7 Sosial Media Terbesar Tahun 2020


Keberadaan platform media sosial sekarang ini sudah tidak bisa lagi dipisahkan dari masyarakat modern bahkan sosial media sudah menjadi bagian dari kehidupan sehar-hari. Perubahan pola dan sistem komunikasi sudah berubah sejak hadirnya platform ini. Terdapat lebih dari satu platform sosial media yang ada di Internet.

Berikut mari kita lihat tujuh platform media sosial terbesar saat ini: Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram, Snapchat, Pinterest, dan Reddit. pada prinsipnya masing-masing platform media sosial diciptakan untuk tujuan dan aktifitas tertentu bagi para penggunanaya

Meskipun ada salah satu brand yang mungkin menggunakan instagram sebagaai salah satu sosial media marketingnya, dan berhasil dengan mulus, belum tentu juga brand lain menggunakan platform yang sama akan bisa berjalan dengan baik juga, mungkin brand lain justru lebih berhasil menggunakan Facebook, Twitter, LinkId dan sosial media lainya.

Oleh karena itu anda harus bisa menentukan pilihan sosial media yang sesuai dengan perusahaan atau bisnis anda agar anda tepat membuat perencanaan belanja iklan untuk mendongkrak profit perusahaan. Langkah terbaik adalah memiliki setidaknya satu platform utama sosial media yang dapat diandalkan.

Kita akan melihat masing-masing dari tujuh platform media sosial utama seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram, Snapchat, Pinterest, dan Reddit: 

#1. Facebook 

Sosial media yang satu ini bisa dikatakan sebagai raksasanya sosial media, karena tingkat penggunanya yang sudah mencapai 2 milyar lebih pengguna aktif. Facebook berdiri pada tahun 2004 yang berkantor pusat di  Menlo Park, CA diperkirakan memiliki pengguna aktif bulanan sebanyak dua setengah milyar akun.

Beberapa industri terkemuka menggunakan Facebook untuk mendukung bisnisnya termasuk jasa keuangan, e-commerce, ritel, game, hiburan, media, telekomunikasi, teknologi, barang konsumsi, dan bisnis otomotif.

Melalui pemanfaatan sosial media yang satu ini kita bisa memungkinkan untuk membuat grup, menggunakan chatbot Facebook Messenger, atau menggunakan video langsung untuk meningkatkan keterlibatan Anda (Engagement).

#2. Twitter

Twitter berkantor pusat di San Francisco, CA, berdiri pada tahun 2006 dengan perkiraan pengguna aktif sebanyak 330 juta yang tesebar diseluruh dunia, Sosial media yang satu ini memang berbeda dengan facebook dari segi tampilan dan fungsionalitasnya, twitter memiliki pembatasan karakter dalam postinganya atau twitt. 

Twitter memungkinkan untuk menciptakan kejadian yang viral dalam waktu yang singkat, sehingga sosial media ini sangat cocok untuk jenis usaha yang anda kelola di bidang; hiburan, olah raga, pemasaran atau konsultan politik. Dengan twitter anda akan mendapatkan engagment yang luar biasa.

#3. LinkedIn

LinkedId terkenal sebagai situ jejaring sosial professional yang sudah memiliki pengguna aktif bulanan sebanyak 310 juta aku, berdiri tahun 2003 yang berkantor pusat di Mountain View, CA. Melalui jaringan profesional yang besar ini, anda akan menemukan lebih dari 61 juta profesi pekerjaan professional untuk posisi Senior di LinkedIn.

Jika Anda sedang mencari platform sosial media pengambil keputusan (Decision Maker) yang memiliki kekuatan untuk mempekerjakan perusahaan Anda, saham produk Anda, atau bermitra dengan Anda, LinkedIn adalah platform media sosial yang tepat.

Pengguna sosial media ini merupakan kalangan professional yang memiliki tingkat penghasilan atau pendapatan sebesar 44% diatas rata-rata pendapatan nasional, dan 50% pengguna merupakan kalangan dengan tingkat pendidikan yang tinggi.

Di Indonesia LinkedIn ini mungkin bukan situs jejaring sosial atau sosial media yang populer dan kalah pamor jika dibandingkan dengan situs sosial media lain seperti Facebook dan Twitter, tetapi sosial media ini memiliki potensi tak terbatas untuk bbisa terhubung dengan sekelompok profesional elit yang dapat membuat bisnis anda berbeda dengan yang lain.

#4. Instagram

Perkembangan instragram di Indonesia cukup signifikan, sosial media ini menempati urutan kedua setelah Facebook, fitur berbagi foto dan infografis yang ditawarkan oleh IG menjadikan banyak minat oleh pengguna sosial media khususnya di Indonesia. Sosial media ini diluncurkan pada tahun 2010 dan berkantor pusat di Melo Park, sampai saat ini lebih dari 1 milyar pengguna aktif menggunakan sosial media ini.

Sejak memperkenalkan shoppable Posts tahun 2018 lalu, potensi ROI untuk produk berbasis bisnis meningkat lebih tinggi dari sebelumnya. Bukan hanya B2B yang terhubung kekhalayak luas, namun mereka bisa menghubungkan informasi produk dan memungkinkan melakukan penjualan langsung dari gram mereka. Jika target demografis Anda di bawah usia 35 tahun, maka Instagram adalah tambang emas anda karena 63% dari pengguna adalah antara usia 18 sampai 34, dengan hampir merata antara pengguna pria dan wanita.

#6. Pinterest

Merupakan Sosial media yang memiliki konsep berbagi papan pin virtual yang memungkinkan pengguna mengoleksi foto atau gambar apa pun yang disukai dari website mana pun, untuk kemudian dibagikan kepada penggguna lain. Diidirikan tahun 2010 di San Francisco, Amerika memiliki Pengguna aktif bulanan: 322 juta. 

Konten yang paling populer di Pinterest termasuk diantaranya adalah fashion, makanan, dekorasi, pernikahan latihan dan PIN yang berhubungan dengan DIY. dan apapun gambar yang memiliki visual yang bagu. Hampir 81% pengguna Pinterest adalah wanita-jika Anda memiliki audiens yang didominasi perempuan, maka ini adalah alasan yang kuat untuk menginvestasikan waktu untuk  pemasaran media sosial di Pinterest.

#7. Reddit 

Reddit memiliki perpaduan unik antara konten dan komunitas, dengan lebih dari 150.000 komunitas yang didedikasikan untuk setiap topik yang khusus. Dengan banyaknya ceruk atau segmen yang ada maka memungkinkan merek atau brand untuk dipasarkan.

Reddit didirikan tahun 2005 yang berkantor pusat di San Francisco, CA dengan pengguna aktif bulanan sebanyak 30.000.000. Berdasarkan peringkat alexa reddit masuk kedalam Top 20 besar kunjungan website. Reddit menyatakan dirinya sebagai “halaman depan internet."  

Itulah ke 7 sosial media terbesar di tahun 2020 yang populer, di Indonesia sendiri tidak semua sosial media tersebut dikenal, bahkan mungkin ada yang belum dikenal karena sosial media di Indonesia sudah dikuasai oleh Facebook diurutan pertama, Facebook di Indonesia sangat populer karena penggunanya dari bebagai kalangan dan berbagai usia, disamping karena perilaku masyarakat indonesia yang mungkin masih ingin tampil narsis dan dikenal.

Tidak ada komentar untuk "7 Sosial Media Terbesar Tahun 2020"

Berlangganan via Email