Bagaimana Cara Agar Website Bisa Muncul di Halaman 1 Google?

Bagaimana Website Agar Bisa Muncul di Halaman 1 Google

Bagaimana Cara Agar Website Bisa Muncul di Halaman 1 Google? - Siapapun yang memiliki website baik personal maupun perusahaan tentunya mereka semua ingin agar websitenya bisa masuk kehalaman pertama pada mesin pencarian. Kenapa website Anda harus bisa muncul pada halaman pertama mesin pencarian google? Apa sih keuntungan website Anda muncul dihalaman pertama google? 

Website yang muncul pada halaman pertama di mesin pencarian google jauh akan lebih banyak mendapatkan traffic atau kunjungan dari pengguna internet dibandingkan jika website anda berada dihalaman 2 dan seterusnya, hal ini tentunya akan menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda selaku pemilik website untuk menawarkan atau memberikan informasi produk yang dicantumkan pada website Anda, karena berdasarkan penelitian lebih dari 75% pengguna internet hanya akan melihat dan membaca halaman pertama di mesin pencarian untuk informasi yang mereka cari.

Agar website bisa muncul pada halaman pertama mesin pencarian google tentunya ada beberapa teknik yang menjadikan faktor website tersebut bisa menduduki posisi 10 besar di halaman pertama mesin pencarian google. Pada postingan kali ini saya akan mencoba mengulas dan memberikan teknik agar website Anda bisa di ranking oleh mesin pencarian sehingga website Anda bisa Pejwan (baca: page one). Berikut adalah teknik-teknik yang harus Anda lakukan: 

#1. Jadikan Website Anda Lebih Responsive

Website Responsive

Google akan lebih menyukai website yang responsive, artinya website tersebut dapat diakses dengan tampilan yang bisa menyesuaikan pada berbagai perangkat atau device yang digunakan. Saat ini perkembangan Smartphone sudah semakin canggih sehingga aktivitas browsing yang dulu hanya bisa dilakukan di PC atau laptop seiring dengan perkembangan aktivitas dan mobilitas penggunanya maka  pengguna sudah bisa mengakses internet melalui Smartphone atau tablet.

Pada dasarnya smartphone bisa mengakses semua jenis website baik website yang responsive maupun website yang belum responsive. Apa sih perbedaan website responsive dengan website yang belum responsive? Secara konten memang tidak ada masalah artinya konten anda tetap akan dimunculkan. Yang mendasar dari perbedaan responsive dan bukan responsive adalah jenis tampilan pada saat website Anda diakses. 

Jika website Anda responsive maka tampilannya akan menyesuaikan dengan perangkat atau device yang digunakan, misal anda mengaksesnya dengan menggunakan Smartphone atau tablet maka tampilan website anda akan lebih nyaman diaksesnya baik dari segi tampilan, keterbacaan dan interaksi menunya lebih mudah digunakan. Website dengan tampilan responsive umumnya jika diakses dengan perangkat mobile baik smartphone maupun tablet akan lebih banyak menggunakan aktivitas vertical Scrolling.

Sementara untuk tampilan website yang belum responsive, hanya akan nyaman diakses atau dilihat pada saat kita menggunakan laptop atau PC saja, namun jika anda mengakses dengan smartphone atau tablet maka tampilan akan tidak nyaman dibaca, menu susah digunakan, konten pun akan terpotong baik artikel mapun gambar, anda akan banyak menggunakan horizontal scroll ke kanan dan kekiri. Hal ini tentu tidak nyaman jka anda ingin mendapatkan informasi utuh dari sebuah website.

Menyadari hal itu, Google sebagai penyedia mesin pencarian terbesar didunia memasukan kategori website responsive sebagai salah satu faktor untuk website bisa masuk kehalaman pertama di mesin pencarian, sehingga google akan lebih memprioritaskan website yang mobile friendly.

Bagaimana cara agar website Anda bisa mobile friendly atau responsive? Pada dasarnya responsivitas website ada pada desain tampilan baik website yang dikembangkan secara koding sendiri (Web development) maupun website CMS yang berbasis open source seperti WordPress. Jika website anda di kembangkan sendiri maka gunakanlah bahasa HTML vesi terbaru dan Bootstrap sebagai desain website anda. 

