Widget HTML Atas

Cara Mendapatkan Ide Konten Instagram

Cara Mendapatkan Ide Konten Instagram

Cara Mendapatkan Ide Konten InstagramMungkin bagi kamu yang baru pertama kali terjun ke bisnis online, dan menggunakan channel media sosial Instagram sebagai sarana promosi pengenalan bisnis kamu. Pastinya kamu akan kebigungan saat pertama kali mencari ide konten yang akan di posting dalam instagram bisnis kamu. Pada postingan kali ini saya akan mencoba menjelaskan kepada kamu Bagaimana Cara Mendapatkan Ide Konten Instagram untuk bisnis online kamu.

Sebenarnya, cara mendapatkan ide konten instagram ini bukan sesuatu yang sulit atau sesuatu yang "wahh..!!" banget untuk dilakukan. Akan tetapi, memang bagi pemula pasti akan mengalami kebingungan dan itu wajar saja, karena ini adalah pengalaman pertama bagi mereka yang sedang memulai berbisnis online, mereka masih belum tau bagaimana membuat konten yang relevan dengan bisnis mereka.

Saya akan memberikan satu teknik bagaimana kamu yang baru pertama kali terjun ke bisnis online dengan menggunakan Instagram namun masih kebingungan dalam mencari ide konten. Teknik ini adalah "Teknik Modelling", apa itu teknik modelling?.

Teknik Modelling

Perlu kamu ketahui bahwa, Internet merupakan lautan data dan informasi, jutaan konten tersedia di dalam dunia internet baik diwebsite maupun di sosial media. Jutaan informasi yang terdapat di internet, tentunya akan menjadikan konten yang kita buat tidak akan bisa murni 100%, jadi inilah perlunya kita menggunakan teknik Modelling dalam membuat konten, yaitu dengan metode yang umumnya kita kenal dengan ATM yaitu Amati, Tiru dan Modifikasi.

Lalu bagaimana caranya menggunakan teknik modelling itu?. Tentunya hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mencari sumber ide konten. Sumber ide konten sangat mudah ditemukan, saya biasa menggunakan sosial media seperti Instagram itu sendiri, pinterest, TikTok, Facebook, dll. Kemudian kamu juga bisa menggunakan Google, YouTube, Quora dan platform pencarian ide yang lainnya.

1. Instagram Modeling

Sumber ide konten yang sering saya jadikan referensi dalam membuat konten instagram adalah dengan menggunakan Instagram itu sendiri, kamu juga bisa mencari ide konten dengan memanfaatkan konten-konten instagram yang sesuai dengan jenis dan produk yang kamu jual. 

Bagaimana caranya? 

  • Silahkan kamu buka akun instagram kamu, bisa melalui aplikasi mobile atau Komputer/Desktop dengan browser, kemudian masukan url Instagram. 
  • Selanjutnya silahkan login ke ke akun instagram kamu.
  • Setelah login, dan kamu sudah masuk ke akun kamu, silahkan kamu ketikan di kolom pencarian dengan hashtag yang sesuai dengan bisnis kamu.

Misalkan, bisnis kamu adalah bisnis mainan anak-anak, dan kamu ingin mencari ide konten untuk instagram bisnis kamu, yang terkait dengan mainan anak-anak, maka kamu bisa mendapatkan ide konten dengan mencarinya di kolom pencarian dengan menyertakan tanda pagar atau hashtag seperti contoh gambar dibawah ini: 

Ide konten instagram

Setelah kamu memilih jenis tagar yang sesuai dengan niche bisnis kamu, maka Instagram akan menampilkan banyak postingan konten terkait yang kamu pilih, dalam hal ini saya mengambil contoh konten mainan anak, maka akan disajikan postingan populer dan postingan terbaru, seperti gambar contoh di bawah ini:

Cara Mendapatkan ide konten instgram

Dari konten-konten yang di sajikan oleh Instagram tersebut, kamu bisa mengambil salah satu atau lebih untuk dijadikan ide postingan kamu. Tapi yang harus kamu perhatikan adalah, konten yang kamu buat tidak boleh benar-benar sama persis dengan konten orang lain, kamu hanya mengambil idenya saja untuk kamu Amati dan kamu Tiru, namun untuk konten yang akan kamu posting harus benar-benar asli buatan kamu, silahkan kamu modifikasi ide-ide yang sudah kamu dapatkan dari hasil pencarian di Instagram.

