Widget HTML Atas

11 Langkah Membuat Blog Yang Menghasilkan Uang

Langkah Membuat Blog Yang Menghasilkan Uang

11 Langkah Membuat Blog Yang Menghasilkan Uang - Pada postingan kali ini saya akan membahas seputar blog, yaitu tentang bagaimana caranya agar blog yang kamu buat bisa menghasilkan uang dengan melakukan 11 langkah yang akan saya jelaskan di postingan ini, untuk itu silahkan terus membacanya sampai selesai. 

Kamu bisa kok, menghasilkan ratusan ribu dolar setiap bulan dari sebuah blog yag kamu miliki. Tapi dengan syarat blog kamu bisa menjawab pertanyaan atau  memberikan solusi, dan informasi yang bermanfaat bagi pembaca blog kamu. 

Untuk mencapai hal tersebut biasanya seorang blogger bisa membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mencapai titik ini, namun kamu tidak perlu khawatir, kamu bisa tetap menghasilkan uang tanpa harus menunggu waktu bertahun-tahun, dengan catatan kamu melakukannya dan mengikuti beberapa metode yang sudah terbukti, seperti yang akan saya jelasan berikut ini.

11 Langkah Memulai Blog yang Menghasilkan Uang

Agar blog yang kamu buat bisa menghasilkan keuntungan, maka dibutuhkan beberapa langkah-langkah yang harus kamu lakukan, dan langkah tersebut bukan hanya sekedar hobi-blogging saja. Oh iya, sebelum lebih lanjut membaca postingan ini ada baiknya kamu menngetahu apa perbedaan blog dan website?. Silahkan kamu baca postingan ini Perbedaan blog dan situs web.

Dan berikut ini langkah atau cara-cara yang harus kamu ketahui tentang cara memulai blog yang benar:

Langkah #1: Temukan Ide Blog

Ini merupakan langkah pertama dan terpenting untuk blog kamu, Dengan memilih topik dan menentukan atau niche blog yang tepat bagi Kamu, maka ini akan menentukan masa depan blog atau website kamu. Dan dari topik atau niche inilah yang harus kamu jadikan sebagai tulisan atau artikel yang membahas seputar topik tersebut, tentunya sesuai dengan expertise kamu.

Setiap topik apapun pada sebuah website atau blog, pastinya memiliki dan ada audiensinya masing-masing di luar sana, seperti yang kamu minati. Akan tetapi ada beberapa topik yang mungkin cenderung berkinerja lebih baik daripada topik atau niche yang kamu pilih. 

Untuk itu kamu perlu mempertimbangkan topik lain yang mungkin lebih menarik bagi audiens kamu, namun tetap sesuai dengan expertise kamu. Untuk menemukan niche blog yang sempurna, mungkin kamu bisa menjawab dua pertanyaan ini:

1. Apa yang menjadi minat kamu?

Topik apa yang sekiranya kamu sukai? Apa yang membuatmu terobsesi?. Ini adalah dasar dari niche blog kamu. Lagi pula, jika kamu tidak menyukai topiknya, tentunya kamu juga tidak akan mau untuk  menulisnya setiap hari. Untuk membantu menjawab pertanyaan ini, saya sarankan melihat ke beberapa bidang berikut ini:

  • Bakat. Apakah ada sesuatu yang secara alami yang kamu miliki sebagai bakat? Mungkin itu olahraga, permainan, memasak, atau memainkan jenis alat musik tertentu.
  • Keahlian. Keterampilan dan pengetahuan apa yang telah kamu bangun selama bertahun-tahun? Mungkin ada sesuatu yang kamu pelajari waktu di sekolah yang dapat kamu tulis sekarang. Pikirkan mata pelajaran, mata kuliah atau keterampilan akademik seperti bahasa dan komputer.
  • Karier. Karier kamu saat ini bisa menjadi tempat yang fantastis untuk menulis. Misalnya, jika kamu seorang pengembang untuk startup, maka kamu bisa mulai menulis blog tentang pengembangan front-end atau teknologi informasi.
  • Hobi dan Passion. Apakah ada topik atau niche yang kamu suka pelajari? Pikirkan tentang hal-hal yang kamu lakukan saat waktu luang. Mungkin membaca buku, atau mengerjakan novel fantasi kamu, atau memperbaiki motor. dari sini bisa menjadi topik yang bagus untuk ditulis di blog Kamu.

Langkah yang harus kamu lakukan: Tuliskan 10 – 15 topik yang kamu minati. Buka aplikasi Word atau selembar kertas dan tuliskan tentang hal ini. Hal-hal seperti ini bisa membantu kamu menjaga ide-ide kamu tetap fokus. Plus, Kamu bisa merujuk kembali nanti saat kamu membuat keputusan akhir.

2. Apa yang membuat orang lain tertarik?

Untuk hal ini mungkin akan sedikit lebih rumit, karena kamu harus mencari tahu apa yang diminati orang lain juga. Jika tidak, maka blog yang kamu kelola tidak akan menarik bagi banyak orang. Yang menarik munurt kamu belum tentu untuk orang lain, misalnya, kamu mungkin berpikir bahwa blog tentang bercocok tanam akan sangat menarik — tetapi apakah itu akan menarik bagi banyak orang?.

Kamu perlu mengambil minat yang ada dalam pribadi kamu namun kamu juga harus bisa menemukan bagaimana cara untuk menjadikan minat kamu disukai secara luas. Pikirkan kembali bagaimana kamu awalnya tertarik pada topik tersebut. Bagaimana kamu mengumpulkan keahlian dalam topik tersebut?

