3 Cara Menghasilkan Uang Dari Facebook Dengan Konten Video

Cara Menghasilkan Uang Dari Video Facebook

Ada kabar bahagia bagi para pembuat konten (content creator) yang suka membuat video pendek, pasalnya saat ini facebook telah meluncurkan cara untuk memonetisasi video pendek tersebut sehingga anda sebagai seorang Content Creator berpotensi untuk mendapatkan penghasilan dari Facebook. Facebook terus berkomitmen untuk membantu komunitas yang menggunakan layanannya agar mereka bisa mendapatkan penghasilan dan bisa berkembang, untuk itulah Facebook menyediakan dukungan dengan melakukan perubahan sistem monetisasi video Facebook meliputi:

  • Peluang Mendapatkan Penghasilan dari Video Pendek: Facebook memberikan peluang untuk Content Creator medapatkan penghasilan dengan memonetisasi semua jenis video pendeknya dan menguji iklan stiker di Stories.
  • Membuka Monetisasi lebih banyak lagi bagi para Pembuat Konten: Facebook telah melakukan update terkait kelayakan iklan video sela (in-stream) sehingga akan lebih banyak para pembuat video untuk dapat mengakses program, membuka akses ke iklan in-stream untuk tayangan live dan memperluas acara online berbayar (paid event online) dan langganan penggemar ke lebih banyak negara.
  • Mempercepat dukungan penggemar: Melalui update sistem monetisasi ini facebook mempermudah pembuat konten untuk mendapatkan akses ke dukungan penggemar (fan) sambil meningkatkan adopsi konsumen dengan cara pemberian hadiah bintang gratis untuk pemirsa.

Update perubahan tersebut diatas dapat memberikan peluang berkreatifitas lebih luas lagi bagi seorang pembuat konten (Content Creator) untuk mendapatkan penghasilan dari konten video yang difasilitasi oleh Facebook. Berikut 3 cara menghasilkan uang dari facebook dengan pembuatan konten video: 

#1. Menghasilkan Uang Dengan Membuat Banyak Video

Halaman Facebook anda sekarang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan uang dari video video pendek yang anda buat minimal dalam durasi tayang selama satu menit. Facebook memberikan kesempatan ini bagi para pembuat konten (contet creator) untuk memaksimalkan halaman facebooknya agar dilewati iklan 30 detik yang menurut Facebook "mengganggu minimal".

Namun demikian bagi para content creator yang menggunakan chanel ini, untuk bisa memperoleh pendapatan dari video yang dipublikasikan ke Facebook hanya berlaku untuk halaman yang memenuhi syarat dan serangkaian kriteria tertentu, diantaranya adalah: 

Kelayakan Untuk Mendapatkan Iklan In-Stream (Skipable)

Mungkin anda sering melihat konten pada video youtube, nah pada saat berbarengan akan muncul di pojok kanan bawah ada indikator count down atau informasi bahwa beberapa detik lagi akan ada tayangan iklan yang muncul, dan setelah iklan itu muncul maka ada tombol skip iklan, itulah yang dinamakan Iklan Sela atau in-stream.

Jadi iklan in-stream adalah jenis iklan video yang bisa diskip (Skipable) oleh viewernya sehingga memungkinkan viewer untuk memilih mau lanjut melihat atau tidak. Iklan sela mengacu pada iklan yang ditampilkan sebelum atau selama video ditayangkan, dan untuk memenuhi syarat iklan in-stream ini, halaman facebook harus  memiliki: 

  • Total video yang dilihat sudah mencapai 600.000 menit dari berbagai jenis tayangan video apa pun yang diupload dalam kurun waktu 60 hari terakhir. Jenis-jenis tayangan video yang di upload bisa video biasa, streaming langsung, dan rekaman streaming langsung.
  • Memiliki 5 atau lebih video aktif atau video life yang di upload sebelumnya. Video harus sudah dipublikasikan, tidak dihapus, dan sesuai dengan kebijakan monetisasi konten dari Facebook.

Jika sebelumnya Facebook mempersyaratkan untuk unggahan video dengan durasi tayang dihitung selama tiga menit agar memenuhi kelayakanya. Namun sekarang Facebook sudah mempertimbangkan para pembuat konten untuk bisa mengunggah konten video yang lebih pendek, untuk jenis streaming langsung, dan rekaman video langsung.

Persyaratan lainnya pembuat konten (content creator) harus menerbitkan video tersebut pada halaman Facebook (Fanpage) dan bukan Facebook profile dengan jumlah follower minimal 10.000 follower yang sudah berusia 18 tahun dan berlokasi di negara yang didukung oleh layanan Facebook, serta halaman mereka harus sudah lulus dan tetap mematuhi kebijakan Monetisasi Mitra Facebook.

Sebelumnya Facebook hanya akan memonetisasi video yang berdurasi minimal 3 menit atau lebih sebagai persyaratannya sehingga nantinya Facebook dapat menyertakan iklan mid-rolls, yang ditampilkan saat video diputar, bukan sebelum video dimulai. Iklan mid-rolls sekarang dapat ditampilkan setelah 45 detik dalam video.

Kelayakan Untuk Mendapatkan Iklan Streaming Langsung

Facebook memiliki persyaratan agar iklan jenis ini layak ditampiilkan dalam sebuah content video, persyaratan tersebut terpisah dengan persyartan kelayakan halaman Facebook agar menarik untuk di memonetisasi streaming langsung (live streaming). Selain memenuhi kriteria dari pada bagian di atas. 

Halaman Facebook anda (Fanpage) harus memenuhi persyaratan lain untuk menjalankan iklan saat ditayangkan yaitu 60.000 menit langsung dilihat dalam kurun waktu 60 hari terakhir. Facebook mencatat bahwa waktu menonton untuk rekaman live stream tidak akan dihitung dalam kriteria kelayakan jenis iklan ini.

