Widget HTML Atas

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Pinterest?

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Pinterest


Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Pinterest? - Apakah saat ini kamu ingin mendapatkan penghasilan tambahan?, apakah kamu ingin memanfaatkan sosial media sebagai ladang mendapatkan cuan?. Bingung mau menggunakan media sosial apa yang tepat untuk menghasilkan?. Pada postingan ini saya akan memberikan info kepada kamu bagaimana cara menghasilkan cuan dengan memanfaatkan  media sosial Pinterest. 

Apa itu Pinterest?. Pinterest merupakan salah jaringan media sosial yang digunakan untuk berbagi konten foto sederhana, Pinterest bisa diibaratkan sebagai papan buletin global kamu sendiri. Pada November 2013, Pinterest memiliki 70 juta pengguna, 80 persen di antaranya wanita, dan sudah menamipilkan 2,5 miliar foto halaman per bulan.

Bagaimana kamu bisa menghasilkan cuan dari Pinterest?. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang dengan Pinterest, dan seiring dengan berkembangnya jaringan pinterest ini maka peluang kamu juga akan bertambah besar. Berikut ini adalah beberapa cara efektif yang harus kamu ikuti agar bisa menghasilkan banyak cuan:

#1. Pilih Passion kamu, ciptakan audiens, dan lakukan penjualan kepada mereka

Tentukan hal apa yang menjadi passion kamu untuk dijadikan konten?, jika sudah menemukannya, maka lakukan pilihan kamu dengan konsisten, Membangun audiens dengan menarget komunitas yang satu frekwensi dengan passion kamu. Jika sudah terbentuk komunitas kamu dimana kamu adalah salah satu diantaranya, maka jual produk yang kamu tawarkan yang sesuai dengan passion kamu dan mereka tentu akan lebih mudah menerimanya.

Misalkan saja kamu seorang yang hobi fitnes, tentunya kamu sangat menyukai kebugaran maka itu adalah passion kamu, dan karena passion kamu tersebut tentunya kamu akan tetap menjaga kebugaran. Langkah yang tepat untuk kamu lakukan adalah memilih target audiens yang sesuai passion kamu tersebut, misalnya target yang kamu bidik adalah wanita berusia dua puluhan yang ingin bugar dan menarik. 

Selanjutnya kamu tinggal membuat akun dan papan Pinterest yang bisa menarik target audiens ini. Ciptakan follower untuk papan yang kamu buat, lalu buatlah group. Jika ada pengguna pinterest yang tertarik dengan konten kamu dan dia memiliki satu juta pengikut atau lebih, maka akan lebih mudah bagi kamu untuk menjual produk kamu ke mereka. Jika kamu masih belum tahu apa yang harus dijual, jangan khawatir. Setelah kamu mempunyai beberapa ribu follower, pemasar akan mendekati untuk untuk meminta penawaran.

#2. Pilih perusahaan untuk dipromosikan produknya, dan mintalah sponsor

Targetkan grup, dan bangun Pengikut di Pinterest seperti yang kita bahas di atas. Lalu pilih perusahaan yang menawarkan produk yang menarik bagi audiens kamu. Tetap dengan audiens "kebugaran" kamu, selanjutnya kamu mencari perusahaan yang menjual produk-produk pendukung kebugaran misalnya yang menjual mesin gym, suplemen, atau minuman olahraga.

Silahkan kamu presentasikan maksud dan tujuan kamu ke perusahaan tersebut, tunjukan data statistik trerkait laporan pengguna Pinterest, dan mintalah sponsor. Tawarkan kesepakatan kepada mereka: mereka dapat menggunakan merek mereka di akun kamu selama setahun.

#3. Promosikan produk afiliasi

Banyak perusahaan berharap banyak para pemasar afiliasi yang mau mempromosikan produk-produk mereka tentunya dengan komisi yang akan diterima saat mereka berhasil menjualkan produknya. Hal ini bisa menjadi peluang bagi kamu untuk menjadi bagian affiliate marketing perusahaan yang menjual produk yang bisa kamu promosikan. Silahkan kamu mendaftar sebagai afiliasi. Selanjutnya promosikan produk di papan kamu, menggunakan tautan afiliasi kamu.

Setelah kamu diterima atau sepakat dengan perusahaan yang ingin produknya di pasarkan, selanjutnya bagaimana caranya menautkan link afiliasinya?. Caranya adalah gunakan layanan pemendekan URL seperti Bitly untuk mengelola tautan atau link yang sudah diberikan oleh perusahan. Dari link tersebut maka bisa melacak pin dan papan pinterest kamu untuk mengetahui jumlah klik.

