Widget HTML Atas

10 Niche Blog Populer Tahun 2022

Niche Blog Populer Tahun 2022

10 Niche Blog Populer Tahun 2022 - Apa itu niche blog?. Niche blog merupakan tema atau topik khusus dari sebuah konten blog. Niche ini lebih jelasnya adalah bidang kemampuan, keahlian, skill atau pengetahuan yang paling kamu kuasai. Jadi misalkan kamu punya keahlian di bidang otomotif, dan kamu ingi membuat webiste atau blog, maka otomotif itu adalah niche dari blog kamu. Memilih niche blog yang sesuai dengan kemampuan dan keahlian tentu akan lebih mudah dalam pembutan konten blog. 

Dapat di analogikan bawah internet ini diibaratkan seperti samudera atau lautan informasi yang sangat luas, segala informasi apapun yang kita butuhkan bisa kita dapatkan disana, hanya cukup dengan mengetikan keyword atau kata kunci melalui search engine atau mesin pencarian. Kita sebagai Blogger atau penyedia informasi tentunya tidak bisa menyediakan semua informasi yang di butuhkan oleh begitu banyak pengguna internet. Kita hanya bisa memberikan informasi sesuai dengan apa yang kita ketahui dan kita pahami, inilah yang disebut denga niche.

Dengan kamu menentukan niche dari blog yang akan kamu buat, berarti kamu telah merencanakan target khusus pembaca blog kamu. Galih potensi apa yang menjadi pengetahuan, yang kamu kuasai yang sekiranya pengetahuan atau skill kamu tersebut dibutuhkan oleh banyak orang. Dari situ kamu bisa untuk memulai membuat blog dengan topik atau tema khusus yang kamu kuasai. Pada postingan kali ini saya akan memberikan informasi terkait niche apa saja yang paling populer untuk tahun 2022 ini.    

Berikut ini adalah niche populer untuk tahun 2022:

#1. Keuangan dan Investasi

Niche Keuangan dan Investasi


Selama ekonomi masih menjadi tuntutan hidup, maka  orang akan selalu mencari cara untuk mengelola uang mereka dengan lebih efektif. Fakta berdasarkan data dari Google menunjukkan bahwa pencarian yang terkait dengan perencanaan dan pengelolaan keuangan mengalami peningkatan dengan angka lebih dari 70% dalam dua tahun terakhir. Data yang sama juga menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan terkait pencarian informasi mengenai investasi dan pencarian aplikasi terkait saham. 

Dari data tersebut, kita bisa mengetahui bahwa niche yang terkait dengan keuangan pribadi atau personal finance bisa dijadikan niche blog kamu yang menguntungkan. Kamu bisa menjadi penasihat keuangan, yang mungkin bisa membantu mereka dalam mengelola keuangan agar lebih bijak, baik itu untuk tabungan pada saat masa pensiun atau dijadikan sarana investasi yang tepat.

Contoh blog dengan niche personal financial atau keuangan pribadi yaitu, Making Sense of Cents menawarkan banyak tip dan saran, mulai dari menabung hingga melunasi pinjaman:

Making Sense of Cents adalah blog tentang bagaimana menghasilkan uang secara online, ini merupakan salah satu niche blog paling menguntungkan dan layak dijadikan inspirasi kamu untuk membangun blog di tahun 2022 ini. Kamu sebenarnya juga bisa berhasil untuk membangun blog sejenis, namun syaratnya harus fokus untuk membantu orang dalam membuat dan merencanakan keuangan mereka.

Tapi, jika kamu ingin membantu orang lain supaya bisa menghemat uang dan membelanjakannya secara benar, tentunya kamu akan bertanya-tanya bagaimana caranya meyakinkan mereka untuk melakukan pembelian produk melalui blog kamu. Nah inilah cara memonetisasi blog kamu.

Triknya adalah kamu bisa menjual sesuatu yang bisa membantu mereka menghasilkan lebih banyak uang untuk jangka panjang. Misalnya, kamu bisa membuat kursus online di website kamu untuk membantu orang menguasai pasar saham atau menyelenggarakan webinar, atau bisa juga dengan memberikan nasihat keuangan individu atau personal financial advisor.

