Faktor Penting Pada SEO

Faktor Penting SEO

Faktor Penting Pada SEO - Setidaknya ada 10 faktor penting SEO yang berpengaruh besar terhadap website bisnis yang kamu gunakan sebagai media dalam mengembangkan usaha kamu. Dan yang perlu kamu ketahui bahwa google akan terus mengupdate persyaratan SEO, hal ini tentunya akan sedikit merepotkan kamu dalam mengikuti perekembangan terbaru dari tiap-tiap perubahan yang dilakukan.

Namun demikian jika kamu ingin peringkat website kamu bisa naik dari halaman yang sebelumnya tidak terlihat alias tidak muncul dihalaman pertama pencarian google menjadi terlihat dan menempati posisi pada halaman pertama tentunya kamu harus mengetahui faktor-faktornya, nah faktor-faktor apa sajakah itu?. Berikut akan saya jelaskan terkait faktor-faktor penting apa saja yang bisa mempengaruhi SEO.

Website yang kamu optimalkan dengan sebaik mungkin tentunya berpeluang besar mendapatkan lebih banyak trafik, sehingga website kamu memiliki lebih banyak prospek dan kesempatan terjadinya konversi pernjualan. Tanpa SEO sendiri website tidak akan ditemukan oleh pencari informasi, dan itu artinya kerja keras kamu dalam membangun bisnis online yang mengandalkan website akan sia-sia.

Okay, artikel ini mungkin akan bisa membantu dan memberikan panduan serta pengertian apa itu SEO dan faktor-faktor penting apa saja yang kamu butuhkan agar bisa bisa mempengaruhi peringkat website kamu pada halaman pencarian (search engine). Tentunya harapan saya dengan kamu membaca postingan artikel ini, kamu bisa mengoptimalkan website bisnis kamu, sehingga bisnis kamupun ikut meningkat.

Apa itu "Peringkat" dalam SEO

Tentunya tujuan kamu mempelajari SEO adalah agar kamu paham dan mengetahui bagaimana strategi dan caranya agar website kamu bisa muncul pada halaman pertama di mesin pencarian Google, itulah yang disebut dengan peringkat SEO adapun manfaat website kamu setelah mendapatkan peringkat SEO adalah sebagaimana yang sudah dijelaskaan di awal postingan ini.

Analogi sederhana terkait peringkat SEO, diibaratkan ketika kamu sedang berjalan di sebuah Mall dan kamu berniat ingin mencari sebuah toko komputer, kebetulan di mall tersebut banyak sekali toko-toko yang menjual komputer. Apa yang akan kamu lakukan untuk mencari spek komputer yang sedang kamu cari?, tentunya yang kamu lakukan pertama kali adalah menghampiri toko komputer yang pertama kali kamu lihat bukan?, dan kamu tidak akan mungkin mencari toko komputer yang letaknya dibelakang blok pertokoan. 

Pada analogi tersebut diibaratkn toko komputer yang pertama kali kamu kunjungi itu adalah peringkat SEO, karena toko tersebut menempati lokasi yang strategis pada urutan pertama dan akan selalu muncul pada saat pengunjung sedang mencari kebutuhan akan sebuah komputer. Jelas toko komputer tersebut akan selalu ramai oleh pengunjung karena toko komputer tersebut memiliki peluang keterlihatan visibility rate-nya yang tinggi ditengah banyaknya pengunjung mall atau dalam SEO istilahnya adalahnya Traffic.

Jadi jelas, disini faktor terbesar toko komputer tersebut ramai kunjungan adalah karena lokasinya yang memberikan kemudahan pengunjung dalam mencari komputer, sertidaknya faktor pertama dalam bisnisnya sudah dipenuhi, yaitu mendapatkan banyak kunjungan atau traffic. 

Lalu apakah dengan banyaknya kunjungan ke toko tersebut akan serta merta membuat penjualan toko tersebut mengalami peningkatan, Eits..!! belum tentu, dan ternyata masih banyak faktor lain yang mempengaruhi konversi penjualan dari toko tersebut. Apa saja faktor tersebut?. 

10 Faktor Penting Pada SEO

Kembali ke pembahasan utama terkait SEO, apa saja sih faktor penting dalam membangun strategi SEO untuk meningkatan bisnis kamu melalui media website sebagai salah satu pilar utama dalam mengembangkan bisnis atau perusahan kamu. Setidaknya ada sepuluh faktor penting yang mempengaruhi strategi SEO yang kamu bangun diantaranya adalah: 

#1. Keamanan dan Kemudahan Dalam Mengakses Website

Faktor keamanan SEO


Google tidak hanya berfokus pada memberikan hasil penelusuran yang relevan dan berkualitas tinggi, namun juga google ingin melindungi pengguna komputer dari perangkat lunak yang bisa merusak dan website-website yang berbahaya. Tidak hanya itu saja, peretasan website kamu oleh orang lain yang digunakan untuk memberikan informasi palsu kepada Google maka akan secara langsung mempengaruhi peringkat webiste kamu. 

