Widget HTML Atas

Bagaimana Cara Berjualan di TikTok

Bagaimana cara berjualan di TikTok

Bagaimana Cara Berjualan di TikTokSaat kamu sedang bermain TikTok, mungkin kamu pernah atau bahkan sering menemukan konten kreator yang menawarkan produk dari jualan mereka di TikTok Shopping, Nah jika kamu ingin mengikuti jejak mereka kamupun juga bisa untuk berjualan di TikTok tanpa harus keluar dari aplikasi ini.

Sebelum Agustus 2021, belanja TikTok terjadi secara organik melalui Content Creator atau si Pembuat konten dengan merujuk produk di umpan (feed) mereka, dan selanjutnya audien atau pemirsa akan digiring atau diarahkan agar mereka mengunjungi dan melakukan transaksi ke website eCommerce atau onlineshop mereka.

Namun sekarang, TikTok mengumumkan untuk menggandeng Shopify dan meresmikan TikTok Shopping sebagai fitur baru di TikTok. Pengalaman berjualan online pada platform ini telah lama ditunggu-tunggu akhirnya hadir juga cara belanja dalam aplikasi dan pencarian produk yang disederhanakan dalam platform ini. Kamu bisa berbelanja di TikTok tanpa harus  meninggalkan aplikasi.

Apa itu TikTok Shop?

TikTok Shop atau Toko TikTok adalah fitur belanja yang bisa kamu akses langsung di platform TikTok, hal ini bisa memungkinkan bagi pedagang atau seller, merek atau brand, serta content creator untuk menawarkan produknya langsung di TikTok. Penjual dan pembuat konten bisa menjual produk melalui video in-feed, LIVE, atau menggunakan tab etalase produk. TikTok Shop atau Toko TikTok ini bisa kamu manfaatkan sebagai salah satu Tips Pemasaran Menggunakan TikTok Marketing

Siapa Pengguna fitur TikTok Shop?

TikTok menyematkan fitur toko pada aplikasi agar penggunanya bisa melakukan transaksi dan berbelanja di TikTok, TikTok sendiri menargetkan penggunaan fitur ini untuk mereka yang berada dalam salah satu dari empat kategori ini:

  • Penjual /Seller
  • Pencipta /Content Creator
  • Mitra / Partner
  • Afiliasi / Affiliate

Jika pengguna TikTok adalah seorang Penjual atau seller, syaratnya ia harus berlokasi di Inggris, Cina daratan, Hong Kong, atau Indonesia. Mereka juga harus bisa membuktikannya dengan nomor telepon dari wilayah tersebut, sertifikat pendirian untuk bisnisnya, dan bisa menunjukan identitas resmi usahanya.

Jika kamu adalah seorang Content Creator atau pembuat konten, maka syarat untuk menggunakan fitur Toko TikTok adalah akun kamu harus memiliki  reputasi yang baik di mata TikTok. Selain itu, kamu juga harus memenuhi syarat sebagai berikut:

  • Memiliki lebih dari 1.000 follower
  • Memiliki lebih dari 50 tayangan video dalam 28 hari terakhir
  • Berusia minimal 18 tahun
  • Sudah memposting video di TikTok dalam 28 hari terakhir

Jika kamu sudah merasa memenuhi persyaratan tersebut diatas kamu sudah bisa mencentang semua kotak tersebut, dan Kamu sudah bisa mendaftar melalui Aplikasi Pembuat Toko TikTok.

Daftar TikTok Shop

Jika pengguna TikTok merupakan seorang Mitra resmi dari TikTok, maka pengguna tersebut harus memiliki sudah memiliki usaha yang sudah terdaftar secara legal dan resmi di negara-negara yang tercantum berikut ini:

  • Cina
  • Indonesia
  • Italia
  • Malaysia
  • Filipina
  • Singapura
  • Thailand
  • Turki
  • Inggris
  • Vietnam

Dan jika pengguna TikTok adalah seorang Affiliate atau afiliasi, maka pengguna tersebut harus terdaftar sebagai penjual TikTok Shop dari negara :
  • Inggris Raya
  • China Daratan dan Penjual SAR Hong Kong (khusus lintas batas)
  • Indonesia
  • Malaysia
  • Thailand
  • Vietnam
  • Filipina atau
  • Singapura

Cara Membuat TikTok Shop

Jika kamu ingin membuat Toko TikTok kamu sendiri, Kamu bisa memilih sebagai seorang Penjual atau Seller. Untuk mendaftarkan siri sebagai seorang penjuaal kamu bisa menuju ke Pusat Penjual TikTok untuk mendaftar.

Silahkan unggah semua dokumen yang diperlukan, tambahkan produk kamu, kemudian tautkan rekening bank kamu!, jika semua persyaratan tersebut terpenuhi maka Selamat, Kamu sudah resmi menjadi pedagang atau Seller di TikTok.

