Apa itu LinkedIn dan Mengapa Kita Perlu Mempunyai Akun LinkedIn

Apa itu LinkedIn

Apa Itu LinkedInd dan Mengapa Kita Perlu Mempunyai Akun LinkedIn- LinkedIn di dirikan oleh Reid Hoffman pada tahun 2002 dan diluncurkan secara resmi pada 5 Mei 2003, di Indonesia sendiri pengguna aktif media sosial ini mencapai lebih 12 pengguna, sementara total pengguna aktif diseluruh dunia untuk saat ini 675 juta yang tersebar di 200 negara. Karena LinkedIn merupakan platform yang umumnya dipakai oleh para pencari kerja, konten ini pasti akan sangat bermanfaat bagi kamu yang tentunya bisa mendapatkan engagement yang tinggi. 

LinkedIn merupakan salah satu Media Sosial Terbesar yang sama halnya dengan media sosial seperti Facebook. Akan tetapi tujuan penggunaan media sosial yang satu ini lebih ke arah professional. Melalui LinkedIn ini kamu bisa memanfaatkan media sosial ini untuk memberitahukan dan menunjukan kepada user lain tentang keahlian, pendidikan, project dan pengalaman kamu, sehingga dengan demikian kamu akan dengan mudah mendapatkan pekerjaan, proyek, atau bahkan bisa saja kamu di buru oleh Head hunter. 

Bisa jadi kamu berpikir jika demikian apa bedanya dengan menulis resume pada saat kamu akan apply sebuah lamaran pekerjaan, kamu mungkin berpikir bahwa resume juga dapat melakukan hal-hal tersebut, tetapi satu hal yang perlu diingat bahwa resume atau CV tidak diluncurkan atau dikirim ke seseorang sampai kamu sendiri yang melakukannya, bahkkan mungkin kamu akan mengedit resume kamu ke situs pekerjaan yang berbeda-beda, namun apa kamu yakin akan ada yang melihatnya?.

Hal ini akan berbeda jika kamu memperbarui profil kamu di LinkedIn, kemungkinan besarnya jumlah audiens atau pengguna lain akan banyak melihat profil kamu sehingga pengikut kamu akan meningkat. Pada dasarnya, melalui LinkedIn kamu dapat memberitahukan ke jaringan professional lainnya dalam dunia kerja dan koneksitas yang terhubung pada jaringan kamu tentang diri kamu melalui cara yang sedikit mendetail. Jadi, gambarkan diri kamu secara profesional melalui penulisan profil yang baik.

Keterbukaan informasi diera saat ini, memberikan kemudahan bagi seorang HRD atau pemburu profesional untuk mencari profil atau kandidat yang tepat bagi perusahaan yang membutuhan jasa atau keahlianya, dan HRD pastinya akan mencari tahu tentang profil kandidat yang dibutuhkan, dan jika kamu sudah masuk pada jaringan profesional LinkedIn dan HRD menemukan profil yang baik, tentu kamu memiliki peluang besar terjaring pada proses rekruitmen tersebut.

Pentingnya LinkedIn

Nah, dari ulasan diatas kamu sudah tahu kan apa itu LinkedIn, dan kenapa kamu harus punya profil di akun LinkedIn?, Oke, berikut ini saya akan menjelaskan pentingnya LinkedIn:

  • Membangun Koneksi/Link: Jika kamu ingin terhubung dengan jaringan profesional yang terdiri dari aneka ragam industri, domain, serta latar belakang, inilah saatnya bagi kamu untuk aktif di LinkedIn karena LinkedIn bisa memberikan kamu banyak kesempatan dan peluang untuk mengenal orang-orang yang berpikiran sama dan satu visi dengan kamu.
  • Sumber Informasi Pekerjaan/Karir: Jika kamu ingin tetap mendapatkan informasi karir terbaru ataupun tentang tren perekrutan yang sedang berlangsung di berbagai perusahaan, LinkedIn akan sangat membantu kamu. Orang yang mencari pekerjaan dapat mengikuti halaman perusahaan di LinkedIn. Dengan demikian, mereka akan selalu diperbarui saat perusahaan memposting lowongan apa pun.
  • Agar Muncul di Kolom Pencarian Perekrutan: Ini merupakan manfaat lain dari LinkedIn. Jika profil kamu diperbarui di LinkedIn, hal itu juga akan memungkinkan nama kamu muncul di daftar pencarian Google. Tentunya hal ini otomatis dapat meningkatkan peluang untuk dipekerjakan atau setidaknya dilihat oleh pencari kerja. Banyak teman saya yang langsung mendapatkan beberapa tawaran pekerjaan melalui LinkedIn.
  • Bersifat Global: Artinya dengan aktif di LinkedIn, kamu membuat profil kamu sendiri akan dapat diakses oleh audiens yang lebih luas lagi. LinkedIn tidak hanya digunakan di Indonesia saja namun juga di luar negeri. Jadi, setelah kamu melengkapi profil kamu di LinkedIn dengan pilihan kata kunci dan konten yang tepat, maka itu akan terlihat oleh mereka-mereka yang berada di luar batasan negara.
  • Personal Branding: Dengan mengembangkan dan memperbarui profil kamu di LinkedIn, maka kamu akan membranding diri kamu sendiri. LinkedIn hadir dengan fitur seperti rekomendasi dan dukungan. Orang yang mengenal kamu dan mungkin pernah bekerja sama dengan kamu juga dapat menulis testimoni dan referensi terkait kamu yang selanjutnya bisa memvalidasi dan memperkuat bidang keahlian yang menjadi spesialisasi diri kamu. Tentunya hal ini akan memberikan kepercayaan kepada orang yang mungkin ingin merekrut atau bekerjasama dengan kamu.
  • Teman yang baik: Memiliki profil LinkedIn sama halnya seperti menyimpan buku harian kamu yang digunakan untuk keperluan profesional. Kapan pun kamu mendapatkan penghargaan, mengerjakan proyek, atau menjadi sukarelawan, kamu cukup memperbarui hal itu di profil LinkedIn kamu. Dengan demikian, kamu tidak akan melewatkan hal-hal penting apa pun yang harus diketahui perekrut agar dapat mempekerjakan kamu di organisasi atau perusahaan tertentu.
  • Nyata dan Jujur: Terlepas dari beberapa akun profil palsu atau tiruan, LinkedIn akan tetap memberikan akun yang nyata dan otentik, kenapa demikian? karena LinkedIn mengambil semua informasi asli dan akurat. Dengan unggahan foto mereka sendiri dan update latar belakang profesional dan pendidikan mereka sendiri. Sebagian besar dari kita menggunakan LinkedIn untuk tujuan profesional. Sehingga mereka akan mengunggah informasi yang benar-benar valid, oleh karena itu orang akan menghindari atau menyebutkan informasi palsu karena akan merugikan mereka sendiri.
  • Informasi Singkat Tetapi Terpercaya: LinkedIn memiliki batasan karakter/kata-kata sendiri. Jadi, orang tidak memiliki kesempatan untuk menulis informasi yang tidak perlu dan panjang, tidak seperti dalam penulisan resume. Dalam resume, jika kamu melihat, tidak ada batasan untuk mengisi informasi. Meskipun sebagian besar manajer HRD menyarankan agar penulisan resume tidak lebih dari 2 halaman, orang masih cenderung menambahkan informasi ke resume tentang hal yang tidak penting. Oleh karena itu banyak resume yang pada akhirnya mengisi tempat sampah alias dibuang begitu saja. Berbeda halnya di LinkedIn, ia tidak akan mengizinkan kamu untuk menulis dengan melebihkan satu karakter pun jika memang batasnya sudah melebihi aturan yang ditentukan.
