Widget HTML Atas

Bagaimana Cara Beriklan di Tokopedia?

Cara beriklan di Tokopedia

Bagaimana Cara Beriklan di Tokopedia? - Bagi Kamu para pebisnis online yang mengandalkan marketplace sebagai salah satu platform jualan, tentunya Kamu ingin agar toko online Kamu ramai pengunjung sehingga produk jualan Kamu ikutan ramai terjual. Berjualan di marketplace adalah cara mudah untuk para pebisnis online pemula, karena bisa dilakukan dengan mudah. Cukup dengan membuat akun di salah satu marketplace, kemudian buat toko online maka Kamu sudah bisa berjualan online.  

Salah satu marketplace terbesar di Indonesia adalah Tokopedia, ini bisa Kamu pilih sebagai platform jualan online Kamu. Membuat toko online Kamu sendiri disini gratis, Kamu tidak perlu membayar hosting, atau membeli domain atau sewa jasa desain website, Kamu sudah bisa langsung berjualan jika sudah membuat toko Kamu di platform ini. Jika Kamu sudah membuat toko online di Tokopedia yang perlu Kamu lakukan adalah mengisi etalase toko Kamu dengan gambar produk dan deskripsi yang menarik. 

Agar toko online yang sudah Kamu buat di Tokopedia ramai pengunjung, maka Kamu harus rajin update dan promosikan ke platform sosial media lain yang Kamu miliki, baik di Instagram, Facebook, TikTok maupun Whatsapp, itu harus Kamu lakukan untuk memperkenalkan bisnis online Kamu. Cara-cara tersebut adalah strategi promosi yang bersifat organik yang hasilnya juga tidak instant atau membutuhkan waktu cukup lama untuk meningkatkan trafik ke toko Kamu. Namun jika Kamu ingin agar toko online kamu banyak trafik dan ramai kunjungan, maka Kamu bisa menggunakan Iklan.

Kenapa Harus Beriklan di Tokopedia?

Bagi para seller atau penjual di Tokopedia yang menggunakan iklan tentunya akan  mendapatkan hasil yang berbeda jika dibandingkan dengan hanya mengandalkaan sistem promo secara organik, namun demikian bukan berarti para seller yang menggunakan strategi organik tidak memiliki peluang besar dalam meraih keuntungan, mereka tetap bisa berpeluang mendapatkan keuntungan hanya saja apa yang didapatkan sedikit lebih lama untuk menciptakan trafik dan butuh kerja keras dan konsisten.

Keuntungan yang didapatkan jika Kamu sebagai seller di Tokopedia dengan menggunakan iklan, tentunya hasil bisnis online Kamu lebih memiliki peluang besar, produk yang Kamu jual lebih banyak terlihat diberanda. Dengan demikian tidak menutup kemungkinan para pembeli akan langsung menuju ke etalase toko Kamu dan menjadikan konversi lebih memungkinkan. Berikut adalah keuntungan dengan menggunakan iklan Tokopedia:

1. Menjangkau Lebih Banyak Pembeli

Dengan menggunakan iklan, bisnis Kamu bisa menjangkau market yang lebih luas lagi. Produk Kamu memiliki potensi untuk dilihat lebih besar +200,25% dan bisa tampil di halaman utama hasil pencarian Tokopedia, yang membuatnya lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan. Dengan meningkatnya visibilitas, tentunya memiliki kesempatan lebih besar untuk menarik minat dan mencapai audiens yang lebih luas. 

TopAd atau iklan tokopedia memberikan solusi yang efektif bagi bisnis Kamu untuk meningkatkan kehadiran online, memperluas pangsa pasar, dan meningkatkan penjualan. Dengan memanfaatkan fitur ini, Kamu bisa meningkatkan daya saing bisnis Kamu di platform Tokopedia yang sangat populer. 

Fitur ini memberikan akses langsung ke jutaan pengguna yang aktif, membantu Kamu memperluas jangkauan dan memperkuat kehadiran toko online Kamu. Sehingga dengan demikian, Kamu bisa memaksimalkan potensi pasar dan menghasilkan pertumbuhan yang signifikan untuk  bisnis online Kamu.

2. Memaksimalkan Penjualan

TopAd atau iklan tokopedia ini merupakan solusi yang bisa memberikan dorongan signifikan pada penjualan online Kamu. Dengan memanfaatkan fitur iklan berbayar ini di Tokopedia, Kamu bisa memaksimalkan visibilitas produk Kamu di platform tersebut. TopAd bisa membantu produk Kamu muncul di halaman utama dan hasil pencarian, sehingga memberikan eksposur yang lebih luas kepada calon pelanggan. 

