Widget HTML Atas

17 Tool SEO Untuk Audit Website

Tool SEO untuk audit website

17 Tool SEO Untuk Audit Website - Untuk menganalisa data suatu website kita membutuhkan bantuan teknologi untuk melakukan penelitian, validasi kode, dan audit SEO lainnya dalam skala besar. Jika dulu untuk melakukan pekerjaan tersebut kita mebutuhkan anggaran atau biaya yang lumayan besar, namun untuk saat ini kamu tidak perlu khawatir, karena kamu bisa menggunakan beberapa alat atau Tool SEO yang tidak memerlukan anggaran besar, bahkan bisa kamu gunakan secara gratis. 

Ada banyak Tool SEO gratis yang cukup powerfull yang bisa kamu gunakan untuk mengoptimalkan pekerjaan SEO kamu untuk skala yang lebih kecil. Dan banyak dari tool gratis ini yang bisa kamu gunakan dan kamu akses fungsionalitasnya dari sumber data yang sama dengan versi berbayar. Namun demikian tentunya versi yang berbayar akan jauh lebih powerfull saat digunakan untuk skala pekerjaan yang lebih besar lagi dalam melakukan audit SEO. Berikut ini adalah 17 Tool atau alat SEO gratis yang bisa kamu gunakan: 

#1. SEO Ngram Tool 

Menurut pendapat saya pribadi tentang sebuah konten yang baik adalah konten yang berawal dari pemahaman tentang kata kunci yang banyak digunakan oleh orang dan kita mengetahui mengapa mereka menggunakan kata kunci tersebut. Bagaimana kita bisa memahami kata kunci tersebut dan mengkombinasikanya, tentunya kita membutuhkan sebuah alat atau tool yang bisa mengatasi hal tersebut. Salah satu tool yang bisa kamu gunakan adalah SEO Ngram Tool

SEO Ngram Tool ini merupakan salah satu alat SEO gratis yang bisa membantu menempatkan posisi website kamu pada urutan teratas sebuah mesin pencarian. SEO Ngram Tool baru saja diperbarui untuk tahun 2022, ini merupakan sebuah tool pendukung SEO yang dikembangkan oleh Ryan Jones, Wakil Presiden, SEO di Razorfish. Alat Ngram SEO bisa membantu untuk lebih memahami kombinasi kata kunci (keyword) yang paling umum digunakan untuk pencarian.

Tool SEO yang satu ini juga menghasilkan peta hubungan (relationship map) istilah pencarian, mengelompokkan istilah pencarian yang berbeda ke dalam peta visual yang menunjukkan istilah kata kunci dasar (koneksi utama) dan istilah pencarian yang terkait dengannya.

Berikut ini adalah contoh dalam bentuk animasi yang menunjukkan kata kunci utama di tengah. Di sekitar kata kunci utama adalah koneksi utama yang merupakan variasi dari kata kunci utama. Terhubung ke koneksi utama adalah frase kata kunci yang terkait dengan frase kata kunci tingkat kedua.



Data tersebut bisa kamu unduh ke spreadsheet CSV dan kamu bisa melihat kombinasi kata yang dikelompokkan bersama. Seperti gambar berikut:

Contoh hasil pengelompokan Nram Tool

#2. Answer The Public

Tool ini sudah sangat populer dikalangan para webmaster, dan hampir semua praktisi SEO mengetahuinya, namun jika kamu baru mendengar tool SEO yang satu ini maka ini akan menjadi pengetahuna baru bagi kamu yang sedang memperdalam SEO karena ini merupakan alat yang hebat untuk bekal amunisi kamu dalam melakukan atau mendukung pekerjaan kamu nantinya sebagai seorang praktisi SEO.

Cara kerja tool Answer the Public adalah dengan kamu memasukkan frase kata kunci terlebih dahulu, maka dari situ akan muncul peta visualisasi frase kata kunci populer yang dibagi berdasarkan jenis pertanyaan, seperti; siapa, apa, di mana, kapan, dan bagaimana.