Cara membuat TikTok Shop

Dari sini, kamu bisa terus menambahkan produk baru ke Toko TikTok kamu di Seller Center. Disana kamu bisa mengelola toko, inventaris, pesanan, promosi, kemitraan pembuat konten, dan layanan pelanggan kamu, semua bisa kamu lakukan di Seller Center.

Apa itu TikTok live shopping?

Belanja langsung di TikTok atau TikTok Live Shopping merupakan aktivitas bagi pedagang atau pembuat konten dengan menyiarkan streaming atau secara langsung yang bertujuan untuk memajang  dan menjual produk mereka. Melalui TikTok Live ini pemirsa bisa mendengarkan, dan bisa memasukkan barang ke keranjang belanja TikTok mereka, dan membeli produk ysnng di jual seller tanpa meninggalkan aplikasi.

Tips meningkatkan penjualan melalui TikTok live shopping

Fitur TikTok Shopping sedikit mirip dengan Instagram Shopping atau belanja di platform sosial lainnya. Hal pertama yang harus di dahulukan, jika kamu belum yakin, cari tahu cara menjual barang dagangan kamu di TikTok. Kemudian, buat rencana untuk menjual produk kamu dengan mempertimbangkan hal-hal berikut.

1. Optimalkan katalog produk kamu di TikTok

Etalase TikTok kamu merupakan tab belanja di akun kamu. Jika kamu ingin mengoptimalkannya agar bisa menarik pelanggan, upayakan agar display produk yang kamu jual tertata rapi, karena audien tidak akan menyukai toko yang berantakan; ini berlaku juga untuk katalog produk kamu di TikTok Shop.

Fokuslah pada kualitas dan gaya saat kamu menambahkan gambar produk.Sebagai analogi, saat kamu mau membeli produk tentunya  kamu akan melihat produk tersebut terlebih dahulu, bukan? Nah untuk itu jadikan foto produk kamu mudah dikenali sebagai brand atau merek kamu dengan tetap konsisten mempertahankan estetika TikTok yang lainnya.

Mengoptimalkan katalog produk di TikTok Shopping

Judul produk kamu harus di bawah 34 karakter yang merupakan batas pemotongan. Masukkan informasi dasar tentang produk kamu. Deskripsikan produk kamu lebih panjang, di sini, kamu bisa menulis semua detail yang ingin kamu sampaikan. Catatan: tautan dalam deskripsi produk di TikTok tidak dapat diklik.

2. Beri tahu audiens kamu tentang TikTok Shop kamu

Segera beritahukan kepada semua orang, setelah kamu mendapatkan akses ke Toko TikTok kamu (TikTok Shop). Buat beberapa akun TikToks yang menunjukkan kepada audiens kamu di mana tab belanja kamu berada dan beritahukan kepada audiens kamu bagaimana cara membeli produk yang kamu jual.

3. Promosikan produk kamu

Setelah TikTok Shop kamu siap dipublish, dan orang-orang sudah tahu tentang produk yang akan kamu jual, mulailah untuk mempromosikannya! mention atau sebutkan nama mereka pada postingan kamu, tampilkan pada saat kamu melakukan streaming langsung atau live kamu, dan tambahkan sapaan produk baru pada bio Kamu.

Jika kamu ingin memastikan bahwa orang memperhatikan produk kamu, jangan takut untuk berkreasi dengan melakukan promosi untuk toko kamu. Tidak perlu colokan yang membosankan atau deskripsi produk yang membosankan — sebutkan apa yang tersedia dan tawarkan beberapa humor juga! kamu bisa mengambil satu halaman dari buku Glossier dan memfilmkan infomersial yang sangat lucu:

@glossier

4. Bekerjasama dengan influencer

TikTok lebih dari sekadar platform media sosial shingga keberadaanya dijuluki sebagai fenomena budaya. Jika kamu tidak memiliki pengalaman atau ide dalam tren unik, subkultur, dan konten komedi di dalamnya, Mungkin akan lebih baik kamu menyerahkan pembuatan konten ke konten kreator yang sudah professional dalam menjalankan platform.

Jika kamu sudah menemukan influencer yang tepat untuk merek kamu, tentunya hal itu akan merubah cara penggunaan TikTok. Berkolaborasi dengan content creator TikTok atau Tiktoker yang benar-benar berpengalaman dalam menjual bisa memberikan banyak keuntungan untuk merek kamu. 

Berikan mereka kebebasan berkreatif untuk mengekspresikan diri dengan cara mereka sendiri, dengan begitu kamu bisa mengetahui seberapa banyak merek yang melibatkan audiens baru dan menjual produk kamu.


Tidak ada komentar untuk "Bagaimana Cara Berjualan di TikTok"