#2. Kesehatan dan kebugaran

Niche Kesehatan dan kebugaran


Sejak terjadinya pandemi global, Kelas kebugaran online semakin populer, ini menjadi hal yang wajar mengingat pandemi tersebut menuntut kita untuk tetap berada didalam rumah, sehingga banyak orang tidak memiliki pilihan selain berolahraga di rumah. Namun, penelitian menunjukkan bahwa sembilan dari sepuluh orang di Amerika yang berolahraga secara teratur mereka tetap berolahraga di rumahnya, bahkan kebiasaan tersebut ternyata akan tetap dilakukan meskipun pandemi sudah selesai dan pusat kebugaran sudah dibuka kembali.

Nah, jika kamu yang memiliki keahlian sebagai seorang profesional bidang kesehatan dan kebugaran, Kamu bisa memanfaatkan peluang yang sedang berkembang ini dengan memulai membangun blog kebugaran kamu sendiri. Blog yang membahas kesehatan dan keugaran ini, tidak dibatasi hanya untuk menulis postingan blog. Bahkan, kamupun bisa membuat semua jenis konten, mulai dari video latihan hingga kursus kebugaran, dan sesi pelatihan one-on-one atau tutorial terkait bagaiaman berolahraga yang benar.

Niche ini menyajikan banyak peluang untuk menghasilkan cuan. Dan agar bisa meningkatkan pendapatan kamu, Kamu bisa bekerja sama dengan brand lain untuk mempromosikan produknya, seperti peralatan kebugaran dan baju olah raga. Kamu juga bisa menawarkan program kesehatan online atau menjual video tutorial olah raga dengan cara berlangganan (subscribe).

#3. Blogging Dan Cara Menghasilkan Uang Secara Online

logging Dan Cara Menghasilkan Uang Secara Online


Aktivitas Blogging menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir, sehingga ini bisa menjadi peluang sangat besar bagi kamu yang menguasai dunia per-bloggeran, karena disana terdapat ceruk pasar blog besar yang bisa membantu banyak orang masuk ke industri ini. Ada banyak blog yang membantu orang untuk menghasilkan cuan secara online. 

Kamu bisa mengerjakan apa saja mulai dari blogging dan menulis lepas (freelance copywritter) hingga bekerja sebagai asisten virtual atau juga bisa memulai bisnis online yang kamu kerjakan sendiri. 

Jika kamu sudah menguasai dan mengerti tentang teknik blogging sekarang, hal ini bisa menjadi salah satu niche menguntungkan yang bisa kamu explore. Dalam beberapa tahun terakhir, blogger dan influencer telah memainkan peran penting dalam dunia digital marketing atau pemasaran digital. Bahkan, nilai pasar global pemasaran influencer mencapai 13,8 miliar dolar pada tahun 2021.

Dengan banyaknya orang yang ingin menjadi seorang bloger yang ingin menambah penghasilan dari sumber lain, Ini akan menjadi peluang kamu untuk membuat blog yang membeberkan tips dan kiat serta saran untuk membantu mereka sukses menjadi seorang blogger. Kamu bisa menunjukkan kepada mereka bagai mana cara menulis konten yang bisa menghasilkan trafik dari channel media sosial seperti Pinterest dan Instagram.

Dan untuk memonetisasi konten kamu, Kamu bisa memulainya dengan mempromosikan produk afiliasi, seperti kursus menulis atau memasarkan Tool SEO yang bisa membantu orang mengembangkan blog mereka. Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk meluncurkan program kursus blogging kamu sendiri atau menyelenggarakan webinar berbayar.

