Widget HTML Atas

10 Tips Pemasaran Menggunakan TikTok Marketing

10 Tips Pemasaran Menggunakan TikTok Marketing


10 Tips Pemasaran Menggunakan TikTok Marketing - Tentunya kamu ingin dong..!, visibilitas kamu meningkat di TikTok?. Nah.. pada postingan ini saya ingin berbagi tips tentang bagaimana caranya menggunakan konten yang menyenangkan dan menarik sehingga aktivitas kamu di Tiktok terjalin baik dengan pemirsa atau audiens kamu.

Saat ini TikTok memberikan kemudahan bagi dunia pemasaran, sebagai cara yang efektif untuk menjangkau jutaan orang melalui konten video pendek yang kreatif. Merek-merek terkemukapun menemukan strategi pemasaranya melalui pemanfaatan dari platform TikTok ini. Kamupun bisa meniru bagaimana merek-merek terkemuka tersebut bisa meraih kesuksesan dengan menggunakan TikTok.

Dan berikut ini merupakan cara-cara merek terkemuka menggunakan praktik terbaiknya dalam pembuatan dan penggunaaan konten TikTok yang menarik sehingga mereka bisa terus mengembangkan keberadaan mereka di TikTok. Oh iya jika kamu ingin tahu bagaimana cara beriklan diTikTok silahkan kamu baca postingan saya sebelumnya yang berjudul Bagaimana Cara Beriklan di TikTok.

Silahkan baca terus artikel ini tentang tips dan trik Pemasaran Menggunakan TikTok Marketing Strategy yang sukses.

#1. Memanfaatkan Tren Yang Ada

Perlu kamu ingat bahwa Algoritme TikTok memprioritaskan konten berdasarkan popularitas dan jumlah penayangan. Oleh karena itu, tim pemasaran kamu harus menggunakan tagar dan meme yang sedang tren saat ini agar konten yang dibuat relevan dan menarik bagi audiens target kamu.

TikTok mengharuskan tim kamu terlibat untuk mengikuti tren terbaru, hal ini berbeda saat kita melakukan pemasangan iklan di platform media sosial lainnya, Kecenderungan pengguna platform TikTok ini, mereka akan mencari konten berdasar hastag apa yang sedang trending, jika kamu bisa memanfaatkan hal ini, tentu bisa membantu memperkenalkan merek kamu ke audiens baru. 

Dengan Memanfaatkan tren yang ada, kamu juga bisa memperluas kreativitas kamu dan memanfaatkan konten yang sekiranya berhasil menarik pemirsa kamu. Contoh merek yang sukses melakukan tips ini adalah Kraft, ia memanfaatkan tantangan Duet populer di TikTok dan penggunaan tagar #KraftMacMeSkip untuk terlibat dengan audiens mereka, dan terbukti berhasil menarik lebih dari 6 juta tampilan.

#2 Ciptakan Keseimbangan Antara Konten Hiburan dan Promosi

Disaat konten TikTok kamu menyuguhkan konten informasi dan hiburan untuk audiens target kamu, ada baiknya juga kamu menyisipkan konten-konten yang mengandung unsur promosi produk yang kamu tawarkan. 

Menjaga keseimbangan ini sangat penting agar tujuan strategi marketing TikTok tetap sesuai jalur. Jika konten video yang kamu buat terlalu menampilkan unsur promosi, dikhawatirkan pemirsa kamu akan menskip konten iklan kamu.

Strategi yang tepat untuk menjaga keseimbangan konten ini adalah memberikan konten yang mengandung unsur menghibur terlebih dahulu, dan membawa audien atau penonton agar terlibat dengan konten video kamu saat baru memulai.

Baru setelah kamu mempunyai follower, maka kamu bisa mulai untuk membuat konten yang lebih banyak mengandung unsur promosi, termasuk membuat konten tutorial tentang produk yang kamu tawarkan, tentang interaksi pemirsa dengan barang dagangan, atau konten penawaran eksklusif.

Dengan menyeimbangkan konten yang memiliki unsur hiburan dan periklanan, maka kamu akan tetap bisa membina hubungan dengan calon pembeli.

#3. Membangun Kemitraan Untuk Meningkatkan Kesadaran Merek

Agar kampanye penjualan kamu sukses menggunakan TikTok Marketing, kamu jangan ragu untuk menggunakan keahlian orang lain untuk membantu memaksimalkan strategi promosi kamu. Kamu bisa melakukan kerjasama dengan pihak lain untuk membangun kesadaran merek (brand awareness).

