Widget HTML Atas

10 Platform Blogging Terbaik Untuk Menghasilkan Uang Secara Online

Platform Bloging terbaik untuk menghasilkan uang


10 Platform Blogging Terbaik Untuk Menghasilkan Uang Secara Online - Apakah Kamu ingin menghasilkan uang secara online sambil melakukan akifitas yang benar-benar Kamu nikmati?. Jika  kamu membaca postingan ini maka kamu berada di website yang tepat karena melalui blog ini saya akan memberikan info 10 platform blog yang bisa kamu gunakan untuk menghasilkan uang secara online. 

Bagi kamu yang baru mengenal apa itu blog, mungkin bertanya apa sih manfaat dari kegiatan blogging?. Jadi jika Kamu ingin tahu bagaimana memulai blog, maka pertama-tama yang perlu Kamu pikirkan adalah tentang platform blogging populer apa yang sekiranya bisa Kamu gunakan untuk bisa menghasilkan cuan.

Sebelum memulai aktifitas bloging terlebih dahulu kamu harus memilih platform blogging terbaik menurut kamu. Dan berikut ini saya coba menjelaskan platform blog apa saja yang mungkin bisa Kamu pilih dan Kamu anggap yang paling cocok, sehingga Kamu bisa mulai menghasilkan uang secara online.

Mungkin kamu juga ingin mencari alternatif platform hosting blog apa yang menawarkan layanan secara gratis ataupun yang berbayar, Postingan ini sangat cocok untuk Kamu baca. Postingan ini saya buat berdasarkan pertimbangan kebutuhan dan sumber daya blogging, dan menurut saya berikut ini adalah platform blogging terbaik dan cocok buat Kamu.

#1. WordPress.org

WordPress merupakan platform yang paling banyak digunakan untuk membangun website dan tentunya juga Blog. Offical website WordPress sendiri ada dau yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Sebagai perbandingan antara keduanya, WordPress.com adalah platform gratis, artinya Kamu bisa melakukan blogging secara gratis, namun kekurangnya adalah Kamu hanya memiliki sedikit kontrol atas blog Kamu sendiri, dan untuk menghasilkan uang dari blog tersebut akan memerlukan waktu yang cukup lama.

Di WordPress.com, Kamu bisa langung membuat blog tanpa memikirkan harus membeli domain atau hosting karena Kamu sudah bisa membuatnya melalui subdomain (yoursitename.wordpress.com), sehingga pengguna sudah bisa melihat dan mengakses website atau blog Kamu sendiri. Selain itu, Kamu juga sudah mempunyai ruang disk, namun dengan kapasitas terbatas. 

Pembuatan website tersebut diatas adalah pembuatan website secara gratis, karena Kamu masih berada di bawah subdomain wordpress.com, sehingga Kamu tidak bisa menayangkan iklan Adsesnse. Sebenarnya iklan nantinya akan muncul pada postingan blog Kamu, hanya saja, iklan tersebut ditempatkan oleh WordPress sendiri dan Kamu tidak akan mendapatkan apa-apa dari mereka.

Lalu bagaimana jika Kamu ingin agar website atau blog kamu bisa digunakan untuk menghasilkan cuan melalui adsense atau iklan?. Kamu tetap bisa memilih platform wordpress, hanya saja yang harus kamu pilih adalah wordpress.org yang bisa meg-hosting sendiri. Melalui wordpress.org ini Kamu akan memiliki kendali penuh atas segala hal di blog Kamu. 

Kamu bisa menghasilkan cuan dari platform wordpress dengan memilih domain dan hosting sendiri, Kamu bisa membuat situs web yang sepenuhnya berfungsi sesuai dengan budget atau anggaran yang wajar untuk membangun blog berbasis wordpress ini. Kamu bisa mengkustomisasi hingga menginstal alat dan ekstensi yang diperlukan seperti analitik, feed media sosial, daftar surat, halaman toko online, dan masih banyak lagi fitur lain yang bisa kamu manfaatkaan.