#4. Pengembangan Diri

Pengembangan Diri


Pengembangan diri telah menjadi tren populer dalam beberapa tahun terakhir. Jika sebelumnya hal-hal yang bersifat pengembangan diri bukan hal yang biasa, namun dengann seiring berjalanya waktu ternyata masyarakat mulai sadar terhadap segala sesuatu yang sifatnya bisa untuk meningkatkan potensi yang lebih baik pada diri kita saat ini, sehingga ini telah membuat orang lebih terbiasa dengan kesehatan mental mereka, yang mengarah pada minat dan kesejahteraan pribadi.

Berdasarkan data, 80% orang Amerika berniat untuk terus mempraktikkan pengembangan diri bahkan setelah pandemi global berakhir. Selain itu, analisis terbaru oleh Google menunjukkan bahwa minat dalam pengembangan pribadi tidak lagi menjadi "tren Tahun Baru", dan pengguna terus mencari jawaban-jawabatn terkait kesehatan pada internet.

Nah.., Jika Kamu ini adalah seorang psikolog, pelatih kesehatan, atau konsultan, ini adalah peluag besar bagi kamu untuk membuat blog yang membahas seputar tips penembangan diri. Kamu tinggal memperdalam dan mempelajari industri pengembangan diri. Setelah itu mulailah dengan  berbagai topik yang dapat kamu tulis, mulai dari rutinitas pagi dan manajemen stres hingga teknik mindfulness dan menulis jurnal.

Ada banyak sekali jenis kegiatan pengembangan diri yang bisa dijadikan sebagai topik dalam pembahasan blog kamu. Jika kamu seorang yang jago bahasa inggris misalnya, maka kamu bisa membuat blog tentag bahasa inggris, jika kamu seorang ahli public speaking misalnya, maka kamu bisa juga membuat materi dan tips-tips tentang public speaking yang benar seperti apa?. Untuk niche ini banyak sekali turunanyaa, karena pada dasarnya niche terkait pengembangan diri adalah segala sesuatu yang bisa memberikan nilai tambah pada orang lain.  

Sebagai seorang blogger yang memilih topik pengembangan diri, nantinya kamu bisa memonetisasi konten kamu dengan mempromosikan produk yang bisa membantu pembaca blog kamu untuk mencapai tujuan mereka. Selain itu, kamu bisa menawarkan sesi pelatihan online, podcast tentang jenis-jenis pelatihan pengembangan diri yang kamu kuasai, dan menjual produk digital, seperti e-book, dan e-course melalui blog kamu.

#5. Digital Marketing

Tampaknya semua bisnis yang sedang berjalan di era industri 4.0 dimana segala sesuatunya serba digital, maka hampir mustahil bagi kita jika mengabaikan peranan digital marketing atau pemasaran digital, bahkan untuk bisnis berskala UMKM pun ternyata harus sudah melek digital marketing. Pada tahun 2021 saja, industri digital marketing ini mencapai ukuran pasar $155,3 miliar di AS saja.

Bicara mengenai digital marketing, ini akan mencakup berbagai strategi, mulai dari optimalisasi mesin pencari (SEO), email marketing sampai sosial media dan pemasaran melalui jasa influencer. Dan saat dunia eCommerce terus berkembang, maka semakin banyak bisnis online yang mencari keahlian para pemasar untuk membantu mereka dalam menjangkau pelanggan baru dan meningkatkan konversi mereka dan mengubahnya menjadi pendapatan.

Apakah kamu memiliki gelar bisnis atau menganggap diri kamu paham tetang media sosial?, digital marketing menawarkan banyak potensi. Kamu bisa mempersempit fokus kamu hanya pada ceruk mikro, seperti pemasaran afiliasi misalnya, atau sosial media manajemen, atau menjadikan blog kamu menjadi sumber yang berharga untuk berbagai topik yang berbeda.

Contoh salah seorang blogger dan pemasar yang populer, dan saya sendiri sering menjadikannya rujukan dalam penulisan pada blog ini, dia adalah Neil Patel, beliau telah menjalankan blog dengan niche yang ia sesuaikan dengan skill yang beliau miliki yaitu topik Digital marketing.

