3 Langkah Sederhana Untuk Mendapatkan 10 Ribu Pengunjung Pertama Anda dari Google


Tips sederhana ini saya sadur dari blog Neil Pattel beliau adalah seorang pakar SEO dunia sekaligus seorang digital marketer dan juga seorang Influencer. Beliau membagikan 3 tips sederhana untuk mendapatkan 10 ribu visitor pertama anda dari google. 

Yang harus anda lakukan untuk mendapatkan 10 ribu pengunjung pertama anda dari google adalah anda harus benar-benar melakukannya dengan konsisten dan bersungguh-sungguh selama 3 bulan berturut-turut. Anda mungkin tidak mendapatkan 10.000 pengunjung dari Google dalam 3 bulan karena beberapa ceruk sangat kecil, namun diharapkan dengan melakukanya secara konsisten anda akan mencapai semua itu.

Berikut 3 Langkah Sederhana Untuk Mendapatkan 10.000 Pengunjung Pertama Anda dari Google: 

Langkah #1: Menemukan Kata Kunci Yang Tepat

Jika anda memilih kata kunci yang salah, hampir dipastikan anda hanya akan mendapatkan sedikit trafik kunjungan ke website anda, dan akan lebih buruk lagi anda tidak akan mendapatkan konversi dari penerapan keyword yang sia-sia. Jadi, pastikan sebelum membuat trafik kunjungan website anda harus menemukan kata kunci yang tepat.

Sebelumnya saya akan menunjukan anda alat pencari kata kunci menggunakan Ubbersugest 

Sekarang, anda pilih opsi navigasi "Keywords" di sidebar.

Laporan ini akan menunjukkan kepada Anda peringkat kata kunci (Keywords) pesaing anda.


Jika anda tidak melihat daftar ribuan kata kunci, itu artinya anda tidak mengetik pesaing yang cukup besar. Dan jika anda tidak tahu siapa pesaing besar, lakukan pencarian di google untuk istilah utama yang terkait dengan bidang anda. Situs-situs di atas adalah pesaing utama Anda.

Silahkan anda anda lihat daftar kata kunci dan carilah semua kata kunci yang terkait dengan bisnis anda, yang memiliki skor tingkat kesulitan SEO (SEO Dificullity - SD) di bawah 40 atau kurang. Skor tingkat kesulitan (SD) menunjukan bahwa semakin tinggi angkanya, semakin sulit peringkat kata kunci tersebut. Semakin rendah angkanya, semakin mudah peringkatnya.

Sedangkan untuk volume (Vol) berarti jumlah orang yang mencari kata kunci setiap bulan. Semakin tinggi angkanya, semakin banyak pengunjung potensial, yang akan dapat mendongkrak peringkat anda.

Ok sekarang kita lanjutkan untuk mengklik "Top Pages" 
Anda akan dibawa ke halaman laporan seperti berikut ini: 
Laporan ini menunjukan daftar halaman kompetitor yang berada diatas anda.

Sekarang dibawah kolom Est.Visit [Estimasi Kunjungan], silahkan anda klik "view all" untuk melihat hasilnya, setiap kali anda mengklik tombol ini, akan menunjukan semua kata kunci yang mengarah ke website anda.

Sama seperti yang anda lakukan dengan laporan kata kunci, saya ingin anda melihat kata kunci yang memiliki SEO Difficulty (SD) 40 atau kurang dan volume 500 atau lebih. Bedanya anda lihat beberapa URL pada laporan Halaman Top. Klik ke situs tersebut sehingga anda dapat melihat jenis konten yang mereka tulis. Hal ini penting karena ini akan memberi anda gambaran tentang jenis konten yang yang disukai google untu di rangking/peringkat.

Ketika Anda membuat halaman yang serupa maka akan ditunjukan kepada anda bagaimana untuk melakukannya, sehingga akan memungkinkan anda untuk mendapatkan hasil yang serupa dengan pesaing anda dari waktu ke waktu.

Sekarang anda memiliki beberapa kata kunci, Diharapkan dengan beberapa kata kunci yang sudah anda miliki anda bisa memperluas daftar dan menemukan kata kunci terkait lainnya.

Kemudian pada menu navigasi klik "Keyword Ideas"

Saat Anda mengetikkan salah satu kata kunci yang ingin Anda cari dalam laporan ini, akan memberi anda banyak daftar kata kunci serupa lainnya.



Pada halaman "Keyword Ideas" ini akan menampilkan semua istilah yang terkait erat dengan kata kunci utama anda.

Misalnya, katakanlah anda membuat daftar kata kunci dari beberapa kata kunci, seperti:
  1. Toko Bunga
  2. Toko Parcel
  3. Cara Menanam Bunga
  4. Membuat Pot Bunga
  5. Membuka Usaha Florist
Anda tidak bisa hanya mengambil semua kata kunci itu dan menulis satu artikel dan memasukkan semua kata kunci karena mereka tidak mirip satu sama lain. Seseorang yang mencari "cara menanam bunga" mungkin tidak tertarik membaca tentang membuka usaha florist.