Pikirkan semua pertanyaan dan kebingungan yang kamu alami saat memulai dan apa yang membantu kamu mendapatkan keahlian menulis topik tersebut. 

Berikut ini adalah beberapa kategori dari topik populer yang banyak dicari oleh pembaca website atau blog, diantaranya adalah:

  • Keuangan pribadi
  • Fitnes
  • Bisnis Online
  • Investasi
  • Produktifitas
  • Perumahan
  • Karir
  • Persiapan Test
  • Freelance

Kamu bisa menggunakan alat perencana kata kunci dari Google yaitu Google Keyword Planner untuk bisa melihat seberapa sering orang menelusuri atau mencari kategori atau ceruk tertentu. Dengan melakukan hal ini, maka akan mengungkapkan apa sebenarnya yang menjadi minat dan kertarikan oleh banyak orang.

Langkah yang harus kamu lakukan: Lihatlah daftar kamu sebelumnya. Apakah ada di antara mereka yang termasuk dalam kategori ini? Jika tidak ada, tidak masalah! Mungkin masih ada audiens di luar sana yang tertarik dengan salah satu topik kamu.

Untuk saat ini, kamu fokuslah dalam memilih topik dari daftar yang ingin kamu ubah menjadi blog. Setelah kamu melakukannya, kamu akan membuatnya lebih spesifik. Misalnya, kamu mungkin ingin memulai website keuangan pribadi. Itu berarti kamu membuat website atau blog keuangan pribadi untuk milenial yang ingin menghasilkan $100.000 per tahun. Atau untuk usia tiga puluhan yang ingin pensiun dini.

Lihat kembali berbagai topik yang kamu hasilkan pada langkah pertama, lalu padukan topik yang kamu sukai untuk ditulis dengan fokus pada ceruk atau target. Apakah kamu bisa memadukanya?.

Langkah #2: Temukan Nama Domain yang Tepat

Sekarang masuk pada bagian yang menyenangkan, yaitu memilih nama blog kamu. Untuk ini, saya punya kabar baik dan kabar buruk.

Berita buruknya seperti apa?. Sebagian besar nama domain "terbaik" sudah digunakan oleh orang lain. karena perkembangan Internet saat ini sudah berumur puluhan tahun, tentu saja hal ini menjadi masuk akal.

Lalu apa yang menjadi kabar baiknya?. Ternyata kabar buruk tersebut tidak menjadi masalah karena disni saya akan menjelaskan cara yang terbaik untuk kamu, tentunya dengan syarat dan ketentuan yang harus kamu ikuti. 

Dan berikut adalah beberapa aturan praktis yang baik untuk diingat ketika memilih nama yang baik:

  • Nama Domain Pendek. Jangan memaksa calon pengunjung harus mengetikkan banyak kata untuk mengunjungi website atau blog kamu. Rekomendasi saya dalam memilih nama domain sebaiknya tidak lebih dari 14 karakter.
  • Pilih nama domian .com, .org, atau .net. Karena ini adalah nama domain yang paling mudah diingat oleh banyak orang.
  • Mudah dieja dan diucapkan. Tentunya kamu tidak ingin dong, mengeja nama domian kamu terus-menerus untuk orang-orang lain ketika ketika menyebutkan nama domain blog kamu.
  • Hindari angka dan tanda hubung. Tidak hanya terlihat kikuk di URL tetapi juga sulit untuk diketik saat kamu menambahkan tanda hubung pada nama domain kamu.
  • Gunakan nama kamu. Kemungkinan besar nama kamu sudah tersedia sebagai domain. Hal itu akan menjadikannya pilihan yang sempurna untuk blog pribadi kamu. 

Jika kamu ingin melakukan pembelian domain silahkan kamu melakukan pengecekan nama domain yang kamu sukai, dan untuk mengecek kesedian nama domain tersebut silahkan kunjungi domainesia untuk melihat apakah nama domain tersebut masih tersedia atau sudah diambil oleh orang lain.

Cek ketersediaan nama domain

Jika nama domain yang kamu inginkan ditemumukan, maka silahkan kamu lakukan pembelian. Namun jika ternyata nama domain yang kamu inginkan tidak tersedia, maka kamu memiliki dua opsi sebagai berikut:

  • Cari kembali sampai kamu menemukan nama domain yang tersedia. Saya sangat menyarankan agar kamu melakukan ini sampai kamu menemukan domain yang tersedia. Jika kamu akan menulis blog, pertajam keterampilan sinonim kamu dengan mencari kata dan frasa lain yang mungkin tersedia. Sebagai seorang blogger keterampilan seperti ini saangat penting.
  • Beli nama domain. Meskipun dimungkinkan untuk membeli nama domain dari seseorang yang sudah memilikinya, ini adalah opsi lanjutan dan kemungkinan harga bisa menjadi mahal. Nama domain berkualitas rendah biasanya berharga beberapa ribu dolar, dan nama domain berkualitas tinggi yang terdiri dari dua kata dapat dengan mudah berharga $10.000 hingga $50.000. Belum lagi semua kerumitan yang datang dari orang yang memiliki nama domain tersebut, bernegosiasi dengan mereka, dan mentransfer domain jika kamu sudah mencapai kesepakatan.

Untuk hal yang satu ini, menurut saya, cara yang terbaik adalah kamu tetap usahakan sampai menemukan nama domain yang kamu sukai dan bisa dibeli langsung dari pencatat domain dengan harga berkisar $10 atau Rp. 150,000,- per tahun.