Pada WordPress.org memungkinkan bagi Kamu untuk memilih tema blog Kamu. Bagi Kamu yang pemula dan belum berpengalaman, melalui ini juga Kamu bisa melakukan pembuatnya dengan cara drag-and-drop dalam pengembangan website atau blog. Tapi yang terpenting, disini adalah Kamu harus memiliki nama domain Kamu sendiri (yoururl.com), sehingga nantinya Kamu bisa menempatkan iklan Kamu sendiri dan bisa menghasilkan penghasilan secara pasif. 

#2. Blogger

Blogger atau blogspot merupakan salah satu platform blogging tertua yang memiliki jutaan pengguna dan tetap mempertahankan fokusnya dalam membantu banyak orang untuk membangun sebuah blog. Blogger digunakan secara gratis, meskipun Kamu mungkin akan merasa bahwa personalisasinya sangatlah terbatas dan tidak disertai dengan nama domain gratis khusus seperti platform blogging lainnya.

Namun, platform Blogger yang satu ini sangat cocok bag kamu yang masih pemula karena Kamu bisa memilih dari berbagai template gratis yang mudah digunakan. Semua layout dan tata letaknya sangat fleksibel didukung pula dengan ratusan gambar latar belakang - Kamu juga bisa merancang sesuatu yang baru dengan hanya drag and dropnya.

Secara default, Kamu akan mendapatkan domain blogspot.com setelah membuat akun Blogger tetapi Kamu juga bisa membeli domain khusus atau TLD (Top Level Domain) dengan hanya beberapa klik. Kamu bisa memilihnya untuk membeli domain Kamu sendiri jika Kamu ingin agar blog Kamu terlihat lebih professional dan sedikit lebih bisa dipercaya.

Kelebihan lain dari platform Blogger ini adalah, bahwa platform ini bermitra dengan Google AdSense sehingga Kamu bisa secara otomatis menampilkan iklan yang relevan di blog Kamu yang akan memberi Kamu penghasilan pasif saat ada pengunjung yang mengklik iklan yang ditayangkan oleh blog kamu.

Fitur-fitur lain yang menjadi keuggulan dari blogger antara lain:

  • Memiliki tool analitik bawaan untuk melihat demografi audiens Kamu
  • Memiliki kemudahaan untuk megkoneksikan ke Google Analytics
  • Memungkinkan bagi Kamu dalam menyimpan ribuan postingan dan foto
  • Bisa Masuk ke beberapa akun sekaligus
  • Melakukan backup atau impor blog Kamu
  • Aplikasi mobile Blogger
  • dan banyak lagi fitur lain

Untuk memulai membangun blog dengan platform blogger ini silahkan klik disini

#3. Wix

Wix juga merupakan salah satu platform blogging yang juga terkenal dan sangat dipercaya oleh lebih dari 200 juta pengguna di seluruh dunia. Wix memberikan kebebasan bagi Kamu untuk membuat, mendesain, mengelola, dan mengembangkan kehadiran web atau blog Kamu tepat seperti apa yang Kamu inginkan.

Platform blogging ini sangat memungkinkan bagi Kamu memulai perjalanan blogging Kamu dengan lebih dari 900 template website gratis yang bisa kamu kustomisasi. Wix ini sangat bagus untuk blogger pemula. Kamu juga bisa memulai dari awal dengan pembuatan website dengan hanya drag-dan-drop sebagaimana yang tersedia di fitur cerdas Wix.

Wix juga mengklaim bahwa situs web mereka dirancang untuk kinerja yang powerfull sehingga Kamu bisa yakin bahwa website Kamu bisa memuat lebih cepat. Platform ini juga dibangun berdasarkan pemahaman SEO jika Kamu nantinya akan mengoptimalkan website Kamu agar bisa mencapai visibilitas pada mesin pencarian.

