Widget HTML Atas

30 Ide Bisnis Online Yang Bisa Kamu Jalankan di Tahun 2022

Bisnis Online Tahun 2022

30 Ide Bisnis Online Yang Bisa Kamu Jalankan di Tahun 2022 Pada tahun 2021 yang lalu, lebih dari 2,14 miliar orang telah beralih ke belanja online untuk memenuhi kebutuhan mereka. Hal ini Kemungkinan juga dikarena faktor pandemi COVID-19 yang menyebabkan 40,3% pelanggan mengurangi aktifitas kunjungan ke toko fisik.

Para ahli memperkirakan tren ini akan terus berlanjut karena pendapatan eCommerce diproyeksikan tumbuh menjadi $5,4 triliun pada tahun 2022. Jika kamu berniat untuk memulai bisnis online untuk skala kecil, maka sekaranglah waktu yang tepat untuk segera kamu melakukannya. 

Membuat perencanaan dan strategi yang matang sebelum kamu memutuskan untuk menjalankan bisnis online, itu merupakan langkah yang bijak karena akan menentukan keberhasilan bisnis online kamu. Untuk melakukannya, Kamu harus memutuskan langkah apa yang harus dilakukan terlebih dahulu. 

Pada postingan kali ini saya akan mengeksplorasi 30 ide bisnis yang menguntungkan yang bisa kamu jalankan secara online. Kamu bisa memilih salah satu dari 30 ide tersebut yang menurut kamu, sesuai dengan passion dan keahlian kamu. Saya juga menyertakan bagaimana langkah-langkah untuk memulai ide bisnis online.

Mengapa Harus Memilih Bisnis Online?

Jika kamu masih ragu untuk memutuskan apakah bisnis off-line kamu harus pindah ke bisnis online, atau tidak?. Berikut ini adalah beberapa alasan paling umum mengapa orang memilih untuk pindah ke bisnis online:

  • Jam kerja dan lokasi yang fleksibel. Seorang pemilik bisnis online dapat bekerja dari mana saja kapan saja, menyisakan lebih banyak waktu untuk kepentingan pribadi.
  • Modal awal yang rendah. Tidak seperti toko fisik, bisnis online tidak memerlukan etalase fisik atau utilitas untuk beroperasi. Dengan cara ini, kamu dapat menghasilkan uang secara online dengan segera.
  • Jangkauan pasar yang luas. Lingkup bisnis online tidak terbatas pada pasar lokal. Internet memungkinkan untuk menciptakan pasar internasional di mana kamu dapat menjual produk atau layanan kepada pelanggan di seluruh dunia.
  • Aliran pendapatan pasif. Metode monetisasi seperti pemasaran afiliasi dan tampilan iklan online (adsense) menghasilkan pekerjaan sampingan yang sangat menarik.

Ide Bisnis Online Potensial yang Bisa Kamu Ambil

Agar bisnis online yang kamu kerjakan bisa berhasil dan sukses, kamu harus membutuhkan banyak usaha dan waktu. Dengan memilih ide yang sesuai keahlian dan minat kamu, ini akan bisa membantu  meningkatkan peluang kamu untuk sukses dan menjadikan perjalanan itu sangat berharga. Berikut ini adalah 30 ide bisnis online terbaik yang harus kamu pertimbangkan untuk dijalankan:

1. Menjadi Freelancer

  • Estimasi Penghasilan: sekitar Rp. 295,000,- +/jam, tergantung pada industri dan lokasi
  • Persyaratan: keterampilan dan pengalaman di bidang tertentu

Munculnya ekonomi gig (gig economy) menjadikan pekerjaan lepas sebagai alternatif yang layak untuk para pekerja nine-to-five yang biasa menjadi acuan jam kerja karyawan profesional. Dan tahukah kamu bahwa ternyata perndapatan Freelancer mereka, berdasarkan fakta laporan meningkat 75% setelah pergantian karir ini.

Mereka yang memiliki pengalaman kerja sebelumnya bisa memanfaatkan keahlian dan jaringan relasi yang mereka bangun untuk membangun profesional branding. Pekerjaan apa pun bisa dilakukan secara lepas (freelance) seperti web development, desain grafis, dan menulis adalah keterampilan online yang paling banyak diminati.

Karena market bagi para freelancer sangat kompetitif, maka kamu harus bisa mengembangkan nilai jual yang unik untuk membedakan diri kamu dengan freelancer lainnya. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menentukan klien ideal buat kamu, seperti halnya yang dilakukan penulis lepas Elise Dopson – ia berfokus pada perusahaan B2B dan SaaS.

Freelancer Writer

Seorang pekerja lepas atau Freelancer biasanya akan membuat website atau blog untuk mempromosikan layanan jasa mereka secara online. Jika kamu sudah memutuskan untuk menjadi freelancer kamu bisa Mendaftar di pasar kerja seperti Fiverr, Dan kamu juga bisa membuat profil professional di LinkedIn, hal ini bisa meningkatkan eksistensi kamu di dunia online sebagai seorang Freelancer.

2. Blogger

    • Estimasi Penghasilan: Rp.1,400,000,- s.d Rp.140,000,000,- /bulan, tergantung pada biaya operasional blog dan saluran monetisasi
    • Persyaratan: keterampilan menulis, pemasaran konten, dan SEO

      Memulai dari sebuah blog untuk menjadi seorang Blogger merupakan salah satu ide bisnis online yang bisa mendatangkan cuan dan yang paling menguntungkan. Banyak para pengusaha yang berpenghasilan enam digit, seperti Pat Flynn, mereka memulai dengan menulis blog tentang keterampilan dan pengetahuan mereka kepada para pembaca.

