Trend dan Strategi SEO Tahun 2021

Strategy SEO 2021

Trend dan Strategi SEO Tahun 2021 - Cara yang paling efektif untuk menarik konsumen atau pembeli agar mereka menuju ke website anda adalah dengan cara mengoptimalkan Mesin Pencarian (SEO) dengan baik dan benar. Teknik SEO sendiri terus mengalami perubahan seiring dengan pembaharuan dan update algoritma pada mesin pencarian, dan ini tentunya akan menjadi tantang tersendiri bagi anda yang ingin agar website bisa nangkring dihalaman satu pada mesin pencarian.   

Untuk mendapatkan hasil yang anda harapkan berupa posisi pencapaian peringkat teratas website anda pada mesin pencarian, tentunya anda harus memperhatikan banyak metrik termasuk trafik, backlink dan social media sharing yang anda gunakan. Pada postingan kali ini saya akan mengulas tentang trend dan strategi SEO yang masih relevan dan dapat dijadikan antisipasi pada tahun 2021. Sehingga dengan demikian anda diharapkan bisa mempersiapkan strategi SEO yang tepat yang bisa anda terapkan. Apa saja trend yang perlu anda perhatikan: 

#1. Dominasi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)

Teknologi kecerdasan buatan dari google sangat penting untuk dijadikan perhatian, kecerdasan buatan ini mampu mengubah cara orang berinteraksi dengan sistem online. Melalui teknologi kecerdasan inilah google mampu menganalisa dan mengenal kata yang dianggap ambigu yang sebelumnya tidak diketahui oleh mesin pencarian, kecerdasan buatan google ini disebut RankBrain yang memiliki peran penting dalam faktor peringkat Google untuk hasil halaman pada mesin pencarian (SERP).

Seorang ilmuwan senior Google yang bernama Greg Corrado, telah mengembangkan RankBrain sebagai kecerdasan buatan yang memiliki kemampuan untuk mempelajari “sinyal lainnya, yang didasarkan pada penemuan dan pengetahuan yang dimiliki orang-orang dalam pengambilan informasi, tetapi tidak ada pembelajaran”. Hal ini berarti bahwa RankBrain akan meningkat seiring waktu, menjadikan AI sebagai trend SEO teratas untuk diperhatikan.

Artificial Intelligence

Lalu, bagaimana anda mengoptimalkan SEO Anda untuk RankBrain? Meskipun raksasa mesin pencarian tidak akan membagikan detailnya, namun para ahli yakin bahwa sinyalemen pengalaman pengguna akan menjadi penentu utama. Ini bisa saja mencakup faktor-faktor dari rasio klik-tayang sampai durasi halaman yang diakses. Untuk itu tentunya anda anda harus bisa membuat konten website anda menarik dengan memberikan sesuatu yang bermanfaat dan terorganisir dengan baik.

#2. Pencarian Suara Mempengaruhi Kueri Pencarian

Seiring dengan pesatnya perkembangan dan inovasi pada penerapan teknologi suara sepertinya halnya Google Assistance, Apple Siri dan Alexa Amazon, saat ini teknologi tersebut sudah menjadi lebih baik dan sudah semakin populer untuk digunakan pada oleh rumah tangga.

Agar penggunaan teknologi suara ini lebih optimal, anda harus mempertimbangkan kata kunci yang akan adan pilih. Identifikasi frasa panjang yang digunakan orang dalam percakapan sehari-hari. Pencarian suara akan cenderung bekerja lebih baik dengan penggunaan frase yang lebih panjang dan terdengar lebih alami. 

Bandingkan pada saat orang mengetik, mereka akan cenderung menyingkat tulisan. Misalnya, seseorang mungkin melakukan penelusuran suara, "Apa trend SEO terbaru untuk tahun 2021?" tetapi jika orang mengetik maka akan yang dilakukan akan mengetikan kata, "trend SEO baru 2021".

