Widget HTML Atas

Apa itu Pemasaran KOL dan Apa Manfaatnya bagi Kamu?

Mengenal Apa itu Key Opinion Leader KOL

Apa itu Pemasaran KOL dan Apa Manfaatnya bagi Kamu - Saya berusaha untuk terus konsisten menulis blog ini yang berkaitan erat dengan dunia digital marketing. Tidak terkecuali pemasaran digital yang melibatkan influencer, karena kita semua tau bahwa saat ini seirang dengan perkembangan dunia digital dan platform sosial media, sebuah brand bisa bekerja secara maksimal jika bisa melibatkan influencer untuk mempromosikan produk.

Namun, ada juga jenis pemasaran serupa di mana perusahaan bekerja dengan tipe orang khusus untuk mempromosikan produk di media sosial dan mendorong pengenalan merek (brand awareness). Ini termasuk advokasi karyawan perusahaan yang bermitra dengan staf mereka untuk tujuan ini, dan advokasi pelanggan di mana orang-orang yang membuktikan promosi adalah pelanggan perusahaan yang sudah ada.

Ada juga jenis influencer spesialis lainnya, yaitu apa yang kita kenal dengan Key Opinion Leader atau KOL, Pembentuk opini ini bisa dijadikan sebagai cara atau teknik pemasaran KOL, dan hal ini telah menjadi sangat populer belakangan ini. Teknik pemasaran ini telah menjadi bentuk pemasaran yang sangat terkenal di China.

Apa itu KOL Marketing

Pemasaran Key Opinion Leader (KOL) atau dalam bahasa indonesia Pemimpin opini kunci, ini  melibatkan brand yang bekerja dengan orang-orang yang memiliki keahlian dan pengetahuan tentang subjek tertentu. Subjek disini biasanya dalam hal terkait dengan merek produk suatu perusahaan, atau setidaknya menarik bagi tipe orang yang mungkin tertarik dengan produk tersebut.

Sebagian besar pemasaran KOL modern terjadi secara online, dan sering kali dilakukan pada website atau platform jejaring sosial atau situs yang berbasis video sosial. Pada beberapa kasus, KOL telah membangun nama mereka di blog populer dengan niche yang mengarah ke personal branding mereka.

Akan tetapi, tidak semua KOL mendapatkan reputasi mereka hanya melalui aktivitas online saja. Pemasaran KOL justru mendahului internet, artinya popularitas yang viral didunia online bukan yang mengangkat nama seorang KOL tapi memang KOL tersebut sudah ada sebelum viral di sosial media. KOL bisa kita manfaatkan sebagai bagian dari pemasaran selebriti. Memang, pemasaran KOL telah ada secara virtual selama ada ahlinya.

Memang ini cukup penting untuk memperjelas perbedaan antara pemasaran selebriti dan pemasaran KOL. Misalkan sebuah bisnis memilih untuk bekerja dengan bintang sepak bola untuk mempromosikan lini pakaian mereka. Itu adalah bentuk umum dari pemasaran selebriti. Tapi itu bukan pemasaran KOL kecuali pesepakbola itu memiliki pengetahuan dan pemahaman ahli tentang mode olahraga. Namun, jika merek tersebut bekerja dengan pesepakbola yang sama untuk mempromosikan kursus pelatihan sepak bola atau rangkaian sepatu sepak bola baru yang meningkatkan performa bermain, maka itu bisa dikatakan sebagai pemasaran KOL.

Apakah kamu pernah memperhatikan bahwa merek sering menggunakan profesional akademik dan ilmuwan dalam pemasaran mereka. Dengan asumsi orang-orang ini memiliki kualifikasi dan pengalaman di bidang yang relevan, Nah jika ada brand yang mempekerjakan professioanl akademik untuk memperkuat alasan penggunaan produk tersebut maka itu bisa dianggap sebagai contoh pemasaran KOL, terutama jika si professional tersebut memiliki audiens sendiri.

Akan tetapi, pemasaran KOL yang sukses bukan hanya dibutuhkan orang untuk menjadi lebih dari sekedar ahli saja. Mereka juga harus mampu mempengaruhi perilaku orang. Boffins akademik mungkin ahli di bidangnya. Tetapi jika mereka hanya bersembunyi di lab saja dan tidak berkomunikasi dengan siapa pun, tentunya mereka tidak akan bisa memengaruhi pendapat atau perilaku siapa pun.