Dengan meningkatnya paparan, Kamu bisa menarik minat lebih banyak orang dan meningkatkan peluang konversi menjadi penjualan. Selain itu, Kamu bisa mengoptimalkan kampanye iklan dengan pemilihan kata kunci yang tepat dan pemilihan target audiens yang relevan. Sehingga, TopAd memberikan potensi yang kuat untuk meningkatkan penjualan toko online Kamu secara signifikan.

3. Tampil di Tempat Strategis

Dengan menggunakan fitur TopAd di Tokopedia, toko online Kamu bisa ditampilkan di lokasi strategis. Fitur iklan berbayar, hal ini memungkinkan produk yang Kamu jual muncul di halaman utama dan hasil pencarian dengan posisi yang menonjol. Dengan penempatan yang strategis, Kamu bisa meningkatkan eksposur bisnis Kamu kepada calon pelanggan yang lebih banyak. Hal ini membantu Kamu menarik perhatian yang lebih besar dan meningkatkan peluang konversi menjadi penjualan. 

Intinya dengan menggunakan fitur iklan di Tokopedia TopAd, Kamu memiliki kendali atas posisi iklan Kamu, sehingga ini memungkinkan bagi Kamu untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan memaksimalkan potensi bisnis online Kamu. Itulah mengapa, TopAd bisa memberikan keuntungan strategis dalam mempromosikan toko online Kamu di Tokopedia. 

Bagaimana Cara Beriklan di Tokopedia?

Cara memasang iklan di Tokopedia sangatlah mudah. Dengan mengikuti langkah-langkah dan ketentuan yang ditetapkan oleh Tokopedia maka Kamu sudah bisa beriklan di Tokopedia. Tokopedia menyebut fitur ini dengan TopAds, yaitu fitur yang bisa digunakan oleh setiap seller Tokopedia untuk mempromosikan produk maupun toko onlinenya. 

Melalui fitur ini tentu memberikan manfaat bagi para seller untuk memasarkan produknya di Tokopedia. Lalu, bagaimana cara Kamu memasang iklan di Tokopedia? dikutip dari halaman website Tokopedia, berikut ini adalah berbagai langkah mudah yang bisa Kamu lakukan untuk memasang iklan di Tokopedia.

Mengaktifkan Iklan Tokopedia

  • Masuk atau lakukan login terlebih dahulu ke akun tokopedi Kamu
  • Setalah Kamu sudah login, selanjutnya klik ikon pilih TopAds
  • Kemudian yang harus Kamu lakukan adalah mengisi Kredit TopAds Kamu. Caranya cukup dengan klik Add Credit, selanjutnya pilih jumlah Kredit TopAds sesuai yang Kamu inginkan
  • Langkah selanjutnya, pilih metode pembayaran dan lakukan pembayaran
  • Jika pembayaran Kamu sudah berhasil diverifikasi, maka Kamu bisa langsung mengaktifkan TopAds

Menggunakan Iklan Tokopedia

Untuk iklan Tokopedia, ada tiga bagian yang bisa Kamu pilih, antara lain Iklan Otomatis, Iklan Produk, dan Iklan Headline. Jika Kamu memilih Iklan Otomatis, Kamu bisa membuat, mengelola, dan mengoptimalkan iklan dengan mudah. Sehingga, Kamu tidak perlu pusing mengatur iklan Kamu. Sedangkan, dengan Iklan Produk Kamu dapat mengatur semua iklan secara manual sesuai dengan keinginan.

Sementara, Iklan Headline adalah fitur iklan yang akan menampilkan toko Kamu di bagian paling atas halaman pencarian Tokopedia. Untuk mencari tahu cara pasang iklan di Tokopedia menggunakan 3 opsi iklan tersebut, simak berikut ini.

1. Iklan Otomatis

  • Tetapkan anggaran harian
  • Klik ‘Simpan’

2. Iklan Produk

  • Klik ikon ‘pilih TopAds’
  • Klik ‘Tambahkan Iklan’
  • Pilih produk mana yang ingin Kamu iklankan
  • Setelah menentukan produk yang akan Kamu iklankan, atur juga biaya per klik dan anggaran hariannya
  • Terakhir, klik ‘Simpan

3. Iklan Headline

  • Pilih ‘Tambah Iklan’
  • Buat deskripsi Headline sesuai dengan keinginan Kamu
  • Lalu, buat nama Headline
  • Selanjutnya tetapkan biaya maksimum. Biaya maksimum adalah biaya yang akan Kamu keluarkan untuk setiap kali iklan diklik.
  • Kemudian, tetapkan juga anggaran hariannya
  • Apabila sudah, atur jadwal kapan Headline akan tampil
  • Terakhir, klik ‘Simpan’

Itulah kurang lebih langkah atau cara pasang iklan di Tokopedia. Ada beberapa hal yang perlu Kamu perhatikan. Apabila Kamu memilih opsi waktu tampil secara Otomatis, iklan Kamu akan muncul sesuai dengan waktu yang telah sistem tentukan. Sedangkan, jika Kamu memilih opsi atur waktu mulai dan selesai, Kamu dapat menentukan kapan iklan akan muncul selama budget iklan masih tersedia.

