Widget HTML Atas

Cara Riset Iklan Pesaing di Facebook dan Instagram

Cara Riset Iklan Pesaing di Facebook dan Instagram - Apakah Kamu sedang mencari ide bagaimana cara meningkatkan iklan Facebook dan Instagram Kamu? Apakah Kamu penasaran apa yang dilakukan pesaing Kamu?. Pada postingan kali ini, Saya akan memberitahu kepada Kamu bagaimana cara melakukan riset kampanye iklan yang dilakukan oleh pesaing Kamu di Facebook dan Instagram, serta bagaimana memanfaatkan apa yang sudah Kamu pelajari dalam postingan ini untuk meningkatkan performa iklan Kamu sendiri.

Pada postingan sebelumnya terkait strategi beriklan di facebook saya pernah memposting artikel yang berjudul 9 Cara Meningkatkan Hasil Iklan Facebook, silahkan Kamu baca postingan tersebut untuk menambah wawasan Kamu dalam mempelajari strategi beriklan menggunakan facebook. Dan untuk postingan kali ini masih berkaitan erat tentang Bagaimana Kamu bisa mengoptimalkan iklan facebook Kamu. 

Cara Riset Iklan Pesaing di Facebook dan Instagram

#1: Riset Iklan Facebook dan Instagram melalui Meta Ad Library

Perlu Kamu ketahui bahwa Meta Ad Library bisa digunakan untuk melihat iklan yang dijalankan oleh halaman Facebook atau akun Instagram siapa saja pada waktu tertentu?, Kamu bisa melihat iklan bisnis apa pun, mulai dari pesaing Kamu secara langsung, sampai akun instagram perusahaan mana yang ingin Kamu saingi nantinya.

Meta Ad Library Facebook

6 Hal yang bisa Kamu Pelajari Dari Meta Ad Library

Pustaka Iklan Meta (Meta Ad Library) bisa mengungkapkan banyak hal yang bermanfaat tentang iklan yang dilakukan oleh pesaing Kamu. Klik tombol Lihat Detail Iklan pada iklan mana saja untuk mempelajari lebih lanjut.

1. Bagaimana Pesaing Kamu Memposisikan Penawarannya?

Pustaka iklan dapat mengungkapkan penawaran dan memberi tahu posisi pesaing Kamu. Kamu bisa menggunakan informasi tersebut untuk memahami bagaimana pesaing Kamu bisa berkembang dan menginformasikan penawaran dan usaha Kamu sendiri.

Misalnya, apakah pesaing Kamu menawarkan diskon dalam iklanya? Ada baiknya hal-hal seperti ini perlu Kamu ingat saat Kamu merencanakan penjualan atau saat spesial momen Kamu sendiri. 

Apakah pesaing Kamu juga mempromosikan menggunakan lead magnet? Mungkin saja mereka mengembangkan daftar email (email list) untuk dipasarkan ke pelanggan secara langsung, atau bisa juga mempertimbangkan dengan menggunakan saluran lain.

2. Platform Apa yang Digunakan Pesaing Kamu?

Apakah perusahaan lain di industri yang sama dengan Kamu kebanyakan beriklan di Facebook? Apakah mereka beriklan secara eksklusif di Instagram? Bagaimana mereka menggunakan Messenger atau Audience Network?

Melalui Pustaka Iklan ini akan menampilkan platform apa saja yang mereka pakai untuk beriklan sehingga Kamu bisa melihat mana yang dimanfaatkan oleh pesaing Kamu. Jika bisnis lain di ruang Kamu sebagian besar menggunakan Instagram, misalnya, maka Kamu bisa mempertimbangkan untuk menguji beberapa kampanye khusus Instagram.

Mengetahui Platform Pesaing di Perpustakaan Meta

3. Ajakan Bertindak (CTA) Yang Digunakan Pesaing Kamu?

Pustaka Iklan Meta menampilkan seluruh maket iklan, termasuk ajakan bertindak (CTA). Kamu juga bisa melihat bagaimana judul dan deskripsi melengkapinya atau mengarahkan ke CTA untuk mendorong tindakan.

Apakah Kamu cenderung mengulangi CTA yang sama untuk semua iklan Facebook dan Instagram Kamu? Dengan memanfaatkan wawasan atau insight ini, Kamu mungkin bisa menjadikan pesaing Kamu sebagai inspirasi untuk mencoba sesuatu yang berbeda.

