Widget HTML Atas

6 Plugin Review WordPress Terbaik Tahun 2023

plugin review wordpress


6 Plugin Review Terbaik WordPress Tahun 2023 - Salah satu indikator sebuah website dapat memberikan kepercayaan bagi pengujungnya salah satunya adalah dengan fitur review atau ulasan. Terlebih lagi jika website tersebut merupakan kanal atau channel marketing untuk produk dan layanan bisnis kamu maka fitur review ini sangat penting untuk menjaga kepercayaan pengunjung website.

Terdapat lebih dari 1.000 plugin review WordPress yang tersedia, tentunya ini menjadi kesulitan tersendiri bagi Kamu saat akan menggunakanya dan tentunya juga Kamu bingung harus memilih plugin mana yang terbaik untuk website bisnis Kamu. Pada kesempatan ini saya akan membahas enam plugin review terbaik WordPress yang mungkin bisa Kamu jadikan bahan referensi saat Kamu ingin memasang plugin yang tepat untuk website Kamu.

Jika Kamu menjual produk atau layanan apa pun di website yang berbasasis WordPress, Kamu bisa memanfaatkan plugin review atau ulasan. Dengan adanya fasilitas review pada website untuk layanan atau produk Kamu maka hal ini akan meningkatnya bukti sosial, Kamu memiliki peluang lebih besar untuk menarik pelanggan baru ke bisnis Kamu serta bisa mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Membangun kepercayaan dan kredibilitas melalui review atau positif di website Kamu adalah cara yang baik untuk tetap terhubung dengan calon klien.

Review tidak hanya sekedar menjadi sumber pemasaran yang kuat, tetapi dengan mengumpulkan review juga akan menjadi sumber umpan balik yang baik dari klien dan pelanggan, sehingga memungkinkan bagi Kamu untuk melakukan perubahan dan perbaikan pada produk dan pengalaman pelanggan Kamu, serta membangun hubungan dengan pelanggan Kamu.

Selain itu juga, review ini bisa memungkinkan serta meningkatkan peluang bagi pelanggan atau klien Kamu menjadi pelanggan yang loyal sehingga bisa melakukan repeat order, disamping itu juga mereka akan lebih bersedia merekomendasikan produk dan layanan Kamu kepada orang lain.

Mengapa Menggunakan Plugin Review WordPress?

Menggunakan plugin Review WordPress merupakan cara yang efektif untuk menyajikan review yang dinamis dan terlihat profesional pada website bisnis Kamu. Hal ini juga memberi kemudahan bagi pengguna untuk meninggalkan ulasan. Ada banyak plugin review yang bisa dengan mudah menampilkan ulasan dari platform lain, seperti Facebook maupun Google.

Jika halaman interface review terlihat menarik secara visual dan didukung dengan layanan pengiriman produk maupun layanan yang mudah digunakan, tentunya hal ini akan membuat pelanggan lebih cenderung untuk memberikan ulasan tentang produk atau layanan Kamu.

Dengan semakin banyaknya review yang Kamu miliki, maka semakin besar pula kemungkinan mendapatkan pelanggan baru karena banyak pelanggan yang sebelumnya meninggalkan review yang positif. Memiliki riview yang diposting juga bisa menjadi faktor penentu apakah seorang calon pelanggan atau klien beralih ke website lain atau masih tetap loyak terhadap website Kamu.

Berikut adalah enam rekomendasi teratas untuk plugin WordPress yang bisa Kamu gunakan. Plugin-plugin ini akan menyediakan proses ulasan yang menarik dan mudah digunakan untuk situs website Kamu.

#1. WP Review Pro

Plugin Review WordPress


Jika Kamu mencari plugin rivew yang komprehensif, maka WP Review Pro adalah pilihan tepat yang bisa kamu gunakan. 

WP Review Free sudah bisa mencakup semua fitur dasar, tetapi jika Kamu ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap maka Kamu bisa meng-upgrade ke versi Pro, untuk upgrade ke versi pro kurang lebihnya seharga $67 maka Kamupun bisa menggunakannya tanpa batas untuk berbagai website.

Dengan WP Review Pro, Kamu akan mendapatkan banyak pilihan warna yang tidak terbatas dan berbagai opsi peringkat, seperti bintang, persentase, jempol atas/bawah, poin, atau peringkat lingkaran. 

Plugin ini mendukung 19 snippet kaya, 16 desain predefinisi, beberapa sistem peringkat, peringkat ulasan oleh pengguna, dan kompatibilitas yang bisa disesuaikan dengan tema WordPress apa pun.

Selain itu, plugin ini bisa bekerja dengan lancar dengan ulasan dari Facebook, Google, dan Yelp untuk memperluas jangkauan Kamu. Desain predefinisi yang sangat mudah untuk disesuaikan bag Kamu untuk mencocokkan brand Kamu atau platform riview populer lainnya.

