Widget HTML Atas

3 Cara Menghasilkan Uang dengan Menulis Blog atau Mengedit Halaman Wiki

Cara menghasilkan uang melalui blogging

3 Cara menghasilkan uang dengan menulis blog atau mengedit halaman wiki - Aktifitas ngeblog bisa dijadikan alternatif cara untuk menghasilkan uang yang bisa dikerjakan dari rumah, kamu bisa menghasilkan uang hanya dengan menulis tentang segala sesuatu yang kamu sukai dan kamu ketahui. Dari situ kamu bisa menulisnya pada sebuah blog untuk kamu bagikan ke pembaca blog kamu.

Untuk memulai aktifitas nge-blog itu sangat mudah, namun syaratnya adalah kamu perlu konsisten untuk terus menulis tentang sesuatu yang menjadi hobi kamu dan yang kamu ketahui. Jika blog kamu sudah mulai berkembang maka akan menjadi sesuatu yang menguntungkan bagi kamu, karena kedepan kamu tidak lagi membutuhkan banyak usaha. 

Untuk bisa meraih kesuksesan sebagai seorang blogger, Kamu harus membuat konten yang menarik, dan bermanfaat serta memberikan solusi bagi pembacanya, sehingga dengan demikian, otomatis blog kamu akan banyak peminat yang pada akhirnya akan menjadi pengikut setia yang akan selalu menunggu postingan-postingan kamu. Tidak menutup kemungkinan juga, jika blog kamu sudah banyak trafik, maka akan banyak juga pihak-pihak yang akan mengajak bekerja sama dengan kamu.

1. Membangun Blog Kamu Sendiri

Tahapan awal untuk menjadi seorang Blogger tentunya harus mempunyai blog sendiri yang nantinya itu akan dijadikan sebagai wadah konten untuk menulis artikel seputar hobi, informasi maupun segala sesuatu yang kamu ketahui dan bersifat informasi serta bisa memberikan solusi dari masalah-masalah yang mungkin dihadapi oleh pembaca. Sebelumnya saya pernah menulis postingan 11 Langkah membuat blog yang bisa menghasilkan uang. Silahkan kamu bisa membaca postingan tersebut

#1. Persiapan Membangun Blog

Menjalankan aktifitas blog tentang topik yang menjadi favorit kamu bisa menjadi karier yang menguntungkan, karena hal ini memungkinkan bagi kamu bisa bekerja kapan saja dan dari mana saja. Namun, yang perlu kamu sadari, bahwa tidak setiap blog akan sukses secara instan. Untuk membangun blog populer membutuhkan waktu, tenaga, pikiran dan dedikasi. 

Hal-hal yang perlu kamu sadari saat membangun sebuah blog, agar kamu bisa mencapai kesuksesan adalah sebagai berikut: 

  • Sadari bahwa ide membangun blog ini adalah ide yang bagus untuk mendapatkan sumber pendapatan tambahan.
  • Sadari juga, bahwa membangun blog membutuhkan waktu yang tidak sebentar.
  • Sadari bahwa, blog kamu akan berpenghasilan jika sudah mempunyai banyak pembaca, dan menambah jumlah pembaca hanya jika traffik blog kamu cukup ramai.

#2. Menentukan Topik Blog Kamu 

Sebagian besar blog memiliki topik khusus yang mereka fokuskan. Dengan hanya fokus pada topik tertentu, maka akan membantu pembaca untuk mengetahui apa yang diharapkannya dan juga bisa membantu kamu dalam membuat postingan yang lebih mendetail. 

Walaupun kamu juga bisa memiliki blog yang bersifat general atau umum yang membahas semua topik apa pun yang ingin kamu tulis, Namun lebih disarankan agar kamu tetap mempertimbangkan satu topik saja sesuai dengan apa yang kamu sukai dan apa yang kamu ketahui.