      Potensi Penghasilan Blogger


      Sebenarnya, blogger dikatakan sudah berhasil atau sukses jika mereka sudah bisa memberikan sesuatu yang lebih dari sekadar berbagi pemikiran kamu tentang suatu subjek atau masalah, namun kamu juga harus bisa memberikan solusi dan manfaat dari apa yang kamu bagikan kepada para pembaca. Sebelum kamu memulai memutuskan menjadi blogger, yang perlu kamu perhatikan adalah fokuskan untuk hal-hal berikut:

      • Ceruk (Niche). Dengan mengetahui niche yang kamu pilih maka kamu akan lebih mudah untuk mengembangkan webiste atau blog kamu, fokuslah hanya pada tema tertentu sesuai topik yang kamu kuasai. Silahkan kamu eksplore berbagai blog untuk mencari inspirasi.
      • Kualitas konten. Memproduksi konten yang menawarkan pengalaman pengguna yang baik akan mengubah pengunjung menjadi pembaca setia, sehingga peringkat blog kamu akan diprioritaskan di halaman pertama pada mesin pencari.
      • Ukuran lalu lintas. Sebuah website atau blog yang memiliki volume pengunjung yang tinggi biasanya memiliki peluang lebih besar dalam menarik calon mitra bisnis, dan menjual produk atau layanan mereka sendiri.
      • Opsi monetisasi. Diversifikasi saluran kamu untuk menghasilkan uang dengan blog akan membuat potensi keuntungan menjadi lebih mudah. Metode populer yang sering digunakan termasuk diantaranya adalah pemasaran afiliasi, Google Ads, dan konten bersponsor.

      3. Penerbit eBook Mandiri

      • Estimasi Penghasilan: 35-75% dari harga eBook sebagai royalti, tergantung pada platformnya
      • Persyaratan: keterampilan menulis kreatif dan pemasaran konten

      Berkat kemajuan dan perkembangan dunia internet, menjadi seorang penulis tidak lagi harus mengirimkan naskah ke penerbit. Siapa pun sekarang, tidak terkecuali kamu juga bisa menjual eBuku melalui situs web pribadi atau website penerbit sendiri, seperti Amazon KDP. Jika kamu sebagai seorang blogger, kamu bisa membuat eBook yang berisi panduan dan tips tentang segala sesuatu yang kamu ketahui, dan bisa memberikan manfaat atau solusi buat pembaca. 

      Kamu bisa menyusun konten produk informasi menjadi satu panduan komprehensif. Contoh seperti apa yang dilakukan Elna Cain dengan artikel-artikelnya yang panjang. Untuk menambah nilai lebih pada produk, dia menyisipkan beberapa lembar kerja yang dapat dicetak. Di sisi lain, website penerbit mandiri menawarkan manfaat dari audiens yang ada, sehingga kamu tidak perlu repot-repot memulainya dari nol. 

      Namun kekurangan dari penerbit mandiri adalah kamu tidak bisa mengklaim berapa sebenarnya penghasilan kotor eBook. Karena itulah, banyak penulis membuat website sebagai saluran monetisasi tambahan untuk memaksimalkan pendapatan mereka. Ingatlah bahwa biaya produksi buku berkisar antara $100-$6.000. Pastikan untuk mengalokasikan anggaran untuk menutupi biaya awal jika kamu ingin mengejar bisnis online ini.

      4. Membuka Toko Online

      • Estimasi Penghasilan: Rp.1,4000,000- s.d Rp.140,000.000 +/tahun, tergantung pada toko eCommerce, pengeluarannya, dan ukuran pasar
      • Persyaratan: manajemen bisnis, pemasaran digital, dan keterampilan pemeliharaan situs

      Pilihan untuk Membuka toko online merupakah salah satu ide bisnis online yang paling relevan di dunia bisnis online. Meluncurkan Toko online sendiri memungkinkan kamu bisa menjadi orang berikutnya yang bisa membangun merek bernilai jutaan dolar jika strategi yang kamu jalankan tepat untuk toko online kamu.

      Agar bisnis toko online kamu sukses, kamu harus bisa mengetahi produk mana saja yang sedang tren. Atau, coba masuk ke ceruk mikro. Meskipun mungkin trafik yang dihasilkan rendah pada awalnya, namun dengan menentukan segmentasi niche kamu bisa mengurangi persaingan dan memberikan potensi pertumbuhan yang cukup besar.

      Contoh yang sangat baik dari bisnis mikro yang sukses adalah rakaflorist.id, sebuah usaha skala mikro yang menjual berbagai produk rangkaian bunga, seperti bunga papan ucapan (happy wedding, duka cita, selamat dan sukses), bunga meja, bunga bouquet dan lain-lain. Menurut pemiliknya usaha mikro tersebut menyasar pelanggan untuk wilayah sekitar kota Bandung-Jawa Barat.

      Contoh website toko online


      Selain menampilkan produk di website toko online kamu, Sebaiknya juga kamu pertimbangkan untuk menjual di platform media sosial, seperti Facebook atau Instagram. Melalui diversifikasi berbagai saluran penjualan, ini  bisa memperluas jangkauan audiens dan meningkatkan pendapatan.

      5. Bisnis Dropshipping

      • Perkiraan Pendapatan: Rp.2,800,000- s.d Rp. 42,000,000,- /bulan, tergantung pada toko online dan ukuran pasar
      • Persyaratan: manajemen bisnis, pemasaran digital, dan keterampilan pemeliharaan website

      Model bisnis dropshipping melibatkan kemitraan dengan pemasok untuk menjual produk mereka di platform kamu. Vendor menangani penyimpanan dan pengiriman barang, sedangkan kamu sebagai penjual berfokus pada pemasaran barang kepada calon pembeli atau pelanggan. 

      Karena tidak perlu mengelola inventaris, biaya awal biasanya cukup rendah. Biaya rata-rata untuk membuat website dropshipping berkisar $150. Angka ini termasuk layanan web hosting , nama domain, dan keanggotaan di direktori pemasok, seperti camou.co.id.

      Bisnis Dropship

      Di karenakan pelanggan tidak bisa memeriksa produk secara langsung, maka keberhasilan model bisnis dropshiping seperti ini tergantung pada kepercayaan pelanggan. Jadi untuk menghindari permasalahan-permasalahan yang tidak diinginkan, di tengah operasi, sebaiknya periksa dengan seksama pemasok usaha kamu sebelum bekerja sama dengan mereka. Menjaga kepuasan layanan pelanggan juga merupakan cara yang ampuh untuk mempertahankan pelanggan dan memastikan kepuasan mereka.

