Widget HTML Atas

Bagaimana Cara Meningkatkan CPC Adsense

cara meningkatkan CPC iklan google adsense

Bagaimana Cara Meningkatkan CPC Adsense  -  Banyak orang menganggap bahwa seorang blogger akan mendapatkan penghasilan besar ketika Blog atau websitenya banyak mendapatkan kunjungan atau traffik. Trafik sebuah blog memang penting bagi website atau blog agar CPC Adsense bisa juga meningkat, sehingga earning atau penghasilan Adsense kita juga ikut meningkat. Namun ternyata website dengan jumlah trafik yang besarpun tidak menjamin peningkatan penghasilan Adsense.

Bisa saja website atau blog Kamu memiliki trafik yang tinggi, namun pada kenyataanya penghasilan Adsense Kamu rendah, ini yang biasa di alami oleh para blogger, pertanyaanya kenapa bisa demikian?. Jawaban sederhanya adalah, karena Kamu belum bisa memaksimalkan biaya per klik atau CPC. Nah pada postingan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara meninngkatkan CPC Adsense. Untuk itu silahkan Kamu baca postingan ini sampai selesai.

Bagi Kamu yang bermain Adsense dan hobi ngeblog sejak lama namun pengahasilan tetap masih sedikit padahal tarfik ke website Kamu melimpah, inilah permasalahannya. Rendahnya CPC adalah alasan kuat kenapa penghasilan Kamu juga ikut rendah, dan memang faktanya seperti itu. Kebanyakan para blogger pemburu Adsense lebih memfokuskan pada membangun sebuah trafik sehingga lupa ada faktor yang penting juga yang seharusnya menjadi fokus juga yaitu CPC.

Saya menjelaskan CPC disini bukan berarti menyampingkan faktor trafik, memang benar kita sepakat trafik juga adalah faktor yang bisa meningkatkan penghasilan dari sebuah Adsense. Namun hal tersebut harus juga di barengi dengan usaha kita membangun CPC yang besar. Berikut adalah cara agar website yang atau blog Kamu menghasilkan CPC. 

#1. Membuat artikel dengan kata kunci yang memiliki nilai tinggi

Artikel yang memiliki keyword atau kata kunci yang bernilai tinggi yaitu postingan yang dicari oleh banyak orang. Bagaimana caranya untuk menghasilkan CPC dari kata kunci tersebut? tentu saja kami harus membuat postingan artikel dengan judul dan konten mengandung kata kunci atau keyword yang memiliki potensi besar paling banyak dicari oleh orang. Konten yang Kamu tulis tentunya juga harus sesuai dengan topik atau nice dari blog Kamu. 

Postingan artikel dengan kata kunci yang memiliki nilai tinggi sangat berguna dan relevan untuk meningkatkan CPC blog atau website atau halaman dalam mesin pencari. Dengan menerapkan kata kunci yang berkualitas seperti ini akan bisa membantu blog meningkatkan peringkatnya pada hasil pencarian oleh mesin pencari, sehingga blog Kamu akan lebih mudah ditemukan oleh orang yang mencari informasi terkait.

Untuk menentukan kata kunci bernilai tinggi, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan, antara lain:

  • Relevansi: Kata kunci tentunya harus relevan dengan topik atau konten yang ditargetkan.
  • Trafik: Kata kunci yang banyak dicari oleh pengguna mesin pencari akan bisa membantu meningkatkan trafik sebuah website atau halaman.
  • Tingkat kesulitan persaiangan: Kata kunci yang kurang populer atau kurang banyak dicari oleh website lain akan lebih mudah dicapai daripada keyword dengan tingkat persaingan yang sangat populer dan banyak dicari.
  • Intensitas komersial: Kata kunci yang berkaitan dengan produk atau layanan yang dijual akan bisa membantu meningkatkan keuntungan bisnis.
  • Dengan menggunakan kata kunci berkualitas, situs web atau halaman bisa lebih mudah ditemukan oleh pengguna mesin pencari, sehingga bisa meningkatkan trafik, yang pada akhirnya meningkat pula CPC Adsense Kamu sehingga penghasilan Adsense juga meningkat.

#2. Blokir Iklan yang tidak sesuai

Ketika Adsense Kamu sudah di setujui oleh google, maka website Kamu sudah bisa menayangkan iklan. Saat pertama kali iklan-iklan yang ditayangkan di website atau blog, Kamu tidak bisa mengontrolnya karena itu oleh google ditayangkan secara random. Namun setelah itu Kamu bisa mengontrolnya untuk menentukan iklan mana yang boleh tayang dan iklan mana yang tidak akan ditayangkan. Agar iklan tidak tayang maka Kamu bisa melakukan pemblokiran iklan. 