Beberapa alasan kenapa kamu harus mengangkat satu topik tertentu pada blog yang akan kamu kembangkan adalah:  

  • Memudahkan pembaca dalam menemukan informasi yang mereka cari dan memahami konten blog
  • Membangun branding kamu sebagai seorang blogger dengan keahliah dan pengetahuan spesifik di bidang tertentu.
  • Bisa untuk membangun list building untuk mengumpulkan audiens atau calon audiens yang memiliki kesamaan minat.
  • Mempermudah brand sebagai pihak ketiga saat akan menjalin kerjasama dalam publikasi atau promosi produk mereka. 

#3. Membuat Konten

Setelah kamu siap untuk memulai aktifitas nge-blog. Saatnya kamu harus memulai membuat konten. Konten yang kamu buat menjadi bagian utama dari apa yang akan menarik pembaca dan mempertahankan mereka di sana. Jika konten kamu kurang berkualitas, atau tidak menarik, maka pembaca tidak akan bertahan lama. 

Untuk itu usahakan konten yang kamu buat tetap terjaga sebaik mungkin agar pembaca bisa melakukan keterlibatan, sehingga blog kamu juga popularitasnya meningkat. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat konten blog:

  • Pertimbangkan membuat blog tentang bidang pengetahuan tertentu atau sesuai dengan keahlian yang bisa kamu bagikan.
  • Pastikan postingan konten kamu informatif, mendidik, dan menghibur.
  • Konten yang lebih panjang biasanya mendapatkan lebih banyak pembaca.
  • Pastikan postingan yang kamu tulis dengan benar, menggunakan tata bahasa dan tanda baca yang benar.
  • Ingatlah audiens kamu saat mempertimbangkan nada penulisan yang akan digunakan.
  • Jika kamu menjual produk atau layanan, coba gunakan posting blog kamu untuk mengarahkan pembaca ke topik jualan kamu.

#4. Promosikan Blog Kamu

Membuat blog yang stylist dan konten yang bagus saja belum bisa dikatakan berhasil dalam akifitas blogging. Kamu harus bisa menarik pembaca reguler dan cara yang baik untuk menemukan pembaca reguler adalah dengan cara mempromosikan blog kamu secara aktif. Tentunya kamu ingin menginformasikan dan menjangkau sebanyak mungkin pembaca potensial untuk meningkatkan trafik dan mulai menghasilkan uang. Berikut adalah tips atau cara untuk mempromosikan blog kamu:

  • Cobalah mengadakan webinar untuk mendapatkan pembaca sehingga bisa menghasilkan pendapatan tambahan.
  • Jangan terlalu fokus tentang bagaimana membuat akun media sosial diawal, akun sosial media kamu akan berkembang secara organik, setelah kamu berhasil mengembangkan basis pembaca yang besar.
  • Jadi penulis tamu untuk blog lain (gues bloging) bisa menjadi cara yang ampuh untuk membawa pembaca ke blog kamu sendiri.
  • Melibatkan diri dengan komunitas blog dan situs web lain untuk mempromosikan blog kamu sendiri.
  • Ketahui cara menggunakan tag dengan benar pada optimasi mesinpencarian. Misalnya, blog tentang mobil mungkin menggunakan tag "Blog mobil, restorasi otomatis, mobil kustom"

#5. Gunakan Media Sosial Untuk Sosialisasi.

Dampak positif dari perkembangan teknologi dan media sosial, adalah memudahkan kita dalam berhubungan dengan orang lain. Kamu bisa menggunakan media ini untuk segera memberi tahu pengikut kamu tentang update konten atau perubahan apa saja yang kamu lakukan pada blog kamu. Penggemar kamu juga akan bisa membantu membangun blog kamu dengan membagikan konten kamu  kepada orang lain yang mereka kenal. 