#3. Versi Mobile Friendly Mempengaruhi Peringkat Pencarian

Pada tahun 2019, Google meluncurkan pengindeksan yang memprioritaskan penggunaan perangkat seluler, ini berarti mesin pencari akan melihat dan menganggap website dengan versi mobile akan lebih utama dibandingkan dengan website versi desktop. 

Perubahan ini tentu sangat masuk akal, mengingat hampir 73% pengguna internet akan mengakses internet hanya melalui perangkat seluler pada tahun 2025. Untuk itu periksalah website anda apakah sudah efektif sebagai website versi seluler, anda bisa mengujinya dengan pengujian ramah seluler gratis dari Google. Selanjutnya, lihat laporan "kegunaan seluler" di Google Search Console.

Untuk memastikan halaman website anda ramah pengguna, Anda harus memastikan bahwa Google dapat merayapi URL anda, Untuk itu pastikan anda memberikan izin untuk robot google merayapinya. Selain itu, berhati-hatilah karena Googlebot tidak akan memuat konten yang memerlukan interaksi pengguna, seperti mengklik atau menggesek. Pastikan juga Google dapat melihat apa yang disebut sebagai konten yang dimuat lambat ini. Terakhir, pastikan Anda menggunakan tag meta robot yang sama di situs desktop dan seluler.

#4. Konten yang Memenuhi Prinsip Google EAT Akan Memiliki Peringkat Lebih Tinggi

Google telah menegaskan kembali bahwa kualitas konten sangat penting dalam menentukan keberhasilan didalam SERP. Lantas apa arti "kualitas" bagi Google?  Jika mengacu pada prinsip EAT (Expertise, Authoritativeness, Trustworthiness) yaitu keahlian, otoritas, dan kepercayaan. 

Faktor-faktor ini membantu menentukan apakah halaman website memiliki konten berkualitas yang bermanfaat bagi pembacanya atau tidak. Prinsip ini sangat relevan dalam dunia bisnis, termasuk dalam slogan "uang Anda, hidup Anda" (Your Money Your Life), seperti perawatan kesehatan akan berpengaruh dengan berapa banyak uang yang anda bayarkan.

Ada beberapa cara untuk menjadikan konten anda menjadi berkulitas, seperti berikut: 
  • Pertama, buat persona pembeli, yang memungkinkan Anda memahami jenis konten apa yang dihargai klien Anda. 
  • Kedua, lakukan penelitian maksud penelusuran, yang membantu Anda memetakan perjalanan konsumen. 
  • Ketiga, gunakan informasi ini untuk membuat konten yang sesuai dengan format yang disukai pengguna Anda. Misalnya, jika Anda melayani remaja, video mungkin lebih disukai. Jika Anda melayani penonton yang lebih tua, video mungkin kurang menarik.
  • Sajikan Fakta Berupa Data Statistik, sebagai pendukung dan klaim atas konten yang anda buat.
Membangun tautan atau backlink ke situs-situs  ternama, dengan domain ".edu" dan ".gov". Dengan mendapatkan tautan balik dari situs-situs ternama dan terpercaya itu tentunya hal ini akan dpat membuktikan bahwa Anda memenuhi kriteria EAT.

#5. Konten Berformat Panjang Akan Membantu Meningkatkan SERP

Sebuah artikel atau konten yang panjangnya 3.000 kata akan lebih mendapatkan lalu lintas tiga kali lebih banyak dan empat kali lebih banyak mendapatkaan peluang untuk artikel tersebut dibagikan (Shareable). Juga mendapatkan backlink 3 kali lebih banyak daripada artikel yang hanya memiliki panjang rata-rata 901 hingga 1.200 kata.

Mulailah fokus untuk membuat konten yang memiliki format  panjang agar dapat mencapai peringkat pencarian yang lebih tinggi. Yang perlu diperhatikan juga adalah, konten anda harus menjaga kualitas tentunya. Tujuannya adalah agar pengguna informasi yang mendapatkan konten anda, mereka mau membagikan konten tersebut ke orang-orang yang ada pada jaringanya, sehingga mereka tetap terlibat dalam konten anda.

