Widget HTML Atas

10 Rahasia Sukses Jasa Digital Marketing Agency

Jasa Digital Marketing Agency


10 Rahasia Sukses Jasa Digital Marketing AgencySetiap bisnis apapun yang kita bangun, tentunya kita ingin agar produk yang kita tawarkan pada bisnis kita selalu dibanjiri oleh pelanggan atau customer. Tetapi sayangnya hasil tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Dan salah satu faktor penyababnya bisnis sepi adalah karena tidak menggunakan strategi digital marketing yang efektif. 

Jika kamu bisa membaca ini sebagai peluang, maka dari sinilah kamu bisa memulai untuk menaangkap peluang tersebut dengan membuka agen pemasaran digital yang sebenarnya bisa menjadi ladang bisnis yang potensial bagi kamu, karena pemasaran digital ini akan terus tumbuh dan berkembang seiring dengan kesadaran para pelaku usaha yang ingin beralih ke ranah digital.

Semua orang tentunya akan menggunakan jasa kamu untuk meningkatkan bisnisnya jika kamu bisa memberikan layanan kepada mereka dalam hal memberikan jangkauan, visibilitas dan peringkat produk mereka untuk bisa diakses oleh market digital. Akan tetapi, hal ini bisa kamu penuhi jika kamu memiliki komitmen untuk membangun Jasa Digital Marketing Agency yang sukses.

Tentunya tidak semua jasa layanan digital marketing bisa kamu berikan kepada klien kamu. Untuk itu buatlah sebuah paket lengkap yang nantinya bisa kamu tawarkan kepada klien kamu. Pada postingan kali ini saya akan memberikan beberapa praktik rahasia yang bisa mempengaruhi kesuksesan jasa digital marketing agency kamu.

1. Menjaga jangkauan prospek

Tidak masalah posisi bisnis agensi pemasaran kamu saat ini berada dimana, karena yang terpenting bagi kamu untuk diketahui adalah bahwa agensi kamu akan terbantu tumbuh berkembang adalah seiring dengan apa yang dilakukan kliendalam melakukan pencarian secara terus menerus. Prospek yang kamu target tidak akan pernah cukup. 

Semakin banyak prospek yang kamu targetkan maka semakin banyak penawaran yang akan kamu dapatkan, dan semakin banyak penawaran yang kamu dapatkan, maka semakin banyak kesuksesan yang akan menghampiri kamu. Namun demikian juga, jangan pernah kamu putus asa saat kamu gagal menjangkau target pasar kamu. 

Saat kehilangan prospek atau harus memutuskan untuk tidak bekerja sama dengan mereka. Terkadang, kamu memang harus lebih selektif untuk memilih prospek demi kesejahteraan dan masa depan bisnis agensi kamu. Dan perlu kamu sadari, jika ada prospek tertentu yang tidak cocok untuk kamu, maka itu bukanlah akhir dari bisnis yang sedang kamu jalani.

Masih banyak strategi lain dalam pencarian calon pelanggan yang bisa kamu lakukan untuk mendorong agensi pemasaran digital Kamu. Yang terpenting bagi kamu adalah teruslah mencoba sebanyak mungkin strategi-strategi lain sampai kamu mendapatkan strategi yang paling cocok untuk kamu terapkan dalam bisnis agensi kamu.

2. Tarik prospek dengan penawaran lebih

Saat kamu terus menargetkan prospek kamu dan meminta beberapa dari mereka untuk menghubungi kamu kembali, hal yang paling penting agar bisa menarik mereka adalah dengan menawarkan tawaran yang bisa membuat mereka tidak bisa tolak. Perlu kamu sadari bahwa prospek kamu ini juga memiliki banyak pemasar yang menjadi kompetitor kamu yang menargetkan mereka . 

Jangan kamu berpikir hanya karena kamu berhasil membuat kontak maka kamu sudah aman menjalin kerjasama denganya, ini bukan jaminan. Hal-hal yang terkait dengan agensi pemasaran digital adalah bahwa sebagian besar pemasar dan agensi saat ini adalah dengan meminta pembayaran di muka untuk melakukan pekerjaan yang belum dikerjakan.

Agen pemasaran digital meminta pembayaran di muka untuk suatu pekerjaan yang akan dilakukanya. Hal ini sebenarnya agak logis, mengingat proyek pemasaran digital membutuhkan waktu dan upaya untuk menunjukkan hasil yang sempurna. Akan tetapi, hal ini tidak menjamin pemilik bisnis akan merasa sudah mendapatkan pekerjaan maksimal dari apa yang sudah mereka bayar.

