Widget HTML Atas

Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Pelajar

Cara berbisnis online tanpa modal untuk pelajar dan mahasiswa

Bisnis online tanpa modal untuk pelajarDunia bisnis saat ini sudah berubah, perubahanya pun bergerak dengan begitu cepat. Model bisnis tradisional yang dilakukan secara konvensional sudah tidak lagi layak untuk terus dipertahankan, sehingga perubahan ini memaksa orang untuk berpikir di luar kebiasaan (new normal) ketika harus memulai membangun sebuah perusahaan atau bisnis.

Namun, masih ada beberapa orang yang ingin bertahan dengan apa yang mereka ketahui - untuk mengembangkan ide-ide hebat menjadikan ide tersebut sesuatu yang nyata yang bisa membantu orang lain mencapai tujuan mereka. Misalnya: Pelajar yang ingin memulai usaha sampingan atau menghasilkan uang tambahan sambil menyelesaikan pendidikannya. 

Tidak sedikit para pelajar yang pada saat ini, dibesarkan ditengah-tengah ekosistem yang serba digital dengan konektivitas sosial yang memudahkan mereka untuk berinteraksi dan mengakses sumber informasi dari luar. Ekosistem digital yang menumbuhkembangkan sistem online ini sangat memudahkan bagi kalangan milenial dan kaum pelajar untuk menjalankan bisnis online.

Namun ada beberapa kendala yang masih menjadi ketakutan tersendiri bagi para pelajar yang berminat menjalankan bisnis online, kendala dan hambatan tersebut adalah berupa modal yang harus masih dianggap sebagai penentu keberhasilan dalam menjalankan bisnis online. Mereka masih ada keraguan bahwa masih ada peluang bisnis online yang bisa dijalankan tanpa harus mengeluarkan modal. 

Berikut adalah beberapa contoh bisnis yang bisa dilakukan oleh para pelajar, tanpa harus mereka mengeluarkan modal untuk menjalankannya.    

Blogging

bisnis online dengan menjadi blogger

Blogging adalah kegiatan yang di dasarkan pada hobi dan kegemaran serta passion yang di miliki oleh mereka-mereka yang senang berbagi informasi dan pengertahun yang dituangkan kedalam platform blog. Sedangkan orang yang menjalankan aktifitas tersebut disebut Blogger. Blogging ini bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk memulai bisnis, yang tidak memerlukan modal apa pun. Hal terpenting yang Kamu butuhkan adalah ide bagus untuk blog Kamu. Sementara 

Misalnya, jika Kamu memiliki ketertarikan untuk menulis tentang cara menghasilkan uang dari blog, maka Kamu bisa menulis artikel tentang cara memonetisasi blog dan bagaimana mendapatkan trafik  dari mesin pencari seperti Google atau Bin. Jika sudah banyak blog di luar sana yang membahas topik yang sama maka mungkin lebih baik Kamu membuat blog baru dengan topik berbeda daripada harus bersaing dengan orang lain di ceruk pasar mereka.

Setelah Kamu memiliki ide untuk membuat konten, dan telah memutuskan apakah itu akan cocok dengan ceruk pasar saat ini atau tidak, langkah selanjutnya adalah segera memulai membangun blog Kamu, untuk membangun sebuah blog sangatlah mudah, Kamu bisa menggunakan platform blogspot.com yaitu paltform gratis yang disediakan oleh Google untuk membangun sebuah blog. Platform gratis lainnya Kamu juga bisa menggunakan WordPress sebagai alternatif lain membuat blog.

YouTuber

Menjadi youtuber untuk pelajar

Profesi yang satu ini merupakan incaran banyak kaum milenial, salah satunya mungkin Kamu juga berminat untuk menjadi seorang Youtuber. Platform berbasis konten video ini sudah menjadi referensi pencarian segala jenis informasi dan menjadi search engine kedua terbesar setelah Google. Youtube bisa Kamu jadikan sebagai wadah atau tempat Kamu menghasilkan uang dengan cara membuat konten. Jika channel Youtube Kamu sudah besar dan menghasilakn trafik maka channel Kamu sudah siap di monetisasi 

Banyak Youtuber-youtuber besar sukses menapaki jalur ini, mereka melakukannya dengan professional, membangun tim yang solid, investasi perlengkapan yang canggih, bahkan tidak sedikit yang membangun kampanye untuk launching program perdana mereka melalui iklan. Ditambah lagi mereka-mereka yang mendominasi channel Youtube adalah para publik figur, dari mulai artis, politisi, bahkan tokoh-tokoh agamapun mereka hampir semuanya mempunyai chanel Youtube.