4. Kemana Pesaing Kamu Mengarahkan Trafiknya?

Halaman website atau landing page tidak selalu muncul di menu pencarian atau navigasi website pesaing Kamu, oleh karena itu bisa membuat pesaing Kamu sulit ditemukan dan dievaluasi.

Untungnya, Kamu bisa mengklik tautan di maket Pustaka Iklan untuk mengunjungi landing page pesaing Kamu secara langsung. Dengan begitu, Kamu bisa mendapatkan lebih banyak wawasan tentang apa yang mereka tawarkan dan bagaimana mereka membangun saluran penjualannya.

5. Jenis Materi Iklan Apa yang Digunakan oleh Pesaing Kamu?

Dari video, gambar hingga grafik dan teks, Pustaka Iklan menginformasikan semua format dan materi iklan yang digunakan oleh pesaing Kamu. Kamu bisa melihat apakah mereka lebih menyukai satu jenis materi iklan daripada yang lain dan apakah mereka menggunakan format khusus cerita atau gulungan (reels).

Cara Mengetahui Materi Iklan Pesaing di Facebook

Dengan menggunakan wawasan ini, Kamu bisa mendapatkan ide untuk menguji atau mengoptimalkan berbagai jenis materi iklan. Tergantung pada apa yang dilakukan oleh pesaing Kamu, Kamu mungkin terinspirasi untuk menguji hamparan teks atau mencoba melakukan eksperimen dengan berbagai durasi video untuk meningkatkan kinerja kampanye iklan Kamu.

6. Apakah Pesaing Kamu Melakukan Kolaborasi?

Jika pesaing Kamu beriklan melalui kemitraan bermerek (branded partnership), maka Pustaka Iklan juga akan menampilkan kedua organisasi di bagian atas iklan. Dan Kamu bisa menggunakan informasi  wawasan ini untuk mendapatkan ide agar bisa dilirik oleh mitra atau influencer, sehingga bisa berpotensi meningkatkan hasil kampanye iklan Kamu.

Cara Mengakses Perpustakaan Iklan Meta

Ada tiga cara untuk bisa mengakses Meta Ad Library. Berikut akan saya jelaskan masing-masing cara mengakses perpustakaan iklan Meta. Mari kita telusuri masing-masing dan jelajahi apa yang bisa Kamu pelajari dari Pustaka Iklan Meta;

1. Cari Pesaing di Facebook

Buka aplikasi Facebook Seluler atau buka Facebook.com di browser. Arahkan ke halaman bisnis pesaing dan scroll ke bawah samoai Kamu melihat panel Transparansi Halaman. Jika Kamu menggunakan laptop atau PC, Kamu akan melihatnya di sudut kiri bawah. Jika Kamu menggunakan aplikasi seluler, Kamu akan menemukannya di bawah panel Tentang (About).

Klik atau ketuk tautan "Lihat Semua" atau "See All" lalu scroll ke bagian bawah panel. Di bagian Iklan Dari Halaman Ini, Kamu akan melihat apakah halaman tersebut sedang menjalankan iklan. Selanjutnya Kamu bisa mengklik tombol Buka Pustaka Iklan untuk mulai menjelajah.

Cara akses Meta Ad Library


Perpustakaan Iklan Meta akan terbuka secara langsung ke iklan aktif perusahaan, lengkap dengan daftar berapa banyak iklan yang dijalankan bisnis dan katalog maket iklan.

Cara Akses Library Meta


Secara default, Pustaka Iklan menampilkan semua hasil dalam urutan kronologis. Tetapi Kamu bisa menggunakan filter untuk melihat iklan Facebook atau Instagram saja. Kamu juga bisa memfilter berdasarkan jenis media untuk melihat iklan dengan gambar, video, atau meme saja. Ada juga bilah pencarian kata kunci tempat Kamu bisa memasukkan istilah atau frasa untuk mempersempit hasil pencarian.

Menemukan Pesaing Library Meta Ads di Facebook


2. Temukan Pesaing Menggunakan Aplikasi Instagram

Kamu juha bisa mengakses Perpustakaan Iklan Meta dari aplikasi Instagram tetapi perlu diingat bahwa Kamu tidak perlu memeriksa aplikasi Facebook dan Instagram secara terpisah. Pustaka Iklan menampilkan semua iklan Facebook dan Instagram yang aktif, tidak peduli aplikasi mana yang akan Kamu gunakan untuk mencari.