      6. Jual Barang Bekas Import

      • Perkiraan Pendapatan: Rp.700,000, s.d -Rp.70,000,000,- /bulan
      • Persyaratan: manajemen bisnis dan keterampilan negosiasi

      Jika kamu sedang mencari ide bisnis online yang terjangkau, kamu bisa pertimbangkan untuk menjual kembali barang bekas import untuk mendapatkan keuntungan. Cari barang bekas dengan kualitas import yang layak di sekitar rumah kamu lalu beli barang bekas dari pasar barang bekas.

      Setelah kamu memiliki barang untuk dijual, lakukan riset pasar untuk menentukan harganya. kamu bisa melakukannya dengan melihat berapa banyak produk serupa yang ada di marketplace dengan kualitas yang sama, yang layak untuk dijual.

      Untuk beberapa kasus, mungkin kamu perlu untuk memperbaiki atau mendaur ulang item tersebut menjadi produk yang berbeda untuk meningkatkan nilai jualnya. Meskipun ini bukan prasyarat, namun denga memiliki keterampilan dasar untuk mengolah bisnis ini akan lebih memberikan keuntungan bagi kamu di industri ini.

      7. Jual Barang Handmade

      Perkiraan Pendapatan: Rp. 420,000,000,- /tahun, tergantung pada bahan dan waktu yang dihabiskan untuk membuat produk

      Persyaratan: keterampilan artisanal atau kerajinan

      Teknologi Internet saat ini telah memberikan kemudahan bagi para pengrajin untuk meningkatkan keahlian mereka, bukan hanya meningkatkan skill dan pengetahuan teknis saja yang bisa dimanfaatkan, namun juga internet bisa menjadi ladang bisnis yang menguntungkan bagi para pebisnis yang mengandalkan kreatifitas.

      Tidak seperti pedagang yang bermitra dengan pemasok, kamu yang memiliki keunggulan dan membuat produk tangan (Handmade) bisa menjual barang-barang unik hasil produksi kamu yang tidak banyak ditemukan pelanggan di tempat lain. Untuk itulah, kamu bisa mengenakan biaya lebih untuk produk hasil tangan kamu.

      Bridget Bodenham adalah salah satu contoh di antara banyak pengrajin yang berhasil mendapatkan cuan dengan menjual kerajinan mereka. Dia membangun website eCommerce untuk menangani semua transaksi secara mandiri, memberi kebebasan secara penuh untuk mengatur bisnis dan pemasaran merek sendiri.

      Jual barang handmade


      Kamu juga bisa menjual barang-barang buatan tangan secara online di Etsy. Website ini memiliki lebih dari 39,4 juta pembeli di seluruh dunia, platform ini bisa memberikan kemudahan bagi kamu untuk menargetkan pelanggan ideal kamu dan menjaring pengikut (follower).

      8. Jual Produk Cetakan

      • Estimasi Pendapatan: 10-20% komisi/cetak
      • Persyaratan: keterampilan artistik, seperti fotografi, desain grafis, dan seni rupa

      Bisnis percetakan online merupakan salah satu ide bisnis online terbaik untuk para seniman visual. Selain menghasilkan uang, bisni ini juga memungkinkan penggemar untuk memajang karya kamu di rumah mereka, dan mempromosikan produk kamu.

      Salah satu cara termudah untuk menjual cetakan online adalah dengan membuat website toko online dan menyediakan fitur pendaftaran secara online dengan layanan pencetakan sesuai permintaan, seperti Printful. Metode ini memungkinkan kamu untuk membuat lebih banyak karya seni dan berkonsentrasi pada pemasaran bisnis sementara platform hanya menangani pengadaan dan pengiriman saja.

      Beberapa bisnis barang cetakan yang sukses menjual file digital ukuran penuh dari cetakan mereka, contohnya seperti A Beautiful Mess. Dengan cara ini, pelanggan dapat mencetak dan membingkai karya seninya sendiri dan  menghilangkan biaya pengiriman.

      Dan dikarenakan orang lain bisa menggandakan file tersebut, pastikan agar kamu untuk menambahkan pemberitahuan atau disclaimer tentang hak cipta pada setiap karya seni dan mengambil tindakan jika terjadi pelanggaran.

      9. Bisnis Kotak Box Berlangganan 

      • Perkiraan Penghasilan: Rp.84,000,000,- s.d Rp.160,000,000,- /bulan
      • Persyaratan: manajemen bisnis, pemasaran digital, dan keterampilan pemeliharaan situs

      Layanan box atau kotak berlangganan merupakan model bisnis yang secara berkala akan mengirimkan paket-paket produk kepada para pelanggan, seperti yang dijalankan oleh Dollar Shave Club. Di Indonesia Ide bisnis semacam ini memang masih belum populer, namun di Amerika telah mendapatkan lebih banyak daya tarik dalam beberapa tahun terakhir. Sebesar 54% pembeli online berlangganan setidaknya satu layanan kotak untuk mendapatkan pengalaman pribadi yang nyaman.

      Manfaat utama menjalankan layanan kotak berlangganan adalah kamu berkesempatan untuk menghasilkan pendapatan berulang dan membina hubungan jangka panjang dengan para pelanggan. Konon, untuk bisa sukses di bisnis online semacam ini membutuhkan produk dimana orang mau membayar berkali-kali.

      Salah satu Contoh usaha di bisnis seperti ini adalah Butcher Box. Layanan berlangganan ini menyediakan berbagai macam daging. Nilai jual dari bisnis unik ini adalah bahwa dagingnya adalah daging organik untuk diberikan kepada pelanggan, inilah yang ditawarkan kepada pelanggannya sebagai nilai lebih saat membeli produk Butcher Box.

      Bisnis Kotak Berlangganan

      10. Membuka Bisnis Konsultasi

      • Estimasi Pendapatan: Rp.840,000,- s.d Rp.5,600,000,- /jam, tergantung pada industri dan keahlian
      • Persyaratan: keterampilan dan pengalaman di bidang tertentu

      Ini merupakan ide bisnis online yang cocok bagi kamu yang mempunyai keahlian dalam pengembangan, perencanaan dan strategi bisnis, Jenis bisnis online sperti ini memang khusus untuk orang-orang dengan pengetahuan tingkat lanjut di bidangnya. Bisnis konsultasi membantu perusahaan memecahkan masalah, baik yang terkait dengan pemasaran, operasi, atau sumber daya manusia.

