Widget HTML Atas

Bagaimana Strategi Sukses Konten SEO Tahun 2023?

Bagaimana strategi SEO tahun 2023

Bagaimana Strategi Sukses Konten SEO Tahun 2023?Pemasaran konten atau Content Marketing belakangan mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan, karena brand-brand meyakini bahwa dengan membuat konten kreatif mampu mendorong lalu lintas (traffic), prospek, dan konversi. Disamping itu juga konten yang dibuat secara kreatif bisa lebih efektif dalam pengembangan brand mereka di negara yang berbeda, dengan saluran yang berbeda, dan platform yang juga berbeda. 

Salah satu pilar keberhasilan dalam membangun strategi content marketing kedepan, adalah dengan menerapkan strategi search engine optimization (SEO). SEO masih menjadi strategi yang sangat penting dalam pengembangan pemasaran konten karena hal tersebut bisa membantu orang menemukan konten kamu di mesin pencari, dan meningkatkan visibilitas website atau landing page bisnis kamu.

Inilah pentingnya mengapa SEO itu masih menjadi strategi prioritas dalam pengembangan konten. Dan pada postingan ini saya akan mencoba mennjelaskan tentang bagaimana menggabungkan teknik SEO dengan strategi konten kamu, dan berikut ini ada lima tip untuk membuat strategi SEO agar berhasil di tahun 2023.

Apa itu SEO dan mengapa itu penting?

Sepertinya pertanyan ini, sudah sering saya bahas dan saya jelaskan pada postingan-postingan saya sebelumnya, silahkan kamu baca postingan saya yang berjudul Mengenal apa itu SEO?. Tapi okay, saya akan tetap menjelaskan setiap ada pembahasan terkait SEO. SEO adalah proses pengoptimalan website atau landing yang bertujuan untuk meningkatkan peringkat pada mesin pencarian, dalam hal ini adalah di Google. 

Dengan naiknya peringkat sebuah website di Google maka secara otomatis juga akan meningkatkan kuantitas dan kualitas trafik dari mesin pencarian. Namun untuk meningkatkan SEO membutuhkan proses, dan ini memiliki banyak ragam yang melibatkan banyak elemen seperti teknik audit, pembuatan tautan (link building), riset kata kunci, pengoptimalan konten, dan lain-lainnya.

Sedangkan tujuan SEO itu sendiri adalah untuk meningkatkan visibilitas sebuah website, landingpage maupun blog kamu, oleh sebab itu, sangat penting bagi sebuah brand atau merek yang ingin meningkatkan jumlah lalu lintas ke websitenya atau untuk nge-branding untuk memposisikan diri sebagai sumber yang tepercaya pada industri mereka.

Mengapa harus menggabungkan strategi konten dan SEO ?

SEO menjadi sebuah saluran distribusi yang penting, karena hal itu sangat mempengaruhi visibilitas sebuah website, yang mana website sendiri juga memainkan peran penting dalam mendistribusikan sebuah konten. Berikut ada beberapa elemen kunci SEO yang bisa diterapkan ke dalam strategi konten kamu secara menyeluruh:

Riset kata kunci (Keyword)

Sebelum masuk ke proses pembuatan konten, yang perlu kamu lakukan adalah mengenali bagaimana audiens bisa menemukan konten yang kamu buat. Nah untuk itu kamu perlu melakukan riset kata kunci. Riset kata kunci ini sangat penting untuk mengetahui istilah apa yang paling dicari target audiens kamu dan seberapa sering mereka mencari istilah atau kata kunci tersebut.

Dengan menggabungkan strategi SEO dan konten maka kamu bisa memberi daftar kata kunci yang yang menurut kamu paling banyak digunakan oleh audiens target kamu. Setelah kamu menemukan kata kunci yang tepat, maka kamu bisa memasukkan kata kunci dari hasil riset kamu sebagai tagar di media sosial, bisa juga dimasukan kedalam deskripsi konten video kamu, atau dalam salinan posting blog kamu yang panjang.

Niat Pencarian

Setelah kamu memahami dan menentukan kata kunci mana yang tepat untuk digunakan, selanjutnya kamu terapkan kedalam SEO pada konten kamu, dan pastikan juga bahwa konten yang kamu buat tersebut bisa dipahami apa maksud di balik penerapan kata kunci tersebut. Dengan memahami maksud dari pencarian pengguna, maka kamu bisa memposisikan konten kamu menjadi yang paling relevan.

Misalnya, untuk konten informatif seperti posting blog, menemukan kata kunci yang paling relevan dengan maksud pencarian yang benar, bisa kamu lakukan dengan cara memberi keunggulan atas konten yang kurang dioptimalkan, karena tujuan dari mesin pencari seperti Google adalah menyajikan hasil kueri yang paling relevan untuk disajikan kepada pengguna.

