Strategi Membangun Media Sosial Yang Tepat


Media Sosial atau Sosmed merupakan revolusi dari sistem interaksi sosial di era digital sekarang ini yang bisa menjadi salah satu sarana komunikasi pemasaran yang baik. Dunia pemasaran menangkap ini sebagai peluang besar untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnisnya. Efektivitas dan efisiensi dari media sosial ini dipadukan dengan strategi marketing mampu menjadi media komunikasi yang handal dan powerfull sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan pesan kepada target apa yang ingin dicapai dari tujuan penggunaan media sosial ini.

Dalam kurun waktu 10 tahun ini seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, dunia sudah memasuki babak baru perubahan tatanan kehidupan di segala aspek dan perubahan itu dinamakan dengan era disrupsi (Distruptive) dimana digitalisasi sistem merupakan hal mutlak yang harus dijalankan oleh perusahaan, sebuah era modern dimana sistem lama sudah tidak bisa lagi diandalkan untuk menghadapi persaingan era digital.

Media sosial merupakan bagian dari sistem yang sedang berjalan saat ini, sehingga perusahaan yang ingin berkembang dan tetap bertahan dituntut untuk mampu menyesuaikan dan mengkondisikan lingkungan bisnis melalui penggunaan dan pemanfaatan media sosial ini. Namun demikian penyesuaian-penyesuaian bagi perusahaan yang beru menerapkan sistem pemasaran dengan menggunakan Media sosial ini akan sedikit mengalami kesulitan. 

Langkah dan Strategi Membangun Media Sosial

Langkah-langkah dan strategi yang tepat dalam menerapkan Media Sosial dapat menentukan keberhasilan pemasaran perusahaan, mampu menyampaikan pesan yang efektif dan efisien, mampu meningkatkan brand perusahaan dan pada akhirnya berhasil meningkatkan pendapatan perusahaan. berikut langkah dan strategi Media Sosial agar bisa bersaing dengan para kompetitor.

#1. Mengetahui Tujuan Penggunaan Media Sosial

Sebelum menerapkan media sosial mareketing langkah pertana yang harus anda perhatikan adalah ketahui tujuan kampanye marketing yang anda lakukan di media sosial. Anda harus menentukan apakah ingin membangun brand awareness untuk sekedar memberikan informasi atau mengenalkan produk anda saja?,  Apakah untuk meningkatkan traffic ke website anda? Apakah untuk meningkatkan sales penjualan? Apakah membangun loyalitas dengan pelanggan anda? dari tujuan anda, itulah yang akan menentukan langkah apa yang berikutnya akan diambil.

Media sosial memiliki banyak jenis tujuan marketing yang bisa anda terapkan dan gunakan, untuk itulah dengan mengetahui tujuan yang jelas maka dengan mudah pula anda akan menemukan strategi apa saja yang bisa anda terapkan dalam tujuan pemasaran anda. Tujuan yang hendak anda capai juga  harus terukur agar mudah dilakukan analisa stategi yang anda ambil. Ukuran yang dimaksud dalam hal ini adalah terukur dari segi waktu dan hasil, dengan dmikian anda bisa mengetahui hasil pencapaian yang sudah anda lakukan.

#2. Memahami Karakteristik Pelanggan Anda

Jagat dunia maya sangat luas cakupanya, banyak ragam dan karakteristik pengguna sosial media dari segi usia, gender, demografi, latar belakang pendidikan dan ketertarikan, untuk itu setelah mengetahui tujuan marketing anda dengan jelas langkah selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah kenali karakter pelanggan/audiens anda. Semakin spesifik karakter audiens anda maka akan semakin baik. Dengan demikian anda bisa menarget orang atau calon pelanggan yang tepat untuk memasarkan produk perusahaan anda. Buatlah data perincian calon pelanggan atau audiens anda dari segi kegemaran, usia, minat dan lainnya.

#3. Pelajari dan Awasi Strategi Kompetitor Anda

Persaingan usaha dalam dunia bisnis tidak bisa ditolak, namun bisa anda hadapi dengan strategi yang anda terapkan, kompetitor merupakan pesaing yang menjual produk sejenis atau mereka yang menargetkan audiens yang sama dengan anda, dan jangan jadikan pesaing anda sebagai ancaman bisnis anda, justru seharusnya anda sadar bahwa dengan adanya persaingan anda menjadi bersemangat untuk mengembangkan strategi-strategi baru, bahkan anda bisa belajar dari kesalahan kompetitor anda, anda bisa belajar dari kiat-kiat sukses mereka, anda bisa pelajari setiap detail aktivitas media sosial mereka, dll.

#4. Pilih Media Sosial Yang Sesuai Dengan Bisnis Anda

Platform media sosial sangat banyak akan tetapi tidak semua media social sesuai untuk anda terapkan di bisnis anda. Pilihlah platform media sosial yang tepat untuk mengembangkan usaha bisnis anda. Anda juga harus bisa mengidentifikasi apakah media social tersebut dapat mencapai target audiens anda atau tidak. Dalam menerapkan strategi media sosial untuk pemasaran anda sebaiknya anda fokus untuk menggunakan satu atau dua platform media sosial saja. Karena jika anda menggunakan lebih dari dua media social dikhawatirkan anda akan kewalahan menanganinya, terlebih jika perusahaan anda masih dalam skala kecil menengah lain hal jika brand perusahaan anda sudah sangat terkenal.

#5. Membuat Perencanaan Konten Marketing

Setiap kegiatan bisnis perlu adanya perencanaan termasuk perencanaan strategi pemasaran. Langkah terakhir dalam strategi membangun media sosial yang tepat adalah melakukan dan mengembangkan rencana konten dengan baik agar dapat menyampaikan materi dengan menarik. Buatlah konten yang menarik, tidak membosankan dan tidak monoton. Konten yang akan anda buat bisa berupa video pendek atau ulasan apa saja. Jadi tidak harus selalu berupa artikel teks dan gambar saja. Kreatiflah dalam membuat konten anda bisa menyisipkan meme yang menarik dan lucu agar tidak membosankan. Anda juga bisa membuat konten yang mengandung unsur edukatif, motivasi dan semanngat.

Demikianlah strategi dan langkah-langkah dalam membangun Pemasaran Media Sosial yang tepat yang mungkin bisa anda jadikan referensi bagi anda dalam membangun dan mengembangkan bisnis usaha anda. Semoga langkah dan usaha anda dalam membangun bisnis bisa tercapai target dan berhasil meningkatkan omset penjualan anda. 

Tidak ada komentar untuk "Strategi Membangun Media Sosial Yang Tepat"