Untuk membantu pengguna dalam mengembangkan bisnisnya, TikTok menyediakan Creator Marketplace yang bertujuan untuk membantu bisnis yang ingin membangun konten namun tidak memiliki tenaga ahli professional, melalu marketplace ini mereka bisa menemukan professional konten (personal expert) yang ahli dalam membuat konten online yang bermakna.

Creator Marketplace ini memiliki banyak tenaga ahli konten dari berbagai latar belakang yang berbeda, tentunya kamupun bisa menemukan seorang ahli yang bisa membantu kamu untuk membuatkan video yang relevan, menghibur pemirsa, dan memberikan solusi yang tepat untuk konten bisnis kamu.

Bersama dengan content creator, bekerjasama dengan influencer juga bisa membantu untuk meningkatkan kepercayaan terhadap produk kamu dengan cara meminta agar influencer yang memilki pengikut banyak membuat konten yang menyisipkan produk atau merek bisnis kamu.

Influencer bisa menawarkan konten otentik yang berhubungan dengan audiens spesifik mereka. Melalui kerjasama dengan influencer maka bisa membantu meningkatkan kesadaran dan visibilitas merek. Influencer bisa menghubungkan produk kamu dengan konsumen untuk menawarkan produk, promosi, dan meminta untuk menampilkan tautan ke merchandise dari postingan mereka.

Pertimbangan lain terkait ini adalah, Karena disadarinya bahwa dengan pengalaman orang lain maka akan membantu meningkatkan merek kamu dan memberi konten yang berharga untuk memutuskan strategi periklanan kamu di nantinya.

#4. Membuat Video dengan tampilan Full Screen

Pengguna TikTok lebih suka melihat konten dalam mode potret, untuk itu kamu dan tim pemasaran harus memikirkan untuk menggunakan format video 9:16 agar bisa menghasilkan konten video yang menarik bagi audiens kamu. 

Melalui format video yang ditampilkan secara full screen atau layar penuh, maka pesan merek yang ingin kamu sampaikan akan diterima dengan baik di platform ini. Inilah pentingnya bagi kamu untuk mempertimbangkan tata letak dan penggunaan format video mode full screen.

#5. Tampilkan Produk Secara Bervariasi

Agar performa iklan TikTok bisa meghasilkan yang terbaik kamu bisa menggunakan berbagai latar belakang dan pengaturan yang bsa membuat pemirsa (audiens) tetap terlibat dengan produk yang kamu yang akan kamu pasarkan. 

Cobalah kamu merubah tampilan, sudut pandang, dan dari sudut kamera untuk membuat iklan kamu lebih beragam. Saya rasa cara ini akan lebih menarik dibandingkan dengan menampilkan produk iklan dengan hanya iklan yang berlatarbelakang stagnan.

#6. Menghubungkan dengan Call To Action

Dengan menampilkan ajakan bertindak atau call to action (CTA) pada sebuah iklan, hal ini akan menciptakan hubungan dengan audiens dan bisa memberikan kesempatan kepada mereka untuk melakukan langkah selanjutnya setelah melihat iklan atau menonton video kamu.

Pengelola Iklan TikTok ini, menawarkan kepada penggunanya berupa fitur untuk CTA yang bisa diklik. Bergantung pada sasaran iklan kamu, pelanggan bisa mengkliknya untuk berbelanja dan melakukan penawaran, melihat penawaran, mempelajari lebih lanjut, menemukan lokasi, dan masih banyak lagi.

Dengan menyediakan tombol yang bisa diklik tentu bisa menghasilkan banyak trafik ke website kamu dan bisa menghubungkan produk kamu dengan audiens. Selain itu, juga bisa menciptakan pengalaman yang lebih interaktif lagi bagi pemirsa, karena mereka bisa melihat konten video pendek untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa yang kamu tawarkan.

Dan yang lebih berdampak lagi dengan penerapa Call To Action ini bisa meningkatkan konversi penjualan. Inilah inti dari sebuah iklan berperforma tinggi, melalui strategi pemasaran ini, kamu bisa mengirimkan konten promosi nantinya kepada konsumen yang sudah terlibat dengan penawaran ini.

#7. Maksimalkan Durasi Tayang Video dengan Efektif

Agar video kamu menjadi efektif di TikTok, maka kamu harus memperhatikan durasi atau waktu tayangnya. Video dengan waktu tayang yang terlalu pendek akan berdampak terhadap pesan yang kabur dan tidak jelas. 

Namun jika durasi tayang video terlalu lama, hal ini akan mengakibatkan pemirsa kehilangan minat untuk melanjutkan menonton video, sebelum informasi penting ditampilkan.