Neil Patel Digital Marketing Blogger

Jika kamu nantinya kamu memutuskan untuk memonetisasi blog kamu, maka kamu bisa mendapatkan penghasilan melalui program afiliasi, nantinya Kamu akan menemukan banyak produk dan layanan lain yang relevan untuk dipromosikan pada blog kamu. Contoh program afiliasi ini termasuk alat pemasaran, seperti plugin SEO dan daftar email serta platform.

#6. Resep dan makanan

Niche Resep Makanan


Bagi kamu yang hobi makanan dan punya keahlian memasak atau membuat kuliner, nampaknya niche resep dan makanan bisa kamu fokuskan dalam blog kamu, resep dan makanan merupakana topik yang akan selalu di cari oleh banyak orang dan tidak akan pernah redup (evergreen) karena kita semua tahu bahwa setiap hari orang tidak akan pernah berhenti untuk makan, dan tiap hari orang tentunya akan ada yang mencari rasa makanan atau masakan-masakan, dan variasi menu-menu makanan yang baru, ini adalah salah satu niche blog yang paling menguntungkan.

Beruntungnya kita tinggal di Indonesia yang kaya akan budayanya termasuk juga kaya akan kuliner dan makan khas Nusantara. Hal ini bisa memberikan alternatif untuk menawarkan berbagai sub-ceruk (sub topik) agar bisa di explore lebih banyak lagi, mulai dari pengenalan makanan tradisional dari daerah tertentu, bahan-bahan makanana atau bumbu-bumbu, cara memasak, manfaat konsumsi hingga informasi tentang diet tertentu. Salah satu topik makanan yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir adalah masakan rumahan.

Memang niche terkait resep dan makanan ini sudah banyak ditemukan di internet, akan ada banyak sekali ratusan blog dan website yang menawarkan resep makanan, rencana makan, ulasan produk, dan saran diet. Namun, hal ini tidak berarti kamu tidak bisa menembus pada halaman mesin pencarian. Yang harus kamu lakukan adalah sedikit kreatif, misalnya dengan memberikan sentuhan cita rasa khas kamu sendiri pada hidangan yang kamu buat atau silahkan kamu berbagi resep inovatif kepada pembaca blog kamu.

Satu hal lai yang perlu kamu perhatikan dalam membangun blog yang bertema resep makanan seperti ini adalah faktor visual dari topik ini, Biasanya untuk memperkuat keterlibatan pembaca blog, maka sangat disarankan agar memasangkan blog resep makanan kamu dengan platform sosial media berbasis gambar dan video, seperti Instagram atau Pinterest.

Bagaimana cara memonetisasi blog kamu?, ada berbagai opsi yang bisa kamu coba untuk kamu terapkan. Misalnya, kamu bisa bermitra dengan pemiliki usaha rumah makan dan membuat resep dengan menggunakan produk mereka. Namun jika kamu ingin mendapatkan penghasilan pasif melalui blog kamu, Kamu bisa menjual resep makanan kamu, kamu bisa membuat dalam bentuk e-Book, Buku cetak resep masak kamu sendiri, menjual eCourse dalam bentuk video, atau bisa juga kamu bisa memberikan kelas memasak secara live atau disiarkan secara langsung.

#7. Parenting

Topik Parenting


Parenting merupakan niche atau topik yang evergreen, bagi seorang blogger, dan ini bisa menjadi pilihan kamu. Kamu bisa memilih topik ini karena alasan akan selalu ada orang tua yang mencari sesuatu terkait bagaimana cara dan pola mengasuh anak-anak mereka, bagaimana menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh buah hati mereka, dan ini akan selalu menjadi potensi yang besar bagi kamu untuk membangun blog parenting.

Pertanyaanya adalah apakah kamu sudah mempunyai anak?. Ada ribuan blog dan website di Internet yang membahas tentang pola-pola pengasuhan anak, dengan berbagai macam pendekatan dan cara-cara pengasuhan yang berbeda. Mungkin kamu berpikir bahwa niche tersebut sudah penuh didominasi oleh ibu-ibu bloger, oleh profesional anak dan oleh psikolog. Kamu tidak perlu khawatir dengan kompetitor kamu, karena kamu harus tahu bahwa audiens untuk blog parenting sangat besar sehingga ini layak untuk dipertimbangkan.