Bagaimana anda menciptakan sebuah konten dengan format yang panjang? dengan shareable yang tinggi, berikut adalah yang dapat anda lakukan: 
  • Pertama, bagi konten Anda menjadi beberapa bagian dengan Sub Judul H2 dan H3 agar lebih dapat dipindai. Sub Judul sangat penting untuk website versi seluler. 
  • Kedua, pastikan Anda menautkan ke sumber otoritatif yang relevan dengan skor otoritas yang solid. 
  • Terakhir, pastikan konten Anda mudah dibagikan. Sertakan tautkan link berbagi yang jelas di tajuk utama dan satu lagi, pada kesimpulan sehingga pembaca dapat berbagi melalui klik  lebih cepat.

#6. Penggunaan Fitur Snippet Akan Menjadi Lebih Penting

Anda tidak perlu terlalu khawatir untuk membuat konten jangka panjang secara eksklusif agar konten anda naik perngkat pada mesin pencarian. Fitur snipet, yang diluncurkan pada tahun 2017, akan menjadi semacam jalan pintas untuk nangkring di halaman Google secara cepat. Terkadang, saat Anda mengetik sesuatu ke Google, Anda mungkin melihat kotak di bagian atas SERP, di atas hasil sebenarnya. Itulah snipet.

Mencetak Fitur Snipet merupakan cara yang bagus untuk mencapai halaman pertama hasil pencarian yang diharapkan. Apalagi, snipet dapat menciptakan trafik yang signifikan dibanding pesaing. Fitur snipet ini menunjukkan banyak informasi, biasanya disusun sebagai FAQ atau tanya jawab dari poin-poin singkat, panduan atau cara. 

Ada juga yang dinamakan Snipet kaya, yang termasuk gambar, ulasan berbasis bintang, harga produk, dan informasi sejenis. Untuk membuat snipet, fokuslah pada kueri berbasis pertanyaan dan kata kunci yang relevan, anda dapat menggunakan fungsi pencarian Google "orang juga meminta" untuk mendapatkan inspirasi.

Berikut sebuah sipet dengan kata kunci Jasa sertifikasi SBU TI yang akan menampilkan hasil pencarian dari website www.sertifikasi.org 
 
Fitur Snipet
Contoh Fitur Snipet

#7. Pencarian Prediktif Diatur untuk Meningkatkan Hasil Pencarian

Google telah meluncurkan alat yang berbasis kecerdasan buatan yang dianamakan Google Discover yang diluncurkan pada tahun 2017, sebuah jenis pencarian baru - pencarian yang bahkan tidak memerlukan kueri dari pengguna. Discover adalah salah satu alat berbasis AI Google lainnya, alat rekomendasi konten ini mengidentifikasi pola perilaku pengguna dari waktu ke waktu dan mempelajari kebiasaannya secara bertahap, melalui informasi ini, Discover mampu mengidentifikasi konten paling akurat dan paling memungkinkan menarik minat pengguna.

Google Discover sudah mengklaim lebih dari 800 juta pengguna aktif. Untuk menampilkanya, anda tidak perlu melakukan sesuatu yang istimewa. Google akaan otomatis menyertakannya jika Google mengindeks halaman Anda. Konten akan diberi peringkat berdasarkan pemeriksaan algoritma sesuai kualitas konten, dan minat pengguna. Meskipun Google tidak memberikan informasi faktor apa yang tepat, akan tetapi dari riwayat lokasi, riwayat penjelajahan, penggunaan aplikasi, kalender, riwayat penelusuran, serta lokasi rumah dan kantor semuanya akan menjadi faktor yang relevan dalam pencarian ini.

