Memulai Bisnis Online Dengan Membangun Online Shop

Memulai bisnis online

Memulai Bisnis Online

Memulai Bisnis Online - Jika kamu masih kebingungan untuk mencari ide bisnis apa yang cocok untuk kamu kerjakan, maka kamu harus segera mengambil keputusan untuk segera memulai bisnis online,  yah, jangan buang waktu percuma untuk terlalu memikirkan untung rugi membanngun bisnis online, karena menurut saya pribadi bisnis model ini tidak berbeda dengan bisnis konvensional lainnya seperti halnya bisnis offline, justru bisnis online ini akan lebih banyak mennguntungkan bagi kamu daripada bisnis offline tentunya bagi yang serius dan konsisten menjalankanya. 

Alasan Kenapa Kamu Harus Memilih Bisnis Online?

#Alasan – 1: Skalabilitas Yang Luas Biasa

Bisnis online memiliki skala atau cakupan yang sangat luas, yang tidak memiliki batasan jarak, waktu dan ruang, selama bisnis ini dijalankan secara online dengan sambungan koneksi internet tentunya, maka model bisnis ini sudah dapat diakses oleh seluruh masyarakat global di dunia. Kamu tidak lagi memikirkan waktu untuk operasional bisnis kamu, kamu tidak usah pusing memikirkan pasar atau pelanggan kamu karena pelanggan kamu tersebar di belahan bumi mana saja, selama internet ada dilokasi mereka.

Cakupan dan batasan bisnis online yang tidak mengenal ruang dan waktu ini akan memberikan peluang besar bagi perkembangan bisnis dan usaha kamu, namun demikian bukan berarti kamu harus menganggap mudah untuk menjalankan bisnis dengan skalabiltas yang luar biasa ini. Memainkan strategi dan penguasaan Teknik serta skill berbisnis mutlak juga di kuasai, karena bisnis apapun tetap harus memiliki pondasi manajemen yang baik, online hanyala metode, yang menjadikan 90% kemudahan dan masih ada 10% menjadi faktor penentu yang lainnya yaitu usaha dan doa.

#Alasan – 2: Memberikan Kebebasan

Banyak orang tertarik pada bisnis online karena kebebasan yang mereka tawarkan. Teknologi modern, laptop, tablet, aplikasi bisnis, dan sistem komunikasi VOIP itulah beberapa alat yang memungkinkan bisnis dioperasikan dari lokasi mana pun kamu berada. Jika kamu sedang berjalan-jalan di sebuah mall dan duduk di caffee kamu melihat ada orang yang sedang duduk serius diepan laptop, maka saya bisa jamin orang tersebut sedang mengerjakan bisnis online atau startup mereka saat terhubung ke wifi dan menyeruput kopi favorit mereka. 

Slogan waktu adalah uang, sering diasosiasikan dengan kesibukan bagi seorang pengusaha untuk menjalankan bisnisnya, waktunya hanya habis untuk memikirkan bagaimana bisnis tetap berjalan. Jika kamu menjadi seorang pebisnis yang sudah sukses maka slogan waktu adalah uang sudah tidak bisa diasosiasikan lagi dengan kesibukan kamu untuk mengurus bisnis kamu, tapi jadikan kebebasan waktu kamu untuk keluarga, waktu adalah sesuatu yang berharga lebih dari sekedar uang dan itu hanya bisa diwujudkan dengan kebersamaan bersama keluarga tercinta anak dan istri. dan Bisnis Online ini memberikan kebebasan itu untuk kamu.

#Alasan – 3: Modal Sedikit Profit Tinggi

Model bisnis online sudah pasti akan mengurangi banyak overhead, kamu tidak usah lagi memikirkan space kantor, inventaris kantor, kamu bisa memangkas bahkan meghilangkan hal-hal besar yang tekait dengan bisnis offline tersebut. Hal tersebut pastinya akan sangat memberikan peluang lebih besar bagi kamu untuk menciptakan profit yang lebih tinggi kamu bisa menentukan margin lebih tinggi untuk bisnis online kamu. 

Saat ini skema bisnis online juga mulai banyak variasi, banyak sistem bisnis online yang diciptakan oleh para pelaku bisnis online sebelumnya untuk mengekspansi bisnisnya, mereka melibatkan banyak pemain bisnis online untuk terjun disistem bisnis yang mereka buat, bukan hanya kemudahan yang mereka berikan bahkan mereka juga memberikan kesempatan bagi siapa saja untuk menjalankan bisnis online tanpa modal seperserpun. 