Answer the public

Tampilan di zoom untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas lagi dari bagian 'How' untuk memvisualisasi data kata kunci adalah sebagai berikut: 

Answer the Public


Sama halnya seperti SEO Ngram Tool, Answer the Public juga menyediakan data kata kunci dalam format spreadsheet, yang mudah diatur sesuai jenis pertanyaan. Seperti contoh dibawah ini.

Question Answer The Public



#3. Ahrefs Free Keyword Tool

Ahrefs menawarkan banyak alat SEO gratis yang layak untuk kamu ditelusuri sendiri. Salah satu alat yang cukup popouler adalah Alat Penelitian Kata Kunci Gratis Ahrefs Free Keyword Tool. Tool ini menawarkan beberapa alat kata kunci (keyword tool) yang bisa menyediakan 100 kata kunci teratas dengan volume kata kunci terkait yang direpresentasikan oleh Amazon, YouTube, Bing, dan Google untuk pencarian.

Sebagaimana yang dikutip dari sumber informasi resmi Ahrefs mengatakan. “Alat gratis kami terhubung ke database yang sama dengan alat utama kami. Sumbernya seperti biasa: Google Keyword Planner, clickstream, dan kemitraan data.”. Jadi sebagai salah satu Alat SEO yang gratis tentunya ini menjadi opsi favorit untuk para webmaster maupun para praktisi SEO, khususnya bagi kamu yang sedang mempelajar  teknik SEO.

Dan terlepas dari mana itu semua berasal, alat ini juga merupakan sumber yang berguna untuk menghasilkan topik penulisan artikel.

#4. Siteliner

Siteliner merupakan tool untuk duplikasi konten yang disediaka oleh Copyscape atau layanan anti plagiarisme. Siteliner memiliki fitur yang mampu mengidentifikasi halaman pada sebuah situs yang memiliki kesamaan atau konten serupa. Hal ini tentunya memudahkan kamu dalam menemukan sebuah peluang untuk meningkatkan konten. 

Sebuah website atau blog yang baik adalah yang menampilkan artikel atau konten unik pada setiap postinganya. Website yang baik juga dipengaruhi oleh banyaknya konten artikel atau postingan, namun banyak sedikitnya postingan inilah yang menciptakan situasi dimana google mungkin harus memilih halaman atau konten mana yang lebih relevan dan menjadikannya kanonik.

Siteliner bisa menganalisa halaman atau konten duplikat sehingga kamu bisa menghilangkan paragraf duplikat di seluruh artikel website kamu tentunya hal ini bisa membantu membuat sebuah halaman atau konten yang unik pada website kamu. Pemindaian ini dibatasi hanya sampai 250 halaman saja. Namun demikian hal ini sudah cukup untuk memberikan warning kepada kamu dalam membuat konten atau halaman website yang unik.  

#5. W3C Validator

Worldwide Web Consortium menerbitkan sebuah tool untuk bisa melakukan pemeriksaan HTML yang juga dapat memeriksa seperti apa outline heading (H1, H2, dll.) pada halaman website. Ini adalah alat yang powerfull untuk memeriksa bagaimana Google melihat halaman website kamu atau halaman website pesaing. Opsi ceklis "Show Outline" bisa melihat bagaimana elemen heading pada website kamu terlihat di mesin pencari.

Dengan menggunakan Tool W3C Validator ini hasilnya bisa mengungkapkan masalah pada template website kamu. Pilih Show Outline Box untuk melihat heading pada halaman website. Kemudian, centang kotak untuk menunjukkan outline. Validator HTML gratis akan menunjukkan kepada kamu seperti apa tampilan tag heading website kamu di Google.

W3C Validator

Validator terkadang dapat terhambat pada tag HTML yang sangat buruk, tetapi ada cara untuk mengatasi kesalahan pengkodean tersebut. Yaitu dengan cara melakukan proses restart, tetapi kali ini, dengan melakukan ceklist pada bagian Opsi Lainnya dan pilih jenis dokumen. Jika kamu melakukanya dengan benar maka Pemeriksa Heading dijamin akan berfungsi.