#8. Video Menjadi Strategi SEO Yang Efektif

Kedapan, penggunaan video online tampaknya akan menjadi strategi efektif dalam penerapan SEO. Platform YouTube memiliki lebih dari 1 miliar pengguna tentunya ini dapat anda gunakan untuk meningkatkan strategi SEO anda. Jika anda saat ini belum memiliki chanel untuk memuat konten video di Youtube, maka saat inilah waktunya untuk memulai membuat chanel youtube anda. Jika anda masih belum percaya kekuatan Youtube maka anda harus mendengarkan analisa pemikiran dari beberapa pelaku raksasa industri digital seperti halnya pemikirannya: Menurut Cisco, video diproyeksikan akan melampaui semua jenis dan bentuk konten lainnya dalam hal konsumsi pengguna informasi digital. 

Bagaimana anda bisa mengoptimalkan konten video itu? Pastikan untuk mengoptimalkan nama dan deskripsi saluran video Anda. Deskripsi tidak boleh hanya diisi dengan kata kunci, tetapi juga memberikan ikhtisar yang ramah pengguna tentang chanel anda. Di luar ini, kata kunci sangat penting. Misalnya, jika anda mengoptimalkan untuk YouTube, anda bisa mendapatkan inspirasi dari fitur pelengkapan otomatis platform. Mulailah mengetik topik video anda dan lihat apa yang muncul di bidang pencarian, yang pada dasarnya adalah daftar kata kunci yang disarankan, memberi tahu Anda dengan tepat apa yang dicari orang di YouTube.

#9. Optimalisasi Gambar Memainkan Peran Lebih Besar dalam Pencarian

Gambar, bila digunakan dengan benar, akan membantu pembaca atau pencari informasi lebih memahami sebuah artikel pada konten website anda. Mungkin kita  pernah mendengar sebuah pepatah yang mengatakan "Sebuah gambar bernilai seribu kata", bagi google mungkin ini tidak berlaku, namun akan menjadi pasti benar ketika anda menuliskan artikel dalam 1.000 kata yang membosankan, tanpa menyertakan gambar yang bisa mengilustrasikan apa yang anda maksud dalam sebuah diagram atau diagram aliran data, atau hanya membuat postingan media sosial lebih menarik. Itulah pentingnya gambar dalam sebuah konten.

Jadi bagi anda yang saat ini masih merasa tidak perlu menyertakan gambar pada sebuah artikel, saatnya sekarang anda merubah paradigmaa penulisan konten website anda. Gunakanlah gambar yang relevan dan berkualitas tinggi, dan pastikan untuk menyesuaikan nama file, memberi label pada file foto sehingga relevan dengan konten di halaman yang sesuai. Gunakan tag alt, yang digunakan crawler untuk mengklasifikasikan gambar. Terakhir, tambahkan gambar ke peta situs Anda, yang akan lebih mudah dirayapi.

#10. Pentingnya Penggunaan Kata Kunci Yang Berhubungan Secara Semantik

Jika dulu para pakar SEO hanya fokus pada kata kunci atau keyword utama dan seolah-olah mereka menutup mata dengan menerapkan kata kunci turunan. Namun seiring dengan perkembangan teknologi mesin pencarian kita harus mengakui bahwa kata kunci sekunder sama pentingnya dengan kata kunci utama. Pencarian semantik dan pengoptimalan yang maksud akan semakin menonjol di masa mendatang. 

Saat ini mesin pencarian Google tidak hanya sekedar melihat rangkaian kata lagi. Namun lebih dari itu google mampu menganalisis konteks permintaan atau kueri dan mencoba untuk membedakan apa maksud dari pengguna melakukan pencarian kata kunci yang dimasukan, hal ini tentu akan semakin banyak informasi relevan yang diberikan - melalui kata kunci primer dan sekunder yang secara logis saling memiliki keterkaitan.

Bagaimana agar konten yang anda buat bisa dilakukan pada pencarian semantik?. maka anda harus melakukan hal berikut; buat konten yang dirancang untuk menjawab pertanyaan yang akan diajukan audiens target Anda. Optimalkan konten untuk kelompok topik tertentu daripada hanya berfokus pada kata kunci. Terakhir, gunakan data terstruktur jika logis. Yang terpenting, jangan menulis artikel yang ditujukan untuk bot (robot) tetapi pastikan tulisan tersebut ditujukan untuk manusia.

