Widget HTML Atas

Mengenal apa itu First Contentful Paint

first conntentful paint adalah


Mengenal apa itu First Contentful Paint - Salah satu faktor google memperingkat sebuah website adalah penilaian terhadap kecepatan sebuah website itu sendiri. Salah satu faktor pengaruh kecepatan website adalah Contentful paint. Ini adalah sebuah parameter untuk menilai kecepatan website. dengan melihat parameter dari contentful paint, kita bisa melihat bahwa ini adalah cara modern untuk mengatur konten website Kamu. Contentful paint ini hadir dengan antarmuka yang mudah digunakan dan memungkinkan bagi kamu untuk mengedit dan membuat halaman baru dengan mudah.

Pada bagian pertama ini, yang perlu kamu perhatikan dari perangkat lunak ini adalah tampilannya yang bersih dan antarmuka yang mudah untuk dinavigasi. Tidak ada pengaturan atau konfigurasi rumit yang menyulitkan kamu di sini, hanya yang diperlukan agar situs Kamu berfungsi dengan baik (dan itu bukan apa-apa). Terkait bagaimana meningkatkan kecepetan website kamu bisa baca postingan saya sebelumnya yang berjudul Cara Meningkatkan Kecepatan Website.

Sama halnya dengan CMS lainnya, terdapat juga fitur yang tersedia di dalam alat ini, akan tetapi fitur-fitur tersebut sangat mendasar. Kamu tidak akan menemukan apa pun seperti halnya ruang penyimpanan tak terbatas di sini atau fitur lanjutan lainnya, seperti pembuatan halaman drag and drop atau pembaruan otomatis berdasarkan jenis konten yang ingin Kamu gunakan pada setiap halaman. Namun demikian, meskipun tool ini masih memiliki keterbatasan akan tetapi hal tersebut tidak menjadikan tool ini menjadi buruk.

Apa itu First Contentful Paint

First Contentful Paint (FCP) adalah waktu yang dibutuhkan oleh sebuah halaman web untuk merender elemen yang terlihat oleh pengguna. Ini termasuk saat pertama kali konten terlihat di layar, serta ketika terjadinya even atau peristiwa apa saja yang terjadi sebelumnya, juga seperti saat elemen DOM ditambahkan atau dihapus dari pohon DOM.

Misalnya, jika Kamu memiliki gambar dengan beberapa teks di atasnya lalu mengklik tautan lain di bawah gambar tersebut, maka browser Kamu kemungkinan akan memuat kedua gambar pada waktu FCP karena keduanya merupakan komponen UI (Antarmuka Pengguna) Kamu yang terlihat. 

Namun jika tidak ada even atau peristiwa lain yang terjadi selama periode ini maka itu dianggap sebagagi FCP, karena semua browser merender kedua elemen ini menggunakan kode aktual ini akan lebih baik jika hanya menafsirkan lembar gaya mereka seperti yang dilakukan versi lama sebelum CSS3 menjadi standar pada 2013-14.

Cara mengukur First Contentful Paint

Untuk mengukur First Contentful Paint, Anda dapat menggunakan metrik berikut:

  • Indeks Kecepatan: Waktu dari saat browser mulai mengunduh HTML hingga merender halaman. Ini juga dikenal sebagai "The Fetch Time" dan menghitung mundur dari 0 (waktu saat HTML dimuat).
  • Largest Contentful Paint: Jumlah byte yang dikirim untuk merender satu frame (frame rate). Ini dihitung dengan membagi total ukuran data gambar dengan frame video yang dirender per detik untuk mendapatkan nilai antara 0 dan 1 di mana 1 berarti 100% rendering selesai atau tidak ada perubahan yang dilakukan pada halaman sejak permintaan update/rendering terakhir masuk.
  • Waktu untuk Interaktif: Ini di gunakan untuk mengukur berapa lama waktu yang diperlukan untuk memuat konten oleh Prosesor HMTL (pengurai HTML5) hingga menjadi interaktif dan siap untuk berinteraksi dengan agen pengguna seperti browser atau perangkat seluler yang dapat berinteraksi dengan halaman web melalui tindakan seperti mengeklik tautan, dll.  

