Perbedaan Antara Blog dan Website

Apa itu Blog?

Bagi anda yang baru mengenal dunia internet tentunya anda masih bingung membedakan apa itu blog dan apa itu website?. Baik, untuk menjawab kebingungan anda tulisan ini akan menjelaskan apa itu blog dan apa itu situs web. Blog adalah jenis situs web di mana kontennya disajikan dalam urutan kronologis terbalik (konten yang lebih baru muncul lebih dulu). Konten blog biasanya berupa postingan artikel yang ditulis oleh blogger yang berisi catatan informasi tentang suatu hal yang ia ketahuui. 

Karena sifatnya yang dinamis sebuah blog memungkinkan pemilik atau pengelola blog untuk menulis atau mempublikasikan artikel  sesering mungkin, bahkan dalam satu hari bisa saja seorang blogger menulis puluhan bahkan bisa sampai ratusan artikel sesuai kemampuan dan ide kreatif serta pengetahuan yang dimilikinya.

Aktifitas ngeblog atau menulis konten berupa catatan kedalam suatu platform bloging pertama kali bisa dilakukan di blogger. yah Blogger pertama kali diluncurkan tahun 1999 dan menjadi satu-satunya pilihan untuk ngeblog.

Tahun 2003 muncul platform baru bernama WordPress, sejak itu permainan bloging berubah seorang blogger tidak hanya membuat atau menulis konten saja tapi lebih dari itu bisa mereka memodifikasi platform blogging, hal itu dikarenakan wordpress menggunakan sistem open source, perangkat lunak blog pertama yang memungkinkan pengguna dan pengembang untuk memanipulasi kode.

Apa Itu Website?

Website merupakan kumpulan dari beberapa halaman web yang berisi konten baik berupa tulisan dan  multimedia yang semuanya tersusun dalam satu domain. Website juga membutuhkan layanan hosting dari pihak ketiga untuk menempatkan dan menyimpan file website berupa script kode pemrograman web yang memungkinkan halaman dan konten ini diakses melalui World Wide Web atau alamat URL.

Website dapat digunakan untuk berbagai keperluan dan tujuan bisa untuk kegiatan bisnis, pribadi, atau bahkan untuk intansi pemerintah dan non pemerintah sebagai sarana komunikasi dan interaksi. Meskipun website sendiri terbangun dari platform yang berbeda, namun tujuan dari website itu sendiri adalah untuk memberikan informasi kepada pengunjung atau khalayak - semacam brosur online untuk perusahaan atau organisasi.

Kenapa Blog dan Website Berbeda?

Blog sendiri sebenarnya merupakan jenis dari website. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa blog sering memperbarui konten secara berkala dan memungkinkan terjadinya interaksi antara blogger dengan pembaca dalam sebuah kolom komentar. Sedangkan website cenderung lebih statis dan disusun dalam format halaman dan hanya memiliki tujuan dan fungsi sebagai media informasi.

Sebuah blog dapat berupa website itu sendiri atau bagian dari situs yang lebih besar. Awal mulanya blog oleh sebagian besar orang digunakan untuk jurnal pribadi online. Seiring dengan perkembangan dan dayat tarik blog yang cukup besar, dunia bisnispun mulai memanfaatkan potensi besar dari blog. Perusahaan sekarang telah mulai memanfaatkan blog untuk membuat pelanggan mereka tetap mendapatkan update informasi produk dan peristiwa kegiatan yang dilakukan oleh perusahan.

Pada dasarnya blog dan website merupakan satu kesatuan yang saling melengkapi, hanya saja fungsi dan kegunaan kedual platform ini yang berbeda. Kenapa blog dan website berbeda?. jika kita ingin menyampaikan pesan dan informasi terkait produk atau program dapat kita memasukanya kedalam halaman website melalui kanal yang kita tentukan dan kita kategorikan khusus. 

