Tips Menghadapi Perubahan Algoritma Instagram

Tips Menghadapi Perubahan Algoritma Instagram

Tips Menghadapi Perubahan Algoritma Instagram - Mungkin anda pernah berpikir kenapa postingan anda saat ini berbeda dengan postingan pada satu dua tahun yang lalu. Dulu pada saat sekali posting tidak memerlukan waktu satu jam sudah mendapatkan 100 like tapi saat ini kenapa yah sudah lebih dari 24 jam postingan tapi follower yang like belum mencapai 100, nah apa penyebabnya?, apakah karena produk sudah tidak menarik ataukah karena kontenya sudah mulai jelek, atau karena algoritma programnya sudah berubah.

Ok, memamg bisa jadi karena faktor perubahan algoritma instagram yang mempengaruhi penurunan engagement dari postingan anda, namun daripada kita fokus untuk mencari sesuatu tentang bagaimana untuk bisa memaksimalkan akun instagram kita ditengah perubahan algoritma instagram yang justru hanya akan membuang waktu dan tenaga akan lebih baik kita melakukan sesuatu yang benar-benar bisa kita kontrol agar kita bisa menjadi pemenang pada tahun-tahun yang akan datang.

#1. Goal is Connection

Instagram akan memberikan notice untuk akun-akun yang memiliki banyak koneksi antara kita dengan follower yang memiliki engagement tinggi. Minimal dengan semakin banyak koneksi ada komen, like dan share itu berarti mengindikasikan kualitas postingan kita lebih baik, dengan demikian akan menaikan rating dari postingan kita, kemungkinan besar akun kita muncul di explorer, ataupun di feeds akun instagram follower kita. Untuk itulah makanya ketika ada komen, ada like sebisa mungkin kita harus meresponsnya untuk tetap mempertahankan koneksi kita dengan para follower.

Bagaimana untuk menciptakan Goal is Connection?, yups.. Content is the King, untuk memenangkan kompetisi bisnis melalui kanal sosial media khususnya Instagram konten adalah hal yang utama. Daripada kita pusing memikirkan algoritma yang selalu berubah lebih baik kita fokus membangun konten yang berkualitas, karena pada saat konten yang kita buat memiliki value dan dapat menginspirasi maka otomatis konten kita akan banyak yang merespon baik berupa like, komen ataupun share.

#2. Visit Your Insight

Jangan lupa untuk kunjungi insight instagram anda, apa itu insight?. Instagram Insight merupakan fitur dari yang dapat memberikan informasi mengenai konten yang anda posting, termasuk anda bisa mengetahui berapa jumlah interaksi yang terjadi pada postingan akun Instagram anda, mengetahui informasi data diri berupa jenis kelamin, usia, dan lokasi dari follower atau orang-orang yang melihat postingan anda.

Sebelumnya harus anda ketahui bahwa Instagram insight hanya bisa di lihat jika akun instagram anda sudah menjadi akun bisnis, jadi sangat disarankan jika anda ingin serius menggunakan instagram sebagai platoform sosial media untuk berbisnis maka akun instagram anda harus dirubah menjadi akun bisnis, kenapa demikian? karena dengan merubah akun menjadi akun bisnis, instagram akan memberikan kesempatan kepada anda untuk merview perkembangan konten anda.

Melalui insight instagram ini kita akan mendapatkan banyak informasi tentang konten mana saja yang terbaik dari yang pernah kita posting, kita bisa mengetahui audiens kita dari mana saja, kita juga bisa mengetahui waktu atau timing kapan saja follower kita merespon.

Pada insight instagram kamu dapat mereview 3 hal sebagai berikut:

1. Konten.

Jika anda dapat melihat konten mana yang memiliki respon yang cukup bagus dari situ anda akan dapat langsung meriview, misalkan konten feeds dan konten stories mana kira-kira yang memiliki respon yang bagus dan memiliki jangkauan yang cukup banyak, maka dari situ anda bisa mengetahui konten apa yang dikehendaki oleh followers kita.  

2. Aktifitas

Lebih banyak tentang apa yang kita lakukan diakun instagram kita, seperti berapa jam aktifitas kita, seberapa sering kita membuat postong, dan anda juga bisa melihat reach atau jangkauan postingan kita ada berapa banyak, berapa banyak yang klik link, berapa banyak yang visit ke profile kita, itu semua dapat dijadikan bahan review bagi anda.

3. Audiens/ Followers

Dari audiens kita bisa melihat informasi tentang follower kita, seperti berapa usia mereka, jenis kelamin dari audiens kita paling banyak pria atau wanita, jam berapa mereka banyak merespon postingan kita. nah dari sini kita bisa membuat postingan yang tepat karena kita sudah bisa mengetahui banyak tentang tipikal dari audiens kita baik dari segi timing, respon dan target audiens yang akan kita jangaku. 

#3. Direct Message

Hampir setiap platform digital khsusnya sosial media pasti memiliki fitur Direct Message (DM) atau pesan langsung, yang berfungsi sebagai interaksi personal antara pengguna platform sosial media ini, tidak terkecuali pada Instagram ini juga memiliki fitur untuk mengirim pesan atau message secara private dan personal. DM ini sangat bermanfaat untuk menambah koneksi kita kepada lebih banyak orang. 