  • Menampung Informasi Lebih Detail: Bagian terbaik dari LinkedIn bukan hanya menjelaskan tentang deskripsi dan daftar pekerjaan kamu semata, namun lebih dari itu LinkedIn memberikan tentang profesionalitas kamu. Mungkin banyak orang yang menganggap dengan menuliskan informasi detail pada profil mereka sudah cukup, tapi sebenernya hal tersebut masih belum cukup. Hindari mengisi profil hanya dengan copy paste dari resume. Pikirkan tentang bagaimana kamu memperkenalkan diri kepada seseorang. Pikirkan baris demi baris kolom isian dan perbarui ringkasan LinkedIn kamu. Pada bagian pengalaman, berikan informasi yang edukatif yang telah kamu kumpulkan pada saat bekerja di perusahaan saat ini. Jelaskan tantangan yang kamu hadapi, bagaimana kamu mengatasinya, bagaimana kamu menambah nilai di tempat kamu bekerja, dengan demikian audiens akan benar-benar menganggap kamu sebagai seorang profesional.
  • Menampilkan Informasi Karir: Kelebihan LinkedIn lainnya adalah kamu akan diberikan informasi karir dari perusahaan-perusahaan yang sedang membutuhkan bidang tertentu dan kamu juga bisa mencari bagian atau posisi yang bisa kamu pilih. Ini akan berbeda jika kamu mengirim resume ke sebuah perusahaan, apa yang biasanya kamu lakukan? pastinya kamu mengirim resume kemudian kamu harus sabar menunggu. Tetapi di sini di LinkedIn, selain kamu menjadi pencari kerja pasif, kamu juga bisa menjadi pekerja aktif untuk menindaklanjuti dengan perusahaan atau HRD dengan demikian kamu akan dinilai sebagai seorang profesional yang proaktif dalam dunia kerja.
  • Mengetahui Banyak Profil Para Profesional : LinkedIn, saat ini, telah menjadi platform untuk mendapatkan dan berbagi pengetahuan dari berbagai macam latar belakang profesi. Seperti halnya pertukaran pengetahuan dan nilai. Hal ini tentunya bisa memberikan kamu platform untuk mengetahui hal-hal hebat dari para profesional yang juga sebagai Influencer. Para profesional dan influencer tersebut akan terus menerbitkan konten berupa postingan, artikel, dan banyak hal lainnya tentang industri yang mereka tekuni. Dan kamu dapat menuai manfaat besar dari menggunakan media sosial LinkedIn ini.
  • Profilling Diri Kamu Sendiri: LinkedIn dapat dijadikan sebagai pengidentitasan secara profesional tentang diri kamu sendiri dan juga menjadi platform untuk menunjukkan keahlian kamu. Jika kamu adalah seorang penulis yang baik, maka kamu bisa menulis artikel dan mempostingnya di LinkedIn. Hal ini tentunya akan berpotensi dilihat oleh banyak orang, yang mungkin ini tidak akan ditemukan di platform manapun. Bagi kamu yang sesorang pebisnis, kamu dapat menggunakan platform ini untuk mempromosikan produk atau layanan kamu yang ditawarkan ke klien atau perusahaan. Karena platform ini juga bisa sama-sama digunakan untuk media iklan dan promosi.
  • Cara Terbaik Untuk Menjalin Hubungan: Pola kehidupan yang semakin berkembang akibat kompetisi global membuat kehidupan kita semakin banyak kesibukan, kita biasanya hanya sedikit atau bahkan tidak memiliki waktu sama sekali untuk berhubungan secara fisik dengan sahabat, rekan kerja, dan mantan rekan kerja. Melalui media sosial LinkedIn ini, ia akan memberi kamu kesempatan untuk tetap bisa berhubungan dengan dunia profesional kamu, sehingga kesempatan untuk kamu berkembang jauh lebih besar lagi. Akan berbeda halnya jika kamu tidak aktif lagi atau bahkan tidak memiliki akun di LinkedIn, kamu bisa saja akan kehilangan peluang besar. Misal saja jika manajer HRD tidak menemukan kamu di pencarian Google, tentunya juga hal ini akan memberi kesan bahwa kamu gaptek alias gagap teknologi dan kurang peduli untuk terhubung dengan dunia profesional.
Itulah penjelasan seputar LinkedId dan kenapa kamu harus perlu memiliki akun profil LinkedIn untuk meningkatkan profesioinalitas kamu, tentunya karena banyak manfaat yang bakal kamu terima dari media sosial yang satu ini. So.. bagaimana?, Tentunya pada era sosial media dan digital seperti sekarang ini kamu pastinya tidak ingin dong menutup diri kamu dari perkembangan dunia digital yang sedang berlangsung saat ini.

Tidak ada komentar untuk "Apa itu LinkedIn dan Mengapa Kita Perlu Mempunyai Akun LinkedIn"