7 Ide Bisnis Makanan Online Rumahan

Bisnis Makanan Online Rumahan

7 Ide Bisnis Makanan Online Rumahan Pandemi Covid 19 yang masih belum jelas kapan prediksinya akan berakhir, membuat ruang gerak manusia dibatasi dalam aktifitas keseharianya, banyak sekolah dan kampus terpaksa ditutup dan menggantikanya dengan kegiatan belajar online, Perkantoran dan aktifitas bisnis lainya juga dibatasi dengan menerapkan Work From Home (WFH).

Kebijakan-kebijakan tersebut terpaksa dilakukan guna memutus mata rantai penularan virus corona yang sampai saat ini masih belum ditemukan obatnya. Kebiasaan baru inilah atau (New Normal) yang nampaknya akan menjadi trend semua orang dalam beraktifitas di masa pandemi, rumah tinggal juga akan menjadi kantor, sekolah dan kampus bagi orang-orang yang biasa beraktifitas normal.

Pemberitaan dan informasi perkembangan virus yang disuguhkan oleh media mainstrem terus menunjukan perkembangan virus yang semakin tidak terkendali. Tentunya hal ini menjadikan setiap orang takut untuk beraktifitas diluar rumah, sehingga mereka harus nyaman dan mengadaptasikan dirinya dengan kebiasaan baru (New Normal).

Kalau boleh dikatakan beruntung, situasi pandemi ini untungnya melanda pada era dimana teknologi dan sistem informasi telah mengalami perkembangan yang cukup pesat, sehingga aktifas dan kegiatan yang pada kondisi normalpun bisa teratasi dengan memanfaatkan teknologi yang ada saat ini, dapat kita bayangkan bagaimana jika pandemi ini melanda pada masa dimana dunia tanpa teknologi internet dan tanpa sistem online.

Bagi anda yang ingin berbisnis dan membuka usaha, situasi pandemi ini justri bisa dijadikan peluang usaha yang bisa anda jalankan, dimana anda bisa memanfaatkan teknologi internet dan teknologi lainnya untuk memberikan solusi bagi mereka-mereka yang membutuhkan jasa ataupun produk anda. Anda bisa menjalankan bisnis makanan online yang dibutuhkan oleh mereka yang beraktifitas dari rumah.

Berikut ini saya akan memberikan 7 Ide Bisnis Makanan Online Rumahan yang bisa anda kerjakan sendiri atau bisa anda lakukan dengan bekerjasama dengan orang lain untuk memasarkan produk anda, berikut adalah: 

1. Vegan Food

vegan food

Keinginan untuk hidup tetap sehat merupakan keinginan hampir semua orang, telebih disituasi pandemi seperti saat sekarang yang menuntut agar tubuh memiliki imunitas yang cukup untuk melawan virus. Agar hidup kita tetap sehat banyak cara yang bisa kita tempuh, diantaranya dengan mengatur pola hidup mulai dari olah raga teratur, mengatur rutinitas, hingga mengonsumsi vitamin dan makanan sehat.

Mengkonsumsi makanan sehat sendiri juga sangat beragam, diantaranya adalah mengonsumsi makanan bebas daging dan ikan atau biasa kita menyebutnya dengan vegetarian. Bahkan, ada juga yang menjalankan vegetarian ketat atau menjadi vegan yang menghindari semua produk hewani termasuk telur, susu sampai madu.

Kondisi dan trend pola hidup masyarakat yang saat ini menyadari betapa pentingnya kesehaatan khususnya dimasa pandemi, hal ini dapat Anda jadikan sebagai sebuah peluang untuk membangun sebuah bisnis makanan sehat khusus bagi mereka para Vegan. Untuk terjun ke bisnis ini memang sebaiknya anda sendiri adalah seorang vegetarian atau vegan, namun jika Anda sendiri bukan seorang vegan anda bisa bekerja sama dengan orang vegan atau yang paham dengan makanan sehat Vegan.

Jika anda berminat bisnis Vegan Food yang perlu anda ketahui adalah mengetahui sumber informasi Pemasok bahan baku atau supply chain Jika anda merasa membeli bahan baku dari toko atau supermarket lebih malah maka anda bisa langsung hunting ke pasar induk karena disana anda pasti akan menemukan harga yang lebih murah, atau akan lebih baik lagi jika anda bisa bekerjasama dengan sumbernya langsung yaitu para petaninya.