Penggunaan fitur Direct Message ini tentunya harus dapat digunakan dengan bijak, jangan sampai anda membuat kesan spam terhadap akun instagram orang lain. Fokus dari penggunaan fitur ini adalah untuk membangun koneksi terhadap mereka-mereka yang memiliki kesamaan value, passion, hobi dan ketertarikan jadi pastikan anda melakukan direct message kepada mereka yang benar-benar memiliki kesesuaian minat dan passion anda dengan mereka.

Melalui DM anda bisa membangun personifikasi dengan lebih intim dan akrab, sehingga akan menciptakan psikologi komunikasi yang baik yang berdampak pada build relation anda. Sampaikan pesan perkenalan anda mealui fitur ini, mungkin hanya sekedar perkenalan diri anda kepada follower-follower anda yang sekiranya memiliki kesamaan value dengan diri anda, jika anda melakukan hal ini sesering mungkin maka akan dapat dipastikan koneksi anda akan terbangun secara perlahan, yang terpenting anda lakukan hal ini dengan bijak dan konsisten.

#4. Instagram Stories

Apa itu Instagram stories?. Instagram stories merupakan fitur yang ada pada instagram untuk share atau berbagi aktifitas baik kirim foto atau video dengan durasi yang tidak lebih dari 24 jam. Melalui pemanfaatn fitur ini akan meningkatkan kepercayaan konsumen atau follower anda dalam rangka pengembangan bisnis yang anda bangun. 

Melalui fitur ini anda juga dapat mengajak followers untuk mengetahui apa yang anda lakukan diluar aktifitas primer anda seperti kegiatan di balik layar melalui share video behind the scene. Misalnya, video proses produksi, pengenalan personal tim pendukung unit usaha anda, share gathering karyawan dan lain sebagainya. Dengan menampikan konten-konten semacam itu bukan hanya mampu membangun koneksi yang baik dengan follower anda atau calon konsumen, namun akan menciptakan image positif bagi bisnis anda dimata audiens.

Fitur instagram stories juga bisa dimanfaatkan untuk remainder follower anda, ketika anda akan mengadakan berbagai even, seperti halnya Facebook Live Video, zoom meet atau webinar. Sehingga dengan demikian, mereka dapat berpartisipasi, atau bahkan memungkinkan mereka untuk mengikuti chanel media sosial anda yang lain.

#5. Hastag (Tagar)

Jika anda sering melihat foto atau video di media sosial yang disertai dengan caption beserta tanda tagar atau hashtag (#), tidak usah heran. Karena di balik itu semua ada maksud dan fungsi tersembunyi. Hastag atau tagar awal mulanya hanya diguanakan pada sosial media Twitter. Namun seiring dengan perkembanganya saat ini tagar sudah merambah ke media sosial lainnya seperti Instagram, Facebook, Tumblr, dan lain sebagainya.

Apasih fungsi hastag itu?, berikut beberapa fungsi hastag atau tagar diantaranya:

1. Mengelompokan Konten agar mudah dalam pencarian

Fitur tagar ini lah yang kemudian mewakili suatu percakapan yang sedang hangat dibicarakan, sehingga orang lain bisa mengikuti percakapan mengenai satu topik tertentu. Dengan menyertakan hashtag atau tagar pada postingan tersebut, maka nanti semua update tentang postingan yang anda buat akan terorganisir dan terkelompok dengan baik.

2. Untuk kebutuhan branding dan promosi

Media sosial bisa berfungsi untuk kebutuhan bisnis. Jadi, selain untuk pengelompokan konten dan memudahkan pencarian, hashtag atau tagar juga berfungsi untuk kebutuhan branding dan promosi di media sosial. Dengan cara membuat hashtag yang spesial pada setiap postingan, maka akan menjadikan ciri khas bagi sebuah brand.

3. Untuk kampanye lintas platform

Hashtag atau tagar juga bisa digunakan untuk melakukan kampanye lintas platform media sosial. Misalkan saja, jika biasanya kita menyertakan hashtag atau tagar Instagram, maka dengan menyertakan hashtag atau tagar di media sosial seperti Facebook atau Twitter tentang postingan yang sama, maka post yang anda share di Instagram akan muncul pula di Facebook atau Twitter dengan mudah karena adanya hashtag yang sama tersebut.

Dengan kata lain, hashtag yang anda tulis di Instagram akan dengan mudah ditemukan juga di Facebook maupun Twitter. Keberadaan hashtag atau tagar di media sosial memang dinilai dapat memberikan manfaat lebih khususnya untuk pemasaran atau promosi secara online.

Itulah beberapa tips atau cara menghadapi perubahan algoritma pada Instagram, mungkin anda memiliki tips lain dalam menghadapi algoritma instagram silahkan berbagi disini dengan memberikan komen pada kolom komentar dibawah ini.

Tidak ada komentar untuk "Tips Menghadapi Perubahan Algoritma Instagram"