Jika Anda menggunakan website berbasis CMS Wordpress tentunya ini akan lebih mudah anda gunakan, Anda tidak akan kesulitan ketika menentukan jenis tampilan yang akan anda pasang untuk template website anda, karena Wordpress sendiri menyediakan banyak sekali pilihan template yang rata-rata semuanya sudah mendukunng mobile friendly. Anda tinggal menyesuaikan sendiri sesuai selera dan tema website Anda.

#2. Buat Website Agar Menjadi Google Friendly

website google friendly

Jika website Anda sudah memenuhi kriteria dan kaedah-kaedah google itu berarti website anda sudah masuk kategori Google Friendly, namun masalahnya banyak sekali hal-hal yang harus kita pahami dan kita ketahui bagaimana agar website kita menarik dan bersahabat dengan google, inilah yang harus kita pelajari bagaimana agar website kita bisa bersahabat dengan sang mesin pencari. 

Sebagaimana yang sudah saya jelaskan secara sekilas pada uraian diatas, bahwa google mempunyai banyak faktor agar halaman website bisa nangkring pada posisi pertama, salah satu teknik diatas adalah satu dari sekian banyak faktor penilaian google untuk pemeringkatan, jadi Anda jangan terlalu berpatokan dengan hal-hal teknis yang sudah anda kerjakan, jika anda sudah berhasil membuat website anda responsive anda jangan berpikir mutlak bahwa website anda layak bisa pejwan.

Google akan menganggap website anda sudah google friendly jika website anda memiliki syarat dan kriteria sebagai berikut: 

1. Website Dapat Memberikan Informasi yang Pengunjung Cari

Buatlah konten yang berkualitas yang dapat memberikan informasi dan bisa memberikan solusi bagi penggunanya, Yang terpenting pada konten ini adalah tempatkan informasi ini pada halaman beranda pada website Anda. Jika halaman beranda anda mendeskripsikan informasi yang berguna maka akan menarik banyak pengunjung dan memikat admin website lain untuk mereferensikan tautan website anda.  

2. Website Memiliki Tautan Dari Luar 

Jika kualitas konten dari website anda sudah bisa memberikan informasi yang berkualitas dan bisa memberikan solusi bagi penggunanya, maka secara otomatis website anda bisa dijadikan referensi oleh website lain dan mereka secara sukarela akan memberikan link keluar (outbound link) ke website anda, inilah yang disebut dengan backlink. Memperoleh tautan dari luar (Backlink) akan meningkatkan kualitas website dimata google. Usahakanlah agar website anda dapat tautan dari luar, karena tautan tersebut juga dapat membantu robot google untuk menelusuri website Anda.

3. Website Mudah Di Akses 

Website yang mudah di akses secara teknis menurut google adalah website yang memiliki struktur tautan secara logis yang artinya website tersebut sesuai dengan alur atau tahapan proses yang mudah dipahami. Kriteria website mudah diakses setidaknya dalam setiap halaman harus bisa dijangkau setikdanya dari satu tautan atau link statis.

#3. Buatlah Website Dengan Fitur Yang Lengkap

Fitur Website

Mesin pencarian google berusaha untuk memahami apa yang dubutuhkan oleh penggunanya termasuk pada saat pengguna internet mengakses website Anda. Google membaca prilaku pengunjung website tersebut dan menandai ini semua kedalam algoritmanya. 

Website yang menyediakan fitur lengkap akan membuat pengunjung betah untuk mengeksplorasi tiap halaman website Anda hal ini akan berdampak pada rasio pantulan atau bounce rate yang artinya akan meningkatkan jumlah sesi kunjungan dalam website anda, dan google akan memberikan nilai tinggi untuk website-website yang memiliki sesi kunjungan cukup tinggi.

Baik secara teknis maupun logic, sebagai pengunjung situs tentunya pengguna juga akan lebih menyukai sebuah website yang memiliki banyak fitur yang ditawarkan, apa yang mereka cari akan mudah ditemukan dengan cukup menjalankan fitur yang ada, jadi fitur-fitur yang ada pada sebuah website lebih cenderung digunakan untuk mempermudah pengguna dalam menjelajah website anda.

Anda bisa menggunakan atau memasang fitur-fitur yang dapat meningkatkan traffic website anda dengan fitur-fitur yang memudahkan pengunjung website untuk berinteraksi, misal fitur social media untuk share berita, chatbot untuk pelayanan informasi, atau pemasangan aplikasi lain berupa data searching untuk pencarian informasi secara cepat pada website Anda, dan masih banyak lagi jenis-jenis fitur website yang bisa anda sesuaikan dengan website Anda.