Perlu Kamu ketahui bahwa dengan menayangkan semua jenis iklan, hal tersebut juga bisa bedampak terhadap tingkat CPC Adsense Kamu. Dan berikut adalah alasan kenapa iklan tersebut harus diblokir agar tingkat CPC Adsense Kamu meningkat: 

  • Iklan tersebut tidak relevan: Jika menurut Kamu iklan yang tayang di blog Kamu tidak relevan dengan konten blog Kamu dan hal tersebut bisa mengganggu pengalaman pengguna dan dianggap website tersebut terlihat tidak profesional. Maka Kamu harus memblokir iklan tersebut
  • Iklan yang mengganggu: Beberapa iklan yang tayang di blog Kamu mungkin ada yang bisa menjadikanya sangat mengganggu, seperti iklan pop-up atau iklan yang menutupi konten utama blog Kamu.
  • Iklan yang memperlambat loading website: Iklan yang tayang di blog juga bisa memperlambat kinerja suatu blog, iklan akan bisa memakan waktu loading blog, terutama jika ada banyak iklan yang dimuat secara bersamaan. Dengan memblokir iklan yang tidak diinginkan hal tersebut bisa membantu meningkatkan kecepatan loading website.
  • Iklan yang tidak melindungi privasi: Beberapa iklan mengikuti pengguna di seluruh internet dan menampilkan iklan yang disesuaikan dengan kebiasaan browsing mereka. Dengan memblokir iklan jenis ini maka akan bisa membantu meningkatkan privasi pengguna.
  • Iklan yang tidak etis: Beberapa iklan mungkin mengandung konten yang tidak etis atau tidak sesuai dengan prinsip-prinsip moral seseorang. Memblokir iklan seperti ini juga bisa membantu menjaga integritas dan citra positif blog Kamu.

Kamu sebagai seorang blogger yang mengelola website atau blog bisa memblokir iklan di akun AdSense Kamu dengan menggunakan opsi "Blokir Iklan" pada dashboard AdSense. Kamu juga bisa menggunakan ekstensi browser seperti AdBlock atau uBlock Origin untuk memblokir iklan di semua website atau blog yang Kamu jelajahi.

#3. Menentukan Niche Blog

Sebenarnya ini adalah langkah awal saat Kamu ingin menjalankan aktifitas nge-Blog, yaitu menentukan Niche atau topik apa yang akan Kamu garap dalam penulisan blog nantinya. Kenapa Kamu harus menentukan niche atau topik sebuah blog?. Karena hal ini sangat penting untuk menarget pengguna dengan spesifikasi atau topik yang berhubungan dengan interest mereka. Blog dengan niche tertentu akan menjadi sumber trafik bagi pengguna dengan kesamaan minat sehingga google akan memberikan target iklan yang spesifik ke website atau blog Kamu. 

Tentu saja untuk konten ataupun postingan yang Kamu buat harus menargetkan artikel untuk niche website Kamu. Lalu bagaimana menyesuaikaan konten dengan niche website Kamu ?. 

Pertama-tama Kamu perlu menentukan niche atau topik yang akan ditargetkan. Bisa topik yang spesifik, misalnya seperti "Toko buga bandung" atau "Florist bandung". Kamu bisa mencari ide-ide untuk artikel yang sesuai dengan niche tersebut dengan melakukan riset online atau bertanya kepada audiens yang sesuai dengan topik tersebut.

Setelah Kamu memiliki ide untuk artikel, selanjutnya adalah menentukan tujuan dari artikel tersebut. Apakah Kamu ingin menyajikan informasi, memberikan solusi atau saran, atau hanya ingin menghibur audiens? Ini akan membantu Kamu dalam menentukan bagaimana akan menulis artikel dan apa yang akan Kamu sertakan di dalamnya.

Selanjutnya, pastikan konten atau postingan yang Kamu sajikan bisa bermanfaat dan akurat yang tertuang dalam artikel Kamu. Jika Kamu menulis tentang topik yang spesifik, pastikan juga untuk menyebutkan sumber-sumber yang terpercaya. Ini akan membantu meningkatkan kepercayaan audiens terhadap blog atau website Kamu dan membantu bisa membantu Kamu membangun reputasi sebagai sumber informasi yang terpercaya.

Dan selanjutnya yang terakhir, pastikan agar Kamu menyajikan informasi dengan cara yang mudah untuk dipahami oleh target audiens Kamu. Gunakan bahasa yang jelas, dan pastikan untuk memecah informasi ke dalam bagian-bagian yang lebih kecil sehingga akan lebih mudah dipahami. Dengan demikian ini akan membantu audiens mengikuti alur pikiran Kamu dan memahami informasi yang Kamu sampaikan dengan lebih baik.