Dan saya sangat sarankan agar kamu membelinya di layanan web hosting yang memiliki tingkat keamanan yang tidak diragukan lagi, terpercaya dan memiliki reputasi yang baik untuk bisnis jasa layanan web hosting, dan jika memungkinkan kamu untuk mendaftarkan domain secara gratis. Silahkan kamu memilih Domainesia sebagai penyedia jasa layanan hosting kamu.

Menggunakan nama pribadi kamu sebagai domain

Jika ini adalah website atau blog pertama kamu dan kamu tidak sepenuhnya yakin dengan niche atau topik yang ingin kamu posting di blog kamu, maka saya sarankan agar kamu menggunakan nama pribadi kamu sebagai nama domain website atau blog kamu. Kenapa demikian?. 

Alasannya adalah jika kamu menggunakan nama domain dengan nama personal kamu, itu artinya kamu bisa merubah topik atau niche website kamu kapan saja, tanpa terikat dengan topik atau nicheyang sebelumnya sudah dipilih. 

Berbeda hal jika nama domain yang kamu beli sebelumnya adalah nama domain yang mengandung kata kunci akibat topik atau niche yang kamu pilih, jika nantinya ternyata kamu tidak yakin untuk membuat konten yang harus disesuaikan dengan niche blog kamu, dan ingin berganti topik tentunya kamu harus harus membeli domain baru dan disesuaikan dengan topik atau niche yang akan di bahas.

Katakanlah semula kamu tertarik dengan dunia bisnis di era metaverse sehingga kamu memilih nama domain misal bisnismetaverse.com. Kemudian setelah enam bulan, kamu menyadari bahwa ternyata kamu lebih suka melakukan atau tertarik untukk ngeblog dengan topik public speaking. 

Nah tentunya jika kamu tetap menggunakan domain sebelumnya, hal ini tidak sesuai karena nichenya sudah berbeda. Sehingga jika kamu ingin membuat blog yang baru yang membahas tentang public speaking maka harus membeli domain baru yang disesuaikan namanya dengan topik public speaking.  

Dengan menggunakan nama domain pribadi itu jauh lebih fleksibel, karena, jika nantinya kamu pivot atau ingin beralih topik setelah beberapa bulan, itu bukan masalah besar. Kamu hanya cukuup menghapus konten lama yang tidak relevan dengan tema baru, selanjutnay mulailah dengan memposting konten baru, sesuai dengan niche baru pula.

Kelemahan domain dengan menggunakan nama pribadi

Disamping kelebihan blog atau website dengan meggunakan nama pribadi sebagai nama domainya, ternyata ada domain pribadi juga mempunyai atau memiliki dua kelemahan utama yaitu:

  • Skalabilitas. Ditinjau dari segi skalabilitasnya website atau blog yang menggunakan nama pribadi sebagai alamat domainya ternyata jauh lebih sulit untuk merekrut penulis lain atau mengembangkan blog kamu di luar identitas pribadi kamu nantinya.
  • Profitabilitas. Blog pribadi, meskipun menghasilkan banyak uang, ternyata akan jauh lebih sulit untuk dijual ke pihak lain. Karena biasanya calon pembeli menginginkan website atau blog yang tidak bergantung pada satu orang.

Namun demikian, hal ini merupakan masalah yang cukup canggih untuk dimiliki. Jika kamu adalah pemliki blog pertama, maka manfaat menggunakan nama kamu sebagai nama domain tentunya jauh lebih besar dibandingkan dengan biaya yang hanya muncul nantinya.

Langkah yang harus kamu lakukan: Pilih nama domain dan kemudian kamu maintenace dengan baik blog atau website kamu.

Meskipun memilih nama domain yang bagus dan tepat itu adalah hal yang penting, namun ada hal terpenting lagi yang harus dilakukan dalam langkah selanjutnya, yaitu membuat keputusan dan menjalankanya. Tentunya kamu tidak ingin terjebak dalam "kelumpuhan analisis" yang kamu takuti. Jadi, pilih saja satu berdasarkan sistem di atas lalu kamu jalankan website atau blog kamu.

Langkah #3: Mendaftarkan Domain di Layanan Hosting

Perusahaan jasa penyedia layanan hosting website banyak menawarkan ruang server untuk meng-host website atau blog kamu. Di sinilah nantinya website atau blog kamu bisa "hidup" alias bisa diakses oleh pengguna internet.

Orang-orang yang mengunjungi website atau blog kamu, mereka mengunjunginya melalui server hosting ini. Inilah salah satu elemen terpenting dari website kamu. Layanan hosting akan memeriksa semua host utama dari sebuah website, baik yang dikembangkan secara native maupun yang berbasis CSM seperti WordPress misalnya. 

Yang perlu kamu perhatikan saat memilih jasa layanan hosting sebagai tempat atau lokasi website atau domain yang nantinya akan ditaruh disitu. Tingkat keamanan data, stabilitas server, layanan, kecepatan, dan reputasi perusahaan adalah hal yang perlu kamu pertimbangkan. Dan disamping harga tentunya. 

Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali perusahaan jasa penyedia layanan hosting, salah satunya adalah Domainesia. Jasa layanan hosting ini menurut saya sangat cocok untuk kamu menempatkan website, disamping karena kehandalan dan tingkat keamanannya yang sangat baik, faktor pelayananya yang responsif juga menjadi alasan kenapa saya menggunakan jada layanan ini disamping juga harganya yag cukup terjangkau.

