Mengenal Apa Itu SEO?

Mengenal apa itu SEO

Mengenal apa itu SEO? - Covid-19 membuat masyarakat dunia harus membatasi dirinya untuk tidak berinteraksi secara fisik, kondisi ini berpengaruh terhadap dunia bisnis yang pada akhirnya harus memfokuskan pada kehadiran dunia online. Namun jauh sebelum pandemi ini melanda pun aktivitas online sudah digunakan untuk menjalankan bisnis. 

Salah satu upaya perusahan atau pelaku bisnis untuk menunjang kegiatan usahanya adalah dengan membuat halaman website untuk mempromosikan produk dan menyampaikan pesan perusahaan kepada masyarakat secara online. Lalu apakah hanya dengan sudah mempunyai halaman website maka tujuan bisnis akan tercapai?. tentu saja masih belum. Kamu harus mengoptimalkan website kamu dan disinilah peran SEO untuk bisnis kamu.

Mungkin kamu sudah pernah mendengar bahkan sering sekali menemukan istilah SEO ini. Tapi apa sebenarnya yang dimaksud dengan SEO?. Okay.. pada postingan kali ini saya akan menjelaskan apa sebenarnya SEO itu dan bagaimana kamu memulai menjalankannya. Salah satu tujuan akhir dari SEO adalah untuk mendapatkan dan mempertahankan orang untuk mengunjungi website kamu. 

Apa itu SEO?

SEO adalah singkatan dari "Search Engine Optimization" ini merupakan kegiatan atau proses membuat agar website kamu menempati posisi teratas pada hasil pencarian Google atau pada mesin pencarian lainnya. Apa manfaatnya ketika website kita berada pada posisi teratas? atau muncul dihalaman pertama mesin pencarian?, manfaatnya jelas, website akan lebih mudah ditemukan oleh pengunjung atau pencari informasi karena website kita berada pada halaman pertama saat mereka mencarinya di Google.   

Fokus SEO adalah mendapatkan trafik atau lalu lintas kunjungan website secara organik, alias tidak berbayar. Jadi SEO ini bisa dijadikan sebagai teknik digital marketing yang hemat anggaran dan efektif untuk dilakukan, namun demikian karena SEO ini disetting untuk mendatangkan trafik yang organik maka untuk mengoptimalkanya membutuhkan waktu yang cukup lama, antara satu sampai tiga bulan dengan syarat semua faktor SEO terpenuhi. Apa saja faktor yang mempengaruhi SEO? silahkan kamu baca postingan saya Faktor Penting Pada SEO.

Mengenal apa itu SEO


Pada gambar di atas, kita melihat hasil dari pencarian seorang pengunjung ketika mencari informasi dengan kata kunci "Perkulihan kelas karyawan". Dalam hal ini, websitenya pintek.id adalah yang berhasil menempati urutan pertama ini artinya pintek.id untuk pencarian kata kunci "perkuliahan kelas karyawan" menempati peringkat #1. Ide di balik tujuan SEO adalah untuk mengoptimalkan halaman website kamu agar bisa naik ke peringkat pertama sehingga otomatis akan terlihat oleh banyak orang dan mengklik website kamu, dan itu artinya trafik atau lalu lintas website kamu meningkat. 

Contoh diatas merupakan hasil pencarian secara organik, artinya website tersebut muncul pada halaman pertama tanpa kita harus membayar ke Google. Walaupun website kamu sudah berhasil secara organik menempati posisi teratas dihalaman pencarian, namun bisa jadi halaman website kamu bakal turun posisi. Hal ini dikarenakan Google juga membuka layanan iklan berbayar (Google Ads), sehingga ketika ada pengiklan yang menggunakan kata kunci yang sama dengan kamu, maka posisi website pengiklan akan muncul diatas posisi website kamu.       

Ada banyak kemungkinan yang menyebabkan posisi website kamu berubah atau berbeda dari sebelumnya pada halaman pencarian Google, karena Google akan menampilkan tergantung dari apa yang di ketikan atau  dicari  oleh pencari, termasuk juga dari negara tempat mereka tinggal, misalnya.

Algoritma Google

Keberhasilan suatu website atau blog masukk kehalaman pertama Google sangat ditentukan oleh algoritma Google. Bagaimana algoritma Google itu bekerja?, cara kerja algoritma ini secara pastinya tidak ada yang tahu, Google akan tetap merahasiakanya. Namun demikian kita akan bisa menemukan pola yang bisa mendekati atau menyesuaikan dengan algoritma Google. Seiring dengan pengalaman dalam melakukan optimasi website secara konsisten, maka kamu otomatis dengan sendirinya akan menemukan pola-pola tersebut. 

