Widget HTML Atas

Panduan Bagaimana Menggunakan Hashtag Untuk Konten Sosial Media

Cara menggunakan hashtag

Panduan Bagaimana Menggunakan Hashtag Untuk Konten Sosial Media - Hastags atau tagar adalah cara yang bagus untuk bisa terhubung dengan orang lain dan untuk berbagi konten secara online. Hashtag bisa membantu Kamu untuk mendapatkan lebih banyak pengikut di sosial media seprti; Instagram, TikTok, Twitter, maupun Facebook. 

Hashtag juga bagus untuk membuat postingan Kamua dilihat oleh orang-orang yang mungkin tertarik dengan apa yang Kamu sampaikan. Untuk penggunaan hashtag sendiri itu sangatlah mudah digunakan, kamu cukup tambahkan satu sebelum setiap kata di postingan Kamu sehingga bisa muncul sebagai bagian dari teks pada halaman hasil pencarian Instagram, Twitter maupun Facebook.

Apa itu Hashtag?

Hashtag atau tanda pagar merupakan kata atau frasa yang diawali dengan simbol (#) yang bisa kamu gunakan untuk menandai tweet, kiriman Instagram, video, maupun pembaruan media sosial lainnya. Tagar memungkinkan Kamu untuk mencari konten dalam sekelompok besar orang yang memiliki minat atau topik yang sama. 

Misalnya, jika Kamu tertarik dengan fotografi dan ingin melihat apa yang baru-baru ini diposting oleh fotografer lain di media sosial, maka kamu bisa menelusurinya dengan menggunakan #travelphotography, dan akan memunculkan semua postingan mereka dari hari itu dan sebelumnya. Kamu bisa menelusurinya dengan mudah hanya dengan mengeklik salah satu foto yang judulnya berisi satu atau lebih tagar (misalnya, #travelphotography).

Cara Menggunakan Hashtag di Twitter

Penggunan Hashtag di Twitter diawali dengan tanda pagar (#). Hashtag inilah yang akan membantu kamu dalam mengkategorikan dan mengatur tweet, sehingga akan memudahkan follower atau orang yang mengikuti akun Kamu agar mereka lebih mudah menemukan apa yang mereka cari. Misalnya, jika seseorang memposting tweet tentang rencana akhir pekannya, Maka kamu bisa menggunakan tagar seperti #akhirpekan, #weekend, #travel atau #foodie untuk melacak topik tersebut. 

Atau mungkin Kamu ingin mempertimbangkan untuk menggunakan tagar lain yang terkait dengan merek atau produk yang Kamu minati sehingga pada saat ada orang lain men-tweet tentang mereka di kemudian hari, maka mereka akan dengan mudah ditemukan oleh orang lain yang peduli dengan apa yang terjadi pada hal-hal yang menjadi keahlian mereka.

Cara Menggunakan Hashtag di Instagram

Disamping Hashtag bisa digunakan untuk mengkategorikan dan menemukan konten. Hashtag juga bisa digunakan untuk terhubung dengan pengguna lain dengan minat yang sama, mempromosikan konten Kamu, menargetkan pengguna tertentu, dan membuat komunitas seputar tagar (hashtag).

Untuk menggunakan tagar di Instagram, cukup mudah, kamu cari tagar yang ingin Kamu gunakan di postingan Kamu (Kamu juga bisa menambahkan beberapa tagar sekaligus) dan klik "Tambah" saat muncul di bawah daftar hasil. Maka Kamu akan melihat semua postingan yang berisi tag tersebut muncul di bawahnya dalam urutan relevansi, ketika seseorang menelusuri sesuatu yang terkait dengan postingan Kamu saat ini (seperti "Ukraena" akan muncul lebih dulu), mereka akan melihat hanya posting terkait yang muncul lebih dulu daripada semua jenis posting Instagram yang tidak terkait muncul terlebih dahulu sebelum mereka turun ke antrean tempat mereka mencari konten terkait Ukraena, secara khusus.

Cara Menggunakan Hashtag di Facebook

Hashtag adalah tautan yang bisa diklik. Saat Kamu mengetikkan hashtag, maka akan muncul sebagai tautan di postingan Kamu dan semua postingan yang telah diberi tagar dengan hashtag tersebut akan ditampilkan dalam daftar. Ini berguna untuk menemukan posting yang relevan dari orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan Kamu, serta mengkategorikan posting Kamu sendiri berdasarkan tema atau topik.

Misalnya, jika saya menulis tentang pernikahan dan memposting foto hari pernikahan saya sendiri (yang saya lakukan!), Saya dapat memberi tag "pernikahan" di bawah foto saya sehingga siapa pun yang mengklik foto tersebut hanya akan melihat foto yang diberi tag "pernikahan" daripada hanya satu foto tanpa melampirkan tag.

