Membuat Website Dengan Menggunakan Google Sites

Membuat website dengan google sites
Membuat Website Dengan Menggunakan Google Sites - Seperti yang sudah kita ketahui bahwa google menyediakan berbagai fitur produk untuk penggunannya, mulai dari layanan Email, Blog, Google Doc, Youtube, dan berbagai layanan lainnya. Salah satunya yang akan saya ulas Pada postingan kali ini adalah cara bagaimana anda membangun website dengan menggunakan layanan yang sudah disediakan oleh google yaitu dengan Google Sites.

Apa Itu Google Sites?

Google Sites merupakan platform untuk membuat website yang disediakan oleh google, platform pembuat website ini semula dikembangkan oleh JotSpot sebelum akhirnya di akuisisi oleh google pada tahun 2006, dan tepat pada tanggal 1 Juni 2006 platform ini di re-building full kemudian diluncurkan kembali sebagai Google Sites dan resmi sebagai bagian dari Google OfficeSuite for Business.

Google Sites ini sekilas memang terlihat seperti platform pembuatan website, namun saya pribadi beranggapan google sites ini kurang cocok digunakan ketika harus membangun sebuah website bisnis yang komplek, ini akan lebih cocok untuk membuat situs wiki dan intranet perusahaan. Namun demikian fitur yang ada pada google sites ini sangat mudah digunakan dalam pembuatan website khususnya bagi anda yang belum pernah membangun website dan ingin membangunya dengan cepat dan mudah ini dapat menjadi solusi bagi anda.

Bagaimana Cara Membuat Website Dengan Google Sites?

Dikarenakan Google Sites ini merupakan layanan yang disediakan oleh Google, maka hal pertama yang wajib anda miliki adalah sebuah akun email, yah.!, anda harus mempunyai akun google atau gmail untuk bisa mengakses layanan google lainnya, jika anda belum memiliki akun di google silahkan anda bisa klik disini untuk membuat akun google terlebih dahulu. 

Ok, ketika anda sudah membuat akun google anda sudah bisa menggunakan untuk mengakses layanan google, silahkan anda login untuk masuk, anda nanti akan dibawa ke dasbord Google Sites, jika anda baru pertama membuka google sites disitu akan menampilkan halaman yang hampir sepenuhnya kosong, seperti gambar dibawah ini:

Google Sites Blank
Tampilan gooles Sites pertama kali diakses


Jika anda sudah masuk kehalaman diatas, berikutnya silahkan anda ikuti langkah-langkah sebagai berikut: 

Langkah #1. Buat Situs Baru Dan Beri Nama

Langkah pertama yang anda lakukan adalah dengan klik tanda "+" yang berada disebelah kanan bawah pada dashboard Google Sites, 
create google sites
Klik tanda "+" untuk membuat website baru

Setelah anda klik tombol "+" untuk membuat situs baru, maka anda akan dibawa menuju layar pembuatan situs baru, perhatikan disebelah kiri atas anda akan melihat bahwa situs anda belum diberikan nama dan masih berupa kolom placeholder yang tertulis "Halaman Tanpa Judul" atau "Untitled Site" jika anda menggunakan bahasa inggris. Silahkan masukan nama Website yang anda inginkan. disini saya memberikan nama website saya sebagai "Rakaflorist.id"

Nama Google Sites
Pemberian Nama Google Sites

Proses pemberian  nama pada situs website anda sudah selesai, proses selanjutnya adalah memilih tema yang sesui dengan keinginan anda. Proses selanjutnya masuk pada langkah atau tahap berikutnya yaitu proses pemilihan tema website. 

Langkah #2. Memilih Tema Situs

Untuk memilih tema situs yang anda inginkan, berikutnya silahkan anda pilih panel sebelah kanan dashboard Google Sites, disitu terdapat tiga pilihan yaitu; sisipkan, halaman dan tema, selanjutnya anda pilih tema. Untuk saat ini google sites baru tersedia 6 tema, silahkan anda pilih salah satu yang menurut anda bagus untuk dijadikan tema pada website anda
Memilih tema pada google sites
Memilih tema pada google sites

Google Sites saat ini hanya menyediakan tema yang sangat terbatas yaitu baru ada 6 tema, itupun desainya menurut saya masih sangat kurang bagus, tapi harapan saya pribadi semoga kedepan  google akan lebih meningkatkan lagi desain dan performa dari google sites. Tapi untuk saat ini okelah, karena fitur google sites sendiri gratis tis..!!.

Langkah #3. Pilih Tampilan

Langkah berikutnya setelah anda menentukan pilihan tema untuk website anda adalah memilih tampilan atau layout tata letak dari situs yang akan anda buat, masih pada panel sebelah kanan, anda klik opsi sisipkan, disini anda akan disajikan kumpulan tata letak prebuilt yang bisa anda sisipkan pada halaman-halaman website anda dengan sekali klik saja.  