#4. Buatlah Website Dengan Desain dan Tampilan Menarik

Design Website

Tidak semua tampilan website yang terlihat menarik akan dianggap google friendly mungkin anda pernah menemukan sebuah situs atau website dengan desain multimedia yang keren, memasukan unsur animasi yang canggih dengan sound effect yang menawan dan background website menggunakan file video yang beresolusi tinggi, sekilas memang akan tampil keren dan menarik, tapi tahukan anda website-website yang demikian justru akan menimbulkan loading time.

Yang dibutuhkan google adalah website fast loading alias website dengan kecepatan akses yang baik bukan website yang keren tapi malah meninggalkan unsur kecepatan akses website itu sendiri. Desain website yang keren dan menarik memang juga menjadi penilaian, setidaknya oleh pengunjung website itu sendiri, mereka akan merasa asik dan betah berlama-lama menelusuri tiap halaman informasi yang ada di website Anda.

Desain website yang menarik dan unik pastinya akan menjadi daya tarik dan memancing banyak pengunjung website Anda, dengan demikian ini akan menjadi sumber trafik yang akan menjadi penilaian google, namun demikian website keren saja masih belum cukup, Anda harus memperhatikan unsur dan struktur dari website anda agar website tersebut sesuai dengan apa yan menjadi persyaratan dari google sehingga dengan demikian website anda dapat menjadi google friendly.

Bagaimana Cara Membuat Website Yang Menarik dan Google Friendly?

Cara membuat agar website terlihat menarik dan tetap terlihat keren sehingga disukai oleh google adalah Anda harus benar-benar memperhatikan unsur-unsur pembuatan website yang ramah penelusuran oleh mesin pencarian. Unsur dan struktur website sangat penting sekali karena hal ini akan membantu mesin pencarian dalam meng-index website anda. 

1) Membuat Beranda Yang Ringkas

Beranda atau Homepage merupakan tampilan awal saat pertama kali website anda di Akses, ini akan menjadi penentu prilaku bagi seorang pengunjung website anda, kesan yang pertama pengunjung untuk menilai website anda keren atau tidaknya dapat dilihat dari kesan yang ditimbulkan dari halaman pertama atau beranda. Untuk itulah buatlah beranda website anda yang rapi informatif dan ringkas, jangan jadikan beranda website anda acak-acakan.

2) Buat Perkenalan Melalui Logo

Logo perusahaan yang tersemat pada beranda website anda dengan penempatan yang terstruktur akan mampu menimbulkan kesan yang mendalam pada saat pengunjung pertama kali mengunjungi website Anda, pemilihan desain logo yang menarik akan mempu memperkuat ingatan pengunjung sehingga otomatis website andapun akan mudah diingat. 

3) Buat Infografis Yang Relevans

Website dengan menampilkan unsur visual jauh akan lebih disukai oleh para pengunjung dibandingkan dengan website yang hanya menampilkan unsur tekstual saja. Sebuah website yang menarik akan menyajikan informasi berupa graphic, gambar dan cart atau biasa disebut dengan Infografis. Kecendurungan pembaca berita akan merasa lebih mudah melihat infografis yang ditampilkan oleh website daripada harus membaca secara detail.

4) Memasukan Audiovisual Secara Proposional

Unsur text, dan infografis yang tersemat pada website anda masih belum cukup, Audiovisual merupakan trend terbaru yang dapat di integrasikan dengan website atau situs Anda, audiovisual akan membantu anda mempercepat proses penyampaian informasi kepada audiens Anda. Audiovisual yang berupa video dan audio bisa anda tanamkan dalam website anda, khususnya di halaman beranda ataupun halaman yang dirasa pelu untuk dibuatkan video. 

Namun hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan audiovisual pada website Anda adalah gunakan unsur audiovisual secara proposional. Jika anda terlalu berlebihan memasukan unsur audiovisual kedalam website atau situs anda tentunya ini akan menjadi masalah saat website Anda di akses oleh pengunjung. Gunakanlah secara proposional dan tepat, Anda bisa menggunakan layanan pihak ketiga untuk menyematkan video anda, seperti Youtube dan Vimeo misalnya.

