Widget HTML Atas

Tips Untuk Content Creator: Cara Menghasilkan Uang Dari Patreon

Cara menghasilkan uang dari Patreon

Cara Menghasilkan Uang dari Patreon - Bagi kamu yang mungkin saat ini sudah memiliki follower sosial media ribuan atau ratusan ribu, namun kamu masih belum bisa menghasilkan uang dari konten yang kamu buat?. Atau mungkin kamu saat ini sudah bosan dengan algoritma platform sosial media yang menyembunyikan konten kamu dari follower kamu. 

Jangan khawatir..!, masih ada alternatif lain untuk menghasilkan uang bagi para pembuat konten (Content Creator). Kamu bisa memanfaatkan platform Patreon, dimana platform ini bisa memudahkan kamu selaku pembuat konten untuk memonetisasi pengikut atau follower kamu.

Dengan Patreon, kamu bisa meluncurkan website berbasis langganan yang bisa kamu personalisasi hanya cukup dengan melakukan beberapa langkah mudah, hal ini tentunya akan sangat memungkinkan bagi kamu untuk menawarkan konten eksklusif kepada pelanggan atau follower setia sehingga kamu bisa menghasilkan pendapatan bulanan yang konsisten.

Apa itu Patreon?

Patreon adalah platform keanggotaan bagi para pembuat konten (content creator) yang memungkinkan mereka untuk menjalankan layanan berlangganan untuk konten-konten yang mereka buat. Dengan menyediakan dan menyiapkan website dan platform pembayaran mereka sendiri, pembuat konten bisa dengan mudah meluncurkan halaman Patreon yang dipersonalisasi dengan beberapa langkah.

Patreon diluncurkan pada tahun 2013 dan memiliki lebih dari 3 juta pelanggan aktif bulanan dan lebih dari 185.000 pencipta yang terdaftar. Pada musim semi 2021, Patreon memiliki valuasi senilai $4 miliar. Pada Patreon, pelanggan atau pengguna aplikasi yang membayar disebut patron, dan Patreon akan melindungi konten eksklusif para pencipta (creator) yang membayarnya.

Pada Platform ini, para pembuat konten atau ceator bisa menawarkan konten mereka secara berlangganan untuk berbagai layanan, dan berbagai jenis konten dengan format Format konten populer yang meliputi:

  • Video (38% pembuat konten)
  • Tulisan (17%)
  • Audio (14%)
  • Fotografi (6%)

Bagaimana cara kerja Patreon?

Melalui Patreon seorang konten kreator bisa memonetisasi konten-konten yang mereka buat, dengan membuat paywall dan membebankan biaya berlangganan kepada pelanggan untuk mengakses karya-karya mereka. Model bisnis semacam ini menjadi transparan dan sangat bagus bagi para kreator dan pelanggan.

Pembuat konten bisa mengetahui penghasilan bulanan mereka yang sudah dibayarkan sehingga dari penghasilan tersebut mereka juga bisa bisa mengembangkan pekerjaan mereka. Disamping itu, dai sisi pelanggan atau pengguna juga bisa melihat bagaimana langganan mereka mendukung pembuat konten dan meningkatkan atau membatalkan keanggotaan mereka.

Lalu bagaimana cara pembuat konten menghasilkan uang dengan menggunakan platform Patreon ini?. Yaitu dengan membuat berbagai jenis dan format konten sebagai berikut:

Tulisan atau Artikel

Melaui tulisan, Konten kreator mungkin bisa berbagi tulisanya dengan kutipan cerita pendek yang kemudian di share atau dibagikan kepada follower atau pengikut Twitter mereka. Dari kutipan tersebut selanjutnya pembaca diarahkan, ke Patreon mereka, konten kreator memberi tahu pengikut mereka bahwa untuk tulisan atau artikel selengkapnya tersedia dengan berlangganan ke salah satu tingkatan keanggotaan mereka.