Sementara untuk jika kita ingin memberikan informasi terkait program ataupun produk yang ada di kanal website kita, maka kita butuh untuk memberikan informasi yang edukatif kepada publik, disinilah fungsi utama dari sebuah blog yaitu menguraikan informasi kedalam sebuah artikel secara jelas, detail dan gamblang mengenai program atau produk yang ingin kita kenalkan kepada khalayak luas. 

Kenapa Harus Menulis Blog?

Sebagaimana yang sudah dijelaskan Blog adalah cara yang bagus untuk menyampaikan ide kepada khalayak luas, untuk itulah kenapa platform ini digunakan. Dalam mengembangkan bisnis ini merupakan media yang terbaik untuk mengenalkan produk, menyampaikan berita dan pembaharuan informasi kepada pelanggan.

Sebagai sarana Personal Branding, banyak orang menggunakan blog sebagai sarana untuk mengenalkan diri mereka, gaya hidup mereka dan menjadikan blog sebagai sarana menyampaikan ekspresi dan opini mereka. Fitur komentar yang ada diblog memungkinkan banyak pembaca blog untuk mengomentari kegiatan dan postingan di blog mereka. Manfaat terbaik dari blogging, baik untuk pribadi maupun bisnis, adalah bahwa itu adalah platform di mana audiens dapat belajar dan terlibat.

Satu hal lagi kenapa harus menulis blog? Blog bukan hanya platform yang mengasyikan untuk menuangkan opini, ulasan, ide dan gagasan saja, tapi lebih dari itu blog juga bisa menghasilkan pendapatan uang.

Bagaimana Menghasilkan Uang Dari Blog?

Apa yang terlintas di benak anda ketika mendengar istilah blog?, seringkali ketika kita mendengar istilah blog akan terlintas di pikiran kita adalah sekumpulan tulisan pribadi atau jurnal pribadi dari para blogger yang mengulas tentang informasi, tips dan ulasan tentang segala sesuatu yang mereka ketahui dan mereka alami yang dituangkan dalam halaman atau blog yang mereka kelola.

Meskipun blog awal mulanya sebagai sarana untuk menuangkan ide kreatifitas dan gagasan menulis kedalam halaman website namun seiring dengan perkembangnya platform blog juga bisa digunakan untuk menghasilkan uang.

Berikut beberapa cara blog bisa untuk menghasilkan uang diantaranya: 
  1. Menampilkan iklan. Cara paling populer untuk menampilkan iklan di blog adalah melalui Google Adsense. Adsense, seperti kebanyakan program iklan, membayar setiap kali pembaca mengklik iklan yang ditempatkan di blog.
  2. Pemasaran afiliasi. Cara lain untuk memperoleh pendapatan adalah melalui pemasaran afiliasi. Ada situs pemasaran afiliasi seperti Amazon dan eBay yang membayar komisi untuk setiap produk yang dibeli dari promosi iklan di blog. Kami menjadi afiliasi dari perangkat lunak pemasaran yang kami jual dengan mendaftar ke jaringan afiliasi mereka atau dengan menjangkau dan menjalin hubungan.
  3. Cara lain untuk menghasilkan pendapatan dari blog adalah melalui keanggotaan dan langganan - menagih anggota dengan menyediakan konten khusus anggota. Ini adalah cara yang cukup sulit untuk menghasilkan uang dan pasti bekerja dengan sangat baik dengan produk yang sangat khusus (yang mana informasi sangat sulit didapat).
  4. Menjual kursus online. Jika anda memiliki keahlian khusus untuk bidang tertentu anda bisa menjual keahlian anda tersebut secara online di blog anda. 
  5. Membuat Toko Online. Tampilan blog sekarang sudah sangat memungkinkan untuk membangun sebuah toko online yang menjual multi produk dan anda bisa memanfaatkan blog sebagai media pemasaranya.
Demikian ulasan mengenai perbedaan antara blog dan website, anda bisa memanfaatkan kedua platform tersebut untuk mendukung usaha dan bisnis anda, baik perusahaan maupun pribadi sebagai seorang blogger. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar untuk "Perbedaan Antara Blog dan Website"