Jadi dengan mengetikkan kata kunci ke dalam laporan Keyword Ideas, itu akan menunjukkan kepada anda semua kata kunci serupa lainnya yang dapat Anda sertakan dalam satu artikel.

Saat anda melihat di laporan keyword ideas, anda akan melihat beberapa tab pilihan: Suggestions, Related, Questions, Prepositions, and Comparisons.. Diharapan anda membaca setiap tab tersebut, dan itu  akan menunjukkan kepada anda grup yang berbeda dari kata kunci serupa yang mungkin dapat anda sertakan dalam artikel anda (ini akan membahas cara menulis artikel pada langkah 2).

Kita Coba lihat tab Question / pertanyaan.



Anda dapat melihat kata kunci secara drastis berbeda dari tab Related:



Kembali, anda cari semua kata kunci yang memiliki skor SD 40 atau lebih rendah, dan laporan ini mencari kata kunci yang memiliki volume di atas 200. Mungkin anda menganggap 200 merupakan angka yang kecil, namun jika anda menemukan 100 kata kunci yang bagus yang semuanya memiliki volume 200 atau lebih, ,maka itu bisa menambah 20.000 pengunjung potensial perbulanya atau bahkan bisa mencapai 240.000 pertahun. 

Mungkin saat ini akan menjadi sesuatu yang jarang banyak visitor yang mengunjungi website anda, namun mulai saat ini anda akan mendapatkan sebagian dari mereka mengunjungi website anda, bahkan akan bertambah 10% jika anda melakukannya dengan membuat beberapa artikel.

Sasaran anda adalah memiliki daftar minimal 100 kata kunci yang sangat mirip. Anda ingin melakukan ini setidaknya lima kali. Misalnya, ingat bahwa daftar lima kata kunci yang saya sebutkan di atas tidak terlalu mirip satu sama lain ...
  1. Toko Bunga
  2. Toko Parcel
  3. Cara Menanam Bunga
  4. Membuat Pot Bunga
  5. Membuka Usaha Florist
Pastikan anda menggunakan laporan gagasan kata kunci (keyword ideas) untuk setiap kata kunci utama agar dapat menemukan 100 kata kunci lain yang menyertai setiap kata kunci. 

Langkah #2: Menulis Konten

Pada tahapan ini, Anda harus sudah memiliki daftar kata kunci (keywords) setidaknya ada 100 keyword, jika daftar kata kunci anda tidak mencapai 100 kata kunci per grup, maka yang harus anda lakukan adalah kembali ke langkah pertama dan seterusnya. Untuk mendapatkan kata kunci serupa yang akan anda sertakan dalam satu artikel tidak sulit, anda hanya membutuhkan beberapa waktu saja untuk terus mencari dan menemukannya.

Secara umum, prakteknya anda bisa mendapatkan 100 kata kunci dalam waktu kurang dari 8 menit, atau mungkin sedikit lebih lama, namun jika ini dilakukan dan sudah menjadi kebiasaan maka anda akan menganggap mmelakukan ini lebih mudah. Setelah anda menemukan kata kunci tersebut anda sudah bisa melakukan penulisan artikel untuk konten pertama anda.

Untuk kata kunci yang anda masukan akan secara alami terbentuk ketika artikel yang anda buat dianggap masuk akal, dan jika anda melakukanya dengan terburu-buru anda tidak akan bisa secara alami memasukan 100 kata kunci kedalam artikel anda, namun hal tersebut tidak akan menjadi masalah,

Hal terakhir yang anda lakukan adalah memasukkan kata kunci kedalam artikel, dan yang perlu anda ingat adalah anda menulis artikel ini bukan hanya untuk mesin pencari tetapi juga untuk manusia, jadi usahakan pula agar mudah dipahaminya. Sementara itu fungsi utama dari mesin pencari adalah untuk memperingkat website atau halaman anda ke halaman pertama karena mempunyai kata kunci yang tepat. 

Sebelum anda membuat artikel dan mempublikasikanya ke website anda, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan diantaranya :
  • Buat URL Anda singkat - Google lebih suka URL yang lebih pendek.
  • Sertakan kata kunci utama anda dalam tajuk utama Anda - dengan memiliki kata kunci utama dalam tajuk utama anda, Anda akan lebih cenderung untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi.
  • Sertakan tiga kata kunci utama anda dalam tag meta anda - apakah itu tag judul atau deskripsi meta Anda, sertakan setidaknya tiga kata kunci utama di dalamnya. Jangan gunakan banyak tag judul (Title Tag), tapi gunakan meta deskripsi.
Ada banyak hal lain yang bisa anda lakukan untuk mengoptimalkan artikel anda sesuai kaedah SEO, tetapi tujuan anda melakukan itu semua adalah untuk mempermudah anda dalam melakukan optimasi. Jadi, ikutilah tiga langkah sederhana rekomendasi dari Neil Patel ini, Insha Allah anda akan mencapai visitor sebanyak 10.000 pengunjung ke website anda.

