Cara Index Artikel Ketika Inspeksi Google Webmaster Non Aktif

cara google index

Cara Index Artikel Ketika Inspeksi Google Webmaster Non Aktif - Sebagian Blogger mungkin saat ini sedang kebingungan karena Google Search Console sedang tidak bisa mengindex artikel. Hal ini dikarenakan google sedang melakukan perbaikan infrastrukturnya, sehingga untuk sementara waktu fitur request index pada GSC di disable. 

Lalu bagaimana caranya agar artikel yang telah anda buat bisa segera terindex oleh google tanpa harus menggunakan fitur request index pada google console?, berikut beberapa langkah yang harus anda lakukan:

Langkah #1. Submit Ulang Peta Situs

Peta situs merupakan file yang digunakan sebagai informasi oleh google terkait halaman sebuah website, berupa file text, video, dan file lain yang ada pada website anda, beserta keterkaitannya antar-elemen tersebut. Searh engine Google akan membaca file-file tersebut untuk dilakukan perambahan atau yang dikenal dengan proses crawling situs secara lebih efektif. 

submit peta situs
Gambar: Google Console - Peta Situs

Melalui peta situs inilah google akan diberitahu tentang halaman dan file-file mana saja yang dianggap penting yang ada pada website Anda, serta memberikan informasi yang berguna tentang file ini: misalnya, untuk halaman, kapan terakhir kali halaman website dilakukan update, seberapa sering perubahan dilakukan, dan versi bahasa lain halaman tersebut.

Lalu bagaiaman untuk website yang sebelumnya sudah pernah didaftarkan pada Google Webmaster?, pastinya sudah tertanam peta situs ada google search console, akan tetapi untuk kondisi saat ini dimana GSC sedang menonaktifkan layanan request indexnya, yah anda hanya cukup mensubmit ulang sitemap atau peta situs website anda pada google search console.

Langkah #2. Ping Sitemap ke Google Master

PING kependekan dari Packet Internet Gropher merupakan utility program yang biasa digunakan dalam memeriksa Induktivitas jaringan yang berbasis teknologi Transmission Control Protocol/IP. Melalui utilitas ini, akan dapat dilakukan pengecekan dan pengujian apakah sebuah komputer tersebut dapat terhubung dengan komputer lainnya.

Pada kondisi normal ketika Google Search Console sedang tidak dalam perbaikan infrastruktur tentunya anda bisa menggunakan fitur Request Index untuk mempercepat google mengindek halaman website anda namun karena saat ini GSC menonaktifkan fitur tersebut maka cara manual bisa anda lakukan yaitu dengan menggunakan alat ping. Kirimkan permintaan GET di browser atau command line ke alamat ini : 
  • http://www.google.com/ping?sitemap={full_URL_of_sitemap}
Contoh: 
  • http://www.google.com/ping?sitemap=https://example.com/sitemap.xml
Dalam hal ini saya akan mencoba merebmit sitemap atau peta situs dari blog saya http://recipesfoodmaniac.blogspot.com setelah selesai melakukan resubmit atau kirim ulang peta situs blog saya melalui google search console, langkah selanjutnya saya ping manual ke google web master, caranya dengan masukan atau ketik link address tersebut diatas seperti gambar berikut: 

notifikasi ping peta situs

Jika PING berhasil maka akan menampilkan notifikasi seperti gambar diatas yang memberkan informasi bahwa peta situs yang anda kirim berhasil di crawling oleh google. Silahkan anda bisa masuk ke Google Console untuk melihat status peta situs yang anda kirimkan.

Langkah #3. Sosial Media Sharing

Langkah selanjutnya agar artikel blog anda cepat terindek oleh google adalah dengan cara membagikan postingan anda ke kanal-kanal sosial media yang anda miliki, bisa dengan melalui Facebook, Twitter, WhatsApp, Pinterest, Instagram, Youtube dan sebagainya, silahkan anda potensikan sosmed anda yang sekiranya tepat untuk memviralkan artikel blog anda. 

Selain membagi atau share artikel ke sosial media anda juga bisa memanfaatkan berbagai forum komunitas yang anda ikuti untuk men-share artikel blog anda, dan tunggulah 1 sampai 3 hari untuk anda cek di mesin penelusur google, maka artikel and sudah bisa terindex dihalaman google.

Itulah 3 cara yang mungkin bisa anda lakukan agar artikel anda bisa segera terindex oleh google selama google masih menonaktifkan layanan request indexnya, Cara ini bisa membantu artikel postingan anda terindex pada halaman google namun bukan berarti artikel anda bisa masuk kehalaman pertama google.

Lalu bagaimana untuk bisa artikel anda masuk ke halaman pertama google?, silahkan anda baca postingan artikel berikut; Bagaimana Menulis Artikel Agar Muncul di Halaman Pertama Google

Tidak ada komentar untuk "Cara Index Artikel Ketika Inspeksi Google Webmaster Non Aktif"