Meskipun media sosial ini tidak terlalu penting di awal proses pembangunan blog kamu. Akan tetapi kamu wajib dan perlu mengenal beberapa aplikasi dasar saat blog kamu mulai tumbuh, dan berikut adalah beberapa aplikasi media sosial yang perlu kamu ketahui: 

  • Tentunya kamu ingin mempelajari platform media sosial mana yang paling banyak digunakan audiens target kamu, yang sesuai dengan blog yang kamu kembangkan. Misalnya, blog tentang kerajinan tangan mungkin lebih tepat kamu promosikan di Pintrest.
  • Jika kamu ingin meningkatkan jumlah pembaca dan mencari platform dengan jumlah rata-rata lalu lintas platform media sosial paling banyak. Maka lebih tepat kamu menggunakan Facebook dan Twitter, ini adalah situs sosial media yang paling aktif.
  • Menguasai teknis penyetingan blog sendiri, ini juga akan sangat membantu kamu saat mengatur blog untuk membagikan postingan dan konten baru kamu secara otomatis.
  • Pelajari metode terbaik apa yang bisa digunakan untuk berbagi di platform media sosial pilihan Kamu. Misalnya, dengan mengetahui hashtag (#) mana yang akan digunakan di Twitter, itu akan bisa sangat membantu membagikan kiriman Kamu.

#6. Menjangkau Blogger Lain.

Salah satu cara agar kamu bisa mendapatkan lebih banyak pembaca adalah dengan menghubungi blogger lain. Tentunya kamu juga ingin menemukan blogger berpengaruh lainnya yang memiliki kesamaa topik (niche) dengan kamu, dengan menjalin kontak, membangun hubungan, dan saling berbagi konten. Dengan memiliki koneksi blogger yang dihormati untuk konten kamu, hal ini bisa membawa banyak minat dan pembaca yang mengarah ke blog kamu. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu coba untuk bisa menjalin kerja sama dengan blogger lain:

  • Temukan blog berpengaruh yang memiliki topik serupa dengan blog kamu.
  • Terlibat dalam blog lain. Tulis komentar, jadilah bermanfaat dan bagikan blog dengan orang lain.
  • Hubungi penulis blog secara langsung setelah kamu mendapat perhatian mereka.
  • Minta mereka untuk melihat blog kamu atau tawarkan contoh konten kamu untuk mendapatkan tempat sebagai penulis tamu.
  • Lanjutkan membangun hubungan kamu dan berbagi pembaca satu sama lain.

#7. Bersiaplah Melakukan Pekerjaan Blogger

Walaupun kamu bisa bekerja dari mana saja selama masih ada koneksi Internet, kamu harus tetap bekerja keras. Membuat blog yang sukses membutuhkan banyak waktu, tenaga, dan dedikasi. Ini perlu diingat, pekerjaan kamu bukan hanya akan menulis postingan blog saja. Kamu juga akan menghabiskan waktu yang sama untuk membangun kontak, mempromosikan blog kamu, dan mengelola komunitas kamu. 

Meskipun menjadi seorang blogger sangat menyenangkan dan bisa dijadikan cara mudah untuk mencari uang, Kamu tetap harus bekerja keras untuk meraih kesuksesan. Berikut adalah saran yang bisa kamu ikuti:

  • Kamu disarankan untuk meluangkan atau menghabiskan waktu membuat konten sebanyak kamu berproses membangun jaringan dan mempromosikan blog kamu.
  • Kamu harus memiliki motivasi diri yang tinggi.
  • Kemungkinan kamu akan menghabiskan banyak waktu untuk menanggapi komentar dan berinteraksi dengan pembaca Kamu.

#8. Pertimbangkan Untuk Jual Space Iklan Untuk Menghasilkan Pendapatan

Banyak blogger akan menjual space iklan di website mereka pada layanan iklan. Layanan ini menyediakan bagi perusahaan atau brand untuk memasang iklan di situs atau blog kamu, dan selanjutnya perusahaan tersebut akan membayar kamu sebagai biaya sewa ruang iklan. Layanan iklan ini bisa menjadi cara yang ampuh untuk menghasilkan pendapatan secara pasif, dari orang-orang yang membaca blog kamu.