Inilah mengapa pemasaran KOL menjadi bentuk pemasaran influencer yang sangat murni. Influencer memiliki kekuatan untuk mengubah pendapat orang lain. Secara teori, mereka semua harus menjadi pemimpin opini kunci. Akan tetapi, dalam praktiknya, tidak semua influencer memiliki pengetahuan ahli yang cukup tentang suatu subjek untuk menjadi pemimpin opini utama, kebanyakan dari mereka hanya ahli dalam berkomunikasi saja.

Manfaat Pemasaran KOL

Seorang Pemimpin opini kunci atau KOL memiliki rasa hormat yang luar biasa. Mereka adalah ahli di ceruk mereka. Pengikut mereka sangat memperhatikan apa yang ia katakan, dan seorang KOL bisa saja dengan mudah untuk mempengaruhi diskusi di bidang mereka. Tentu saja hal ini bisa memiliki efek aliran yang cukup besar pada brand yang mereka pilih untuk dipromosikan.

Jika seorang KOL secara positif menyebutkan brand perusahaan kamu, atau bahkan hanya cukup dengan menggunakannya, maka ini akan berdampak terhadap brand perusahaan kamu, karena banyak yang melihat ini sebagai bentuk dukungan positif untuk produk perusahaan kamu. Sehingga akan banyak pengikut KOL tersebut memutuskan untuk mencoba produk kamu, dan jika mereka menyukainya, maka mereka bisa menjadi pelanggan tetap.

Bayangkan jika kamu seorang pengusaha restoran dan menciptakan sebuah resep untuk menu baru pada restoran kamu. Dan kemudian ada seorang Chef ternama memposting dan mengulas menu makanan yang kamu ciptakan tersebut dan memberikan kesan yang positif tentang menu makanan yang ada di restoran kamu, tentu saja akan banyak orang yang membaca postingannya. Sebagian dari audiens atau pengikut Chef tersebut akan mencari restoran kamu,  dan itu terjadi berkat postingan dari Chef tersebut.

Jika kamu membuat produk yang lebih murah dan lebih umum, kemungkinan besar akan banyak pesaing, KOL bisa memiliki efek komparatif yang lebih signifikan. Dengan dukungan dari mereka hal tersebut bisa mendorong ribuan, bahkan mungkin jutaan, orang untuk memilih produk kamu daripada produk pesaing kamu.

Bekerja dengan KOL juga bisa menciptakan buzz yang memberikan dampak cukup besar untuk kamu dan produk perusahaan kamu. Hal ini terutama terjadi saat KOL menggunakan teknik yang lebih inovatif, contohnya seperti, mengadakan kompetisi atau sesuatu seperti TikTok Hashtag Challenge misalnya.

Sama halnya seperti pemasaran influencer, pemasaran KOL bisa menghasilkan ROI yang tinggi dibandingkan dengan saluran yang lebih tradisional. Kamu hanya perlu memastikan bahwa kamu menetapkan sasaran yang jelas sebelum terlibat dalam kampanye KOL apa pun. Apa yang secara khusus ingin kamu capai dari kampanye kamu?. Ini tidak harus lebih banyak menghasilkan penjualan. Kebanyakan kampanye KOL berfokus pada peningkatan kesadaran merek (brand awareness) atau klik-tayang ke website.

Jika kamu memilih KOL yang benar, keuntungan kamu adalah bisa memiliki audiens yang disatukan oleh minat mereka. Jika kamu beriklan di televisi, tentunya kamu tahu bahwa saat ini banyak pemirsa akan memiliki sedikit atau tidak tertarik pada produk kamu, mereka tidak peduli seberapa bagus produk kamu itu. Demikian juga, jika kamu beriklan di surat kabar, tentu kamu juga paham, bahwa saat ini banyak orang akan melewatkan iklan surat kabar kamu dengan pandangan hanya sekilas saja. Mereka bahkan tidak akan menerima tawaran untuk produk gratis. 

Namun, jika kamu berhasil mempekerjakan seorang KOL yang memiliki pengaruh terhadap pengikutnya, tentu saja apa yang dilakukan oleh KOL akan ditiru oleh follower atau pengikutnya dan pada akhirnya akan banyak orang yang tertarik dengan produk kamu, Kamu juga akan memiliki audiens pengikut yang berpikiran sama dan hanya sedikit orang yang tidak relevan.