Menurut metrik TikTok, video akan menjadi efektif dan ideal jika durasi tayangnya antara 21 dan 34 detik. Itulah pentingnya kamu memaksimalkan pesan agar bisa memberikan peluang terbaik pada iklan kamu untuk menghubungkannya dengan audiens kamu sehingga bisa mendorong konversi.

#8. Buatlah Posting Dengan Konten Asli Sesering Mungkin

Kunci keberhasilan dalam melakukan pemasaran di TikTok adalah dengan memposting konten yang benar-benar asli yang kamu buat, secara teratur dan sesering mungkin.

Jika tujuan kamu adalah untuk meningkatkan visibilitas merek, ini akan sangat penting untuk menjaga konten tetap relevan. Dengan kamu sering memposting konten, kamu juga bisa melihat hasilnya, mana yang berhasil dan mana yang tidak.

Selain itu, algoritme TikTok juga bisa membantu kamu menyesuaikan postingan berdasarkan tayangan yang dihasilkannya. Jika kamu sedang membangun proses pengenalan merek, maka dengan intensitas postingan bisa membantu audiens lebih cepat mengenal merek kamu. 

Dengan membuat video yang berbeda untuk menunjukan merek kamu maka ini bisa menjadi bagian dari mencari tahu apa yang menarik bagi audiens target kamu.

Dengan melakukan aktivitas memposting setiap hari, Kamu bisa mengumpulkan umpan balik tentang konten apa yang menurut kamu palinng efektif.

Dengan begitu kamu bisa memberikan gambaran kepada tim kamu saat membuat konten yang relevan. Jika kamu menemukan desain yang cocok, maka ikutilah formula itu agar strategi pemasaran kamu berhasil dan berkelanjutan.

#9. Masukan Unsur Humor Kedalam Konten

Cara terbaik untuk terlibat dengan pengguna TikTok adalah dengan membuat konten yang bisa menciptakan suasana yang menyenangkan dan dengan membuat konten yang mengandung selera humor yang tinggi.

Ingatlah bahwa pengguna di TikTok ini juga banyak yang mencari konten yang bisa menghibur dirinya. Kamu butuh waktu untuk bisa mengetahui niche kamu dan bagaimana caranya membuat konten yang bisa menyoroti merek kamu.

Dengan membuat konten video yang menyenangkan dan memiliki selera humor yang tinggi maka akan membuat produk atau merek kamu berkesan. Daripada berfokus terhadap tampilan, sementara dari sisi kamu sendiri belum siap, maka akan lebih baik untuk kamu membuat konten yang menyenangkan, sehingga ini akan membuat audiens mengikuti (follow) kamu.

Kamu bisa melakukan riset dengan cara melihat bagaimana konten yang sejenis melakukan kampanye pemasaran lainnya bisa terlihat menonjol. Perlu kamu ketahui bahwa orang ingin melihat konten yang ringan dan menyenangkan.

Kamu juga bisa memperhatikan saat kamu berselancar di TikTok, kira-kira iklan apa yang menonjol menurut kamu?. Apakah ada cara lain yang bisa menonjolkan merek kamu selain dengan membuat konten yang sesuai dengan audiens yang menyenangkan dan mengandung selera humor yang tinggi?.

#10. Gunakan Teks Tertutup

Dengan menerapkan penggunaan teks atau caption di seluruh video kamu, hal ini bisa membantu memperkuat pesan sekaligus membuat konten dapat diakses oleh lebih banyak audiens kamu.

Penggunaan teks untuk CTA, bersama dengan konten teks, maka bisa membuat iklan kamu menonjol dan lebih mudah diingat. Ini juga memungkinkan pengguna melakukan scrolling atau menggulir tanpa suara pada saat mengakses pesan kamu, sehingga menciptakan kesan dan mencegah mereka untuk melewatkan video.

Kesimpulan

Saat kamu memutuskan untuk beriklan di TikTok, pertimbangkanlah tren apa yang sekiranya bisa membuat viral.

Teruslah mempelajari budaya TikTok dan masukan merek atau brand kamu di area yang akan menghasilkan lebih banyak tayangan.

Pastikan untuk menggunakan metrik yang ditawarkan melalui TikTok untuk menganalisis bagaimana konten konten kamu bisa diterima dan mampu untuk beradaptasi dengan perubahan tren.

Merek kamu bisa mengalami peningkatan visibilitas dan pertumbuhan melalui pemasaran kreatif dan strategi responsif.

Tidak ada komentar untuk "10 Tips Pemasaran Menggunakan TikTok Marketing"