Lalu bagaimana jika Kamu yang masih berstatus pelajar dan mahasiswa?. dan belum mampu membangun tim, masih belum mampu membeli perlengkapan canggih dan modern untuk membuat konten. Jangan khawatir..!!, setiap orang pada dasarnya mempunyai hak yang sama untuk sukses, tidak terkecuali Kamu. 

Bagi para pelajar maupun mahasiswa, Kamu berkesempatan besar menjadi seorang Youtuber hanya bermodalkan cukup dengan laptop dan akses internet dengan sedikit kemampuan editing. Kamu bisa membuat channel Youtube sendiri untuk menampilkan konten-konten yang Kamu minati, misalnya konten edukatif, gaming, hiburan, dll. Jika channel Kamu sudah banyak pengunjung dan subscriber, Kamu bisa monetisasi channel Kamu dengan cara membuat akun adsense. Saya pikir semua mahasiswa sekarang sudah berpikir kreatif sehingga pasti bisa membuat konten-konten tersebut.

Bagaimana bisa Youtube dijadikan sebagai bisnis online?. Pada dasarnya Kamu membangun channel youtube adalah untuk mendatangkan banyak viewer atau penonton. penonton dibagi menjadi dua, penonton biasa yaitu viewer dan penonton setia atau loyal yang disebut Subscriber. Mereka semua adalah sumber trafik yang berkumpul ke channel Kamu. 

Semakin banyak suatu channel Youtube dilihat artinya channel tersebut oleh Youtube dianggap layak untuk dicekokin atau disuguhkan iklan. Dan Youtube akan memberikan reward ke Kamu karena berhasil mengumpukan banyak orang berkunjug ke cahnnel Kamu. Caranya yaitu dengan adsense. Cara lain penghasilan dari Youtube channel adalah dengan endorsement dari brand untuk mengulas atau mereview produk perusahaan tersebut.

Menjadi TikTokers

Apakah Tiktokers adalah bisnis online?. Tentu saja bukan, TikTokers adalah sebutan bagi orang-orang yang gemar bermain Tiktok. Tentunya Kamu sudah familiar dengan platform hiburan yang satu ini? Jika Kamu masuk kategori generasi Z mungkin Tiktok termasuk aplikasi yang sudah melekat dengan gaya hidup remaja di Indonesia saat ini. Menjadi TikToker bisa dijadikan alternatif cara bagi Kamu yang berstatus Pelajar atau Mahasiswa.

Tiktok saat ini menjelma sebagai platform yang banyak penggemarnya. Karena platform ini menarik untuk diulik. Bahkan jumlah pengguna Tiktok sendiri saat ini meningkat pesat sehingga wajar platform ini menjadi kompetitor utama Instagram atau Facebook.

Untuk menjadi seorang Tiktokers Kamu tidak hanya sekedar membuat video lucu-lucuan semata, tetapi juga harus paham strategi dan cara-cara yang tepat. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan agar Kamu bisa menjadi tiktokers yang memiliki banyak followers, yaitu:

  • Buat profil Kamu yang menarik
  • Tautkan link akun TikTok Kamu pada sosial media Kamu yang lain
  • Pakai metode Unfollow dan Follow
  • Ikuti tren challange
  • Buatlah konten yang menarik
  • Share konten Tiktok ke sosmed Kamu yang lainnya
  • Berkolaborasi dengan TikToker lain
  • Posting video di waktu yang tepat
  • Gunakan tagar atau hashtag yang sesuai
  • Teruslah belajar dari orang lain
  • Konsisten untuk upload konten setiap hari

Darimana seorang TikTokers bisa menghasilkan cuan?. Kamu bisa menghasilkan uang dengan menjual produk Kamu langsung atau dengan menjalin kerja sama dengan pihak brand, sponsorship, atau toko online lainnya. Tentu saja pihak-pihak yang akan bekerjasama dengan Kamu akan melihat berbagai parameter dari akun TikTok Kamu. Salah satunya adalah mereka akan melihat berapa follower Kamu dan seberapa viral konten video yang Kamu upload. 

