Cara Menghasilkan Pasif Income Melalui Afiliasi Marketing


Pemasaran afiliasi telah menjadi salah satu cara paling populer dan paling cerdas untuk mendapatkan penghasilan sampingan secara online. Jika aktifitas online seperti media sosial atau bloging merupakan keseharian anda, tentunya ini adalah peluang yang sangat masuk akal untuk  menciptakan atau membangun bisnis sampingan. Pada postingan kali ini saya akan membahasa tentang program afiliasi marketing, memberitahukan manfaat afiliasi marketing, cara memulainya dan hal-hal penting yang harus diperhatikan.

Apa itu Pemasaran Afiliasi / Affiliate Marketing?

Jika Anda memiliki Channel YouTube, podcast, atau website/blog,  pastinya anda pernah mendengar tentang istilah pemasaran afiliasi atau Affiliate Marketing. Untuk pertama kali yang baru mendengar istilah ini mungkin masih agak membingungkan, berikut akan saya jabarkan: 

Pemasaran afiliasi adalah kegiatan bisnis atau usaha dengan melakukan pemasaran atau promosi produk orang lain atau perusahan lain kepada audiens anda, dan anda akan memperoleh komisi berdasarkan penjualan yang dibuat dari referensi channel yang anda gunakan.

Cara melakukan pemasaran afiliasi itu sangat mudah dan sederhana sekali: berikut ini alur dan tahapan pemasara afiliasi:
  1. Temukan beberapa produk yang ingin anda promosikan.
  2. Riset Program afiliasi yang terlampir pada produk.
  3. Selesaikan proses pendaftaran untuk program yang anda minati.
  4. Anda akan menerima tautan unik dari program afiliasi anda. Sematkan tautan ini di mana pun Anda ingin mempromosikan produk.
  5. Jika pengunjung anda mengklik tautan ini dan membeli produk, Anda akan menerima komisi atas penjualan tersebut.
Saat pertama kali memulai bisnis ini, fokuslah pada produk tertentu yang sekiranya memiliki potensi market yang cukup luas dan profitable untuk dipromosikan. Hindarilah mendaftar untuk setiap program yang tersedia untuk anda. Berkonsentrasilah untuk membangun merek anda dengan fokus khusus.

Setiap Produk Yang Anda Promosikan Harus Relevan Dengan Niche Anda.

Ingatlah!, agar anda dapat menghasilkan uang, anda harus bisa memastikan seseorang untuk membeli produk yang anda promosikan. Untuk itu anda harus bisa menemukan produk yang benar-benar bermanfaat untuk ditawarkan ke target audiens anda. 

Keuntungan Afiliasi Marketing?

Bagi anda yang baru mengenal istilah Afiliasi marketing ini, tentu akan bertanya-tanya apasih hebatnya atau kelebihan program pemasaran ini dibandingkan program bisnis online lainnya yang juga sering ditawarkan di dunia online?. Berikut adalah beberapa alasan mengapa ini merupakan langkah cerdas membangun bisnis online:
  • Bekerja dari mana saja: Melalaui prograam bisnis ini memungkinkan bagi anda untuk mendapat penghasilan uang tambahan yang bisa dikerjakan dimana saja dan kapan saja. Setelah anda menambahkan tautan atau link afiliasi ke konten anda, perusahaan pemilik produk atau jasa akan mengurus sistemnya. Yang harus anda lakukan adalah hanya mengarahkan audiens anda ke perusahaan atau penyedia produk dan layanan.
  • Buat jam Anda sendiri: Anda memiliki kebebasan untuk membuat jadwal anda sendiri. Setelah bergabung dengan program afiliasi dan mulai mempromosikan, anda telah membuat bentuk penghasilan pasif. Selama orang menggunakan tautan anda untuk membeli produk selama itu juga anda akan dapat menghasilkan uang, bahkan ketika anda tidurpun anda tetap bisa mendapatkan penghasilan.
  • Biaya overhead rendah: Pemasaran afiliasi adalah cara terbaik untuk menghasilkan uang secara online tanpa harus memiliki produk apa pun atau membawa inventaris apa pun. Ini merupakan nilai tambah yang besar bagi pemasaran afiliasi yang tidak anda lihat pada toko online. Anda tidak perlu khawatir dan repot untuk melakukan stocking produk.

Seberapa Banyak Yang Anda Hasilkan Dari Pemasaran Afiliasi?