Ini digunakan untuk mengisi waktu sampai semua gambar dimuat sebelum akhirnya bisa diakses, sehingga pengguna bisa segera mulai berinteraksi. Dengan demikian ini akan mengganti pengalaman mereka yang mungkin terganggu dengan waktu saat memuat gambar terlebih dahulu yang mungkin memakan bisa memakan waktu lebih lama dari apa yang mereka harapkan.

First Contentful Paint yang bagus seperti apa?

First Contentful Paint (FCP) adalah metrik yang mengukur waktu yang dibutuhkan browser kamu untuk mengunduh semua konten pada setiap halaman website. Semakin banyak waktu FCP yang Kamu miliki, maka akan membutuhkan waktu yang semakin lama bagi pengguna pada saat mereka ingin  melihat konten-konten apa saja yang ada di halaman website Kamu.

Waktu FCP (First Content Paint) sering digunakan oleh para pengembang website dan pada ahli SEO sebagai indikator yang baik tentang seberapa cepat situs web mereka dimuat. Namun, ada beberapa faktor lain juga yang berpengaruh dan berperan dalam metrik ini:

Cara meningkatkan waktu First Contentful Paint

Untuk meningkatkan waktu First Contentful Paint, yang perlu Kamu lakukan adalah sebagai berikut:

  • Gunakan CDN. CDN (Content Delivery Networking) atau Jaringan Pengiriman Konten, merupakan jaringan server yang menyajikan konten dari berbagai lokasi di seluruh dunia. Ini dapat membantu mempercepat situs kamu dengan mengurangi latensi dan memastikan bahwa semua pengunjung melihat versi yang sama dari konten Kamu. Jika Kamu belum memilikinya, cukup mudah untuk menyiapkannya di WordPress dengan memasang plugin yang sudah ada seperti instalasi 1-klik Cloudflare atau pembuat drag-and-drop Netlify.
  • Gunakan kompresi gzip. Kompresi gzip adalah metode lain untuk meningkatkan waktu First Contentful Paint karena mengompresi file sebelum mengirimnya melalui koneksi HTTP/2 daripada setelah mengirimnya melalui koneksi HTTP/1—yang berarti lebih sedikit data yang ditransfer melalui port 80 juga. Ini bisa sangat berguna pada saat menyajikan gambar besar dengan resolusi tinggi (seperti foto).

FCP mempercepat proses render dan meningkatkan skor kecepatan website

FCP adalah metrik yang membantu mengukur waktu yang diperlukan untuk merender halaman web. Ini digunakan di Google PageSpeed ​​Insights dan Google Speed ​​Index, yang merupakan dua alat paling populer yang digunakan oleh pengembang web dan SEO untuk menganalisis seberapa cepat website mereka dimuat di perangkat seluler.

FCP juga merupakan komponen penting dari metrik kinerja website Kamu, karena hal ini bisa mempengaruhi cara pengguna dalam menilai kecepatan website Kamu serta peringkat keseluruhannya di mesin pencarian seperti Bing atau Google.

Kesimpulan

Dengan mengenal tentang apa itu First Content Paint maka diharapkan Kamu sekarang sudah memiliki pemahaman yang lebih baik tentang cara mengukur First Contentful Paint dan apa pentingnya bagi kinerja website Kamu. Terdapat banyak alat yang tersedia, akan tetapi sebaiknya gunakan alat gratis dari Google yang disebut PageSpeed ​​Insights. Ini adalah cara yang bagus untuk melihat di mana halaman Kamu mengalami masalah dan langkah apa yang bisa kamu ambil untuk memperbaikinya.

Tidak ada komentar untuk "Mengenal apa itu First Contentful Paint "