Pemasaran afiliasi

menjalankan bisnis afiliasi marketing untuk pelajar

Afiliasi pemasaran atau Affiliate marketing merupakan cara untuk mendapatkan uang secara online dengan mempromosikan produk yang telah dibuat orang lain. Saat Kamu menerbitkan artikel, postingan blog, atau video tentang sesuatu yang telah Kamu teliti dan bermanfaat bagi audiens Kamu, Kamu bisa menggunakan tautan afiliasi untuk menghasilkan komisi dari penjualan yang dilakukan melalui tautan tersebut.

Artinya jika ada seseorang mengklik salah satu tautan tersebut dan melakukan pembelian produk, karena pengaruh dari akibat membaca di artikel postingan blog atau menonton di website tempat artikel itu dipublikasikan, maka orang yang menulis atau memproduksi konten tersebut akan dibayar sesuai kesepakatan atau kompensasi (biasanya melalui PayPal).

Penting untuk dikatahi bahwa meskipun pemasaran afiliasi bekerja dengan baik pada halaman website yang berfokus pada topik yang sejenis dengan topik sesuai pemilik affiliate seperti toko ecommerce yang menjual barang terkait pakaian dan aksesori. Ini tidak memerlukan keahlian teknis apa pun, Siapapun bisa memanfaatkan metode bisns seperti ini tanpa perlu mengetahui bagaimana cara kerja dan proses produksi di balik layar di semua tingkatan.

ECommerce

E-commerce adalah salah satu tren kekinian dalam dunia bisnis online. Jenis model bisnis ini sangat mudah dilakukan, dan memungkinkan Kamu untuk menjual produk buatan tangan Kamu sendiri atau produk buatan tangan orang lain.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk Kamu bisa menggunakan e-commerce sebagai jalan berbisnis online, diantaranya adalah:

  • Jual konten atau produk digital (misalnya; eBook, buku audio, kursus video) di website atau blog Kamu. Cara ini bisa menjadi cara yang bagus, untuk ditawarkan kepada orang yang ingin mempelajari sesuatu yang baru tetapi tidak punya waktu atau uang untuk kelas di sekolah atau perguruan tinggi! Kamu juga bisa menjual produk fisik seperti kuas makeup atau lilin jika harganya tidak terlalu mahal!
  • Jualan produk fisik secara langsung melalui website Kamu (seperti kaos). Pastikan untuk display produk agar semua terlihat bagus sehingga banyak orang akan tertarik dan berminat untuk membeli.

Menjual foto dan video

Seorang pelajar biasanya lebih menyukai kegiatan atau produk kreatif atau seni, salah satunya adalah yang berkaitan foto dan video editing. Jika Kamu hobi melakukan hal tersebut maka Kamu bisa menngembangkan hobi fotografi Kamu untuk dijadikan bisnis online, Kamu bisa menjual foto dan video hasil porduk Kamu secara online. Ini akan menjadi salah satu cara terbaik untuk menghasilkan uang dari foto dan video Kamu. 

Ada berbagai situs untuk berbagi foto yang memungkinkan Kamu menjualnya secara langsung, atau melalui agen. Kamu juga bisa menjualnya di platform media sosial seperti Facebook atau Instagram. Selain itu, ada situs stok foto tempat kamy bisa mengunggah gambar secara gratis (atau dengan sedikit berbayar).

Lalu bagaimana jika Kamu tidak memiliki pengalaman fotografi sama sekali?, Untuk masalah ini mungkin lebih baik sementara tidak langsung menjual foto-foto Kamu, lebih baik Kamu belajar terlebih dahulu tentang teknik fotografi. Mungkin akan lebih baik jika Kamu menjual jenis konten lainnya. Namun jika Kamu sudah memiliki pengalaman fotografi, maka dengan menjual foto dan video akan menjadi sesuatu yang lebih menarik bagi Kamu daripada harus menjual atau membuat konten lainnya.