Yang perlu kamu ketahui dari penyediaan layanan space iklan pada blog atau website kamu adalah: 

  • Layanan iklan bisa membayar berdasarkan jumlah orang yang melihat atau mengklik iklan.
  • Beberapa layanan iklan mungkin membayar tarif tetap berdasarkan lalu lintas yang diterima blog kamu.
  • Kemungkinan pendapatan iklan akan bersifat kumulatif, daripada menjual satu iklan besar.

2. Blogging Untuk Website Lain

Menjadi blogger tamu

Jika kamu adalah seorang blogger yang hobi menulis dan ingin mendapatkan cuan dari hasil tulisan kamu. Ini bisa menjadi alternatif untuk menghasilkan uang lainnya yang bisa kamu sesuaikan dengan passion dan hobi kamu yaitu dengan melakukan aktifitas blogging untuk website atau situs perusahaan lain. Seorang yang hobi menulis dan ditambah profesi sebagai seorang Blogger tentunya tidak akan merasa kesulitan untuk menuangkan ide konten dalam sebuah tulisan atau artikel. 

Banyak website-website perusahaan yang membutuhkan tulisan dari seorang copywriting atau blogger untuk memperkaya konten websitenya, tentunya dengan topik dan tema yang disesuaikan dengan core bisnis yang mereka tawarkan. Ini adalah peluang bagus untuk kamu menjadi penulis tetap atau freelancer blogger. Berikut adalah cara-cara yang harus kamu lakukan untuk menjadi blogger    

#1. Temukan website untuk bekerja

Ada banyak website yang sudah shuttle atau mapan yang mencari blogger dan penulis untuk mengisi konten mereka. Sebagian besar dari website ini akan menawarkan pembayaran berdasarkan artikel yang kamu berikan untuk mereka. Kamu bisa meluangkan waktu untuk melihat-lihat blog online yang mungkin bisa kamu coba untuk dibuatkan kontennya. 

Berikut tips untuk mendapatkan deal penulisan konten website lain: 

  • Cobalah untuk menemukan blog atau website yang menerbitkan konten yang kamu minati.
  • Beberapa situs mungkin membayar kamu per artikel yang diterbitkan atau mendasarkan pembayaran kamu pada seberapa populer artikel yag kamu tulis.
  • Setiap website atau blog kemungkinan akan memiliki persyaratannya sendiri dalam hal pemformatan, panjang karakter, dan gaya penulisan.

#2. Cari tahu bagaimana menghubugi admin website

Metode yang bisa kamu gunakan untuk menanyakan tentang penulisan untuk website atau blog lain mungkin akan berbeda-beda, tergantung pada kebutuhan website itu sendiri. Jika kamu tidak menggunakan metode yang tepat, kemungkinan kamu akan kesulitan dipilih untuk menulis blog tersebut. Lihatlah website atau blog yang ingin kamu tulis dan pelajari bagaimana caranya kamu mengirimkan proposal Kamu:

Berikut beberapa cara untuk mengetahui bagaimana bisa mengubugi admin website:

  • Pastikan kamu mempunyai alamat email yang valid dari admin pengelola website untuk di gunakan saat berkorespondensi dan pengiriman formulir yang benar.
  • Beberapa blog mungkin tidak memerlukan kontak, sebelum kamu menghubungi mereka.
  • Kamu mungkin perlu untuk mengetahui penulis atau pengelola blog sebelum menghubungi mereka terkait peluang menulis blog mereka.
  • Beberapa website dan blog mungkin ingin melihat contoh pekerjaan kamu sebelumnya yang sudah siap diposting.

