Widget HTML Atas

7 Tips SEO Penting bagi Pemula untuk Meningkatkan Traffic

Tips SEO bagi pemula untuk meningkatkan traffic

7 Tips SEO Penting bagi Pemula untuk Meningkatkan Traffic - Meskipun kamu belum menguasai secara teknis tentang SEO, tapi setidaknya kamu pernah mendengar tentang optimasi mesin pencarian atau Search Engien Optimazion (SEO) bukan?. Optimisasi mesin pencari atau SEO merupakan teknik yang ampuh yang bisa digunakan untuk mendorong dan meningkatkan bisnis di semua industri, tidak peduli apa skala bisnis kamu, apakah bisnis kecil, UKM, bahkan bisnis skala perusahaan besar sekalipun. SEO bisa diterapkan untuk semuanya, untuk menciptakan trafik kunjungan pada halaman website bisnis kamu sehingga halaman website kamu bisa muncul di posisi atas pada halaman pertama mesin pencarian.

Posisi peringkat website kamu untuk kueri penelusuran yang benar akan menentukan seberapa banyak lalu lintas kunjungan yang mengarah ke website kamu. Sekitar 75% bisnis yang menggunakan website kalah bersaing pada mesin pencarian, hal itu dikarenakan website tidak muncul pada halaman pertama di mesin pencarian. SEO adalah bagian yang harus dimiliki dari setiap strategi pemasaran digital untuk mengembangkan bisnis kamu. Dengan begitu banyak orang menggunakan internet untuk mencari apa yang mereka butuhkan, tentunya tidak mungkin kamu mengabaikan SEO.

Berdasar laporan Pemasaran Konten dari perusahaan konsultan pemasaran, baru-baru ini, menyatakan bahwa 67% profesional pemasaran konten yang disurvei menunjukkan bahwa strategi peningkatkan kinerja SEO adalah prioritas utama bagi perusahaan mereka, dan sekitar 73% lainnya menyatakan bahwa mereka sering menggunakan skill dan alat SEO mereka untuk meningkatkan hasil pemasaran konten, agar tetap kompetitif. Dengan begitu maka kamu harus menyadari bahwa betapa pentingnya mempelajari bagaimana cara meningkatkan peringkat website kamu di mesin pencarian.

Apakah kamu penasaran?. Silahkan lanjutkan untuk terus membaca dan mempelajari bagaimana tips SEO dan strategi pengoptimalan pada mesin pencarian. Bagi kamu yang pemula untuk mengetahui cara kerjaan SEO, tips SEO non-teknis ini bisa membantu kamu melihat hasil yang cepat. 

Okay sebelum lanjut membaca postingan ini, mungkin ada baiknya kamu bisa membaca postingan saya sebelumnya terkait SEO, silahkan kamu baca artikel berikut ini: 

Okay lanjut..!, berikut ini adalah tips penting bagi kamu yang masih pemula dan ingin memahami bagaimana SEO itu bekerja meningkatkan bisnis kamu. 

1. Buatlah konten yang mengandung kata kunci (keyword) utama dan turunan

Melakukan riset kata kunci merupakan inti dari setiap strategi SEO. Riset kata kunci ini merupakan langkah penting agar konten yang kamu buat bisa sesuai dengan permintaan para pencari informasi di internet, namun bukan hanya itu saja riset kata kunci juga diusahakan harus bisa menggambarkan agar artikel atau konten yang kamu buat juga bisa SEO friendly atau ramah bagi mesin pencarian. 

Pencari akan menemukan konten atau postingan website kamu jika mereka juga mengetahui cara menggunakan kata kunci utama dan kata kunci turunanya. Oleh karena itu halaman website atau landing page kamu harus memiliki kata kunci utama sebagai inti dari konten website kamu. Halaman harus berisi deskripsi yang kuat dan bisa menggambarkan citra sebuah merek dari bisnis kamu. Kata kunci atau keyword inilah yang harus menjadi fokus utama pada konten kamu.

Mulailah melakukan riset kata kunci kamu dengan mengidentifikasi kata kunci yang panjang (long tail keyword) dan relevan dengan audiens kamu. Misalnya jika kamu menjalankan blog tentang renovasi rumah yang bisa dilakukan sendiri (Do It Yourselft). Kamu bisa menggunakan tool atau alat untuk melakukan riset kata kunci, salah satunya dengan Semrush, disini kamu bisa memulai dengan mencari kata kunci misalnya “perbaikan rumah sendiri” sebagai kata kunci target kamu, dan selanjutnya kamu bisa memperluasnya lagi dengan memasukkan lebih banyak kata kunci yang ada di sana. Setelah itu kamu akan melihat volume pencarian dan tingkat kesulitan peringkat dari kata kunci utama kamu di area kamu, bersama dengan istilah terkait yang mungkin kamu inginkan.

