serangkaian informasi yang luas mengenai pelanggan dan produk, seperti berapa banyak produk yang dikirim, jumlah total penjualan dalam sebulan dan transaksi lainnya. Sebaliknya, Market intelligence berfokus pada segmen pelanggan tertentu, termasuk informasi demografis dan geografis dan apa yang mereka butuhkan untuk kemudian membeli, yang dapat digunakan untuk membantu membangun informasi analisis dari suatu bisnis.

Market intelligence juga memperhitungkan apa yang terjadi dengan pesaing anda, dimana hal ini sama sekali diabaikan oleh Business intelligence. Melalui strategi market intelligence yang kita terapkan maka kita akan dapat mengetahui mengenai dimana perusahaan kan memaksimalkan resources nya, atau market mana yang bisa dituju, dan lain-lain.

#12. Penalty Recovery And Reputation Management

Reputasi suatu website sangat penting dalam mempertahankan eksistensi website tersebut tetap terindex dimesin pencarian dan posisi pada SERP, Mendapatkan penalti ataupun di blacklist bukanlah hal yang menguntungkan bagi sebuah website. Traffic di dunia SEO sangat penting bagi bisnis yang melakukan internet marketing sebagai infrastruktur utamanya. Semakin banyak suatu trafik website maka akan semakin besar tingkat konversi yang didapatkkan.

Dengan semakin bekembangnya bisnis yang mengandalkan teknologi internet ini mengakibatkan tingkat persaingan atau kompetisi yang semakin berat, mereka para pelaku bisnis berlomba-lomba untuk bisa unggul didalam persaingan khususnya didalam mesin pencarian search engine, hal ini tidak sedikit dimanfaatkan oleh para  pegiat SEO untuk melanggar ketentuan sebagaimana yang tertuag dalam guidelines. Mereka melakukan teknik-teknik SEO yang dilarang oleh mesin pencarian, baik mereka disengaja atau tidak,kondisi seperti ini tentunya dapat mengakibatkan terkena Banned dan Blacklist dari mesin pencari (Search Engine).

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan agar bisa terbebas dari penalty mesin pencarian diantaranya adalah:
  • Mencari seluruh backlink. Backlink ini adalah tautan yang merngarah atau meredirect halamn atau konten baik baik internal ataupun eksternal suatu website
  • Mengidentifikasi backlink yang buruk untuk website anda. Jika halaman website anda sudah memiliki banyak backlink anda harus menginventarisir backlink-backlink tersebut, pastikan backlink yang tertanam di konten website anda aman dan memiliki implikasi yang baik untuk membangun reputasi website anda
  • Menghilangkan Backlink yang buruk. Jika anda menemukan adanya indikasi bahwa backlink tersebut berdampak buruk atau tidak bagus untuk website anda segera anda hilangkan, anda bisa merquest untuk menghilangkan backlink tersebut kepihak-pihak yang terkait.

#13. Universal Search Result Optimization

Dalam konteks optimalisasi mesin pencarian, "Penelusuran Universal atau Universal Search" (juga disebut "Penelusuran Gabungan" atau "Penelusuran yang Disempurnakan") mengacu pada integrasi media tambahan seperti video, gambar, atau peta - ditampilkan di atas atau di antara hasil penelusuran organik mesin telusur seperti Google atau Bing.

Istilah 'universal' digunakan untuk merujuk pada hasil yang ditampilkan hal ini dikarenakan mereka menyediakan konten tidak hanya sebagai tautan ke URL saja namun juga dalam bentuk yang mudah dipahami maksudnya oleh pengguna, termasuk tambahan ke sepuluh tautan biru (sebelumnya). Itulah sebabnya hasil Penelusuran Universal sering disebut sebagai "kotak", karena (dulu) muncul dengan bingkai yang memisahkannya dari elemen SERP lainnya.

Google menggunakan fitur ini untuk meningkatkan user experience agar para pengguna dapat mengetahui informasi-informasi tertentu secara instan yang langsung tertuju kepada user intent. Ada beberapa bentuk Universal Search berikut beberapa bentuk atau jenisnya diantaranya adalah:
  • Carousel
  • Maps
  • Currency Converter
  • Google Flight
  • Google Jobs
  • Lyrics
  • Stock Prices
  • Weather
  • Dll. 

#14. Pay Per Click / SEM

Strategi SEO selanjutnya untuk meningkatkan bisnis anda adalah strategi untuk mengiklankan atau promosi, ini biasa yang dikenal dalam digital marketing dengan istilah SEM (Search Engine Marketing), Bicara mengenai SEM tidak akan lepas dari yang namanaya PPC atau Pay Pe Klik, PPC merupakan sebuah model internet marketing yang membuat pengiklan harus membayar berdasarkan klik pada iklan yang dilihat oleh pengunjung. 

Tujuan utama dari PPC adalah membuat para pengunjung suatu web mengklik iklan anda dan dapat melakukan sesuatu yang valuable di website yang anda iklankan, seperti pembelian. Keyword adalah kunci dari ini semua, keyword adalah sebuah bentuk general dari apa yang sebenarnya anda ketik atau biasa disebut Queries. Pengiklan akan mencoba membuat keyword agar mendapatkan hasil yang sama ketika anda mengetik queries atau sedikit melenceng entah dari susunan kata atau pengejaan yang berbeda. Sehingga hasil yang ditampilkan akan memuat iklan anda.

Melalui Strategi PPC ini kampayanye atau promosi iklan yang anda buat, akan lebih efektif dari sisi targeting, dan efisien dari sisi anggaran, Dari sini anda dapat mengetahui bahwa anggaran yang dikeluarkan akan berbanding dengan jumlah klik iklan yang anda harapkan.

#15. Outreach Campaign

Outreach Campaign merupakan metode untuk mengidentifikasi pemberi pengaruh dari target pasar Anda, menghubungi mereka dan mendorong mereka untuk mempromosikan merek, produk, atau layanan bisnis anda, hal ini akan membuat penjangkauan terdengar seperti proses tiga langkah sederhana yaitu Indetifikasi, kontak dan dorong. Strategi ini bertujuan untuk menemukan atau menjangkau user dan organisasi yang mungkin tertarik dengan bisnis anda untuk bisa membantu meningkatkan pengenalan merek, memfasilitasi promosi, dan meningkatkan pendapatan. 

Secara garis besar, pengertian dari Outreach Campaign adalah, Sebuah metode untuk mengidentifikasi influencer dari target pasar anda, dan menghubungi mereka, serta mendorong mereka untuk mempromosikan brand, service, atau produk. Untuk itu anda harus memiliki sebuah Goal yang dituju, pemahaman mengenai siapa audiens anda, riset yang baik, serta sebuah strategi yang akan dilakukan untuk membangun hubungan baik dengan audiens anda.

Demikian 15 strategi SEO yang bisa anda terapkan dalam bisnis anda agar agar dapat mengungguli pesaing anda dalam pemanfaatan internet melalui optimalisasi website perusahaan anda sehingga dengan demikian bisnis anda akan tumbuh dan meningkat. 

Tiap-tiap strategi yang anda lakukan akan bisa menolong anda untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Anda dapat memilih strategi yang sekiranya cocok dengan tujuan yang anda harapakan dari bisnis anda. Akan tetapi agar hasilnya lebih maksimal, tentunya anda harus memiliki pengetahuan tentang teknik-teknik SEO dan seputar dunia digital marketing.  

Tidak ada komentar untuk "15 Strategi SEO Untuk Meningkatkan Bisnis Anda"

Berlangganan via Email