Jika kamu adalah blogger pemula, tentunya kamu menginginkan host yang populer, tepercaya, mudah digunakan, handal, dengan harga yang terjangkau. Kamu tidak perlu spesifikasi yang mewah. Domainesia sangat cocok dengan kebutuhan ini.

Langkah #4: Install WordPress

Website atau blog kamu tentunya membutuhkan sistem manajemen konten (CMS). Hal inilah yang memungkinkan kamu untuk membuat dan mengelola posting blog. Dan untuk membuat sebuah blog yang berbasis CMS itu sangatlah mudah yaitu dengan cukup menginstall platform CMS WordPress.

Kenapa harus WordPress?. Itu dikarenakan WordPress merupakan salah satu CMS yang paling kuat, mudah digunakan, dan dapat disesuaikan dengan mudah. WordPress mendukung sekitar sepertiga dari internet. itulah mengapa CMS yang satu ini begitulah populernya. Sebagian besar jasa web hosting saat ini menawarkan instalasi WordPress dalam sekali klik.

1. Login ke CPanel Hosting

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah login terlebih dahulu ke CPanel hosting. Sebelumnya saat kamu mendaftar atau membeli layanan hosting di domainesia kamu akan diberikan username dan password setelah kamu selesai melakukan pembayaran. Username dan Password hosting kamu dikirim melalui alamat email yang kamu daftarkan saat membeli paket layanan hosting.

Untuk login ke CPanel, silahkan kamu ketikan dibrowser alamat domain kamu yang sudah terdafar dan sudah aktif. Dengan format sebagai berikut https://namadomainkamu.com/CPanel.

menu login cpanel domainesia


2. Pilih Softaculous

Setelah kamu masuk ke halaman cPanel. Pada kolom pencarian ketikkan “softaculous” maka kamu akan di tampilkan menu seperti gaambar di bawah, selanjutna pilih “Softaculous Apps Installer” dan piliha WordPress.

Halaman Softaculous CPanel

3. Pilih CMS WordPress

Saat kamu memilih Softaculous selanjutnya kamu akan diarahkan ke dashboard Softaculous. Pada dasboard ini kamu akan menemukan berbagai macam Content Management System (CMS) yang bisa kamu pilih. Silahkan kamu pilih WordPress untuk CMS yang akan kamu jadikan sebagai website atau Blog kamu.

Dashboadr Softaculuous

Kamu akan di arahkan ke halaman WordPress saat kamu pilih dashboad Softaculous. Disni kamu bisa  melihat fitur wordpress, screenshots, review dan lain-lain. Untuk versi WordPress yang ada pada Softaculous itu merupakan versi yang terbaru, namun jika kamu ingin meyesuaikan versi yang lain kamu bisa memilihnya. Selanjutnya silahkan kamu pilih dan Install Now untuk melakukan proses instalasi WordPress.

Install WordPress

Untuk detail lebih lanjut mengenai cara instalasi wordress silahkan baca artikel Cara Install WordPress di cPanel Melalui Softaculous

Langkah #5: Pilih Tema WordPress

Membangun website atau blog berbasis CMS WordPress ini sangatlah mudah sekali, dan untuk mengubah tampilan dan tema website kamu. Bahkan jika kamu sendiri tidak memiliki pengetahuan tentang coding sekalipun kamu tetap bisa meng kustom website atau blog kamu ini.

Kemudahan yang disediakan oleh WordPress itu dikarenakan WordPress menyeydiakan fitur penggantian "tema." Ini adalah paket kecil koding yang bisa dirubah untuk dipasang, dicopot dan di hapus dari daftar tema atau template. 

Setiap kali perubahan tema yang kamu lakukan, maka website atau blog kamu akan berubah secara tampilan, tetapi konten blog kamu tetap sama. Ini tentunya sangat mudah bagi kamu untuk mengembangkan website kamu tanpa harus membangun kembali seluruh website kamu dari awal.

Koleksi Template Wordpress

Silahkan pilih salah satu tema yang kamu sukai, tetapi untuk sekarang jangan terlalu dipikirkan. Kamu bisa mengganti tema kamu nanti dengan lebih serius, fokus saat ini adalah mensetting dulu website atau blog kamu untuk selanjutnya kamu buat konten. Karena terlalu banyaknya tema-tema yang bisa kamu dapatkan di internet justru bisa membuat kamu pusing sendiri. 

Ada ribuan tema yang bisa kamu temukan di internet baik yang gratis maupun yang berbayar, di luar sana terdapat komunitas WordPress yang selalu membuat dan mengembangkan template lebih banyak lagi. Dan jika kamu menginginkan pilihan tema WordPress yang premium agar terlihat professional dengan harga standar, Kamu bisa mengunjungi Themeforest ini adalah pasar template WordPress paling populer.

Langkah yang harus kamu lakukan: Silahkan kamu beli templatenya kemudian kamu install atau pasang di website kamu yang berbasis WordPress. 

Setelah kamu membeli template yang sesuai dengan pilihan kamu, langkah selanjutnya masuk ke blog WordPress kamu, buka pada bagian Tema yang ada di bawah Appearance atau Penampilan di menu sidebar WordPress. Selanjutnya ikuti petunjuknya untuk menambahkan tema.