Hal ini tentunya akan menjadi peluang dan kesempatan emas bagi kamu yang ingin menjalankan bisnis online, kamu bisa mengikuti program afiliasi, reseller dan dropshiping, inilah kenapa bisnis online bisa dikatakan dapat memberikan profit tinggi dengan modal sedikit atau bahkan tanpa modal sama sekali.

#Alasan – 4: Jangkauan Pasar dunia

Bisnis online sangat memungkinkan produk yang kamu jual bisa diakses oleh suluruh masyarakat dunia, ini artinya pasar kamu adalah masyarakat global. Satu hal yang terpenting dari bisnis online walaupun jangkauan pasar adalah penduduk dunia akan tetapi kemampuan menjalankan bisnis ini 24 jam tanpa batas. Tidak ada batasan geografis dan tidak ada jam operasi spesifik - bisnis online dapat menghasilkan pendapatan sepanjang waktu, bahkan saat kamu tidur.

Menjangkau pasar dunia tidaklah sulit melalui perencanaan yang matang untuk menggunakan media sosial, optimalisasi mesin pencari, dan strategi penggunaan media berbayar (Paid Traffic) maka insha Allah bisnis online kamu dapat berkembang. Perkembagan teknologi informasi yang sangat pesat dan canggih dapat dikatakan saat ini dunia berada diujung jari kamu. Aksesibilitas untuk menargetkan negara wilayah, Propinsi dan negara tertentu inilah kelebihan bisnis berbasis online.

Memulai Bisnis Online Shop

Memulai bisnis online

Apakah kamu ingin mempunyai sebuah bisnis yang  bisa dikerjakan sembari duduk didepan laptop untuk memantau dan memonitor perkembangan bisnis kamu?, Yups.., Online Shop adalah salah satu pilihannya, Membangun bisnis toko online atau Online Shop merupakan salah satu bentuk bisnis online dengan menjual produk fisik yang ditawarkan melalui online. Membangun Onlineshop bukanlah hal yang sulit, bahkan kamu tanpa perlu modal puluhan atau ratusan juta, bahkan kamu sama sekali tidak bermodalpun bisa membangun onlineshop.

Kamu juga dapat menggunakan layanan eCommerce tool atau bergabung kedalam marketplace yang ada di Indonesia kamu bisa membuka onlineshop kamu di TokoPedia, Bukalapak, Lazada, Shopee dll, untuk membuka onlineshop di marketplace kamu tidak usah mengeluarkan biaya sama sekali alias gratis, namun jika kamu ingin membuat toko online sendiri agar tidak terikat oleh aturan atau ketentuan dari marketplace kamu bisa membuatnya dengan platform atau tool eCommerce lain seperti; WooCommerce, Prestashop, OpenCart, OsCommerce, VirtueMart dll, atau bahkan kamu bisa menggunakan blogspot dengan Template Custom Toko Online. Jadi gimana, sangat mudah kan membangun online shop?.

Bagaimana Langkah-langkah memulai untuk membangun Online Shop? untuk membanggun sebuah onlineshop atau toko online kamu bisa menggunakan wooCommerce ataupun shopify dan lain sebagainya. Berikut ini saya berikan tips dan cara-cara membangun sebuah online shop atau toko online:

#Langkah -1 : Tentukan Niche Kamu

Menentukan niche adalah Langkah penting kamu untuk membangun sebuah toko online atau onlineshop, apa itu niche?, niche merupakan target atau segment yang memiliki topik lebih spesifik atau tertentu yang dapat kamu sesuaikan dengan passion atau minat bisnis yang akan kamu jalankan, misalkan kamu hobi musik berarti kamu bisa memilih niche market yang berhubungan dengan music, mungkin kamu bisa membuat sebuah toko online yang menjual alat musik atau segala sesuatu yang berhubungan dengan music.

Niche yang kamu pilih akan sangat berpengaruh terhadap beberapa hal berikut ini:
  • Angka penjualan kamu
  • Seberapa banyak usaha yang harus kamu lakukan untuk memberikan dukungan kepada pelanggan
  • Apakah kamu akan memiliki pelanggan tetap atau tidak

#Langkah -2 : Pilih antara Dropshipping atau Membuat Produk Sendiri.