#4. Optimalkan Penempatan iklan Adsense

Untuk mengopotimalkan pendapatan CPC Adsense Kamu, yang harus Kamu lakukan adalah menempatkan iklan Adsense dengan tepat di blog Kamu, pertama-tama pastikan bahwa Kamu memiliki konten yang berkualitas dan menarik bagi pengunjung blog Kamu. Iklan Adsense akan lebih efektif jika ditampilkan di bagian-bagian situs web yang sering dikunjungi oleh pengunjung.

Kemudian, pastikan bahwa Kamu menempatkan iklan Adsense di lokasi yang mudah terlihat oleh pengunjung. Jangan menempatkan iklan Adsense di bagian bawah halaman atau di bagian yang sulit ditemukan oleh pengunjung. Selain itu, pastikan bahwa Kamu tidak menempatkan terlalu banyak iklan di blog Kamu. Beberapa iklan yang terlalu banyak bisa mengganggu pengalaman pengguna dan membuat website terlihat tidak profesional.

Terakhir, pastikan bahwa iklan Adsense yang Kamu tampilkan sesuai dengan konten blog Kamu. Misalnya, jika blog Kamu berfokus pada teknologi, pastikan bahwa iklan yang Kamu tampilkan adalah iklan yang relevan dengan teknologi. Ini akan meningkatkan tingkat klik pada iklan Kamu dan meningkatkan pendapatan Kamu.

#5. Perbanyak Artikel

Mungkin ada sebagian yang berpendapat bahwa memperbanyak artikel pada sebuah blog tidak menjamin CPC Adsense Kamu meningkat. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi Cost-Per-Click (CPC) iklan Adsense, dan jumlah artikel di website atau blog mungkin tidak secara langsung mempengaruhi CPC iklan. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi CPC iklan adalah kualitas konten yang Kamu miliki. 

Jika konten yang Kamu miliki berkualitas tinggi dan menarik bagi pengunjung, maka kemungkinan besar iklan yang ada pada blog Kamu akan lebih sering diklik dan CPC Adsense Kamu otomatis akan lebih tinggi. Dan akan lebih powerful lagi jika Kamu bisa memperbanyak konten-konten berkualitas. Memang benar banyaknya konten bukan jaminan CPC Adsense bisa meningkat, kalau artikel-artikel tersebut tidak berkualitas. Namun bagaimana dampaknya jika konten berkualitasnya banyak?.   

Selain itu, ada faktor lain yang mempengaruhi CPC iklan, yaitu relevansi iklan terhadap konten blog Kamu. Jika kuantitas dan kualitas artikel blog Kamu sudah memenuhi syarat dan di tampilkan relevan dengan topik blog atau website Kamu, maka besar kemungkinan iklan-iklan yang ada pada blog Kamu akan lebih sering diklik, dan CPC Adsense Kamu akan lebih tinggi.

Jadi, kemungkinan memperbanyak artikel di website atau blog Kamu mungkin tidak secara langsung mempengaruhi CPC iklan Adsense. Namun, dengan memperbanyak konten yang berkualitas dan relevan dengan topik atau niche blog Kamu, maka faktor tersebut bisa membantu meningkatkan CPC iklan Adsense.

#6. Optimalkan blog pada mesin pencari

Cara optimasi ini lebih kepada menerapkan strategi SEO untuk mendapatkan trafik organik dari para pengunjung yang berasal dari mesin pencarian. Seperti yang kita ketahui bahwa internet adallah gudangnya informasi dan data, terdapat jutaan website disana, yang menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh pengguna. 

Tentu saja informasi apa yang ada pada blog Kamu bukanlah satu-satunya yang ada di internet, dan Kamu harus bersaing dengan ratusan bahkan jutaan blog agar bisa blog Kamu muncul pada halaman mesin pencarian.  Bagaimana agar website atau blog Kamu bisa muncul pada halaman pertama saat ada pengguna yang sedang membutuhkan informasi yang mana blog Kamu juga menyediakan konten informasi yang juga dibutuhkan oleh mereka. Disinilah pentingnya mengoptimalkan mesin pencarian. 