Document Type W3C

Perayapan Website (Website Crawler) Gratis

#6. Screaming Frog – Gratis Untuk 500 URL

Perangkat lunak pengauditan situs terkemuka di industri Screaming Frog menawarkan versi gratis yang cukup sempurna untuk mengaudit website yang lebih kecil dibawa 500 URL. Software ini bisa kamu gunakan untuk merayapi situs atau meng-crawler website kamu dan bisa mempelajarinya jika ada masalah dengan website kamu.

Screaming Frog secara otomatis akan memberikan informasi tentang tautan keluar (outbound link), tautan internal (inbound link), gambar pada website, kode respons yang diberikan berbagai halaman, dan informasi tentang tag judul (title tag), tag deskripsi meta (meta description), judul, gambar, dan hampir semua hal terkait website yang diinginkan pemiliknya untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan dan kesalahan website.

Screaming Frog memungkinkan kamu untuk mengatur agen pengguna untuk meniru Googlebot, Bing, Chrome, dan apa pun yang kamu inginkan untuk melihat bagaimana website kamu merespons, memberikan gambaran yang benar tentang bagaimana mesin pencarian dan penggunanya menemukan website kamu. Untuk mendapatkan software gratis ini kamu bisa mendowloadnya untuk versi gratisnya di langsung di website reseminya https://www.screamingfrog.co.uk/

#7. Netpeak Spider

Software atau alat perambah lain yang juga gratis selain Screaming Frog, adalah Netpeak Spider alat perayapan lain yang juga memiliki versi gratis dan murah yang dapat merayapi hingga 100.000 URL. Software ini menyediakan data lebih dari 80 permasalahan terkait SEO dan bisa memeriksa lebih dari 100 permasalah teknis yang ada pada website.

Software ini juga memiliki fungsi lain yang terkait dengan hasil analisa dan penelitian terhadap website pesaing kamu. Semua ini bisa kamu gunakan secara gratis, Netpeak Spider menjadi pelengkap software yang berguna sebagaimana Scraming Frog versi gratisnya, karena keduanya memiliki fitur yang berbeda dan menyajikan data dengan cara yang berbeda pula.

#8. Xenu Link Sleuth

Xenu Link Sleuth merupakan alat SEO yang dapat dijadikan pilihan untuk perayapan crawler website kamu, meskipun software ini tergolong sofwtare jadul namun softawe ini masih cukup mumpuni unuk digunakan. Software ini berguna untuk pemeriksaan tautan dan bisa melaporkaan tautan yang rusak baik internal maupun eksternal. 

Kemampuan Xenu bukan hannya mampu untuk melakukan pemeriksaan tautan yang rusak saja. Tetapi juga Xenu mampu menampilkan laporan dan memberikan gambaran umum secara singkat tentang judul halaman, pengalihan, dan halaman yang tidak ditemukan (404 kode respons). Untuk mendownload Software ini kamu bisa mengunjungi website resminya di Xenu Link Sleuth

Xenu Link Sleuth

Alat SEO Gratis Untuk Versi Mobile

SEO seluler sangatlah penting. Itulah mengapa kamu perlu melakukan pengujian website kamu untuk mengetahui seperti apa tampilan website kamu pada versi mobile dan bagaimana hasil pada mesin pencarian (SERP). Tool atau alat SEO ini bisa kamu gunakan untuk memeriksa seperti apa halaman website kamu di ponsel. Perlu kamu ketahui bahwa halaman website yang terlihat bagus cenderung memiliki konversi lebih baik.