Sebuah studi yang dilakukan oleh VigLink memberi kita gambaran tentang berapa banyak orang yang dapat menghasilkan melalui pemasaran afiliasi ini. Studi ini menunjukkan bahwa 9% dari pemasar afiliasi menghasilkan lebih dari $ 50.000 hanya pada tahun 2016. Selain itu, pemilik produk atau pedagang dapat menghasilkan antara 5% sampai 20% dari pendapatan mereka dari program pemasar afiliasi.

Seorang Affiliate atau publisher bisa menghasilkan pendapatan besar dari penggunaan tautan program afiliasi ini setelah menjalankan programnya selama 5 tahun, lalu bagaimana pendapatan anda sebagai pemain pemula dalam program bisnis afiliasi ini?. Harapanya anda melakukannya mulai dari bawah  yang sedikit kemudian perlahan-lahan naik dan akhinya penjualan anda dapat meningkat. Mungkin saja di bulan pertama program afiliasi anda dibawah $ 100, namun janganlah itu menjadikan anda berkecil hati.

Rata-rata mereka yang menjalankan program pemasaran afiliasi ini dimulai dengan hasil penjualan yang rendah namun mereka akan mengalami kenaikan penjualan yang stabil dari bulan ke bulan, dengan catatan mereka melakukanya dengan serius, fokus dan konsisten terhadap hasil apa yang ingin dicapai.

Potensi pendapatan bagi seorang pemain Affiliate Marketing pemula bisa mencapai $ 1000 sampai $ 4000 di akhir tahun pertama jika anda fokus dan memperhatikan hal-hal berikut: 
  • Memilih produk yang tepat yang dibutuhkan oleh audiens anda
  • Konsisten dan teratur dalam membuat konten yang menargetkan produk yang dijual
  • Mampu menguasai semua kanal media sosial untuk menciptakan traffik 
  • Menggunakan teknik Digital Marketing yang tepat.

Cara Memilih Niche Yang Tepat?

Pikirkan minat Anda: Apa yang membuat Anda terpesona? Mulailah berpikir tentang topik yang Anda sukai. Misal; otomotif, travelling, teknologi, bisnis, komputer, melukis, kebugaran, video game, hewan peliharaan, dll. Pastikan itu adalah sesuatu yang anda sukai.

Persempit: Selanjutnya, pikirkan aspek-aspek spesifik dari topik ini yang paling anda ketahui. Misalnya, jika anda ingin fokus pada dunia komputer, mulailah berpikir tentang subtopik dalam genre ini yang anda miliki pengetahuan dasarnya. Itu bisa berarti programming, web design atau design grafis. Mulailah mempersempit topik anda dengan cara ini.

Lihat apakah itu populer?: Untuk mengukur tingkat populeritas suatu topik anda bisa gunakan Google Trends untuk mempelajari tentang tren populer topik anda. Masukkan kata kunci anda ke form pencarian dan lihat grafiknya. Jika topik anda sangat menurun popularitasnya, anda boleh mempertimbangkan lagi topik ini boleh diambil atau tidak. Namun jika Anda melihat tren naik atau stabil, itu berarti anda telah menemukan ceruk yang kuat dan anda boleh mengambil topik ini.

Dimana Anda Bisa Menemukan Program Afiliasi?

Salah satu cara terbaik untuk menemukan program afiliasi yang cocok adalah dengan bergabung ke jaringan afiliasi. Jaringan afiliasi ini bertindak sebagai perantara antara pedagang dan pemilik produk atau jasa atau program. Daripada bingung mencari program yang sesuai dengan niche anda, anda bisa menggunakan jaringan afiliasi untuk menemukan produk yang tepat dan efisien sesuai audiens anda.

Beberapa jaringan afiliasi yang populer antara lain: 
  • ShareASale
  • CJAffiliate
  • Awin
  • Rakuten
Jika Anda ingin bergabung dengan program afiliasi secara langsung, berikut beberapa opsi yang cocok bagi anda yang pemula:
  • Amazon Associates
  • eBay Partner Network
  • Target Affiliates
Perusahaan-perusahaan ini memiliki banyak pilihan produk sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan satu yang sesuai dengan ceruk pasar anda.

Bawa Pemasaran Afiliasi ke Semua Platform!

Pemasaran afiliasi ini bisa menciptakan pasif income pada sejumlah platform online. Berikut adalah beberapa platform populer di mana Anda dapat menggunakan tautan afiliasi:

#1. Website / Blog Anda

Jika Anda sudah memiliki situs web atau blog, Anda dapat dengan mudah memasukkan tautan afiliasi ke dalam posting Anda. 
  • Kelebihan Blog pada dasarnya adalah niche yang sesuai dengan topik website atau blog anda hal ini tentunya akan membuat promosi produk yang anda lakukan akan lebih mudah mencapai audiens target. 
  • Kekurangan: Blog atau website mungkin akan lebih sulit untuk menghasilkan lalu lintas yang dibutuhkan untuk menghasilkan uang hal ini dikarenakan membutuhkan waktu untuk optimasi SEO untuk mendatangkan banyak visitor, terlebih websit atau blog yang memiliki usia muda.