Itulah mengapa sangat penting bagi kamu agar website kamu memiliki keamanan website yang kuat jika kamu ingin melakukan optimasi SEO dengan baik. Faktor keamanan terkadang sering tidak dipedulikan dalam melakukan optimasi SEO, padahal jika kamu mengabaikan faktor yang satu ini maka secara drastis berpengaruh terhadap cara Google melihat melihat website kamu, oleh karena itu juga bisa memengaruhi website kamu pada SERP.

Lalu bagaimana cara agar website kamu dinilai aman oleh google?. Salah satu hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk melindungi website kamu dan meningkatkan peringkat di Google adalah dengan memasang HTTPS. Google akan menilai website yang menerapkan protokol keamanan ini sebagai sinyal atau website aman dan pada akhirnya memberikan rekomendasi untuk pemeringkatan.

Untuk kemudahan dalam akses website sendiri apakah juga mempengaruhi faktor SEO?, betul sekali kemudahan dalam mengakses suatu website bisa mempengaruhi peringkat website kamu. Google lebih menyukai website yang memiliki struktur navigasi yang baik, navigasi inilah yang memberikan kemudahan bagi pengguna dalam mengakses website kamu, ini berkaitan nantinya dengan peta situs atau sitemap.

#2. Kecepatan Website

Kecepatan website

Kecepatan pelayanan sangat penting hal ini kaitanya dengan waktu atau durasi tunggu, begitu juga dengan waktu loading website kamu ketika sedang ditungu informasi apa yang akan ditampilkan atau ditunjukan ke pengakses website, maka usahakan secepat mungkin agar website kamu cepat dalam menyajikan informasi dan berita yang sedang dicari oleh pengguna.

Sama halnya jika kamu sedang antri disebuah restoran, bagaimana jika pelayanan restoran tersebut lambat, tentunya kamu akan merasa kesal dan pada akhirnya kamu akan pergi meninggalkan restoran tersebut untuk mencari restoran lain yang lebih siap saji atau cepat dalam memberikan pelayanan yang kamu butuhkan.

Lambat dalam memberikan pelayanan pastinya akan membuat orang-orang yang semula ingin mengunjungi website kamu pada akhirnya mereka justru meninggalkan website kamu yang disebabkan lamanya waktu loading website, ini tentunya akan sangat merugikan website kamu. Ini baru satu masalah dari sisi pengguna saja, akan lebih celaka lagi jika google sebagai otoritas mesin pencarian menangkap sinyal ini, tentunya website kamu akan ditenggelamkan dari mesin pencarian. 

Lalu bagaimana agar website kamu bisa memiliki kecepatan tinggi?. Banyak faktor yang menyebabkan website kamu lambat, namun untuk mereduksi atau mengurangi kendala keterlambatan pada saat loading, yang harus kamu perhatikan adalah; 

  • Kecepatan server, silahkan kamu cek di hosting website kamu dan konsultasikan dengan team supportnya
  • jika website kamu berbasis CMS WordPress, jangan terlalu banyak memasang plugin-plugin, gunakanlah plugin yang dibutuhkan saja
  • Penggunaan media berupa gambar, suara ataupun video, usahakan agar file-file tersebut terkompress seminimal mungkin agar tidak terlalu banyak memakan space/ruang server.
  • Hindari pemasangan file animasi atau flash.
Setidaknya itulah upaya yang perlu kamu lakukan agar website kamu tidak slow respon, dan tidak mendapatkan penilaian buruk di mata google dari sisi kecepatan loading. Tentunya banyak faktor yang mempengaruhi website kamu lambat, namun banyak juga cara untuk mempercepat website kamu dalam meningkatkan waktu loadingnya.

#3. Mobile Friendly

Mobile friendly

ebsite yang mendukung perangkat mobile (mobile friendly) menjadi salah satu faktor peringkat SEO yang penting. Salah satu alasan google membuat perubahan dalam menerapkan metode pencarian pada hasil mesin pencarian adalah dikarenakan perubahan perilaku pengguna gadget yang saat ini sudah banyak beralih pada perangkat mobile. 

Dengan semakin banyaknya orang menggunakan perangkat ponsel mereka untuk mengakses informasi sekarang ini, tentunya kamu berisiko kehilangan pengunjung website kamu jika kamu masih tidak mengoptimalkan website kamu agar bisa menyesuiakan saat diakses pada perangkat mobile dengan tampilan yang responsive atau ramah seluler (mobile friendly).

Setidaknya ada 5 alasan kenapa website ramah seluler (mobile friendly) penting untuk bisa memenangkan persaingan pada strategi SEO, berikut alasanya:

1. Meningkatkan tampilan (user experience) pengguna yang lebih baik

Dengan meningkatnya audiens atau pengunjung website dikarenakan tampilan website yang menarik hal ini tentunya akan mengakibatkan lebih banyak keterlibatan (engagement), lebih banyak trafik, dan permintaan penelusuran untuk website kamu, sehingga pada akhirnya Google akan memperhatikan website kamu.

