5 Tips SEO Untuk UKM

SEO untuk UKM

Unsur penting untuk kesuksesan bisnis UKM diera digital saat ini adalah visibilitas dalam mesin pencarian. Ketika seseorang mencari informasi produk yang mereka butuhkan, apakah produk anda yang mereka temukan ataukah justru produk pesaing anda yang mereka temukan?, hal inilah yang harus dipikirkan. Posisikan diri anda sebagai pelanggan atau pencari informasi untuk produk yang anda butuhkan lalu coba anda cari dimesin pencari, apa yang akan anda lakukan?. 

Mungkinkah anda mencari produk atau informasi di halaman kedua, ketiga dan seterusnya, sementara pada halaman satu produk yang anda cari sudah muncul, demikian pula dengan pelanggan anda merekapun akan berhenti pada halaman satu dan dua, kalau sudah menemukan apa yang mereka cari, itulah kekuatan SEO didalam era digital seperti sekarang ini. 

Dalam postingan kali ini, saya akan memberikan tips dasar bagaimana anda pelaku UKM dalam menerapkan strategi SEO untuk bisa dapat bersaing menempati peringkat pertama pada halaman mesin pencarian, berikut ulasanya:

5 Tips SEO Penting untuk Bisnis Kecil

#1. Membuat Website Yang Berkualitas

Website atau sebuah situs mutlak harus ada dalam penerapan SEO, namun demikian website juga harus dirancang dengan baik dan mobile friendly. Hal terpenting, karena SEO merupakan bagian fundamental dari kesuksesan strategi bisnis online, maka SEO sendiri harus menjadi bagian dari proses desain website tersebut. 

Desain atau struktur website harus bisa mempermudah bagi mesin pencari agar dapat dengan mudah merayapi (atau menelusuri) dan memahami konten dari website anda, dan SEO inilah yang menjadi bagian penting darinya. Website yang dirancang dengan baik akan membantu mesin pencari untuk mengindeks website anda dengan lebih efisien.

#2. Buat Konten Berkualitas Dengan Kata Kunci yang Sesuai.

Konten merupakan salah satu faktor untuk bagaimana website anda masuk peringkat teratas pada mesin pencarian. Konten yang anda buat harus dapat memberikan solusi bagi pelanggan agar mereka memahami mengapa mereka harus memilih produk anda dari pada produk pesaing anda. Selain itu, penggunaan kata kunci atau keyword yang sesuai juga sangat penting pada SEO, kata kunci yang sesuai disini adalah keyword yang menargetkan kata kunci pada artikel atau konten yang anda buat agar dapat meningkatkan peringkat pada mesin pencarian. 

Dalam penerapan kata kunci ada satu hal yang perlu diingat bahwa mesin pencarian biasanya dapat mendeteksi apa yang disebut "Keyword Stuffing" yaitu penjejalan atau pemenuhan kata kunci pada postingan yang anda buat, jadi janganlah terlalu sering menggunakannya. gunakan kata kunci secukupnya saja sesuai, yang perlu anda perhatikan adalah bahwa anda menulis atau membuat artikel konten itu untuk audiens Anda, meskipun konten anda harus menyisipkan kata kunci atau keyword, namun hal tersebut harus dapat dibaca dan mengalir secara alami.

#3. Berikan Informasi Berharga Pada Website Anda.

Blogging adalah salah satu cara terbaik untuk membranding diri anda dan organisasi anda untuk bidang tertentu yang anda kuasai. Pembuatan konten yang konsisten, non-promosi, mengedukasi dan layak untuk dibagikan (shareable) maka konten tersebut akan dapat membantu memperluas audiens Anda. Pada saat merencanakan pembuatan konten, anda harus memikirkan bagaimana konsumen atau audiens anda tersebut bisa memahami bahwa produk atau jasa layanan andalah yang tepat bagi mereka.

#4. Sertakan Link Berkualitas.

Ketika berbicara tentang tautan atau link, maka anda harus memikirkan kualitas daripada anda harus memikirkan kuantitas. Perlu diketaui bahwa tautan ini adalah bagian penting untuk mendapatkan hasil penelusuran yang baik pada mesin pencarian, semakin banyak tautan maka akan meningkatkan peringkat dimata mesin pencarian akan tetapi lebih penting lagi untuk membangun sebuah tautan pada konten yang kita buat dengan sebuah link yang berkualitas. 

Diibaratkan seribu link tautan yang tidak berkualitas akan lebih lebih dengan 10 link saja namun berkualitas, kenapa demikian?, tentunya dengan link berkualitas ini website akan mendapatkan otoritatif dan kepercayaan dari pemberi pengaruh pada bisnis anda, demikian pula dimata google sebagai mesin pencari akan memberikan kepercayaan bahwa website anda layak untuk mendapatkan peringkat.

#5. Optimalkan situs Anda.

Pembuatan restoran murah meriah dan mewah, terasa akan sia-sia jika anda tidak mampu memenejnya dengan baik. Website andapun akan sama seperti restoran tadi jika anda tidak mengoptimalkanya dengan baik tentunya website akan kehilangan lalu lintas, prospek, dan pelanggan baru. Pengoptimalan website harus menggunakan strategi konten yang mencakup semua yang tercantum di atas. 

Ini berarti anda harus meneliti dan memantau kata kunci keywordnya dan memastikan bahwa konten yang anda buat dapat memberikan nilai manfaat bagi pengunjung website. Konten yag berkualitas harus ditulis dengan baik, minim kesalahan tata bahasa atau kesalahan ketik (typo), dan harus bisa diatur berdasarkan kata kunci yang kita target.

Inilah 5 tips dasar SEO, walaupun hal ini merupakan fundamental tetapi hal ini memiliki peran penting dalam pengembangan strategi bisnis diera digital seperti sekarang. Ingatlah bahwa SEO hanyalah satu bagian dari keseluruhan strategi bisnis dan pemasaran anda. Selain melakukan pemantaua kata kunci anda juga harus melakukan pembaharua atau update sesuai kebutuhan. Lacak kinerja kata kunci yang anda pasang dan perhatikan bagaimana kata kunci pada bisnis yang anda jalankan dapat berubah seiring waktu.

Strategi SEO adalah bagian penting dalam mengembangkan bisnis anda. Peringkat yang baik dalam hasil pencarian telah menjadi bagian fundamental dari strategi pemasaran apa pun. Website yang dirancang dengan baik dan memiliki konten berkualitas yang memberikan nilai bagi pelanggan atau pengunjung website anda,  hal ini tidak hanya akan meningkatkan trafik pengunjung website saja akan tetapi juga dapat menumbuhkan database pelanggan anda yang pada akhirnya dapat meningkatkan penjualan bisnis anda.

Jika anda memiliki tips dan strategi SEO lain silahkan isi komen dibawah ini

Tidak ada komentar untuk "5 Tips SEO Untuk UKM"

Berlangganan via Email