Membuat artikel di Patreon

Fotografer

Jika seorang konten kreator adalah seorang Fotografer maka mereka bisa memposting contoh karya mereka di Instagram dan menggunakan Patreon sebagai brankas untuk konten mereka. Mereka juga bisa menarik pelanggan dengan menawarkan fasilitas khusus seperti cetakan fisik gambar favorit pilihan pelanggan

Konten Photography Patreon-01



Konten Photography-02

Podcaster

Bagi seorang Podcaster yang memanfaatkan platform ini, maka akan dengan mudah mendapatkan keterlibatan dengan pendengarnya melalui Patreon. Di tab komunitas ini berfungsi sebagai papan pesan, tempat pelanggan bisa meninggalkan pesan, mengobrol dengan pendengar lain dan pembawa acara podcast. Dengan menerapkan keanggotaan premium maka Pelanggan akan mendapatkan akses awal ke episode atau menerima konten khusus seperti episode bonus, atau melihat di balik layar tentang bagaimana persiapan dan keseruan-keseruan kegiatan pra podcast maupun pasca podcast.

Tips membuat konten podcast di patreon


 

Podcaster Content di Patreon

Musisi

Bagi seorang Musisi, mereka juga bisa memanfaatkan platform ini untuk mempromosikan atau  memposting lagu baru, sebelum tanggal rilis mereka atau berbagi b-side dan demo dengan para penggemarnya.

Konetn musik di patreon

Pelaku Streaming

Di Petreon kamu sebagai konten kreator yang suka melakukan dan streamering baik sedang ngonten maupun gaming, kamu bisa memanfaatkan fitur streaming langsung di Patreon dan membebankan biaya untuk setiap pertunjukan online streaming kamu.

Konten Livestreaming di Patreon

Pada dasarnya, Patreon merupakan peluang besar bagi para konten kreator baru untuk membangun komunitas dan memperluas jangkauan mereka, sementara konten kreator terkenal yang notebene mereka adalah selebriti bisa menggunakan Patreon untuk berinteraksi dengan penggemar dengan cara yang benar-benar baru.

Berapa banyak yang bisa kita hasilkan di Patreon?

Platform ini cukup fleksibel untuk mengakomodasi konten kreator dari para follower atau pengikutnya, sehingga pendapatan merekapun bisa bervariasi. Seberapa banyak audiens kamu yang ada, maka itu yang akan menentukan konversinya, Penghasilan konten kreator di platform Patreon bergantung pada banyak faktor, termasuk:

  • Jenis konten yang kamu buat
  • Fasilitas yang kamu tawarkan kepada pelanggan
  • Biaya variasi atau tingkatan keanggotaan Kamu

  • Jumlah audiens kamu saat ini

  • Kegiatan pemasaran kamu.

Seberapa banyak penghasilan patreon

Jadi, berapa banyak yang bisa kamu harapkan untuk mendapatkan penghasilan? Berikut ini kumpulan contoh hipotetis berdasarkan pembuat konten dengan 10.000 pengikut di Instagram (saluran media sosial utama mereka).


Ukuran Keseluruhan10,000 (Instagram)

Pengikut "bersemangat" (yang akan mengklik untuk mempelajari lebih lanjut)

10%
Lalu lintas dari Instagram ke halaman Patreon1,000
% Trafik yang berubah menjadi pelanggan1-5% (10-50 patrons)
Nilai rata-rata setiap pelindung$5
Total pendapatan Patreon bulanan$50-$250

Bagaimana, apakah kamu masih merasa penghasilan tersebut masih sedikit?, Kami memiliki tips untuk membantu kamu dalam mengembangkan basis penggemar dan meningkatkan penghasilan Patreon kamu.

Bagaimana cara memulai Patreon?