Bagaimana cara pemasaranya?. Untuk pemasaran produk Vegan Food akan lebih mudah jika anda masuk kedalam sebuah komunitas para vegetarian karena dari sini produk anda akan dipromosikan dari mulut ke mulut, sehingga cara ini akan lebih efektif, namun demikian juga anda bisa memanfaatkan pemasaran online bisa dengan sosial media, marketplace, website ataupun anda bisa bekerja sama dengan layanan pihak ketiga seperti Grab Food dan GoFood.  

Itulah peluang bisnis Vegan Food yang sangat menjanjikan di era pandemi dan kesadaran akan hidup sehat, untuk menjalankan bisnis ini idealnya memang anda sendiri seorang vegan, namun kendala tersebut bukanlah hambatan bagi seorang pebisnis, karena yang terpenting seorang pebisnis adalah pandai menangkap peluang, sehingga anda bisa fokus untuk untuk manajemen bisnisnya dan serahkan manajemen teknis pengolahan dengan orang-orang vegan yang bisa anda ajak bekerjasama.

2. Lauk dan Sayur

Masih suasana pandemi covid-19 dimana semua orang saat ini lebih memilih beraktifitas di dalam rumah. Hal ini tentunya menjadi peluang yang sangat bagus bagi anda untuk memulai bisnis jualan Lauk dan Sayuran secara Online. Kecenderungan orang saat pandemi seperti saat ini adalah mereka takut terpapar covid-19 sehingga harus mengurangi kegiatan diluar rumah untuk hal-hal yang tidak terlalu urgent. Mereka akan lebih banyak melakukan transaksi online untuk order kebutuhan yang bisa dilakukan secara online misal saja dengan gofood atau grab food untuk membeli makanan atau minuman.      

Ide bisnis makanan online ini bisa dilakukan oleh siapa saja orang yang hobi memasak, Lauk biasanya merupakan makanan pendamping nasi sebagai penambah nafsu makan dan pelengkap zat makanan yang dibutuhkan sebagai pembangun tubuh. Lauk pauk biasanya memiliki kandungan protein yang berguna sebagai pembangun dan pengatur bagi tubuh. Selain itu, protein juga dapat digunakan untuk sumber cadangan energi dan sistem kekebalan tubuh. Meningkatkan imunitas tubuh pada masa pandemi merupakan salah satu upaya preventif untuk mengurangi resiko covid-19 selain mengukuti Prosedur Kesehata atau Prokes Covid-19.

Anda bisa menjalankan usaha atau bisnis jual lauk dan sayur secara online dengan memanfaatkan sosial media atau platform online lainnya. Untuk penjualan lauk dan sayur online yang harus anda perhatikan adalah packaging atau kemasan, disamping kualitas produk yang juga harus memenuhi standar kesehatan tentunya. Untuk proses produksi Anda bisa mengerjakan sendiri dirumah dengan Istri atau suami atau anggota keluarga lainya. Untuk pembuatan lauk, sebaiknya pilihlah lauk yang bisa bertahan lama, jenis-jenis lauk seperti ini umumnya adalah lauk kering atau setengah basah yang bisa bertahan cukup lama. 

Lauk Kering 

Lauk kering jauh akan lebih bertahan cukup lama dan awet jika anda tahu tentang pengolahan dan cara pengemasanya, jika anda belum mengetahui teknk pembuatan dan pengolahanya anda bisa belajar atau membaca-baca tutorial pembuatan lauk pauk, anda bisa mencarinya dari banyak sumber, bisa melihat tutorial melaui Youtube atau membaca website, atau bisa juga dari buku-buku yang mengulas tentang kuliner. jenis-jenis lauk kering antara lain: 

  1. Rendang Kering
  2. Keripik Paru
  3. Keripik Tempe
  4. Orek Tempe Kering
  5. Orek Kentang Kering
  6. Ikan Tepung Krispy
  7. Dll. 
Itulah beberapa contoh lauk kering, dan silahkan anda bisa mengkreasi sendiri untuk menghasilkan produk-produk lauk kering lainnya. 