Pada opsi sisipan anda akan melihat opsi untuk menambahkan elemen seperti Teks, Gambar, dan Tombol di halaman situs anda. Ada juga kumpulan widget Google Services seperti Sheets, forms, docs, slides, picture, calendar, dan lain-lain.
panel tata letak google sites
Panel Tata Letak Google Sites

Silahkan klik pada elemen atau tata letak yang anda inginkan untuk mengedit google sites anda.

Langkah #4. Menambahkan Konten Ke Beranda

Setelah memilih tema dan setting tata letak, selanjutnya sekarang kita menambahkan konten ke situs website kita. Pada tahap sebelumnya, website yang kita buat masih kosong, baru sekedar memilih tema dan setting tata lelat website kita. Langkah-langkah yang akan kita kerjakan dalam membuat sebuah konten website adalah sebagai berikut: 

4.1 Mengedit Halaman Header

Mari kita mulai dengan mengedit Halaman Header. Caranya cukup dengan klik pada halaman header untuk mengedit konten teks. Disini saya memberikan atau menamai halaman header ini sebagai Home seperti gambar berikut ini: 
Halaman Header Google Sites
Halaman Header Google Sites


Pada pemilihan header ini anda bisa memilih tata letak yang berbeda-beda sesuai yang anda inginkan, dalam hal ini saya hanya memilih atau menggunakan header tipe banner saja, jika anda ingin merubah jenis header silahkan arahkan kursor ke halam header, nanti akan muncul ubah gambar dan jenis header di sebelah kiri bawah bagian header, silahkan anda pilih jenis header maka akan muncul 4 opsi pilihan header yaitu: Sampul, Spanduk Besar, Spanduk dan Hanya Judul. silahkan sesuaikan pilihan anda.

4.2 Mengedit Gambar Sampul

Gambar sampul merupakan bagian background pada header suatu halaman website, dan untuk mengubah gambar sampul, pindahkan kursor ke gambar yang ada dan pilih Ubah Gambar. anda bisa merubah gambar dengan memilih opsi "Pilih Gambar", dan juga anda bisa merubah gambar dengan upload gambar dari komputer anda melaui opsi atau pilihan "Upload".

Google Sites mendukung pilihan atau opsi Multiple Image Source yang memungkina untuk mengambil berbagai sumber gambar baik dari sumber lokal seperti; drive komputer, atau melaui jaringan internet melalui url situs lain, seperti search engine, google drive, galeri, dan album yang sudah ada.
Merubah Gambar Sampul Google Sites
Merubah Gambar Sampul Google Sites


Pada artikel tutorial ini, saya akan memilih gambar dari drive komputer saya dengan mengupload gambar untuk sampul yang menurut saya sesuai dengan tema website saya. dan berikut adalah tampilan gambar sampul untuk website saya: 
gambar sampul setelah di ubah
Gambar Sampul yang sudah di Rubah

4.3 Menambahkan Konten ke Halaman

Sekarang saya akan menambahkan sebuah konten pada halaman Home. Saya memilih untuk membuat tata letak yang ingin saya tampilkan, dan disini saya memilih untuk membuat sebuah tampilan 2 kolom dimana saya akan menempatkan gambar dan teks secara horizontal yaitu gambar disebelah kiri dan tulisan atau deskripsi berada disebelah kanan. Dalam hal ini tentunya anda juga mempunyai selera masing-masing jadi silahkan pilih yang mana anda sukai.

Untuk membuat sebuah konten pada halaman tersebut tidaklah sulit, karena cukup dengan klik dan seret ke bagian yang ingin anda masukan, maka konten suda siap di tulis. Caranya dengan memilih opsi sisipkan pada panel sebelah kanan maka anda akan menemukan banyak pilihan konten, dan anda bisa memilihnya antara memasukkan Gambar, Video Youtube, Google Kalender atau Peta. Ini semua adalah aplikasi yang disediakan oleh Google, sebuah fitur yang memberi Google Sites keunggulan dibandingkan banyak Platform Pembuatan Situs lainnya

Tampilan hasil dari pengisian konten yang saya buat dapat dilihat sebagai berikut: 
Konten Google Sites
Konten Google Sites


Proses pembuatan konten tersebut diatas dengan cara memilih opsi sisipkan, kemudian saya memilih tata letak layout untuk image dan teks seperti berikut: 
memasukan konten gambar dan text pada google sites
Memasukan konten gambar dan text pada Google Sites