Format & struktur konten

Penting untuk diperhatikan juga dalam hal formating konten, membuat konten dalam format dan struktur yang dioptimalkan, ini harus menjadi alasan lain kenapa kamu harus memasukkan SEO ke dalam strategi konten kamu. SEO bukan hanya memberikan kamu gambaran tentang format konten mana yang mungkin menghasilkan hasil terbaik, misalnya, panduan, ulasan, video, dll, namun juga memberi kamu panduan struktural untuk membantu kamu memberikan pengalaman konten terbaik dan visibilitas konten.

5 Tips membuat strategi konten SEO yang sukses di tahun 2023

Sekitar 90% pemasar menggunakan strategi konten marketing untuk meningkatkan produknya, dan merek atau brand juga mulai memprioritaskan pemasaran konten dan menganggarkan lebih banyak untuk pembuatan konten di berbagai saluran dan platform. Dengan banyaknya persaingan, merek dirasa perlu untuk mengoptimalkan konten mereka agar mendapatkan visibilitas sebanyak mungkin. Itulah sebabnya mengapa optimasi SEO sangat penting?.

Berikut ini ada lima tip yang harus dipertimbangkan oleh merek saat akan membuat strategi konten SEO mereka, agar tujuan mereka berhasil dalam mendapatkan lebih banyak perhatian pada merek mereka.

1. Buat konten video

konten video

Alasan mengapa kamu harus membuat konten video, hal ini di karenakan konten video bisa membantu menyampaikan pesan secara jelas dan detail yang dikemas dalam sebuah konten, baik pesan edukasi, hiburan, maupun pesan yang bersifat informasi. Konten video ini bisa menjadi salah satu bentuk konten yang paling efektif untuk menciptakan keterelibatan audiens kamu. 

Konten video yang berdurasi pendek akan sangat efektif di platform media sosial, karena ini dan merupakan salah satu cara utama orang mengkonsumsi konten. Inilah mengapa video berdurasi pendek memiliki ROI terbaik dibandingkan dengan semua format media lainnya, dan mengapa platform media sosial berfokus dan berinvestasi besar-besaran pada media tersebut.

Orang-orang menggunakan platform video sebagai sumber pendidikan dan hiburan, dan juga sebagai mesin pencari. Agar brand bisa menjangkau audiens tersebut, brand tidak hanya sekedar membuat konten video yang sesuai dengan audiens target mereka saat mereka menonton, namun juga harus memprioritaskan pengoptimalan SEO agar dipastikan bahwa konten mudah ditemukan di antara jutaan konten video lainnya.

2. Optimalkan pencarian suara

Pengenalan siri dan asisten suara lainnya mengahruskan merek untuk mengadopsi strategi inovatif dalam memanfaatkan peluang baru. Dengan 27% populasi online global menggunakan pencarian suara di perangkat mobile mereka, dan lebih dari 4 miliar asisten suara digunakan di perangkat di seluruh dunia, jika ada merek yang mengabaikan untuk optimalisasi konten pencarian suara maka merek tersebut akan kehilangan peluang yang signifikan.

Ada beberapa aspek kunci dalam pengoptimalan pencarian suara, namun salah satu elemen SEO terpenting saat mengoptimalkan pencarian suara tersebut adalah cuplikan unggulan (feature snipet); hasil pencarian yang ditampilkan di bagian atas halaman hasil pencarian, merupakan konten yang dipilih secara khusus oleh Google sebagai jawaban terbaik atas permintaan pengguna.

Pada dasarnya optimalisasi feature snipet merupakan praktik SEO yang terbaik, karena pentingnya fitur ini dalam pencarian suara, sehingga apabila sebuah merek yang tidak mengoptimalkan konten mereka dengan fitur ini, maka bisa berakibat kehilangan peluang terhadap konten mereka karena kontennya tidak terlihat di beranda saat ada kunjungan trafik.

3. Gunakan kembali konten kamu untuk mengisi saluran media lainnya

Kamu bisa kembali menggunakan konten kamu untuk mengisi chanel atau saluran media lain, atau mendaur ulang konten kamu dan mengubahnya untuk bisa digunakan pada media lain, seperti misalnya saluran sosial media yang kamu punya. Ini bisa menjadi cara yang kreatif bagi merek untuk mendapatkan konten baru dan menjangkau audiens yang mungkin lebih menyukai format yang berbeda. 

Ide lain untuk menggunakan kembali konten yang kamu buat, bisa termasuk mengubah posting blog atau artikel menjadi video atau thread di media sosial, menyalin podcast menjadi sebuah postingan blog, mengubah presentasi menjadi infografis, dll. Karena banyaknya pilihan untuk merubah ata me-remake konten, merek harus benar-benar bisa memastikan bahwa mereka mengadaptasi dengan tepat gaya konten ke saluran yang akan mereka gunakan.