      Jika kamu memutuskan untuk memulai menawarkan layanan konsultasi, mungkin sulit untuk menemukan klien baru. Tapi jangan khawatir, kamu bisa mengikuti strategi bisnis seperti yang dijalankan oleh Konsultan Kate Bagoy, ia merekomendasikan untuk berfokus pada mendapatkan prospek melalui sosial media LinkedIn dan penawaran cold email selama enam bulan pertama untuk bisa mengumpulkan prospek Kamu.

      Membuka konsultasi bisnis

      11. Menjadi Pemasar Afiliasi (Affiliate Marketing)

      • Estimasi Pendapatan: $300-$10,000+/hari, tergantung pada program afiliasi yang diikuti dan niche
      • Persyaratan: keterampilan pemasaran konten

      Afiliasi pemasaran merupakan salah satu ide bisnis online yang paling terjangkau untuk semua orang. Pemasar afiliasi mempromosikan produk atau layanan merek dengan menyertakan tautan perusahaan yang kamu ikuti sebagai afiliasi, dan tautan tersebut kamu kirimkan ke konten mereka. Tingkat komisi didasarkan pada jumlah pembelian yang dilakukan melalui tautan afiliasi yang kamu tanamkan pada website atau blog kamu.

      Kamu bisa memulai usaha bisnis online ini dengan membuat blog yang fokus pada rekomendasi produk. Contoh yang sangat baik adalah Amazon Affiliate Marketing. sebuah website eCommerce terbesar yang menyediakan berbagai produk.

      Program Affiliate Marketing Amazon Associate

      Untuk memulainya, kamu tinggal daftar di program afiliasi seperti Amazon Associates, atau website afiliasi lainnya seperti Skimlinks, atau Afiliasi Hostinger. Kemudian, kamu posting blog yang relevan dengan produk yang kamu iklankan. Dalam memasarankan produk afiliasi ini kuncinya adalah dengan membuat konten orisinal yang sesuai dengan minat pembaca blog atau website kamu.

      12. Bisnis Flip and Sell Website

      • Estimasi Pendapatan: $10,000-$100,000+/tahun
      • Persyaratan: pengembangan web, desain web, SEO, dan keterampilan pemasaran digital

      Bisnis Flip Sell Website yaitu bisnis dengan cara membeli website yang berkualitas buruk dengan harga yang lebih murah, kemudian kita perbaiki sedemikian rupa agar kualitas dan kinerjanya bertambah bagus, setelah itu website siap kita jual dengan harga yang lebih tinggi.  

      Bisnis flip sell ini memang akan membutuhkan waktu lebih lama agar bisa menghasilkan keuntungan dibandingkan dengan ide bisnis online lainnya. Namun, banyak pengusaha seperti Yaro Starak yang bisa menghasilkan banyak uang dengan menjalankan jenis bisnis seperti ini.

      Menjalankan bisnis ini prosesnya dimulai dengan membeli website berkinerja buruk atau bisnis online dengan potensi pertumbuhan yang lambat. Kamu bisa menemukan website-website yang akan dijual di Marketplace seperti Flippa, disana kamuu akan menemukan website-website yang dijual atau dilelang dengan harga yang relatif murah.

      Kamu bisa membeli website sesuai dengan kesepakatan, setelah kamu berhasil membeli website tersebut selanjutnya kamu mulai meningkatkan nilai website tersebut. Kamu juga harus bisa memastikan bahwa website berfungsi dengan baik, sudah dioptimalkan untuk mesin pencarian. Setelah semuanya berjalan baik dan website siap dijual kembali, kamu perlu melakukan riset pasar tentang metode monetisasi yang paling efektif untuk ceruk dan pasar website yang sudah kamu tingkatkan nilainya.

      Website harus bisa menghasilkan trafik dan pendapatan yang signifikan sebelum dijual. Pembeli akan cenderung membelinya jika menguntungkan. Wesite fliper biasanya memberi harga dua hingga tiga kali lipat pendapatan tahunan mereka. Misalnya, jika sebuah toko online menghasilkan $1.200/tahun, toko itu akan dijual seharga $2.400-$3.600.

      13. Jual Beli Nama Domain

      • Estimasi Penghasilan: $1.000-$10.000+/domain
      • Persyaratan: keterampilan pemasaran digital

      Membeli dan menjual nama domain bisa menjadi bisnis yang menjanjikan mengingat saat ini dunia bisnis online harus wajib memiliki website dimana nama domain adalah menjadi bagian yag tidak terpisahkan dalam sebuah website. Tentu ini peluang yang sangat menjanjikan jika dijalankan dengan benar. Dan perlu kamu ketahui bahwa nama domain dengan permintaan tinggi bisa dijual hingga mencapai harga jutaan dolar.

      Karena domain seperti itu sering tidak tersedia, banyak fliper domain beralih ke nama dengan kata kunci lokal, seperti jobsinlondon.com. Selain lebih terjangkau, domain ini juga memiliki persaingan yang lebih sedikit untuk dimainkan.

      Bagaimana cara menjalankan bisnis jual beli nama domain, yang pertama adalah dengan memulai mencari nama domain yang prospektif dan terjangkau di alat pengecekean nama domain atau situs lelang, seperti Sedo. Pertimbangkan untuk membeli beberapa nama sekaligus untuk meningkatkan prospek penjualan kamu. Setelah itu, buat landing page untuk domain yang akan kamu jual atau kirimkan penawaran melaui email kepada calon pelanggan.

      14. Desain Template Website

      • Estimasi Penghasilan: $5-$200+/lisensi tema
      • Persyaratan: desain web, pengembangan front-end, dan pengetahuan CMS

      Menjual tema atau template website adalah ide bisnis online yang sangat menjanjikan bagi kamu yang menguasai keahlian di bidang web design yang ingin mendapatkan cuan tambahan. Saat ini sudah banyak orang ingin mempunyai website dengan tema atau template yang sesuai dengan keinginannya, ini bisa menjadi peluang untuk kamu memberikan layanan kepada mereka dengan tarif yang kamu tentukan.

