Membangun Brand Universitas Melalui Sosial Media


Meningkatkan jumlah mahasiswa baru melalui sosial media

Membangun Brand Universitas Melalui Sosial Media - Setiap Universitas atau perguruan tinggi tentu ingin citra dan nama institusinya memiliki penilaian positif di mata masyarakat sehingga akan mempu meningkatkan jumlah peserta didiknya dari tahun ke tahun. Sosial Media merupakan salah satu cara untuk menciptakan itu dan bisa menarik lebih banyak mahasiswa, meng-engage mahasiswa, meningkatkan donasi scholarship atau membangun hubungan bagi para alumninya.    

Calon Mahasiswa sebagian besar menggunakan sosial media untuk membantu membimbing mereka dalam menentukan keputusan kuliah mereka, sehingga memiliki strategi sosial media yang kuat sangat penting bagi sebuah Universitas. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh EAB, sekitar 30% dari 9.500 Mahasiswa yang disurvei menemukan website universitas tersebut melalui platform sosial media.

Sosial media tidak hanya membantu Universitas membangun brand dan meningkatkan jumlah calon mahasiswa yang potensial dan benar-benar tertarik untuk belajar di kampus Universitas tersebut, tetapi juga memungkinkan Universitas untuk tetap membangun hubungan dengan calon mahasiswa baik mahasiswa yang aktif saat ini maupun yang sedang tidak aktif dan juga dengan para alumni yang sudah tersebar kemana-kemana.

Strategi sosial media ini akan tepat dilakukan terutama jika setiap konten yang diposting dan dikomunikasikan dari tim sosial media atau digital marketing universitas cocok dengan permasalahan para audiens yang mewakili keresahan mereka secara keseluruhan kemudian universitas mampu menangkap dan meresponya baik secara langsung maupun tidak langsung dengan memanfaatkan konten-konten seperti halnya acara atau kegiatan-kegiatan di kampus.

Pada saat Universitas ingin mengabadikan pengalaman yang diharapkan mahasiswa, orang tua, dan dosen saat mendaftar, belajar, atau bekerja di kampus, tentunya kampus juga harus menyampaikan atau bercerita tentang misi dan visi dari universitas. Namun karena kurangnya kontinuitas postingan maka hal tersebut dapat membuat universitas seolah tidak memiliki visi dan misi yang baik, sehingga terkesan tidak ada yang mau belajar atau mau bekerja di Universitas karena dianggap bingung tentang identitasnya.

Yang seharusnya dilakukan oleh tim digital marketitng dari Universitas adalah dengan mempraktikan atau menjalankan strategi sosial medianya, melalui konten edukatif, informatif, dan interaktif untuk kemudian membagikanya ke kanal sosial media resmi milik Universitas, termasuk juga postingan dan komunikasi pribadi anda. Tidak kalah pentingnya dalam menjalankan strategi ini adalah perlunya menjaga nilai-nilai Universitas sebagai institusi pendidikan. 

Setiap organisasi ataupun institusi baik itu organisasi bisnis, institusi pemerintahan maupun institusi pendidikan pasti memiliki nilai-nilai yang harus dijunjung dan dipertahankan setiap saat, terlebih sebuah Universitas yang notabene adalah perguruan tinggi yang lekat dengan pendidikan, moralitas dan ilmu pengetahuan, tentunya ini akan jauh lebih besar nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Kemudian nilai-nilai apa dari sebuah Universitas yang harus anda ketahui agar strategi Sosial media yang dijalankan sesuai dengan nilai-nilai perguruan Tinggi?

Menentukan nilai Brand Universitas

Seperti halnya organisasi atau institusi apapun, setiap universitas harus bisa mendefinisikan dengan jelas serangkaian nilai-nilai yang dituju. Lanskap pendidikan tinggi sangat kompetitif, jadi universitas harus mampu menggambarkan apa yang membedakan universitas anda dari universitas yang lainnya, ini akan menjadi alat penting untuk meningkatkan angka pendaftaran. Di sinilah branding sebuah perguruan tinggi memainkan peran penting.

