Mengenal Digital Marketing dan Internet Marketing

Apa itu Digital Marketing?

Dalam dunia internet kita sering mendengar istilah Digital Marketing atau pemasaran digital, apa itu digital marketing?. Digital marketing adalah kegiatan pemasaran proses dan perencanaan strategi yang mencakup semua upaya pemasaran yang menggunakan perangkat elektronik atau internet. Kegiatan bisnis yang memanfaatkan saluran digital seperti mesin pencari, media sosial, email, dan situs web lain untuk terhubung dengan pelanggan dan calon pelanggan. 

Digital marketing adalah istilah luas yang menggambarkan serangkaian proses pemasaran yang merangkum semua saluran digital yang tersedia untuk mempromosikan produk atau layanan atau membangun merek digital. Digital Marketing ada untuk menggantikan pemasaran tradisional dan transisi dari iklan kertas dan surat kabar ke kampanye sosial media.

Kanal Digital Marketing terbentuk melalui Situs Web, platform media sosial, penempatan Banner, pemasaran email, pemasaran seluler, SEO, kampanye bayar per klik, TV Web, SMS, papan iklan, dan apa pun yang berhubungan dengan perangkat digital.

Apa itu Internet Marketing?

Internet marketing adalah bagian dari Digital marketing yang menggunakan media online berbasis internet. Internet marketing merupakan komponen yang paling penting karena sebagian besar kegiatan pemasaran digital berada dalam batas pemasaran Internet.

Berikut adalah kanal atau saluran utama yang digunakan dalam pemasaran internat (Internet Marketing) diantaranya adalah :

#1. Website

Baik website pribadi maupun website perusahaan atau bahkan blog pribadi dengan nama domain sendiri yang dihosting di platform bersama (seperti WordPress atau Tumblr). Untuk mendukungg keberhasilan kampaye, wesbite merupakan media online pertama dan utama yang harus anda gunakan untuk menjalankan kampanye pemasaran digital langkah awal yang anda bangun adalah dengan mempromosikan website terlebih dahulu dengan tujuan untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung. 

#2. Search Engine Marketing - SEM

Pecarian sumber informasi merupakan hal yang utama dalam internet baik pencarian data maupun produk dengan memanfaatkan mesin pencarian atau search engine. SEM merupakan strategi internet marketing dengan memanfaatkan search engine sebagai basis pemasaran. Terdapat dua kegiatan yang harus dilakukan dalam Search Engine Marketing yaitu: 
  • SEO - Search Engine Optimization merupakan teknik pengoptimasian website agar bisa muncul dihalaman pertama mesin pencarian. SEO sendiri ada dua macam yaitu SEO On Page dan SEO Off Page  
  • PSA - Paid Search Advertising merupakan teknik untuk mencari traffik ke website kita dengan cara menempatkan iklan berbayar di mesin pencarian.

#3. Social Media Marketing - SMM

Social Media Marketing merupakan salah satu komponen pemasaran internet dengan menggunakan media sosial dimana kita mengetahui bahwa sosial media ini mendapatkan banyak perhatian dalam beberapa tahun terakhir.

Jutaan pengguna sosial media menghabiskan banyak waktu online mereka di Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, YouTube, LinkedIn, dan platform sosial media lainnya. Fakta ini mengingatkan para digital marketer untuk menganggap serius sosial media dan menjadikannya bagian dari kampanye pemasaran digital.

#4. Content Media Marketing

Pada awal kita melakukan optimasi SEO fokus kita adalah membangun link website namun kondisi sekarang sudah berubah, trend ini sudah berubah sejak tahun 2011. "Content is the king" konten menjadi faktor utama untuk menarik para pengunjung datang ke website kita. Ini berarti bahwa konten yang baik telah menjadi dasar SEO yang sebenarnya dan melalui konten berkualitas anda sudah menciptakan internet marketing.

#5. Email Marketing

Dalam hal pemasaran, email marketing adalah proses mengumpulkan alamat email dari orang-orang yang tertarik dengan produk atau layanan Anda untuk selanjutnya dikirimkan penawaran ataupun newsletter.

Jika anda menganggap dengan kehadiran Sosial Media mematiakn peran maka anda keliru Email tidak mati tetapi sebaliknya, email merupakan salah satu alat paling penting dalam setiap kampanye digital marketing. Meskipun pengaruh media sosial cukup besar, akan tetapi email masih merupakan cara paling efisien untuk mengubah pengunjung atau pembaca menjadi pelanggan.

#6. Mobile Marketing

Mobile Marketing merupakan strategi pemasaran dengan memanfaatkan perangkat komunikasi seluler melalui pembuatan konten atau iklan yang dapat dilihat dan kompatibel untuk perangkat seluler. Untuk mendukung mobile marketing website yang kita bangun harus sudah mobile friendly dan responsive untuk semua perangkat mobile. Penggunaan mobile marketing memungkinkan untuk menampilkan produk di Toko yang terdekat dari lokasi dimana perangkat tersebut aktif.

Semakin banyaknya para pengguna smart phone menjadi dasar pengembangan marketing seluler (Mobile Marketing) dalam dunia bisnis. Hampir 60% trafik yang datang ke website adalah mereka pengguna smartphone, hal ini wajar karena mobilitas masyarakat modern yang dituntut untuk bertindak cepat dan tepat dan perangkat smartphone adalah salah satu pendukung kegiatan masayarakt modern sekarang.

#7. Iklan Banner

Iklan banner adalah media promosi online yang biasa dipasang di website, web seluler, aplikasi seluler, mesin pencari, buletin, Facebook, Twitter, YouTube, dll. Seorang digital marketing akan mencoba mempromosikan produk atau layanan mereka melalui berbagai jenis baner iklan baik berupa; teks, animasi, gambar, video, videotron di berbagai platform.

Kesimpulan

Penting untuk dipahami seorang digital marketing bahwa Internet Marketing atau Pemasaran Internet adalah bagian dari pemasaran digital dan bukan sesuatu yang berbeda. Ketika kita berbicara tentang Digital Marketing, pada dasarnya, yang kita maksud adalah pemasaran Internet plus SMS, WebTV, dan iklan digital.

Dunia bisnis dan perusahaan sudah harus mulai menghargai dan menyadari bahwa betapa pentingnya media sosial sebagai alat pemasaran yang dapat mendukung Konten dan Mobile Marketing.

Tidak ada komentar untuk "Mengenal Digital Marketing dan Internet Marketing"

Berlangganan via Email