      Jika kamu sudah memilih untuk berbisnis jasa desain template website, yang perlu kamu pertimbangkan adalah lakukan selalu pembaruan rutin dan layanan supporting dalam paket template yang kamu tawarkan untuk meningkatkan nilai desain tema yang kamu buat. Atau, kamu juga bisa menyediakan layanan tema khusus. Banyak bisnis online bersedia membayar lebih untuk desain web yang unik.

      Kamu juga bisa menjual lisensi template website kamu sendiri atau mencantumkannya di marketplace website theme, seperti TemplateMonster. Memang jika kamu menjualnya ke marketplace tersebut akan sangat menjanjikan karena akan lebih banyak eksposur, namun kamu harus siap untuk dibebankan komisi untuk setiap penjualan yang dilakukan.

      15. Pengembang Aplikasi

      • Estimasi Penghasilan: $61-$80/jam
      • Persyaratan: pengembangan aplikasi, desain UI/UX, dan keterampilan manajemen produk

      Jika kamu menguasai keahlian atau skill pemrograman mobile maka peluang ini sangat cocok bagi kamu. Seorang pengembang yang tertarik dengan pengembangan aplikasi seluler seperti android, atau iOS, kamu bisa untuk mempertimbangkan ide bisnis online ini. 

      Perlu kamu ketahui bahwa berdasarkan data yang ada meunjukan bahwa 78% pembeli digital lebih memilih aplikasi seluler daripada aplikasi website untuk mengakses toko online, banyak pelaku bisnis sudah beralih ke eCommerce multi-platform untuk jangkauan yang lebih luas. Akibatnya, permintaan untuk pengembang mobile apps meningkat secara drastis.

      Bagi kamu yang berlatar belakang pendidikan IT namun tidak memiliki pengalaman dalam pengembangan aplikasi, kamu bisa mengikuti kursus online yang relevan dengan minat kamu, sudah banyak platform eLearning yang siap, untuk meningkatkan skill IT kamu seperti e-course.net. Atau, jika kamu ingin mencobaa project moble apps kamu bisa menggunakan sofware opensource seperti AppyPie untuk memulai usaha bisnis online kamu sebagai pengembang aplikasi.

      Peluang bisnis online sebagai pengembang aplikasi



      Cara menghasilkan uang sebagai seorang pengembang aplikasi termasuk juga bisa sebagai publisher iklan dan menampilkan pembelian dalam aplikasi. Aplikasi yang kamu buat juga bisa dijual di pasar seperti Flippa. Lalu bagaimana cara mendapatkan pelanggan?. Cara untuk Menemukan pelanggan akan lebih mudah jika kamu sudah memiliki portofolio yang kuat.

      16. Jasa Media Sosial Marketing

      • Estimasi Penghasilan: $15-$80/jam, tergantung pada tingkat keahlian
      • Persyaratan: keterampilan dalam pembuatan pemasaran konten (content marketing) dan Familiar dengan tren media sosial

      Ini merupakan ide bisnis online yang bagus bagi mereka yang selalu exist di media sosial yang kuat dengan jumlah follower yang cukup besar. Peluang ini sangat menjanjikan mengingat banyaknya usaha kecil yang membutuhkan ahli pemasaran untuk menjangkau pengguna di ruang media sosial, terutama saat ingin menjangkau pasar yang lebih tertarget.

      Pemasar media sosial (social media marketing) memanfaatkan teknik pemasaran sosial untuk meningkatkan visibilitas merek, menarik pengikut, dan meningkatkan keterlibatan (engagement) audiens. Ini termasuk pekerjaan pembuatan konten (content creator), mendengarkan sosial, dan pemasaran influencer (influencer marketing).

      Selain mempromosikan diri melalui profil media sosial kamu sendiri, kamu juga perlu pertimbangkan untuk membuat website portofolio atau blog untuk memasarkan layanan aatau proyek yang pernah kamu kerjakan. Inilah seperti apa yang dilakukan Nadine, pemilik The Social Shells, untuk meningkatkan kehadiran dan kredibilitas online mereknya.

      Jasa Media Sosial Marketing

      17. Konsultan SEO

      • Estimasi Penghasilan: $68+/jam
      • Persyaratan: keterampilan pengoptimalan mesin pencari di halaman, di luar halaman, dan teknis

      SEO telah menjadi salah satu faktor keberhasilan paling penting untuk bisnis online. Bagi sebagian besar bisnis ini adalah cara yang paling menghemat biaya untuk meningkatkan kesadaran merek (brand awareness), menghasilkan trafik berkualitas tinggi, serta meningkatkan konversi penjualan.

      Seorang konsultan SEO bekerja dengan memberikan saran kepada klien tentang bagaimana cara mengoptimalkan website bisnis mereka agar bisa mendapatkan posisi pertama pada mesin pencarian (search engine). Jasa konsultan SEO merupakan salah profesi yang memiliki kompetisi yang besar, untuk itu kamu harus bisa memilih spesialisasi atau menargetkan segmen pelanggan tertentu untuk membedakan layanan kamu dari kompetitor kamu.

      Seorang konsultan SEO juga harus selalu memperhatikan dan terus mengikuti pembaruan terbaru algoritma mesin pencarian agar tidak ketinggalan informasi terbaru dan tetap memberikan layanan yang selalu relevan kepada klien kamu.

      18. Bisnis Virtual Asisten

      • Estimasi Pendapatan: $19+/jam
      • Persyaratan: keterampilan administrasi, komunikasi, dan pemasaran digital

      Tanggung jawab utama bagi seorang asisten virtual adalah membantu pemilik bisnis atau pengusaha untuk tugas-tugas administrasi, seperti membuat jadwal janji pertemuan denan klien dan siap melakukan tanya jawab.

      Untuk beberapa kasus, seorang asisten virtual juga menawarkan dukungan pemasaran, seperti memformat buletin email dan mengelola akun media sosial. Menurut The Penny Hoarder, asisten yang memiliki keterampilan ini dapat menghasilkan hingga $60/jam.