Dibutuhkan tim digital marketing yang handal untuk bisa mengelola sosial media yang bisa mengimplementasikan value dari Universitas, Di mulai dengan membentuk dan membangun tim branding dengan melakukan serangkaian strategi kreatif untuk menentukan dan merancang atribut merek univesitas.

Cara efektif agar audien, orang tua, dan calon mahasiswa bisa melibatkan diri mereka (engagement) di sosial media resmi Universitas, pertama-tama yang harus dilakukan oleh tim digital marketing khususnya yang mengelola sosial media adalah dengan melakukan interview atau mewawancarai anggota fakultas, mahasiswa dan alumni. Pada proses observasi tersebut bisa dibantu oleh tim  marketing agar mendapatkan pemahaman mendalam tentang universitas. Untuk materi pertanyaan bisa disesuaikan sebagai berikut:

  • Passion, atau "mengapa"
  • Proposisi nilai unik dari Universitas atau program studi
  • Audiens (persona).
  • Outcome atau kualitas lulusan.
  • Tantangan atau kesalahpahaman.
Tim sosial media bisa mulai menceritakan tentang Universitas dari hasil wawancara dengan pihak-pihak terkait. Posisikan mahasiswa sebagai peran utama dalam cerita tersebut, di sini tim sosial media hanya bertugas memberikan petunjuk, arahan dan menjelaskan kepada mereka bagaimana universitas ini adalah jalan untuk mencapai tujuan mereka. 

Agar program ini bisa berjalan lebih cepat maka kita bisa melibatkan diri lebih dalam lagi dengan membayangkan diri kita sebagai calon mahasiswa. Apa yang ingin kita capai? Apa yang menghalangi kita untuk sampai ke sana? Bagaimana program ini membantu kita? Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan itu maka kita telah menemukan kunci untuk menyusun misi yang menarik dan relevan.

Memilih kanal sosial media yang tepat untuk menjangkau mahassiswa

Langkah pertama anda setelah menentukan pola dasar sebuah brand atau merek nama Universitas Anda dan nilai-nilai terkait didalamnya, langkah berikutnya yang harus anda dan tim kerjakan adalah memeriksa target audiens yang akan disasar oleh Universitas.

Sebagai institusi perguruan tinggi, yang menjadi target audiens dari sebuah Univesitas kemungkinan besar terdiri dari calon mahasiswa, orang tua camaba, dan alumni sebagai kelompok sekunder yang terdekat. Termasuk juga mahasiswa baru yang masuk maupun mahasiswa yang pindahan dari kampus atau universitas lain. Proses mereka dari calon mahasiswa menjadi mahsiswa disebut sebagai customer journey, mereka memiliki prilaku atau kecenderungannya masing-masing saat merespon teknik pemasaran yang kita lakukan.

Contoh, Anda bisa memperhatikan ketika mahasiswa baru yang masuk kecenderunganya seperti apa? jika mereka mengklik tombol "hubungkan dengan kami di Facebook" pada website Universitas Anda, dan itu ternyata lebih banyak dilakukan daripada yang dilakukan oleh calon mahasiswa pindahan, maka Anda bisa mengetahui prilaku audiens anda dan dari situ anda bisa mengarahkan konten Facebook Anda ke siswa sekolah menengah atas dan orang tua mereka.

Jenis konten untuk dirahkan ke target Anda tersebut bisa mencakup apa saja mulai dari video testimoni atau kesaksian Mahasiswa dan acara mahasiswa seperti pensi, kegiatan sosial, donor darah, penggalangan dana bagi korban bencana hingga konten penulisan artikel terkait semua yang perlu mereka (calon mahasiswa) ketahui bagaimana memilih universitas yang ideal untuk mereka.