Apakah Kamu melihat iklan dari pesaing di feeds Instagram Kamu? Ketuk tiga titik di sudut kanan atas iklan dan pilih Tentang Akun Ini. Lalu ketuk Iklan Aktif untuk mengunjungi pustaka iklan akun.

Menemukan Pesaing di Instagram

Untuk mencari akun langsung dari aplikasi Instagram seluler, ketuk ikon kaca pembesar untuk membuka tab Jelajahi. Pada kotak bar pencarian, masukkan nama pesaing Kamu dan ketuk untuk mengunjungi akun Instagram bisnis.

Dari profil akun, ketuk tanda titik tiga di sudut kanan atas. Lalu pilih Tentang Akun Ini dari menu drop-down. Jika akun menjalankan iklan, Kamu akan melihat opsi Iklan Aktif di menu. Lalu Ketuk tautan untuk mulai menjelajahi iklan perusahaan di Meta Ad Library.

3. Cari Perpustakaan Iklan Meta dengan Kata Kunci

Cara lain untuk mengakses perpustakaan iklan meta, adalah denga mengakses tautan langsung Perpustakaan Iklan Meta www.facebook.com/ads/library/. Dari sana, Kamu bisa menggunakan kotak bar pencarian untuk mencari bisnis atau kata kunci apa pun.

Jika Kamu menelusuri berdasarkan kata kunci, Maka Kamu akan melihat daftar iklan yang terkait dari berbagai bisnis. Opsi ini bisa membantu jika Kamu ingin meneliti industri atau topik daripada bisnis tertentu. Ini juga akan berguna jika pesaing langsung Kamu tidak menjalankan iklan apa pun dan Kamu ingin melihat bisnis lain di ruang Kamu yang beriklan.

Cari Pesaing di Meta Ad Library Dengan kata kunci

#2: Membaca Laporan Perpustakaan Iklan Meta

Dalam kebanyakan kasus, Perpustakaan Iklan Meta hanya menampilkan iklan yang aktif saja. Yaitu Iklan akan muncul di perpustakaan dalam waktu 24 jam sejak tayangan pertama dan menghilang saat tidak lagi aktif. Itu berarti kampanye iklan tersebut sudah selesai atau dijeda sehingga biasanya tidak akan muncul di Pustaka Iklan.

Namun, sebenarny iklan yang tidak aktif bukan berarti iklan tersebut hilang dari Pustaka Iklan, tetapi memang hanya jeis iklan dengan kategori tertentu saja yang masih tetap berada di Pustaka iklan walaupun sebenarnya iklan tersebut sudah tidak aktif lagi. 

Jenis iklan tersebut yaitu iklan yang terkait dengan kategori iklan khusus Isu Sosial, Pemilu, atau Politik Meta. Apa pun dalam kategori ini tetap berada di Pustaka Iklan selama 7 tahun sehingga Kamu bisa merisetnya lebih lama setelah kampanye iklan berakhir.

Cara Melihat Iklan Kategori Khusus Dari Pustaka Iklan

Kamu bisa melihat iklan dalam kategori khusus ini menggunakan alur kerja yang sama seperti di atas. Cari pesaing di Pustaka Iklan dan gunakan menu drop-down di kiri atas untuk memilih Isu, Pemilu, atau Politik.

cara melihat kategori iklan di meta ad library

Iklan dalam kampanye yang sudah selesai atau dijeda ditunjukan dengan status tidak aktif. Beberapa mungkin juga menyertakan catatan bahwa iklan berjalan tanpa penafian kategori khusus, itu berarti Meta sudah menghapus iklan tersebut.

Cara Mengakses Laporan Pustaka Iklan Meta

Disini Kamu juga memiliki opsi untuk menggunakan Laporan Pustaka Iklan untuk mengidentifikasi dan membandingkan pengiklan utama yang menjalankan iklan dalam kategori khusus ini. Klik tombol Laporan Pustaka Iklan di Pustaka Iklan Meta atau gunakan tautan langsung ini: www.facebook.com/ads/library/report/.