      Jika kamu berminat, kamu bisa memulai bisnis online kamu sendiri sebagai asisten virtual dengan mencari pekerjaan di portal seperti Fiverr dan Upwork. Namun untuk berhasil mendapatkan job tersebut tentu kamu harus membuat website untuk memasarkan layanan kamu, untuk contoh kamu bisa melihat website Virtual Nina Creative untuk mendapatkan inspirasi ide bisnis online kamu.

      Bisnis Virtual Asisten

      19. Layanan Entri Data

      • Estimasi Pendapatan: $15+/jam
      • Persyaratan: kecepatan mengetik rata-rata 60-90 kata/menit dan pengalaman dengan perangkat lunak pengolah data

      Entri data adalah ide bisnis online yang sangat baik bagi siapa saja yang mencari pekerjaan sampingan dengan jam kerja yang fleksibel. Banyak bisnis yang membutuhkan profesi ini untuk mendokumentasikan informasi dari berbagai sumber, seperti laporan penjualan harian atau catatan rapat, dalam format digital yang terorganisir.

      Semakin cepat dan akurat pengetikan kamu, maka semakin besar nilai tawar yang kamu miliki. Oleh karena itu, di sarankan bagi kamu yang ingin terjun ke bisnis ini agar kamu belajar cara mengetik dengan cepat, atau kamu bisa mengikuti kursus latihan mengetik seperti Keybr sebelum memulai bisnis di bidang ini.

      Kamu juga perlu mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam keypad numerik untuk meningkatkan kecepatan kemampuan mengetik kamu. Dan pastikan juga bahwa kamu  memiliki koneksi internet yang bagus dan stabil, karena hal ini akan semakin mengoptimalkan produktivitas kamu dalam melakukan pekerjaan.

      20. Layanan Transkripsi

      • Estimasi Pendapatan: $5-$21+/jam
      • Persyaratan: keterampilan mendengarkan yang baik, kecepatan mengetik yang cepat, dan kemahiran dengan perangkat lunak pengolah data

      Ide bisnis online yang satu ini mirip dengan yang sebelumnya. Hanya saja perbedaannya pada cara kerjanya yang hanya melibatkan penyalinan file audio ke dalam dokumen teks. Selain kecepatan dan akurasi dalam mengetik dokumen, niche atau topik yang kamu pilih juga bisa mempengaruhi penghasilan kamu. Seorang ahli transkripsi medis umumnya dibayar paling tinggi, rata-rata $26/jam. 

      Jadi bagaimana?, apakah kamu siap menjadi seorang ahli transkripsi, jika bersedia maka bersiaplah untuk membiasakan diri kamu dengan bisnis ini dan silahkan tentukan tarif per jam yang tinggi, jika memang kamu sudah expert. Lihat Rev dan TranscribeMe untuk pekerjaan transkripsi. Pertimbangkan untuk mengambil pelajaran mengetik untuk meningkatkan kecepatan dan akurasi Kamu.

      21. Buat Kursus Online

      • Estimasi Penghasilan: $1,000-$50,000+/bulan, tergantung pada biaya produksi, platform kursus online, dan jumlah siswa
      • Persyaratan: keterampilan mengajar dan keahlian materi pelajaran

      Ini merupakan salah satu ide bisnis online terbaik bagi siapa saja yang tertarik untuk berbagi pengetahuan dengan orang lain. Banyak orang mencari kursus online untuk meningkatkan skill mereka agar bisa bersaing di pasar kerja mereka dan mendapatkan pengalaman baru.

      Mungkin sudah banyak website-website pembelajaran online yang mudah ditemukan di internet, untuk itu pertimbangkan agar kamu memilih topik unik yang belum pernah dibahas orang lain. Lalu, lakukan riset pasar tentang apakah subjek memiliki target audiens yang potensial atau tidak.

      Contoh adalah Kursus Crystal Dawn, ini adalah kursus tentang bagaimana membuat makanan penutup mentah, adalah contoh yang sangat baik dari pekerjaan ini. Topiknya spesifik dan hanya melayani ceruk pasar penggemar makanan nabati yang sehat.

      Buat Kursus Online


      Meskipun ada berbagai platform kursus yang disediakan oleh hosting website kamu, namun saya sarankan agar kamu membuat website khusus dengan plugin LMS. Dengan begitu, kamu akan memiliki kendali penuh atas metode pengajaran dan monetisasi website eCourse kamu.

      22. Bimbingan Belajar Siswa Online

      • Estimasi Pendapatan: $15+/jam
      • Persyaratan: keahlian dalam mata pelajaran sekolah atau tes standar dan keterampilan mengajar

      Memulai bisnis bimbingan belajar siswa online adalah ide bagus untuk orang-orang dengan pengalaman mengajar. Dengan tren yang saat ini sudah menjadi kebiasanaan yaitu pembelajaran jarak jauh, ini menjadi normal baru, dan banyak orang tua yang ternyata membutuhkan bantuan pendidikan untuk anak-anak mereka.

      Salah satu contoh adalah wesite seperti Skooli ini sangat bagus untuk menemukan pekerjaan bimbingan belajar yang sesuai dengan spesialisasi kamu. Mereka membuat hubungan antara tutor dengan siswa tampak saling interaktif dan membutuhkan bantuan lebih mudah.

      Setelah mengumpulkan banyak klien yang cukup, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah membuat website bimbingan belajar lengkap. Kamu bisa melihat contoh bagaimana BMAT Crash Course membangun sebuah wesitenya.

      Bimbingan Belajar Siswa Online

      23. Membangun Podcast

      • Estimasi Pendapatan: $500-$10.000+/bulan, tergantung pada saluran monetisasi dan jumlah unduhan
      • Persyaratan: komunikasi, pengeditan audio, dan keterampilan manajemen media sosial

      Podcast telah menjadi jenis konten yang populer, terutama di kalangan demografi yang lebih menyasar ke anak muda. Kepopuleran konten ini mengakibatkan, banyak orang ingin mengambil kesempatan ini untuk memulai bisnis di podcasting.

      Sebelum kamu memutuskan untuk membangun bisnis ini sebaiknya pertimbangkan lebih matang dalam mengadopsi konsep ceruk mikro agar podcast kamu populer. Salah satu contohnya podcast dengan ceruk tertentu adalah The Pen Addict, podcast ini berfokus pada topik yang berhubungan dengan pena. Meskipun cakupannya tampaknya terbatas, namun program ini telah menarik sekelompok penggemar setianya.

