Widget HTML Atas

12 Tren Perdagangan Sosial Tahun 2022

tren perdagangan sosial 2012

12 Tren Perdagangan Sosial Tahun 2022 - Saat ini Media sosial sudah menjadi kebutuhan pokok bagi banyak orang. Media sosial merupakan ruang untuk berinteraksi dan melibatkan diri dengan individu yang memiliki kesamaan dalam berpikir, media sosial juga digunakan untuk menemukan produk baru, dan juga bisa digunakan sebagai sarana perdagangan untuk menjual atau membeli barang. Dari sinilah perdagangan sosial atau Social Commerce muncul untuk menjawab kemungkinkan platform yang lebih mendalam.

Perdagangan sosial merupakan perpaduan sistem hybrid, artinya kamu bisa melakukan perdagangan baik dari media sosial maupun e-commerce. Perpaduan kedua platform tersebut telah menjadi satu, dan menerapkan fitur terbaik dari masing-masing platform tersebut. Melalui media sosial dapat dipastikan bahwa pelanggan bisa terlibat dengan merek dan membeli secara real-time, sementara dengan fungsi e-commerce bisa memfasilitasi seluruh prosesnya.

Lalu, apa pentingnya perdagangan sosial (social commerce) bagi merek, dan yang lebih penting lagi yang harus kamu ketahui di tahun 2022 ini adalah, tren apa yang sedang terjadi pada perdagangan sosial untuk tahun 2022?. Jika sebelumnya saya pernah memposting artikel dengan judul 5 Tren Baru di Media Sosial Yang Perlu di Ketahui, maka pada postingan ini saya akan coba menjelaskan kepada kamu tentang tren sosial commerce tahun 2022.

Perdagangan Sosial Berdasarkan Jumlah

Berdasarkan fakta yang menunjukan bahwa perdagangan sosial merupakan alat pemasaran dan bisnis yang penting untuk digunakan pada saat ini, untuk itu maka kita perlu membuktikannya dengan angka, agar data yang disajikan terkait perdagangan sosial menjadi sesuatu yang terukur (measureable). Dan bagaimana angka-angka tersebut bisa membuktikanya. Mari kita lihat beberapa statistik perdagangan sosial untuk tahun 2022. Dan semoga dari data tersebut bisa memberi harapan dalam beberapa bulan mendatang.

5 Statistik Perdagangan Sosial yang Perlu Kamu Ketahui

  1. $45,74 miliar merupakan nilai penjualan perdagangan sosial yang diperkirakan akan berlangsung di AS pada tahun 2022
  2. 8 dari 10 bisnis di Amerika berencana menggunakan perdagangan sosial dalam 3 tahun ke depan
  3. 36% pengguna internet adalah pembeli yang berasal dari platform perdagangan sosial
  4. Nilai rata-rata pesanan sosial pada tahun 2020 adalah $81,05
  5. Lebih dari 130 juta pengguna internet terlibat dengan postingan belanja Instagram setiap bulannya

Angka-angka ini memberikan gambaran yang cukup jelas tentang apa yang mampu dilakukan oleh social commerce, dan yang lebih penting, bagaimana hal itu telah mengubah dunia belanja online.

Mengapa Social Commerce Penting?

Berdasarkan statistik yang disebutkan di atas, maka kita bisa melihat bagaimana perdagangan sosial (social commerce) mengambil alih ruang online. Alasannya cukup sederhana, yaitu para pembeli online lebih merasa nyaman. Dari segi penggunaan platform juga pembeli online meraasa dimudahkan karena  tidak terlalu banyak bernavigasi menggunakan tab yang berbeda, mereka bisa langsung membeli tanpa harus njlimet mengikuti perintah-perintah yang membosankan.

