7 Cara Sederhana Menghasilkan Uang Secara Online


Saat ini fungsi dan keberadaan internet bukan hanya sebagai media berita, gosip dan hiburan semata, namun lebih dari itu internet dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan untuk meraup pundi-pundi rupiah dan dolar dari bisnis online yang memanfaatkan teknologi ini. Saat ini semakin banyak orang memulai bisnis mereka sendiri di internet dan menghasilkan uang secara online, beberapa bahkan mengubah usaha online mereka menjadi bisnis internet secara full time.

Mungkin anda bersemangat untuk merubah hidup anda melalui peruntungan dengan membangun bisnis online, akan tetapi anda masih merasa belum yakin dan tidak tau harus memulainya dari mana?, berikut ini akan saya tunjukan cara mudah dan sederhana menghasilkan uang secara online yang tidak membutuhkan banyak waktu atau mengurangi rutinitas anda ditengah kesibukan pekerjaan utama anda. Silahkan anda bisa memutuskan beberapa pilihan yang sesuai dengan skill, passion dan kemampuan anda. 

Berikut 7 cara sederhana untuk menghasilkan uang secara online: 

# Cara 1 : Mulai Dari Blog Pribadi

Salah satu cara paling populer untuk menghasilkan uang secara online adalah dengan memulainya dari blog anda sendiri. Anda dapat memulai blog anda dengan topik apa saja yang anda sukai. Gunakan blog anda untuk berbagi hobi, gagasan, pemikiran, dan motivasi dengan orang lain. Jadikan blog ini sebagai koneksi untuk membuat jaringan dengan orang-orang luar. 

Blog pribadi anda dapat memberikan keuntungan melalui program iklan daring Google Adwords adalah salah satu contohnya, bisa juga dengan mengikuti program pemasaran afiliasi, dan program pendaftaran berbasis langganan (Subscriber) untuk konten-konten premium yang anda buat, dan masih banyak cara lainnya yang bisa anda ciptakan dari blog pribadi anda.

Satu hal yang perlu diingat adalah, bahwa antara website dan blog ada perbedaan, silahkan anda baca artikel yang sudah saya buat sebelumnya yang berjudul Perbedaan antara Blog dan Website. Sebagian besar website yang ada saat ini dibangun dengan sistem manajemen konten (CMS) berbasis blog, seperti WordPress. Blog anda tidak hanya memasukkan postingan blog, tetapi dapat mencakup halaman web reguler, halaman penjualan, e-commerce, halaman produk, dll.

# Cara 2 : Pemasaran Afiliasi

Alternatif lain untuk menghasilkan uang secara online bagi anda yang tidak memiliki produk atau jasa untuk dijual adalah dengan mengikuti program Affiliate Marketing, melalui program ini memberikan kesempatan anda untuk mendapatkan komisi dari hasil penjualan anda melalui referensi anda. Penyedia jasa atau produk akan memberikan anda website afiliasi (atau tautan pelacakan afiliasi) beserta marketing supportnya, dan yang harus anda lakukan adalah mempromosikan produk yang ditawarkan dengan menyertakan tautan anda melalui media sosial, mesin pencari, atau bisa juga promosi lewat website atau blog anda pribadi. 

Kelebihan anda mengikuti program pemasaran afiliasi adalah anda tidak harus mempunyai atau membuat produk sendiri, anda tidak harus memberikan dukungan pelanggan, dan Anda tidak harus membuat materi pemasaran anda sendiri. Yang harus anda lakukan adalah mencari dan memilih pasar yang potensial untuk mempromosikan produk. Sebagai afiliasi anda akan mendapat komisi kapan saja selama terjadi penjualan melalui tautan anda. Pemasaran afiliasi ini adalah salah satu cara tercepat dan termudah untuk menghasilkan uang secara online.

Bahkan jika anda menawarkan produk dan layanan anda sendiri, orang-orang juga akan memilih untuk mempromosikan produk anda sebagai sumber penghasilan tambahan bagi mereka untuk apa yang sudah mereka kerjakan.