#11. Daftar Pencarian Lokal Akan Memainkan Peran Lebih Besar dalam Strategi SEO

Ketika orang berpikir tentang internet, mereka sering memikirkan sifat globalnya. Faktanya, kebanyakan orang menggunakan mesin pencari untuk menemukan barang dan jasa yang dilokalkan, maksudnya disini adalah kata kunci yang menyertakan lokasi bisnis yang mereka cari. Mereka mungkin berburu restoran lingkungan, misalnya. SEO lokal itu penting - dan terus berkembang. Evolusi ini sebagian karena meningkatnya pencarian tanpa klik - yang oleh beberapa pemasar SEO menjuluki normal baru.

Dalam penelusuran tanpa klik, kueri pengguna dijawab melalui SERP itu sendiri. Dengan demikian, mereka tidak meng-klik hasil peringkat mana pun. Salah satu alasan meningkatnya pencarian zero-klik adalah peningkatan fitur snipet pilihan. Banyak penelusuran tanpa klik merupakan pencarian lokal yang akan menampilkan hasil di SERP inilah yang disebut sebagai "paket lokal".
google my business

Gambar diatas merupakan contoh Google My Business, ketika anda mengetikan kata kunci "toko bunga regol" maka akan muncul toko bunga bandung Raka Florist

Untuk dapat masuk kedalam pencarian lokal anda harus memasukkan bisnis Anda ke dalam paket lokal. Langkah pertama yang anda lakukan adalah mulailah dengan membuat halaman Google My Business. Memiliki profile backlink yang kuat juga sangat penting. Anda bisa memeriksa jenis backlink yang didapat dari kompetitor atau pesaing anda sebagai inspirasi dalam menarget audiens anda.

#12. Jadikan Data dan Analisis Sebagai Prioritas Jika Ingin Terdepan Dalam Pemeringkatan

Penerapam Data Sains memungkinkan anda bisa memahami prilaku pembeli, memvisualisasikan kampanye, dan membuat pesan bertarget. Melalui analitik juga dapat membantu anda memverifikasi URL mana yang dirayapi, mengidentifikasi sumber rujukan, memeriksa waktu pemuatan halaman, pengindeksan, pengalihan, kesalahan respons, rasio pentalan, dan banyak lagi yang bisa dilakukan melaui analitik. Anda juga dapat menggunakan data sains untuk mengidentifikasi halaman yang anda tidak dikehendaki untuk dilakukan crawler mengindeks dan menunjukkan sumber lalu lintas yang tidak biasa, seperti situs yang berpotensi spam (yang justru akan merusak kredibilitas EAT Anda).

Bagaimana anda bisa menganalisa situs yang akan anda optimasikan?, Tentunya anda harus menggunakan bantuan alat analisis yang berbasis pada data sains, terdapat banyak tool analisis industri SEO di luar sana. Salah satunya anda bisa menggunakan Ahref dan SEMrush SEO Toolkit untuk kebutuhan analisis data SEO anda, mulai dari pelacakan peringkat hingga penelitian kompetitif, SEO pada halaman, SEO teknis, pembuatan tautan, dan banyak lagi.

Itulah gambaran trend dan strategi SEO tahun 2021 yang direferensikan dari berbagai sumber. Semoga anda pelaku dan pegiat SEO bisa mendapatkan manfaat dari artikel ini, dan bagi anda pelaku bisnis yang ingin mengembangkan strategi bisnis yang memanfaatkan platform digital dengan website sebagai media pemasarannya semoga anda bisa merancang strategi dan SEO yang tepat sesuai perkembangan dan trend  SEO di tahun 2021.

1 komentar untuk "Trend dan Strategi SEO Tahun 2021"

Posting Komentar

Berlangganan via Email