Tujuan dari tim sosial media membuat konten tersebut diatas, pada dasarnya adalah untuk memprioritaskan serta memposisikan universitas Anda sebagai salah satu kampus yang harus dikunjungi. Upaya semacam ini bisa juga dipersempit lagi dengan hanya menargetkan siswa berdasarkan minat mereka pada jurusan tertentu yang mereka gandrungi, lokasi atau tempat tinggal mereka, dan masih bayak lagi faktor unik lainnya yang bisa Anda pikirkan.

Anda cukup menentukan target audiens anda dan buat persona berdasarkan lokasi dimana orang ini berada di funnel pendaftaran, ketahui konten apa saja yang pernah mereka ikuti secara historis, dan pikirkan konten apa yang bisa Anda berikan untuk memenuhi kebutuhan mereka, dan dari platform sosial media apa mereka dapat ditemukan. Tentunya hal tersebut tidaklah sulit anda lakukan, selama Anda tetap mengacu pada nilai-nilai Universitas yang Anda bangun pada langkah pertama.

Sosial media adalah lanskap yang berkembang dinamis, oleh karenanya ada begitu banyak platform sosial media di luar sana, Anda memiliki banyak pilihan untuk berinteraksi dan menjangkau calon mahasiswa dengan memilih dan menggunakan platform sosial media mana yang menjadi komunitas terbesar bagi mereka berkumpul.

Saat ini LinkedIn dan Facebook adalah platform yang bagus untuk membangun jaringan profesional dengan mahasiswa dan alumni untuk membentuk pemikiran kepemimpinan. Anda bisa menyesuaikan posting LinkedIn Anda untuk persona yang berorientasi pada karir, atau orang yang ingin mengeksplor lebih dalam ke Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Fakultas, Prodi dan Tren Industri yang sedang menjadi pembicaraan hangat. Berikut adalah contoh postingan akun LinkedIn dari Universitas Gadjah Mada:


Di sisi lain, platform sosial media yang menekankan sisi visual seperti Instagram dan TikTok adalah platform yang efektif untuk membangun brand sebuah universitas dengan penyajian grafis dan video menarik yang bisa digunakan untuk menampilkan profil universitas anda, sehingga platform ini bisa menjadi opsi utama untuk menggaet calon mahasiswa yang memiliki kecenderungan akan realitas fisik dari Universitas yang sedang mereka cari.

Satu lagi platform sosial media yang bisa digunakaan untuk memviralkan berita atau info seputar kampus adalah Twitter. Platform ini sangat tepat digunakan karena memungkinkan konten anda bisa lebih cepat viral, dan juga menjadi tempat yang tepat untuk mempromosikan acara universitas dan update berita terbaru seputar dunia kampus, berbagi berita khusus terkait industri yang sedang tren, dan bisa melibatkan dengan pihak fakultas dan alumni melalui cara yang sederhana.

Sebenarnya apapun platform sosial media yang akan anda gunakan untuk membangun brand universitas dan mempromosikan program-program kampus, jangaan dijadikan hal mendasar untuk dijadikan prioritas dalam memilih platform mana yang akan Anda pilih untuk digunakan sebagai sarana menyampaikan pesan kepada audiens anda. Apapun itu platform yang anda gunakan pastikan Anda sudah melakukan riset.

Sangat penting sekali untuk mengetahui jenis persona apa dari audiens anda kenapa lebih memilih platform tersebut untuk berinteraksi? dari situ anda bisa membuat konten khusus untuk persona tersebut. Disamping itu anda juga harus bisa untuk memikirkan di mana calon mahasiswa itu berada dan bagaimana strategi sosial media yang Anda terapkan dapat membimbing mereka sehingga pada akhirnya mereka memutusakan untuk melakukan pendaftaran.

Konten Terbaik untuk Branding Universitas

Di antara banyak jenis konten yang berbeda, ada sebagian yang menganggap penggunaan media berbayar adalah cara yang tepat utuk mendapatkan hasil yang lebihh baik, namun tidak sedikit para digital marketing yang berpendapat bahwa cara organik juga bisa menghasilkan kinerja yang lebih baik dan low budget. Kedua pendapat tersebut tidak ada yang salah, karena pada akhirnya, tujuan anda untuk setiap konten adalah untuk membantu Anda menentukan kinerja.