Disamping Wix sebagai platform blog, Kamu bisa menambahkan juga toko online, sistem pemesanan, area anggota, dan halaman lain yang Kamu butuhkan di dalam website Kamu. Pada saat Kamu membuat website gratis dengan Wix, Kamu mendapatkan hosting web yang andal, scalable, dan gratis untuk memulai karir Kamu sebagai seorang blogging.

Fitur-fitur lain yang menjadi keuggulan dari Wix antara lain:

  • Smart Editor drag-and-drop

  • Ribuan kemampuan desain yang canggih
  • Domain, logo, dan alat merek lainnya yang dapat disesuaikan
  • Alat pengembangan web full-stack untuk fungsionalitas kustom
  • Perangkat lunak penjadwalan
  • Kampanye email
  • Teknologi AI yang membangut pengembangan wesbsite

  • dan lain-lain

Untuk memulai membangun blog dengan platform Wix silahkan klik disini

#4. Medium

Jika Kamu mempunyai tujuan hanya ingin untuk mempublikasikan sebuah postingan blog dan berharap postingan Kamu banyak di baca oleh orang. Dalam hal ini, mungkin platform Medium bisa menjadi platform yang tepat untuk kebutuhan Kamu. Medium merupakan platform blogging hosting 100% gratis dan merupakan cara tercepat dan termurah untuk memulai aktifitas blogging Kamu.

Saat memilih platform ini yang perlu Kamu lakukan hanyalah membuat akun secara gratis, memilih topik, dan mempublikasikan postingan Kamu. Namun, jika Kamu ingin melangkah lebih jauh dan membuat blog dengan Medium, Kamu bisa membuat blog secara gratis di mana Kamu bisa menciptakan merek Kamu sendiri dan membagikan tulisan Kamu pada pembaca di perangkat apa saja

Saat Kamu mengunjungi Medium, Kamu akan melihat artikel-artikel unggulan dari sesama blogger seperti Kamu, sehingga selalu ada peluang untuk Kamu mendapatkan ribuan hingga jutaan penghargaan pembaca dari postingan Kamu.

Medium juga memiliki Program Mitra yang membantu penulis menghasilkan uang dari artikel dan postingan blog yang mereka publikasikan di platform tersebut. Cara penulis dibayar di platform ini yaitu berdasarkan banyaknya waktu anggota Medium menghabiskan waktu dalam membaca konten Kamu, maka semakin banyak uang yang akan Kamu hasilkan. Pelajari lebih lanjut tentang bagaimana Medium menghitung waktu baca.

Fitur-fitur lain yang menjadi keuggulan dari medium antara lain:

  • Wawasan tentang Audiens
  • Konektivitas sosial - Temukan orang yang sudah terhubung dengan Kamu di Twitter dan mudah membagikan cerita Kamu di berbagai platform.
  • Langganan Email
  • Diskusi Interaktif
  • Halaman yang bisa disesuaikan
  • Dan banyak lagi!

Untuk memulai membangun blog dengan platform Medium silahkan klik disini

#5. Squarespace 

Mungkin platform bloging yang satu ini masih jarang didengar oleh Kamu. Squarespace merupakan  platform blog yang tidak gratis aliash berlangganan berbayar yang memungkinkan Kamu nantinya bisa menyesuaikan blog Kamu dengan tata letak dan tema yang estetis yang dikenal cukup bagus dalam pembangunan website blog dan e-commerce.

Editor Squarespace menggunakan fitur drag-and-drop builder yang mudah digunakan bagi pemula. Kamu juga akan ditawarkan template website terkemuka sesuai industri Kamu, font desainer, dan palet warna yang paling cocok dengan gaya pribadi dan kebutuhan profesional Kamu.

Squarespace tidak hanya sempurna untuk blogger, tetapi juga sempurna untuk para konten kreator atau pemilik bisnis yang juga ingin memiliki toko e-commerce di masa depan - baik itu untuk membuat toko online, memesan layanan, atau menambahkan ekstensi pihak ketiga favorit Kamu.