#2. Site Reviews

Site Reviews Plugin WordPress


Site Reviews merupakan sebuah plugin WordPress untuk review sederhana yang memungkinkan bagi pengguna untuk meninggalkan ulasan melalui formulir yang bisa disesuaikan. Ulasan ini menggunakan sistem peringkat 1 hingga 5 bintang dan dapat difilter.

Kamu juga bisa menandai ulasan yang menguntungkan untuk ditampilkan di bagian atas sehingga menjadi ulasan pertama yang dilihat oleh pelanggan. Plugin ini bisa digunakan sebagai shortcode, blok kustom Gutenberg, atau widget, dan mendukung widget asli Elementor untuk menyesuaikan dengan berbagai jenis tema dan page builder, serta gratis.

Site Reviews menjadi salah satu plugin ulasan gratis yang paling lengkap, dan dukungannya terhadap plugin ini pada forum WordPress sangat baik.

#3. Plugin For Google Reviews

Plugin Review Google


Plugin untuk Ulasan Google secara khusus menampilkan peringkat dan ulasan dari Google dengan menggunakan Google API publik.

Jika Kamu menggunakan versi gratis, maka ini akan terbatas hanya untuk menampilkan lima ulasan Google saja. Sebaliknya, jika kamu memilih versi Business, dengan biaya $85 per tahun untuk satu website, menggunakan API untuk akun Google Bisnis Kamu, maka ini memberikan tampilan ulasan Google tanpa batas.

Peningkatan ini juga akan memberikan Kamu ulasan Yelp dan Facebook tanpa batas serta bisa mensinkronkan akun Kamu untuk pembaruan atau updtade secara otomatis. Kamu juga bisa menggabungkan ulasan dari platform lain; sehingga pelanggan bisa meninggalkan ulasan melalui website Kamu untuk platform lain.

Jika Kamu ingin menampilkan ulasan terbaik di bagian atas? maka bisa menggunakan fitur filter untuk menampilkan ulasan sesuai dengan urutan yang Kamu inginkan.

Ada lima tema yang tersedia, dan ulasan bisa ditampilkan menggunakan widget, shortcode, melalui pagebuilder seperti Gutenberg, Elementor, Page Origin, Beaver Builder, WPBakery, Divi, dan lain-lain, atau dengan Universal HTML/JavaScript.

#4. Customer Reviews For WooCommerce

plugin Customer Reviews for woocommerce


Plugin Customer Reviews for WooCommerce memungkinkan pelanggan yang berbelanja melalui website toko online Kamu untuk meninggalkan ulasan tertulis dan foto guna meningkatkan bukti sosial (social proof) Kamu dan menarik lebih banyak pelanggan.

Dengan menggunakan plugin ini, pelanggan bisa memberikan ulasan tentang pengalaman mereka dengan produk atau layanan Kamu secara tertulis, serta melampirkan foto sebagai tambahan. Hal ini memberikan kepercayaan tambahan kepada calon pelanggan baru dan mempengaruhi keputusan mereka untuk berbelanja di toko Kamu.

Dengan adanya ulasan dan foto dari pelanggan yang sebelumnya, toko Kamu bisa membangun reputasi yang kuat dan meningkatkan kepercayaan pelanggan baru. Plugin ini berintegrasi dengan WooCommerce sehingga mudah diinstal dan digunakan di toko online Kamu.

Plugin ini telah diterjemahkan ke lebih dari 40 bahasa dan diinstal di lebih dari 50.000 toko. Kamu bisa mengatur pengiriman email secara otomatis kepada pelanggan setelah mereka melakukan pembelian, meminta mereka untuk meninggalkan ulasan. Kamu juga bisa mengirimkan kupon kepada mereka yang meninggalkan ulasan.

Plugin ini juga terintegrasi dengan layanan untuk memverifikasi keaslian ulasan. Plugin ini menggunakan peringkat, jenis ulasan berbasis voting, dan foto yang dikirimkan oleh pelanggan. Ulasan juga dapat difilter.

Plugin ini menyediakan versi Gratis (Basic), namun jika Kamu ingin mempertimbangkan untuk menggunakan versi yang Pro (Professional) dengan fitur yang lebih lengkap dan kustomisasi yang lebih baik, maka kamu bisa memilihnya dengan biaya $49.99 per tahun.

#5. Starfish Reviews

Plugin review starfish wordpress


Plugin Starfish Reviews mengurutkan ulasan positif dan negatif menggunakan sistem aliran (funnel system).

Dengan menggunakan plugin ini, ulasan-ulasan yang diberikan oleh pelanggan akan dipilah dan dikategorikan berdasarkan tingkat kepuasan mereka. Sistem aliran (funnel system) yang digunakan akan memisahkan ulasan-ulasan yang positif dari yang negatif, memungkinkan Kamu untuk melihat dan menangani ulasan dengan lebih efektif.