Lauk Basah 

Lauk basah, merupakan jenis laukan non sayur yang mengandung kadar air atau lemak sehingga menimbulkan kuah pada saat proses pemasakanya. Jenis laukan ini bisa berupa lauk yang berbahan dasar dari bahan hewani seperti daging dan telor bisa juga yang bersumber dari bahan nabati. Termasuk dalam laukan basah diantaranya adalah: 

  1. Rendang Basah
  2. Orek Tempe Basah
  3. Oseng-Osengan
  4. Semur
  5. Presmol
  6. Dll. 
Sama halnya dengan laukan kering, lauk basah juga bisa anda kreasikan sendiri sesuai keinginan pasar dan survey rasa yang bisa anda lakukan sebelum membuatnya

Sayuran

Sayuran Online

Untuk bisnis penjualan sayuran online ini lebih baik anda tidak menjualnya dalam bentuk olahan atau produk jadi, karena apa?, sayuran dalam bentuk olahan atau yang sudah jadi umumnya bersifat basah atau berkuah, sehingga apabila anda akan menjualnya dalam bentuk online tentunya akan beresiko karena tidak bisa bertahan lama. Jadi untuk menjual produk sayuran akan lebih baik jika anda menjualnya dalam bentuk bahan baku, sehingga daya tahannya jauh lebih lama dibanding anda menjual produk sayuran yang sudah jadi. 

Anda bisa mengemas sayuran dalam bentuk bahan baku kedalam paket produk sayuran instan siap saji karena dengan cara ini produk bahan sayuran siap saji mampu bertahan selama 3 hari didalam kulkas, dengan cara ini tentunya produk akan lebih siap dijual lewat online. 

3. Rice Bowl

Rice Bowl

Jenis makanan yang satu ini diadaptasi dari makanan khas negeri sakura Jepang donburi, rice bowl sekarang sudah menjadi opsi kuliner yang banyak dilirik oleh masyarakat. Baik untuk sarapan sebelum beraktivitas, buat makan siang di sela-sela kesibukan kerja, ataupun untuk santap malam santai bersama keluarga sambil menonton TV. Gaya kemasan donburi inilah yang diadaptasi dan menjadi daya tarik karena tidak terlalu merepotkan saat akan menyantapnya.

Adaptasi yang berbeda dari donburi yang orisinil dengan pilihan menu-menu khas Jepang, usaha rice bowl di Indonesia memodifikasi ide ini dengan menyertakan pilihan menu yang memiliki cita rasa khas dan disesuaikan dengan selera orang Indonesia. Mulai dari cara penyajian lauk yang kekinian hingga menu lauk rumahan yang mungkin biasa dijumpai pada warung-warung prasmanan di Indonesia, serta dikemas apik dengan mangkuk sekali pakai.

Gaya hidup masyarakat modern yang ingin semuanya serba praktis, khususnya dari kalangan generasi millenials dimana mereka lebih mengutamakan eksistensi, gaya dan tampilan, sehingga pasar pada segment ini lebih mudah ditarget. Namun bukan berarti segmen pasar under millenials juga tidak memiliki potensi pasar, segmen ini juga bisa dijadikan target potensial bagi bisnis Anda anda bisa menyasar mereka yanng under millenials yang memiliki keterbatasan waktu dan tingkat kesibukan yang tinggi dan juga ingin sesuatu yang instant. 

Nah jika anda hobi kuliner dan menyukai aktifitas memasak pastinya anda akan merasa tertantang untuk membuat dan memodifikasi menu makanan hasil adopsi dari kuliner khas Jepang ini. Tangkap tren kuliner ini sebagai peluang bisnis yang bisa anda jalan kan di tahun 2021. Cari informasi sebanyak mungkin untuk menambah pengetahuan dan keahlian anda dalam membuat dan mengelola Makanan ini, gunakan media pemasaran digital online dan kanal media promosi lainnya seperti website, FBAds, Youtube, daftarkan kepihak ketiga untuk layan drivefood sebagai mitra bisnis anda seperti Gofood, GrabFood dan layanan antar lainnya.

4. Makanan Olahan Berbahan Pisang

Makanan Pisang Olahan

Pisang adalah salah satu tanaman buah tropis yang paling disukai oleh banyak orang, buah ini memiliki kandungan gizi yang tidak perlu diragukan lagi. Terdapat protein yang berguna untuk pembentukan tulang otot, tulang rawan, kulit, dan darah, serta membangun dan memperbaiki atau mengganti jaringan tubuh, terdapat pula vitamin C, kandungan pottasium dan serat yang baik juga sangat dibutuhkan untuk pencernaan, sehingga tidak heran bila kemudian banyak orang yang sedang diet menjadikan pisang sebagai camilan sehat.