Dalam memberikan peringkat suatu website, Google menggunakan parameter penilaian yang akan dijadikan sebagai faktor pemeringkat. Faktor tersebut dibagi menjadi dua kategori SEO yaitu:

#1. On-Page SEO

Faktor peringkat halaman suatu website, sebagian ditentukan oleh faktor ini. Apa itu Faktor On-Page SEO?. SEO on page atau juga dikenal sebagai “on-site SEO” adalah praktik kegiatan untuk meningkatkan dan mengoptimalkan suatu halaman website agar mendapat peringkat lebih tinggi dan mendapatkan lalu lintas atau traffic secara organik di mesin pencarian atau google. 

Faktor ini mencakup aspek teknis suatu website, penulisan kode script html (tag) seperti halnya, Meta Deskripsi, Meta Keyword, Title, faktor kecepatan loading dan aspek terkait konten, seperti struktur website kamu atau kualitas konten di website kamu. Ini semua adalah faktor SEO on-page penting yang dapat kamu kerjakan.

#2. Off-Page SEO

Selain faktor SEO on-page, faktor yang menentukan peringkat website kamu juga ditentukan oleh faktor Off-Page SEO. Faktor-faktor ini termasuk backlink atau tautan balik, chanel sosial media, dan kegiatan digital marketing lainnya. Intinya Off-Page SEO adalah kegiatan optimalisasi website non teknikal diluar website itu sendiri. 

Meski bukan tidak mungkin, faktor SEO off-page ini bisa lebih sulit untuk dipengaruhi. Yang paling penting dari faktor di luar halaman ini adalah jumlah dan kualitas tautan yang mengarah ke website kamu. Semakin banyak kualitas, website yang relevan menautkan ke website kamu, maka akan semakin tinggi posisi website kamu di mata Google.

SEO Holistik

SEO holistik adalah pendekatan SEO yang menggunakan cara-cara yang bersih dan menghindari melakukan teknik SEO dengan cara-cara yang curang. Teknik SEO yang menggunakan cara-cara legal yang sesuai dengan ketentuan dan pedoman mesin pencarian Google kita kenal sebagai "White Hat SEO" inilah yang disebut dengan SEO holistik. Adapun teknik SEO dengan menggunakan cara-cara yang curang, menipu, merekayasa backlink dan bertentangan dengan pedoman Google itu yang biasa disebut sebagai "Black Hat SEO". 

Kita berharap optimalisasi website yang kita kerjakan berhasil menempati peringkat pertama di pencarian, dan tentunya tidak sampai disitu saja, website kita juga akan tetap langgeng di posisi teratas tanpa terkena badai algoritma Google. Syarat untuk mendapatkan hasil tersebut maka jangan sekali-kali kamu mencoba mencurangi atau menipu Google. 

Akan lebih baik jika kamu menginvestasikan waktu dan usaha yang lebih keras lagi dalam mengerjakan SEO holistik karena ini untuk jangka panjang dan berkelanjutan. Terus tingkatkan website kamu dengan konten-konten berkualitas dan bermanfaat untuk pengunjung website kamu, sehinga dengan demikian otomatis traffic atau pengunjung website kamu akan bertambah dan ini membuka peluang besar untuk website kamu mendapatkan peringkat pertama pada mesin pencarian. 

Google berkomitmen dan akan terus memberikan layanan pencarian bagi penggunanya, Google hanya ingin memberikan hasil yang terbaik bagi para penggunanya. Untuk itulah Google akan menseleksi ketat website-website mana saja yang layak ditampilkan pada halaman pertama pencarian. Google bukan hanya menampilkan website dengan konten terbaik tapi juga website yang ramah terhadap penggunanya (user friendly).    

Website dapat dikatakan user friendly jika website tersebut memiliki navigasi yang jelas, cepat, responsif dan mudah diakses oleh penggunanya. Peringkat website yang baik di mesin pencari, Google harus menggunakan strategi SEO ekstensif yang berfokus pada setiap aspek website kamu dan pemasarannya. Sisi teknis, pengalaman pengguna (UX), konten website semuanya harus terbaik. Untuk menjaga peringkat dengan baik di Google, kamu harus mengembangkan strategi yang disebut sebagai pendekatan SEO holistik.

Kesimpulan

SEO adalah praktik mengoptimalkan website agar berhasil muncul di halaman pertama pada hasil pencarian Google – atau mesin pencari lain. Jangan gunakan trik atau strategi SEO black-hat, karena pada akhirnya, website akan berdampak negatif pada posisi pencarian google. Lakukan aktivitas SEO dengan berkelanjutan, yang memposisikan kamu sebagai pengguna, maka kamu akan mendapat manfaat dalam jangka panjang. 

Tidak ada komentar untuk "Mengenal Apa Itu SEO?"