#3. Buatlah konten kamu

Setelah menemukan situs yang ingin kamu kerjakan, kamu sudah bisa memulai membuat konten untuk website atau blog tersebut. Setiap website akan memiliki persyaratannya sendiri untuk artikel yang akan kamu tulis, jadi pastikan agar kamu mengingatnya saat menulis. Selanjutnya kamu sudah bisa membuat artikel kamu sendiri, lakukanlah penulisan artikel kamu dengan berbahagia, iklas dan santai, sebelum mengirimkannya untuk disetujui dan menerima pembayaran dari hasil penulisan kamu.

#4. Promosikan konten kamu

Setelah artikel kamu diterbitkan, Kamu mungkin ingin mempromosikannya. Dengan berbagi artikel kamu bisa membantu memberi kamu eksposur ke klien potensial lainnya dan mengarahkan trafik ke website tempat kamu bekerja. Setelah artikel kamu diterima dan diposting online, cobalah untuk membagikan dengan orang lain untuk membantu artikel kamu cepat naik dan viral.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • Beberapa situs akan memberi kamu bagian dari pendapatan iklan. Dalam hal ini, penting bagi kamu untuk membantu meningkatkan trafik artikel kamu.
  • Pastikan untuk menambahkan tag dan kata kunci atau keyword ke artikel kamu agar bisa membantu orang menemukannya dengan lebih mudah.
  • Bagikan artikel kamu di media sosial agar bisa menjangkau banyak orang dengan mudah.
  • Tanyakan kontak blogger kamu untuk memberi tahu pembaca mereka tentang artikel baru kamu.

#5. Kumpulkan penghasilan kamu

Bisa berhasil menerbitkan artikel yang sukses pada website lain itu akan menjadi cara yang paling bagus untuk mendapatkan penghasilan melalui aktifitas blogging. Namun, banyak website yang memiliki perlakuan berbeda dalam hal kriteria dan metode pembayaran mereka. Oleh karena itu pastikan kamu sudah memahami bagaimana proses pembayaran yang digunakan untuk mengumpulkan pembayaran kamu.

Berikut beberapa hal yang harus dipahami:

  • Ada beberapa website yang tidak akan membayar sampai artikel kamu bisa menghasilkan uang dalam jumlah minimum.
  • Banyak website membayar melalui situs pihak ketiga, seperti PayPal, bukan pembayaran langsung.
  • Website tertentu mungkin mengharuskan artikel kamu untuk mencapai tingkat tampilan atau like tertentu sebelum mereka membayar.

6). Cari klien lain.

Setelah kamu memulai bekerja dengan website tertentu, Kamu mungkin ingin mempertimbangkan untuk menjangkau website yang lain lagi. Bekerja di banyak website bisa membantu meningkatkan penghasilan kamu dan melindungi kamu secara finansial jika ada salah satu situs tidak memerlukan konten. Bekerja di banyak website berbeda juga bisa membantu kamu membuat kontak profesional, sehingga memungkinkan kamu mendapatkan lebih banyak lagi dari karier blog kamu.

  • Gunakan konten kamu sebagai contoh atau portfolio kamu untuk mengamankan pekerjaan dengan situs blog lain.
  • Gunakan kontak kamu untuk mencari peluang baru pekerjaan menulis blog.

3. Cari Pekerjaan Freelancer Wiki

Wiki Freelancer


#1. Lakukan pengecekan online untuk Freelancer postingan

Banyak orang yang membutuhkan penulis untuk halaman wiki atau artikel yang mencari penulis lepas untuk mengedit konten atau artikel tersebut. Ada banyak website yang memposting pekerjaan untuk para freelancer dan ini bisa menjadi tempat yang bagus untuk memulai pencarian kamu. Kamu bisa mencoba cari kiriman yang memerlukan editor atau pembuat wiki untuk memulai. 

  • https://www.upwork.com/freelance-jobs/wikipedia/ bisa menjadi tempat yang bagus untuk melakukan pencarian freelancer.
  • Cari posisi apa pun yang mengharuskan kamu mengedit atau membuat halaman atau halaman wiki.
  • Tinjau dengan cermat setiap pekerjaan yang kamu temukan untuk memastikan bahwa kamu benar-benar memenuhi syarat dan mampu melakukannya.