Beberapa fitur Squarespace meliputi:

  • Penjadwalan janji dan penjualan kelas
  • Sebagai Pintu gerbang komunitas Kamu dengan keanggotaan situs
  • Kampanye email
  • Aplikasi seluler
  • Alat SEO
  • Alat Pembuat

  • Dan banyak lagi!

Squarespace tidak menawarkan layananya rencana gratis, tetapi squarespace bisa menawarkan percobaan gratis selama 14 hari. Jika Kamu berminat mulailah dengan Squarespace disini.

#6. Weebly

Weebly juga menjadi salah satu platform blog terbaik lainnya yang bisa Kamu jadikan alternatif, jika Kamu mencari platform hosting blog gratis. Fitur personalisasi dan fungsionalitas bisa sedikit terbatas tetapi ini juga bisa membantu Kamu agar tidak terlalu kewalahan dalam membuat blog Kamu.

Dengan Weebly, Kamu akan mendapatkan akses ke desain halaman website yang bisa disesuaikan dengan alat-alat yang berguna untuk membangun website Kam dan mengembangkan bisnis yang ideal. Jika Kamu baru dalam dunia blogging, Weebly akan memberi Kamu panduan langkah demi langkah. Kamu bisa belajar bagaimana membangun dan meluncurkan website melalui panduan starter ahli dan alat perencanaan.

Dan jika Kamu berencana untuk mengintegrasikan atau menambahkan toko ke website Kamu di masa depan, maka Weebly memiliki alat eCommerce yang kuat untuk menyederhanakan manajemen pesanan, pengiriman, dan pembayaran.

Beberapa fitur Squarespace meliputi:

  • Pusat Aplikasi dengan berbagai tema dan template
  • Alat pemasaran terintegrasi
  • Keamanan SSL gratis
  • Buat galeri Kamu sendiri dan latar belakang kustom
  • Alat SEO
  • Dan masih banyak lagi!

Untuk memulai membangun blog dengan platform Weebly silahkan klik disini

#7. Web.com

Web.com adalah platform blogging lain yang memberikan platform bagi bisnis kecil dan blogger untuk berbagi konten dan produk mereka. Platform ini memberi Kamu kesempatan untuk membuat blog self-hosted di mana Kamu bisa membeli nama domain dan hosting web langsung pada website tersebut.

Kamu bisa membangun website Kamu sendiri dengan menggunakan alat yang mudah digunakan. Namun jika Kamu memerlukan bantuan dalam membangun atau merancang blog Kamu atau Kamu tidak memiliki waktu, maka web.com memiliki solusi untuk Kamu. Kamu bisa menyewa salah satu desainer in-house yang disediakan oleh web.com.

Layanan unik lainnya yang ditawarkan platform ini adalah Kamu bisa mencantumkan bisnis atau website Kamu di direktori online teratas sehingga lebih mudah bagi pelanggan untuk menemukan Kamu. Selain itu, para ahli in-house mereka akan membuat strategi SEO untuk meningkatkan peringkat pada mesin pencari dan membuat bisnis Kamu ditemukan secara online.

Beberapa keunggulan dari Web.com meliputi:

  • Desain dan teks situs web yang disesuaikan
  • Dukungan situs web yang mudah
  • Dioptimalkan untuk mesin pencari
  • Alat pembuatan situs web yang mudah digunakan
  • Email bisnis
  • Keamanan SSL
  • Dan masih banyak lagi!

Untuk memulai membangun blog dengan platform web.com silahkan klik disini

#8. Tumblr

Kamu mungkin memiliki kesalahpahaman tentang Tumblr, yang menganggap bahwa Tumblr hanya merupakan platform media sosial untuk foto dan video, namun sebenarnya lebih dari sekedar itu, Tumblr merupakan situs blogging yang sangat bagus bagi para penulis pemula yang baru saja memulai perjalanan mereka sebagai bloggger dan ini bisa di gunakan secara gratis.

Kelebihan dari platform Tumblr ini, adalah Kamu tidak perlu berusaha terlalu keras jika ingin agar konten Kamu bisa dilihat, karena Tumblr memiliki umpan 'feed' di mana Kamu bisa melihat postingan terbaru, posting yang sedang trend, dan lainnya.