# Cara 3 : Membuat Website Toko Online

Peluang besar lain untuk menghasilkan uang secara online adalah dengan website toko online atau web eCommerce milik anda sendiri, melalui web ecommerce inilah anda dapat menjual produk fisik dari website anda. Cara paling umum (dan tidak repot) untuk melakukan ini adalah melalui pengiriman dropshiping di mana anda hanya menerima pesanan di situs web anda dan menggunakan layanan pihak ketiga yang memproduksi dan mengirimkan produk untuk Anda.

Kunci utama untuk menjual produk di web eCommercce anda sendiri adalah fokus untuk niche tertentu dan menjadi toko untuk produk yang khusus melayani pasar atau segment yang ditarget, jangan pernah anda berpikir untuk menjadikan toko anda menjual segala produk, meskipun anda ingin berniat memanfaatkan situs lain seperti Amazon.com, eBay.com dan Etsy.com sebagai cara untuk menjangkau pasar yang lebih luas, anda harus ingat  bahwa anda memiliki web Anda sendiri dengan online store sendiri sehingga anda memiliki kontrol 100% atas bisnis Anda.

# Cara 4 : Penerbitan Online (E-Book)

Terlepas dari apapun profesi dan gaya hidup anda saat ini, mungkin anda memiliki potensi diri yang bisa dimaksimalkan untuk mencapai financial freedom, setiap orang dikaruniai oleh Tuhan sebuah bakat, kecerdasan dan potensi yang berbeda-beda dan itu bisa dijadikan sebuah modal untuk mendapatkan penghasilan berupa uang.

Menulis dan membuat buku adalah salah satu potensi yang bisa anda lakukan, mungkin ada buku di dalam diri anda yang inginn diterbitkan. Apakah anda mengenal platform Kindle Direct Publishing (KDP) dari Amazon?, Yah..!, platform tersebut memberi ribuan orang berkesempatan untuk menjadi penulis yang diterbitkan dan mendapatkan uang.

Jika anda sudah berhasil membuat sebuah eBook anda tidak hanya dapat menjual ebook pada platform seperti Amazon.com; tetapi anda juga dapat menjual ebook langsung dari situs web atau blog anda sendiri. Ini semua memungkinkan anda untuk menjual ebook anda dengan harga yang lebih tinggi dan mendapatkan keuntungan dari penjualan.

Anda juga dapat mengemas kembali beberapa ebooks yang sudah anda tulis ke dalam "paket" yang lebih besar dengan harga yang lebih tinggi, atau anda juga bisa menggunakan ebooks sebagai modul untuk menjual kursus online yang lebih mahal atau bahkan layanan pelatihan dan konsultasi. 

Melalui tool yang sederhana dan mudah digunakan serta memiliki akses ke sumber luar untuk mendapatkan foto dan gambar, desain sampul, dll. Siapa pun dapat menerbitkan bukunya sendiri secara profesional yang memiliki kredibilitas sama seperti penerbit besar.

Bagi banyak orang, gagasan untuk menulis buku bisa menjadi suatu hal yang menakutkan tetapi perlu diingat bahwa jika anda ingin menulis ebook yang akan dijual di website anda sendiri ataupun menerbitkannya ke Amazon Kindle, anda dapat menulis buku yang lebih pendek dan fokus pada segmen tertentu. Namun jika anda menulis buku yang sangat panjang maka anda akan membutuhkan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun untuk diperbaiki.

Menerbitkan ebooks adalah cara yang bagus untuk menghasilkan pasive income bisa menjadi proyek yang besar untuk anda, dan menjadi personal branding .serta memberikan kepercayaan kepada anda sebagai seorang ahli dalam bidang yang anda miliki sesuai karya anda yang tercipta dalam sebuah buku (eBook).

# Cara 5 : Survey Online

Survei online adalah salah satu cara termudah untuk mendapatkan uang tunai tambahan. Perusahaan dengan nama merek dan perusahaan riset pasar mati-matian mencari pendapat orang tentang produk dan layanan dan akan menawarkan upah yang baik untuk melakukan survei. Tergantung pada tingkat kerumitannya, setiap survei dapat bernilai lima atau sepuluh dolar lebih.

Ada banyak perusahaan survei terkemuka yang dapat anda pilih, tetapi anda mungkin ingin membatasi diri tiga sampai lima survey sebagai pemula. Tetap dengan perusahaan survei yang memberi anda banyak survei untuk mengambil dan membayar jumlah yang layak, dan hentikan layanan anda jika perusahaan itu memberikan pembayaran yang tidak sepadan dengan waktu Anda.