2. Mengurangi tingkat rasio pentalan (bounce rate)

Meskipun website kamu memiliki konten yang luar biasa bagus akan tetapi desain website kamu berantakan dan tidak mudah dinavigasi maka hampir dipastikan pengunjung akan segera meninggalkan website kamu, hal ini tentunya akan berpengaruh besar terhadap rasio pentalan atau bounce rate.

Nah.. untuk mengatasi hal tersebut diatas maka kamu bisa memanfaatkan desain website yang responsif sehingga dapat membantu memastikan pengunjung agar tetap betah mengunjungi halaman website kamu, dan hal ini akan membantu Google untuk menentukan peringkat website kamu pada hasil pencariannya.

3. Mengurangi duplikasi konten

Kamu mungkin bisa saja membuat website dengan 2 versi, versi desktop dan versi mobile akan tetapi hal ini tentunya sangat merepotkan kamu dalam megurusnya, bayangkan jika kamu memiliki dua website dengan konten yang sama? kemudian kamu harus mencocokan konten dengan versi desktop, apa yang terjadi?, tentunya hal tersebut merupakan pekerjaan yang membosankan bukan?.

Namun hal tersebut diatas bisa kamu atasi dengan cukup membuat website dengan tampilan yang responsif sehingga nantinya terlepas dari perangkat yang digunakan untuk browsing itu apa? apakah desktop, ponsel ataupun tablet maka website kamu dapat menyesuaikan dengan perangkat tersebut, sehingga kamu cukup membuat konten dalam pada satu website saja. 

4. Meningkatkan potensi berbagi konten (social sharing)

Website dengan desain dan tampilan yang responsive dan mobile friendly, akan lebih banyak diakses oleh pengguna sekarang ini, kecendurangan masyarakat modern yang sudah menjadikan perangkat handphone sebagai bagian integral dalam kehidupan tentunya tidak akan dipisahkan dalam kesehariannya. 

Disatu sisi, platform media sosial juga memiliki andil besar dalam perkembangan website mobile friendly, sehingga kemudahan masyarakat dalam berbagi konten dan informasi sangat mendukung, ini tentunya sangat menguntungkan bagi kamu yang memiliki website responsif atau mobile friendly karena dengan demikian akan lebih banyak mendapatkan trafik dengan konten yang kamu buat semenarik mungkin, sehingga google akan memperhatikan website kamu.

5 Meningkatan reputasi bisnis

Sebagian pengunjung website yang sedang beraktivitas outdoor atau mobile tentunya akan merasa kecewa dan kurang nyaman ketika mereka sedang mencari informasi atau produk dan mendapatkan sebuah website yang mereka cari namun ternyata website tersebut tidak mobile friendly, website banyak menggunakan aktifitas horisontal scrolling, hampir dipastikan mereka akan meninggalkan website tersebut. 

Jangan sampai kondisi tersebut terjadi pada website kamu, karena hal tersebut tentunya akan merusak reputasi website bisnis yang sedang kamu bangun, pengalaman negatif dari pengunjung website kamu akan berdampak pada reputasi bisnis dan menciptakan pengalaman pelanggan yang buruk yang dapat mendorong mereka untuk beralih kepada pesaing kamu. 

#4. Usia Domain, URL dan Otoritas

Usia domain

Perlu kamu ketahui bahwa hampir 60% website yang menempati peringkat sepuluh besar pada mesin pencarian Google domain-domain tersebut rata-rata sudah berusia tiga tahun atau lebih. Data tersebut bersumber dari studi Ahrefs terhadap dua juta halaman website menunjukkan bahwa sangat sedikit situs yang berusia kurang dari satu tahun mencapai peringkat itu.

Jadi bagi kamu yang sebelumnya sudah mempunyai domain dengan usia lebih dari 2 tahun namun belum bisa menembus peringkat pertama hasil pencarian, kamu sudah memiliki keutungan tersendiri, karena kamu akan lebih mudah untuk mengoptimalkan website kamu dengan cukup menerapkan strategi dasar SEO. 

URL atau nama domain sangat penting, jadi kamu perlu juga memperhatikan nama domain dengan jenis atau bidang bisnis kamu sehingga ini akan mempercepat usaha kamu dalam menaikan peringkat website kamu di mesin pencarian. Nama domain yang memiliki kecocokan dengan kata kunci pencarian (Exact Match Domain) akan lebih unggul dibandingkan jika kamu memilih brand domain. 

Lalu bagaimana jika kamu sudah memiliki domain dengan usia lebih dari 2 tahun namun domain tersebut merupakan brand domain?. jika demikian kamu tidak perlu lagi memilih EMD sebagai altenatifnya, karena domain kamu sudah melekat brand bisnis kamu dan sudah cukup mapan sehingga yang perlu kamu tingkatkan adalah fokus pada URL yang mencerminkan bidang bisnis kamu.

Elemen domain lainnya sebagai penentu faktor SEO selain usia dan nama URL adalah otoritas domain itu sendiri. Yah...!, otoritas sangat penting dan memiliki pengaruh besar untuk meningkatkan nilai SEO di mata google. Otoritas adalah nilai atau skor kepercayaan yang ada pada sebuah website.