Jenis konten sosial untuk dibagikan di media berbayar

Untuk melakukan kampanye paid traffic media berbayar pada sosial media baik itu facebook, instagram maupun TikTok. Anda bisa memulainya dengan melihat jenis konten mana yang memiliki kecenderungan atau berpotensi konten tersebut bisa viral. Keunggulan konten berbayar tentunya adalah konten anda cepat tersebar di Sosial media, dengan target audiens yang bisa kita kendalikan 

Konten pendaftaran untuk calon Mahasiswa

Di dunia digital seperti sekarang ini, sosial media kita akan selalu disuguhkan oleh banyaknya iklan-iklan yang berseliweran setiap hari. Nah iklan-iklan tersebut tentunya bukan tidak ada tujuan dari sipembuat iklan, mereka memilih mengiklankan konten tersebut tentunya agar konten mereka bisa menonjol. Anda pun bisa memilih platform berbayar untuk menjangkau calon mahasiswa yang ditarget dan menarik minat mereka pada profil universitas maupun pada program studi yang dinginkan.

Jika anda ingin melakuan hal ini, berarti konten yang anda buat merupakan konten umum yang mengedapkan atau mengandung nilai dan ciri unik dari Universitas Anda dan konten yang mengandung program khusus untuk ditawarkan ke target audiens anda. 

Melalui konten ini, anda bisa menggunakan gambar atau foto mereka sebanyak mungkin yang sudah menjadi mahasiswa di Universitas anda. Tunjukan foto-foto mereka saat berkegiatan dikampus, berinteraksi dan berkolaborasi dengan mahasiswa lain atau memberikan presentasi. Pastikan untuk mengoptimalkan setiap gambar pada penempatan yang ditentukan.

Demikian juga, jika Anda ingin mengoptimalkan duplikasi iklan, pastikan agar konten tersebut bisa mendapatkan view dan klik sebanyak mungkin. Gunakan salinan yang ringkas dan berdampak untuk menarik perhatian audiens anda, menimbulkan rasa penasaran dan membuat mereka ingin mempelajari lebih lanjut. Pastikan juga untuk menyertakan tenggat waktu atau deadline pendaftaran untuk menciptakan rasa urgensi dan ajakan bertindak  (call to action) yang kuat.

Jangan hanya mempromosikan program Anda

Pada umumnya promosi Univesitas akan menawarkan peluang yang tersedia bagi mahasiswa setelah lulus dari program studi yang mereka ambil di Universitas anda, seperti peningkatan karier, peningkatan potensi penghasilan, dan kemampuan baik soft-skill maupun hard-skill untuk membuat perbedaan dalam industri mereka nantinya.

Anda boleh saja menggunakan promosi dengan wording seperti tersebut diatas, namun anda juga bisa menggunakan konten dengan wording atau caption lain untuk mempromosikan program seperti; beasiswa yang tersedia di universitas anda, kerjasama dengan asosiasi profesi atau lembaga yang bereputasi, angka atau tingkat kelulusan mahasiswa, tingkat penempatan kerja lulusan universitas anda dan success story alumni. Anda bisa melakukan ini sebagai cara untuk bisa mendominasi pada industri pendidikan yang kompetitif agar mendapatkan perhatian dari calon Mahasiswa.

Membangun citra dengan sosial media

Penggalangan dana dan berita seputar alumni

Upaya untuk meningkatkan keterlibatan, engagement di antara alumni bisa saja menjadi tugas yang cukup sulit, terutama jika Anda ingin membuat program donasi dengan mengumpulkan dana untuk program sosial yang digagas oleh universitas. Tetapi kesulitan Anda bisa teratasi jika Anda menggunakan kampanye media berbayar untuk secara khusus menargetkan grup atau kelompok alumni. Anda bisa menyesuaikan pesan yang ingin anda sampaikan dan mengumpulkan minat yang kuat untuk mendonasikan uang ke almamater mereka.