Untuk memulai penggunaan platform ini sangat sederhana, di mulai dari proses mendaftar sebagai pembuat konten Patreon. Buka patreon.com/create untuk memulai:

#1: Pilih kategori yang menggambarkan konten Kamu

Bagaimana cara mendaftar di patreon

Kamu dapat memilih hingga dua kategori:

  • Podcast
  • Ilustrasi & Animasi
  • Musik
  • Komunitas
  • Bisnis Lokal (restoran, studio yoga, venue, dll.)
  • Video
  • Menulis & Jurnalisme
  • Game & Perangkat Lunak
  • Fotografi
  • Lainnya

#2: Apakah karya kamu berisi konten dewasa seperti misalnya ketelanjangan baik foto maupun ilustrasi?

Pendaftaran konfirmasi konten dewasa di patreon

Patreon akan memberikan pertanyaan ini dan meminta kamu untuk menjawabnya Ya atau Tidak, tentunya jawaban yang tepatnya kamu sesuaikan berdasarkan jenis konten yang sudah kamu rencanakan untuk ditawarkan.

#3: Pilih Mata Uang

Patreon menawarkan kedalam 14 mata uang untuk dipilih nantinya sebagai pendapatan kamu atas konten-konten yang kamu buat, mata uang tersebut termasuk diantaranya adalah; USD, CAD, Euro, GBP, AUD, dan banyak lagi. Keanggotaan kamu akan diberi harga dan dibayarkan dalam mata uang yang kamu pilih.

#4: Apakah Kamu ingin menawarkan merchandise eksklusif?

Dengan biaya tambahan, Patreon bisa menangani produksi dan mendukung barang dagangan kamu dan melayani pengiriman global. Pada pertanyaan ini kamu akan akan di minta untuk menjawab Ya atau Tidak untuk melanjutkan proses berikutnya.

Pada proses ini kamu akan selalu diberikan opsi untuk bisa memilih Tidak, tetapi kamu bisa menambahkan pakte merchandisenya nanti.

#5: Apakah Kamu ingin memesan URL khusus untuk halaman Patreon Kamu?

Jika kamu ingin memsan URL khusus kamu juga bisa melakukannya, Caranya kamu harus menghubungkan setidaknya satu akun media sosial (Facebook, Instagram, Twitter, atau YouTube) agar Patreon bisa memverifikasi identitas kamu sebagai kreator. Dengan demikian Patreon bisa memungkinkan bagi kamu untuk mengatur URL khusus.

Setelah kamu melakukan tahapan-tahapan pada proses pendaftaran sepereti diatas, maka Halaman Patreon kamu siap diluncurkan!.

Bagaimana cara menyesuaikan halaman Patreon kita?

Setelah kamu menyelesaikan penyiapan awal, kamu akan dibawa ke editor halaman kamu dengan melalui beberapa langkah lagi untuk bisa menyesuaikan halaman kamu.

Mulailah dengan dasar-dasarnya

Setelah kamu membuat akun Patreon dan memverifikasinya melalui email, kamu bisa mulai membangun halaman kamu.

Pertama, beri nama halaman Patreon kamu, lalu buat judul utama. Judul yang kamu buat harus berupa deskripsi singkat tentang konten apa yang akan kamu beri tahu ke  orang-orang, serta apa yang akan kamu lakukan untuk menjaga konten kamu, misalnay “membuat podcast mingguan” atau “menulis esai”.

Mengunggah Gambar

Langkah selanjutnya, yang harus kamu lakukan adalah mengupload atau mengunggah gambar seperti yang diminta Patreon, yaitu dengan mengunggah foto profil dan gambar sampul. Patreon mengharuskan setiap akun memiliki dua foto. Dan ini adalah format yang disarankan oleh Patreon:

  • Gambar profil: 256px kali 256px
  • Gambar sampul: lebar minimal 1600 piksel dan tinggi 400 piksel

Tulis tentang bagian apa yang menarik dari halaman Patreon kamu.