Moz menjadi referensi bagi para pakar SEO untuk menganalisa domain, mereka akan mengecek nilai DA dan PA dari sini. Moz telah mengkodifikasi otoritas menjadi 2, yaitu Domian Authority (DA) dan Page Authority (PA) keduanya diberi peringkat dari 0 hingga 100, yang memberi tahu kamu seberapa besar kemungkinan peringkat halaman atau domain tertentu dalam hasil pencarian. 

Untuk mengetahui nilai atau skor DA/PA website, kamu bsia memeriksa otoritas domain atau otoritas halaman dengan cara menggunakan Open Site Explorer. masukan nama website atau URL kamu ke kotak pencarian, dan kamu akan mendapatkan laporan yang menunjukkan otoritas domain, otoritas halaman, tautan yang sudah ada, dan tautan baru. gambar berikut adalah contoh laporan skor DA/PA

Mengecek Domain Authority
Contoh Indikator DA untuk website wirtoyo.com

#5. Optimalisasi Konten

Optimalisasi konten

Berbicara mengenai SEO, tentunya tidak akan bisa lepas dari eleman yang satu ini, eleman atau unsur apakah itu?, yups..!, konten. Konten merupakan keseluruhan dari isi halaman website yang umunya bersifat informatif, ini akan menjadi sangat penting untuk eksistensi website kamu, karena pada prinsipnya audiens dan pengguna internet melakukan browsing atau searching untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dan konten itulah yang akan dimunculkan oleh website.

Pertanyaanya adalah apakah bisa konten pada website kita dimunculkan oleh mesin pencarian sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna internet?. tentu saja bisa, akan tetapi kamu perlu melakukan optimasi konten tersebut agar sesuai dengan kaedah SEO dan itu berarti kamu harus membuat, memperbarui, mengedit atau memperbaiki konten pada masing-masing halaman website agar kinerja pencarian organiknya meningkat sehingga bisa lebih banyak menghasilkan trafik ke website kamu.

Tujuan utama dari optimalisasi konten adalah untuk menerapkan faktor-faktor yang bisa memberikan pengalaman pengguna (user experience) yang lebih kuat terhadap konten yang kita buat. Dan untuk mencapai hal tersebut perlu dilakukan upaya untuk mendorong sinyal SEO positif dari pengguna, seperti bertahan di halaman lebih lama, tertarik menjelajahi halaman lain pada website kita atau berbagi konten dengan jejaring sosial mereka.

Bagaimana Cara Mengoptimasi Konten?

Hal utama yang perlu kamu lakukan untuk optimasi koten adalah melakukan audit konten, ini merupakan proses paling menyeluruh untuk menentukan postingan mana yang akan dioptimalkan. Namun, kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk melihat setiap konten sebelumnya untuk mendapatkan ide tentang apa yang layak untuk dioptimalkan. 

Ada 3 pertanyaan yang bisa kamu jawab yang berkaitan dengan cara untuk optimalisasi konten yaitu:

1. Topik apa yang kira-kira dianggap perlu untuk diooptimasikan?

Mesin pencari seperti halnya google merupakan platform untuk membangun kesadaran merek (brand awarness) yang cukup berharga. Jadi jika ada topik untuk brand kamu agar bisa menegaskan sebuah kepercayaan atau otoritas dan keahlian, maka optimalisasi konten agar bisa mendapatkan peringkat di mesin pencari adalah cara yang bagus untuk membangun kredibilitas sebuah merek.

Mengoptimalkan konten berdasarkan topik juga merupakan cara yang baik untuk memastikan kamu membahas setiap subtopik. Membuat serangkaian posting di bawah satu topik adalah taktik umum untuk meningkatkan otoritas karena dengan demikian kamu bisa mendapatkan tautan (link) dari setiap postingan baik itu inbound link maupun outbound lin yang membantu Google lebih memahami keahlian kamu. 

Untuk bisa memahami bagaimana agar bisa membuat konten yang dapat menghasilkan external link dan baclink kamu bisa membaca postingan saya sebelumnya tentang Bagaimana cara membuat konten agar bisa menghasilkan backlink

2. Konten apa yang dikonversi?

Konversi dalam perspektif digital marketing merupakan proses atau tahapan dimana audiens atau pembaca yang semula tidak tertarik dan dikarenakan terus menerus disuguhkan postingan yang bagus dan menarik maka kemudian timbul rasa penasaran, sehingga pada akhirnya memutuskan untuk melakukan tindakan dengan mendaftar atau membeli (Call To Action). Nah proses akhir ini yang memutuskan untuk mendaftar atau membeli inilah yang disebut sebagai konversi.

Jika kamu memiliki konten dengan tingkat konversi yang tinggi. kamu bisa mempelajari polanya bagaimana audiens atau pengguna menemukan konten tersebut apakah konten tersebut bisa ditemukan pada pencarian organik? ataukah hanya dari paid trafik?. Jika konten dengan tingkat konversi yang tingggi tersebut ternyata dihasilkan dari paid trafik, maka kamu bisa memfokuskan konten tersebut untuk dioptimasikan secara organik untuk mengurangi anggaran promosi.