Berikut ini adalah beberapa praktik terbaik untuk merubah tujuan dari sebuah konten, meliputi: 

  • Memprioritaskan konten yang populer dan selalu ada.
  • Pengaturan waktu rilis konten yang diubah fungsinya dengan tren, berita, dan acara.
  • Menggunakan visual untuk memberikan konten kamu peluang terbaik untuk dibagikan.

4. Optimalkan situs dan tingkatkan pengalaman pengguna (UX)

Membuat strategi konten SEO yang sukses, yang dibangun atas dasar-dasar SEO hal tersebut sangat penting untuk mengoptimalkan website kamu. Dan beberapa pengoptimalan SEO terpenting yang harus dipertimbangkan untuk mencapai hal tersebut, maka merek harus melakukan beberapa tindakan optimalisasi teknis SEO antara lain:

  • Mengoptimalkan metadata
  • Memperbarui kanonis untuk menghindari duplikat konten
  • Mengoptimalkan kecepatan halaman dan waktu muat
  • Membuat tata letak halaman yang ramah seluler
  • Menerapkan data terstruktur

Berawal dari praktik optimaliasi seperti ini, terdapat dua prinsip utama SEO, yang pertama,  memastikan pengalaman yang baik bagi pengguna di website kamu. Kedua bagaimana konten kamu bisa diakses semaksimal mungkin di perangkat seluler atau mobile.

Penggunaan perangkat seluler menyumbang hampir 60% dari trafik pencarian di seluruh dunia pada pertengahan pertama tahun 2022, lebih populer daripada pencarian desktop kedepanya. Seiring dengan peerkembangan media sosial dan hiburan yang begitu terfokus pada perangkat seluler, orang-orang kini mengkonsumsi media di perangkat seluler. Oleh karena itu, dengan penggunaan perangkat seluler yang terus berkembang, memberikan pengalaman seluler yang baik akan menjadi sangat penting di tahun 2023.

5. Selalu update dengan pembaruan algoritma Google

Google akan selalu dan terus memperbarui algoritma mesin pencariannya, hal ini dilakukan google karena google ingin memberikan hasil terbaik untuk kueri penelusuran. Sebagian besar google melakukan update untuk perubahan hal kecil, namun tidak menutup kemungkinan google juga bisa melakukan pembaruan secara besar-besaran yang bisa berdampak signifikan pada SEO dan strategi konten.

Pada bulan september 2022 lalu google merilis update yang dinamakan "Helpful Content Update" , atau pembaruann konten yang bermanfaat, ini adalah contoh utama dari update google. Selama beberapa tahun terakhir, konten kecerdasan buatan (AI) semakin populer karena memungkinkan bagi merek dan penulis untuk merampingkan proses pengembangan konten. 

Helpfull Content Update yang dircanang oleh google ini bertujuan untuk melakukan screening atau filterasi terhadap konten-konten yang memprioritaskan kualitas dan mengutamakan kebutuhan yang di minati oleh orang, sedangkan untuk konten yang berkualitas rendah nampaknya tidak akan bisa menjadi prioritas pencarian di google.

Kedepan kita tidak tahu pembaruan algoritme apa lagi yang akan diluncurkan Google, tetapi kamu harus tetap memastikan selalu mendapatkan update atau informasi terbaru dari Google, karena hal ini akan membantu kamu dalam memahami mengapa konten kamu tidak berjalan seperti yang kamu harapkan.

Rangkuman Postingan

SEO adalah komponen penting dari strategi konten yang sukses, terutama elemen kunci seperti penelitian kata kunci, kecepatan halaman, dan pengoptimalan seluler. Baik SEO dan konten harus bekerja sama untuk meningkatkan visibilitas merek dan konten kamu di berbagai saluran dan platform.

Konten video sangat populer dan merupakan salah satu bentuk konten paling efektif untuk melibatkan audiens kamu.

Pencarian suara menjadi lebih penting dari sebelumnya dengan meningkatnya konsumsi media pada perangkat seluler. Ini adalah cara yang bagus untuk membuat merek kamu terlihat di bebranda dan saat bepergian.

Mengubah tujuan konten membantu menjangkau audiens yang berbeda yang mungkin menggunakan media dalam format yang berbeda, meskipun konten perlu dioptimalkan bergantung pada saluran dan platform.

Mengoptimalkan website kamu dan meningkatkan pengalaman pengguna sangat penting bagi Google untuk menghargai dan memprioritaskan konten kamu. Sama pentingnya dalam memenuhi prinsip utama Google untuk memastikan pengalaman yang baik bagi pengguna di website kamu dan membuat konten seluler bisa diakses.

Mengikuti pembaruan algoritme Google akan membantu kamu dalam memahami perubahan cara konten kamu dievaluasi dan diberi peringkat oleh Google, dan bagaimana kamu bisa menghindari potensi kemunduran pada kinerja konten kamu.

Tidak ada komentar untuk "Bagaimana Strategi Sukses Konten SEO Tahun 2023?"