2. Google Modeling

Google mungkin menjadi rujukan pencarian informasi terbesar bagi para pebisnis dalam mengembangkan bisnis dan usahanya, termasuk juga dalam digital marketing untuk pembuatan konten. Google menjadi platform wajib untuk dijadikan referensi pencarian ide, baik itu untuk pencarian kata kunci, infografis, konten sosial media dan informasi lain yang terkait bisnis yang dijalankan oleh si pencari. 

Yang dimaksud modeling google disini adalah, bukan berarti kita meniru konten-konten yang ada di google, karena kita tahu bahwa google bukanlah media sosial yang menyediakan informasi dua arah, Google hanyalah search engine yang hanya menyediakan berbagai informasi data. Maksud modeling google disini adalah mencari sumber informasi dari google, karena melalui google kita akan bisa mendapat banyak link website atau landing page untuk kita modeling.

Bagaimana cara kita memodeling informasi dari google?. Caranya sebenarnya sangat mudah, sama saja dengan mencari informasi umum di google, hanya saja informasi yang kita cari adalah informasi yang benar-benar bisa menjadi inspirasi atau ide untuk bisa diterapkan pada konten kita. Misalkan kita mau mencari tentang Mainan Anak, kita tinggal ketikan saja di form pencarian google, maka seperti biasa google akan menampilkan ratusan atau ribuan website yang sesuai dengan kata kunci yang kita cari.

Ide pembuatan konten dari Google
Silahkan kamu pilih daftar website yang menurut kamu sangat sesuai dengan niche atau topik dari bisnis kamu. Amati Copywritingnya, Tiru model gambarnya lalu kamu Modifikasi konten-konten yang kamu temukan di website tersebut. Jika nantinya yang muncul adalah website-website besar seperti marketplace, silahkan kamu mencari pada halaman berikutnya pada mesin pencarian, cari website-website yang bukan website marketplace.

3. Sumber Informasi YouTube

Pencarian ide konten selanjutnya adalah dengan menggunakan sumber informasi dari Youtube, seperti yang kita ketahui bahwa Youtube menjadi mesin pencarian kedua setelah google, platform situs berbasis video ini menjadi rujukan banyak orang dalam mencari sumber informasi. Konten video yang disajikan oleh situs ini menjadi populer sejak tahun 2007. 

Orang-orang banyak yang suka mencari informasi berbasis video, karena konten yang berbasis video ini cenderung lebih jelas untuk di pahami karena sifatnya yang bukan hanya saja menyajikan informasi tertulis, namun juga di barengi dengan penjelasan detail secara audio visual, sehingga tutorial atau apapun informasi lebih mudah diserap dan di ingat.

Bagaimana caranya? 

Sama halnya seperti google, untuk mencari ide pencarian konten kamu bisa ketikan konten apa yang ingin kamu cari pada kolom atau form pencarian. Setelah kamu mengetikan kata kunci atau keyword yang kamu inginkan, Yotube akan menampilkan ribuan konten yang sesuai dengan topik pencarian kamu. Contoh saya mencari ide untuk membuat konten yang erat kaitanya dengan dunia anak, sesuai bisnis saya, yaitu menjual mainan anak-anak

Pencarian Ide Konten bersumber dari Youtube

Silahkan kamu bisa pilih sajian konten video, kamu bisa simak atau tonton video-video yang sekiranya bisa dijadikan ide dalam pembuatan konten Instagram kamu. Saat menonton konten video, usahakan agar kamu menyimak dengan baik dan jika perlu kamu catat materi-materi yang  ada dalam konten tersebut. Setelah itu silahkan kamu visualisasikan tayangan video tersebut kedalam sebuah Gambar atau infografis yang nantinya akan kamu posting kedalam Instagram kamu.

4. Pinterest

Sosial media yang satu ini, mungkin di Indonesia masih belum terlalu populer jika di bandingkan Facebook dan Instagram, Akan tetapi Pinterest diluar negeri dijadikan sumber referensi dalam pencarian ide dan topik untuk membangun konten yang erat kaitanya dengan digital marketing. Sosial media pinterest ini merupakan sosial media yang berbasis Visual, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sumber inspirasi dan penggalian ide pembuatan konten instagram.

Bagaimana Caranya?