Langkah #3: Promosikan Konten Anda

Menulis konten dengan kata kunci yanng tepat dan terstruktur saja masih belum bisa menjadikan anda sebagai pemenang dalam persaingan. Itu baru separuh dari pertempuran yang sesungguhnya, untuk itu tahapan selanjutnya setelah menulis konten yang berisi kata kunci yang tepat adalah melakukan promosi, jika Anda tidak mempromosikan konten atau artikel anda, kemungkinan google tidak akan membaca dan tidak aka memberikan peringkat website anda di hasil pencaria (SERP).

Bagaimana anda memastikan konten anda dibaca dan dirangking oleh google dengan baik?. Pertama, anda perlu membagikan konten yang sudah anda buat ke media sosial (Social Sharing), dan kedua, Anda harus mendapatkan backlink atau tautan balik (link) yang mengarah ke website anda.

Dalam hal pencarian yang dilakukan oleh search engine, mesin pencari tidak perlu peringkat halaman lebih tinggi ketika artikel anda mendapatkan lebih banyak Share di facebook atau twitter, tetapi semakin banyak yang melihat artikel di halaman anda semakin besar kemungkinan anda untuk mendapatkan backlink. Dan semakin banyak backlink yang anda dapatkan, maka, semakin tinggi peringkat anda di mesin pencarian.

Berikut cara anda agar bisa mendapatkan Sosial sharing dari artikel yang anda buat agar bisa dibaca oleh banyak orang. 

Pertama, anda masuk ke sosial media dan cari kata kunci yang berhubungan dengan artikel yang anda buat, silahkan anda scroll kebawah disitu anda akan melihat banyak tweetan netizen tentang hal-hal yang terkait dengan kata kunci yang ada pada artikel anda. Beberapa diantara mereka mungkin ada yang sekedar mengupdate berita yang sudah ada atau re-tweet berita. namun dari sinilah artikel anda bisa diviralkan.

Selanjutnya yang anda lakukan adalah mengklik profil mereka dan melihat apakah mereka mencantumkan informasi kontak mereka atau website mereka. Jika mereka menyebutkan email mereka, akan lebih baik anda menghubunginya langsung melalui email. Jika mereka hanya mencantumkan website maka cobalah mencari informasi kontak mereka biasanya ada dihalaman Contact Us.

Untuk pencarian kontak orang-orang yang terlibat di sosial media, mungkin anda tidak akan dapat menemukan informasi mereka semuanya, tetapi untuk orang-orang yang sudah anda kenal diharapkan anda untuk mengirimkan email ke mereka yang isinya permintaan agar mereka mau men-share atau membagikan artikel anda dengan menyertakan link tautan artikel yang anda copy dari sumber website anda.

Dengan melakukan teknik tersbut diatas kemungkinan besar orang akan bersedia membagikan konten anda karena memang mereka membutuhkan konten terkait yang akan mereka share ke sosial media mereka, tentu saja dengan artikel yang anda tawarkan kepada mereka dengan senang hati mereka akan bersedia mensharing artikel anda.

Jika anda mengirimkan artikel ini rutin 30 sampai 40 kali dalam seminggu, maka website anda akan menjadi daya tarik di website sosial. 

Sekarang anda sudah memiliki share sosial, kinni saatnya anda untuk membangun backlink. atau tautan balik. Ada banyak metode untuk membangun sebuah tautan, namun disini kita hanya akan menggunakan satu metode yang bekerja dengan sangat baik.

Ok, kita kembali ke pelaporan "Keyword Ideas" pada Ubersugest
Pada tahap ini, ketikkan beberapa kata kunci yang anda target. Di sisi kanan laporan, anda akan melihat daftar situs yang memberi peringkat dan jumlah backlink yang dimiliki masing-masing peringkt URL.

Klik jumlah tautan "Links". Untuk setiap hasil, anda akan dibawa ke laporan tautan balik backlink report, yang terlihat seperti ini:
Dari sini anda bisa melihat daftar semua situs yang terhubung ke artikel pesaing anda. Dari data tersebut anda bisa mendapatkan informasi kontak pemilik website tersebut untuk selanjutnya anda hubungi melalui email, dan jalin komunikasi dan menawarkan maksud tujuan anda yaitu agar mereka mau menerbitkan postingan anda. 

Kesimpulan

Untuk mendapatkan 10.000 pengunjung website, dibutuhkan usaha dan kerja keras serta konsisten dalam pengerjaanya, akan tetapi setelah anda berhasil melakukan semua, maka website anda akan terus mendapatkan trafik. Agar dapat mencapai 10.000 pengunjung website, anda melakukan langkah di atas minimal lima kali. Dengan kata lain, Anda akan menulis lima potong konten baru mengikuti langkah-langkah di atas.

Berlangganan via Email