      Membangun bisnis Podcast


      Buatlah website khusus untuk menghosting podcast kamu dan mengunggahnya di Spotify atau Apple Music. Jangan lupa juga untuk membangun kehadiran media sosial untuk menjangkau pendengar potensial. Penghasilan pertama kali dari Podcas er mendapatkan uang adalah melalui pemasaran afiliasi. Dan setelah audien bertambah, podcaster bisa mempertimbangkan untuk menyiapkan halaman Patreon untuk crowdfunding atau bergabung dengan jaringan periklanan seperti Midroll.

      Walaupun siapa saja bisa untuk menjalankan bisnis  podcast ini, namun model untuk memiliki peralatan perekaman yang tepat akan meningkatkan kualitas audio. Oleh karena itu, disarankan kamuk mengalokasikan anggaran produksi untuk investasi alat dan perangkat lunak.

      24. Menjadi YouTuber

      • Estimasi Pendapatan: rata-rata $5.000/bulan dengan satu juta pelanggan
      • Persyaratan: keterampilan komunikasi, pengeditan video, dan manajemen media sosial

      Meningkatnya popularitas pembuat konten (content creator) telah membuat banyak orang khususnya dalam produksi konten video menjadi ide bisnis yang menarik untuk dijalankan. Dengan lebih dari 30 juta pengguna aktif setiap hari, YouTube adalah platform yang paling populer untuk mempublikasikan konten video. Kamupun bisa untuk membuat semua jenis konten video dari rumah. Contohnya membuat video tentang review produk, video reaksi, video tutorial perangkat lunak, atau video tentang demo memasak.

      Jika kamu sudah memutuskan untuk menjadi seorang YouTuber maka kamu harus membangun saluran YouTube, yang pertama harus kamu lakukan adalah fokuslah untuk menarik 1.000 subscribe pertama kamu dan 4.000 jam tayang selama beberapa bulan pertama. Jika kamau sudah melampaui metrik tersebut maka kamu sudah memenuhi syarat untuk mendaftar Program Mitra YouTube sebagai publisher iklan (adsense) ini akan memungkinkan kamu untuk memonetisasi channel YouTube kamu. Metode monetisasi lainnya yang bisa kamu dapatkan dari chanel YouTube kamu adalah crowdfunding Patreon, pemasaran afiliasi, dan konten bersponsor.

      25. Menjadi Penulis Tamu pada Blog (Guess Post)

      • Estimasi Pendapatan: $5-$2.000/postingan blog, tergantung pada panjang dan kualitasnya
      • Persyaratan: keterampilan menulis, pemasaran konten, dan SEO

      Ide bisnis internet ini sangat cocok bagi kamu yag hobi menulis dan mengulas tentang segala sesutu. Jika kamu ingin hobi kamu tersebut bisa menghasilkan cuan ini adalah tempat yang cocok buat kamu mengerjakan aktivitasmu secara online tanpa perlu membuat situs blog sendiri.

      Jika kamu sudah memutuskan untuk menjadi penulis posting tamu, Kamu akan mendapatkan uang dengan mengirimkan artikel ke blog. Dalam banyak kasus, posting blog sering ditulis oleh ghostwriter, yang berarti mereka akan diterbitkan dengan nama orang lain. Ada banyak platform penerbitan digital yang bisa menerima tulisan kamu seperti Business2Community dan Writer's Digest. Pilih situs di topik yang kamu pahami untuk mempermudah proses penulisan.

      26. Penulis CV dan Surat Lamaran Kerja

      • Estimasi Pendapatan: $50-$300/resume
      • Persyaratan: kemahiran menulis, keterampilan branding pribadi, dan keakraban dengan proses rekrutmen dan sistem pelacakan aplikasi

      Akibat semakin ketatnya persaingan para pencari kerja, maka akan banyak orang yang ingin melamar pekerjaan dan membutuhkan bantuan untuk bagaimana menulis surat lamaran dan pembuatan CV yang sempurna.

      Jika kamu memiliki bakat untuk personal branding dan menulis surat lamaran, ini adalah kesempatan yang tepat bagi kamu. Temukan klien yang mencari pekerjaan baru di jaringan profesional seperti LinkedIn dan tawarkan layanan penulisan resume atau CV dan surat lamaran kerja. Kuncinya disini adalah bagaimana membuat surat lamaran mereka efektif dan memiliki peluang yang lebih besar untuk dipertimbangkan oleh bagian personalia (HRD).

      Mulailah dengan membangun jaringan kamu dengan menyediakan layanan pro bono untuk teman dan keluarga kamu sendiri. Buatlah sesuatu yang bisa ditampilkan dalam portofolio kamu, karena ini akan menarik klien untuk menggunakan jasa kamu.

      Pertimbangkan juga agar kamu bisa mendapatkan sertifikasi profesional seperti PARWCC untuk lebih meningkatkan kredibilitas bisnis kamu. Semakin banyak kamu melakukan pekerjaan kamu maka itu akan semakin memberi kamu lebih banyak lagi daya tawar dalam negosiasi harga.

      27. Menjadi Penulis Teknis

      • Estimasi Pendapatan: $400-$2,500/proyek
      • Persyaratan: keterampilan menulis, komunikasi, dan penelitian

      Inilah ide bisnis bagus lainnya untuk dikejar jika kamu memiliki keinginan untuk menulis. Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja di Amerika Serikat, permintaan untuk penulis teknik tumbuh 7% lebih cepat dari rata-rata.

      Tujuan utama penulisan teknis adalah untuk membuat ide-ide spesifik dari suatu industri agar lebih mudah dipahami oleh semua kalangan. Salinan yang nantinya akan kamu tulis bisa mencakup tentang panduan penggunaan alat (guideline), whitepaper, dan buku pegangan untuk produk dan layanan teknis.

      Seperti bisnis berbasis tulisan lainnya, memiliki portofolio dan sertifikasi tentunya akan membedakan kamu dari penulis-penulis lainnya yang menjadi kompetitor kamu. Dengan memilih proyek yang terkait dengan industri yang kamu kuasai, Kamu bisa lebih mudah menulis konten berkualitas tinggi.