Olahan makanan berbahaan pisang ini menjadi salah satu kuliner pilihan yang banyak dijadikan inspirasi seseorang untuk memulai usaha, karena usaha ini dinilai mudah dan praktis dalam pengolahanya serta banyak jenis dan ragamnya untuk bisa dijual, disamping itu makanan olahan ini, dari bahan dasar berbahan pisang sangat mudah didapatkan karena tidak mengenal musim sehingga harganya juga tidak begitu mahal dan relatif stabil.   

Banyak contoh keberhasilan dari pelaku usaha bidang ini, juga menjadikannya inspirasi dan penarik perhatian para pelaku usaha lain untuk mengikuti usaha makanan olahan berbahan dasar pisang. Walaupun untuk menjalankan bisnis ini juga dibutuhkan ketekunan seperti halnya pada bidang usaha yang lainnya. Sekilas mungkin akan terdengar sederhana dari menjalankan usaha berbahan dasar pisang, namun ternyata banyak pelaku usaha makanan ini bisa meraup omzet puluhan hingga ratusan juta rupiah, akan tetapi tentunya usaha ini juga harus dijalankan dengan serius dan penuh dengan ketekunan dan kesabaran.

Peluang usaha menjalankan bisnis ini sangat prospektif, pasar untuk produk ini juga tergolong multi segment sehingga memiliki potensial bisnis yang sangat menjanjikan. Terlebih disaat seperti ini dimana orang-orang masih banyak melakukan aktifitasnya di rumah, atas anjuran dan kesadaran akan bahaya Covid yang masih mengancam kita jika harus beraktifitas diluar. Tentunya mereka yang sedang dalam kondisi sibuk dirumah membutuhkan cemilan atau makanan yang tergolong ringan seperti ini.

Dari sisi dan potensi pemasaran tentunya Anda tidak perlu khawatir untuk menjual produk makanan olahan Anda, disamping memasarkan secara offline Anda bisa memanfaatkan Social Media, Marketplace dan layanan jasa antar makanan seperti GoFood dan GrabFood sebagai dukukungan pemasaran secara online. 

Banyak jenis dan modifikasi makanan yang satu ini, Andapun bisa melakukannya sesuai kreasi anda, berikut beberapa resep olahan pisang yang mungkin bisa dijadikan inspirasi untuk menjalankan usaha makanan dengan berbahan dasar pisang olahan: 

  1. Pisang Karamel
  2. Bolu Pisang Kukus
  3. Pisang Keju
  4. Pisang Goreng Gula Merah
  5. Pisang Kipas Krispi
  6. Nuget Pisang Keju
  7. Dll
Itulah beberapa contoh jenis makanan berbahan dasar pisang yang bisa dijadikan inspirasi buat Anda menajalankan usaha makanan. Dan andapun bisa membuat kreasi dan modifikasi menu lain yang bisa disesuaikan dengan selera anda dan Konsumen.

5. Frozen Food

Frozen Food

Sejak diterapkanya aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebagai dampak pandemi Covid-9 oleh Pemerintah yang diikuti oleh kebijakan perusahaan untuk memberlakukan jam kerja dari rumah WFH (Work From Home) belakangan ini terjadi peningkatan permintaan yang cukup pesat terhadap makanan beku (frozen food). Sehingga tak sedikit pula masyarakat pun ikut berlomba-lomba memulai bisnis frozen food demi meraup cuan atau sekadar bertahan hidup di tengah pandemi. Andapun bisa ikut mengambil peluang ini sebagai alternatif dalam mebuka usaha.

Walaupun peluang bisnis ini cukup besar dan menjanjikan namun demikain, untuk memulai bisnis frozen food bukan hal yang mudah untuk dijalankan, mengapa demikian?, setidaknya ada 3 hal menurut Pakar Marketing Hermawan Kartajaya, yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis frozen food, adalah, customer (pelanggan), product dan brand. Ketiga hal tersebut yang harus anda ketahui sebelum menajalankan bisnis ini. 