Untuk membantu supaya blog parenting kamu menonjol, yang kamu lakukan adalah perlu memperbaiki sudut pandang yang jelas. Kamu bisa menulisnya  tentang bagaimana tahap mengasuh anak (seperti mengasuh anak balita) atau Kamu juga bisa menulisnya untuk di tujukan kepada sekelompok orang tua tertentu, misalnya di tujukan untuk orang tua yang sudah senior, orang tua yang masih remaja, atau bisa juga di tujukan kepada calon orang tua.

#8. Pendidikan

Topik Pendidikan


Blog dengan tema pendidikan merupakan cara yang baik untuk berbagi pengalaman kamu untuk orang-orang yang membutuhkannya dan menjadikan nama kamu lebih populer di industri kamu. Disamping itu juga, kamu bisa memiliki peluang besar untuk mendapatkan cuan dan melakukan "perjalanan keliling dunia", karena kamu bisa bekerja secara online, sehingga kamu bisa menjelajah literasi dari negara manapun.

Seorang pengajar baik dosen maupun guru, siswa maupun mahasiswa, dan orang tua pastinya membutuhkan waktu dan upaya untuk bisa beradaptasi dengan perubahan yang sedang terjadi. Mereka membutuhkan dan perlu mendapatkan instruktur untuk mencapai proses pembelajaran dan transfer informasi baru. Itulah yang dimaksud dengan blogging pendidikan.

Blog yang membahas pendidikan biasanya dikelola oleh para pengajar baik Dosen maupun guru, tutor, atau bahkan orang tua yang menguasai materi pendidikan. Mereka akan memberikan materi atau konten yang mencakup apa saja mulai dari informasi sekolah, kampus, lembaga kursus, metode pengajaran baru, sampai perencana homeschooling. Beberapa blogger menyediakan kursus online lengkap, serta tips teknologi dan berita tentang keadaan pendidikan saat ini. Mereka memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan industri. 

#9. DIY Fashion Style

do it yourself fashion








DIY Fashion Style atau pembahasan seputar dunia fashion yang bisa kita lakukan dengan sendiri (do it yourrself) tanpa harus melibatkan sewa jasa desainer. Jika berbicara tentang mode dan fashion memang tidak akan pernah ada matinya, karena fashion akan selalu berkembang dan berubah dari waktu ke waktu, sehingga menjadi sebuah trend bagi banyak orang. Mungkin tulisan kamu tidak akan bisa bersaing dengan blog atau website para desainer fashion yang sudah expert yang membahas seputar dunia fashion.

Kamu bisa mengambil ide untuk niche ini dengan cara membuat tips atau panduan sederhana berdasarkan dari pengalaman yang pernah kamu alami sendiri. Yang perlu kamu lakukan adalah kamu harus sedikit mendalami tentang fashion dan gaya. Cakupan seputar dunia fashion sangatlah luas, jadi silahkan kamu pilih jenis atau genre dari fashion tertentu yang menurut kamu bisa dikembangkan kedalam banyak konten fashion.

Potensi dari niche blog DIY Fashion Style ini tentunya website atau blog kamu bisa menghasilkan cuan dari iklan adsense, afiliasi, bahkan karena jenis website ini adalah membahas tentang tips berdasarkan pengalaman yang dilakukan sendiri maka jika ada produsen yang tertarik dengan pembahasan kamu mereka bisa saja menjadi sponsor website kamu.

#10. Dunia Metaverse

Dunia Metaverse


Metaverse menjadi sebuah fenomena dunia digital, yang menandai sebuah revolusi digital dimana kondisi ini menggabungkan kehidupan virtual dan realitas. Apa itu metaverse, silahkan kamu baca artikel saya yang berjudul Mengenal apa itu metaverse?. Istilah metaverse ramai di bincangkan di penghujung tahun 2021 tepatnya setelah Mark Zuckerberg pemilik facebook mengumumkan pergantian namanay dari facebook menjadi meta. Bertepatan dengan hal tersebut juga Mark menejelaskan gagasan tentang metaverse yang menurutnya akan merubah prilaku masyarakat imersive ke kehidupan yang sungguh mencengangkan.