Langkah selanjutnya dalam memulai bisnis onlineshop adalah Memutuskan apakah kamu ingin dropship atau memegang kendali atas produk kamu sendiri?. Dropshipping merupakan cara termudah dan sangat popular dilakukan oleh kalangan pemula dalam membangun onlineshop, namun demikian dropshiping memiliki tantangan tersendiri.

Dalam hal ini saya akan menunjukan kelebihan dan kekurangan antara sistem atau model bisnis dropshisping versus model bisnis dengan memegang kendali atas produk sendiri, sehingga saya berharap kamu dapat membuat keputusan berdasarkan informasi tentang pilihan terbaik menurut kamu.

Dropshiping

Kelebihan Dropshiping adalah:
  • Kamu tidak perlu modal untuk membeli barang-barang kamu
  • Kamu dapat mendaftar lebih banyak item di Marketplace kamu, dengan risiko nol
  • Tidak ada biaya pergudangan
  • Tidak ada kegiatan shiping atau pengapalan
Kekurangan Dropshiping:
  • Kamu tidak memiliki kontrol atau kendali atas produk yang kamu jual
  • Jika terjadi kerusakan produk maka reputasi kamu yang dipertaruhkan
  • Ketika terjadi pengembalian produk atau retur akan menimbulkan masalah

Produk Sendiri

Ketika kamu memasarkan atau menjual produk sendiri tentunya kamu harus membangun sebuah merek atau brand bisnis kamu sendiri karena produk yang kamu pasarkan belum dikenal untuk itulah kamu harus bisa membangun kepercayaan pelanggan kamu.

Kelebihan Produk Sendiri adalah:
  • Kamu memiliki control penuh atas produk dan system bisnis kamu sendiri
  • Kamu bisa menentukan profit margin yang lebih baik
  • Kamu lebih siap memberian alternatif produk lain jika terjadi kerusakan produk
  • Kamu memiliki kesempatan membangun jaringan dropship atau reseller sendiri
Kekurangan Produk Sendiri adalah:
  • Membutuhkan modal untuk memproduksi atau membeli barang produk
  • Membutuhkan tempat penyimpanan produk atau Gudang 
  • Akan membutuhkan banyak waktu dan biaya untuk pengembalian barang
#Langkah -3 : Menentukan Nama Bisnis dan Daftarkan Sebagai Nama Domain Bisnis Kamu.

Apalah arti sebuah nama? Pernahkah kamu mendengar kalimat itu? Lantas, identitas apa yang dapat dijadikan pengenal buat suatu objek, kalau tidak ada nama?. Jadi jelaslah nama itu sangat berarti dan sangat penting, pertama kali ketika kamu berkenalan dengan orang lain apa yang kamu tanyakan?, pastilah nama yang diucapkan.

Demikian pula dengan sebuah nama bisnis, kamu harus dapat menciptakan nama yang bisa menjadikan identitas bisnis kamu agar usaha kamu dapat dikenal ke target pasar yang kamu. Dari nama yang kamu ciptakan itu akan menjadi brand atau merek, yang akan diingat oleh masyarakat. Contohnya, Aqua. Orang-orang tahu bahwa ada banyak nama brand produk air mineral, akan tetapi, merek Aqua yang paling muncul dibenak masyarakat.

Itulah kenapa alasan kamu harus benar-benar memikirkan sebuah nama bisnis atau mereka kamu. Setelah kamu yakin dan merasa bahwa merek tersebut sudah tepat dan sesuai dengan karakter bisnis kamu, maka segeral daftarkan merek kamu kedalam sebuah nama domain untuk website bisnis kamu.

Hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat memilih nama domain:

Yang boleh dilakukan:
  1. Pilihlah nama domain yang mudah diucapkan: Mengeja itu sulit, Jadi buat nama SUARA seperti itu dieja, dan buat mudah diucapkan. Kalau tidak, orang mungkin pergi ke URL yang salah.
  2. Pilihlah nama domain sesuai topik bisnis kamu: Nama domain bisnis kamu harus sesuai dengan topik atau bidang usaha yang kamu jalankan, agar ada konsistensi dan trust atau kepercayaan dari pelanggan kamu.
  3. Pilihan nama domain kamu harus Orijinal: Ide pembuatan nama dan merek bisnis kamu harus benar-benar asli dari kreasi kamu sendiri, bukan menjiplak atau mecopy nama merek lain yang sudah ada sebelumnya
  4. Pilihlan nama domain dengan akhiran .com: Walaupun sekrang nama domain sudah semakin banyak dan spesifik, akan tetapi domain yang berakhiran .com masih melekat dibenak banyak orang Ketika mereka berselancar di dunia maya.
Yang tidak boleh dilakukan:
  1. Jangan memilih nama domain terlalu pajang : penggunaan nama domain yang lebh dari 3 kata akan menimbulkan kesulitan seseorang untuk mengetikan nama domain kamu yang lebih tepat.
  2. Jangan memilih nama domain yang memiliki kombinasi huruf dan angka: pemilihan nama domain yang terdiri dari huruf dan angka akan terlihat alay dan norak untuk sebuah nama domain bisnis
  3. Jangan memilih nama domain yang mengandung referensi suatu produk: pemilihan nama domain dengan mencantumkan nama sebuah merek yang ada sebelumnya jelas kurang etis, misalkan www.ahli-google-indonesia.com walaupun mungkin saja pihak google tidak melarang namun pastinya kamu akan mendapatkan kendala dikemudian hari.

#Langkah -4 : Pilihlah Produk Yang Akan Kamu Jual

Setelah kamu menentukan niche market, menentukan produk, dan membuat nama domain sekarang saatnya kamu harus sudah mengatahui produk apa yang akan kamu jual?, bagaimana caranya kamu mencari produk yang akan kamu jual yang bisa memberikan keuntungan bisnis onlineshop kamu?, caranya sangat mudah, silahkan kamu mengunjungi eCommerce atau marketplace besar seperti, Tokopedia, bukalapak, Lazada, shopee dll. Buka daftar terlaris dar masing-masing marketplace tersebut dan cek item produk apa yang paling dicari yang sesuai dengan niche kamu.

Dari daftar item produk yang ditemukan, simpanlah daftar tersebut kedalam excel, berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan yaitu:
  • Usahakan jangan memilih barang bermerk 
  • Carilah harga jual Rp.500 .000,- s/d Rp.1.000.000,-  untuk margin yang baik
  • Cobalah untuk menemukan barang dengan biaya pengiriman rendah
  • Pilih sesuatu yang diketahui bahwa produk itu memang benar-benar disukai
  • Temukan barang yang bisa kamu improvisasi (lihat ulasan untuk melihat apa yang tidak disukai orang tentang suatu produk, lalu jadikan yang lebih baik)

#Langkah -5 : Buatlah Website Toko Online

Membuat website onlineshop atau toko online sudah bukan sesuatu yang perlu kamu khawatirkan, saat ini sudah banyak sekali platform opensource yang dapat kamu jadikan pilihan untuk membangun website toko online; dengan sedikit pengetahuan tentang html dan editing data kamu sudah bisa membuat website toko online yang setara dengan website eCommerce. 

Berikut ini ada beberapa platform Website Customize yang bisa kamu pertimbangkan untuk membangun website toko online yang dapat digunakan dengan nama domain sendiri yaitu: 

Sementara jika kamu tidak ingin report mensetting hosting dan ingin lebih praktis dalam membangun bisnis onlineshop kamu, silahkan kamu menggunakan layanan yang sudah terintegrasi dengan eCommerce Marketplace, silahkan kamu bisa membuat account di beberapa marketplace berikut ini: 

Itulah gambaran tentang bagaimana kamu membangun sebuah website onlineshop kamu, silahkan kamu memilih mana yang sekiranya bisa kamu gunakan, apaka kamu mau membangun website customize atau cukup bergabung ke marketplace. keduanya sama-sama memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

#Langkah - 6 : Pasarkan Onlineshop Kamu

Setelah kamu melalui 5 langkah tahapan pembuatan toko online sebelumnya, terakhir adalah tahapan memasarkan onlineshop atau toko online kamu agar bisa dikenali oleh banyak orang, bagaimana caranya?, ini adalah dengan Teknik SEO atau Search Engine Optimization Teknik optimasi pada mesin pencarian (Search Engine).

Kamu boleh saja memiliki dua toko online yang menjual barang-barang yang sama persis, tetapi kamu akan melihat hasil yang berbeda manakala salah satu toko yang kamu Kelola dilakukan optimasi SEO, dan toko yang satunya lagi tidak dilakukan optimasi, inilah gambaran betapa Teknik SEO ini sangat penting dalam strategi pemasaran.