Dengan adanya sistem aliran (funnel system) ini, Kamu bisa dengan mudah melihat ulasan-ulasan positif yang memberikan umpan balik positif tentang produk atau layanan Kamu, serta mengidentifikasi dan menangani masalah yang mungkin timbul dari ulasan-ulasan negatif. Hal ini dapat membantu Kamu meningkatkan kualitas produk atau layanan Kamu dan memperbaiki pengalaman pelanggan.

Plugin ini memberikan alat yang berguna dalam mengelola ulasan-ulasan yang diterima dan membantu Kamu mendapatkan wawasan berharga dari umpan balik pelanggan. Plugin ini diatur di dasbor WordPress dan bisa terhubung dengan Google, Yelp, Facebook, serta beberapa platform ulasan pihak ketiga lainnya.

Pilihan ulasan positif atau negatif ditampilkan dalam langkah pertama ulasan. Jika ulasan positif dipilih, pelanggan diberikan opsi tunggal atau ganda di mana mereka dapat meninggalkan ulasan mereka.

Jika ulasan negatif dipilih, umpan balik akan dikirimkan kepada Kamu, dan Kamu bisa diminta untuk informasi lebih lanjut. Tergantung pada batasan dari platform ulasan yang Kamu gunakan, Kamu bisa memilih untuk tidak mengizinkan pelanggan memposting ulasan negatif atau mengizinkannya.

#6. Taqyeem

Plugin Review Tayeem


Plugin Taqyeem WordPress Review dapat memberikan ulasan kustom yang indah yang bisa ditambahkan ke halaman, pos, dan jenis pos kustom. Dengan menggunakan plugin ini, Kamu bisa dengan mudah membuat ulasan yang menarik secara visual dan menyesuaikan tampilannya sesuai kebutuhan. 

Kamu bisa menambahkan ulasan ke halaman, pos, dan jenis pos kustom yang ada di situs WordPress Kamu. Plugin ini memberikan fleksibilitas untuk menentukan elemen-elemen ulasan, seperti peringkat bintang, skor numerik, ringkasan ulasan, dan teks ulasan lengkap. 

Kamu juga bisa menyesuaikan tampilan ulasan, termasuk warna, font, ukuran, dan gaya yang sesuai dengan desain website Kamu. Dengan menggunakan Taqyeem WordPress Review Plugin, Kamu bisa meningkatkan tampilan visual ulasan pada website Kamu, memberikan informasi yang berharga kepada pengunjung, dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Apa Plugin Review WordPress Terbaik?

Plugin review WordPress yang terbaik adalah yang memiliki template yang paling mudah dikustomisasi atau disesuaikan untuk jenis ulasan yang ingin Kamu tampilkan, serta bisa menampilkan visualisasi terbaik untuk website Kamu. 

Sebaiknya pilihlah plugin yang nyaman digunakan dan sesuai dengan kebutuhan website Kamu. Untuk plugin ulasan WordPress yang lengkap, rekomendasi saya adalah WP Review Pro. Karena Plugin premium ini menawarkan berbagai pilihan yang lebih luas, dengan integrasi di berbagai platform sosial dan WooCommerce.

Plugin ini memberikan fleksibilitas dan kustomisasi paling luas dari plugin yang saya ulas. Plugin ini juga memiliki versi gratis dan berbayar.

Bagaimana Memilih Plugin Ulasan WordPress Terbaik?

Dengan lebih dari 1.000 plugin ulasan WordPress yang tersedia untuk dipilih, mungkin sulit untuk mengetahui harus mulai dari mana. Sama halnya ketika akan memilih plugin apa pun di WordPress, tentu Kamu ingin plugin review yang Kamu pasang di website berbasis WordPress bisa diandalkan dan aman diigunakan.

Dalam memilih plugin review tersebut Kamu perlu perhatikan peringkat bintang, ulasan, jumlah instalasi aktif, dan kompatibilitas dengan versi terbaru WordPress Kamu. Saat pencarian plugin, Kamu akan melihat peringkat bintang dan jumlah ulasan dalam tanda kurung. Semakin tinggi peringkat bintang dan jumlah ulasan, berarti plugin tersebut semakin baik.

Kamu juga harus memeriksa berapa banyak instalasi aktif dari plugin tersebut yang telah dipasangoleh penggunanya. Semakin tinggi jumlah instalasi aktif, maka akan semakin baik, karena ini berarti lebih banyak orang menggunakan plugin tersebut di website mereka. 

Dan yang terakhir, pastikan plugin tersebut telah diuji dengan versi terbaru WordPress.

Tidak ada komentar untuk "6 Plugin Review WordPress Terbaik Tahun 2023"