Platform ini sangat ramah bagi blogger pemula. Kamu bisa membuat akun secara gratis, mengatur halaman Kamu dengan tema dan template yang bisa disesuaikan, dan Kamu bisa langsung menggunakanya. Kamu juga bisa memilih untuk mengikuti pengguna Tumblr lain dan sebaliknya mereka juga bisa mengikuti Kamu. 

Tentunya platform ini bisa dijadikan sebagai sarana yang tepat bagi Kamu dalam membangun komunitas Kamu sendiri, dengan lebih cepat dan lebih mudah.

Beberapa keunggulan dari Tumblr meliputi:

  • Konten yang dapat dibagikan
  • Komunitas yang besar dan interaktif
  • Galeri media
  • Seksi blog yang sedang tren
  • Dan banyak lagi!

Untuk memulai membangun blog dengan platform Tumblr silahkan klik disini

#9. Ghost

Ghost merupakan platform open source di mana kamu bisa menulis dan menerbitkan artikelmu. Ini mreupakan aplikasi yang kuat bagi para media kreator pemula baru (media creator) untuk menerbitkan, berbagi, dan mengembangkan bisnis di sekitar konten mereka.

Platform blog ini dilengkapi dengan alat modern untuk membangun situs blog, termasuk kemampuan untuk mengirim newsletter dan menawarkan langganan berbayar kepada anggota Kamu. Selain itu, Kamu bisa meluncurkan website Kamu dengan pilihan tema gratis yang menarik dan menyesuaikan pengaturan desain yang cocok dengan merek dan gayamu.

Berikut adalah beberapa keunggulan tambahan dari Ghost:

  • Analitik asli
  • Penawaran dan promosi untuk pelanggan atau anggota Anda
  • Kampanye email
  • Media kaya dan kartu dinamis
  • Platform kreator
  • Pasar tema
  • Dan banyak lagi!
Untuk memulai membangun blog dengan platform Ghost silahkan klik disini

#10. HubPages

HubPages merupakan platform blogging lain yang memberikan kesempatan bagi setiap penulis untuk menjadi terkenal dan diakui. Sama halnya seperti Medium, Kamu akan melihat banyak artikel yang direkomendasikan oleh penulis di halaman utama HubPages.

Dan jika Kamu sedang mencari sampingan untuk membantu menghasilkan uang selama waktu luang Kamu, maka menulis untuk HubPages bisa menjadi ide yang bagus karena platform ini membayar penulis dengan jumlah yang cukup lumayan. Kamu tidak perlu berusaha terlalu keras untuk membuat artikel Kamu dibaca dan dilihat, karena lebih dari 35.000.000 orang menjelajahi Situs Jaringan Hubpages setiap bulannya!

Kegiatan menulis untuk HubPages benar-benar gratis dan Kamu tidak perlu repot-repot memikirkan cara membuat website dan menambahkan beberapa add-on yang diperlukan dan semua hal-hal bersifat teknis lainnya.

Untuk memulai membangun blog dengan platform Ghost silahkan klik di sini.

Faktor-Faktor Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Platform Blog

Nah.., sekarang Kamu sudah memiliki daftar platform blogging diatas, kira-kira platform mana yang akan Kamu gunakan untuk mendukung kamu menjadi seorang Blogger. Sebelum menentukan pilihan saran saya yang perlu Kamu pikirkan selanjutnya adalah platform blogging yang cocok untuk Kamu dan sesuai dengan kebutuhan Kamu.