Dasboard WordPress

Kamu bisa mengunggah file tema WordPress dan mengaktifkan tema dari dalam WordPress. Kamu bisa menemukan opsi unggah atau upload theme dengan cara membuka Tema (theme) >> Tambah Baru, tombol di bagian atas. Maka kamu akan melihat opsi ini untuk mengupload:

Install Tema WordPress

Disini kamu bisa mengelola template apa pun yang telah kamu upload sebelumnya ke blog WordPress kamu dari bagian Tema (Appearance)

 

Setting Template WordPress

Langkah #6: Instal Plugin WordPress

Salah satu keunggulan dari CMS WordPress ini adalah dapat dengan mudah disesuaikan kapan saja kita mau. Dan dikarenakan ini adalah platform open-source, Maka kamu bisa membongkar atau melihat script atau koding yang memungkinkan kamu melakukan modifikasi script.

Dan satu hal lagi cara yang paling mudah untuk menkustom fitur website adalah dengan plugin. Plugin ini merupakan kumpulan kecil perangkat lunak yang bisa kamu instal di dalam WordPress untuk mendapatkan fungsionalitas tambahan. Ini bisa berguna bagi kamu jika ingin menambahkan banyak fitur tambahan ke website atau blog tanpa harus membuat kode apa pun sendiri.

Namun demikian kamu perlu juga berhati-hati dalam memasang plugin, Artinya kamu jangan terlalu berlebihan untuk memasang semua plugin, jadi gunakan plugin yang diperlukan saja. Banyak para blogger pemula memasang puluhan plugin di blog mereka. Mungkin mereka belum tau bahwa memasang banyak plugin bisa menyebabkan banyak masalah di kemudian hari.

Plugin tidak hanya bisa menyebabkan konflik yang tidak terduga satu sama lain, tapi juga menjadi tanggung jawab terkait keamanan karena tidak mungkin setiap pemilik plugin bisa memaintain plugin dari waktu ke waktu. Mereka bisa pusing sendiri untuk menghandle masalah ini.

Saat website kamu terpasang banyak plugin, dan ternyata terjadi crash atau bentrok antara plugin satu dengan plugin lain, pastinya kamu tidak akan pernah tahu plugin mana sebenarnya yang menyebabkan masalah tersebut terjadi pada website kamu. 

Kalo harus memberikan rekomendasi plugin mana saja yang penting, maka menurut saya pribadi  rekomendasi tersebut terbatas hanya pada 5-10 plugin yang saya perlu dipasang.

Berikut adalah beberapa plugin favorit saya:

  • Akismet – Diperlukan untuk setiap blog, secara otomatis plugin ini bisa menyaring banyak komentar spam yang menjadi masalah bagi setiap blogger. Ini adalah salah satu plugin yang saya sukai.
  • Yoast SEO – Plugin SEO yang paling direkomendasikan, karena mampu menangani banyak tugas SEO secara otomatis, dan juga bisa membuat tugas SEO On-Page jauh lebih mudah.
  • Contact Form 7 – Formulir kontak paling populer ini. Bisa membantu dalam membuat halaman kontak di website atau blog kamu dan bisa digunakan untuk membuat formulir kontak yang bisa mengirim email ke kamu setiap kali ada seseorang yang mengisi formulir.
  • TinyMCE Advanced – Plugin Editor yang satu ini sangat membantu untuk postingan WordPress, yang memungkinan kamu bisa menulis di WordPress jauh lebih mudah. 
  • WP Super Cache – Plugin ini cukup bagus untuk meningkatkan kinerja blog atau website kamu, pugin ini mempercepat waktu loading website.
  • MailChimp untuk WordPress – Ini adalah cara termudah untuk menghubungkan blog WordPress kamu ke akun MailChimp, memungkinkan kamu bisa membuat formulir pendaftaran email, dan mulai mengumpulkan pelanggan email (subscriber).
  • WordPress Populer Post – Plugin ini bisa memberikan kamu cara termudah untuk menambahkan daftar posting paling populer kamu ke sidebar blog kamu. Daftar akan diperbarui secara otomatis.

Plugin WordPress

Langkah #7: Instal Google Analytics

Google Analytics merupaka alat analisis website gratis yang disediakan oleh Google. Tool ini memungkinkan kamu untuk melakukan hal-hal seperti berikut:

  • Lihat berapa banyak orang yang mengunjungi situs web Anda
  • Temukan info demografis pengunjung Anda
  • Lihat postingan dan halaman blog apa yang paling banyak dikunjungi

Tapi bagi pemula hal ini bisa menjadi sangat rumit. Tapi okay, gak masalah, untuk saat ini, kita abaikan dulu hal-hal besar yang menyebabkan kerumitan dari Google Analytics. Yang perlu kamu lakukan adalah dengan membuat akun Google Analytics kemudian menginstalnya di blog kamu.

Meskipun ada banyak alasan penting untuk menginstal Google Analytics, akan tetapi setidakna ada dua alasan utama yang ingin saya tunjukkan kepada kamu:

Pertama, Google Analytics menyimpan data kamu dari waktu ke waktu dan merekamnya. Jadi ketika kamu siap untuk menyelam nantinya, maka kamu telah mengumpulkan data dan jejal apa saja yang pernah kamu kerjakan saat berinteraksi dengan google sejak awal.

Kedua, Ini akan sangat menyenangkan ketika kita bisa melihat riwayat atau jejak orang mengunjungi website kit di awal. Artinya dari Google Analytic ini, kita bisa mengetahui siapa saja yang pernah mengunjungi website kita, konten apa yang mereka baca, dari mana saja mereka datang, dan lain-lain  

Dasboard Google Analytic

Saat melihat pengunjung pertama datang ke website kita maka hal ini akan memberi kamu dorongan motivasi yang besar. Bahkan jika kamu hanya sekedar memeriksa Google Analytics untuk melihat total lalu lintas kamu, maka itu kamu akan merasakan sepadan dengan waktu yang diperlukan untuk menyiapkan itu semua.