Cara Menggunakan Hashtag di TikTok

Selanjutnya, bagaimana jika kamu ingin menggunakan Tanda Pagar atau Tagar atau Hashtag di Sosial Media TikTok, berikut adalah cara-caranya: 

  • Kamu bisa membuat hashtag di cerita atau video Kamu dengan mengeklik tanda tambah (+) di bagian bawah layar, dan memilih "Tambahkan Hashtag". Ini akan memunculkan menu tarik-turun (drop-down) dimana Kamu bisa mencari atau memasukkan tagar Kamu, yang harus diikuti dengan # di bagian akhir.
  • Menambahkan tagar ke cerita, video, dan postingan: Setelah Kamu memilih postingan cerita yang sesuai, ketuk bilah judulnya untuk melihat semua tagar yang tersedia (jika ada). Kemudian pilih satu dari daftar ini; jika tidak ditampilkan sebagai opsi saat melihat semua opsi yang tersedia, coba ketuk yang lain hingga keduanya terlihat lagi! Sekarang cukup tambahkan kata kunci apa pun yang ingin Kamu kaitkan dengannya, dengan mengetiknya di setiap bidang yang muncul setelah menekan Go!
  • Tambahkan tagar ke teks: Untuk menambahkan tagar sebagai teks dalam video TikTok itu sendiri hanya dapat melakukannya melalui alat pengeditan seperti pemangkasan dll., scroll ke bawah hingga mencapai sudut kiri bawah di mana seharusnya ada tombol kecil berlabel "Tambahkan Teks Teks"

Cara Menggunakan Tagar di Pinterest

Pinterest adalah tempat yang tepat untuk menemukan inspirasi. Kamu bisa menggunakan bilah (bar) pencarian di bagian atas layar untuk menemukan tagar, yang kemudian akan muncul di hasil. Saat Kamu mengeklik salah satu tagar ini, jika ada pin dengan tagar tersebut yang sudah disematkan, maka pin tersebut akan muncul di bawahnya. Jika tidak ada, maka hashtag akan dicantumkan di bawah "Pin yang lainnya".

Kamu juga bisa mengeklik setiap tagar dengan mengetiknya di kotak pencarian dan menekan enter atau mengklik salah satu tagar secara acak dari semua opsi yang tersedia (Kamu mungkin ingin mencoba mencari "#travel", karena ini baru saja ditambahkan sebagai kategori resmi). Maka akann membuka tab lain yang menampilkan pin berdasarkan istilah tersebut, dan yang lebih penting: jika orang lain telah menggunakan kata atau frasa yang sama persis dengan kata-kata tersebut sebelumnya!.

Cara Menggunakan Hashtag di LinkedIn

LinkedIn merupakan jejaring sosial yang bersifat profesional yang bisa membantu orang terhubung dengan jaringan profesional dan organisasi. LinkedIn ini juga biasa digunakan untuk jaringan, mencari pekerjaan, dan pengembangan bisnis.

Pengguna LinkedIn juga bisa membuat hashtag untuk membantu mereka menemukan orang dengan minat yang sama. Misalnya, jika Kamu ingin terhubung dengan desainer atau seniman grafis lain di LinkedIn, maka kamu bisa membuat tagar tentang industri Kamu yang akan membantu menemukan mereka melalui pencarian di platform.

Akan tetapi, tidak seperti jejaring sosial yang lainnya seperti Facebook atau Twitter di mana Kamu bisa mengeklik tautan foto atau video Instagram (atau bahkan cukup mengeklik "suka"), Penggunaan hashtag di LinkedIn bukanlah tautan yang dapat diklik—melainkan string teks. Kamu hanya akan melihat opsi saat melihat kiriman apa pun yang menyebutkan tagar: Mengklik ini akan membawa Kamu langsung ke utas (thread) diskusi topik tempat dimana orang lain memposting komentar yang terkait dengan topik tersebut.

Itulah panduan bagaimana cara menerapkan dan menggunakan hashtag atau yang lebih kita kenal dengan sebutan tanda pagar, tagar (#). Tagar adalah cara yang baguskonten sosi untuk menemukan orang, konten, ide, dan tempat baru. Silahkan Kamu ikuti petunjuk diatas agar konten sosial media yang kamu posting lebih mudah ditemukan oleh-orang yang memiliki kesamaan minat dengan Kamu. 

Gunakanlah hashtag pada setiap postingan media sosial dan di website Kamu sehingga orang lebih mudah mencarinya dengan hanya menggunakan hashtag di judul postingan atau halaman mereka. Dengan cara ini akan membantu Kamu mendapatkan lebih banyak keterpaparan untuk diri sendiri serta meningkatkan lalu lintas ke situs lain yang menggunakan tagar (seperti Facebook). 

Penting juga untuk Kamu ingat, bahwa jika seseorang melihat profil Kamu di Facebook, mereka mungkin akan melihat sesuatu seperti “#foodbloggersunite!” bersama dengan beberapa tautan relevan yang terkait dengan blogger makanan atau blog memasak yang akan mengarahkan mereka langsung kembali ke blog ini di mana mereka bisa mempelajari lebih lanjut tentang apa yang mereka lakukan.

Tidak ada komentar untuk "Panduan Bagaimana Menggunakan Hashtag Untuk Konten Sosial Media"