Situs pekerjaan mikro

Mendaftar sebagai pencari kerja di situs pekerjaan mikro, yaitu website tempat dimana Kamu bisa melakukan tugas-tugas kecil untuk perusahaan. Kamu bisa menghasilkan uang dari situs pekerjaan mikro dengan menyelesaikan tugas yang ditawarkan di website tersebut.

Berapa banyak yang bisa Kamu peroleh tergantung pada berapa banyak pekerjaan yang Kamu apply dan seberapa baik Kamu bisa menyelesaikannya. Jika Kamu menguasai teknologi dengan baik, maka kemungkinan bagi seseorang dengan pengetahuan terbatas bisa mendapatkan lebih dari $100 per hari di situs pekerjaan mikro, dengan catatan jika mereka mau bekerja dengan keras.

Situs pekerjaan mikro biasanya akan membayar jasa Kamu melalui PayPal atau transfer langsung ke rekening bank Kamu setiap bulan setelah mereka menerima pembayaran dari perusahaan yang menggunakan jasa layanan dari situs pekerjaan mikro, sebagai tempat berkumpulnya para pekerja lepas (freelance).

Survey Online

Survei online adalah salah satu alternatif dan cara terbaik untuk Kamu bisa menghasilkan uang. Kamu bisa mendapatkan bayaran untuk menyelesaikan survei, menguji produk, dan berpartisipasi dalam FGD  (focus group discuss), riset pasar, maupun jajak pendapat.

Sebagai contoh:

  • Kamu akan mendapatkan $10 untuk setiap 10 menit waktu yang Kamu habiskan untuk menjawab pertanyaan tentang pengalaman Kamu terhadap situs belanja online atau layanan pemesanan hotel. Semakin banyak detail yang Kamu berikan tentang pengalaman Kamu , mulai dari jenis produk atau layanan yang Kamu beli (mis., pembuat kopi) hingga apa yang terjadi setelah melakukan pembelian (mis., apakah diseduh dengan baik?). Kamu akan semakin banyak mendapatkan poin saat menyelesaikan survei.
  • Kamu akan dibayar sebanyak $100 per jam jika diminta bermain game di Facebook (seperti Farmville). Jenis pekerjaan ini menjadi sangat populer karena mudah bagi pemberi kerja dalam mencari karyawan yang akan melakukan pekerjaan serupa di tempat lain, namun membutuhkan uang tambahan saat mengahdapi momen-momen yang menyibukan, seperti belanja saat natal atau ulang tahun ketika orang tidak selalu memiliki cukup waktu untuk istirahat."

Kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk memulai bisnis saat Kamu masih bersekolah. Jika Kamu ingin memulai bisnis sementara status Kamu masih pelajar atau mahasiswa, jangan pikirkan berapa banyak modal yang Kamu butuhkan. Banyak kok.., orang memulai bisnis sampingan sambil bersenang-senang atau mereka melakukanya berawal dari untuk sekedar mendapatkan uang tambahan. 

Jika menjual produk fisik atau jasa menjadi tujuan Kamu dalam berbisnis online, fokuslah untuk menemukan produk atau ide apa yang sekiranya bisa Kamu jual dengan harga kurang dari $1.000 dan pastikan itu adalah sesuatu yang diinginkan oleh banyak orang.

Kamu bisa memulai bisnis online di rumah atau dikostan, dengan cukup hanya menggunakan laptop, meja dan kursi seadanya, sebagai permulaan bisnis online Kamu. Kamu tidak harus memiliki pengalaman apa pun, juga tidak memerlukan gelar atau sertifikasi apa pun. Tidak masalah apakah ide Kamu kreatif atau praktis; yang penting adalah Kamu mau melakukan terlebih dahulu.

Kesimpulan

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang tanpa banyak modal. Kamu bisa menjual produk secara online, menulis posting blog, menjadi YouTuber, menjadi TikToker atau mengerjakan survei online. Ini semua adalah pilihan bagus untuk Kamu yang masih berstatus seorang pelajar baik pelajar sekolah tingkat tinggi maupun Mahasiswa yang ingin memulai bisnis sendiri di perguruan tinggi tetapi tidak punya cukup banyak uang.

Tidak ada komentar untuk "Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Pelajar"