Walaupun anda masih minim terkait dengan pengetahuan ketiga hal tersebut diatas, bukan berarti Anda tidak bisa menjalankan usaha makanan beku (Frozeen Food). Anda tidak perlu khawatir dan berkecil hati, karena siapapun yang memiliki kemauan dalam berbisnis pasti bisa memulai bisnis ini, asal anda mengetahui cara kerja bisnis ini. Berikut ada 5 Tips yang diberikan oleh Hermawan Kertajaya selaku Pakar Marketing di Indonesia, 5 tips tersebut adalah: 

1. Komitmen

Sebelum Anda memutuskan untuk memulai terjun di dunia bisnis, apaun itu termasuk frozen food, sikap yang perlu Anda tanaamkan adalah, komitmen serta disiplin yang kuat di dalam diri Anda. karena tanpa komitmen, bisnis Anda tidak akan bisa berkembang dengan sukses sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Komitmen dalam menjalankan bisnis ini jangan anda kuatkan hanya karena suasana pandemi atau covid saja, tapi anda juga harus mempersiapkan untuk mengantisipasi jika pandemi sudah berakhir dan aktifitas pelanggan anda sudah kembali normal seperti situasi sebelum pandemi.

2. Riset

Sebelum menjalankan bisnis Anda pasti harus sudah memiliki ekspektasi keberhasilan usaha, dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal yang perlu Anda lakukan adalah melakukan riset, Anda wajib melakukan riset terkait modal usaha, bahan baku, cara pembuatan dan pengolahan frozen food yang baik seperti apa. Atau jika anda ingin menjadi reseller atau distributor produk Anda bisa melakukan riset untuk brand atau produsen yang sudah ternama.

3. Pemilihan Produk

Sebagai pebisnis pemula Anda juga perlu memahami positioning, differentiation, branding (PDB) untuk produk yang ditawarkannya. Itu berarti, untuk produk apapun yang akan dijual harus memiliki ciri khas tersendiri sehingga tidak mudah diikuti oleh kompetitor. Jenis-jenis frozen food sendiri beragam mulai dari nugget, sosis, dimsum, bakso, siomay, risol, donat beku, empek-empek dan lain sebagainya. Dari berbagai jenis frozen food tersebut pilihlah yang paling kamu sukai dan kreasikan seunik dan selezat mungkin

4. Menentukan Segmen Pasar

Dalam pemasaran produk menentukan dan membidik sagmen pasar dan target pelanggan harus perlu dilakukan pengamatan yang mendalam. Perlu dilakukan analisis kira-kira akan menarget pelanggan segmen yang seperti apa saja? Anda bisa mendapatkan target pelanggan dari online ataupun offline. Namun, sebaiknya anda tidak hanya menyasar satu segmen saja misal online saja. Cari customernya dulu, siapa customer yang akan ditarget, jika sudah ada, cari kebutuhanya apakah mereka membutuhkan frozen food? jika iya frozen food seperti apa yang mereka inginkan. Teliti dulu mau menyasar segmen apa? Bisa online atau offline? tapi tidak cuma online saja, lalu pelajari lagi ukuranya seperti apa besar atau kecil.

5. Amati Kompetitor

Tidak ada bisnis tanpa persaingan, tidak terkecuali dengan bisnis yang anda jalankan. Memulai bisnis tentunya Anda harus siap dengan persaingan. Untuk mengantisipasi persaingan tersebut, And harus siap mental dan menerima konsekwensi dari sebuah persaingan karena itu adalah bagian yang tak terpisahkan dari sebuah bisnis. Perlunya mengamati dan mempelajari kompetitor kita siapa, siapa saja yang sudah mulai bisnis dengan produk yang sejenis dengan produk kita, baru ditimbang-timbang, karena semua bisnis itu ada risikonya, tandasnya.

6. Sambal Kemasan

Sambal Kemasan

Membuka bisnis sambal kemasan termasuk salah satu peluang bisnis yang memerlukkan modal minim namun memilki potensi keuntungan yang cukup besar. Orang Indonesia sangat gemar sekali memakan makanan yang pedas, Anda bisa bayangkan ketika makan bakso, mie ayam, soto, ayam bakar, Ayam geprek atau pecel lele tanpa ada sambal, tentunya makanan-makanan tersebut akan terasa hambar. Sehingga ini bisa dijadikan peluang besar bagi Anda untuk mencoba menjalankan bisnis jualan sambal kemasan, kenapa harus sambal kemasan?. 

