Widget HTML Atas

Bagaimana Menerapkan Strategi Pemasaran Digital di Perusahaan UKM

Strategi Digital Marketing pada perusahaan UKM

Bagaimana Menerapkan Strategi Pemasaran Digital di Perusahaan UKM - Jika Kamu berada di ruang UKM (usaha kecil dan menengah), Sebagai seorang pebisnis atau pengusaha tentunya Kamu harus tahu bahwa pemasaran adalah salah satu tugas yang paling sulit untuk diselesaikan. Kabar baiknya adalah ada banyak pilihan strategi pemasaran digital yang bisa membantu bisnis Kamu berkembang. 

Pada postingan kali ini saya akan coba membantu Kamu dalam memandu bagaimana cara menerapkan strategi pemasaran digital di perusahaan skala UKM. Saya akan mencoba menjelaskan kepada Kamu mengapa mereka yang berada di perusahaan UKM sebagian ada yang bisa bekerja dengan sangat baik dan bagaimana cara kerja mereka.

Menentukan tujuan Kamu

Sebelum melangkah lebih jauh untuk menjalankan bisnis UKM melalui penerapkan strategi pemasaran digital, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan tujuan dari bisnis UKM kamu. Tentukan target audiens dan merek target Kamu, termasuk didalamnya juga harus mendeskripsikan dengan singkat tentang siapa mereka, apa yang mereka sukai dan yang tidak mereka sukai, serta bagaimana startegi mereka dalam menyikapi persaingan di industri mereka, dan masih banyak lagi. 

Jika pertanyaan-pertanyaan tersebut diatas bisa kamu jawab, maka hal ini akan bisa  membantu Kamu dalam menentukan jenis konten apa yang tepat, yang bisa diterapkan untuk setiap saluran pemasaran mereka (misalkan, buletin email, media sosial, website, dll.).

Tentukan juga berapa banyak budget yang mampu Kamu keluarkan untuk kampanye pemasaran digital setiap bulan atau kuartal sebelum menerapkan dana tersebut untuk mengantisipasi nantinya agar tidak ada permasalahan kekurangan anggaran secara mendadak, ketika tiba waktunya untuk mulai membelanjakannya!

Menganalisis persaingan

Langkah pertama dalam strategi pemasaran digital Kamu adalah dengan menganalisis persaingan (Competitor Analyze). Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan melihat kekuatan dan kelemahan mereka, serta strategi pemasaran mereka. Kamu juga bisa melihat strategi media sosial, desain website, pembuatan konten, dan praktik SEO yang mereka lakukan.

Langkah kedua adalah menentukan apa yang perlu Kamu tingkatkan jika Kamu ingin mengalahkan penawaran pesaing Kamu. Maka tujuan Kamu di sini harus bisa memastikan bahwa tidak ada orang lain yang memiliki keunggulan atas harga yang Kamu tawarkan, dalam hal memberikan nilai uang atau memberikan kualitas layanan yang melebihi ekspektasi.

Tentukan audiens target Kamu

Sebelum Kamu dapat mulai menerapkan strategi pemasaran digital di perusahaan UKM, penting untuk menentukan audiens target Kamu. Langkah pertama adalah menentukan siapa target audiens dan mengetahui kebutuhan mereka. Setelah Kamu menentukan audiens target, inilah saatnya untuk meneliti mereka!

Menetapkan anggaran pemasaran

Menetapkan anggaran pemasaran adalah salah satu langkah terpenting dalam merencanakan strategi digital Kamu. Mulailah dengan menyisihkan sejumlah kecil uang untuk dibelanjakan pada setiap saluran, lalu tingkatkan dari sana. Jangan melebihi anggaran Kamu atau melampaui apa yang Kamu mampu.

Yang terpenting, pastikan Kamu tidak membelanjakan lebih dari yang Kamu butuhkan; ini berarti memecah biaya apa pun menjadi potongan-potongan yang lebih kecil jika perlu agar tidak berlebihan dengan apa pun. Ini juga membantu jika Kamu tahu persis berapa biaya setiap saluran sebelum berkomitmen secara finansial; dengan cara ini tidak akan ada kejutan ketika tiba waktunya untuk hari pembayaran!