4.4 Menambahkan Layout Baru

Website yang sudah anda buat dengan menggunakan Google Sites tentunya anda juga ingin lebih banyak lagi menampilkan konten-konten lain, Saya akan menambahkan tata letak lain tepat di bawah yang baru saja saya edit seperti pada gambar di atas. Untuk melakukan itu, yang perlu kita lakukan adalah dengan mengklik opsi Sisipkan di sisi kanan atas halaman ini dan memilih tata letak baru. Saya akan mengulangi prosedur yang sama di atas untuk menambahkan konten ke bagian tata letak baru.
Menambah Layout Baru Pada Google Sites
Menambah Layout Baru Pada Google Sites

Setelah saya menambahkan konten baru, inilah tampilan situs web saya, anda bisa perhatikan tampilanya, dan anda bisa memilih sesuai yang anda inginkan, dalam hal ini saya hanya membuat utuk tampilan sederhana saja seperti berikut ini: 
Hasil penambahan konten
Hasil penambahan konten

Sekali lagi hasil screenshoot tersebut diatas hanyalah sekedar contoh dari selera saya saja utuk kepentingingan tutorial dalam artikel ini, tentunya anda bisa menentukan sendiri model konten seperti apa yang menurut anda bagus.

4.5 Menambahkan Footer

Ikuti terus langkah-lagkah dan prosedur dalam pembuatan halaman Home, sampai anda sudah benar-benar paham untuk membuatnya. Setelah anda menyelesaikan halaman ini, langkah berikut akan saya tunjukan bagaimana menambahkan footer ke halaman anda. Untuk melakukannya, scroll ke bagian bawah, dan letakan kursor pada halaman beranda, nanti pada bagian bawah halaman akan muncul (tambahkan footer) selanjutnya klik tombol Add Footer seperti gambar yang saya tunjukkan di bawah ini: 
Menambah Footer Halaman Google Sites
Menambah Footer Halaman Google Sites

Anda dapat menambahkan teks ke footer dan menyesuaikan tampilannya agar seperti apa yang anda inginkan. Untuk tampilan footer pada situs saya seperti gambar berikut:

Langkah #5. Menambahkan Halaman Baru

Sebuah website lazimnya memiliki banyak halaman yang memuat jenis informasi berdasarkan kategori dari website itu sendiri, seperti halnya Halaman beranda atau Home yang memuat ringkasan dari keseluruhan konten website, Halaman Profile yang memuat informasi tentang profile dari situs web itu sendiri, Halaman Layanan, Halaman Produk, halaman kontak dan lain-lainnya. 

Setelah selesai membuat halaman Beranda atau Home, tentunya anda ingin menambahkan sebuah halaman website baru untuk menampung informasi atau isi dari konten tertentu, berikut langkah-langkah yanng harus anda lakukan untuk menambah halaman baru pada Google Sites, klik opsi Halaman di sisi kanan panel layar pembuat halaman lalu klik tombol "+" di bagian bawah.  lebih jelasnya seperti gambar berikut: 
menambah halaman pada google sites
Menambah halaman pada Google sites

Klik tombol “+” kemudian tambahkan nama halaman di jendela yang muncul. Untuk website saya sendiri saya memberi nama halaman baru ini sebagai "Tentang Kami"
Halaman tentang kami
Cara pembuatan Halaman pada google sites

Halaman baru yang menggunakan tema yang sama telah saya bbuat. Perhatikan bahwa pada menu di sisi kanan atas, itulah menu yang menunjukkan nama halaman.

Jika Anda ingin menambahkan URL kustom untuk halaman ini, klik opsi drop-down Lanjutan pada screenshot di atas, lalu ketik URL kustom Anda, lalu klik Selesai.
Halaman tentang kami pada google sites
Halaman tentang kami pada google sites

Sekarang saya akan mengulangi langkah ke-4 di atas untuk menambahkan konten ke halaman baru. Berikut adalah tampilan halaman Tentang Kami setelah menambahkan konten ke dalamnya.
halaman tentang kami
Halaman Tentang Kami

Tambahkan semua halaman yang anda perlukan untuk website anda dengan mengulangi langkah 4 dan 5, lalu lanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah #6. Manajemen Website

Sebelum anda mempublikasikan website anda kepada masyarakat duna online, langkah yang harus anda lakukan adalah anda perlu mengatur dan mengkonfigurasi beberapa elemen penting dengan mengklik ikon tiga titik di sisi kanan atas layar pembuat halaman. Di sini, anda bisa menambahkan favicon, menambahkan URL khusus, mengubah pengaturan informasi website, meamsang analitik website, memasang logo perusahaan atau bahkan membuat duplikat website,
menu setting google sites
Menu Setting Google Sites

Jika anda ingin menampilkan favicon, pada website silahkan klik setting dengan memilih icon roda gear yang berada sebelah kiri dari icon titik tiga. Favicon adalah ikon yang terkait dengan situs web tertentu, biasanya ditampilkan di bilah alamat browser yang mengakses situs atau di samping nama situs di daftar bookmark pengguna., untuk membuat favicon caranya seperti gambar berikut: 
Setting Google Sites
Setting Google Sites

Jika Anda memiliki URL kustom, seperti www.domainanda.com, Anda dapat menambahkannya dengan mengklik opsi URL kustom dari screenshot di atas.