3. Konten Apa saja yang sesuai KPI

KPI merupakan sebuah indikator untuk menunjukkan bagaimana pengguna berinteraksi dengan konten di halaman website kamu atau di mesin pencarian (search engine) yang mencakup diantaranya:

  • waktu tinggal (dwelling time)
  • berapa lama pengguna bertahan di halaman (session)
  • halaman/sesi, yang menunjukkan bahwa pengguna menjelajahi halaman lain di situs kamu
  • Tayangan di SERPs (berapa banyak pengunjung yang dihasilkan untuk melihat konten kamu)
  • Klik (berapa banyak orang yang mengklik konten kamu dari SERP)
  • Rasio klik-tayang (RKT) = klik/tayangan

Nah kamu bisa menggunakan alat gratis dan sederhana untuk menilai atau membaca KPI dan memilih konten mana yang tepat untuk dioptimalkan, Google Search Console (GSC) adalah solusi terbaik buat kamu (Untuk mulai menggunakan, aktifkan GSC dengan akun Google Analytics kamu).

Bagaimana Cara Meningkatkan Kualitas Konten

Fokus utama dalam optimasi konten adalah bagaimana cara bisa meningkatkan user experience atau pengalaman pengguna secara keseluruhan dan membuat perubahan berdasarkan faktor SEO. Untuk mencapai hal tersebut bisa dilakukan dengan cara meningkatkan kualitas konten memperbarui tata bahasa atau memperketat kalimat agar mudah dibaca dan dipahami.

Perubahan yang kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas konten agar konten tersebut lebih bermanfaat bagi audien atau pengguna. Berikut ada lima faktor yang bisa kamu gunakan untuk mulai mengoptimalkan artikel atau konten kamu diantaranya adalah: 

  • Meta Title dan Deskripsi (Keyword). Terlepas dari bagus tidaknya konten yang kamu buat, pengguna tidak akan mengklik artikel kamu, jika judul artikel dan meta deskripsi tidak terkait dengan hasil pencarian, untuk itulah menyertakan kata kunci yang relevan pada artikel konten akan membantu menjawab pertanyaan mereka.
  • Artikel / Konten yang segar (Freshness). Google menerapkan algoritma Quality Deserves Freshness (QDF) untuk menentukan topik dan penelusuran apa yang terbaru dari kata kunci tersebut. Seperti peristiwa terkini, topik yang sedang hangat, dan pembaruan waktu (seperti laporan penelitian).
  • Tingkat keterbacaan bagi pengguna (Readibility), Saat mengoptimalkan konten agar tingkat keterbacaannya tinggi, maka yang harus kamu lakukan adalah membuat konten kamu semudah mungkin dibaca dan dipahami.
  • Menyeluruh/Lengkap (Comprehensives). Peran paling penting yang dimainkan oleh sebuah kata kunci adalah agar dapat mengarahkan konten editorial dan untuk memastikan pertanyaan pencari dijawab secara akurat dan menyeluruh.
  • Memenuhi Prinsip EAT (Expertise, Authorty, Trustworthines). Google menerapkan prinsip EAT agar bisa memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna yang menggunakan mesin pencari Google dalam mencari informasi. Google ingin memastikan pengguna internet mendapatkan konten yang berkualitas dan sesuai dengan apa yang dicari oleh penggunanya.

#6. Teknik SEO

Sebuah website tersusun dari banyak baris kode sumber atau sourcecode dari sebuah bahasa pemrogram web yang dipilih, Nah kegiatan koding tersebut merupakan salah satu aspek dari kegiatan optimalisasi konten agar mendapatkan peringkat pertama pada mesin pencari. Ini bisa meningkatkan SEO sebuah website, terutama jika kamu juga pandai merangkai kata dan bukan cuma kegiatan teknis saja.

Melakukan koding atau pembuatan website agar sesuai prinsip SEO, secara teknis merupakan bagian yang dikerjakan oleh seorang programmer website atau web developer, namun kamu juga bisa berkontribusi dalam pengembangan SEO website meskipun kamu tidak menguasai bahasa pemrograman website, berikut hal-hal yang bisa kamu kerjakan untuk meningkatkan SEO website kamu: 

  • Menambahkan frase kata kunci (keyword) pada judul halaman atau artikel, ini perlu kamu lakukan agar google bisa menemukan konten mana yang tepat dan relevan dengan pencarian.
  • Gunakan Tag header untuk menampilkan hierarki konten yang dimulai dengan penerapan H1 untuk judul, H2 untuk sub judul, H3 untuk sub dari sub judul dan seterusnya.
  • Buatlah meta deskripsi yang menarik pembaca dengan menyertakan kata kunci yang tepat sesuai dengan pembahasan artikel atau konten halaman.
  • Perhatikan pembuatan meta deskripsi!, meta deskripsi dibuat dengan ringkas, informatif dan jelas, penulisan meta deskripsi tidak boleh lebih dari 160 karakter.
  • Masukan unsur gambar pada konten kamu, tambahkan frase kata kunci pada tag alternatif (tag alt) gambar untuk menunjukan bahwa image atau gambar tersebut relevan dengan konten.
  • Gunakan Markup Skema agar google mengetahui jenis konten yang kamu buat.
Pembuatan atau pekerjaan teknis SEO diatas bisa kamu lakukan dengan mudah jika website yang kamu buat menggunakan platform CMS (content management system) khususnya jika kamu menggunakan WordPress kamu bisa menambahkan sebuah plugin pengaturan SEOnya seperti SEO yoast atau All in one SEO, kedua plugin tersebut merupakan plugin SEO terbaik yang banyak di gunakan oleh pembuat website berbasis CMS WordPress.