Sebuah halaman Patreon yang baik yang memuat Tentang profile kamu adalah sebuah halaman yang  mengikuti struktur dasar penulisan seperti ini:

  • Perkenalkan dirimu. Siapa kamu dan apa yang kamu lakukan pada Patreon?
  • Jelaskan untuk apa Patreon kamu. Mengapa kamu menggunakan Patreon untuk mendukung karir kreatif kamu?
  • Jelaskan bagaimana dana yang kamu peroleh akan digunakan. Bagaimana kamu akan menggunakan uang yang kamu peroleh di Patreon untuk terus mendukung konten kamu? Pelanggan menghargai transparansi, jadi sejelas mungkin.
  • Tulis ucapan Terima kasih ke pembaca yang telah memeriksa Patreon kamu. Bagikan antusiasme kamu untuk masa depan pekerjaan kamu!

Kamu juga bisa menyematkan gambar atau menambahkan video pengantar atau intro ke bagian ini. Efek visual ini sangat membantu karena memungkinkan pelanggan untuk melihat secara nyata apa yang akan mereka dapatkan saat berlangganan konten kamu.

Pilih Tingkatan Kamu

Mulailah kamu memilihnya dengan tingkat starter kit yang sepenuhnya bisa kamu sesuaikan berdasarkan jenis konten yang kamu tawarkan, seperti halnya; video, musik, podcast, seni visual, tulisan, bisnis lokal, dan semua pembuat konten.

Selanjutnya nanti Patreon akan merekomendasikan tingkatan pemula berdasarkan pilihan kamu. Tingkatan ini sepenuhnya bisa disesuaikan dengan preferensi Kamu.

Pilih tingkatan tiers

Misalnya, gambaran diatas merupakan beberapa tingkatan yang direkomendasikan oleh Patreon untuk Illustrator & Komik. Patreon memiliki starter kit yang bisa disesuaikan yang tersedia untuk setiap jenis konten.

Tentukan apakah kamu ingin menawarkan merchandise?

Patreon juga bisa membantu kamu menawarkan barang dagangan eksklusif kepada pelanggan kamu.

Platform ini memungkinkan kamu untuk menyesuaikan item kamu, seperti stiker, mug, gody bag, thumbler, T-shirt, dan masih banyak lagi!. Dan memilih tingkatan yang bisa menerima merchandise eksklusif. Patreon selanjutnya menangani produksi, pengiriman, pelacakan, dan support.

Hubungkan media sosial kamu

Untuk lebih memperkuat keberadaan kamu pada platform Patreon kamu bisa menautkan akun media sosial kamu ke Patreon kamu, hal ini akan membantu mengonfirmasi identitas kamu sehingga pelanggan kamu bisa berlangganan dengan percaya diri. Kamu bisa menautkan Patreon ke Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube.

Siapkan pembayaran

Sebagai seorang konten kreator, langkah ini mungkin merupakan salah satu langkah terpenting. Agar bisa dipastikan  bahwa kamu akan mendapatkan pembayaran dari Patreon

Kamu harus memberikan informasi pembayaran berikut untuk menerima pembayaran Patreon kamu:

  • Jadwal pembayaran (baik bulanan atau per kreasi, tergantung paket kamu)
  • Mata uang Kamu
  • Pengaturan pembayaran (bagaimana kamu ingin menerima pembayaran dan informasi pajak)

Pilih Pengaturan Halaman Kamu

Pada tahapan ini hampir selesai!, dan Patreon memerlukan beberapa informasi lagi untuk kamu bisa memulai beraktivitas di Patreon

Kamu harus menambahkan info akun dasar pada tahap ini, seperti nama resmi dan negara tempat tinggal kamu. Informasi akun ini tidak akan muncul di halaman publik kamu. Kamu juga akan mengatur beberapa preferensi visual, seperti warna yang ingin kamu gunakan untuk tautan dan tombol di halaman Patreon kamu.