#9. Mobile Moxie

MobileMoxie menyediakan Alat SEO Seluler yang berfungsi penuh untuk melakukan pengecekan SERP. MobileMoxie dapat menunjukan kepada kamu seperti apa peringkat website kamu pada layar ponsel. Keunggulan alat ini adalah mampu melokalisasi ke kota mana pun diseluruh dunia. Dengan begitu, kamu bisa menguji peringkat seluler seseorang yang berlokasi di kota mana pun di dunia. Ini bagus untuk SEO lokal atau untuk pekerjaan klien di mana kamu sendiri sedang tidak berada di lokasi klien.

Ada juga Pemeriksa Halaman Web MobileMoxie yang dapat menunjukkan kepada kamu seperti apa tampilan halaman website kamu pada semua jenis handphone atau ponsel. Hal ini tentunya juga bisa membantu kamu dalam mengoptimalkan halaman website kamu sehingga bisa menghasilkan konversi yang terbaik dari berbagai jenis ponsel. Alat ini berfungsi secara penuh namun untuk versi gratisnya hanya dapat digunakan tiga kali pemakaian dalam satu hari.

Di bawah ini merupakan pengujian SERP MobileMoxie yang menunjukkan perbandingan secara berdampingan dari tampilan SERP kamu pada semua jenis ponsel. Kamu juga bisa menelusuri SERP lokal untuk kota mana saja  di dunia dan untuk semua bahasa yang kamu pilih.

Mobile Moxie Checker

Alat Audit Website Gratis

#10. DNS Propagation Checker

Software Pemeriksa DNS akan memeriksa seberapa baik tingkat penyelesaian website kamu. Alat ini bisa membantu menampilkan permasalahan dengan pengaturan server yang bisa memengaruhi kemampuan Google dan pengunjung lainnya untuk menjangkau website. Alat ini bisa mengidentifikasi mengapa perayap Google tidak dapat menjangkau website kamu, apa yang menyebabkan masalah website kamu tidak bisa terindek oleh google?. 

Masalah-masalah tersebut biasannya penyebabnya adalah dikarenakan pengaturan server yang buruk. Untuk itu jika mesin pencari atau pengguna mengalami kesulitan dalam menjangkau website kamu, maka cobalah dengan menggunakan alat DNS Propagation Checker ini.

#11. MX Toolbox Blacklist Check

Alat pengecekan IP ini bekerja secara online, alat ini bisa digunakan untuk memeriksa apakah website kamu atau alamat IP kamu masuk ke salah satu daftar hitam domain yang di blokir. Perlu di ketahui bahwa jika website masuk kedalam daftar hitam DNSBL atau RBL (DNS Blacklist or Realtime Blacklist respectively). website maka hal ini akan dapat memengaruhi kemampuan pengiriman email.

Alat Audit Keamanan Website Gratis

Masih ada sebagian praktisi SEO yang menganggap keamanan bukan sebagai bagian dari audit SEO. Keamanan akan muncul ketika terjadinya peretasan atau website terkena hack atau juga ketika  peringkat mengalami penurunan pada mesin pencarian. Menurut pendapat saya pribadi, keamanan sebuah website harus menjadi bagian dari komponen SEO Audit.

#12. Free WordPress Vulnerability Scanner: WPScans

Bagi kamu yang mempunyai website berbasis WordPress ini merupakan Tool yang sangat tepat untuk kamu gunakan dalam menganalisa website. Tool atau Alat scanner website gratis ini menawarkan pemindaian dengan cepat namun komprehensif untuk potensi permasalahan website yang timbul. WPScans bisa membuat laporan, lalu melakukan penelitian apakah website kamu mempunyai masalah yang perlu diperbaiki atau tidak, alat ini sangat berguna untuk memulai audit keamanan suatu website.

#13. Free HTTPS Validator Tool

Alat Keamanan SSL Labs Security Checker ini bisa menemukan kesalahan konfigurasi dan celah keamanan dalam penerapan sertifikat HTTPS website kamu. Menambahkan sertifikat keamanan server disebut-sebut mudah untuk dilakukan, namun pada praktenya tidaklah selalu demikian. Untuk itu kamu perlu bantuan alat atau tool ini untuk membantu kamu dalam mendiagnosis masalah website yang tersembunyi. Layanan online gratis ini akan melakukan analisis mendalam tentang konfigurasi server web SSL apa pun di Internet.