Instagram adalah salah satu contoh dari bentuk perdagangan sosial yang bisa digunakan meningkatkan relevansi bisnis, Dan kemudian juga TikTok ikut mejadi platform perdagangan sosial juga. Kamu mungkin bertanya apakah saa sudah terlambat untuk memulai TikTok sebagai paltform social commerce?, tentu saja tidak. Tidak ada kata terlambat untuk menggunakan platform digital baru untuk mendapatkan keuntungan bisnis kamu. 

Jika kamu ingin membangun reputasi merek yang lebih kuat dan ingin meningkatkan penjualan bisnis kamu, maka memanfaatkan perdagangan sosial Social Commerce untuk saat ini merupakan cara yang terbaik untuk bisa kamu lakukan. Dan sebenarnya yang harus kamu sadari adalah, jika kamu tidak menggunakan perdagangan sosial ini, maka ingatlah bahwa kompetitor kamu pastinya akan melakukan perdagangan sosial menggunakan platform social commerce lainnya yang akan mempersempit pasar kamu.

Tren Perdagangan Sosial

12 Tren Perdagangan Sosial Tahun 2022

Berbicara tentang perdagangan sosial (social commerce) pada tahun 2022, maka kondisi yang bisa kita lihat saat ini adalah bahwa perdagangan sosial tersebut terus mengalami perkembangan yang cukup pesat. Kondisi semacam ini, sebaiknya bisa menjadi kesempatan bagi dunia bisnis untuk memanfaatkan pengalaman dalam perdagangan sosial, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar bisa unggul dalam persaingan. 

Berikut adalah beberapa tren yang diharapkan bisa untuk kamu lihat, agar kamu bisa menjalankan bisnis kamu sesuai dengan trend-trend yang teradi pada perdagangan sosial.

1. Manfaatkan Bagian Depan Toko Instagram (Shopfront)

Kita tentunya sudah tidak meragukan lagi bahwa Instagram sudah menjadi platform visual yang sudah merajai media sosial, jadi saat ada visitor datang ke etalase, Kamu tahu itu akan menjadi cara terbaik untuk menampilkan atau mendisplay produk dari bisnis kamu secara visual. Hal ini tentunya akan memudahkan pengguna atau pengunjung instagram kamu untuk menemukan produk baru dan memungkinkan merek untuk mengkurasi koleksi mereka. Seberapa nyaman itu?.

2. Gunakan Chatbots Sebagai Customer Service

Dengan menggunakan Chatbots maka akan bisa memfasilitasi percakapan dengan pelanggan bisnis kamu dan bisa memberikan solusi dari permasalahan, dan ini yang sangat dibutuhkan. Dengan berinvestasi lebih banyak untuk mendapatkan fungsi ini, maka chatbots akan bisa membantu pelanggan untuk memilih produk yang bisa memenuhi kebutuhan mereka.

3. Gunakan Influencer untuk jangkauan lebih luas 

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan jangkauan sosial kamu adalah dengan menggunakan jasa influencer. Kamu bisa memutskan untuk bergabung atau bekerjasama dengan seorang inluencer yang sudah mengetahui merek bisnis kamu, dan minta mereka untuk membagikan produk bisnis kamu kepada follower atau pengikutnya, jika ini bisa kamu lakukan maka akan mendorong lebih banyak lagi penjualan produk dari bisnis kamu.

4. Memanfaatkan Platform Sosial media untuk memperkuat Perdagangan Sosial

Platform media sosial seperti halnya, Instagram, Facebook, dan Pinterest saat ini sudah menyematkan fungsi perdagangan sosial di platform mereka. Dengan berinvestasi dalam platform ini, tentunya akan bisa membawa bisnis kamu ke tingkat yang lebih tinggi, dan dengan berinvestasi di platform yang sejenis maka kamupun sudah siap untuk mengambil alih perdagangan sosial.

5. Sesuaikan Toko Kamu Dengan Pengalaman Pengguna (User Experince)

Pemilihan template yang tepat mungkin akan bisa membantu kamu dalam pembuatan awal toko social commerce kamu. Akan tetapi kemampuan untuk meningkatkannya dan menciptakan pengalaman pengguna (user experience) yang unik jauh akan lebih membuat toko kamu menonjol dibandingkan dengan toko social commerce yang lain.