Even / Acara

Menggunakan paid traffic merupakan cara yang bagus untuk mempromosikan pendaftaran mahasiswa,  webinar, atau acara-acara lain di kampus dengan memanfaatkan strategi seperti iklan Facebook maupun Instagram, Google Ads untuk iklan Penelusuran dan LinkedIn InMail. Untuk melakukannya dengan benar, sangat di sarankan Anda sudah memiliki landing page untuk menampung data pendaftaran secara online di website universitas Anda. Fungsi website itu sendiri adalah untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang acara tersebut, anda juga bisa menambahkan piksel Facebook ke halaman pendaftaran untuk retargeting audiens.

Video

Untuk saat ini konten yang berformat Video merupakan konten yang sangat diminati oleh audiens, sama halnya dengan kampanye media berbayar. Dari Facebook hingga iklan YouTube, video adalah media yang power-full dan ampuh untuk menarik perhatian audiens Anda, menjadikannya alat penting untuk beriklan kepada calon mahasiswa. Dalam pembuatan materi konten video sangat direkomendasikan agar menggunanakan video yang benar-benar diperankan oleh mahasiswa dan alumni saat membagikan pengalaman dan kesaksian mereka sendiri, terutama untuk program online.

Jenis konten sosial media organik

Konten sosial media organik merupakan jenis konten yang dipengaruhi berdasarkan minat audiens terhadap isi konten kita secara natural tanpa harus kita membayar ke platform untuk mentayangkan konten kita sesuai budget atau anggaran seperti halnya traffic paid. Kelebihan atau keuggulan konten yang berjalan secara organik adalah keterlibatan audiennya benar benar real, disamping itu tentunya juga menghemat budget anggaran pemasaran.

Kepemimpinan pikiran

Agar Anda bisa mendominasi pada industri pendidikan tinggi yang semakin kompetitif ini, Anda harus bisa menetapkan salah satu staff anggota pada fakultas dan program studi yang ada di Universitas anda sebagai pemimpin pemikiran yang kredibel di bidangnya masing-masing. Melakukan penilian dan mempertimbangkan hasil penelitian dari mereka sebagai penggerak pemikiran sangatlah penting. Ini dilakukan untuk menarik SDM yang berkualitas agar bisa bergabung di Universitas anda dan membawa nama universitas agar tetap berada di garis depan dengan melakukan inovasi di industri ini.

Konten untuk Calon Mahasiswa

Calon Mahasiswa akan selalu mencari informasi ter-up-to-date untuk mendapatkan informasi terkait dengan bidang yang mereka inginkan. Untuk menarik mereka, Anda harus bisa meyakinkan mereka terkait prospek karir untuk bidang tertentu, serta menjelaskan bagaimana program yang Anda tawarkan bisa memberi keterampilan yang mereka butuhkan untuk mencapai tujuan karir mereka di dunia kerja yang sesuai dengan passionya.

Agar konten informatif ini bisa lebih banyak lagi mendapatkan klik, cobalah membuat konten ini dengan berbagai format. Mungkin anda bisa membuatnya dalam sebuah infografis, blog, dan panduan yang menarik untuk bagaimana bisa mencapai prospek karier, topik industri yang sedang tren, dan masih banyak lagi. 

Setelah Anda membuat infografis, misalnya, Anda kemudian bisa membagikannya di sosial media untuk membantu membangun kesadaran merek (brand awareness) dari universitas dan program studinya serta memposisikan dan menjadikan universitas anda sebagai pemimpin pemikiran dalam industri seperti apa yang tercantum pada topik infografis.