Berikut ini adalah panduan langkah demi langkah menginstall Google Analytic:

Masuk ke Google Analytics

Caranya sangat sederhana. Silahkan kamu Buka Google Analytics dan klik Mulai Mengukur.

Login Google Analytic

Jika kamu tidak masuk ke akun Google, maka GA akan meminta kamu untuk masuk ke akun Google kamu. Jika kamu sudah memilikinya, maka kamu tinggal melakukan login. Namun jika kamu belum mempunyai akun google, maka silahkan buat kemudian masuk dengan akun google yang kamu buat.

Buat Akun Google Analytics Kamu

Pada screen shoot ini, Kamu akan diminta untuk memberikan nama akun. Kemudian masukan nama website atau blog kamu di sini. Kamu tidak perlu khawatir tentang kotak dengan tanda centang, untuk saat ini. Kamu bisa merubahnya nanti.

Setelah kamu melakukannya, selanjutnya silahkan kamu klik Berikutnya (Next) pada tombol di bawah.

Memasang google Analytics

Pilih Apa Yang Ingin Kamu Ukur

Pada layar tampilan ini meminta kamu untuk memilih apakah kamu ingin mengukur website aplikasi, atau kombinasi dari keduanya.

Pilih Website karena kamu sedang membuat blog.

Memasang Google Analytic

Kemudian klik Next.

Isi Detail Properti

Selanjutnya kamu akan diminta untuk mengisi beberapa detail tentang website kamu termasuk namanya, URL, kategori industri kamu, dan zona waktu kamu.

Setelah kamu selesai melakukannya, klik Buat "Create" di bagian bawah.

Isi Detail Properti Google Analytics

Salin dan Tempel Kode Pelacakan ke Website Kamu

Setelah akun kamu dibuat, maa kamu akan memiliki kode pelacakan JavaScript unik untuk website kamu. Saat kamu mengkopi dan menempelkan skrip kode tersebut ke website kamu, maka Google Analytics akan mulai mengumpulkan data untuk kamu.

Paste kode pelacakan google analytics

Langkah #8: Siapkan Daftar Email Anda

Setiap mesin pemasaran yang biasa kita buat untuk perusahaan pada dasarnya adalah dengan mengandalkan email. Dan alasan utamanya adalah Email List atau daftar email merupakan alat pemasaran yang terbaik.

Jadi mulai saat ini pikirkanlah daftar email kamu sebagai sinar laser raksasa yang bisa kamu fokuskan pada penawaran apa pun yang kamu inginkan. Jualan jasa  konsultasi? Tawarkan daftar kamu ke para pembaca blog kamu.

Mempublikasikan postingan blog baru? tawarkan list email kamu pada bagian bawah postingan blog. Mungkin saja ada sebuah podcast yang nantinya mewawancarai kamu? dari situ kamu bisa menawarkan daftar email kamu ke audiens podcast.

Dari semua saluran pemasaran yang ada selama bertahun-tahun, sepertinya tidak ada yang sebanding dengan kekuatan daftar email email  list berkualitas tinggi. Walaupun kamu sendiri tidak yakin dengan apa yang harus dikirim ke pelanggan email kamu, tidak masalah. Yang penting adalah kamu mau untuk memulai mengumpulkan daftar pelanggan dan membangun fondasinya lebih awal.

Tindakan yang harus kamu lakukan: Buat daftar email.

Dengan menggunakan layanan pemasaran email, saatnya bagi kamu untuk mulailah mengumpulkan email di blog kamu sehingga daftarnya siap untuk kamu gunakan saat kamu membutuhkannya. Membangun daftar email yang tepat dan layak akan memberikan kamu hasil yang diinginkan nantinya saat daftar email terkumpul dengan bayak.

Membangun daftar email memang sangat penting bahkan saat menggunakan opt-in yang sederhana di sidebar blog kamupun itu bisa membantu kamu untuk memulai membangun. Kamu gak perlu mengkhawatirkan tentang bagaimana dan konten apa yang akan di kirim email. 

Mengirim konten apa pun selama kamu ingin mengirimnya maka lakukanlah. Yag perlu kamu perhatikan adala mengumpulkan pelanggan email dari awal. Daftar email bisa menjadi tambang emas setelah kamu memiliki beberapa ribu pelanggan, dan uang akan benar-benar mengalir setelah kamu memiliki lebih 10.000 pelanggan.

Langkah #9: Pilih Irama Blogging

Menulis postingan di blog itu bukanlah sprint, namun itu adalah sebuah maraton. Sebenarnya, ini lebih seperti perjalanan backpacking untuk beberapa hari. Blogger terbaik akan terbiasa dengan kecepatan menulis yang konsisten yang bisa mereka pertahankan selama beberapa tahun. 

Berikut adalah beberapa aturan frekuensi atau durasi posting:

  • Minimal, tentukanlah bagaimana caranya agar bisa memposting sekali seminggu. Dan postingan juga harus menjadi posting yang substansial: setidaknya 2.000 kata. 
  • Blogger yang serius akan memposting 2-3 kali per minggu.
  • Situs yang lebih besar dengan cepat mendapatkan 5-7 posting per minggu. Ini membutuhkan banyak penulis.
  • Para blogger yang bekerja dengan keras mereka akan melakukan 25-50 posting per minggu. Ini untuk bisnis besar yang menggunakan pemasaran konten sebagai saluran akuisisi pelanggan utama mereka. HubSpot adalah contoh klasiknya.