5) Ciptakan Hubungan Emosional Dengan Menggunakan Foto

Gambar akan menciptakan seribu makna dan bahasa, namun kata hanya dapat dimakna secara baku, itulah kekuatan dari sebuah gambar, Foto atau gambar dapat menciptakan interprestasi berbeda sesuai dengan apa yang dipikirkan oleh para audiens anda, namun kata atau teks yang terulis dalam beranda website anda hanya akan menyeragamkan persepsi satu pesan dibenak pemabacanya. Untuk itu gunakan foto atau gambar agar memancing banyak persepsi pengunjung. Buatlah foto atau gambar yang disesuaikan dengan tema atau situasi yang tepat dengan informasi yang akan diberikan. Kemas atau tampilkan dalam unsur yang menarik dan indah. Anda bisa menggunakan foto-foto tersebut kedalam sebuah slider atau slideshow. sehingga terkesan elegan dan menawan.

#5. Terapkan Hasil Analisa Keyword

Analisa Kata Kunci

Menerapkan keyword atau kata kunci yang tepat setelah dilakukannya proses analisa, ini merupakan salah satu strategi SEO dari setiap Webmaster, tujuanya jelas yaitu untuk membidik kata kunci yang sesuai dengan niche dan tema website Anda agar tepat sasaran sehingga website anda akan muncul di halaman pertama dari pencarian yang dilakukan oleh pengunjung. Menerapkan kata kunci yang tepat juga harus mengikuti prosedur yang benar dan sesuai standar umum SEO Google. 

Untuk mendapatkan kata kunci yang tepat, anda bisa menggunakan banyak tool sebagai alat bantu dalam melakukan pekerjaan analisa kata kunci, Anda bisa menggunakan tool keyword hasil pengembangan dari NeilPatel yaitu Ubersuggest, bisa juga dengan KWfinder, Ahrefs, dll. Akan tetapi berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri menggunakan Google Keyword Planner dari google sendiri, alasan saya tentunya disamping gratis, tool ini juga punya google langsung.

Google Keyword Planner semula digunakan sebagai alat bantu yang hanya digunakan bagi pengiklan (Advertiser) untuk mendapatkan gambaran tentang potensi dari kata kunci yang akan dibidik. namun sekarang tool ini bisa digunakan bebas bagi pengguna layanan Google. Bagaimana cara melakukan Analisa keyword pada GKP?. Pada dasarnya cara kerja GKP adalah memberikan petunjuk dan gambaran tentang potensi dari kata kunci yang anda bidik.

Anda akan diberikan rekomendasi dan informasi terkait tema atau topik dari keyword yang sebelumnya anda masukan, dan ketika anda masukan google akan menanyakan atau memberikan pilihan spesifik dari sekedar kata kunci utama, disitu Anda akan diberikan kriteria tertentu semisal, kriteria bahasa, demografi, lokasi dan jenis kelamin. Hasil yang disuguhkan dari GKP akan diberikan berupa data-data berapa banyak pencarian keyword yang anda masukan, tingkat persaingan, apakah mudah, sedang atau tinggi, disamping itu juga akan diberikan rekomendasi keyword sejenis dari kata kunci utama.

Setelah anda menentukan keyword hasil riset, Anda bisa menerapkan kata kunci tersebut sebagai judul utama website, meta keyword, atau juga bisa anda masukan kedalam meta deskripsi. Pastikan kata kunci yang anda terapkan adalah sesuai dengan topik website Anda, jangan melenceng dari topik tersebut. Gunakan kata kunci turunan yang ada kaitanya dengan kata kunci utama, Anda bisa mendapatkan kata kunci turunan atau LSI Keyword dengan memasukan kata kunci utama pada kotak pencarian Google, ketikan kata kuncinya maka Google akan menunjukan kata kunci turunanya yang semuanya terkait dengan topik atau pembahasan yang akan anda kembangkan

#5. Lakukan Audit Website

Website Audit

Jika Anda sudah memiliki website sebelumnya, namun website anda belum bisa menembus halaman satu pada mesin pencarian google, maka upaya yang harus anda lakukan adalah melakukan audit website. Audit website merupakan rangkaian proses sistematis atau kegiatan yang dilakukan untuk membedah atau men-screening untuk menemukan adanya kemungkinan-kemungkinan website anda tidak sesuai dengan kaedah-kaedah SEO yang menjadi persyaratan bagi mesin pencarian, jika memang website anda ditemukan-masalah tersebut maka berarti kondisi website Anda tidak dalam keadaan sehat sehingga perlu dilakukan perbaikan-perbaikan. 