Kembangkan rencana aksi

  • Siapkan strategi media sosial
  • Siapkan strategi pemasaran konten
  • Menyiapkan strategi pengoptimalan mesin telusur
  • Menyiapkan strategi pemasaran email
  • Mengembangkan strategi iklan berbayar

Menerapkan strategi pemasaran digital

Proses penerapan strategi pemasaran digital oleh sebuah perusahaan pastinya menjadi ekspektasi besar yang sudah ditetapkan dalam sebuah rencana aksi bisnis Kamu. Namun demikian sebelum penerapan strategi pemasaran ini dilakukan, terlebih dahulu Kamu harus melakukan tahapan sebagai berikut:

  • Definisikan masalah sebelum Kamu memulai solusi. Kamu harus benar-benar bisa memahami masalah apa yang sedang atau akan dihadapi oleh perusahaan. Definisikan masalah tersebut secara jelas dan rinci untuk bisa diterapkan strategi pemasaran digital yang tepat bagi bisnis Kamu. 
  • Tetapkan tujuan sebelum Kamu mulai. Apa yang ingin Kamu hasilkan itu merupakan tujuan dari Strategi digital marketing, namun tentunya hal tersebut juga harus sudah ditetapkan sebelumnya sehingga strategi yang kamu lakukan juga bisa berhasil dengan maksimal.

Jangan khawatir tentang tujuan orang lain; jadilah ambisius, tetapi tetaplah realistis! Misalnya, jika tujuan Kamu adalah menurunkan 20 pound dalam tiga bulan dan tampaknya terlalu sulit bagi Kamu pada tahapan ini, maka tetapkan tujuan lain seperti "menurunkan 10 pound pada bulan Maret" atau "menurunkan 5 pound per bulan". Ini akan memberi diri Kamu lebih banyak ruang untuk kesalahan selama proses dan memastikan bahwa setiap langkah kecil untuk mencapai tujuan Kamu secara keseluruhan memiliki arti bagi diri Kamu sendiri dan orang-orang di sekitar Kamu yang mungkin terpengaruh oleh perubahan pilihan gaya hidup yang dibuat oleh orang lain.

Manfaat Strategi Pemasaran Digital

Pemasaran digital penting bagi banyak bisnis, termasuk perusahaan UKM. Karena hal Ini bisa membantu Kamudalam menjangkau lebih banyak pelanggan dan mengubah prospek menjadi penjualan. Sehingga dengan begitu, pemasaran digital bisa membantu Kamu membuat pelanggan tetap Kamu lebih banyak keterlibatan dengan merek dan produk atau layanannya.

Pemasaran digital juga digunakan dalam berbagai cara untuk perusahaan UKM. Misalnya, iklan media sosial adalah salah satu cara banyak bisnis kecil mengiklankan produk atau layanan mereka secara online. Jenis pemasaran digital lainnya termasuk pemasaran konten (menulis posting blog), buletin email / buletin yang dikirim secara otomatis melalui perangkat lunak email seperti Constant Contact atau MailChimp. 

Strategi SEO untuk UKM untuk mendapatkan trafik organic, mungkin juga bisa menjadi pertimbangan bagi Kamu untuk meningkatkan bisnnis kamu. Disamping itu penerapan iklan berbayar seperti Google AdWords; penjangkauan influencer melalui platform media sosial seperti Instagram atau Twitter; formulir keikutsertaan email di situs web yang mengarahkan orang langsung kembali untuk membeli sesuatu dari dalam halaman tersebut (atau halaman arahan).

Kesimpulan

Pemasaran digital adalah cara yang efektif untuk menjangkau audiens target Kamu dan membuat mereka tetap terlibat dengan merek Kamu. Penting bagi Kamu untuk melakukan riset sebelum menerapkan strategi ini untuk memastikan bahwa strategi tersebut selaras dengan apa yang berhasil untuk Kamu.

Tidak ada komentar untuk "Bagaimana Menerapkan Strategi Pemasaran Digital di Perusahaan UKM"