Kemunculan era baru bersosial media yang menggabungkan dunia virtual dengan dunia realitas ini, ternyata bukan hanya di usung oleh Mark Zuckerberg saja, ternyata jauh sebelum Mark melemparkaan gagasan tentang dunia baru ini. Istilah metaverse sudah pernah di gagaskan pada tahun 90an, dan Metaverse ini menjadi ajang perlombaan bagi raksasa-raksasa teknologi dalam merebut pasar dunia.

Metaverse diprediksi akan mengalami peningkatan dalam waktu 2 sampai tiga tahun kedepan, hal ini tentu saja akan menjadi magnet bagi orang-orang yang penasaran tentang apa itu metaverse. Hal ini bisa kamu tangkap sebagai peluang besar untuk membangun blog atau website yang membahas tentang dunia metaverse. 

Apa yang bisa kamu tawarkan dalam blog atau website kamu itu?. Kamu bisa menyediakan informasi terkait segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia metaverse. Silahkan kamu pelajari hal-hal apa saja yang masuk kedalam sub klasifikasi (sub-niche). Sub klasifikasi yang terkait dengan metaverse bisa berupa pembahasan terkait; game, non fungible token (NFT), pasar crypto, blockchain, perangkat VR,  dan segala sesuatu teknologi yang mendukung metavese.

Itulah sepuluh niche populer yang bisa kamu jadikan inspirasi dalam membangun dan membuat blog atau website kamu. Silahkan kamu pilih salah satu yang paling mendekati dengan kemampuan dan pengetahuan yang kamu miliki. Saya harap kamu jangan terpatok hanya pada sepuluh topik yang sudah saya bahas tersebut. Tapi silahkan jika kamu mempunyai pengetahuan dan topik lain, selain dari topik tersebut kamu bisa mengembangkanya agar bisa memberikan manfaat untuk banyak orang 

Manfaat Blog Untuk Bisnis Offline

Mungkin saat ini kamu sudah mempunyai bisnis off line yang sudah berjalan, yang berlokasi disekitar kamu, namun jika kamu ingin mengembangkan bisnis kamu tersebut tentunya kamu mempuanyai peluang besar dengan memanfaatkan pemasaran berbasis konten. Salah satunya adalah dengan membuat blog atau website yang mengulas seputar bisnis yang kamu jalankan. Kamu bisa membuat konten artikel yang bisa mendaratkan pengunjung (visitor) ke blog atau website kamu dengan menggunakan pelokalan katakunci yang tepat untuk bisnis kamu.

Lokal bisnis berbasis website atau blog dapat kamu manfaatkan untuk meningkatkan penjualan bisnis kamu, caranya adalah dengan menggunakan kata kunci yang tepat dan menggabungkanya dengan area atau tempat lokasi bisnis kamu berada, misalkan bisnis kamu adalah layanan pembuatan bunga papan, yang belokasi di wilayah Bandung, maka kamu bisa menggunakan kata kunci "Toko Bunga Bandung Murah" atau "Toko Bunga di Bandung", atau apapun itu yang mencerminkan produk kamu dan lokasi bisnis kamu. 

Dengan menerapkan teknik SEO lokal pada blog atau website kamu yang dibuaat kedalam konten marketing, peluang untuk mendapatkan banyak trafik lebih besar, hal ini dikarenakan target market yang kamu bidik lebih sepesifik hanya pada wilayah atau lokasi jangkauan dimana bisnis kamu berada, sehingga jika kamu ingin mendapatkan paid trafik sekalipun, itu akan jauh lebih efisien. Dan jika kamu ingin melakukan organic traffic maka hal itupun akan jauh lebih mudah diterapkan.

Tidak ada komentar untuk "10 Niche Blog Populer Tahun 2022"