Seberapa penting kita harus melakukan Audit Website?, tentu sangat penting jika anda sangat mengharapkan trafik dari website tersebut, mungkin saat ini menganggap trafik dari website Anda sudah tidak memiliki kendala dan sudah cukup mendapatkan trafik dari website tersebut, tapi ada yang tidak Anda sadari jika website anda dilakukan Auidit maka konversi yang dihasilkan dari traffic website yang sudah dilakukan audit jauh akan lebih optimal, dan ini tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda. Dengan dilakkukanya audit terhadap website kita, kita akan mengetahui kelemahan-kelemahan dan potensi-potensi apa yang bisa kita dapat setelah kita mengetahui hasil dari auidt tersebut.

Berikut adalah manfaat setelah dilakukanya audit website diantaranya adalah: 

  • Kita dapat mengetahui kekurangan dan kelemahan dari website kita dan kita bisa mengambil langkah atau tindakan apa yang tepat untuk memperkuat dan meningkatkan website kita
  • Kita juga dapat mengetahui sehat tidaknya website kita dan bisa mengukur website kita secara menyeluruh
  • Kita dapat menganalisa kinerja website kita dalam menghasilkan trafik dan konversi.
  • Kita bisa mengoptimasi website kita secara terukur setelah kita mengetahui permasalahan yang ada pada website kita
  • Kita dapat memaksimalkan dan meningkatan potensi website kita jika ditemukan kelebihan, dan kita kekurangan.
  • Kita bisa menjadikan website kita sebagai referensi dalam pengambilan kebijakan strategi digital marketing.

Bagaimana Melakukan Audit Website?

Inti dari pekerjaan audit website adalah melakukan pengecekan teknis secara menyeluruh dari sebuah website, untuk itu perlu dilakukan tahapan-tahapan yang terstruktur dan sistematis agar setiap bagian tidak terlewatkan, dan perlunya dilakukan skala prioritas untuk bagian-bagian yang bersifat urgent yang mana jika kita mengabaikan hal tersebut maka akan berdampak besar terhadap kinerja website itu sendiri. Berikut tahapan-tahapan audit website: 

1. Identifikasi Website

Tujuan dari identifikasi ini adalah untuk mengidentifikasikan setiap bagian teknis yang kemungkinan terdapat permasalahan yang menyebabkan kinerja website kurang optimal, dari hasil identifikasi tersebut maka akan diketahui bagian-bagian teknis mana saja yang peru di perbaiki dan di tingkatkan. Untuk melakukan identifikasi ini Anda bisa menggunakan bantuan SEO Audit Tool diantaranya adalah: 

  • Google Search Console, untuk pengecekan halaman terindex
  • GT Metrix, untuk mengecek kecepatan website
  • Screaming Frog SEO Spider, untuk mngecek halamn website yang rusak (broken link)
  • SEMRush, untuk mengidentifikasi backlink yang tersedia.
  • Google Page Speed Insight, sama halnya seperti GT Metrix, hanya saja ini adalah milik Google
  • dll

2. SEO Data Collection

Tahapan berikutnya setelah mendapatkan hasil dari proses identifikasi adalah mengumpulkan semua data-data terkait SEO untuk diberikan peringkat penilaian atau skoring. Dari hasil penilaian tersebut akan didapatkan nilai akhir yang menentukan apakah website Anda sehat atau tidak, ini dapat dilihat dari semakin tinggi nilai skor website anda berarti website anda semakin baik, dan sebaliknya semakin kecil skor nilai website berarti website anda dalam keadaan yang kurang baik, dan perlu dilakukan optimasi lebih lanjut.

3. Komparasi /Benchmark

Proses selanjutnya, setelah dilalui tahapan identifikasi dan pengumpulan data SEO, yang harus anda lakukan adalah melakukan komparasi atau perbandingan dengan website-website dari kompetitor anda, tujuan dari tahapan ini jelas, agar dapat diketahui masalah yang ada pada website anda untuk selanjutna dilakukan rekomendasi-rekomendasi yang bersifat konstruktif. Disamping itu juga tahapan ini dapat dijadikan analisa krusial permasalahan website, agar tindakan perbaikan segera dilakukan untuk mengoptimalkan website. 