2. Gunakan URL singkat dan deskriptif

Ada juga beberapa cara yang mungkin tidak terlalu berifat teknis, dan ini bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan upaya SEO kamu dalam hal ini disebut SEO On-Page, yaitu upaya optimasi SEO yang bisa dilakukan dengan melakukkan beberapa settingan di halaman website. Bagi kamu yang mungkin masih pemula dalam hal SEO, tidak perlu khawatir karena ini sangat mudah untuk kamu lakukan, kamu hanya perlu membuat atau menyusun permalink URL kamu dengan cara singkat.

Lalu URL yang efektif itu sepertia apa?. berikut adalah syarat URL yang efektif dan SEO friendly yaitu: 

  • Gunakan kata kunci: URL yag kamu buat harus mengandung satu atau lebih kata kunci yang yang kamu targetkan.
  • URL harus mudah dimengerti, harus mudah dibaca, dan dilihat oleh mata pembaca.
  • URL harus ringkas atau lebih pendek lagi, karena ini akan lebih disukai oleh mesin pencari. Simpan di bawah 60 karakter. Mesin pencari tidak akan menerima URL yang lebih panjang dari 60 karakter, karena jika URL kamu lebih dari 60 karakter maka hal ini bisa menyebabkan konten website kamu terdorong lebih jauh ke posisi bawah mesin pencarian.

3. Jadikan website kamu sebagai sumber backlink (high authority)

Pembuatan tautan atau link building untuk menghasilkan backlink adalah komponen penting dari setiap strategi SEO. Cara membangun tautan ini juga relatif sederhana untuk bisa kamu lakkukan. Backlink menjadi salah satu faktor penting bagi google untuk memperingkat suatu halaman website. Backlink ini berupaa tautan balik dari website lain yang mereferensi halaman website kamu. Backlink ada dua jenis, yaitu  nofollow dan do follow. Dan jika kamu mendapatkan backlink do follow itu berarti website kamu mempunyai bobot peringkat yang lebih.

Backlink ini mengacu pada penautan website lain ke dalam website milik kamu sebagai referensi atau sumber informasi yang di kutip oleh website pengait. Dengan adanya backlink ini, akan memberikan tanda atau sinyal  ke mesin pencari (google) bahwa website kamu memiliki tingkat kepercayaan atau otoritas untuk suatu topik tertentu sehingga menjadi bahan referensi atau sumber informasi bagi website lain. 

Jika website kamu sudah memiliki otoritas tinggi maka otomatis akan diprioritaskan dan ditarik ke atas oleh mesin pencarian. Dan peringkat yang lebih tinggi suatu website dalam sebuah pencarian online akan dicapai jika website kamu memiliki lebih banyak tautan yang berkualitas.

Blogger, jurnalis, maupun perusahaan lain akan mengenali kamu sebagai pakar di bidang kamu, sehingga apabila ada website yang mengulas suatu topik yang relevan dengan konten website kamu mereka akan menautkannya ke konten website kamu. Akan tetapi, membangun reputasi website atau membangun otoritas webiste ini tidak bisa dilakukan secara instan. Tentu saja kamu harus tetap konsisten, dan terus melakukan riset sebelum membuat konten.

Dalam membangun backlink kamu memiliki banyak pilihan yang bisa kamu ambil, untuk membuat tautan atau link dari luar ke website  kamu. Berikut ini adalah beberapa strategi yang bisa kamu lakukan:

  • Jika kamu memiliki suatu postingan atau infografis yang menarik dan layak untuk dibagikan, kamu bisa menggunakan itu untuk menulis atau memposting artikel kamu ke website atau blog lain, disini kamu bisa menjadi blogger tamu atau kontributor.
  • Hubungi penerbit untuk mendapatkan sumber informasi atau data atau penelitian apa pun yang telah kamu lakukan untuk mendukung konten website kamu.
  • Cari direktori dan daftar di industri dimana kamu mendaftarkan bisnis kamu. Ini bisa berupa keanggotaan dan kamu harus bergabung dengan asosiasi profesional, kelompok jaringan atau organisasi bisnis. Cara ini bisa meningkatkan kredibilitas kamu.

Bagaimana caranya kamu mendapatkan backlink?. Kamu bisa menggunakan Backlink Gap Tool, untuk membandingkan backlink website kamu dengan empat website URL kompetitor kamu. Melalui tool ini kamu bisa untuk membandingkan website mana yang tertaut ke website kamu dan berapa banyak backlink yang ada di website pesaing kamu, dan sebaliknya. Untuk membantu menargetkan website yang memiliki otoritas tinggi dengan cara membangun tautan awal kamu, kamu bisa mengatur daftar berdasarkan skor otoritas.

4. Cobalah untuk memperingkat agar mendapat fitur unggulan di Google

Cuplikan atau snipet merupakan posisi yang sangat diharapkan oleh para SEO spesialist agar bisa dijangkau secara luas oleh audiens. Jika kamu ingin tau apa itu fitur unggulan?, yaitu saat kamu mencari informasi di mesin pencari kemudian mesin pencari akan meng-highlight atau mensorot sebuah konten di posisi paling atas pada halaman pertama pencarian, itulah yang disebut snipet atau cuplikan. Melalui fitur utama ini maka webste akan memiliki peluang tinggi untuk menarik banyak trafik secara organik. 