Seperti biasa, Gunakan Hastag atau tagar dalam pencarian topik konten. Silahkan kamu login di akun Pinterest kamu, kemudian kamu masukan kata kunci yang akan dijadikan ide pembuatan konten pada form pencarian, jangan lupa untuk selalu menyertakan tagar atau hasthag saa pencarian informasi, maka akan muncul pilihan konten-konten inspiratif berupa gambar atau video pendek. Silahkan kamu Ambil untuk di Amati, Tiru dan Modifikasi.

Pencarian ide konten dengan pinterest

Oh iya, ada satu hal yang harus kamu ketahui dari Sosial media Pinterest ini, bahwa sosial media ini merupakan sosial media yang mengusung berbagi informasi ide kreatif serta inspirasi segala resep baik makanan maupun hal-hal lain yang bermanfaat bagi penggunanya. Kalau saya pribadi menggunakan pinterest ini untuk sumber traffik blog saya. Tapi diluar sana juga banyak orang menggunakanya untuk ide pembuatan konten. 

Istilah umum yang perlu kamu ketahi tentang pinteres adalah pembuatan Pin dan Board. Dimana Pin adalah konten yang kamu buat atau yang kampulkan, sedangkan Board sendiri adalah nama-nama kumpulan dari masing-masing konten, Board bisa dikatakan sebagai Nama atau Kategori dari masing-masing kumpulan konten yang kamu buat atau yang kamu koleksi

5. Quora

Mungkin kamu pernah mendengar KasKus?. Yah.. itu adalah situs forum lokal yang dulu sempet terkenal dan banyak digunakan oleh orang-orang untuk melakukan interaksi Tanya Jawab dan diskusi terkait topik-topik tertentu. Sama halnya dengan KasKus Quora juga merupakan situs forum yang membahas tentang segala permasalahan dan tanya jawab untuk topik dan ide. 

Di Quora banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang bisa kamu jadikan sebagai sumber inspirasi dalam pembuatann konten. Tanya jawab yang ada dalam Quora memang lebih banyak kedalam format artikel atau tulisan, namun kamu bisa menjadikan pertanyaan-pertanyaan tersebut sebagai ide untuk mentransfernya ke dalam bentuk visual sesuai kreatifitas yang kamu inginkan. 

Bagaimana Caranya?

Silahkan kamu ketikan, pertanyaan apa yang kira-kira akan menampilkan jawaban yang sesuai dengan topik yang kamu cari, dalam hal ini saya masih tetap menggunakan contoh pencarian yang bertemakan tentang anak, karena misalkan, saya berbisnis mainan anak-anak, dan saya ingin memposting di IG saya yang mana kontenya tidak melulu harus berjualan dan saya, kali ini ingin memposting hal-hal yang sifatnya insiratif dan edukatif.

Maka saya membuat konten tentang bagaimana cara mendidik anak. 

Pertama saya buka situs atau website quora, saya login dan kemudian saya cari tema tentang mendidik anak, maka akan menampilkan pertanyaan-pertanyaan seputar cara mendidikn anak.

Mencari ide konten dari quora

Kemudian saya memilih salah satu pertanyaan dengan jawaban yang menurut saya tepat untuk dijadikan sumber ide konten. sebagaimana gambar di bawah ini:

Mencari ide untuk membuat konten Instagram

Dari situ, terlihat bahwa pembahasan terkait pendidikan anak di angkat sebanyak 5,200, di share 241 dan di komen 31, sehingga akhirnya menurut saya ini adalah jawaban yang cocok untuk membuat konten Instagram yang berhubungan bagaimana cara mendidik anak. Selanjutnya saya tinggal memvisualisasikan jawaban tersebut kedalam sebuah template gambar Instagram.

Nah itulah ide, bagaimana cara membuat konten Instagram untuk kamu yang mungkin saat ini kebingungan mau memulai membuat postingan dari mana. 

Sebenarnya ide pembuatan konten tidak hanya bersumber dari ke lima sumber informasi diatas saja, kamu bisa mendapatkan ide-ide konten lain dari sosial media lainnya, bisa dari TikTok, Facebook, Twitter ataupun dari situs-situs berita. Oh iya bagi kamu pebisnis online pemula Silahkan kamu baca juga postingan saya yang berjudul Sukses bisnis online shop di Instagram. 

Tidak ada komentar untuk "Cara Mendapatkan Ide Konten Instagram"