Scroll ke bawah ke Pelacak Pengeluaran untuk mencari pengiklan yang menjalankan iklan dalam kategori ini. Kamu bisa menambahkan sebanyak mungkin bisnis yang Kamu inginkan untuk melacak pembelanjaan kategori iklan khusus mereka selama 90 hari terakhir. Misalnya, pelacak menunjukkan bahwa Meta menghabiskan hampir $3,5 juta untuk kategori iklan khusus ini dari akhir November 2021 hingga akhir Februari 2022.

Cara Mengakses Laporan Pustaka Iklan Meta

Disini Kamu juga bisa menggunakan basis data Meta untuk mengidentifikasi pengiklan yang paling banyak mengeluarkan anggaran untuk kategori iklan khusus ini dalam 24 jam terakhir atau selama 90, 30, atau 7 hari terakhir. Selanjutnya Kamu bisa mengklik pengiklan mana pun untuk melihat Pustaka Iklan bisnis, termasuk semua iklan kategori khusus yang aktif dan tidak aktif.

Misalnya, Laporan Pustaka Iklan menunjukkan bahwa selama 90 hari terakhir, Meta adalah pengiklan paling aktif dalam kategori iklan khusus ini, setelah menghabiskan hampir $3,4 juta. Kamu bisa mengklik untuk melihat iklan yang dijalankan pada halaman tersebut, termasuk iklan yang masuk dalam kategori iklan khusus ini.

Cara Mengakses Laporan Pustaka Iklan Meta

Apa yang Bisa Kamu Pelajari Dari Laporan Pustaka Iklan Meta?

Tidak seperti iklan Facebook atau Instagram pada Umumnya, untuk menjalankan iklan kategori khusus ini diperlukan data tambahan supaya bisa dilihat secara umum. Kamu bisa melihat berapa banyak yang telah dikeluarkan pengiklan (advertiser) untuk menjalankan iklan dalam kategori ini melalui penelurusan halaman mereka di Pustaka Iklan.

Misalnya saja, Instagram telah menghabiskan $0 dalam 90 hari terakhir dan lebih dari $17 juta sejak Mei 2018.

Membaca laporan pustaka iklan meta

Iklan individual dalam kategori ini juga memiliki data yang lebih detail daripada penawaran iklan standar. Kamu bisa mengklik tombol Lihat Detail Ringkasan untuk melihat:

  • Jumlah total yang dihabiskan untuk iklan
  • Berapa banyak tayangan yang dihasilkan iklan
  • Siapa yang melihat iklan, termasuk pengelompokan usia dan jenis kelamin
  • Tempat orang melihat iklan, termasuk negara bagian, wilayah, atau propinsi
Membaca laporan hasil iklan di Pustaka iklan meta

Dengan menggunakan data ini, Kamu bisa lebih memahami berapa banyak tayangan yang dapat ditayangkan sesuai budget iklan tertentu. Kamu juga bisa memahami grup demografis mana yang ditargetkan pesaing Kamu dan melihat bagaimana anggaran mereka dibandingkan dengan anggaran Kamu.

#3: Periksa Facebook dan Feed Instagram Kamu untuk Mempelajari lanjut Target Kompetitor

Jika Kamu ingin mengakses data penargetan untuk iklan yang tidak sesuai dengan kategori iklan khusus ini, Kamu bisa mendapatkan informasi tertentu dari umpan Facebook Kamu. Perhatikan bahwa opsi ini bisa membantu Kamu saat sedang mencari banyak ide untuk menjangkau audiens Kamu. Tetapi karena pendekatan ini bergantung pada algoritma Meta, maka tidak banyak kesempatan untuk mencari halaman atau kata kunci tertentu.

Cara Riset Iklan Facebook di Feed Kamu

Buka Facebook di browser atau gunakan aplikasi seluler. Scroll feed Kamu sampai Kamu melihat iklan. Kemudian klik atau ketuk tanda titik tiga di pojok kanan atas postingan yang dipromosikan, lalu pilih Mengapa Saya Melihat Iklan Ini atau "Why Am I Seeing This Ad?" Kamu akan melihat satu atau beberapa parameter daftar Target.

Apa yang Bisa Kamu Pelajari Dari Detail Penargetan Iklan Facebook?