Tingkat kesibukan sesorang saat ini semakin tinggi, Ibu-ibu yang bekerja atau berkarir tentu kesibukan menjadi alasan untuk melakukan cara-cara praktis termasuk menyantap sambal sebagai pelengkap makanan. Mereka akan lebih suka membeli sambal kemasan daripada harus membuat dari awal yang tentu memakan waktu, disamping itu pula sambal dalam kemasan akan lebih praktis dibawa-bawa sebagai bekal untuk pelengkap sarapan bagi yang tidak sempat sarapan dirumah atau untuk makan siang.

Agar produk sambal kemasan anda terlihat menjadi lebih menarik tentu Anda harus mempertimbangkan beberapa hal yang patut dijadikan perhatian. Disamping anda membuat inovasi dan kreasi rasa sambal, menambahkan pilihan menu, memperbanyak jenis sambal. Tentu juga harus membuat packaging atau kemasan sambal agar lebih menarik. Dengan bentuk dan desain kemasan yang menarik pastinya akan membuat pelanggan menjadi lebih tertarik untuk membeli produk sambal online anda daripada memilih produk sambal dengan desain kemasan yang polos

Tips Pemasaran Sambal Kemasan Online

Bagaimana cara memasarkan produk sambal kemasan Anda secara online?. Selain dikemas secara apik dan menarik agar bisa menembus pasar online berikut ada beberapa tips yag harus anda lakukan diantaranya adalah: 

  1. Lakukan survey pasar terlebih dahulu. Sebelum produk sambal kemasan anda siap dijual dipasaran, cari informasi sebanyak-banyaknya jenis-jenis sambal apa saja yang paling banyak digemari pecinta sambal
  2. Lakukan Uji coba resep, Produk yang akan anda jual tentunya jangan sampai menjadikan konsumen kecewa dengan rasa yang ternyata tidak sesuai dengan promosi, untuk carilah resep bagaimana sambal bisa bertahan lama, dan rasanya tetap enak dan memiliki ciri khas produk anda.
  3. Gunakan Bahan Yang Berkualitas, Disamping unsur pengolahan dan cara pembuatan produk sambal menentukan cita rasa, satu hal lagi yang menentukan tingka ke-enakan atau rasa sambal yaitu bahan-bahan yang dipilih, untuk itu gunakanlah bahan yang berkualitas agar produk sambal anda tetap menjadi pilihan konsumen.
  4. Gunakan kemasan dalam bentuk botol kaca. Botol kaca bening memberikan daya tarik tersendiri terhadap konsumen, dikarenakan konsumen dapat melihat isi dari produk itu sendiri.
  5. Memulai dengan satu Varian Produk, Karena ini adalah awal mula produk anda dijual maka sebaiknya fokuslah pada satu varian saja agar anda lebih bisa membuat sesuatu yang menarik konsumen.
  6. Lakukan Branding Produk Sambal Kemasan. Persaingan bisnis yang semakin kompetitif tentunya akan membuat usaha anda semakin berat untuk meraih porsi pasar, untuk itulah strategi branding harus anda terapkan. Anda bisa memilih logo dan nama merek yang unik agar mudah di ingat oleh banyak orang.
  7. Buat konten promosi di Medsos dengan Menarik. Media sosial adalah alat pemasaran yang praktis dan efektif untuk bisa menjangkau pasar dari produk yang akan anda jual, namun demikain haruslah Anda bisa membuat konten promosi semenarik mungkin agar banyak orang tertarik dan berkunjung ke akun media sosial Anda.
  8. Cari Peluang Pemasok. Sebisa mungkin anda bekerja sama dengan warung-warung, toko-toko atau rumah makan disekitar tempat tinggal anda sebagai upaya ekspans usaha anda menjangkau pasar yang lebih luas disamping strategi Media sosial yang anda gunakan
  9. Kembangkan Produk dengan Varian Baru, Mengembangkan produk dengan varian baru bisa anda lakukan setelah produk lama sudah dikenal dan cocok di lidah para konsumen anda.   