Dan juga saat kamu akan menentukan seberapa transparan yang kamu inginkan sebagai pembuat konten. Kamu bisa memilih untuk membuat penghasilan dan jumlah pelanggan kamu terlihat oleh semua pengunjung halaman. Patreon merekomendasikan untuk membuat informasi ini menjadi publik, tetapi itu dikembalikan kepada kamu, itu adalah opsi yang bisa kamu pilih atau tidak.

Patreon juga akan menanyakan apakah karya kamu berisi konten dewasa. Patreon akan tetap mengizinkan konten dewasa di platform, selama itu sesuai dengan persyaratan penggunaan mereka. Dan perlu kamu ketahui bahwa jika halaman kamu ditandai sebagai konten dewasa, itu tidak akan muncul di hasil pencarian Patreon.

Pratinjau halaman kamu, kemudian tekan tombol luncurkan (launch button)

Jika kamu sudah sampai pada tahapa ini, maka Selamat!, artinya halaman  Patreon kamu telah secara resmi diluncurkan Patreon.

Catatan: Patreon meninjau konten kamu saat diluncurkan. Proses peninjauan biasanya membutuhkan waktu beberapa menit, meskipun beberapa konten memerlukan waktu hingga 3 hari untuk ditinjau. Kamu bisa melanjutkan atau mengedit halaman kamu setelah kamu launching.

Apa yang bisa dibagikan oleh konten kreator di Patreon?

Ada banyak jenis konten yang bisa kamu untuk kemudian kamu posting, diantaranya adalah sebagai berikut:

Text/TulisanPilih judul yang menarik, lalu ketik! Posting teks, ini memungkinkan kamu untuk menyematkan satu atau lebih sebuah gambar di dalam teks atau mengupload file lampiran untuk didownload oleh pelanggan Kamu.
GambarPostingan gambar memungkinkan kamu mengunggah foto atau menyematkan URL gambar dari website lain. Jenis posting ini secara otomatis menghasilkan galeri saat kamu mengunggah banyak foto. Patreon mendukung beberapa format foto, termasuk jenis file .jpg, .jpeg, .png, dan .gif hingga 200 MB.
VideoUntuk membuat postingan video, Kamu bisa menempelkan URL video dari website atau situs lain atau menghubungkan Patreon langsung ke akun Vimeo Pro Kamu. Patreon mendukung tautan YouTube atau Vimeo yang disematkan.
LivestreamPatreon mendukung streaming langsung melalui Vimeo, YouTube Live, atau Crowdcast. Konten Kreator bisa mendapatkan akses ke rekaman otomatis, live chat, analytics, dan tanpa batas waktu. Namun perlu di perhatikan bahwa beberapa opsi ini dikenakan biaya tambahan.
AudioPosting audio memungkinkan bagi kamu untuk mengunggah file atau menyematkan URL audio dari situs lain. Kamu juga bisa mengunggah gambar mini untuk file kamu, seperti sampul album. Patreon mendukung .mp3, .mp4, .m4a, dan .wav; ukuran file harus 512 MB atau kurang.
LinkMasukkan tautan yang ingin kamu bagikan dengan pelanggan Kamu. Postingan akan menampilkan pratinjau tautan Kamu. Tulis deskripsi di bidang teks di bawah ini untuk menjelaskan mengapa kamu membagikan tautan ini dengan audiens kamu (mis. Berbagi situs web atau profil Instagram kamu).
PollingSemua tingkatan keanggotaan Patreon dapat menjalankan polling, yang mana cara ini merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan umpan balik dari pelanggan kamu dan mempelajari bagaimana kamu bisa mengembangkan basis pelanggan kamu. Pilih minimal 2 opsi polling, atau tambahkan hingga 20 opsi untuk dipilih pelanggan. Kamu juga bisa mengatur tanggal kedaluwarsa dan memeriksa hasil polling kapan saja, dan kamu juga bisa mengekspor hasilnya sebagai file CSV.