#2. YouTube

YouTube adalah salah satu cara paling populer untuk memanfaatkan pemasaran afiliasi. Jika anda membuat video review mengenai suatu produk, kemungkinan besar audiens anda bersedia untuk membeli produk tersebut. 
  • Kelebihan: Ada banyak peluang untuk meninjau produk yang dipromosikan atau membuat tutorial yang menyoroti produk yang dipromosikan. Anda juga memiliki akses ke audiens besar pengguna YouTube.
  • Kekurangan: YouTube memiliki beberapa batasan tautan yang melarang aktivitas yang dianggap bisa merugikan orang lain sehingga jika anda ada indikasi seperti itu anda bisa di usir dari youtube. Akan tetapi jika anda membuat konten berkualitas, ini seharusnya tidak menjadi masalah.

#3. Podcasts

Salah satu platform penting dalam pemasaran afiliasi yang lain adalah Podcast. Platform ini dapat memberi anda lebih banyak ide untuk membuat konten seperti wawancara dengan pembuat produk, atau seseorang yang menggunakan produk, dan anda juga dapat menggunakan segmen iklan anda untuk memasukkan tautan afiliasi.
  • Kelebihan: Sangat mudah untuk menggabungkan tautan afiliasi Anda tanpa mengganggu podcast Anda. Masukkan tautan afiliasi Anda ke dalam catatan acara Anda untuk audiens Anda.
  • Kekurangan: Untuk episode yang tidak terkait dengan produk, akan lebih sulit untuk menghasilkan penjualan dari tautan Anda.

#4. Sosial Media

Media sosial adalah salah satu cara paling efektif untuk menghasilkan uang dengan pemasaran afiliasi. Jika Anda sudah memiliki banyak pengikut di platform media sosial, maka program pemasaran afiliasi anda tidak perlu dikhawatirkan, karena anda memiliki peluang besar untuk berhasil.
  • Kelebihan: Anda dapat menjangkau khalayak luas dengan alat-alat seperti tagar, cerita, dan video. Anda juga dapat menggunakan ruang teks untuk menjelaskan produk secara menyeluruh.
  • Kekurangan: Pada aplikasi sosial media tertentu seperti Instagram, Anda tidak dapat memasukkan tautan dalam keterangan. Anda harus meletakkan tautan di bio Anda.

Apa Aspek Negatif Pemasaran Afiliasi?  

Dalam suatu sistem pemasaran suatu produk dan jasa tentunya tidak ada yang sempurna, demikian juga dengan pemasaran afiliasi juga tidak sempurna. Untuk itulah ada beberapa hal berikut yang harus diperhatikan sebelum Anda memulai usaha atau program bisnis ini:
  • Ini merupakan sebuah kompetisi: jika anda seorang pemula, maka anda akan berhadapan dengan pemasar afiliasi yang sangat terampil di ceruk pasar Anda.
  • Tidak ada kontrol terhadap program: Anda tidak memiliki produk yang anda promosikan, dan Anda tidak bisa mengendalikan apa yang tersedia untuk pemasaran afiliasi. Penerbit atau publisher produk harus menghormati syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh pedagang.
  • Masalah hukum: Selalu ada pedoman untuk mematuhi dan jika tidak anda akan berisiko mengalami masalah hukum. Pada awalnya afiliasi telah dituntut karena menggunakan teknik pemasaran yang dilarang, tidak mengungkapkan persyaratan atau menggunakan gambar tanpa izin.
Pastikan anda untuk memperhatikan aspek-aspek ini ketika anda mengikti program pemasaran afiliasi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Meninjau kembali ketentuan dan syarat perjanjian serta pedoman apa pun yang tertulisa secara menyeluruh sehingga anda mendapatkan gambaran dan informasi yang sejelas-jelasnya.

Demikian ulasan mengenai cara menghasilkan Pasif Income Melalui Program Afiliasi Marketing. Jika tulisan ini bermanfaat silahkan share ke Sosial Media Anda 

Tidak ada komentar untuk "Cara Menghasilkan Pasif Income Melalui Afiliasi Marketing"

Berlangganan via Email