7. Cemilan/Snack

Cemilan Snack

Kebiasaan ngemil saat sedang santai memang sudah jadi kebiasaan kita sehari-hari, Kita akan merasakan ada sesuatu yang kurang jika seharian saat menemukan waktu senggang kita belum ngemil, bahkan ada sebagian kantor yang selalu menyediakan cemilan atau snack untuk staffnya yang sedang mengadakan meeting ringan. Camilan pun beragam, mulai dari kue basah hingga aneka snack renyah dan gurih. 

Berbicara mengenai cemilan mungkin tidak bisa terlepas dari yang namanya snack. Cemilan ini merupakan salah satu makanan ringan yang mudah didapat dan ditemukan disekitar tempat tinggal anda, disamping murah harganya, dan enak rasanya. Snack dengan ukuran besar, yaitu snack kiloan lebih tahan lama untuk dikonsumsi beberapa hari kedepan jika dibanding snack kemasan yang biasa kita konsumsi, karena hanya untuk sekali makan.

Peluang bisnis snack kiloan bisa dijadikan altenatif bagi Anda. Bisnis yang satu ini banyak diminati karena peluangnya yang menjanjikan. Bersiaplah untung besar saat Anda memulai bisnis snack kiloan. Hampir semua orang doyan ngemil dan camilan snack kiloan banyak dipilih orang karena isinya lebih banyak dan harganya lebih murah. Banyaknya ragam dari snack kiloan ini membuat prospek berdagang snack kiloan sangat menggiurkan.

Sekarang ini memang banyak perusahaan besar yang telah lama bermain dalam bisnis ini. Namun usaha snack tetap masih berpeluang dijalankan oleh UKM. walaupun jumlah pelaku penjual snack kiloan sudah banyak pemain, namun pasarnya memang cukup besar sehingga peluang akan terus terbuka.

Bagaimana Memulai Bisnis Cemilan/Snack?

  1. Carilah Pemasok Cemilan/Snack yang terpercaya. Ini penting Anda perhatikan, karena tidak semua pemasok kue cemilan ini jujur, ada sebagian oknum pemasok kue cemilan ini berbuat kecurangan dengan menawarkan produk-produk yang sudah tidak berkualiltas, sehingga jika anda memasarkan produknya, bukan saja Anda yang rugi karena telah mendapatkan pasokan kue cemilan dari pemasol yang kurang jujur, tapi lebih dari itu juga konsumen anda akan merasa tertipu dengan produk anda sehingga dampaknya kedepaan produk anda tidak laku.
  2. Buatlah Produk yang Bervariasi. Ini penting untuk anda lakukan agar pembeli produk cemilan anda mendapatkan banyak pilihan selera cemilannya, sehingga tidak membosankan konsumen anda, buatlah sebanyak mungkin variasi dari cemilan anda.
  3. Tentukan Harga Penjualan. Menentukan harga penjualan ini sangat penting agar usaha Anda tidak menngalami kerugian nantinya, namun sebelum menentukan harga jual terlebih dahulu yang harus Anda lakukan adalah melakukan riset pasar untuk mengetahui harga pasaran produk cemilan yang akan Anda jual.
  4. Strategi Pemasaran yang Tepat, Selanjutnya promosikan produk Anda di kanal-kanal media sosial yang Anda miliki. Anda juga bisa menggunakan platform digital lain seperti website, FBads dan marketplace untuk lebih cepat dan menjangkau lebih luas lagi pasar.  

Itulah 7 Ide Bisnis Makanan Online Rumahan yang mungkin bisa dijadikan referensi bagi Anda yang akan membuka usaha di Tahun 2021 disaat situasi Pandemi yang masih belum jelas kapan berakhirnya, mungkin ada sebagian dari kita yang terkena dampak Covid sampai harus terkena PHK atau pemotongan gaji seperti halnya yang terjadi pada diri saya pribadi. 

Marilah kita tetap semangat dan yakin bahwa badai ini pasti akan segera berlalu, Saat ini disamping yang dapat kita lakukan adalah bersabar dan doa, tentunya bukan berarti kita meninggalkan ikhtiar menjemput rejeki. Wajib bagi kita untuk tetap berkarya, bekerja dan berikhtiar menjemput Rejeki dari Allah karena sesungguhnya Allah telah menjamin rejeki kita. tinggal seberapa besar usaha kita untuk mendapatkan-Nya.

Semoga postingan ini bermanfaat.

Tidak ada komentar untuk "7 Ide Bisnis Makanan Online Rumahan"