#14. Drupal Security Scanner

Pemindai keamanan komprehensif ini bisa menyoroti masalah umum yang biasanya terjadi pada website yang dibangun berbasis Drupal. Melalui Tool Hacker Target Drupal Security Scanner ini akan melakukan pemindaian ini akan menguji instalasi Drupal untuk masalah keamanan umum, kesalahan konfigurasi serta melakukan analisis reputasi web dari situs yang ditautkan dan situs yang dihosting di alamat IP yang sama. Pemindaian Gratis adalah pemindaian pasif karena semua informasi yang dikumpulkan berasal dari permintaan web reguler terhadap situs yang ditentukan.

Alat Kinerja Website Gratis

#15. GZip Compression Checker

Perangkat ini bisa memeriksa apakah kompresi gzip pada server hosting website kamu sudah diaktifkan. Setelah terkoneksi dengan server website kamu, maka perangkat ini akan menayangkan laporan atau hasil apakah gzip diaktifkan dan juga menyediakan penjelasan tambahan untuk efektivitas kompresi tersebut dan berapa bandwidth yang dihemat untuk halaman tertentu.

#16. YSlow Performance Audit

Alat Audit Kinerja YSlow merupakan tool atau alat untuk menscanning audit kinerja secara komprehensif dari sebuah website. Tool ini memberikan rincian laporan dari 23 aturan kinerja website. YSlow ini bekerja pada browser dan komponennya antara lain; Firework, Mobile/Bookmarklet, Safari, Phantom JS, Source Code, Chrome, Opera, Command Line, Node JS, Server

#17. GTmetrix 

Tool lain yang bisa menjadi pilihan kamu untuk menghasilkan perbandingan skor dengan website pesaing adalah GTmetrix Speed ​​and Performance Audit, kamu bisa menggunakan hasil dari skor ini untuk mengetahui kecepatan dan performa website kamu. Setelah dilakukan analisa terhadap website kamu dan perbandingkan denan website pesaing kamu, maka GTmetrix akan memberikan data dan informasi, dari situ kamu akan mengetahui mana sekiranya website kamu yang memerlukan perbaikan dan peningkatan.

Alat Audit Website Gratis dari Google

Google menawarkan banyak tool untuk mendukung SEO website yang kamu kelola. Selain Google Search Console yang merupakan alat powerfull untuk meningkatkan SEO, Google juga menyediakan alat lain untuk mengaudit dan memeriksa halaman sebuah website diantaranya adalah:

  • Page Speed Insight menawarkan umpan balik kecepatan halaman website. PageSpeed ​​Insights (PSI) melaporkan kinerja halaman pada perangkat seluler dan desktop, dan memberikan saran tentang cara meningkatkan halaman tersebut.
  • Rich Results and Structured Data Testing Tool. Alat ini bisa membantu mendiagnosis masalah dengan data terstruktur website kamu dan mengonfirmasikannya apakah data terstruktur tersebut memenuhi syarat untuk hasil kaya.
  • Google Lighthouse adalah alat yang ada di dalam Chrome. Ini juga tersedia sebagai Ekstensi Chrome. Google Lighthouse adalah rangkaian alat analisis kinerja web yang luar biasa.

Itulah Alat atau Tool SEO yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan performa website kamu. Kualitas alat audit SEO gratis akan terus bermunculan dan terus berkembang sesuai dengan kegunaan dan kecanggihannya. Hal ini tentunya akan membantu pengembang website dan ahli SEO untuk mengotomatiskan ratusan tugas SEO tanpa harus membayar apa pun. Luangkan waktu untuk terus mempelajari cara-cara bagaimana cara kerja alat tersebut dan bagaimana menggunakan tool tersebut.

Tidak ada komentar untuk "17 Tool SEO Untuk Audit Website"