Dan berikut adalah beberapa saran yang bisa Kamu pertimbangkan untuk meningkatkan peringkat blog Kamu pada mesin pencari:

  • Gunakan keyword atau kata kunci yang tepat pada bagian judul dan isi artikel blog Kamu. Pastikan juga untuk menyertakan kata kunci yang relevan dengan blog Kamu pada judul, subjudul, dan body konten blog.
  • Gunakan meta deskripsi yang menarik. Meta deskripsi merupakan ringkasan singkat tentang blog Kamu yang muncul pada halaman pencarian. Pastikan meta deskripsi menggambarkan dengan jelas apa yang ditawarkan blog Kamu dan gunakanlah kata kunci yang tepat.
  • Menyertakan link atau tautan lain yang berkualitas yang mengarah ke website lain. Jika Kamu mendapatkan backlink dari blog lain yang berkualitas, maka hal tersebut bisa membantu meningkatkan peringkat blog Kamu di mesin pencari.
  • Sertakan gambar dan video yang berkualitas tinggi. Mesin pencarian seperti Google juga akan mengindeks gambar dan video, untuk itu sertakan gambar dan video yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan konten blog Kamu.
  • Gunakan URL yang jelas dan mudah diingat. Permalink atau URL yang jelas dan mudah diingat akan bisa membantu mesin pencari dalam mengindeks blog dengan lebih mudah dan juga mempermudah bagi pengunjung dalam menemukan blog Kamu.
  • Pastikan blog Kamu mudah diakses di perangkat mobile. Saat ini sudah banyak pengguna mengakses internet melalui perangkat mobile seperti ponsel dan tablet, jadi pastikan blog Kamu mudah diakses dan tampil dengan baik di perangkat mobile (mobile friendly).

#7. Tingkatkan trafik blog dari Luar Negeri 

Jika Kamu mendapatkan trafik dari luar negeri, itu akan sangat menguntungkan, kenapa demikian?. Besarnya biaya iklan di luar negeri menjadi alasan kenapa CPC kita bisa meningkat. Satu klik yang dihasilkan oleh pengunjung yang berasal dari Amerika misalnya, itu bisa memberikan Kamu CPC mulai dari $ 1 sampai $ 5 atau bahkan bisa lebih. Sementara jika berada dilokasi Asia biaya per  satu klik yang sama dari lokasi Asia itu hanya akan dibayar sebesar $ 0,01 sampai $ 1 saja.

Untuk itu Kamu harus tahu bagaimana cara agar blog Kamu bisa mendapatkan trafik dari lokasi luar negeri seperti Amerika Serikat, jika Kamu menginginkan penghasilan Adsense yang lebih banyak lagi. Namun jika Kamu menargetkan Indonesia sebagai target pasar, maka Kamu akan bisa melihat perbandingan jumlah penghasilan CPC yang lebih rendah.

Untuk mendatangkan trafik dari luar negeri ke website atau blog lokal Kamu, berikut ini adalah beberapa saran yang bisa Kamu pertimbangkan:

  • Buat konten dengan menggunakan Bahasa Inggris. Agar pengunjung dari luar negeri mengerti maksud dari postingan atau artikel yang Kamu buat tentunya konten Kamu harus menggunakan bahasa yang mereka mengerti, untuk itu gunakan bahasa Inggris pada penulisan konten Kamu.

  • Optimalkan blog Kamu pada mesin pencari. Pastikan untuk menggunakan kata kunci yang tepat dengan memperhatikan kebijakan SEO yang ditetapkan oleh mesin pencari untuk membantu meningkatkan peringkat blog di hasil pencarian.
  • Manfaatkan media sosial. Promosikan blog Kamu di media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram untuk meningkatkan visibilitas website atau blog Kamu di luar negeri.
  • Gunakan iklan berbayar. Kamu bisa menggunakan platform iklan seperti Google AdWords atau Facebook Ads untuk mempromosikan website Kamu ke audiens yang spesifik di luar negeri.
  • Bekerja sama dengan influencer atau blogger luar negeri. Cari tahu influencer atau blogger luar negeri yang mungkin tertarik untuk mempromosikan website atau blog Kamu ke audiens atau follower mereka.

Itulah beberapa saran yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan CPC Adsense kamu agar penghasilan Adsense kamu meningkat. Beberapa cara diatas mungkin ada yang sudah pernah atauh bahkan sering kamu lakukan namun, namun kamu masih merasa belum penghasilan Adsense kamu masih belum optimal, jadi saya menyarankan agar kamu terus mengeksplorasi, mencoba, dan terus belajar dari berbagai sumber. 

Ingat.!, setiap blogger akan memberikan saran berdasarkan dari apa yanng sudah mereka alami sendiri saat melakukan optimasi Adsense, jadi Kamu jangan terlalu fokus pada saran atau referensi dari satu orang blogger saja. Ingat mereka memberikan saaran atas dasar pengalaman pribadi mereka. Silahkan kamu bisa mengkombinasikan cara dari berbagai sumber. Semoga Kamu berhasil dan meraih penghasilan optimal dari Adsense.  

Tidak ada komentar untuk "Bagaimana Cara Meningkatkan CPC Adsense "