Dengan All in One SEO, kamu bisa mengatur target kata kunci, serta frasa kunci tambahan, dan kamu bisa menganalisa halaman TruSEO untuk mengetaui dan menilai seberapa bagus halaman dan posting yang kamu optimalkan. Plus, plugin ini juga memberikan cek list yang dapat kamu gunakan untuk melakukan perbaikan sebagai tindak lanjut dari hasil analisa SEO.

Fitur ceklist SEO pada plugin ini juga menyertakan generator tag meta cerdas sehingga kamu dapat dengan mudah mengatur judul SEO dan meta deskripsi yang akan kamu buat sesuai kategori yang dinamis seperti tahun berjalan, bulan, bidang khusus, info penulis, dan banyak lagi. Fitur All in One SEO lainnya adalah markup skema, peta situs XML cerdas, editor robots.txt, pemeriksaan kesehatan SEO, dan banyak lagi.

#7. RankBrain

Rankbrain

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan google bagi para penggunanya ketika mencari informasi pada mesin pencarian (search engine), saat ini google menggunakan machine learning yang dinamakan Rank Brain yaitu sebuah algoritma kecerdasan buatan untuk menyaring jutaan kata kunci pencarian agar secara otomatis bisa ditampilkan sesuai dengan apa yang di interprestasikan oleh penggunanya.

Melalui sinyalemen RankBrain google memberi peringkat halaman website yang lebih baik, berikut ini adalah beberapa sinyal yang bisa mempengaruhi peringkat website kamu pada mesin pencarian google diantaranya sebagai berikut: 

  • Rasio klik-tayang (CTR): persentase orang yang mengeklik untuk mengunjungi website kamu setelah muncul di hasil penelusuran.
  • Rasio pentalan (terutama pogo-sticking): jumlah orang yang mengklik halaman website kamu dan kembali dengan cepat ke mesin pencarian untuk mencari website lain.
  • Waktu tinggal: durasi berapa lama pengunjung website bisa betah di halaman website sejak mereka mendarat di halaman website kamu.

Jika ada pengunjung mendarat ke website kamu, dia tidak menyukainya, lalu dengan cepat meninggalkan website kamu, maka Google akan menganggapnya halaman website kamu tidak relevan dengan kebutuhan mereka. Jika kondisi ini terjadi pada website kamu, tentunya website kamu akan  sulit untuk mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian google.

Namun demikian ini bisa menjadi indikator yang baik buat kamu mengetahui konten apa yang tidak sesuai dengan maksud pencari, sehingga kamu perlu kembali dan menargetkan kata kunci yang lebih efektif. Akan tetapi jika masih ada orang mengklik ke halaman website kamu walaupun bertahan cuma  sebentar, itu berarti memberi tahu Google bahwa konten kamu relevan dengan pencarian mereka.

#8. Tautan / Link

Tauan backlink

Faktor penilaian penting lainnya untuk meningkatkan SEO website kamu adalah tautan atau link yang tertanam pada postingan atau isi konten pada website kamu. Tautan atau link merupakan jangkar anchor yang menghubungkan ke sumber lain dalam postingan yang kamu buat, tujuan dari tautan adalah untuk memberikan relevansi konten yang ada pada website kamu.

Dengan memberikan atau menanam link pada website kamu, selain menambah nilai SEO dimata Google, website kamu juga akan mendapatkan nilai positif di mata audiens kamu terutama jika postingan atau artikel yang kamu buat bersumber dari website yang kredibel dan terpercaya. 

Jenis-jenis tautan yang biasa digunakan pada sebuah website baik untuk meningkatkan SEO maupun untuk penekanan dalam membangun konten suatu website, jenis-jenis tautan tersebut diantaranya adalah: 

1. Inbound Link 

Inbound link atau tautan dalam merupakan tautan pada sebuah artikel yang mengarah ke konten atau artikel lainya tetapi link atau tautan tersebut masih dalam satu website yang sama, contohnya ketika kamu membuat atau menulis sebuah konten tentang pemasaran internet dan sebelumnya kamu juga menulis tentang artikel penjualan, maka kamu bisa membuat link atau menautkan konten pemasaran dengan membuat link yang mengarah ke artikel tentang penjualan atau kehalaman lain yang relevan.