Setiap jenis postingan memungkinkan kamu untuk menambahkan tag ke posting kamu sehingga pelanggan bisa dengan mudah mencari berdasarkan kategori (misalnya, "update bulanan" atau "episode bonus"). Kamu juga bisa memilih siapa yang bisa melihat postingan ini (publik, semua pelanggan, atau tingkatan tertentu).

Kamu mungkin memiliki konten khusus atau waktu-sensitif untuk dibagikan dengan pelanggan Kamu. Dalam hal ini, kmau bisa membuat pos akses awal untuk mengizinkan tingkatan tertentu untuk melihatnya sebelum orang lain. Kamu bahkan bisa menambahkan biaya khusus untuk mengakses pos tertentu jika diperlukan.

Jenis posting lanjutan meliputi:

Catatan Selamat DatangKirimkan pesan selamat datang secara pribadi kepada pelanggan kamu & email saat mereka bergabung. Ini bisa disesuaikan tingkatan pelanggan. Kamu bisa menambah atau menghapus fitur ini kapan saja.
Tujuan
Postingan ini memberika kamu kesempatan untuk menjelaskan apa yang sedang Kamu kerjakan dan membantu pelanggan memahami bagaimana langganan mereka mendukung karya kreatif kamu. Kamu bisa menetapkan dua jenis sasaran:
Earnings-based (“Ketika saya mencapai $300 per bulan, saya akan…”) atau community-based (“Ketika saya mencapai 300 pelanggan, saya akan…”)
Penawaran KhususBuat penawaran pribadi kamu sendiri untuk menarik pelanggan dan memberi mereka akses ke konten eksklusif. Kamu bisa memilih dari manfaat yang ada, seperti stiker khusus, tiket akses awal, dan obrolan 1:1, atau merancang penawaran yang paling mewakili pekerjaan Kamu.

Berapa harga Patreon?

Untuk Konten Kreator

Untuk membuat akun  di Patreon itu gratis bagi Konten kreator, tetapi akan biaya yang diberlakukan setelah si konten kreator tersebut mulai menghasilkan uang di Patreon. Seorang konten kreator bisa dikenakan biaya antara 5-12% dari pendapatan bulanan yang mereka peroleh di Patreon, namun ini juga tergantung dari jenis paket yang mereka ambil.

Patreon saat ini memiliki tiga paket yang tersedia, yaitu : Lite, Pro, dan Premium.

Paket Keanggotaan Patreon

Untuk Pelanggan

Sekali lagi, untuk membuat akun Patreon itu gratis. Namun, biaya berlangganan bulanan akan dikenakan dan besaran biayanya bervariasi tergantung pada pelanggan dari pembuat konten yang berdasarkan pada tingkatan keanggotaan yang mereka pilih. Konten kreator bisa menetapkan struktur tingkat keanggotaan mereka sendiri. Namun ada beberapa pembuat konten mengenakan biaya tetap:

Biaya berlangganan keanggotaan Patreon

Ada juga pembuat konten lain yang menjalankan struktur penetapan harga berjenjang dengan menawarkan lebih banyak lagi keuntungan kepada pelanggan yang membayar harag dengan biaya lebih tinggi di bandingkan dengan paket biasa:

Contoh seperti apa yang dilakukan oleh Konten Kreator Lovetosew Podcast

Contoh biaya patreon secara berjenjang

Dengan penetapa struktur biaya langganan berjenjang Pelanggan bisa meningkatkan atau menurunkan langganan mereka kapan saja. Dan prosesnya juga cukup mudah untuk dibatalkan jika mereka tidak lagi ingin mengakses konten.

Bagaimana kita bisa menghasilkan lebih banyak uang di Patreon?