Even & Kegiatan Universitas

Anda bisa melakukan strategi sosial media organik dengan membuat postingan yang mempromosikan acara universitas Anda dengan membuat tagar yang mencantumkan merek atau nama universitas Anda agar dapat digunakan oleh mahasiswa dan fakultas. Setelah anda melakukannya, buatlah halaman atau fanpage di Facebook, buat konten acara di fanpage dan sertakan hashtag di undangan tersebut, pastikan untuk menampilkannya juga di alat promosi lain yang Anda gunakan untuk acara tersebut.

Dengan hashtag ini, Anda bisa terlibat dengan peserta lain secara real time selama berlangsungnya acara di berbagai platform sosial. Anda juga bisa melakukan obrolan online setelah selesai acara dan bisa menindaklanjuti calon mahasiswa untuk memberikan masukan, menjawab pertanyaan, dan memberikan ucapan terima kasih kepada para tamu yang telah menghadiri acara. Kemudian, untuk poin tambahan, bagikan konten buatan pengguna (UGC - user generated content) apa pun dari acara tersebut di fanpage universitas Anda!.

Konten buatan pengguna (UGC) dan influencer mahasiswa

User Generated Content adalah konten yang kita bagikan pada postingan sosial media kita yang bersumber dari konten asli pihak pertama dalam hal ini pihak yang betul-betul terlibat didalam organisasi kita. Melalui User Generated Content Anda bisa memanfaatkannya dengan membagikannya secara teratur di kanal sosial media resmi milik universitas anda. 

Sebelum memutuskan untuk bergabung kuliah di Univeritas yang anda pasarkan, calon mahasiswa tentu akan melihat konten asli dari orang-orang yang paling mengenal universitas Anda atau yang sudah pernah terlibat langsung didalamnya, karena mereka telah mengalaminya langsung. Cara yang bagus untuk meningkatkan keterlibatan dan jangkauan di sosial media anda adalah dengan mengizinkan mahasiswa dan alumni yang ada untuk terlibat dengan media sosial Anda sehingga mereka bisa bercerita secara real dalam berbagi pengalaman mereka di kampus.

Cara yang cukup efektif untuk membangun komunitas adalah dengan membuat tagar untuk acara atau program kegiatan di Universitas Anda. Anda juga bisa berkolaborasi dengan mahasiswa yang aktif untuk mengelola akun Sosial media resmi milik universitas agar mereka bisa memberikan pandangan yang beragam tentang pengalaman menjadi mahasiswa. Atau anda juga bisa menunjuk atau menetapkan salah seorang mahasiswa yang aktif di sosial media sebagai “duta media sosial” yang dapat berperan sebagai selayaknya University Advocat.

Content UGC

Konten Video

Konten dalam format video merupakan platform yang memiliki  kinerja sangat baik di semua platform sosial media. Melalui konten video Anda bisa menyampaikan pesan dengan ilustratrif dan bisa memberikan banyak kesempatan untuk story telling tentang universitas Anda. Konten dengan format seperti ini juga bisa dengan mudah mengemasnya secara menarik dan menyenangkan.

Anda dapat memposting konten video untuk mempromosikan pagelaran acara, berbagi informasi kampus, informasi hasil penelitian penting, informasi perubahan departemen, pameran kampus, informasi detail program-program kampus, mewawancarai mahasiswa dan fakultas, serta kegiatan-kegiatan atau event yang lainnya.

Pilihan lainnya adalah memposting konten video yang bersifat Evergreen seperti tips belajar efektif, alat manajemen waktu, manfaat mendapatkan gelar akademik tertentu, sejarah universitas, testimonial, dan video tur kampus virtual. Anda bisa memanfaatkan Video Library Facebook Anda untuk menyimpan file video ini atau membuat Chanel resmi Youtube Universitas.

Merencanakan strategi sosial media Anda

Setelah saya menjelaskan berbagai opsi yang bisa anda lakukan untuk mengembangkan konten anda agar bisa membangkitkan minat mereka untuk belajar atau kuliah di universitas Anda, sekarang saatnya anda untuk memetakan strategi media sosial anda. Yang perlu anda ingat adalah bahwa strategi ini harus selaras dengan tujuan universitas anda. 