Jadi pendapatan anda dari unggahan video pada Fanpage anda akan dibayar dari sebarapa banyak konten video anda dilewati oleh iklan dan sebarapa lama durasi iklan tersebut dilihat, Jadi buatlah konten video yang menarik dan inspiratif sehingga penggemar atau fans anda akan bertambah banyak untuk melihat konten video anda.  

#2. Mendapatkan Penghasilan Langsung dari Viewer Melalui Bintang

Mungkin ada yang bingung, bagaimana caranya mendapat penghasilan langsung dari penggemar dengan dibayar melalui pemberian bintang. Saya coba jelaskan dengan singkat, jadi konsepnya sederhana, anda melakukan live streaming pada halaman Facebook anda (fanpage) kemudian anda membuat suatu acara yang bisa di tonton oleh fans anda.   

Ketika acara live streaming yang anda lakukan tersebut disukai oleh penonton atau penggemar anda karena mereka merasa bahwa acara yang anda kerjakan sangat bermanfaat atau menghibur mereka, maka mereka akan memberikan penghargaan berupa icon bintang. Jika Anda terbiasa dengan 'Bits' Twitch maka Anda akan segera memahami konsep 'Bintang' Facebook.

Bintang disini merupakan bentuk mata uang digital yang dibeli pengguna dengan uang sungguhan dan dikirim ke pembuat konten untuk memberi penghargaan atas konten mereka. Kemudian, Pembuat konten akan mendapatkan bagi hasil dari Bintang yang mereka terima selama streaming, lalu bagaimana cara mencairkanya?. Anda bisa menkonversikan jumlah bintang yang terkumpul dari fans anda untuk dikonversikan ke dalam mata uang pilihan anda melalui jaringan bank yang bekerja sama dengan Facebook

Facebook memberlakukan syarat kelayakan untuk memperoleh bintang (stars) lebih lebih luas lagi yaitu ke 15 negara lainnya. Sampai saat ini (sejak artikel ini ditulis) Facebook terus melakukan uji kemampuan untuk para pembuat konten agar mendapatkan Bintang dari video non-live.

Jika anda sebagai pembuat konten (content creator) anda bisa memeriksa apakah halaman Facebook anda sudah memenuhi syarat atau belum untuk salah satu program monetisasi ini.  Anda bisa melihatnya pada fitur Creator Studio. Halaman Facebook anda juga bisa di daftarkan pada Creator Studio untuk mengikuti program ini.

Jika anda sudah mendaftarkan halaman Facebook anda untuk mengikuti program penayangan video pendek hasil kreasi anda, harap anda bersabar pasalnya dari Facebook akan meninjau dan mereview semua pendaftar atau aplikasi yang masuk secara bertahap. Facebook akan memulai dari tahapan penerimaan yang jumlahnya begitu banyak dengan menyeleksi halaman yang memenuhi kriteria saja.   

#3. Mendapatkan Penghasilan Dari Acara Online Berbayar dan Langganan Penggemar

Pada bulan Agustus 2020, Facebook meluncurkan fitur acara online berbayar (paid online event) dan sejak itu fitur tersebut berkembang pesat, dan memberikan kesempatan bagi pembuat konten dan pebisnis untuk menjadikan fitur ini sebagai pilihan lain yang dapat memberikan manfaat bagi mereka untuk menghasilkan uang di Facebook. 

Fitur acara online berbayar (paid online event) dapat menjadikan halaman Facebook anda sebagai tempat kegiatan acara secara online berbayar, contohnya acara olahraga, kelas memasak, rekaman podcast langsung, tur virtual, tutorial tata rias, dan mash banyak lagi kegiatan yang bisa anda berikan kepada penggemar anda sesuai dengan bidang, minat serta keahlian yang anda miliki.

Sampai saat ini fitur Acara online berbayar dari Facebook ini sudah dapat digunakan di 24 negara, dan Facebook akat terus memperluas fitur ini sampai menjangkau lebih banyak lagi negara tambahan, ke 24 negara yang terjangkau Facebook diantaranya; Austria, Bangladesh, Bolivia, Kolombia, Denmark, Ekuador, Mesir, Guatemala, Hong Kong, Indonesia, Irlandia, Malaysia, Maroko, Selandia Baru, Peru, Portugal, Afrika Selatan, Swiss, Taiwan, Thailand, Filipina, Turki, dan Uni Emirat Arab.

Sementara itu fitur langganan penggemar Facebook juga terus mengalami pertumbuhan yang signifikan dan mampu memberikan sumbangsih dan sumber pendapatan bagi para pembuat konten (content creator) di seluruh dunia, sampai saat ini sudah ada lebih dari 1 juta langganan penggemar aktif untuk pembuat konten di Facebook. 

Itulah 3 cara yang saya kutip langsung dari Newsroom Facebook yang mungkin bisa anda lakukan untuk menambah penghasilan anda dengan menjadi seorang Content Creator melalui uploadan video pendek  hasil kreasi anda ke Halaman Facebook (Fanpage) anda. Jikapun anda belum bisa melakukan ketiga cara tersebut sekaligus, setidaknya anda bisa memilih salah satu diantaranya. 

Saat ini banyak cara untuk dilakukan sebagai bentuk ikhtiar kita dalam menjemput rezeki, salah satunya melalui platform atau chanel sosial media yang bisa anda gunakan. Anda juga bisa menggunakan chanel sosial media Instagram untuk berbisnis online menjual produk hasil kreatifitas anda. 

Tidak ada komentar untuk "3 Cara Menghasilkan Uang Dari Facebook Dengan Konten Video"