Semakin kamu sering melakukan postingan maka usaha kamu akan lebih mudah untuk menghasilkan posting pada blog kamu. Untuk mendapatkan beberapa posting setiap minggu mungkin terdengar seperti banyak sekali, tetapi nantinya seiring berjalanya waktu, maka setiap bagian dari proses kamu akan menjadi lebih cepat.

Yang penting adalah memulai menciptakan frekwensi blogging kamu dengan benar. Mulailah dengan awal postingan mingguan, sementara konsisten dulu disini.

Tindakan yang harus harus kamu lakukan: Mulailah posting setidaknya sekali seminggu.

Saya tahu menulis itu memang bukan kegiatan yang mudah. Namun ini adalah proses bagi kita yang ingin konsisten menjadi seorang blogger. Inilah sebabnya mengapa kita harus memulainya dari satu langkah dengan posting per minggu.

Dengan begitu akan memberi kamu waktu luang dalam seminggu minggu untuk fokus pada aspek lain dari website atau blog yang akan kamu bangun sambil juga memberi kamu peluang istirahat dari kegiatan menulis posting blog selama seminggu.

Sebuah postingan artikel yang benar-benar berkualitas bisa kamu selesaikan dalam dua hari. Hari pertama adalah untuk riset dan outline, serta menulis sebanyak mungkin yang bisa kamu selesaikan. Hari kedua adalah untuk menyelesaikan penulisan, proofreading, dan penerbitan posting di WordPress atau blogspot.

Kunci untuk membangun sebuah website atau blog dan lalu lintas dari waktu ke waktu adalah dengan menulis postingan yang lebih berkualitas dari yang telah dipublikasikan orang lain pada kategori yang sama dengan website kamu.

Langkah #10: Bangun Pemirsa

Pada prinsipnya, untuk mendapatkan 1.000 subscriber atau pembaca berlangganan itu berarti kamu bisa sepenuhnya mendukung diri kamu sendiri. Kamu sudah bisa berhenti dari pekerjaan kamu, dan kamu bisa bekerja dari mana saja sesuka kamu, dan kamu memegang kendali penuh atas hidup kamu. Semua tujuan itu bisa kamu capai dan sangat masuk akal jika kamu memiliki 1.000 penggemar sejati.

Melalui blogging, kamu juga bisa membangun audiens kamu dari 1.000 penggemar sejati secara perlahan dan konsisten. Selama kamu terus melakukannya, maka kamu akan sampai di titik tujua kamu. Dan ini biasanya tidak instan dan membutuhkan waktu beberapa tahun.

Tindakan yang harus harus kamu lakukan: Gunakan sistem ini untuk mendapatkan 1.000 penggemar sejati. 

Inilah yang harus difokuskan untuk sampai ke sana lebih cepat:

  • Selalu posting setidaknya sekali seminggu. Jangan pernah lewat dari seminggu.
  • Mulailah memposting 2-3 kali per minggu jika kamu bisa.

  • Pada setiap postingan, dorong kualitas semaksimal mungkin. silahkan googling topik yang akan dibahas dan lihat apa yang telah dilakukan orang lain, lalu tanyakan pada diri sendiri bagaimana kamu bisa menulis sesuatu yang lebih baik lagi.
  • Tulis hal-hal yang belum pernah ditulis. Temukan pandangan atau perspektif baru tentang topik kamu yang belum pernah dibahas orang lain.
  • Temukan ide kamu dan jadilah otentik sehingga orang bisa mengenal kamu. Ini bisa membangun koneksi dengan audiens kamu lebih cepat. Retasan cepat untuk ini adalah dengan berpura-pura bahwa kamu menulis posting kamu ke teman dekat.
  • Izinkan pembaca kamu untuk berkomentar. buka forum diskusi karena denan ini kamu memiliki banyak pengguna dan memungkinkan pembaca untuk meninggalkan umpan balik, memuji posting kamu, atau meninggalkan kritik untuk itu. Jika kamu ingin melibatkan pembaca inti pertama kamu, maka manfaatkan ini untuk membuat hubungan yang solid dengan mereka.
  • Untuk mendorong lebih keras lagi, aktiflah di komunitas online lainnya. Posting di grup Facebook, Quora, subreddits, di Twitter, lakukan wawancara podcast, dapatkan keterlibatan berbicara saat kamu bisa – apa saja dan semuanya. Bantulah sebisa kamu dalam komunitas yang kamu ikuti.
  • Untuk semua konten kamu, terus-menerus bertanya pada diri sendiri, “Bagaimana saya bisa membuat ini seberharga mungkin?"

Saat audiens blog kamu sudah terbentuk dan sudah berjalan, Selanjutnya kamu bisa merubah strategi lalu lintas saat kamu sudah bertumbuh.

Langkah #11: Monetisasi Blog Kamu

Tentunya setelah blog kamu terbentuk, tujuan akhirnya adalah untuk bisa dijadikan sebagai saluran penghasilan pudi-pundi yang bisa menghasilkan cuan. Setidaknya terdapat tiga cara blog yang kamu kelola bisa menghasilkan uang, yaitu:

  • Infoproduk. Kamu bisa menghasilkan uang dari blog kamu yang sudah memiliki pembaca sejati atau penggemar dengan cara menjual dan menawarkan paket Kursus online, webinar, e-book, dll.
  • Program afiliasi. Kamu bisa bekerjasama dengan brand atau merek untuk mempromosikan produk mereka dan kamu akan mendapatkan potongan dari penjualan mereka atau kamu bisa mendapatkan komisi.
  • Freelancing dan konsultasi. Kamu bisa menggunakan blog kamu sebagai platform untuk menemukan klien dan pelanggan untuk layanan kamu yang bisa kamu berikan kepada mereka sebagai konsultan atau freelancing.