Di samping itu, jika Kamu memilih opsi anggaran tidak dibatas, iklan akan berhenti tampil setelah kredit iklan Tokopedia Kamu habis. Sedangkan, jika memilih per hari Kamu dapat menentukan anggaran maksimal iklan untuk setiap harinya.

Tips Mengoptimalkan Iklan Tokopedia

Setelah Kamu mengetahui cara bagaimana memasang iklan di Tokopedia, ada baiknya untuk Kamu mengetahui juga bagaimana cara optimalisasi iklan Kamu. Terdapat beberapa hal penting yang harus Kamu ketahui agar iklan yang Kamu pasang bisa bekerja dengan maksima. Dikutip kembali dari halaman website Tokopedia, berikut ini adalah beberapa hal yang harus Kamu perhatikan yaitu: 

1. Optimalkan Produk dan Iklan Kamu

Sebelum memutuskan untuk mengiklankan produk, ada baiknya, terlebih daulu Kamu perlu memastikan bahwa tampilan produk yang Kamu iklankan sudah menarik. Misalnya, dari segi foto produknya, dari deskripsi produknya, dan lain-lain. Setelah itu, pilihlah produk yang sekiarnya cocok untuk Kamu iklankan. Pilihlah produk yang memiliki banyak ulasan positif dari customer untuk diiklankan.

Agar lebih optimal lagi, untuk iklan yang Kamu pasang, Kamu bisa menjalankan Iklan Always-On, ini agar iklan Kamu selalu tampil. Selanjutnya Kamu harus menetapkan biaya per tampilan sesuai dengan anggaran toko Kamu.

2. Gunakan Kalimat yang Memancing Audiens

Agar iklan Kamu banyak diminati oleh audiens, maka gunakanlah kalimat-kalimat yang bisa menarik perhatian dan minat calon customer pada iklan yang akan Kamu tayangkan. Salah satunya yaitu dengan menggunakan kalimat yang mengandung bahasa promosi, antara lain:

  • Gunakan kata-kata yang powerfull seperti ‘terbatas’, ‘free ongkir’, ‘baru!’, atau ‘hemat’ kata-kata tersbeut cukup bisa membuat orang-orang lebih tertarik.
  • Tonjolkan keunggulan toko maupun produk Kamu, misalnya ‘tepercaya’, ‘garansi sekian bulan’, ‘produk anti air’, ‘baterai tahan lama’, dan masih banyak lagi.
  • Gunakan juga kalimat-kalimat urgensi seperti ‘hanya hari ini’ atau ‘penawaran terbatas’.
  • Tambahkan kalimat-kalimat inspirasional. Contohnya ‘memutihkan kulit dalam 2 minggu’, ‘mengembalikan kualitas tidur dalam 5 hari’, dan semacamnya.

3. Sesuaikan Kata Kunci

Poin terpenting dalam beriklan di Tokopedia yaitu dengan menyesuaikan kata kunci atau Keyword. Pilihlah kata kunci tepat yang sekiranya cocok atau relevan dengan produk toko Kamu yang akan diiklankan. Penggunaan kata kunci yang semakin relevan dengan produk di grup iklan, maka akan semakin tinggi juga peluang iklan Kamu untuk bisa mendatangkan calon pembeli.

Gunakan juga penggunaan kata kunci pencarian yang spesifik dan luas. Kata kunci untuk pencarian spesifik akan bisa membuat iklan Kamu lebih efektif dan mampu menarget ke calon customer yang lebih potensial. Sedangkan, penggunaaan kata kunci untuk pencarian luas, juga bisa Kamu pilih jika Kamu ingin meningkatkan frekuensi produk Kamu muncul pada hasil pencarian orang.

Penutup

Demikian ulasan tentang bagaimana cara beriklan di tokoepedia. Semoga ulasan ini bisa memberikan pemahaman bagi Kamu para pebisnis online yang menggunakan platform marketplace dalam hal ini Tokopedia, Kamu bisa memahami cara pasang iklan di Tokopedia sehingga bisnis online Kamu semakin lancar ya. 

Tidak ada komentar untuk "Bagaimana Cara Beriklan di Tokopedia?"