#6. Optimasi Konten

Optimasi Konten

Jika sebelumnya saya menjelaskan tentang bagaimana membuat sebuah website dan strukturnya secara keseluruhan agar bisa menyesuaikan dengan mesin pencarian, maka pada poin ini saya akan menjelaskan tentang konten, apa sih itu konten?. Jika boleh dianalogikan, konten itu dapat diibaratkan dari sebuah isi atau benda yang dikemas dengan rapi, dan website itu sendiri merupakan tempat kemasan atau packaging atau wadah yang bisa kita buat dengan menarik, cantik, rapih dan bersih.

Konten merupakan isi dari sebuah website itu sendiri, tentunya akan hambar dan jadi aneh jika ada sebuah website yang canggih, indah dan menarik namun tidak memiliki konten, pastinya website tersebut tidak akan berarti sama sekali, karena tujuan utama website adalah untuk menyampaikan informasi publik kepada masyarakat secara luas. Nah informasi yang disampaikan inilah yang kita sebut sebagai bagian dari konten itu sendiri. 

Informasi atau konten yang ada pada sebuah website banyak jenis dan ragamnya, jenis dan konten tersebut umumnya dibuat berdasarkan fungsi dan tujuan dari apa yang ingin disampaikan oleh messanger atau pihak yang ingin menyampaikan. Konten sebuah website dapat berupa sebuah artikel atau tulisan, ini yang biasanya di produksi atau dibuat oleh seorang Blogger, bisa juga dalam bentuk Video atau Audio, ini yang biasanya di buat oleh Content Creator seperti vlogger atau youtuber.

Optimasi konten adalah kegiatan atau pekerjaan yang dilakukan secara sistematis dan teknis untuk menyesuaikan konten dari sebuah website yang sudah kita buat agar bisa berjalan secara optimal dan dapat diterima baik oleh mesin pencarian. Optimasi konten ini masuk pada bagian SEO On Page yaitu optimalisasi dari sisi dalam bagian website sendiri. 

Bagaimana Melakukan Optimasi Konten?

Untuk melakukan optimasi konten atau membuat konten itu lebih familiar atau lebih disukai di mata mesin pencarian, itu sama halnya dengan Anda membuat bagaimana struktur penulisan pada sebuah artikel. Berikut langkah-langkahnya: 

1. Buatlah Judul Artikel Yang Menarik

Judul merupakan nama dari sebuah artikel itu sendiri, usahakan Anda membuatnya semenarik mungkin agar pembaca bisa langsung tertarik dalam hitungan detik. Judul dan isi konten harus sesuai dengan tema dan niche dari website, judul juga harus mengandung kata kunci, usahakan agar judul dibuat secara ringkas tapi jelas, memberikan pesan solutif atau pemeccahan masalah, menggunakan kata-kata sifat dan kombinasikan dengan angka. 

Contoh:

"5 Tips Efektif Agar Balita Mau Makan Sayur"

"7 Cara Cerdas ini Belum Pernah di Ajarkan Oleh Pebisnis" 

2. Manfaat Struktur Penulisan / Heading dan Sub Heading

Dalam sebuah kaidah penulisan pasti kita sering menjumpai struktur penulisan, seperti yang biasa kita gunakan dalam kegiatan penulisan sehari-hari di kantor, kita pastinya sudah sering menggunakan microsoft word untuk kegiatan surat menyurat ataupun pembuatan dokumen lain, pada microsoft word kita bisa menjumpai struktur tiap kata atau kalimat dalam tulisan akan kita format seperti apa yang kita mau. Kita bisa menentukan mana bagian yang akan kita tentukan sebagai Judul, Sub Judul dan paragraph. 

Pada penulisan konten di websitepun demikian, kita harus menggunakan struktur yang direkomendasikan yaitu dengan memanfaatkan Heading, Sub Heading, dan paragraph. Tujuan dari pemanfaatan struktur ini adalah untuk mempermudah pengunjung website kita memahami informasi atau pesan yang kita sampaikan. Untuk menggunakan heading dan sub heading pada konten website ini sangat mudah sekali, jika anda menggunakan blogspot anda tinggal pilih bagian mana yang akan diformat sebagai heading 1 atau heading 2. 

Untuk blogspot sendiri struktur Heading sudah dikonversi menjadi Title, Sub Title, Normal dan Paragraph, jadi anda cukup pilih bagian mana yang akan dijadikan sebagai judul dan sub judulnya. Berbeda dengan jika website anda menggunakan Wordpress, biasanya editor bawaan Wordpress memiliki struktur Heading 1, Heading 2, Heading 3...., Normal paragraph dan seterusnya.   