Tujuan dari penanaman link ini adalah untuk membuat audiens kamu bisa menjelajahi lebih banyak lagi halaman atau konten lain yang kamu sediakan pada website, dengan demikian mereka bisa bertahan lama atau betah di website kamu sehingga pada akhirnya website kamu akan mengalami angka penurunan rasio pentalan (bounce rate). 

2. Outbound Link  

Outbound link berbeda dengan inbound link jika inbound link adalah tautan yang mengarah ke halaman atau artikel atau konten lain yang masih dalam satu website, outbound link atau tautan luar ini kebalikan darinya, tautan luar ini adalah link yang ditanam pada sebuah artikel namun mengarah keluar ke sumber website lain. Jenis tautan ini biasanya digunakan untuk memberi penjelasan kepada audien lebih lanjut terkait konten website.

Jika kamu ingin menunjukkan kepada audiens kamu bahwa konten kamu berkualitas untuk mereka, maka strategi pemasangan tautan ini bisa kamu gunakan untuk menautkan ke website lain yang relevan dan otoritatif sesuai dengan niche website kamu. Lalu, apakah itu berarti kamu harus memberikan banyak tautan keluar untuk meningkatkan otoritas website kamu?. Tentunya tidak sama sekali.

Sebagai contoh, saat kamu melakukan penelitian, maka kamu hanya diperbolehkan menanam link untuk merujuk atau menarik dari sumber tepercaya yang memiliki otoritas domain tinggi. Cara ini wajib kamu gunakan agar audiens kamu yakin bahwa konten kamu benar-benar berkualitas, dan kamu mungkin harus tetap melakukan ini untuk memastikan kamu memberikan nilai terbaik.

3. Backlink / Tautan Balik

Jika inbound link dan outbound link bisa kamu lakukan didalam website kamu dengan membuat atau menanamkan tautan atau link pada artikel atau konten kamu sendiri, itu artinya kedua tautan tersebut ada pada kendali diri kamu untuk kapan saja menentukan dipasang atau tidak tautan tersebut. Untuk backlink atau tautan balik itu berbeda dan tidak bisa ditanam sendiri oleh kamu.  

Apa itu backlink?, backlink merupakan tautan atau link yang bersumber dari website lain yang mengarah ke url atau domain dari website kamu, backlink bersifat organik artinya kamu tidak bisa mengintervensi website lain untuk memasang link agar mengarah ke website kamu, hal tersebut tidak bisa kamu lakukan karena kontrol atau kendali sistem administrasi website tersebut ada pada orang lain.

Lalu apa yang bisa kamu lakukan agar website kamu mendapatkan backlink dari website lain?. Untuk mendapatkan backlink tersebut hanya satu yang bisa kamu lakukan yaitu meningkatkan kualitas konten agar konten yang ada pada website kamu diminati dan disukai oleh audiens, tingkatkan E.A.T website kamu sehingga website kamu nantinya akan menjadi sumber referensi dari website lain dengan demikian maka secara otomatis website kamu akan mendapat banyak backlink.

Oleh karena backlink juga menjadi salah satu tolok ukur dalam penilaian google untuk mendapatkan peringkat SEO maka hal ini perlu kamu lakukan agar bisa memenangkan persaingan di mesin pencarian. Terapkanlah strategi white SEO agar usaha kamu dalam memenangkan persaiangan SEO bisa diakui oleh google sebagai teknik SEO organik tanpa menggunakan cara-cara curang, sehingga website kamu juga bisa bertahan dari badai algoritma google.

#9. Sinyalemen Sosial

Sinyalemen Sosial

Sinyalemen sosial bisa mejadi indikator yang memberi tahu mesin pencarian bahwa konten tersebut menciptakan keterlibatan (engagement) di platform media sosial. Keterlibatan ini umumnya berbentuk suka (like), bagikan (share), komentar (comment) dan repost/retweet. Sinyal sosial tersebut menunjukkan bahwa konten terkait berisi informasi berharga dan berkualitas tinggi.

Untuk mendapatkan keterlibatan atau engagement dari platform media sosial, eksis di media sosial saja masih belumlah cukup, kamu juga harus membuat konten yang mudah untuk dibagikan sehingga  dapat memperkuat sinyal sosial yang pada akhirnya dapat menimbulkan dampak positif atas usaha kamu dalam meningkatkan SEO.

Sebagaimana sumber resmi google yang mengatakan bahwa aktifitas berbagi di media sosial bukan merupakan faktor langsung dalam upaya pemeringkatan website, akan tetapi hal tersebut tidak bisa disangkal bahwa halaman website dengan peringkat tertinggi di hasil pencarian Google umumnya memiliki banyak aktifitas berbagi (shareable). Meskipun ini mungkin karena beberapa faktor terkait diantaranya:

  • Aktifitas berbagi dimedia sosial akan menghasilkan lebih banyak lalu lintas ke halaman website itu sendiri
  • Melalui aktifitas berbagi juga membuat konten kamu lebih memungkinkan untuk membangun tautan balik (backlink)
Untuk itulah dengan mendapatkan lebih banyak aktifitas berbagi pada media sosial memang bisa membantu meningkatkan peringkat website kamu pada mesin pencarian. 