Jika kamu ingin memulai untuk menghasilkan banyak uang di platform Patreon ini. tentunya kamu butuh sedikit bantuan untuk memulai langkah-langkah menggunakan platform ini. Dan berikut ini adalah langkah-langkah strategis yang berpotensi untuk mendapatkan penghasilan lebih di Patreon. Kamu bisa memulai dengan menggunakan pendekatan multi cabang.

Perluas Jangkauan audiens kamu agar jumlah audiens kamu meningkat

Mulailah dengan berfokus pada pertumbuhan pengikut kamu di platform media sosial lainnya (seperti Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, dll.). Jika kamu tidak hadir di banyak platform, sekaranglah saatnya untuk memulai! Perluas strategi pemasaran kamu untuk memastikan bahwa kamu benar-benar menjangkau pelanggan potensial sebanyak mungkin.

Tingkatkan persentase pengikut kamu yang "bersemangat"

Buat postingan video atau teks untuk menceritakan kisah kamu dan membangun hubungan personal dengan pengikut atau follower kamu. Jelaskan kepada mereka tentang bagaimana mereka bisa mendukung halaman Patreon kamu bisa bermanfaat bagi kamu sebagai konten kreator, dan jelaskan bagaimana pendapatan Patreon kamu memungkinkan kamu dalam membuat lebih banyak lagi konten atau memberi kamu fleksibilitas untuk menjadi lebih kreatif lagi.

Dorong lalu lintas ke halaman Kreator Kamu

Informasikan kepada follower kamu bahwa halaman Patreon kamu ada mana-mana: tambahkan tautan ke bio media sosial kamu, bawa ke podcast atau wawancara, dan sertakan tautan ke buletin bulanan atau e-blast kamu. Ripitasi atau pengulangan akan membantu mengarahkan trafik, dan peningkatan lalu lintas bisa menghasilkan konversi yang lebih tinggi dari pelanggan potensial menjadi pelanggan setia.

Gunakan konten gratis untuk mengubah lalu lintas menjadi pelanggan

Konten gratis bisa juga menjadi cara yang bagus untuk menarik pelanggan potensial. Beri pengunjung sebuah cuplikan konten Patreon kamu, dan ini berfungsi untuk memberi tahu mereka apa yang diharapkan jika mereka menjadi pelindung. 

Buat beberapa postingan publik secara gratis untuk memberi gambaran kepada calon pelanggan tentang jenis konten yang bisa mereka harapkan. Kamu juga bisa menjalankan hadiah atau promosi khusus untuk menghasilkan buzz (mis. "daftar sebelum akhir bulan agar bisa diikutsertakan kedalam undian").

Tumbuhkan nilai rata-rata setiap pelindung dengan membuat lebih banyak tingkatan keanggotaan

Dengan memiliki beberapa tingkatan keanggotaan, maka hal ini bisa mendorong pelanggan yang ada untuk "naik level" dan membayar lebih banyak lagi untuk langganan bulanan mereka. Buat manfaat atau hadiah khusus yang disesuaikan dengan jenis konten kamu dan tambahkan nilai bagi pelanggan kamu. Pastikan untuk membedakan antara tingkatan kamu sehingga pelanggan bisa dengan mudah melihat apa yang bisa mereka dapatkan ketika mereka meningkat.

Terus belajar!

Penggunaan fitur polling pada Patreon merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan feed atau umpan balik dari pelanggan kamu dan mendapatkan wawasan tentang bagaimana mereka berlangganan konten kamu, sehingga kamu bisa mengetahui cara menumbuhkan basis pelanggan kamu.

Sebagai referensi pembelajaran kamu bisa membaca-baca Blog Patreon, ini adalah sumber yang bagus bagi konte kreator yang ingin mempelajari lebih detail tentang bagaimana menjalankan dan mengembangkan bisnis kreatif kamu dengan tetap mengikuti update dan pembaruan fitur baru Patreon.

Tidak ada komentar untuk "Tips Untuk Content Creator: Cara Menghasilkan Uang Dari Patreon"