Untuk membuat mereka merasa nyaman, mungkin kamu bisa memberikan tawaran menarik untuk mereka; misalnya, masa percobaan gratis atau diskon untuk SEO atau iklan berbayar yang menjadi cara yang baik untuk menunjukkan kemampuan agen pemasaran digital kamu. Atau jika kamu berani, kamu memberikan garansi mendapatkan pelanggan secara gratis dalam waktu singkat.

Jika strategi tersebut kamu jalankan maka bisa menunjukkan kepada klien atau orang yang akan menggunakan jasa agensi kamu, bahwa kamu benar-benar menjalankan agensi yang serius, profesional, dan percaya diri. Ketika kamu memenuhi penawaran awal ini, maka mereka akan jauh lebih memungkinkan untuk menggunakan jasa agensi kamu untuk proyek jangka panjang.

3. Fokus pada cara penyampaian, daripada terlalu menjanjikan

Tentunya kita semua ingin terpilih saat kita menjual jasa kita kepada prospek kita, tetapi juga kita perlu berhati-jati saat kita melakukan promosi saat melakukan hal tersebut, jangan juga terlalu menjanjikan, karena hal tersebut bisa juga membuat kita gagal. Saat menjelaskan strategi kepada klien kamu, yang terbaik adalah mengecilkan ekspektasi dan harapan mereka.

Misalnya, Kamu mungkin bisa saja nenjadikan website klien kamu mencapai peringkat SEO yang diinginkan dalam waktu 3 bulan, tetapi lebih baik kamu jelaskan kepada mereka bahwa mungkin untuk mencapai peringkat tersebut diperlukan waktu selama 6 bulan. Sehingga saat kamu membuatnya bisa mencapai setelah 3 bulan (atau kurang dari 6 bulan), maka klien kamu akan terkesan dengan pekerjaan kamu sehingga mereka puas dan akan tetap bergabung dengan agen pemasaran digital kamu.

4. Mulailah dengan sepenuhnya menjalankan satu niche

Sebagai agen pemasaran digital, tujuan kamu adalah merencanakan dan melaksanakan kampanye pemasaran untuk klien kamu tanpa terlalu memperhatikan ceruk pasar mereka. Kamu bisa mendapatkan wawasan tentang ceruk ini saat kamu menjalankanya. Tetapi sebagai agensi pemasaran digital pemula, akan sangat bermanfaat untuk memiliki setidaknya satu ceruk tertentu yang betul-betul kamu kuasai.

Saat kamu berbicara istilah niche dan menunjukkan minat kamu di dalamnya, maka kemungkinan besar klien dari niche itu akan lebih cenderung memilih jasa agensi digital marketing kamu. Dan ini tentunya juga bisa membantu kamu masuk ke detail seluk beluk dan spesifik klien di pasar, sehingga bisa memberikan solusi yang lebih baik.

5. Mengalihdayakan bagian yang tidak terlalu penting

Kamu tidak harus melakukan semua pekerjaan sendiri. Bahkan juga jika kamu memiliki karyawan tetap, mereka tidak perlu membuang waktu dan tenaga mereka untuk tugas-tugas yang kasar dan tidak produktif. 

Kemudahan pemasaran digital adalah semuanya bisa dilakukan secara online. Oleh karena itu, kamu juga bisa menemukan bantuan online untuk beberapa pekerjaan kasar. Bekerja dengan pekerja lepas (freelancer) atau asisten virtual untuk hal-hal seperti ini tentunya akan menghemat banyak waktu dan uang kamu sehingga kamu bisa lebih fokus pada hal-hal yang lebih mendesak. 

Kamu juga bisa menggunakan perusahaan lain untuk mengintegrasikan pemasaran digital kamu atau solusi relevan lainnya untuk memudahkan dan merampingkan pekerjaan kamu.

6. Mendengarkan suara klien

Sebagian besar pemilik bisnis saat ini menyadari bahwa mereka membutuhkan pemasaran digital, tetapi mereka mungkin tidak mengerti apa-apa tentang pemasaran digital. Yang ingin mereka tau adalah bagaimana mereka bisa mencapai tujuan bisnis mereka sendiri.

Jadi, jika ada klien yang memberi tahu kamu bahwa mereka ingin mendapatkan lebih banyak pelanggan sehingga mereka dapat mempekerjakan lebih banyak orang dan memiliki lebih banyak waktu luang untuk diri mereka sendiri, maka kamu jangan coba-coba mengajak mereka berbicara tentang SEO, Google, dan iklan media sosial. 