Secara default, website yang baru anda buat akan dapat dilihat oleh siapa saja. Untuk mengontrol akses ke situs web Anda, saya akan mengklik ikon tambahkan orang di sisi kanan atas layar. Perlu di ketahui bahwa situs yang anda buat akan dapat dilihat oleh semua orang sehingga mereka bisa mengedit dan merubah halaman situs, hal ini tentunya harus diantisipasi dengan memberikan hak akses tertentu kepada siapa saja yang bisa atau berhak mengedit dan siapa saja yang hanya boleh melihat-lihat saja.

Bagaimana cara memberikan izin kepada orang-orang yang boleh menjadi admin?, anda tinggal masukan email pada kontak anda dengan cara klik tombol orang seperti dibawah: 
Menambah user sebagai admin website

Selanjutnya anda akan disajikan menu atau form inputan untuk memasukan alamat email orang yang anda pilih sebagai admin website anda, selanjutnya pilih level editor dengan mengklik tombol segitiga kecil disebelah form inputan email. Disini ada 2 level yang memiliki privilage yang berbeda-beda, jika anda memilih sebagai editor berarti anda memberi akses seseorang untuk bisa merubah, mengedit, menambah dan menghapus konten, namun jika anda memberikan hak akses sebagai Pengakses lihat saja yang dibagikan berarti orang tersebut hanya bisa melihat tampilan website saja tanpa bisa mengedit ataupun merubah konten.
menambah akses google sites
Menambah akses google sites

Langkah #7. Mempublikasikan Website

Setelah tahapan manajemen website dilalui dengan melakukan pengeditan website anda dan anda sudah memastikanya bahwa semua website telah memenuhi persyaratan, maka langkah terakhir adalah mempublikasikan website anda. Caranya dengan memilih panel di sisi kanan atas layar, lalu kemudain klik tombol Publikasikan.
Publikasi google sites
Publikasi Google Sites

Setelah mengklik tombol publikasikan selanjutnya akan muncul jendela popup, disini anda harus menuliskan nama alamat website yang akan ditampilkan, atau jika anda sudah memiliki nama domain sendiri anda bisa memasukan nama domain anda pada isian kelola domain.
Publikasi Website Google Sites
Form Popup Publikasi Google Sites

Setelah proses pengisian pemberian nama website dan pengelolaan website sudah selesai maka tahapan selanjutnya adalah anda klik tombol publikasikan. maka proses pembuatan website sudah selesai dan website anda sudah dapat diakses oleh semua orang secara online.

Kelebihan dan Kelemahan Google Sites

Kelebihan :

  • Cepat dan sangat mudah untuk diedit.
  • Google Sites gratis selama Anda memiliki akun Google.
  • Anda tidak perlu memiliki keahlian pengembangan web untuk menggunakannya.
  • Anda tidak perlu menginstal perangkat lunak apa pun.
  • Terintegrasi dengan aplikasi Google sehingga memberikan keunggulan dibandingkan pembuat situs web lain.
  • Ini sangat ideal untuk pemula yang ingin membangun situs web untuk pertama kalinya.

Kelemahan:

  • URL situs harus dimulai dengan sites.google.com/site/ kecuali Anda memiliki URL kustom.
  • Google Sites memiliki fungsionalitas yang terbatas dibandingkan dengan beberapa pesaingnya.
  • Aplikasi hanya terbatas pada Google Apps. Memasukkan aplikasi di luar Google Apps seringkali dapat menimbulkan masalah.
  • Ini bukanlah platform pembuat situs web yang baik untuk skala bisnis yang besar karena penyesuaiannya yang terbatas.
  • Template yang tersedia sangat mendasar dibandingkan dengan platform pembuat situs web lainnya.

Kesimpulan 

Membuat website dengan meggunakan Google Sites merupakan pilihan bagi anda yang ingin istant dalam membangun sebuah website profile, karena hal ini dapat dikerjakan dalam waktu beberapa menit, tanpa menulis satu baris kode pun.

Meskipun Google Sites jelas tidak memiliki fitur lanjutan, ini mudah dan gratis. Jadi jika anda merasa gagap teknologi, cobalah menggunakan google sites, mungkin itu akan mempersiapkan anda untuk meluncurkan website profesional dalam waktu dekat.

Tidak ada komentar untuk "Membuat Website Dengan Menggunakan Google Sites"