6. Lakukan Live Streaming saat mempromosikaan Produk

Live Streaming atau siaran langsung pada social commerce adalah kegiatan dan aktivitas menawarkan produk dan memberikan kesempatan bagi merek untuk berinteraksi langsung secara realtime dengan para audiens mereka dan bertanya jawab secara langsung, jika ini sering kamu lakukan maka akan bisa  meningkatkan penjualan bisnis kamu di social commerce. Jadi, cara ini perlu untuk kamu pertimbangkan jika kamu ingin mendapatkan keuntungan lebih dalam perdagangan sosial ini.

7. Gunakan Jaringan 5G untuk Meningkatkan Level

Penggunaan jaringan 5G akan memungkinkan bagi audien kamu untuk medapatkan pengalaman online yang lebih efisien dan menyenangkan. Dengan penggunan teknologi 5G ini akan mendukung penggunaan AI, VR, dan XR semua itu bisa menjadi bagian dari strategi pemasaran media sosial kamu serta pengalaman belanja online kamu.

8. Manfaatkan Konten Buatan Pengguna - User Generate Content

Saat kamu memasarkan atau mempromosikan produk dan merek kamu, tentunya orang ingin mengetahui kebenaran dari informasi produk yang kamu sampaikan. Inilah pentingnya UGC - User Generate Content, atau konten buatan pengguna, kamu bisa meminta orang-orang membagikan pengalaman belanja online mereka di platform tempat bisnis kamu di jalankan, hal ini akan membantu mengembangkan kepercayaan merek kamu dan meningkatkan penjualan online kamu.

9. Penggunaan Teknologi Suara

Saat ini sudah banyak orang yang menggunakan asisten virtual dan perangkat lunak pengenalan suara untuk bisa menyelesaikan tugas-tugas mereka sehari-hari. Kamu bisa mempertimbangkan teknologi ini untuk mendapatkan pengalaman yang lebih nyaman, kamu bisa memanfaatkan ini untuk menambahkannya ke fungsi pencarian produk atau bisnis kamu.

10. Pertimbangkan Harga Anda

Baik itu online maupun offline, tentunya pelanggan akan tetap mencari harga penawaran yang lebih murah. Untuk itu tawarkan, promosikan atau diskon harga spesial agar mendapatkan trafik kunjungan ke platform toko kamu dan berikan harga khusus bagi pelanggan yang mau kembali lagi berbelanja ke toko kamu, ini sebagai bentuk penghargaan atas kesetiaan mereka.

11. Cari Tahu Keberadaan Pelanggan Kamu

Dalam Perdagangan sosial (social commerce) akan berhasil, jika kamu bisa menjangkau audiens yang tepat sasaran. Jadi, untuk bisa menjangkau target pelanggan kamu, terlebih dahulu yang harus kamu lakukan adalah melakukan riset dan menjangkau pelanggan agar bisa mengetahui dengan tepat di tempat mana mereka terlibat secara aktif.

12. Naiki Gelombang e-Commerce

Pada akhirnya, social commerce atau perdagangan sosial  itu terjadi dikarenakan pelanggan melakukan lebih banyak pembelian secara teratur di ruang online. Maka dari itu gunakan ini semua untuk membentuk pendekatan perdagangan sosial kamu sehingga pada akhirnya kamu aka menuai hasilnya.

Itulah trend perdagangan sosial di tahun 2022, Jadi saran saya segeralah bergabung dengan platform Social Commerce, Meskipun social commerce masih merupakan fenomena yang cukup baru, namun ini telah berkembang pesat dalam beberapa bulan terakhir. Dengan mendapatkan pengalaman perdagangan sosial lebih cepat, bisa membantu bisnis kamu dengan baik. 

Tidak ada komentar untuk "12 Tren Perdagangan Sosial Tahun 2022"