Pada dasarnya penjualan melalui online akan menghasilkan profit jika terjadi konversi, sementara peluang untuk mendapatkan konversi yang tinggi hanya tercipta jika website toko online kamu ramai pengunjung, dan pada akhir muaranya adalah pengaruh dari SEO. Jadi intinya SEO inilah faktor utama untuk bisa menghasilkan banyak traffic atau kunjungan website ke toko online kamu.

Seperti yang sudah beberapa kali saya posting dalam blog ini bahwa menciptakan trafik bisa dengan melalui SEO – off page diantaranya adalah: 

1. Sosial Media Marketing

Sosial media marketing merupakan lading emas untuk bisa menambang market yang potensial sesuai niche kamu, karena disini adalah tempat yang tepat bagi kamu untuk memancing para konsumen nongkrong untuk berbagi dan mencari tahu tentang berbagai informasi. Melalui media sosial silahkan kamu membuat umpan yang menarik, lezat dan enak untuk dijadikan santapan bagi para pencari informasi dan berita, semakin enak umpan kamu akan semakin banyak audiens yang mendekat dan mengenal kamu, dan pada akhirnya kamu bisa mendapatkan target yang kamu bidik

2. Pay Per Click (PPC)

Mungkin kamu yang pertama kali menjalankan bisnis toko online, ada baiknya kamu mencoba untuk melakukan PSA Paid Search Advertising atau PPC (Pay Per Click). Saran saya kamu melakukan ini, karena apa? Selain dari pembelajaran lebih lanjut tentang bisnis online, kamu harus mengenalkan website onlineshop kamu ke banyak chanel untuk mengenalkan bisnis kamu ke banyak orang dimana orang-orang tersebut bukan hanya saja ada disosial media namun juga banyak di kanal-kanal lain. GoogleAD Word bisa kamu gunakan untuk program Pay Per Click (PPC) kamu.   

3. Email Marketing

Jangan pernah kamu berpikir pemasaran dengan menggunakan email marketing adalah merupakan cara-cara yang kuno dan ketinggalan, jutsru kamu salah besar jika menganggap demikian, Teknik pemasaran melalui email marketing sangat efektif, khususnya bagi mereka yang menggunakan konten marketing sebagai umpanya. 

Email merupakan dokumen penyimpanan pribadi yang oleh pemiliknya bisa dibaca kapan saja dan dimana saja, pembaca email akan lebih konsen dalam kondisi santai dan rilek, sehingga pesan yang disampaikan akan lebih mudah dicerna dan dipahami. Berbeda dengan media promosi seperti halnya di media sosial itu akan mudah hilang karena tidak bisa disimpan ke dokumen pribadi seperti halnya email. 

4. Influencer Marketing

Dalam dunia social media kamu sering mendengar istilah influencer apa sih influencer itu? Influencer merupakan netizen atau aktifis social media yang memiliki jumlah followers (pengikut) yang banyak yang dapat memberikan pengaruh kuat terhadap para follower atau pengikutnya seperti youtuber, selebgram dan public figure yang terkenal karena viral didunia maya.

Pengertian Influencer marketing sendiri adalah merupakan bentuk kampanye berbasis konten di era digital sekarang ini.  jadi influencer marketing merupakan sebuah cara pemasaran menggunakan influencer di social media. Alasan menggunakan influencer marketing adalah berdasar dari situs Forbes, dari sebuah survey yang dilakukan MuseFind menyatakan bahwa sekitar 92% konsumen lebih mempercayai influencer daripada iklan atau endorsement selebriti tradisional.

Demikian tulisan tentang memulai bisnis online dan bagaimana tahapan membagun onlineshop atau toko online. Pada dasarnya strategi dan teknik membangun sebuah bisnis online akan tetap berkembang dan terus mengalami perubahan; baik itu paradigma, strategi dan teknik seiring dengan kemajuan teknologi internet dan ilmu pengetahuan. Jangan menunggu untuk menjadi 100% sempurna, jadi lakukan dari sekarang jika kamu ingin memulai sebuah bisnis online dengan membangun Toko Online atau onlineshop kamu. 

Jika andamenganggap artikel ini bermanfaat silahkan share ke sosial media kamu.