      28. Bisnis Penterjemah Online

      • Estimasi Penghasilan: $21-$27+/jam, tergantung pada sertifikasi dan pengalaman bertahun-tahun
      • Persyaratan: pengetahuan bahasa dan budaya serta keterampilan komunikasi dan penelitian

      Ide bisnis online ini cocok untuk orang yang mahir dalam dua bahasa atau lebih. Selain menerjemahkan salinan dari satu bahasa ke bahasa lain, kamu juga harus bertanggung jawab untuk melokalkan konten untuk budaya audiens target. Cari petunjuk terjemahan di portal pekerjaan. Banyak agen penerjemahan membuka lowongan pekerjaan ini untuk pekerja lepas dari waktu ke waktu, untuk membangun portofolio.

      Mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk ikut pelatihan dan sertifikasi untuk mendapatkan peluang yang lebih baik dan mendapatkan salary tinggi. Penerjemah bersertifikat dapat mengambil pekerjaan profesional dari klien yang memiliki bereputasi yang baik, seperti kantor pemerintah dan perusahaan BUMN. Dengan mendapatkan proyek dari mereka secara signifikan akan meningkatkan nilai kamu sebagai penyedia layanan penterjemah.

      29. Jual Foto Stock

      • Perkiraan Pendapatan: $5-$100/gambar, tergantung pada lisensi, resolusi, dan saluran distribusi
      • Persyaratan: keterampilan fotografi, artistik, dan SEO

      Fotografer stok bisa menghasilkan gambar berlisensi untuk berbagai penggunaan. Bisnis ini sering memasukkan gambar stok dalam kampanye pemasaran mereka untuk membangkitkan emosi yang diinginkan atau membuat materi lebih menarik. Akibatnya, ada banyak peluang yang tersedia di industri ini.

      Untuk memulai bisnis ini, kamu harus berinvestasi dalam alat seperti kamera yang layak dan peralatan lighting untuk menghasilkan pencahayaan yang bagus. Cek terlebih dahulu ke pasar untuk melihat-lihat apa yang saat ini diminati oleh konsumen, lalu optimalisasi foto-foto kamu dengan kata kunci yang relevan. Karena itu, di sarankan agar fokus pada niche tertentu untuk memperkuat branding kamu.

      Bisnis Jual Foto Stock


      Website stok fotografi seperti Shutterstock dan Getty Images merupakan tempat yang sangat baik bagi para fotografer stok baru untuk membangun portofolio dan memasarkanya. Atau, kamu bisa membuat website fotografi sendiri untuk mengelola bisnis dan strategi pemasaran kamu secara mandiri.

      30. Menjadi Narator Buku Audio

      • Estimasi Penghasilan: $25-$55/jam, tergantung pada tingkat keahlian, pengalaman bertahun-tahun, dan lokasi
      • Persyaratan: kejelasan suara dan keterampilan akting

      Meningkatnya popularitas buku audio telah meningkatkan permintaan narator. Narator buku audio adalah proses  mengubah tulisan cetak dan digital menjadi file audio. Tugas seorang Narator buku audio ini adalah menceritakan cerita sambil mengekspresikan nuansanya.

      Meskipun terdengar mudah, namun buku audio narasi membutuhkan kejernihan suara dan kontrol nada yang sangat baik. Dalam beberapa kasus, Kamu harus mengubah suara kamu saat merekam ucapan langsung dari karakter yang berbeda. Itu sebabnya seorang narator buku audio setidakna memiliki keterampilan akting, karena ini akan memberi kamu keunggulan dalam persaingan sebagai narator audio.

      Seperti halnya saat memulai podcast, kamu juga harus menginvestasikan perangkat lunak (software) perekaman dan pengeditan, sehingga hasil pekerjaan kamu akan meningkatkan kualitas. Mungkin kamu bisa mencoba mengambil kelas akting dan vokal untuk meningkatkan keterampilan kamu.

      Bagi seorang pemula mungkin harus puas dengan proyek freelance di awal-awal merintis bisnis kamu. Namun setelah nanti kamu mendapatkan pengalaman yang cukup, Maka kamu bisa mencari pekerjaan profesional dari perusahaan pengisi suara (dubber) dan situs portal pekerjaan, seperti Bunny Studio dan ACX.

      Apakah Kamu Punya Ide bisnis Online lain, Ini yang Harus di Lakukan?

      Menemukan ide bisnis online untuk diwujudkan hanyalah awal dari perjalanan panjang sebagai pengusaha internet atau netpreneur. Berikut adalah langkah-langkah umum yang harus kamu ambil untuk memulai suatu bisnis online:

      • Melakukan riset pasar untuk mengidentifikasi audiens target dan permintaan pasar.
      • Tentukan niche yang ingin kamu jelajahi.
      • Dapatkan nama domain dan web hosting yang merepresentasikan bisnis kamu.
      • Bangun website yang mencerminkan merek kamu.
      • Promosikan produk atau layanan kamu di berbagai platform online.

      Kesimpulan

      30 ide bisnis online ini adalah ide bisnis yang bisa kamu jadikan opsi untuk kamu kerjakan di tahun 2022 ini, masing-masing dari 30 ide bisnis ini mempunyai keuntungan sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki oleh mereka masing sesuai dengan caranya sendiri. Pastikan jika kamu ingin mengambil salah satu dari ide tersebut kamu harus mempertimbangkan keahlian, pengalaman, dan ekspektasi penghasilan kamu saat memilihnya.

      Konon, menjadi pengusaha internet yang sukses membutuhkan kerja keras dan dedikasi. Memilih ide bisnis online yang sesuai dengan minat dan pasion kamu tentu akan membuat proses pekerjaan menjadi tidak terlalu sulit dan lebih berpeluang untuk mencapai kesuksesan.

      Saya harap artikel ini memberi kamu pemahaman yang lebih baik tentang dunia bisnis online. Semoga pilihan bisnis online yang kamu ambil bisa menghasilkan kesuksesan!

      Tidak ada komentar untuk "30 Ide Bisnis Online Yang Bisa Kamu Jalankan di Tahun 2022"