Sistem Informasi Manajemen Sekolah

Sistem Informasi Manajemen Sekolah

Sistem Informasi Manajemen Sekolah – Wabah Covid-19 yang sedang melanda dunia memang mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit, bukan hanya sektor Kesehatan saja yang menjadi fokus, namun saat ini sudah masuk ke sektor lain, seperti sosial, ekonomi dan Pendidikan, Sektor Pendidikan juga sangat dirasakan sekali dampaknya, berapa banyak sekolah dan kampus yang menghentikan kegiatan belajar mengajarnya akibat pandemi ini.

Pandemi Covid-19 ini memang masih belum ada yang bisa memastikan kapan akan berakhir, namun kondisi ini tidak berarti harus didiamkan begitu saja, proses belajar mengajar harus tetap berjalan, untuk menyelamatkan generasi masa depan bangsa, dapat dibayangkan jika hal ini dibiarkan tanpa kepastian, maka apa yang akan terjadi beberapa tahun yang akan datang generasi usia sekolah akan seperti apa?. Untuk itulah pemangku kebijakan dalam hal ini pemerintah berikut pihak terkait harus memberikan solusi untuk menerapkan bagaimana proses belajar mengajar dengan mengadaptasi kebiasan baru. 

New Normal atau kebiasan baru merupakan prilaku aktifitas yang bisa diterapkan ditengah ketidakpastian pandemic covid-19 untuk semua sektor usaha. Pada sektor Pendidikan tentunya kita bisa menerapkan New Normal untuk menjalankan aktifitas dunia Pendidikan salah satunya dengan penggunaan Platform yang bisa digunakan tanpa harus face to face didalamm ruang kelas, Bisa dengan Sistem Informasi Manajemen Sekolah ataupun aplikasi pembelajaran jarak jauh atau yang kita kenal dengan istilaah eLearning.

Manfaat Penerapan Platform Sistem Pendidikan

Manfaat penerapan Platform Sistem Pendidikan tentunya akan sangat membantu bagi Lembaga Pendidikan untuk tetap bisa melakukan aktifitas kegiatan belajar mengajar, terlebih di era pandemi seperti  saat ini yang mengharuskan kita wajib menjaga jarak dan meminimalisir pertemuan face to face agar agar bisa memutus rantai penularan Covid-19. Bagi Lembaga pendidkan sendiri dengan penerapan platform ini tentunya akan menghemat biaya operasional sehingga mengurangi beban pengeluaran.

Manfaat bagi peserta didik juga sangat membantu mereka dalam mengakses sistem pembelajaran tanpa harus hadir dikelas, tanpa mengeluarkan uang transportasi dan uang saku untuk berangkat sekolah, untuk orangtua atau wali siswa sendiri akan mudah memantau kegiatan belajar anaknya, termasuk bisa mengetahui sistem dan modul atau materi apa yang sedang dipelajari, dengan belajar dari rumah orang tua akan merasa aman karena belajar anaknya masih didalam lingkungan rumah.

Tujuan Penerapan Sistem Informasi Manajemen Sekolah

Tujuan diterapkannya Sistem Informasi Manajemen Sekolah adalah untuk mengintegrasikan semua divisi atau bagian-bagian terkait. Sekolah merupakan suatu Lembaga Pendidikan yang memiliki kompleksitas dalam kebutuhanya, struktur organisasinya juga berlapis, mulai dari Yayasan, Pengelola Lembaga Pendidikan, Kepala Sekolah, Tenaga Pengajar, Staff, Siswa, Alumni sampai Orang tua. Untuk mengintegrasikan semua itu tentunya tidak bisa diterapkan manajemen konvensional, harus ada Tool manajemen yang bisa menanganinya yaitu dengan penerapan Platform Sistem Informasi Manajemen Sekolah.

Melalui sistem informasi terpadu dari penerapan platform tersebut akan didapatkan informasi yang bisa dijadikan bahan pengambilan keputusan oleh manajemen organisasi tersebut. Sehingga fungsi dan tugas manajemen dapat berjalan sesuai visi dan misi organisasi. Karena sistem informasi ini menyediakan sumber data untuk tiap-tiap level dalam struktur organisasi dimana sistem informasi ini diterapkan. Melalui penerapan sistem informasi manajemen sekolah ini akan dapat mengotomasi semua kegiatan sehingga akan mengefisiensi kebutuhan pada masing-masing level.

Berikut fungsi dan tujuan diterapkanya Sistem Informasi Manajemen Sekolah:
  1. Mempermudah akses data secara akurat dan realtime
  2. Mengefisiensi kebutuhan sumber daya pada sekolah
  3. Menjamin keamanan data melalui sistem kearsyipan
  4. Meningkatkan produktivitas setiap divisi/level
  5. Meningkatkan pengelolaan transaksi keuangan
  6. Sebagai acuan pendukung keputusan manajemen
  7. Untuk menciptakan keunggulan strategis
Penerapan Sistem Informasi Manajemen ini sudah banyak diterapkan diberbagai organisasi baik organisai perusahaan maupun pemerintah. Dan sebagai pendukung pelaksanaan kinerjanya dibutuhkan tool atau platform yang dapat mengakomodir kebutuhan akan sumber data dan informasi yang dibutuhkan dan disesuaikan dengan core bisnis organisasi tersebut.

Banyak sekali vendor yang menyediakan aplikasi atau platform tersebut untuk diterapkan sebagai tool pendukung sistem manajemen informasi yang ingin mereka kembangkan. Pintro.id adalah salah satu dari sekian banyak vendor penyedia layanan eduApp di Indonesia yang sudah malayani ratusan sekolah dan ratusan kampus di Indonesia, siap membantu mengimplementasikan sistem informasi manajemen sekolah untuk lembaga pendidika anda. 

Tidak ada komentar untuk "Sistem Informasi Manajemen Sekolah"

Berlangganan via Email