Misalnya, jika Anda ingin meningkatkan minat audiens anda untuk melakukan call to action pendaftaran, maka yang harus anda lakukan adalah memposting lebih banyak konten yang berfokus pada topik seperti tenggat waktu pendaftaran, informasi bantuan keuangan, dan persyaratan pendaftaran.

Selanjutnya, anda bisa menjawab sendiri pertanyaan berikut ini: 

  1. Siapa target audiens Anda? Konten apa yang ingin mereka lihat?
  2. Apa tujuan dari strategi sosial media anda? Bagaimana mereka menyelaraskannya dengan tujuan universitas/bisnis Anda?
  3. Bagaimana keterlibatan (engagement) target audiens Anda terhadap strategi sosial media yang anda lakukan? Apa yang dilakukan kompetitor Anda untuk meng-engage audiens yang sejenis?
  4. Platform dan alat apa yang akan Anda gunakan untuk memposting dan melacak konten?
  5. KPI (Key Performance Index) mana yang akan Anda gunakan untuk melacak dan mengukur kinerja sosial media Anda?

Agar strategi sosial media yang kita lakukan bisa berjalan dengan baik, bekerja secara efektif, cepat dan menghemat anggaran serta bisa menciptakan konsistensi dalam memproduksi konten-konten yang berkualitas adalah dengan melakukan Scheduling atau penjadwalan konten. Dengan membuat penjadwalan konten maka akan bisa meningkatkan engagement sosial media Anda. 

Anda bisa menggunakan bantuan platform atau alat otomatis untuk pembuatan jadwal publikasi konten sosial Anda seperti Sprout Social publishing tool, sehingga audiens anda bisa mengetahui kapan dan seberapa sering konten yang akan anda terbitkan, jika konten yang anda terbitkan memberikan manfaat maka audien tentunya akan terus menunggu dan mengharapkan konten anda selanjutnya.

Mengukur ROI dari strategi sosial media Anda

Mengembangkan dan mempertahankan strategi sosial media yang solid bisa memakan banyak waktu dan anggaran, inilah pentingnya anda membuat pengukuran nilai dan ROI pada kampanye sosial media Anda. Dengan melakukan hal ini maka akan melibatkan metrik pelacakan berdasarkan tujuan bisnis yang spesifik dari sosial media Anda.

Misalnya, jika tujuan Anda adalah untuk meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) untuk program studi pada universitas Anda, maka anda membutuhkan data informasi yang bisa melacak tingkat pertumbuhan audiens atau pemirsa, tayangan, lalu lintas, dan jangkauan. Namun, jika tujuan Anda adalah untuk membangun komunitas yang terlibat dengan mahasiswa dan alumni, maka yang anda butuhkan adalah informasi untuk melacak tingkat keterlibatan postingan, penyebutan akun, dan tingkat pertumbuhan pemirsa.

Semakin banyak data dan informasi yang Anda dapatkan, maka akan semakin baik, karena pada intinya pihak pemangku kepentingan hanya akan melihat berapa banyak pengembalian uang yang mereka dan universitas dapatkan dari investasi mereka di sosial media. Jika nantinya Anda dapat menunjukkan pengembalian investasi yang signifikan, tentunya mereka akan lebih mendukung lagi agar anda bisa meningkatkan strategi pemasaran melalui platform sosial media.

Itulah penjelasan yang mungkin bisa dijadikan manfaat bagi perguruan tinggi kampus untuk menerapkan Sosial media sebagai salah satu strategi pemasaran digital. Tentunya jika Anda memiliki ide dan pandangan lain dari strategi sosial media, silahkan anda bisa menambahkan atau mengoreksinya pada kolom komentar dibawah ini.   

Tidak ada komentar untuk "Membangun Brand Universitas Melalui Sosial Media"