3. Masukan Gambar/Infografis ke Dalam Artikel

Untuk menegaskan informasi yang disampaikan pada sebuah artikel, maka sisipkan gambar atau foto yang sesuai dengan tema kedalam artikel yang anda buat. Disamping fungsi gambar sebagai penegasan informasi atau sebagai ilustrasi dalam artikel, unsur gambar juga merupakan rekomendasi google agar konten anda bisa dianggap layak untuk di index. Agar gambar yang anda masukan sesuai yang dharapkan google usahakan agar ukuran gambar tidak lebih dari 100Kb. Gunakan Alt Image dengan keyword yang tepat. Masukan deskripsi gambar.

Untuk penggunaan gambar infografis, sebaiknya gunakan gambar infografis yang mudah dipahami dan dimengerti oleh pembaca, Sumber infografis harus dicantumkan jika anda mengutip atau mengambil dari sumber lain.

4. Sisipkan Keyword Pada 100 Kata Pertama

Lagi-lagi keyword menjadi unsur terpenting pada sebuah konten website. Jelas karena keyword adalah kata kunci untuk bisa menemukan website kita pada halaman pencarian google, untuk itu masukan kata kunci yang akan menjadi fokus pada artikel yang sedang kita buat ini, Kata kunci yang akan kita pilih untuk membuka artikel atau konten ini disarankan agar berada diantara 100 kata pertama atau di paragrpah pertama.

Namun demikian penyisipan kata kunci pada 100 kata pertama tidak bisa dipaksakan harus mutlak, karena bisa saja penempatan kata kunci pada 100 kata pertama pada artikel anda tidak cocok, tergantung dari berapa panjang artikel yang anda buat, untuk itu yang terpenting pada paragrpah awal buatlah penjelasan yang menarik minat pembaca. Jika anda menggunakan Wordpress anda bisa menggunakan plugin SEO Yoast untuk membuat meta deskripsi sebagai ringkasan dari artikel yang Anda buat.

Pada postingan sebelumnya saya juga pernah menulis artkel tentang Cara Menulis Artikel Agar Muncul Dihalaman Pertama Google, bagi anda yang belum membaca silahkan baca postingan tersebut.

#7. Membangun Tautan / Link Building

Link Building

Tautan dalam sebuah artikel pada website sangat penting dimata Googla, untuk itulah buat struktur tautan yang relevan dengan tema pembahasan dan topik dari artikel yang anda buat. Fungsi tautan atau link ini sangat berguna untuk mempercepat proses peng-indexan artikel yang anda buat agar mudah ditemukan oleh robot crawler google. Tautan pada sebuah artikel terdapat 2 jenis yaitu in bound link dan out bound link. Untuk mengetahui kedua jenis tautan tersebut berikut adalah penjelasanya: 

In Bound Link

In bound link atau disebut juga sebagai internal link merupakan tautan yang mengarahkan pengunjung untuk mengklik halaman website atau artikel website tetapi masih di dalam satu website, tujuan dari pembangunan tautan ini adalah memberikan alternatif lain bagi pengunjung website agar mau menjelajah halaman-halaman berikutnya yang masih didalam satu website yang sama. 

Contoh, jika ada pengunjung yang telah membaca artikel anda tentang 7 Ide Bisnis Makanan Online Rumahan  maka anda bisa memasang tautan atau link yang mengarahkan ke artikel lain yang masih di dalam website anda tetapi relevan dengan artikel yang sebelumnya di kunjungi oleh pengunjung website anda. Misal Anda sebelumnya sudah ada artikel yang berjudul "Cara memasarkan Produk Makanan Olahan Rumahan" maka artikel tersebut bisa di tautkan ke dalam artikel pertama.

Out Bound Link

Out bound link ini kebalikan dari in bound link, tautan ini akan mengarahkan pengunjung website kita untuk menuju ke artikel yang ada pada halaman website lain. Tujuan dari pemasangan tautan luar (out bound link) adalah untuk merujuk atau mengambil referensi dari artikel yang telah kita buat. Outbound link ini sebenarnya merupakan pilihan bagi kita untuk memberikan penghargaan kepada website lain yang menjadi referensi dari artikel yang kita buat. 

Mungkin sebagian ada yang beranggapan bahwa tautan jenis ini hanya akan merugikan website kita, karena dengan memberikan tautan keluar justru akan meningkatkan bounce rate atau rasio pantulan pada website kita. Namun demikian kita juga akan mendapat nilai di mata google jika tautan eksternal yang kita buat di arahkan kepada situs atau website yang mempunyai kredibilitas dan otoritas tinggi, sehingga dengan demikian website kita juga akan mengalami peningkatan kredibilitas.    