Kamu bisa dengan mudah menentukan audiens KOL dengan melihat postingan/video sebelumnya. Ini tergantung pada saat di mana mereka membangun nama mereka, Kamu mungkin bisa menggali demografi dan psikografis audiens mereka untuk memastikan bahwa mereka sesuai untuk dipekerjakan dengan brand kamu. Tentunya kamu juga ingin basis pengikut mereka juag sesuai dengan target pasar kamu.

Kepercayaan adalah inti dari Pemasaran KOL

Rahasia di balik kesuksesan pemasaran KOL adalah kepercayaan. Pemasaran KOL hanya ada karena banyak orang mempercayai pemimpin opini kunci. KOL membuat rekomendasi di website atau blog, paltform sosial media maupun chanel video, atau pada unggahan status sosial mereka. Ini mungkin secara eksplisit, misalnya, ketika KOL merekomendasikan produk tertentu atau implisit, misalnya, di mana orang melihat KOL menggunakan produk pada aktifitasnya. 

Orang-orang yang menghormati KOL mempercayai mereka. Orang-orang tersebut yang juga menjadi pengikut akan percaya pada kata-kata KOL, sehingga saat KOL membuat rekomendasi atau tindakan maka mereka juga akan menggunakan produk yang direkomendasikan KOL tersebut.

Ini akan sangat berbeda dari iklan tradisional. Jika kamu memeriksa iklan di televisi, radio, papan reklame, surat kabar, atau bahkan sumber konvensional, Kamu akan melihat brand membuat klaim tentang dirinya sendiri atau sebagai alternatif, Kamu akan melihat aktor bayaran membuat klaim serupa. Baik itu brand atau aktor yang mereka pekerjakan tidak ada bedanya, orang masih melihat iklan ini sebagai iklan yang mementingkan diri sendiri dan tidak sungguh-sungguh.

Sementara di sisi lain, dengan menggunakan KOL, pada saat konsumen melihat orang yang mereka percayai, pemimpin opini utama pilihan mereka, membuat klaim yang sama yang bahkan hanya menggunakan suatu produk saja, mereka memahami bahwa produk tersebut harus bermanfaat. Mereka percaya bahwa ada baiknya mengambil risiko untuk mencoba produk itu sendiri.

Iklan dari mulut ke mulut bekerja mirip dengan pemasaran KOL; hanya saja kebanyakan orang tidak memiliki cukup banyak pengikut yang akan mendengarkan dari mulut mereka untuk membuat pemasaran dari mulut ke mulut menjadi layak. Kamu tentunya membutuhkan audiens atau pengikut  yang luas, dan itu hanya bisa ditawarkan oleh KOL untuk membuat produk atau brand perusahaan kamu berharga.

Pemasaran KOL Sangat Kuat di China

Pemasaran KOL sudah terbiasa dilakukan di China. Mungkin model pemasaran tersebu telah diterapkan lebih dari pemasaran influencer "normal" karena media sosial China berbeda dari yang ada di Barat. Di China lebih sedikit influencer spesialis yang mendapatkan popularitas secara online. Kamu akan lebih mudah untuk menemukan pemimpin opini kunci (KOL) China yang telah membangun reputasi sebagai ahli subjek.

Kamu bisa menemukan KOL Chna di hampir semua bidang. Umumnya mereka bisa ditemukan pada pekerjaan untuk topik yang mendorong instruksi atau bimbingan. Beberapa KOL yang populer di ceruk yang diminati pasar KOL bisa memiliki pengikut ata follower mencapai jutaan pengikut. KOL ini telah membangun reputasi mereka sebagai ahli subjek dan secara efektif menjadi influencer pilihan China.

Banyak orang China waspada terhadap siaran informasi melalui media periklanan tradisional. Namun KOL menambahkan lapisan kepercayaan. Cara paling umum untuk perusahaan yang terlibat dalam pemasaran KOL di China adalah dengan mendorong konten yang dibuat pengguna atau membayar KOL untuk menggunakan beberapa materi promosi kamu, mungkin dengan membagikan postingan yang telah kamu buat sebelumnya. 

Konten buatan pengguna atau user generate content di sini biasanya melibatkan KOL yang akan meninjau produk kamu atau membuat beberapa bentuk konten lain yang mempromosikan brand kamu. Pemasaran KOL di China menggunakan saluran yang berbeda dari Barat. Daripada menggunakan YouTube, Facebook, atau Instagram, KOL China lebih cenderung berbagi informasi di Weibo, WeChat, atau Zhihu.

Silahkan baca juga artikel terkait:

Tidak ada komentar untuk "Apa itu Pemasaran KOL dan Apa Manfaatnya bagi Kamu?"