Hal-hal apa saja yang perlu dipertimbangkan oleh seorang blogger sebelum memilih platform untuk blog mereka?. Saya memiliki daftar faktor-faktor yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Kamu sebelum melangkah ke step berikutnya untuk menjadi seorang Blogger. Berikut ini adalah faktor-faktornya:

1. Kesempatan Monetisasi

Jika tujuan utama Kamu memiliki blog adalah untuk bisa mendapatkan penghasilan sampingan, yang pada akhirnya kegiatan blogging Kamu menjadi sumber pendapatan utama Kamu, maka Kamu harus mencari platform blogging yang menawarkan kesempatan monetisasi yang besar. Namun sebelum mencari platform tersebut, Kamu harus memikirkan bagaimana Kamu menampilkan iklan sehingga sepenuhnya Kamu memiliki pendapatan?

Jika tujuan Kamu seperti tersebut diaas, itu artinya Kamu harus memilih blog yang di-hosting sendiri, karena dengan demikian Kamu bisa memiliki kebebasan untuk menampilkan iklan dan menghasilkan uang melalui itu. Tidak seperti versi gratis misalnya WordPress, Kamu tidak akan bisa menghasilkan banyak uang jika mengandalkan wordpress secara gratis, apalagi jika Kamu ingin mengandalkan iklan atau adsense.

2. Anggaran Kamu

Platform blogging yang menawarkan self-hosting biasanya berbayar dan memiliki rencana langganan. Dan setiap platform blogging yang saya sebutkan memiliki layanan berlangganan yang berbeda-beda, mulai dari layanan blogging yang gratis hingga berbayar.

Mungkin Kamu tertarik untuk memilih rencana paling mahal karena Kamu ingin memiliki semua fitur yang bisa diakses, tetapi yang perlu Kamu ketahui adalah apakah itu sesuai dengan anggaran Kamu?. Karena hal  yang paling penting yang harus Kamu miliki terlebih dahulu adalah nama domain Kamu, blog self-hosting, dan tentunya konten berkualitas.

Jadi biasanya, tingkat pertama dalam perencanaan langganan sudah cukup, tetapi sekai lagi, itu akan tergantung pada kebutuhan dan anggaran Kamu. 

3. Kustomisasi

Jika Kamu adalah pemilik bisnis atau seorang pencipta konten (content creator) yang mungkin ingin menetapkan merek - baik itu logo, warna merek, dan sebagainya - maka Kamu pasti harus memilih platform terbaik yang memungkinkan bagi Kamu bisa menyesuaikan halaman website Kamu, font, logo, dan lainnya.

Kebanyakan dari platform blogging saat ini sudah menawarkan template yang sudah jadi yang bisa  Kamu sesuaikan dengan mudah sehingga Kamu tidak perlu memulai dari awal, yang mana jika kamu melakukan hal tersebut bisa menjadi tantangan terutama jika Kamu tidak memiliki pengalaman dalam pengembangan web atau desain.

4. Kemudahan Penggunaan

Seberapa mahir keahlian Kamu dalam merancang suatu website atau blog? Apakah Kamu benar-benar masih sebagai pemula? Jika iya, maka Kamu sebaiknya menggunakan platform yang ramah bagi pemula dengan UX dan UI yang mudah dipahami dan mudah dinavigasi.

Tentunya Kamu tidak ingin membuang waktu berjam-jam untuk mencoba-coba dalam mencari tahu bagaimana cara merancang sebuah website atau blog Kamu. Saat ini Kamu sangat bisa untuk melakukannya dalam hitungan menit dengan memilih platform blog yang tepat tentunya.

5. Tujuan

Apa tujuan Kamu membangun blog Kamu? Apa rencana kedepan yang Kamu miliki? Ada beberapa platform blogging yang ditujukan untuk postingan yang lebih panjang atau lebih pendek, ada juga platform blog lain yang memiliki kapasitas untuk menampung video, gambar, infografis, dan sebagai perangkat media lainnya.

Dan jika Kamu ingin menyertakan halaman yang berbeda dalam blog Kamu, termasuk halaman toko atau halaman layanan, maka Kamu bisa untuk memilih platform yang memiliki fitur e-commerce atau opsi untuk menyesuaikan halaman yang berbeda sesuai keinginan Kamu

Tidak ada komentar untuk "10 Platform Blogging Terbaik Untuk Menghasilkan Uang Secara Online"