Dalam beberapa kasus, Kamu hanya akan melihat parameter penargetan yang luas seperti usia dan lokasi. Parameter ini cukup umum sehingga kemungkinan tidak akan memberikan insight apa pun yang bisa Kamu gunakan untuk membangun audiens Kamu sendiri.

Akan tetapi pada kasus lain, Kamu bisa mendapatkan ide untuk opsi penargetan terperinci yang mungkin bisa kamu pertimbangkan untuk digunakan pada kampanye iklan Kamu sendiri. Contohnya, iklan di bawah ini menargetkan orang-orang yang tertarik dengan strategi pemasaran atau content Marketing. Jika Kamu mencari cara baru untuk menjangkau pemasar, maka dengan menerapkan penargetan minat ini bisa membantu.

Detailed penaretan iklan facebook

Kamu juga bisa mengetahui jenis audiens yang digunakan bisnis lain. Misalnya, Contoh iklan di bawah ini menggunakan daftar hash, artinya laman tersebut mengunggah daftar pelanggan. Jika Kamu ingin menargetkan pelanggan yang tertarik dengan iklan prospek atau penjualan, pendekatan ini sangat cocok untuk Kamu lakukan sehingga ini bisa membantu Kamu dalam pengoptimalan iklan.

Iklan Facebook tertarget

Pada halaman lain mungkin menggunakan audien yang sama atau menargetkan orang berdasarkan interaksi dalam aplikasi. Contohnya pada iklan dibawah ini yang menargetkan orang-orang yang pernah berinteraksi dengan halaman Facebook merek tersebut.

Facebook iklan tertarget


Dan contoh iklan di bawah ini juga menargetkan pemirsa yang mirip dengan opsi penargetan terperinci.

Facebook iklan tertarget

Kesimpulan

Saat Kamu meninjau iklan Facebook dan Instagram pesaing Kamu, Sangat penting untuk menempatkan semua data dalam perspektif. Beberapa bisnis mungkin tidak menjalankan banyak iklan Facebook atau Instagram tetapi itu bukan berarti mereka tidak beriklan di mana pun.

Pengoptimalan mesin pencari dan alat analisis lalu lintas website bisa memberikan Kamu wawasan tentang saluran sosial media mana yang memiliki dorongan trafik paling banyak untuk pesaing Kamu dan platform iklan mana yang paling sering mereka gunakan. Dalam beberapa kasus, pesaing Kamu juga bisa mengungkapkan materi iklan dan kata kunci, yang bisa membantu Riset Kamu. Misalnya, Kamu bisa membandingkan website Kamu sendiri dengan pesaing utama Kamu atau riset pesaing Kamu satu per satu.

Jika Kamu masih penasaran bagaimana perusahaan berinvestasi di Facebook dan Instagram dibandingkan saluran lain, Kamu bisa mencoba tool atau alat seperti SimilarWeb, tool ini bisa memberi tahu Kamu berapa persentase trafik atau lalu lintas yang berasal dari saluran sosial media. Alat ini juga bisa memberi Kamu rincian berbagai saluran sosial media yang mengarahkan lalu lintas ke website. Sehingga, Kamu bisa melihat hasil perbandingan Facebook dan Instagram dengan saluran lain.

Misalnya, lalu lintas sosial Facebook berasal dari kombinasi YouTube, Facebook Messenger, Instagram, dan saluran lainnya. Namun saluran sosial hanya mendorong 2% dari total lalu lintas situs, yang berarti sebagian besar berasal dari saluran lain.

Dengan konteks tambahan ini, akan lebih mudah untuk memahami bagaimana pesaing Kamu menangani iklan digital. Penggunaan Tool pihak ketiga ini juga bisa membantu Kamu mengidentifikasi strategi dan jaringan periklanan yang mungkin tidak Kamu pertimbangkan sebelumnya, membantu Kamu mengembangkan pendekatan menyeluruh terhadap iklan sosial dan paid digital atau berbayar.

Melalui penggunaan dari kombinasi alat gratis dan berbayar, Kamu bisa mengumpulkan banyak data tentang iklan sosial pesaing Kamu. Dengan informasi ini, Kamu bisa menyempurnakan strategi periklanan perusahaan, bereksperimen dengan lebih banyak materi iklan, menyesuaikan anggaran, atau bahkan menguji platform baru.

Tidak ada komentar untuk "Cara Riset Iklan Pesaing di Facebook dan Instagram"