Perlu kamu ketahui bahwa pinterest melarang aktifitas spamming, jadi secara berkala Pinterest akan mengupdate akun kamu dan jika diketahui kamu melakukan spam, maka pinterest akan mengambil tindakan terhadap spammer pemasaran afiliasi kamu. Lalu bagaimana jika kamu terjebak dalam situasi ini?, Untuk mengantisipasi hal tersebut kamu bisa menautkan pin kamu ke website kamu sendiri, tempat kamu untuk tautan afiliasi.

#4. Gunakan strategi SEO agar akun kamu mudah ditemukan di Pinterest

Jika kamu ingin menghasilkan uang di Pinterest, tentu saja kamu harus bisa membuat orang menemukan pin dan papan kamu, untuk itu, gunakan strategi SEO. Dengan SEO kamu tidak hanya akan ditemukan di Pinterest, tapi juga kemungkinan besar bisa ditemukan melalui mesin pencari utama, seperti Google.

Kamu bisa manfaatkan profil "Tentang Anda". Disini kamu hanya memiliki 200 karakter (sekitar 50 kata.), jadi buatlah profil seringkas dan sejelas mungkin yang bisa mendeskripsikan tentang diri kamu, Jangan lupa untuk menggunakan kata kunci (keyword) yang kamu harapkan banyak dicari oleh orang-orang.

Gunakan juga strategi SEO pada pin kamu. Pinterest menyediakan deskripsi untuk pin sebanyak 500 karakter (sekitar 100 kata), jadi manfaatkanlah dengan menyisipkan kata kunci yang kamu bidik dan jangan lupa memasukan tautan yang menuju ke afiliasi kamu. Sertakan kata kunci secara organik, dan jangan gunakan cara-cara spam.

#5. Buat kontes di Pinterest untuk menjual produk kamu sendiri

Kontes merupakan strategi umum yang biasa digunakan oleh para pebisnis agar bisa membuat orang terlibat dengan merek mereka, Jika kamu ingin menggunakan strategi ini maka usahakan melakukannya dengan baik, sehingga bisa menjadi pemicu orang-orang memikirkan dan membicarakan merek kamu. 

Namun kamu juga harus memikirkan faktor kelemahan dari strategi pembuatan kontes, memang strategi ini bisa membuat orang termotivasi, namun terkadang orang-orang akan menambahkan pin yang sebenarnya tidak mereka minati, itulah sebabnya pin dari kontes sering kali terasa tidak relevan dan bahkan berisi spam. Ini yang perlu kamu perhatikan!.

Perhatikan dan ingat baik-baik mengenai Pedoman Pinterest, bahwa Pinterest selalu menjaga pengalaman bagi penggunanya. Ini menunjukan komitmen yang sungguh luar biasa karena dengan begitu pinterest memastikan bahwa jaringannya akan terus bertumbuh.

#6. Re-pin orang lain untuk memenangkan audiens dan menghasilkan uang.

Pinterest adalah platform jejaring sosial, jadi cara agar kamu bisa aktif di platform ini adalah, melakukan interaksi dengan pengguna lain, Cara paling mudah untuk membuat orang menyematkan ulang pin kamu adalah dengan melakukan re-pin atau pasang kembali pin orang lain ke papan kamu. Sematkan pin orang lain, terutama orang-orang yang ada di audiens target kamu. Dengan begitu mereka akan memperhatikan kamu, dan bahkan mungkin mereka akan mulai mengikuti papan kamu.

#7. Menciptakan uang dengan mengajarkan strategi Pinterest kepada orang lain

Saat Pinterest terus berkembang, maka industri kecil yang ada disekitarnya juga ikut mengalami perkembangan, Mereka tumbuh dan berkembang seiring dengan perkembangan alat atau tool yang yang diciptakan untuk mendukung dan membantu pengguna Pinterest.

Setelah kamu berhasil menggunakan Pinterest dengan baik dan sempurna, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk menghasilkan uang dengan cara mengajarkan strategi bagaimana kamu berhasil menciptakan penghasilan melalui Pinterest kepada orang lain. Kamu bisa membuat e-book dan eCourse yang mengajarkan apa yang menjadi pengalaman kamu berasil membangun penghasilan dari Pinterest.

Itulah Cara bagaimana cara menghasilkan uang dengan Pinterest. Mungkin kamu juga akan memiliki cara untuk mengembangkan strategi kamu sendiri setelah kamu aktif bermain di Pinterest. 

Pada postingan sebelumnya, masih terkait dengan pinterest saya pernah menulis artikel berjudul Merencanakan Strategi Digital Marketing dengan Pinterest. Silahkan kamu baca artikel tersebut untuk memahami apa itu Pinterest.

Tidak ada komentar untuk "Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Pinterest?"