Berikut adalah panduan singkat tentang cara kerjanya:

Bagaimana Info Produk bekerja?

Misalkan kamu bisa menulis buku tentang infoproducts. Untuk saat ini, kamu akan membuatnya tetap sederhana. Berikut modelnya:

  1. Arahkan orang untuk mengunjungi website atau blog kamu.
  2. Dari website atau blog kamu, berikan mereka alasan agar mereka berlangganan daftar email kamu.
  3. Setelah mereka menjadi pelanggan email, jalankan melalui corong peluncuran funnel. Ini adalah saluran email yang dirancang khusus untuk menjual infoproduk. Biasanya, ini adalah kursus yang mencakup banyak pelajaran melalui video.
  4. Bergantung pada volume dan target pasar kamu, Kamu akan mengkonversi sekitar 0,5% hingga 1% pelanggan email baru menjadi pelanggan dengan harga $500-$2.000 untuk kursus kamu. Pada volume, itu bertambah dengan cepat.

Untuk sekarang ini, memang terdengar terlalu bagus untuk menjadi suatu kenyataan. Meskipun ada beberapa kesimpulan yang sebagian besarnya adalah benar. Apa hasil kesimpulan?

  • Pertama, Kamu harus menguasai salinan tanggapan langsung dengan sangat baik.
  • Kedua, membantu berada dalam kategori yang tepat. Orang menginginkan uang, status, dan hubungan.

Bagaimana Program Afiliasi Bekerja?

Afiliasi pemasaran atau affiliate marketing cukup sederhana: kamu hanya cuup membuat audiens sebanyak mungkin. Kemudian, di seluruh konten kamu, kamu merekomendasikan produk yang bermanfaat bagi audiens tersebut.

Saat audiens kamu mengklik link rekomendasi itu, mereka mendapatkan kode pelacakan khusus. Jika mereka akhirnya membeli, maka kamu mendapatkan potongan atau komisi dari penjualan.

Akan tetapi pemasaran afiliasi ini mempunyai kelemahan utama, yaitu bahwa hanya sebagian kecil orang yang akan mengklik dan persentasenya juga kecil dari orang yang akan membeli. Sehingga untuk menghasilkan penjualan besar kamu harus memiliki traffict atau lalu lintas agar bisa menghasilkan cukup uang dari website atau blog kamu.

Bagaimana Cara Menjadi Freelancer dan Konsultan?

Sementara infoproduk dan afiliasi adalah cara utama untuk menghasilkan uang yang serius, Kamu juga memerlukan trafik website atau blog kamu yang ramai agar bisa membuatnya bekerja. Setidaknya jika kamu ingin mereka bekerja cukup baik untuk menghasilkan enam angka per tahun.

Itu sebabnya saya percaya freelancer dan konsultan adalah cara terbaik bagi pemula untuk mulai menghasilkan uang dengan cepat dari blog. Untuk menghasilkan uang dengan cepat, sejauh ini pilihan terbaik kamu. dan ini juga yang paling mudah dilakukan.

Bagaimana Dengan Semua Metode Monetisasi Lainnya?

Kebanyakan dari mereka banyak yang membuang-buang waktu. Sehingga dampaknya terhadap pendapatan mereka juga sangat kecil, ini benar-benar menjadi gangguan. Sebagian memang layak dilakukan untuk pemasaran dan branding. Sisanya harus diabaikan sepenuhnya. Berikut daftar yang selalu dicoba oleh blogger di beberapa titik:

  • Buku – Bagus untuk pemasaran. ini bisa menambahkan kredibilitas personal branding. Tetapi kamu tidak akan merasakan dampaknya terhadap pendapatan sama sekali.
  • Kegiatan – Ada hal-hal yang tidak disukai dari proyek kegiatan dengan yaitu harus tetap standbay. Semua risiko dimuat di depan, semua kontrak dikunci sebelumnya, sehingga sulit untuk dijual, dan kamu bahkan tidak tahu apakah kamu bisa menghasilkan uang sampai tepat sebelum acara. Sekalipun kamu bisa menghasilkan uang, marginnya cukup miris. Ini bisa dikatkan sebagai kerugian sementara biaya peluang sangat besar untuk bisnis.
  • Iklan banner (Google Ads, secara formal Adsense, misalnya) – Terakhir kali ramai menghasilkan uang yang layak adalah sekitar tahun 2003. 
  • Pembicara – Harus dilakukan dengan cara yang benar, berbicara sesekali dapat menjadi pembangun merek yang hebat. Dan meskipun kedengarannya luar biasa untuk mendapatkan bayaran hingga $20.000 per kegiatan, dibutuhkan kerja berbulan-bulan untuk membuat ceramah yang membutuhkan biaya semacam itu, Lakukanlah pekerjaan sebagai pembicara ketika peluang bagus itu muncul; jangan membangun bisnis di atasnya.

Jangan biarkan ini membuat kamu putus asa, yang penting adalah kamu mulai membangun blog dan menulis. Lakukan secara konsisten dan ikuti sistem, maka kamu akan menemukan bahwa kesuksesan datang lebih cepat dari yang kamu kira.

Tidak ada komentar untuk "11 Langkah Membuat Blog Yang Menghasilkan Uang"