Klien kamu justru akan merespon positif jika kamu menunjukkan pemahaman tentang situasi dan kendala bisnis yang mereka hadapi, dan untuk selanjutnya kamu bisa menjelaskannya kepada mereka sesuai dengan bahasa yang bisa di pahami oleh mereka sendiri, katakan dan jelaskan bahwa kamu juga bisa mewujudkan apa yang menjadi tujuan mereka.

7. Tawarkan keterampilan pemasaran yang berbeda

Beberapa aspek dan keterampilan yang berbeda masuk ke dalam istilah yang luas yaitu pemasaran digital (digital marketing). Kamu tidak perlu memulainya dengan menawarkan setiap keterampilan kamu untuk mengenalkan agensi digital marketing kamu, tetapi cukup beberapa saja, karena ini akan lebih efektif, dalam hal membuat nama jasa agensi kamu dan kamu bisa mengembangkannya dari sana.

Sebagai permulaan, pastikan bahwa agensi pemasaran digital kamu menawarkan jasa SEO, pembuatan prospek, AdWords, dan iklan media sosial.

8. Menjaga hubungan jangka panjang dengan klien

Klien kamu bisa berubah pikiran kapan saja dan mendadak mereka memberi tahu bahwa mereka tidak ingin kamu menjalankan iklan untuk mereka lagi atau tidak memerlukan layanan SEO kamu. Jika yang terjadi seperti itu, tentunya kamu tidak juga bisa memaksa klien kamu, untuk itulah kamu harus mempunyai strategi untuk menjaga klien jangka panjang.

Pada saat kamu melakukan pembuatan prospek dan meningkatkan peringkat website untuk meningkatkan SEO klien, Kamu bisa mempertahankan prospek dan website tersebut setelah mereka memutuskan untuk menghentikan kerjasam dengan kamu. 

Bagaimanapun juga, mereka adalah milik kamu. Kamu juga bisa membuat tautan balik berkualitas tinggi yang tidak bisa dihilangkan dari website saat kamu menjalankan proyek optimasi website dari klien kamu.

9. Menggunakan sistem pembayaran elektronik

Apa yang kamu lakukan untuk melakukan penagihan saat menjalankan agensi pemasaran digital dan meminta cek tertulis dari klien kamu?. Bayangkan bagaimana reportnya jika mereka harus menulis cek setiap bulan untuk layanan kamu, tentunya mereka juga akan lebih cenderung mempertimbangkan berapa nilainya. Belum lagi bahwa pembayaran bulanan melalui cek mungkin tampak cukup mahal bagi mereka untuk beberapa transaksi.

Opsi lain yang perlu kamu jalankan adalah pembayaran elektronik, dan lebih khusus lagi, pembayaran elektronik mingguan , ini akan jauh lebih bermanfaat bagi agensi pemasaran digital kamu. Mereka akan lebih mudah, terutama bila kamu memiliki opsi pembayaran otomatis. Mengambil potongan kecil dengan pembayaran otomatis elektronik setiap minggu tidak akan tampak berlebihan atau boros dibandingkan dengan menulis cek besar setiap bulan.

10. Selalu berpikir jangka panjang

Ada kalanya klien kamu akan terlambat dengan pembayaran mereka atau mungkin mengajukan penawaran kesepakatan yang mungkin sedikit tidak menguntungkan bagi kamu. Jika demikian tentunya kamu juga tidak boleh mengurangi nilai standar pelayanan kamu, akan tetapi jika klien tersebut adalah orang yang sudah memiliki pengalaman baik dengan kamu, ada baiknya kamu lakukan pertemuan secara personal.

Jika itu kamu lakukan tentu mereka akan lebih menyenangkan untuk diajak bekerja sama dan mereka akan memberikan referensi yang mungkin ini akan sangat dibutuhkan bagi bisnis agensi  kamu, sehingga pada akhirnya akan membuat situasinya sangat berharga. 

Perlu kamu ingat bahwa dunia bisnis jasa digital marketinng agency tidak semuanya hitam putih. Untuk itu temukan area abu-abu kecil kamu, di mana kamu bisa menetapkan diri kamu sebagai otoritas pengendali bisnis jasa agency kamu.

Itulah 10 Rahasisa sukses membangun jasa digital marketing agency yang mungkin bisa dijadikan referensi bagi kamu yang tertarik dalam dunia digital marketing untuk memulai usaha membangun jasa agency pemasaran digital atau online.

Silahkan baca juga artikel terkait:

Tidak ada komentar untuk "10 Rahasia Sukses Jasa Digital Marketing Agency"