Backlink / Tautan Balik

Dari ketiga jenis tautan diatas, Backlink adalah jenis tautan yang sangat diburu oleh para webmaster untuk meningkatkan peringkat websitenya dimata mesin pencarian (Search Engine) google. Kenapa backlink dianggap sangat penting?. Backlink ibarat sebuah hasil dari vooting atau pemungutan suara pada Pilkada, semakin banyak suara yang diperoleh dari suatu website maka otomatis website tersebut akan menjadi pemenang dalam suatu kontestasi. 

Karena begitu pentingnya sebuah backlink maka banyak para webmaster menggunakan teknik-teknik yang dirasa bisa meningkatkan jumlah backlink untuk website mereka. Mereka bisa menggunakan cara-cara manipulatif ataupun cara-cara organik, tergantung idealisme dari sang webmaster. Meskipun backlink merupakan teknik SEO yang terbilang cukup ampuh untuk pemeringkatan suatu website, namun untuk melakukanya Anda harus berhati-hati agar jangan sampai salah menanamkan backlink. 

Backlink yang baik idealnya dilakukan secara organik, alias natural tanpa adanya unsur manipulasi, namun demikian, jikapun anda ingin melakukannya secara manipulatif maka lakukan dengan prosedur natural. Manipulatif dengan prosedur natural maksudnya seperti apa? Jadi, jika anda ingin mendapatkan backlink dari website yang berkualitas sebaiknya anda gunakan personal approach alias kontak langsung dengan pemilik website tersebut. Sampaikan maksud anda, jalin komunikasi yang baik, ikuti aturan main dari sang pemilik website maunya seperti apa agar maksud anda bisa terwujud.

Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink Natural

Google sendiri sangat menykuai website yang memiliki banyak backlink yang didapatkan secara natural atau alami, lalu bagaimana cara agar website kita bisa mendapatkan backlink natural?, tentunya cara ini memang unpredictable alias tidak bisa diketahui kapan kita akan mendapatkan sumber backlinknya. Namun demikian cara natural backlink ini adalah cara yang paling aman dan sangat dianjurkan oleh google, berikut cara yang bisa Anda lakukan: 

  • Membuat artikel konten yang unik, menarik dan solutif, Unik artinya konten yang anda buat belum pernah diulas atau ditulis oleh blogger sebelumnya, jikapun sudah pernah ada pemabahasan tentang konten tersebut, masih belum banyak yang mengetahui. Solutif, artinya konten tersebut memang banar-benar bisa memberikan solusi dan memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh banyak orang. Menarik artinya konten tersebut memang layak untuk di baca dan ketahui.
  • Membangun Content Expertise, Artinya konten yang anda bangun benar-benar sesuai dengan pengetahuan dan kemampuan yang anda miliki, atau kepakaran anda dalam membahas konten tersebut, Misal anda seorang insinyur mesin, maka konten yang anda harus anda buat adalah seputar mesin atau atomotif. 
  • Konsistensi Konten Dengan Tema Website, Artinya konten-konten yang anda buat harus rutin dan terjadwal, konten yang disampaikan tetap masih dalam satu pembahasan sesuai niche atau tema website.
  • Pasang Profile Sebagai Penulis, Memasang profil Anda sebagai penulis pada sebuah artikel akan dapat meningkatkan kepercayaan pembaca terhadap artikel Anda ini artinya mereka yakin bahwa Anda benar-benar seorang yang ahli yang menguasai bidang tersebut. Untuk penulisan profile sendiri usahakan ditulis secara ringkas namun padat isi dalam mendeskripsikan siapa diri Anda, pemasangan profile Anda juga berguna sebagai Personal Branding.   
Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan agar anda bisa mendapatkan tautan balik (Backlink) secara natural, Jika anda konsisten dalam melakukannya maka Insha Allah akan banyak website-website lain yang mereferensikan tulisan-tulisan Anda baik secara langsung maupun tidak langsung. Dan hal ini tentunya akan menambah kredibilitas website Anda di mata google, sehingga pada akhirnya website Anda layak di ganjar google dengan melemparkan website anda di halaman pertama pencarian google.

Tidak ada komentar untuk "Bagaimana Cara Agar Website Bisa Muncul di Halaman 1 Google? "