Untuk mendapatkan fitur snipet atau cuplikan ini, tentunya dengan mengoptimalkan konten kamu, sehingga bisa mencapai posisi ini. Tentukanlah konten apa yang sekiranya ingin kamu jadikan cuplikan pada fitur unggulan (snipet feature). Pilih topik yang kira-kira bisa membuat para pengguna internet mengklik link tersebut. Disni kamu juga harus berhati-hati untuk menggunakan kata kunci di cuplikan unggulan. Umumya sebuah konten yang mengandung tanya jawab, akan cenderung bisa menciptakan fitur cuplikan unggulan (snipet).

5. Ikuti format penulisan konten 

Meskipun kata-kata yang kamu pilih itu penting, akan tetapi, bagaimana cara kamu menyajikan sebuah konten juga sama pentingnya. Usahakan konten yang akan kamu sampaikan itu jelas, ringkas, mudah dipahami, dan mudah dibaca. Namun, perlu di ingat juga bahwa mesin pencari juga mengharuskan kamu untuk menyesuaikan format yang diminta. Untuk meningkatkan peringkat pencarian kamu secara organik, kamu harus menggunakan judul dan subjudul dalam setiap konten yang kamu buat.

Sebuah postingan artikel pada sebuah konten haruslah mempunyai format yang baik. Itulah pentingnya kamu mengetahui bagaimana mengatur paragraf dan kalimat yang baik pada sebuah artikel yang akan kamu buat. Sebaiknya dalam satu kalimat tidak boleh lebih dari 20 kata. Kamu tidak boleh menggunakan lebih dari 20 kata per kalimat, tetapi juga tidak boleh paragraf kamu terlalu panjang.

6. Jadikan judul halaman dan meta deskripsi sebagai kata kunci

Pada optimasi mesin pencarian kata kunci atau keyword memiliki dampak yang signifikan terhadap konten yang kamu buat, tetapi apakah kamu juga tahu?, bahwa kata kunci harus disertakan dalam judul postingan atau halaman sebuah konten, dan pada deskripsi meta, juga harus mengandung kata kunci. Kedua elemen ini adalah komponen dasar HTML yang bisa membantu kamu dalam mengemas dan mengoptimalkan halaman website. Untuk mengedit atau membuat judul atau Title dan Meta, tidaklah sulit, ini sangat mudah sekali, terutama bagi kamu yang masih pemula sekalipun.

Sebagian besar platform website menawarkaon cara yang lebih mudah untuk mengubah judul halaman atau deskripsi meta postingan konten kamu. Salah satunya adalah website yang berbasis WordPress, platform CMS ini menyediakan dua kotak, "judul SEO" atau "deskripsi meta", yang bisa diedit. 

Kedua elemen ini akan muncul di hasil pencarian. Judul dan meta sebagai deskripsi singkat ini bisa cukup untuk meyakinkan pengguna internet untuk mengklik website kamu. Ini akan menjadi kekuatan SEO tersendiri bagi kamu jika kamu berhasil menggunakan keyword yang tepat. Untuk itu pastikan juga kata-kata deskripsi pendek ini padat jelas namun singkat.

7. Buang sumber daya yang menyebabkan website kamu lambat

Perlu kamu ketahui bahwa waktu loading saat mengakses halaman sebuah website bisa memengaruhi SEO website itu sendiri, sehingga ini nantinya akan berpengaruh terhadap angka rasio pentalan (bounce rate) yang lebih tinggi, dan ini umumnya terjadi pada halaman website yang memliki waktu loading atau waktu ketika website diakses lebih lama. Bagaimana cara menigkatkan kecepatan suatu website?.

Untuk mengecek kecepatan waktu akses (loading time) website kamu, bisa menggunakan Google PageSpeed ​​Insights, ini adalah alat SEO gratis dari googel untuk mengukur kecepatan sebuah website. Kamu bisa menambahkan URL halaman website kamu untuk mendapatkan nilai atau skor yang akan menunjukan kualitas kecepatan website, skornya mulai dari rentang nol hingga 100. Semakin tingi skor maka akan semakin baik pula kecepatan website kamu. Kamu juga bisa membandingkan berapa kecepatan website ketika diakses melalui perangkat seluler dan beerapa kecepatan website saat diakses desktop atau laptop kamu.

Itulah 7 tips penting bagi kamu para pemula yang ingin mempelajari SEO untuk meningkatkan performa website kamu. Tips tersebut diatas hanyalah sebagian kecil permulaan dalam memahami SEO secara keseluruhan, karena pada dasarnya SEO adalah pengetahuan teknis yang pemahamanya perlu pengetahuan khusus dan pengalaman empirik, serta responsif terhadap perubahan algoritma suatu mesin pencarian. Semoga artikel singkat ini bermanfaat.

Tidak ada komentar untuk "7 Tips SEO Penting bagi Pemula untuk Meningkatkan Traffic"