Hindari perusahaan yang tidak legal dalam operasinya, karena jasa survey online ini tersebar sangat luas, maka sangat memungkinkan adanya peluang penipuan yang akan mengambil banyak waktu anda dan membayar anda sangat sedikit uang atau bahkan anda tidak dibayar sama sekali dan justru uang anda bisa hilang.

Meskipun anda mungkin tidak bisa melakukan survei secara penuh waktu (full time), namun ini adalah cara yang realistis untuk mendapat penghasilan tambahan beebrapa ratus dollar perbulanya.

# Cara 6 : Freelancing Online

Jika Anda memiliki keterampilan menulis / jurnalisme khusus atau mahir di bidang IT / perangkat lunak, Freelancing terbukti bisa menjadi penghasilan sampingan yang menguntungkan. Semakin banyak perusahaan menerapkan strategi pemasaran konten dengan mempekerjakan freelance sebagai alternatif bisnisnya, dan jika anda dapat membuktikan portfilio anda, maka akan ada lebih banyak pekerjaan yang tersedia. Bahkan keterampilan sederhana seperti entri data yang mungkin itu sesuai dengan keinginan anda, asalkan anda dapat menawarkan setidaknya 5-10 jam seminggu.

Untuk menjadi seorang Freelancing online yang Anda butuhkan hanyalah komputer dengan koneksi Internet serta semangat. Keuntungan lain adalah bahwa peluang ini akan memungkinkan anda untuk mendapatkan pengalaman dan keterampilan yang berharga yang bisa mendukung dalam karir dan profesi anda saat ini.

Jika Anda sudah menulis ebook di pasar niche tertentu (lihat di atas) maka mengapa tidak membuat layanan Anda tersedia untuk perusahaan lain; karena Anda sudah memiliki keahlian untuk mengambil tugas penulisan ceruk. Walaupun freelancing bukan aliran pendapatan pasif, namun pekerjaan freelancing Online ini merupakan salah satu cara tercepat untuk menghasilkan pendapatan.

# Cara 7 : Pelatihan dan Konsultasi Online

Dengan biaya komunikasi dan teknologi yang rendah, memungkinkan anda untuk dapat terhubung dengan siapa saja di seluruh dunia. Jika Anda sudah menghasilkan uang dengan menjual informasi secara online melalui buku-buku Kindle, pemasaran afiliasi, atau produk informasi Anda sendiri seperti yang disebutkan di atas maka anda masih memiliki kesempatan lain untuk menambahkan pelatihan dan konsultasi online sebagai sumber pendapatan.

Dengan penggunaan alat komunikasi seperti Skype, Video Conference, dan teknologi webinar lainnyya, anda dapat menawarkan pelatihan dan konsultasi melalui panggilan satu-satu (one-on-one), panggilan pelatihan kelompok (groups coaching calls), dan rapat skala kecil. Menawarkan pelatihan dan konsultasi online akan menjadi salah satu cara menghasilkan pendapatan dengan mudah. 

Mulailah Bisnis Anda Sekarang!

Pikirkan tentang hal itu, menghasilkan uang secara online sangat mudah setelah anda menetapkan tujuan untuk mendapatkan pendapatan spesifik seperti apa. Idealnya, pekerjaan yang anda pilih untuk dilakukan adalah kegiatan yang menyenangkan, mengeksploitasi bakat dan minat anda, pantas untuk waktu anda, dan menawarkan kompensasi yang adil.

Ketika Internet terus berkembang, maka akan ada banyak peluang untuk mendapatkan penghasilan online baik full time atau pun paruh waktu. Definisi pekerjaan dalam ekonomi berbasis informasi berkembang, seiring berkembang dan kemajuan teknologi definisi pekerjaan berubah dari yang semula bekerja membutuhkan tempat, waktu yang ditentukan sekarang bekerja sudah tidak mengenal tempat dan waktu. semuanya bisa dilakukan secara online.

Bagaimana pendapat anda, silahkan komen dibawah ini?, jika tulisan ini bermanfaat silahkan share kesosial media anda.

Berlangganan via Email