Bagaimana caranya agar konten website kamu bisa mendapatkan banyak aktifitas berbagi (share) sehingga meningkatkan keterlibatan (engagement) di sosial media?. Cara yang mungkin bisa kamu lakukan adalah dengan meminta pembaca memberikan alamat email untuk berlangganan konten, sehingga dengan demikian kamu bisa mempunyai daftar email pembaca yang akan otomatis mendapatkan notifikasi ketika kamu membuat konten baru.

Cara lain yang bisa kamu lakukan agar konten atau artikel yang kamu buat bisa mudah di bagikan (share) adalah dengan memasang plugin Smash Ballon, ini bisa dipasang untuk website yang dibangun dengan CMS WordPress. Smash Balloon memungkinkan kamu menampilkan dengan mudah umpan Twitter, Facebook, dan Instagram langsung di website kamu. Atau, jika kamu ingin lebih masif lagi disosial media, OptinMonster baru-baru ini membuat kampanye popup yang dirancang untuk menumbuhkan pengikut media sosial kamu, dan itu bisa menjadi alternatif buat kamu.

#10. Menampilkan Informasi Bisnis dengan Local SEO

Local SEO

Faktor SEO yang terakhir ini juga cukup penting untuk bisnis yang menargetkan area atau lokasi tertentu. Ada atau tidak adanya informasi detail terkait bisnis kamu pada mesin pencarian dapat berpengaruh pada eksistensi bisnis kamu. Untuk menarget informasi bisnis tersebut kamu perlu menerapkan lokal SEO. Karena berdasarkan Riset menunjukkan sekitar 46% pengguna Google melakukan pencarian lokal untuk informasi bisnis yang dibutuhkan, bahkan sebanyak 29% pencarian informasi bisnis lokal memutuskan untuk melakuka pembelian.

Itulah pentingnya kamu menerapkan Local SEO agar bisa membantu calon customer atau customer dalam mencari informasi terdekat untuk bisnis yang mereka cari. Sehingga dengan menerapkan teknik SEO lokal ini merekapun bisa mendapatkan informasi bisnis yang lengkap, mulai dari produk yang kamu  tawarkan, alamat bisnis atau suaha kamu, sampai informasi jam operasional bisnis kamu, kapan buka dan kapan tutupnya.

Lalu bagaimana cara agar informasi bisnis kamu bisa masuk dalam hasil penelusuran mesin pencarian google. Yang harus kamu lakukan adalah melengkapi profile pada google bisnisku (Google My Business) namun sebelum melengkapinya terlebih dahulu kamu harus mendaftar dan memverifikasinya terlebih dahulu bisnis kamu di google my businsess, setelah itu baru kamu bisa mengisi profile lengkap bisnis kamu.

Berikut adalah informasi yang harus kamu lengkapi di Google My Business agar bisnis kamu bisa di temukan pada penelusuran google yaitu:

  • Lokasi Bisnis. Cantumkan alamat lengkap bisnis kamu, dan verifikasi lokasi bisnis kamu.
  • Nomor Telepon. Pastikan nomor telepon yang tertera aktif.
  • Kategori. Pilih kategori bisnis yang sesuai relevan dengan bisnis kamu
  • Atribut. Berikan penjelasan apa saja yang ditawarkan oleh bisnis kamu.
  • Jam Operasional. berikan informasi ke calon konsumen terkait kapan waktu yang tepat untuk menghubungi atau mengunjungi bisnis kamu.
  • Foto. Tampilkan berbagai foto untuk membangun ekspektasi konsumen.

Satu hal lagi terkait local SEO yang juga perlu kamu perhatikan pada Google My Business adalah tentang ulasan konsumen, meskipin hal ini terdengar sederhana, tapi ternyata 82% konsumen mengacu pada ulasan atau komen saat mencari informasi bisnis lokal. Disamping itu juag ulasan merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap local SEO.

Disamping sebagai media interaksi dengan pelanggan, kolom ulasan juga menampilkan rating yang dijadikan sebagai bahan pertimbangan oleh calon konsumen lain untuk mengambil keputusan membeli atau tidak. Jika kolom ulasan berisi komen yang positif maka bisa menjadi media WOM (word of mouth) atau media pemasaran dari mulut ke mulut. 

Guna mendapatkan respon dan membangun image bisns kamu tetap positif dima pelanggan maka usakan respon yang cepat, ramah, dan bermanfaat bagi para calon konsumen kamu. ketika mereka mengulas bisnis kamu.

Nah itulah 10 faktor penting SEO yang bisa kamu kerjakan untuk bisa memenangkan persaingan SEO di mesin pencarian Google. Dengan mengetahui faktor-faktor penting dalam SEO kamu akan mudah menentukan keputusan dan tindakan apa yang tepat dalam mengembangkan bisnis kamu kedepanya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu yang akan menerapkan strategi bisnis dengan menjalan strategi SEO. 

Tidak ada komentar untuk "Faktor Penting Pada SEO"