#2. Masukkan tawaran kamu untuk postingan.

Setelah kamu menemukan posisi yang menurut kamu sudah memenuhi syarat, kamu bisa melamarnya. Kamu harus membuat profil di website yang kamu gunakan untuk mencari pertunjukan, mengisi informasi kontak dan kualifikasi kamu. Ingat, orang lain juga akan melamar pekerjaan, jadi kamu harus menampilkan diri dengan sebaik mungkin.

  • Pastikan kamu memenuhi syarat dan yakin kamu mampu memenuhi tugas yang dibutuhkan oleh posisi tersebut.
  • Kamu harus mengisi profil kamu dengan informasi kontak pribadi dan kualifikasi kamu.
  • Terapkan dengan cepat. karena disana ada banyak orang lain yang ingin mengamankan posisi itu.
  • Kamu harus bersaing dengan orang lain saat menyatakan tarif gaji kamu.

#3. Bicaralah dengan klien kamu

Jika kamu memenangkan tawaran untuk posisi tersebut, kamu bisa mulai bekerja dengan klien kamu untuk mempelajari lebih lanjut tentang kebutuhan mereka. Daftar pekerjaan akan memberikan dasar-dasarnya. Akan tetapi, sekaranglah waktunya untuk meminta informasi lebih rinci tentang pekerjaan itu kepada klien kamu. Pastikan kamu mempelajari dengan tepat apa yang mereka inginkan sebelum mulai bekerja.

  • Pastikan kamu memahami detail pekerjaan tersebut.
  • Merupakan ide bagus untuk tetap berhubungan secara teratur dengan klien kamu selama proyek berlangsung.
  • Selalu tanyakan jika kamu memiliki pertanyaan tentang sesuatu.
  • Mengirim pembaruan rutin ke klien kamu bisa menjadi ide yang bagus.

#4. Menghasilkan artikel Wiki.

Setelah kamu sudah merasa memiliki pemahaman yang baik tentang kebutuhan klien, Kamu bisa mulai menulis konten mereka. Patuhi pedoman klien saat kamu bekerja untuk membangun konten yang mereka minta. Cobalah bekerja secara efisien untuk memenuhi tenggat waktu dan jadwal yang akan diberikan klien kamu. Ketika kamu selesai dengan tugas tersebut, serahkan pekerjaan tersebut untuk persetujuan akhir dengan klien kamu.

#5. Terima pembayaran kamu.

Setelah kamu mengirimkan karya wiki ke klien kamu dan mereka telah menyetujuinya, Kamu bisa mengumpulkan pembayaran kamu. Pastikan kamu jumlah pembayaran yang kamu terima sudah benar sesuai dengan pesetujuan pada saat sebelum menerima pekerjaan. Jika semuanya sudah beres, kamu bisa menagih pembayaran dan mulai mencari pekerjaan membangun wiki berikutnya.

  • Pastikan kamu tahu bagaimana klien kamu berencana membayar kamu dan memberikan mereka informasi yang diperlukan.
  • Tanyakan kepada klien kamu apakah kamu bisa menggunakan pekerjaan kamu sebagai bagian dari portofolio kamu.
Itulah 3 cara yang bisa dihasilkan dari aktifitas kita melakukan kegiatan blogging, Blogging memang bisa mendatangkan penghasilan dan sumber pendapatan yang terbilang cukup lumayan untuk menambah cuan. Dengan aktifitas yang nyaris bisa dikerjakan dimana saja dan kapan saja ini menjadi salah satu trend profesi yang didambakan oleh banyak orang. Dengan cara kerja yang terbilang nyantai ini memungkinkan blogging dijadikan sebagai profesi utama kamu.   

Tidak ada komentar untuk "3 Cara Menghasilkan Uang dengan Menulis Blog atau Mengedit Halaman Wiki"